ECU REMAP by BEBONK @ Kaliurang, Jogjakarta, dan sekitarnya

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: ECU REMAP by BEBONK @ Kaliurang, Jogjakarta, dan sekitarnya

Post by andyez86 »

upppp lagi ahhh.....kurang seminggu lg hahhhaa
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: ECU REMAP by BEBONK @ Kaliurang, Jogjakarta, dan sekitarnya

Post by andyez86 »

User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: ECU REMAP by BEBONK @ Kaliurang, Jogjakarta, dan sekitarnya

Post by andyez86 »

Remap ECU?
ECU adalah singkatan dari electronic control unit. ECU digunakan untuk mengontrol suatu hardware mekanikal sehingga bisa bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh ECU itu sendiri. Dalam hal ini kita akan membahas lebih dalam khususnya untuk mesin kendaraan, dimana seiring berkembangnya teknologi, penggunaan ECU sudah jamak ditemui dikendaraan yang beredar di Indonesia.

Otak elektronik, ya, secara kasar memang itulah ECU. Dia bertugas untuk mengontrol dan menjaga kinerja suatu mesin sehingga bisa menghasilkan performa sebagaimana mestinya. Dalam prosesnya, secara stimultan ECU akan memberikan perintah dan menerima signal sebagai feedback melalui semua sensor yang ada di mesin. Dengan penggunaan ECU pada mesin kendaraan, banyak benefit yang kita dapatkan, antara lain : kinerja yang lebih efisien, kontrol maksimal terhadap mesin, memudahkan perawatan, safety, dll.
Lebih dalam lagi mengenai ECU, yang secara garis besar sebenarnya adalah tidak lebih dari mini computer yang didalamnya terdapat komponen seperti processor, micro controller, rom chip, dan komponen pendukung lainnya. Beberapa brand yang lazim ditemui untuk ECU pada umumnya adalah Bosch, Denso, NEC, Delphi, Magneti Marelli, Hitachi, Keihin, dll.
ECU bekerja mengontrol mesin tentunya berdasarkan data base yang dibuat secara spesifik untuk suatu mesin. Data base tersebut disimpan di rom chip. Menilik kedalam data base itu ada beberapa bagian yang terpisah satu sama lain dengan fungsi tersendiri. Antara lain : Map engine, immobilizer data, dan vehicle data. Definisinya adalah sbb:
- Map engine
Map engine adalah data dimana ECU menerima protokol standar untuk mengatur kinerja mesin. Didalamnya terdapat beberapa fraction data spt contohnya : ignition map, fuel injection map, air flow map, temperature map, throttle map, dll.
- Immobilizer data
Immobilizer data adalah data dimana fungsi immobilizer dan protocol keamanan kendaraan berada. Biasanya terhubung dengan perangkat anak kunci atau remote.
- Vehicle data
Vehicle data adalah data identifikasi kendaraan seperti contohnya : nomor rangka, nomor mesin, jenis kendaraan, tipe kendaraan, tahun pembuatan, odo meter berjalan, crash data, dll. Pada beberapa jenis ECU, data ini terhubung dengan Immobilizer data.

Mari kita bahas mengenai remap ecu. Remap ecu adalah suatu suatu bentuk usaha untuk merubah kinerja dari sebuah unit kontrol elektronik mesin. Untuk bisa merubah kinerja mesin tersebut, melalui kepanjangan tangan dari ECU, kita harus bisa mengakses data Map engine. Karena semua perintah yang diterima dan dilaksanakan oleh mesin ada didalamnya.

Untuk bisa mengakses data Map tersebut, diperlukan alat untuk membaca dan menulis chip ECU tersebut. Tidak semua ECU bisa dibaca seperti contohnya : Agya, Ayla, Sigra, Calya, Avanza, Terios, Rush dan lainnya (valid per 2019, apabila ada perubahan akan diupdate). Adapun metode untuk menarik data ini ada 2 jenis. Yaitu:
- Direct Read : metode ini digunakan apabila chip ECU support untuk dibaca baik melalui OBD port ataupun bench mode (sedikit tips, bench mode dapat menyelamatkan ECU yang mati karena salah file pada saat menulis).
- Virtual Read : metode ini digunakan apabila file tersedia di server pabrikan dalam bentuk update file (semisal untuk Toyota menggunakan ekstensi CUW, untuk VAG grup menggunakan ekstensi SGO, untuk Ford/Mazda group menggunakan ekstensi VBF, dll). Dari file update tersebut, dirubah menjadi binary sehingga bisa diedit untuk kemudian di tulis ke ECU.

Perubahan data sekecil apapun akan berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja dan daya tahan mesin. Pemahaman terhadap perubahan map dan mesin sangat penting dalam hal ini dikarenakan mencakup dari limitasi hardware yang terdapat dalam mesin itu sendiri. Batasan-batasan yang terdapat disuatu mesin adalah batasan yang bersifat mekanikal. Berdasarkan batasan mekanikal tersebut, bisa disimpulkan bahwa dengan melalui remap ecu, bukan berarti hasil akhir akan dibawah piggyback, namun justru akan lebih banyak parameter yang bisa kita atur dan rubah. Apabila penyetelan dilakukan dengan baik dan benar, maka hasil bisa lebih baik daripada mengunakan piggyback. Kembali lagi, tuner pegang peranan penting dalam perubahan yang dilakukan. Oleh karena itu, pilihlah tuner yang benar-benar tuner, bukan hanya tuner marketing atau tuner karbitan. Tuner yang sesungguhnya tidak akan menjual janji surga. Ini lebih ke passion, passion terhadap mesin dan kinerjanya.

Nah, setelah pembahasan apa itu remap ECU, mari kita bahas kenapa remap dilakukan, alasannya apa dan untuk apa.
Sudah menjadi hal yang jamak bagi enthusiast otomotif untuk melakukan modifikasi. Baik dari segi tampilan, performa dan personalisasi. Dari modifikasi yang dilakukan, umumnya paling banyak yang menyangkut performa dari mesin itu sendiri. Ya, performa yang diincar. Bukan hanya kenaikan tenaga, namun dari segi driveability dan kenikmatan berkendara secara keseluruhan. Peningkatan performa bukan melulu soal kecepatan, anda salah besar apabila beranggapan seperti itu. Performa suatu mesin itu berkaitan erat dengan map engine. Dimana perubahan map engine secara keseluruhan sesuai permintaan pemilik kendaraan akan mengubah perilaku atau karakter dari mesin tersebut. Sebagai contoh :
- Power band
Power band adalah rentang rpm dimana mesin bekerja secara optimal dan efisien. Dalam artian efisien adalah tenaga dan torsi terbesar. Dengan meningkatnya rentang rpm tersebut, meminimalisir rpm dimana mesin tidak efisien sehingga bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin.
- Throttle respond
Throttle respond adalah karakter injakan pedal gas pada mesin. Hal ini terbatas pada mobil yang sudah menggunakan throttle by wire. Delay dari throttle sangat berpengaruh terhadap impresi performa suatu mobil. Dimana apabila delay terlalu besar mengakibatkan impresi bahwa mobil tersebut lemot atau pelan. Padahal apabila diinjak lebih dalam akan muncul karakter mesin sesungguhnya. Sebenarnya hal ini disesuaikan untuk jenis mobilnya, semisal untuk mpv yang notabene sebagai kendaraan penumpang, tentunya throttle delay akan semakin besar untuk mengurangi resiko throttle shock atau judder. Sedangkan untuk sedan throttle delay kecil karena untuk meningkatkan kelincahan berkendara. Dengan dilakukan perubahan di map throttle maka delay bisa diminimalisir sampai tahap aman bagi mekanikal throttle tersebut.
- Respon putaran mesin
Adalah seberapa cepat rpm naik dari idle sampe ke redline. Ada beberapa mesin yang umun ditemukan dijalanan yang respon mesinnya cenderung lambat walau tenaganya cukup besar. Perubahan respon ini tentunya akan sangat dirasakan oleh pengemudi. Dimana akselerasi pasti meningkat jauh.

Selain itu, remap ecu juga dilakukan untuk menyesuaikan perubahan mekanikal yang sudah dilakukan pada mesin kendaraan (exhaust, intake, fuel, turbo, dll). Sehingga mesin bisa beroperasi secara optimal dengan adanya perubahan tersebut.

Pembahasan lainnya akan disambung di artikel berikutnya. Mohon dipahami bahwa artikel ini dibuat untuk bisa membantu para pecinta otomotif sehingga bisa lebih terbuka wawasannya tanpa ada influensi dari pihak manapun yang terkadang menyesatkan, konyol dan tidak bisa dipertanggung jawabkan.


Terima kasih :)