Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by adiputra4 »

Empat tahun kebelakang sampai hari ini pengangguran pilot terus bertambah, saat ini aja per 27 okt ada 1.500 pilot masih menganggur, supply banyak sedangkan demand sgt sedikit.

Mengingat mahalnya biaya pendidikan pilot 900jt- 1M, menganggur setelah lulus sgtlah miris. Sering liat calon pilot setelah lulus nganggur bertahun2 ada yg 1, 2, 3 tahun bahkan ada yg pindah haluan kerja di kantor, kuliah, dagang

https://jakarta.tribunnews.com/2019/10/ ... -indonesia
TRIBUNJAKARTA.COM, CURUG - Fakta baru soal dunia penerbangan di Indonesia cukup mencengangkan lantaran sebanyak 1.500 pilot atau lulusan penerbangan belum mendapatkan pekerjaan.

Ribuan pilot yang menganggur tersebut tersebar di seluruh sekolah penerbangan yang ada di Indonesia.


Ditemui di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Umiyatun Hayati Triastuti membenarkan data tersebut.

Untuk menekan angka pengangguran pilot, pihaknya mengaku menggandeng sejumlah operator hingga maskapai penerbangan untuk mengetahui kebutuhan industri.

"Kuncinya kita benar-benar menerapkan link and match mulai dari perencanaan, kita sudah sepakat membuat roadmap. Kita berpartner dengan semua asosiasi, industri, regulator dan termasuk para operator penerbangan," ujar Hayati usai acara Kongres I Ikatan Pilot Alumni Curug (IPAC), Kabupaten Tangerang, Sabtu (26/10/2019).

Dari kerja sama antar maskapai dan asosiasi penerbangan seperti IPAC, Hayati berharap tidak ada lagi miss match antara lulusan pilot dengan industri penerbangan.

"Sudah kerja sama dengan berbagai maskapai termasuk Garuda. Bahkan sejak rekrutmen awal sudah berkolabirasi dengan industrinya. Itu salah satu bentuk memotong miss match tadi," jelas Hayati.

Satu diantara bentuk pemangkasan angka pengangguran pada pilot, Hayati melanjutkan, menggandeng IPAC yang menjadi asosiasi penerbangan terbesar di Indonesia.

Fungsinya, untuk memonitoring kebutuhan industri penerbangan dengan sumber daya manusia yang dihasilkan oleh STPI Curug.


Minimnya kualitas calon pilot ?

https://kumparan.com/kumparanbisnis/pen ... n-saat-tes
Selama tahun 2017 terdapat 556 pilot pemula yang belum terserap industri penerbangan alias menganggur. Managing Director Lion Air Group Putut Kuncoro pun buka suara. Dia berpendapat, permasalahan ini bukan saja disebabkan karena faktor kualitas sekolah pilot yang belum memenuhi standar Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melainkan dari tak siapnya pilot pemula saat proses rekrutmen maskapai.

Di tahun 2017, Lion Air Group membutuhkan 300 pilot pemula baru yang dijaring dalam dua sesi seleksi. Pada Juni 2017 dari 150 pilot yang dibutuhkan, hanya 55 pilot yang lolos seleksi. Sementara pada Desember 2017 dari 300 pendaftar, hanya 2 pilot yang lolos.

“Saya enggak bisa bilang sekolahnya enggak baik. Sebetulnya ini faktor pilotnya sendiri, mau melamar harusnya mempersiapkan dirinya dengan baik,” ujar Putut saat ditemui di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Rabu (24/1).
Menurut Putut, ketika sekolah pilot meluluskan para pilot pemula, semestinya pilot tersebut memperbaiki kualitas diri supaya memenuhi standar yang ditetapkan. Sejauh ini, pihaknya kerap menemukan peserta rekrutmen pilot yang hanya asal mendaftar.


“Seharusnya setelah lulus dari sekolah pilot, mereka mempersiapkan segala sesuatunya. Jangan asal tes. Dulu sewaktu saya mendaftar pilot, setelah lulus saya persiapkan betul,” katanya.


Dia menambahkan, tahapan rekrutmen pilot di Lion Air Group terdiri dari interview, tes tertulis, psikotes, Test of English for International Communication (TOEIC), tes non english proficient, tes bakat terbang, dan attitude test.
“Selama ini yang banyak enggak lulus di TOEIC. Kita mensyaratkan 700, tapi ada yang mencoba sampai 7 kali tapi tetap enggak lulus,” ujarnya.
Putut pun menjelaskan untuk terus menyerap pilot dalam negeri yang menganggur, pihaknya memperbolehkan pilot yang sebelumnya tak lolos seleksi untuk terus mencoba. Di maskapai lain, terkadang peserta yang tak lulus tes tidak boleh lagi mendaftar.
Mari kita diskusi dg sehat
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by dizco »

yang saya tahu ya, suplai banyak, kebutuhan juga sebetulnya banyak

yang jadi masalah kualitas SDM dan kualitas pendidikannya, so........
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by josomba »

Setahu saya, super IMHO, seringkali enggan untuk ke pelosok. Berharapnya langsung ke maskapai besar. Beberapa operator di papua or kalimantan nampaknya masih banyak pilot "impor" karena yg dalam negeri enggan daftar. Setahu saya lho ini ya, maaf jika salah.

edit: kebetulan nemu satu artikel https://inaca.or.id/pilot-muda-lokal-en ... -perintis/
Image
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Dogies »

3 keponakan sekolah pilot yg swasta di Halim, setelah lulus hanya 1 yg keterima di Wings. Yang 1 drpd nganggur kerja di hotel bonafid di Jkt. Yang 1 balik kampung bikin wirausaha...
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by martinnn »

saya ada kenalan lulusan pilot malah jadi RM bank
:big_biglaugh:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by sintoni »

Diluar negeri bilangnya butuh banyak pilot.

Kalau ane sih skrg pekerjaan impian jadi blogger atau influencer aja di medsos atau Yutub rasanya enak kerjanya. Hahahahaha.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Omnibus »

yg dari pilot jd youtuber juga ada hehehe
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by gaspol »

Pilot muda pengennya di maskapai terkemuka..kalo saja mau cari kearah maskapai yang mengoperasikan pesawat jenis freighter, masih banyak peluang apalagi yang beroperasi di indonesia timur :big_grin:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by qushay20019 »

Masalah utama SDM indo buat pekerjaan “global” macam ini biasanya faktor bahasa Inggris. TOIEC 700 itu lumayan tinggi (skor max 990)

Jadi bukan faktor flying skill aja yg menentukan, meskipun pekerjaan utama pilot itu aviate first, then navigate, terakhir communicate. Nah communicate ini yg mutlak dalam bahasa Inggris fasih, sedapat mungkin tanpa aksen biar ATC nya gak salah nangkap
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by mike22 »

sintoni wrote: Thu Nov 21, 2019 4:30 Diluar negeri bilangnya butuh banyak pilot.

Kalau ane sih skrg pekerjaan impian jadi blogger atau influencer aja di medsos atau Yutub rasanya enak kerjanya. Hahahahaha.
Betulll, bisa hidup dari endorse + kepuasan batin karena punya "massa".
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by mike22 »

josomba wrote: Thu Nov 21, 2019 3:52 Setahu saya, super IMHO, seringkali enggan untuk ke pelosok. Berharapnya langsung ke maskapai besar. Beberapa operator di papua or kalimantan nampaknya masih banyak pilot "impor" karena yg dalam negeri enggan daftar. Setahu saya lho ini ya, maaf jika salah.

edit: kebetulan nemu satu artikel https://inaca.or.id/pilot-muda-lokal-en ... -perintis/
Mirip2 ama dokter lah ya, skrg udh overstok malah s.ked
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by josomba »

mike22 wrote: Thu Nov 21, 2019 8:38
Mirip2 ama dokter lah ya, skrg udh overstok malah s.ked
Sepertinya begitu om.... Saya juga belum lama ini bahas ama sepupu yg pilot (walau helikopter), dia sempet bertahun2 di papua sih kondisinya gitu ya.

Padahal dengan berada di daerah menurut doi, bisa ngumpulin flying hours cepet. Ujung2nya karir cepet naik n bs balik lg ke kota gede dengan pangkat kapten.

Kembali lg pepatah "bersakit2 dahulu, bersenang2 kemudian" seringkali sulit diterapkan....khususnya buat millenials.
Image
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by evanbngdor »

Kalo ditanya ke anak2 ABG yg baru lulus SD sih skg cita2nya kebanyakan mau jadi artis/selebgram sama pengusaha. Alasannya sih ya mendapatkan uang lebih banyak dengan effort yang lebih sedikit.

1 atau 2 doang yg mau berprofesi kayak Pilot, Polisi, Dokter. Perkembangan jaman dan tren bermasyarakat sih
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by impactful »

jadi pilot helikopter saja...demand nya masih gede...
heli patroli dan pemadam kebakaran hutan masih di dominasi pilot benua seberang...
ini cerita dari teman perusahaan pulp di sumatera...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Turboman »

wah kalo lulusan pilot banyak tapi keterima dikit saya jadi mempertanyakan gimana kualitas sekolah Pilot nya.......bagaimana mrk menseleksi calon mhs nya

Pilot zaman skg sebetulnya tugas kerja udah lebih ringan drpd pilot era 40!- 50 th yg lalu

pesawat masa kini = Autonomous - Flying robot

Bisa landing otomatis sampe dia ngerem sendiri......

Take off semi otomatis......Auto Trotel

Naik / turun di udara pilot cuman masukkin parameter.......Robot yg akan atur semua

Flying path from A ke B.......Robot yg atur semua

Tugas pilot lebih ke soal manajemen bencana / manajemen keadaan darurat / intuisi saat suasana genting / pengambilan keputusan saat situasi darurat dan semacamnya

CMIIW




User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Turboman »

Flying robot airplane - Autonomus

nylekamin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by nylekamin »

Kalo dari STPI masih byk yg nganggur juga kah?

Kualitas pilot yg kurang atau sekolah pilotnya?


User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Harchi »

Baru tau klo pilot banyak yg nganggur. Btw pendidikan pilot setara apa? S1 kah?

Sorry oot, selain pilot, kayaknya sektor2 mining (khususnya batubara) & oil n gas jg sekarang banyak yg menganggur n rasanya bukan bidang pekerjaan yg wah kayak beberapa tahun lalu. Mungkin karena demand yg terus menurun bikin harga komoditas ini rendah. Cuman nickel meskipun harusnya naik ya demand nya karena kebutuhan batre, jg blm naik signifikan menyerap tenaga kerja. Cuman pengamatan kasat mata ane doank sih, blm liat data.
Anehnya mahasiswa yg minat masuk kuliah di jurusan pertambangan atau perminyakan tetap tinggi ya, padahal rasa2nya ke depan bakal suram
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by TUFF Stough »

bicara mengenai dunia kerja, gak bisa lepas dari dunia sekolah dan perguruan tinggi.

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by josomba »

Harchi wrote: Thu Nov 21, 2019 10:15 Baru tau klo pilot banyak yg nganggur. Btw pendidikan pilot setara apa? S1 kah?

Sorry oot, selain pilot, kayaknya sektor2 mining (khususnya batubara) & oil n gas jg sekarang banyak yg menganggur n rasanya bukan bidang pekerjaan yg wah kayak beberapa tahun lalu. Mungkin karena demand yg terus menurun bikin harga komoditas ini rendah. Cuman nickel meskipun harusnya naik ya demand nya karena kebutuhan batre, jg blm naik signifikan menyerap tenaga kerja. Cuman pengamatan kasat mata ane doank sih, blm liat data.
Anehnya mahasiswa yg minat masuk kuliah di jurusan pertambangan atau perminyakan tetap tinggi ya, padahal rasa2nya ke depan bakal suram
At minimum 400 juta deh oom. Kalau yg sekolah2 khusus kek yg di bali itu bisa capai 1M. Belum termasuk CPL (semacem SIM-nya).
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Turboman »

Harchi wrote:Baru tau klo pilot banyak yg nganggur. Btw pendidikan pilot setara apa? S1 kah?

Sorry oot, selain pilot, kayaknya sektor2 mining (khususnya batubara) & oil n gas jg sekarang banyak yg menganggur n rasanya bukan bidang pekerjaan yg wah kayak beberapa tahun lalu. Mungkin karena demand yg terus menurun bikin harga komoditas ini rendah. Cuman nickel meskipun harusnya naik ya demand nya karena kebutuhan batre, jg blm naik signifikan menyerap tenaga kerja. Cuman pengamatan kasat mata ane doank sih, blm liat data.
Anehnya mahasiswa yg minat masuk kuliah di jurusan pertambangan atau perminyakan tetap tinggi ya, padahal rasa2nya ke depan bakal suram
Mining sepi ya sementara aja

Kalo ekonomi resesi ya komoditas2 yg industrial related spt Coal / Nickel / aneka logam industri / Minyak ikut lemas

Kalo politik gak stabil malah emas naik

Batubara sbg sumber energy, ke depan memang bisa turun krn penggunaan renewable akan meluas.......tapi BB bisa naik kelas menjadi bahan baku utk pembuatan Graphene........gugel about Graphene battery



Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Tampanman »

Adik saya lulusan pilot, sekarang jadi pedagang ayam
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by yudhisuwandono »

Yg lagi rame, copilot (ex) wings air. Yg bunuh diri.asih muda.
Sedih saya......
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by ak4ng »

evanbngdor wrote: Thu Nov 21, 2019 9:10 Kalo ditanya ke anak2 ABG yg baru lulus SD sih skg cita2nya kebanyakan mau jadi artis/selebgram sama pengusaha. Alasannya sih ya mendapatkan uang lebih banyak dengan effort yang lebih sedikit.

1 atau 2 doang yg mau berprofesi kayak Pilot, Polisi, Dokter. Perkembangan jaman dan tren bermasyarakat sih
:mky_01:
Saya sebagai dokter umum yg baru lulus pun juga ogah lanjut jadi dokter umum, rata2 RS yg bonafit type B aplg A wajib minta yg udah pengalaman 2 thn di RS lain sebagai leader dgn instalasi gawat darurat (kalo cuma d RS isi poliklinik umum/HD/UTD nyaris ga dianggap) penghasilan diatur2 sm aturan2 kekinian yg u now lah ya banyak sabar aja :big_weee: penghasilan nya bisa kalah sm operator taxol :big_weee: secara aturan kerja 40jam seminggu atau 5sif kerja dgn jadwal pagi/siang/malam yg giliran tidak menentu aplg junior pasti banyakan jaga malemnya drpd jaga pagi :big_biglaugh: penghasilan fresh graduate di RS type D-C rata2 8-15jt sebulan kalo buat yg masih blm berkeluarga ya cukupan, kalo udah beranak mana cukup :big_childish: penghasilan sgitu kalo mau cicil rumah lah mau nyicil rumah yg macem apaan :big_slap: cicil avanza aja ud 5jtan :big_biglaugh: nah emg mau seumur hidup di RS mengabdi terus :big_biglaugh: kalo ud gini ya wajar siapa jg yg mau ke pelosok :off_good_job: meningan banting stir macem owe, ga pusing mikirin pasen yg komplen ini komplen itu :off_lazy: kalo ga kerja g ada income :off_no: lah terus situ dokter kalo sakit siapa yg bayar? :frm_bang_head: duh pusink palaku jadi dokter malah apes, :frm_shock:

Cmiiw :mky_08: btw saya menjadikan profesi ini sbg sampingan aja antisipasi usaha saya ada yg mandeg :big_peace:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Pugman »

yudhisuwandono wrote: Thu Nov 21, 2019 12:22 Yg lagi rame, copilot (ex) wings air. Yg bunuh diri.asih muda.
Sedih saya......
Yang ini ya

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas ... bunuh-diri

Kalau saya ga habis fikirnya seh sudah di Pecat dikasih penalti pula..
Ditempat saya, biar kata ada yang dipecat karena merugikan perusahaan, tetap aja pesangon diterima penuh dipotong hutang pribadi kalau ada.