Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Tampanman »

TUFF Stough wrote: Fri Nov 22, 2019 11:39
dizco wrote: Fri Nov 22, 2019 10:25
mobilover wrote: Fri Nov 22, 2019 9:23 Berarti jaman now dokter sm pilot bukan karir yg menjanjikan yah. Kayaknya orang lulusan IT yg skrg banyak dicari2 untuk SDM start up. Atau bahkan jadi inisiator start up seperti nadiem makarim. Robotic engineering jg bakal banyak demand ke depannya
di masa depan tetap STEM paling bagus, untuk IT mungkin akan ada masa turun dan melandai dulu karena bubble IT pecah

dokter akan ada masanya nanti disuplementasi dengan AI, robotik, dan sensor sehingga kebutuhan bisa jadi turun

pilot? kita lihat nanti teknologi drone di masa depan semaju apa nantinya, karena pesawat tempur sendiri sudah mulai dikembangkan tanpa awak
drone buat pesawat komersial kayanya rada mustahil. gak akan ada yg percaya dengan kemampuan komputer dalam mengambil keputusan 100% terhadap hidup-mati penumpangnya.

IT pun dilematis. lulusan 5 tahun lalu belum tentu ilmunya kepakai sekarang. perkembangan teknologi lewat open source sudah di luar kendali. belum lama ini aja anak SMP di Jateng dicyduk FBI krn berhasil sebar ransomware di anak perusahaannya Trump.

di tempat kerja saya, dlm mencari SDM pun mulai meninggalkan gelar kesarjanaan krn gak menjamin kualitas dan attitude-nya bisa sejalan dengan keinginan perusahaan untuk maju. perusahaan sekarang mencari yg mau memajukan perusahaan, sekecil apapun sumbangsihnya. loyalitas dikedepankan. bukan yg mencari batu loncatan.
Tul om perusahaan sekarang ga peduli gelar, asal bisa kerja dan mau digaji kecil, pasti diterima
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Salvanost »

rechtmasta wrote: Sat Nov 23, 2019 5:38 Kalo gw liat sih, pilot sama dokter itu jenis kerjaan darah biru. Kalo ga punya orang atau kakek/nenek yg punya profesi yg sama, akan sulit untuk mapan. Contoh terbaik, temen gw, bapaknya Auri udah jadi komandan lanud, doi ujug2 jadi dokter, sampe skrg kerjaannya masih jadi dokter jaga di RS nun jauhnya disana. Sedangkan temen gw yg lainnya, bapaknya emang dokter spesialis bedah mata, temen gw ini sekarang udah jadi dokter spesialis bedah mata/kornea dan sekaligus mewarisi semua aset, link dan posisi bapaknya. So, gw semakin yakin kalo bukan karena rasa kemanusiaan yg gede dan ga punya darah biru, buang jauh2 pikiran kalo jadi dokter itu menjamin masa depan penuh kejayaan.

Mungkin Hal ini berlaku juga untuk pekerjaan pilot di jaman sekarang.
Rasa kemanusiaan itu penting tapi bisa jadi beban pikiran juga

Di fb pernah ada artikel kasus bunuh diri di kalangan dokter yg kelihatan baik
Kebanyakan faktornya
1. Tidak sesuai hati nurani
Pengobatan berbasis bisnis, ga perlu operasi jadi operasi, tidak bisa memberikan perawatan terbaik
2. Berbuat kesalahan
Dokter itu pekerjaan yg perfeksionis salah dikit gawat,bisa beban pikiran kalau ga bisa lewatin masa2 merasa bersalah
3. Kecapekan...
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by mastom »

ada anaknya temen dia gak mau sekolah SMA
bapaknya ampe stress dg keputusan anaknya
tapi dia hoby bgt sama IT
ujung2nya kerja dg gaji 2.5 jt di kantor ecek2

tapi stelah setahun tuh anak dah di tawari projeck2 lumayan gede
presentasi dpn bos2 cewek2 sekolah bergengsi pake kaos ama sendal jepit
cuman hasilnya OK bgt...

ini mungkin harapan menteri Nadiem makarim ttg sekolah
kagak usah gelar2 sarjana, bocah 17 thn aja klo tekun dah bisa mandiri.....

kerja enjoy tanpa beban, krn makan tidur msh nebeng ortu hehehe
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by MSU »

setau saya di negara2 lain yang lulus S1 malah sedikit...kebanyakan lulus kejuruan & langsung kerja
duit cukup untuk enjoy life & kebutuhan sehari2...tabungan juga sedikit karena banyak yang dicover pemerintah (pendidikan, kesehatan dll)
saya rasa harusnya seperti itu aja...jangan sampe seperti sekarang lulusan S1 banyak..S2 juga banyak tapi bingung mau kerja apa
plus nilai gaji-nya juga mepet, akhirnya ortu kasi subsidi lagi
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Asfur »

adiputra4 wrote: Sat Nov 23, 2019 6:43 Lion emg gitu, pilot di kontrak 18 - 20 tahun. Gak ada pegawai tetap

Melanggar kontrak / peraturan / mundur siap2 dipecat + pinalti 7M
Hahhh bisa yah lgs langsam 18-20 tahun??? Apa krn profesinya kerjaannya ningrat yah bisa? kalo kayak di ktr ane, kan udah merujuk uu ketenagakerjaan, itu sampe dari OB sampe level sales/marketing terminnya 2+1 habis itu mesti off sebulan abis itu kontrak lagi 2 thn, itu sdh plg maksimal kata hrd ane, sesuai undang2 yg berlaku. Kalo mau dipekerjakan lagi dan sikaryawan siap off 2-3 bulan, nanti lamar baru dan harus ganti norek, jadi emang seakan2 semua serba baru. Krn stlh 2+1+2 lagi alias 5 thn kontrak itu harus dijadiin tetap atau putus sama sekali.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by josomba »

Asfur wrote: Mon Nov 25, 2019 2:30 Hahhh bisa yah lgs langsam 18-20 tahun??? Apa krn profesinya kerjaannya ningrat yah bisa? kalo kayak di ktr ane, kan udah merujuk uu ketenagakerjaan, itu sampe dari OB sampe level sales/marketing terminnya 2+1 habis itu mesti off sebulan abis itu kontrak lagi 2 thn, itu sdh plg maksimal kata hrd ane, sesuai undang2 yg berlaku. Kalo mau dipekerjakan lagi dan sikaryawan siap off 2-3 bulan, nanti lamar baru dan harus ganti norek, jadi emang seakan2 semua serba baru. Krn stlh 2+1+2 lagi alias 5 thn kontrak itu harus dijadiin tetap atau putus sama sekali.
Hehe, spupu saya pilot heli untuk airf*st di papua juga awalnya dikontrak 20 tahun kalau ndak salah... Akhirnya bisa keluar setelah 5 tahunan, karena Dephub minta perbantuan pilot heli untuk ngajar. Hal yg biasa setau saya dikontrak belasan tahun oom..

Bengkel pesawat plat merah juga engineer ada ikat kontrak 5 tahun (ini terakhir saya tahu taun 2012/2013) ya. Kalau lebih cepet daripada itu keluar kena penalti satuan M juga. Kalau bengkel ini banyak dibajak ama maskapai2 gede Arab soalnya.
Image
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by kendibocor »

Zaxis wrote: Sun Nov 24, 2019 5:19 Ambil spesialis selain butuh duit juga butuh relasi koneksi

Harus nya dibuat bebas aja macam sg my gitu

Dokter lulusan inggris jerman jepang amrik bahkan indo bole praktek disana
Disini spesialis university-based om, jadi daftar ke univ, jadi dianggap mahasiswa lagi, mbayar lagi.

Kalo diluar sudah hospital-based, jadi yg mau jadi sp. Daftar ke rs yg bisa menyelenggarakan pendidikan, dianggap dokter jaga, dapat gaji, nanti setelah requirement terpenuhi bisa jd spesialis.

Di forum2 luar, pendidikan spesialis indo diketawain, sayangnya stakeholder sampe sekarang sepengetahuan ane ga ada yg mengurusi ini. Yang Selama ini berjalan dan jadi sumber pemasukan ya ngapain diubah :mky_03:
Toh tetap banyak yg berminat jadi spesialis. Dengan dibatasi lulusan spesialis artinya tetap demand akan lebih tinggi dari supply. Pada ngomong masih kekurangan dokter spesialis, tapi ga mau membuka kesempatan seluas2nya untuk mencetak dokter spesialis.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by farizfsa »

mcdelivery wrote: Sun Nov 24, 2019 6:21 Enak jadi lawyer.. Ogut pernah kerja di spesialis hak kekayaan intelektual, ada klien nanya via email per email kena charge sebesar 120 usd.. Tapi tentu lah, lawyer papan atas yg nangani klien top tier...
Apa kabar dengan notaris?
haha persaingan makin ketat lawyer dan konsultan derivatif lulusan hukum

cm memang masih cukup menjanjikan sih apa lg klien asing dan bayaran usd.

pernah dpt kerjaan "ngumpulin kliping" dr artikel koran/internet dgn merek klien aja bs dapet usd 1000,-, kerjaan ga sampe se jam lah kalo di itung2.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by silentIm2 »

Pugman wrote:
adiputra4 wrote: Sat Nov 23, 2019 6:43
Pugman wrote: Thu Nov 21, 2019 14:35

Yang ini ya

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas ... bunuh-diri

Kalau saya ga habis fikirnya seh sudah di Pecat dikasih penalti pula..
Ditempat saya, biar kata ada yang dipecat karena merugikan perusahaan, tetap aja pesangon diterima penuh dipotong hutang pribadi kalau ada.
Lion emg gitu, pilot di kontrak 18 - 20 tahun. Gak ada pegawai tetap

Melanggar kontrak / peraturan / mundur siap2 dipecat + pinalti 7M
Wah bisa ya begitu, padahal pilot kan kerja di core bisnis maskapai ya. Kalau sebangsa tenaga kasir, cleaning servis di kontrak udah umun, atau kalau 1-2tahun kontrak dulu saya juga paham,
18-20 tahun itu kalau dilakukan secara terencana dan tersistem sebenarnya sudah masuk pelanggaran UU TK.

Ini mulai angkat bicara juga IPI, ada beberapa poin saya setuju seperti kalau Pilot dapat training ekstra dari Boeing atau Airbus dia harus ada kontrak atau klausul tambahan untuk stay selama 3-5tahun dan kalau keluar dia dapat penalti mengganti biaya training mungkin 200-300jt bukan 7 miliar

https://amp.suara.com/news/2019/11/23/1 ... i-maskapai

Semoga tidak terulang.
:big_dunno:
Kalo dilihat telat ya IPI membela pilot. Dan kesannya lembek. Coba kalo IDI ada dokter kena kasus hukum, langsung dokter seIndonesia demo. Apa rekan sejawat pilot di maskapai tsb ga ada solidaritas ya?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
mcdelivery
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by mcdelivery »

farizfsa wrote: Tue Nov 26, 2019 2:33
mcdelivery wrote: Sun Nov 24, 2019 6:21 Enak jadi lawyer.. Ogut pernah kerja di spesialis hak kekayaan intelektual, ada klien nanya via email per email kena charge sebesar 120 usd.. Tapi tentu lah, lawyer papan atas yg nangani klien top tier...
Apa kabar dengan notaris?
haha persaingan makin ketat lawyer dan konsultan derivatif lulusan hukum

cm memang masih cukup menjanjikan sih apa lg klien asing dan bayaran usd.

pernah dpt kerjaan "ngumpulin kliping" dr artikel koran/internet dgn merek klien aja bs dapet usd 1000,-, kerjaan ga sampe se jam lah kalo di itung2.
Tapi tentu harus softskill englishnya mendukung.. Kalo notaris apa punya pendapat om?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by MSU »

Pernah diceritain temen...lawyer yg ngurus kepailitan lg naik daun
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by thirdstar7 »

MSU wrote:Pernah diceritain temen...lawyer yg ngurus kepailitan lg naik daun
kalo urusan gini dr dlu kayanya om,
karena bnyk pengusaha yg nakal kadang pinjem uang di bank dlm jumlah besar, kemudian g mau bayar utang, nah lawyer pailit kalo smpe bs bikin pailit perusahaan (yg kadang kerja sama dngn perusahaan yg dipailit sendiri), untung banyak itu om.
banyak kan kasus perusahaan tambang Batubara yg mempailitkan perusahaan sendiri dgn cara begini, akibat utangnya daj banyak.
tapi tetep aja bosnya kan ya kaya raya alias duitnya dah diamanin wkwk
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by thestoneroses »

farizfsa wrote: Tue Nov 26, 2019 2:33
mcdelivery wrote: Sun Nov 24, 2019 6:21 Enak jadi lawyer.. Ogut pernah kerja di spesialis hak kekayaan intelektual, ada klien nanya via email per email kena charge sebesar 120 usd.. Tapi tentu lah, lawyer papan atas yg nangani klien top tier...
Apa kabar dengan notaris?
haha persaingan makin ketat lawyer dan konsultan derivatif lulusan hukum

cm memang masih cukup menjanjikan sih apa lg klien asing dan bayaran usd.

pernah dpt kerjaan "ngumpulin kliping" dr artikel koran/internet dgn merek klien aja bs dapet usd 1000,-, kerjaan ga sampe se jam lah kalo di itung2.
Ada yg ngumpulin berita orang wafat jadi analis terkenal, buka webnya sj mesti langganan usd ratusan per tahun

Yosef ardi dot com coba cek saja, he he
Ron Asheton Forever
tarnatem
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Jul 11, 2016 4:45

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by tarnatem »

Turboman wrote: Thu Nov 21, 2019 11:31
Harchi wrote:Baru tau klo pilot banyak yg nganggur. Btw pendidikan pilot setara apa? S1 kah?

Sorry oot, selain pilot, kayaknya sektor2 mining (khususnya batubara) & oil n gas jg sekarang banyak yg menganggur n rasanya bukan bidang pekerjaan yg wah kayak beberapa tahun lalu. Mungkin karena demand yg terus menurun bikin harga komoditas ini rendah. Cuman nickel meskipun harusnya naik ya demand nya karena kebutuhan batre, jg blm naik signifikan menyerap tenaga kerja. Cuman pengamatan kasat mata ane doank sih, blm liat data.
Anehnya mahasiswa yg minat masuk kuliah di jurusan pertambangan atau perminyakan tetap tinggi ya, padahal rasa2nya ke depan bakal suram
Mining sepi ya sementara aja

Kalo ekonomi resesi ya komoditas2 yg industrial related spt Coal / Nickel / aneka logam industri / Minyak ikut lemas

Kalo politik gak stabil malah emas naik

Batubara sbg sumber energy, ke depan memang bisa turun krn penggunaan renewable akan meluas.......tapi BB bisa naik kelas menjadi bahan baku utk pembuatan Graphene........gugel about Graphene battery
Kalo yg di migas emang sepi om..dgr2 krna hrga minyak yg msh dikisaran 70-80usd/barrel, keekonomian ny msh rendah. Belum lg kebijakan di skk ttg eksplorasi, yg split gross. Jdny investor buat eksplorasi ladang baru pada males masuk..cmiiw
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by farizfsa »

mcdelivery wrote: Tue Nov 26, 2019 9:38
farizfsa wrote: Tue Nov 26, 2019 2:33
mcdelivery wrote: Sun Nov 24, 2019 6:21 Enak jadi lawyer.. Ogut pernah kerja di spesialis hak kekayaan intelektual, ada klien nanya via email per email kena charge sebesar 120 usd.. Tapi tentu lah, lawyer papan atas yg nangani klien top tier...
Apa kabar dengan notaris?
haha persaingan makin ketat lawyer dan konsultan derivatif lulusan hukum

cm memang masih cukup menjanjikan sih apa lg klien asing dan bayaran usd.

pernah dpt kerjaan "ngumpulin kliping" dr artikel koran/internet dgn merek klien aja bs dapet usd 1000,-, kerjaan ga sampe se jam lah kalo di itung2.
Tapi tentu harus softskill englishnya mendukung.. Kalo notaris apa punya pendapat om?
Notaris kalo sudah megang bank, enak. Kalo megang kasus2 besar jg mayan, fee 1-2 persen aja udh bs miliaran rupiah dapetnya. Kalo lg kerjaannya legalisir warmerking aja ya mayan lah buat makan enak sehari hari.

Cm skrg ya semua org cari notaris yg murah jg, persaingan ketat, kasiy mahal client kabur la
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 465
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by FR6 »

Kalau dilihat-lihat postingan sebelumnya, kayanya Dokter & Pilot untuk "Fresh Graduate"-nya lebih tinggi ya dibanding rerate lulusan-lulusan lain :mky_01:
isyusupc
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sun Sep 16, 2018 3:43

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by isyusupc »

Sama sama membutuhkan perjuangan untuk merintis karir apapun bidang nya.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by mpvlover »

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Omnibus »

score rendah krn kebanyakan break utk merokok dan sembahyang. no offence. kegiatan itu sendiri sdh menyita waktu, tambah apalagi mana bisa sebentar sih ketemu temen ngobrol dulu, nyantai dulu.... :mrgreen:

memang bagian dr culture mau diapain
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by bensinsolar »

Nah itu dia perlunya Omnibus Law bwt tenaga kerja harus segera disahkan. Supaya dibayar based on productivity.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2020 ... ibus-law/2
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by mpvlover »

Omnibus wrote: Wed Feb 12, 2020 9:47
score rendah krn kebanyakan break utk merokok dan sembahyang. no offence. kegiatan itu sendiri sdh menyita waktu, tambah apalagi mana bisa sebentar sih ketemu temen ngobrol dulu, nyantai dulu.... :mrgreen:

memang bagian dr culture mau diapain
Kontraktor nerima borongan kerjaan renov

Kontraktor bayar harian ke tukang

Ceritanya ngecat, dua tukang

Terus ga ada mandor

Satu tukang ngecat 15 menit, yang satu nonton

Terus istirahat merokok berdua, 15 menit

Lalu yg satunya gantian ngecat 15 menit, yg satu duduk nonton

Terus istirahat lagi berdua 15 menit

Dst

Dst

Ngobrol dgn si kontraktor yg udah kenal lama ini,

Ya semua tukang di daerah ini ya gini lah. Ini udah yang paling mending wkwk
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Dat510 »

mpvlover wrote: Wed Feb 12, 2020 10:37
Omnibus wrote: Wed Feb 12, 2020 9:47
score rendah krn kebanyakan break utk merokok dan sembahyang. no offence. kegiatan itu sendiri sdh menyita waktu, tambah apalagi mana bisa sebentar sih ketemu temen ngobrol dulu, nyantai dulu.... :mrgreen:

memang bagian dr culture mau diapain
Kontraktor nerima borongan kerjaan renov

Kontraktor bayar harian ke tukang

Ceritanya ngecat, dua tukang

Terus ga ada mandor

Satu tukang ngecat 15 menit, yang satu nonton

Terus istirahat merokok berdua, 15 menit

Lalu yg satunya gantian ngecat 15 menit, yg satu duduk nonton

Terus istirahat lagi berdua 15 menit

Dst

Dst

Ngobrol dgn si kontraktor yg udah kenal lama ini,

Ya semua tukang di daerah ini ya gini lah. Ini udah yang paling mending wkwk
Ikutan OOT ngobrolin produktifitas tukang. saya klo minta tukang sekarang mau nya borongan, ngga mau harian krna ngeselin. Dulu ganti keramik kamar mandi 1.5 x 2 m = 3.5 m2 total 4 hari (harian), terus ngerjain dapur 5 x 5 m = 25 m2 (pasang keramik, tempat cuci piring, piping) 4 hari juga (borongan) dengan tukang yang sama. :mky_07:
Emang si klo borongan biasa nya lebih mahal, tapi minimal hati ngga emosi, dateng tepat waktu dan pulang sore bisa sampe maghrib. Klo dia mau istirahat lama ya bodo amat.. hahaha
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by thirdstar7 »

yah begitulah om pekerja indo,
terlalu santuy hahaha.
ntar gak dikasih pekerjaan(datangkan pekerja dari luar kota atau kota besar) , warga daerah nya demo teriak2 krn gak membuka lapangan pekerja sekitar.
dikasih kerjaan biar memajukan ekonomi daerah, kerjanya males2an hahaha.
cape deh
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by Tampanman »

Betul om belakangan oe nyari karyawan buat toko oe susah banget cari yang rajin om, masuk kerja suka telat, bersih2 males, ngelayanin pembeli ga serius, udah sering oe gonta ganti karyawan, akhirnya oe nyerah ya udah gpp yang macem begitu terpaksa oe pekerjakan, kalau dibilang cari kerja jaman sekarang susah itu bohong om, yang susah itu cari orang yang mau serius kerja...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?

Post by kunaskun »

Dat510 wrote: Wed Feb 12, 2020 11:02 Ikutan OOT ngobrolin produktifitas tukang. saya klo minta tukang sekarang mau nya borongan, ngga mau harian krna ngeselin. Dulu ganti keramik kamar mandi 1.5 x 2 m = 3.5 m2 total 4 hari (harian), terus ngerjain dapur 5 x 5 m = 25 m2 (pasang keramik, tempat cuci piring, piping) 4 hari juga (borongan) dengan tukang yang sama. :mky_07:
Emang si klo borongan biasa nya lebih mahal, tapi minimal hati ngga emosi, dateng tepat waktu dan pulang sore bisa sampe maghrib. Klo dia mau istirahat lama ya bodo amat.. hahaha
mestinya borongan lebih murah dan cepat? makanya ada borongan.
kalau saya si malah anti borongan, semua material & alat saya beli, tukang saya awasi sendiri, bayar harian, mau berapa haripun saya tungguin. sekian tahun, baru dapet tukang yg rada awet, mungkin karena aslinya mandor yg kalau senggang ga ada proyek kerja sendiri. yg lain? ga ada yg awet, kenapa? karena saya tungguin :mky_02: dan saya sudah prediksi akan selesai berapa lama (kebiasaan awasi tukang jadi hapal sendiri), nah tukang kerjanya jadi ga enak karena saya tungguin, saya tau kerjanya, saya tau material bahan, saya tau cara pakainya, jadi ada yg blg: kasarnya, mau colong apalagi? :mky_07:
Tampanman wrote: Wed Feb 12, 2020 11:56 Betul om belakangan oe nyari karyawan buat toko oe susah banget cari yang rajin om, masuk kerja suka telat, bersih2 males, ngelayanin pembeli ga serius, udah sering oe gonta ganti karyawan, akhirnya oe nyerah ya udah gpp yang macem begitu terpaksa oe pekerjakan, kalau dibilang cari kerja jaman sekarang susah itu bohong om, yang susah itu cari orang yang mau serius kerja...
kalau di jkt sudah tinggal impian cari ART atau pekerja toko dari daerah jawa tengah/jawa timur. kenapa? karena enakan kerja di daerah sendiri, kampung sendiri, bisa semau gw, gaji kecil ga sesuai UMR? ga masalah karena apa2 masih murah tentunya, rumah bisa ngikut orang tua, jadi menang karena tinggal di kandang. apalagi sekarang seiring majunya zaman, makin banyak kesempatan kerja di daerah, padahal saya pribadi juga susah cari pekerja atau kalau di jakarta ada yg tanyain cariin ART atau pekerja toko, di daerah maunya kerja di swalayan, karena adem, ada AC, bisa ngalay main tik-tok, main game pas sepi, loyalitas? bisa dibilang besok mau masuk kerja saja sudah bagus = ga tiba2 ga masuk ga balik2 lagi.

sedangkan kalau kerja di kota besar, jakarta misalnya. kos2an dengan kamar mandi rebutan saja sebulan paling murah 500 ribuan, itu belum bayar air listrik pulsa dsb. gaji total UMR pun jadi pas2an untuk kirim ke kampung. belum mesti rajin nabung biar lebaran pas mudik ke kampung ga berasa mahal karena beli tiket jauh2 hari, juga biaya untuk "pamer" atau malah pas dadakan mesti pulang misal saudara meninggal, kawinan, hajatan, dsb extra biaya lagi. dari segi ini saja kota besar sudah "kalah" dan belum lagi memang mentalnya, malah sekarang mesti curiga kenapa ada org dari Jawa tengah/jawa timur mau cari kerja ke kota, mestinya dicek bener2 latar belakangnya.