About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by MSU »

andyez86 wrote: Thu Dec 05, 2019 8:56
devin96 wrote: Wed Dec 04, 2019 8:12
andyez86 wrote: Tue Dec 03, 2019 3:45

jd gni om....ceritanya baut carter dbkin slek sama toko sop en draiv.....tp dia tgg jwb kerusakan itu,kita diarahkan untuk lgs bawa ke bengkel resmi,nanti biaya dia yg tanggung....malah ga boleh dibawa ke bgkel umum...

pengerjaan di BeRes solo sih 1hr ya...dia buka dlu carternya....terus dibawa ke tukang bubut,mrka ga kerjain sndri soalnya klo yg berat2 bgni.......sore udah bs diambil sih mblnya...
Wah serem juga ya montir sop en draiv bsa sampe bikin slek baut carter oli, untung mereka tanggung jawab ya om. Ohh jadi 1 hari yaa, itu juga udh termasuk bubut. Dulu abis berapa om? Ada rincian pekerjaannya kah di invoice-nya seperti jasa bongkar pasang carter oli sama harga sealant oem?

Atau semua tagihan langsung diserahkan ke bengkel sop en draiv?

ya jadi pas ganti oli di bengkel itu mekanik koq agk lama kerjain nya....makanik baru sih...ya saya ga curiga apa2...lgs pulang...bsk paginya ada tetesan oli lmyan banyak di kolong mbl....bawa ke bengkel itu lg..trs diselidiki trnya mmg slek dan dia takut mau ngmng....akhrnya mmg management tanggung jawab sih....

pengerjaan di nasmoko pagi2 mbl masuk.....trs turun carter,sama mrka dibawa ke bengkel bubut luar dealer....bersihin,kasi sealant,ditunggu kering,trs pasang deh......jd baut nya digedein dari std nya.....klo ga salah sktr 600 ato 700rb om....mahal sealant nya drpd ongkos bongkar pasang wkkwkwkkw......tagihan saya bayar dlu trs nota dibawa ke bengkel sop en draiv buat di ganti duit sama dia
Kalo dari ceritanya saya simpulkan bangke ni mekanik..dia bikin slek artinya dia tau tu baut ga bisa dikencengin scr proper...gitu ttp dilepas keluar aja mobilnya..lha kl kenapa2 di jalan gmn tanggung jawabnya
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

evanbngdor wrote: Wed Dec 04, 2019 10:45
devin96 wrote: Wed Dec 04, 2019 7:44
evanbngdor wrote: Tue Dec 03, 2019 2:23 Great Corolla saya waktu itu ganti karter sih yg asli toyota. Itung2 ya biaya bongkar pasangnya udah berapa, jd ya sekalian aja.

Udah hampir 5 tahun kayaknya, masih aman jaya sih, ngga ada gejala rembes.
Sealant-nya juga ORI toyota om? dlu di kerjain di bengkel mana om klo boleh tau? pengerjaan-nya apakah mobil di tinggal seharian?
Sealant apa nya Om? Waktu itu saya di bengkel swasta biasa Om. Mobil ditinggal 2 malem biar hasil maksimal.
sealant yang digunakan untuk rapetin carter oli om. Klo ditinggal 2 hari sih hati tenang ya om ga tkt rembes karna faktor ga kering
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

Omnibus wrote: Wed Dec 04, 2019 11:41 sebetulnya bak carter/oil pan itu kan bautnya banyak dan yg betul pasangnya hrs di torque wrench semua sesuai spek biar rata tekanannya.

masalahnya bautnya itu kecil dan torque speknya jg kecil, tergantung jenis mobil tp bisa jd dibawah 15 Nm; yg mana kl bengkel biasa jarang ada yg punya torque wrench range kecil. sebelumnya hrs bersih mating surface nya dan hrs fully cured jg 24 jam. Hrs penyabar dan penyayang yg ngerjainnya wkwkwk
Thx om infonya, dpt ilmu baru nih hehe
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

exflowly wrote: Wed Dec 04, 2019 11:59 Nah tuh semua suhu sdh bersabda. Gimana, malah jadi pengen ngebengkel sendiri gak?

Wkwkwkwkwk

Enaknya ngebengkel sendiri - hasil bener2x sesuai prosedur yg kita terapkan. Enaknya punya montir panggilan kepercayaan (dan punya alat bengkel basic) - bisa bongkar di rumah dan hasil sesuai pengawasan/input kita dan montir.
ngebengkel sendiri sih pengen bgt om, apalagi mobil kita sendiri yg dikerjain jadi udh pasti kita kasih perhatian lebih dan hasil sesuai prosedur. Tapi apa daya ga punya skill bongkar2 gitu om, klo bongkar sendiri malah ntr ga bsa masang om, nambah urusan baru wkwkwk

Yupss, paling enak punya kenalan montir yg udh di percaya, bsa ngerjain santai di rumah sambil kita awasin kerjanya hehe
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

DOHC wrote: Wed Dec 04, 2019 13:22 btw, ane perna ganti seal timing cover ama jadi nge sealant carter oli ipah ane sendiri, pake pematex yg merah.. sblom nya di kerik ampe bersih pake cutter, bersihin, lalu pakein lem gasket nya tipis.. ud jalan ampir 5 taonan lebih untunglah blom bcor..
Pake permatex merah ya om, abis di lem terus nunggu berapa lama om untuk baut carter oli-nya?

Setelah di baut, om isi oli-nya kira2 brp lama ya? Enaknya bisa ngoprek sendiri hehe
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

andyez86 wrote: Thu Dec 05, 2019 8:56
devin96 wrote: Wed Dec 04, 2019 8:12
andyez86 wrote: Tue Dec 03, 2019 3:45
Wah serem juga ya montir sop en draiv bsa sampe bikin slek baut carter oli, untung mereka tanggung jawab ya om. Ohh jadi 1 hari yaa, itu juga udh termasuk bubut. Dulu abis berapa om? Ada rincian pekerjaannya kah di invoice-nya seperti jasa bongkar pasang carter oli sama harga sealant oem?

Atau semua tagihan langsung diserahkan ke bengkel sop en draiv?

ya jadi pas ganti oli di bengkel itu mekanik koq agk lama kerjain nya....makanik baru sih...ya saya ga curiga apa2...lgs pulang...bsk paginya ada tetesan oli lmyan banyak di kolong mbl....bawa ke bengkel itu lg..trs diselidiki trnya mmg slek dan dia takut mau ngmng....akhrnya mmg management tanggung jawab sih....

pengerjaan di nasmoko pagi2 mbl masuk.....trs turun carter,sama mrka dibawa ke bengkel bubut luar dealer....bersihin,kasi sealant,ditunggu kering,trs pasang deh......jd baut nya digedein dari std nya.....klo ga salah sktr 600 ato 700rb om....mahal sealant nya drpd ongkos bongkar pasang wkkwkwkkw......tagihan saya bayar dlu trs nota dibawa ke bengkel sop en draiv buat di ganti duit sama dia
Untung om liat ya ada tetesan oli, klo sampe ga sadar bisa makin gawat. Biaya sekitar 700 an ya, noted om. Iya sealant oem toyota di BERES pasti lebih mahal lagi tuh ya dibanding di toko spareparts. Syukur deh mereka tanggung jawab
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by evanbngdor »

devin96 wrote: Thu Dec 05, 2019 15:32
evanbngdor wrote: Wed Dec 04, 2019 10:45
Sealant apa nya Om? Waktu itu saya di bengkel swasta biasa Om. Mobil ditinggal 2 malem biar hasil maksimal.
sealant yang digunakan untuk rapetin carter oli om. Klo ditinggal 2 hari sih hati tenang ya om ga tkt rembes karna faktor ga kering
Oh sealant nya ya asli om. Maksud saya bukan ganti carternya, tp sealant nya. Maafkeun
:mky_01:

Iya 2 hari didiemin terus besoknya baru deh diisi oli. Ya bisa dibilang 3 hari lah ya. Sabtu pagi dibongkar, Selasa pagi baru dipake jalan mobilnya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by DOHC »

devin96 wrote: Thu Dec 05, 2019 15:48
DOHC wrote: Wed Dec 04, 2019 13:22 btw, ane perna ganti seal timing cover ama jadi nge sealant carter oli ipah ane sendiri, pake pematex yg merah.. sblom nya di kerik ampe bersih pake cutter, bersihin, lalu pakein lem gasket nya tipis.. ud jalan ampir 5 taonan lebih untunglah blom bcor..
Pake permatex merah ya om, abis di lem terus nunggu berapa lama om untuk baut carter oli-nya?

Setelah di baut, om isi oli-nya kira2 brp lama ya? Enaknya bisa ngoprek sendiri hehe
Itu ane diemin dr sore ampe besok pagi nya om..
Jadi abis di oles tipis2, cuman di baut ke mesin, tp kaga di kencengin, besokan pagi nya baru di kencengin..

Bongpas karter oli masi itungan gampang... copotin timing cover ipah itu baru bkin patah tulang punggung
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by andyez86 »

MSU wrote: Thu Dec 05, 2019 13:40
andyez86 wrote: Thu Dec 05, 2019 8:56
devin96 wrote: Wed Dec 04, 2019 8:12

Wah serem juga ya montir sop en draiv bsa sampe bikin slek baut carter oli, untung mereka tanggung jawab ya om. Ohh jadi 1 hari yaa, itu juga udh termasuk bubut. Dulu abis berapa om? Ada rincian pekerjaannya kah di invoice-nya seperti jasa bongkar pasang carter oli sama harga sealant oem?

Atau semua tagihan langsung diserahkan ke bengkel sop en draiv?

ya jadi pas ganti oli di bengkel itu mekanik koq agk lama kerjain nya....makanik baru sih...ya saya ga curiga apa2...lgs pulang...bsk paginya ada tetesan oli lmyan banyak di kolong mbl....bawa ke bengkel itu lg..trs diselidiki trnya mmg slek dan dia takut mau ngmng....akhrnya mmg management tanggung jawab sih....

pengerjaan di nasmoko pagi2 mbl masuk.....trs turun carter,sama mrka dibawa ke bengkel bubut luar dealer....bersihin,kasi sealant,ditunggu kering,trs pasang deh......jd baut nya digedein dari std nya.....klo ga salah sktr 600 ato 700rb om....mahal sealant nya drpd ongkos bongkar pasang wkkwkwkkw......tagihan saya bayar dlu trs nota dibawa ke bengkel sop en draiv buat di ganti duit sama dia
Kalo dari ceritanya saya simpulkan bangke ni mekanik..dia bikin slek artinya dia tau tu baut ga bisa dikencengin scr proper...gitu ttp dilepas keluar aja mobilnya..lha kl kenapa2 di jalan gmn tanggung jawabnya



yaa bgtulah....untung garasi rmh pake keramik putih jd lgs keliatan klo ada tetesan oli.....kampret mmg bukannya ngak...itu pake diselotip putih lho sama dia....pikirnya ga bocor stlh dikasi itu
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by Omnibus »

pakai seal tape malah suka bikin drat slek .... seharusnya ga perlu tp crush washer hrs diganti baru dan di torque. krn sy torque junkie jd oil drain plug jg di torque sesuai spek.

crush washer beli aja di beres sekalian 10 biji gitu buat stock, kl ahond harganya 8000+ppn satunya. semua model ahond sama part numbernya kecuali transmisi beda lg. sy tanya sepack isi 100 biji sampai mati jg belom habis bisa diwarisin. krn bukan fanboy ahond jd beli ngeteng aja.
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

evanbngdor wrote: Fri Dec 06, 2019 2:13
devin96 wrote: Thu Dec 05, 2019 15:32
evanbngdor wrote: Wed Dec 04, 2019 10:45
Sealant apa nya Om? Waktu itu saya di bengkel swasta biasa Om. Mobil ditinggal 2 malem biar hasil maksimal.
sealant yang digunakan untuk rapetin carter oli om. Klo ditinggal 2 hari sih hati tenang ya om ga tkt rembes karna faktor ga kering
Oh sealant nya ya asli om. Maksud saya bukan ganti carternya, tp sealant nya. Maafkeun
:mky_01:

Iya 2 hari didiemin terus besoknya baru deh diisi oli. Ya bisa dibilang 3 hari lah ya. Sabtu pagi dibongkar, Selasa pagi baru dipake jalan mobilnya
Hahaha siap om, thx for the info
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

DOHC wrote: Fri Dec 06, 2019 2:44
devin96 wrote: Thu Dec 05, 2019 15:48
DOHC wrote: Wed Dec 04, 2019 13:22 btw, ane perna ganti seal timing cover ama jadi nge sealant carter oli ipah ane sendiri, pake pematex yg merah.. sblom nya di kerik ampe bersih pake cutter, bersihin, lalu pakein lem gasket nya tipis.. ud jalan ampir 5 taonan lebih untunglah blom bcor..
Pake permatex merah ya om, abis di lem terus nunggu berapa lama om untuk baut carter oli-nya?

Setelah di baut, om isi oli-nya kira2 brp lama ya? Enaknya bisa ngoprek sendiri hehe
Itu ane diemin dr sore ampe besok pagi nya om..
Jadi abis di oles tipis2, cuman di baut ke mesin, tp kaga di kencengin, besokan pagi nya baru di kencengin..

Bongpas karter oli masi itungan gampang... copotin timing cover ipah itu baru bkin patah tulang punggung
Mantap om thx sharingnya. Kalo saya bongkar sendiri bisa2 makin rembes tuh carter hehehe
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by indeskey »

Om DOHC, sealant nya pake merk apa ya? Selang atf warmer gerobak saya sih masih aman, cuma buat jaga2 aja kalau misal nanti kejadian.

Matur suwun.
DOHC wrote:@mbah marmut

ane post dsini mbah, ora ngerti ngepost gambar via pm

selang nya yg ane tandain lingkaran merah, ntuh kliatan di ujung selang nya ad merah2 bekas lem sealant
20191203_190159.jpg
20191203_190130.jpg
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by DOHC »

Pake sealant apa aj om, yg penting high temp punya.. ane pake permatex yg oil resistant

Btw perhatiin selang nya, ad retak atau sobek ga, mending d ganti kl ad.. ntuh sealant cman solusi lg cekak dan ga ad retak atau sobek
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by indeskey »

Siap om. Thanks
DOHC wrote:Pake sealant apa aj om, yg penting high temp punya.. ane pake permatex yg oil resistant

Btw perhatiin selang nya, ad retak atau sobek ga, mending d ganti kl ad.. ntuh sealant cman solusi lg cekak dan ga ad retak atau sobek
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

Om2 semua, dari 2 sealant merk loctite ini yang khusus dipakai untuk carter oli mesin yang mana ya?
saya agak bingung ada orang blg :pake aja merk loctite, tapi entah yang Red high temp RTV atau yang RTV 5699 grey?
dan ada merk lain lagi yaitu xtraseal harganya tergolong murah yaitu sekitar 25 rb an sedangkan loctite di 60-70 rb an. Tapi saya sih prefer loctite.

Loctite Red high temp RTV: Typically used in applications with an operating range of -50°C to +250°C
Loctite RTV 5699 grey : 329 C / 625 F
xtraseal : 399 C / 750 F

kira-kira yang mana ya yg recomended? karena dlm wkt dekat ini saya mau aplikasikan ke carter oli fortuner bensin saya yang udah rembes. Dan sealant untuk carter oli yang RTV kan ya bahannya, sama seperti oem toyota? Terimakasih semua.

Semua gambar saya ambil dari tokped.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by Omnibus »

Bantu jawab ya om...

RTV 5699 Grey selain tahan temperatur yg lbh tinggi juga tahan bersentuhan dgn coolant, kelebihan selain utk aplikasi oil pan juga utk thermostat housing dan water pump.

SI 598 Black (SI 596 Red sptnya mirip cuma lesser grade) cuma utk aplikasi yg bersentuhan dgn oil tp tdk dgn coolant. Tapi ini disebutkan OE spec. Bisa juga utk oil pan. Tp yg Black ini sampai 329C.

Yg terpenting om ikuti prosedur. Kedua produk itu Tack Free Time 30 menit; Full Cure 24 hours.

Info selengkapnya di spec sheet resmi Loctite disini downloadnya. Monggo om download dan langsung ke halaman 22 dan 27.

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 1pGgW8P1CT
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

Omnibus wrote: Thu Jan 16, 2020 5:50 Bantu jawab ya om...

RTV 5699 Grey selain tahan temperatur yg lbh tinggi juga tahan bersentuhan dgn coolant, kelebihan selain utk aplikasi oil pan juga utk thermostat housing dan water pump.

SI 598 Black (SI 596 Red sptnya mirip cuma lesser grade) cuma utk aplikasi yg bersentuhan dgn oil tp tdk dgn coolant. Tapi ini disebutkan OE spec. Bisa juga utk oil pan. Tp yg Black ini sampai 329C.

Yg terpenting om ikuti prosedur. Kedua produk itu Tack Free Time 30 menit; Full Cure 24 hours.

Info selengkapnya di spec sheet resmi Loctite disini downloadnya. Monggo om download dan langsung ke halaman 22 dan 27.

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 1pGgW8P1CT
Wah thanks om infonya, sampe ada katalognya juga jadi tau juga produk2 loctite lainnya. Jadi menurut om pakai loctite yg RTV 5699 Grey ini sudah sangat pas untuk carter oli mesin? Jika dilihat dari ketahanan panasnya berdasarkan katalog yg om share mencapai -75° to 625°F (-59° to 329°C).

Lalu bagaimana perbandingan dengan sealant merk xtraseal yg saya share sebelumnya? berdasarkan spec yg tertulis, sealant xtraseal memiliki ketahanan terhadap panas yang lebih tinggi dibandingkan merk loctite RTV grey, ketahanan panas sealant xtraseal mencapai 750 derajat F (tahan panas dari -62C - +399C). Menurut om lebih bagus mana? berdasarkan spec xtraseal lebih tinggi ketahanan terhadap panas, tapi di sisi lain loctite merupakan merk yang cukup dikenal dibandingkan xtraseal.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by Omnibus »

devin96 wrote: Fri Jan 17, 2020 11:32
Wah thanks om infonya, sampe ada katalognya juga jadi tau juga produk2 loctite lainnya. Jadi menurut om pakai loctite yg RTV 5699 Grey ini sudah sangat pas untuk carter oli mesin? Jika dilihat dari ketahanan panasnya berdasarkan katalog yg om share mencapai -75° to 625°F (-59° to 329°C).

Lalu bagaimana perbandingan dengan sealant merk xtraseal yg saya share sebelumnya? berdasarkan spec yg tertulis, sealant xtraseal memiliki ketahanan terhadap panas yang lebih tinggi dibandingkan merk loctite RTV grey, ketahanan panas sealant xtraseal mencapai 750 derajat F (tahan panas dari -62C - +399C). Menurut om lebih bagus mana? berdasarkan spec xtraseal lebih tinggi ketahanan terhadap panas, tapi di sisi lain loctite merupakan merk yang cukup dikenal dibandingkan xtraseal.
normal range oil temperature 110-130 C. katakan dlm kondisi engine overheat 200 C. maka 329 C msh aman. bebas merk mana aja sy ga pernah pakai dua2nya, dulu pernah permatex. tp kl sy akan pakai yg katalognya jelas atau sekalian pakai aslinya Toyota FIPG 103.

Image
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 »

Omnibus wrote: Fri Jan 17, 2020 17:24
devin96 wrote: Fri Jan 17, 2020 11:32
Wah thanks om infonya, sampe ada katalognya juga jadi tau juga produk2 loctite lainnya. Jadi menurut om pakai loctite yg RTV 5699 Grey ini sudah sangat pas untuk carter oli mesin? Jika dilihat dari ketahanan panasnya berdasarkan katalog yg om share mencapai -75° to 625°F (-59° to 329°C).

Lalu bagaimana perbandingan dengan sealant merk xtraseal yg saya share sebelumnya? berdasarkan spec yg tertulis, sealant xtraseal memiliki ketahanan terhadap panas yang lebih tinggi dibandingkan merk loctite RTV grey, ketahanan panas sealant xtraseal mencapai 750 derajat F (tahan panas dari -62C - +399C). Menurut om lebih bagus mana? berdasarkan spec xtraseal lebih tinggi ketahanan terhadap panas, tapi di sisi lain loctite merupakan merk yang cukup dikenal dibandingkan xtraseal.
normal range oil temperature 110-130 C. katakan dlm kondisi engine overheat 200 C. maka 329 C msh aman. bebas merk mana aja sy ga pernah pakai dua2nya, dulu pernah permatex. tp kl sy akan pakai yg katalognya jelas atau sekalian pakai aslinya Toyota FIPG 103.

Image
Thx om penjelasannya jadi aman ya 329 C. Oh iya menurut info dari beberapa bengkel katanya sealant tsb akan kering dalam waktu 2-4 jam saja setelah kering mobil bisa langsung di bawa jalan, tp menurut rekan2 disini paling tidak harus didiamkan selama 24 jam. Gimana menurut om, apakah aman jika hanya 4 jam pengeringan lalu mobil dibawa jalan?
MichaelTHK
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Jul 10, 2022 20:03

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by MichaelTHK »

Izin tanya, sy ada rencana ganti gasket / cover head.

Bahan'nya karet yg membentuk garis lekukan.

Baiknya sealer pakai jenis & merk apa ?

Yg harga under 100ribu.

Baca2 & pernah liat di youtube, ada jg mekanik yg ga pakai sealer.

Jd baiknya SOP yg benar, sy kudu pakai sealer atau tidak ..

Tolong jangan sarankan bengkel, sebab sy mau dikit2 belajar & males ke bengkel karena jauh dr rumah.

Terima Kasih
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by marmut »

MichaelTHK wrote: Sun Aug 28, 2022 12:03 Izin tanya, sy ada rencana ganti gasket / cover head.

Bahan'nya karet yg membentuk garis lekukan.

Baiknya sealer pakai jenis & merk apa ?

Yg harga under 100ribu.

Baca2 & pernah liat di youtube, ada jg mekanik yg ga pakai sealer.

Jd baiknya SOP yg benar, sy kudu pakai sealer atau tidak ..

Tolong jangan sarankan bengkel, sebab sy mau dikit2 belajar & males ke bengkel karena jauh dr rumah.

Terima Kasih


maksudnya gasket valve cover? kalau gasket diganti baru ya ngapain pakai sealant lagi? kecuali ada petunjuk husus dari FSM.

dan terpenting lihat di FSM juga tightening torq minta berapa. percuma mau pakai sealant seember kalo tightening torq diabaikan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Aug 28, 2022 15:37
MichaelTHK wrote: Sun Aug 28, 2022 12:03 Izin tanya, sy ada rencana ganti gasket / cover head.

Bahan'nya karet yg membentuk garis lekukan.

Baiknya sealer pakai jenis & merk apa ?

Yg harga under 100ribu.

Baca2 & pernah liat di youtube, ada jg mekanik yg ga pakai sealer.

Jd baiknya SOP yg benar, sy kudu pakai sealer atau tidak ..

Tolong jangan sarankan bengkel, sebab sy mau dikit2 belajar & males ke bengkel karena jauh dr rumah.

Terima Kasih


maksudnya gasket valve cover? kalau gasket diganti baru ya ngapain pakai sealant lagi? kecuali ada petunjuk husus dari FSM.

dan terpenting lihat di FSM juga tightening torq minta berapa. percuma mau pakai sealant seember kalo tightening torq diabaikan.
kayanya mobil2 kuaran 10-20 taonan trakir dah jarang banget yg masi pake silen campur gasket buat tutup deksel ya mbah

kcuali enjin2 big blok mopar kali :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Aug 28, 2022 15:47
kayanya mobil2 kuaran 10-20 taonan trakir dah jarang banget yg masi pake silen campur gasket buat tutup deksel ya mbah

kcuali enjin2 big blok mopar kali :upss: :upss: :upss:


ini kan anak buah ngana punya kerja.... udah gasket baru, pake tambahan sealant katanya biar yakin.

:mky_03: :mky_03: :mky_03:

jadilah itu ruang mesin meriah warnanya....

:mky_01:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by Omnibus »

kl nubi perhatiin, itu di sambungan antara cyl head sama timing chain cover selalu hrs dioles sealant mbah. rata2 di fsm begitu nyuruhnya, mungkin krn beda ketinggian rentan bocor. apalagi cyl head nya yg udah dipapas jadinya makin tenggelem dibanding timing chain covernya.