Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 29 Sep 2017, 18:02
Location: Bandung

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by piraku »

Dat510 wrote:gara2 thread ini saya jd ngikutin kasus nya. Kalo dari hasil bacaan kok saya lebih berpihak ke ghosn & kelly ya, kesannya jadi Jepang & Nissan yg jahat, apalagi pas setelah baca berita ini:

https://www.nytimes.com/2020/01/11/busi ... issan.html

Kelly seolah2 dipanggil 'cuma' buat ditangkep di Jepang. Jepang juga belum ngeluarin press conference buat ngebales press conference nya Ghosn.

==============
Tambahan berita:

https://www.ft.com/content/8e09fb16-353 ... 26f8c3cba4

ini kaya membenarkan pernyataan2 Ghosn klo dia kena konspirasi.
Saya sih liat history mr ghosn dari awal menyelamatkan nissan dan mitsubishi, yaa walaupun produk jadi spec down tp perusahaan ga jadi kolaps dan bisa terus survive sampai saat ini. Pas kena skandal, sulit dipercaya. Pasti ada perbedaan pendapat di internal ghosn vs principal japan. Kemudian dikebaklah ghosn.
Saya sih berharap dua pabrikan jepun itu kolaps aja biar tau rasa. Seenak udel mecat yg menyelamatkan perusahaan, belum tentu mereka survive tanpa campur tangan ghosn. Macam nonton drama aja intrik politiknya.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24702
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by DOHC »

Namanya jg batu makam, yah emg ud suratan takdir nya utk tiarap d tanah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Dat510 »

piraku wrote: 14 Jan 2020, 03:08
Dat510 wrote:gara2 thread ini saya jd ngikutin kasus nya. Kalo dari hasil bacaan kok saya lebih berpihak ke ghosn & kelly ya, kesannya jadi Jepang & Nissan yg jahat, apalagi pas setelah baca berita ini:

https://www.nytimes.com/2020/01/11/busi ... issan.html

Kelly seolah2 dipanggil 'cuma' buat ditangkep di Jepang. Jepang juga belum ngeluarin press conference buat ngebales press conference nya Ghosn.

==============
Tambahan berita:

https://www.ft.com/content/8e09fb16-353 ... 26f8c3cba4

ini kaya membenarkan pernyataan2 Ghosn klo dia kena konspirasi.
Saya sih liat history mr ghosn dari awal menyelamatkan nissan dan mitsubishi, yaa walaupun produk jadi spec down tp perusahaan ga jadi kolaps dan bisa terus survive sampai saat ini. Pas kena skandal, sulit dipercaya. Pasti ada perbedaan pendapat di internal ghosn vs principal japan. Kemudian dikebaklah ghosn.
Saya sih berharap dua pabrikan jepun itu kolaps aja biar tau rasa. Seenak udel mecat yg menyelamatkan perusahaan, belum tentu mereka survive tanpa campur tangan ghosn. Macam nonton drama aja intrik politiknya.
wkwk. saya juga sempet berpikiran yang sama dengan om, biar kolaps aja sekalian..
dari hasil baca berbagai artikel luar negeri, yg ke ekspose bukan kesalahan si Ghosn & kelly, tapi justru kekacauan internal nissan & sistem hukum Jepang. Butuh insight dari om NR ni.

https://www.nytimes.com/2019/10/06/busi ... n-pay.html
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11444
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ »

DOHC wrote: 14 Jan 2020, 08:06 Namanya jg batu makam, yah emg ud suratan takdir nya utk tiarap d tanah
ane juga baru mau ngomong ini :mky_07:



kasus skandal perusahaannya banyak, CEO baru nya pun kena skandal. Gak heran performa lapangannya turun drastis...

well tinggal kita liat apakah bakal ngulangin masa-masa suramnya si batu makam dulu, nunggu diselametin ama brand lain lagi :mky_07:

kasian NMI, lg berusaha bangkit lagi, eh malah internal pusatnya ribut
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8639
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Omnibus »

org jepang tuh secara traditional punya pride yg tinggi thd kerjaannya. caranya ghosn keluar dr keterpurukan itu dgn menghadirkan products yg low quality asal bikinnya murah. utk bisa laku hrs dijual dgn diskon yg sangat besar, net price after discount jauh dibawah competitornya dan msh tetap untung itu artinya low production cost. ghosn teknik marketingnya fokus di car ownership financing company menjaring konsumen yg tdk diapprove first tier credit company atau biasa disebut those with not-so-perfect credit rating. jd bisa dibilang jd finance company drpd car company. underlying asset hrs semurah mungkin krn debitornya ada kecenderungan high risk high NPL. Ini yg bertentangan dgn para senior di nissan yg rata2 di jepang semasa hidupnya kerja di 1 company aja jd sense of belonging nya besar. low prod cost low quality akhirnya menggerus brand image, jualan berkurang dimana2, pertentangan batin utk senior2, akhirnya burst. ibarat obat yg cuma utk short term survival tp in the long run side effect nya unbearable.

ga percaya gpp, tp itu kenyataannya at least secara global wise
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3378
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: 14 Jan 2020, 10:54 org jepang tuh secara traditional punya pride yg tinggi thd kerjaannya. caranya ghosn keluar dr keterpurukan itu dgn menghadirkan products yg low quality asal bikinnya murah. utk bisa laku hrs dijual dgn diskon yg sangat besar, net price after discount jauh dibawah competitornya dan msh tetap untung itu artinya low production cost. ghosn teknik marketingnya fokus di car ownership financing company menjaring konsumen yg tdk diapprove first tier credit company atau biasa disebut those with not-so-perfect credit rating. jd bisa dibilang jd finance company drpd car company. underlying asset hrs semurah mungkin krn debitornya ada kecenderungan high risk high NPL. Ini yg bertentangan dgn para senior di nissan yg rata2 di jepang semasa hidupnya kerja di 1 company aja jd sense of belonging nya besar. low prod cost low quality akhirnya menggerus brand image, jualan berkurang dimana2, pertentangan batin utk senior2, akhirnya burst. ibarat obat yg cuma utk short term survival tp in the long run side effect nya unbearable.

ga percaya gpp, tp itu kenyataannya at least secara global wise
jadi keinget, pernah baca dimana gitu, nissan trying to be the next yoyota, dan emang hampir kejadian kan sejak alliance Renault, nomor 2 dunia untuk jumlah kejual... [emo-yesno] yang bisa diirit, bisa dihemat, bisa dibikin margin disikat, jadi harga bersaing. and it works. cuma ya bener juga ya ini jadi semacam short term med. tapi long term kacau karena price oriented, soal driving, durability, quality, dsb turun apalagi well itu perusahaan Jepang dipimpin segitu lama sama CEO non Jepang yang dulunya bikin mobil keren2 legendaris ya pastilah lama2 meleduk. [emo-yesno]

masalahnya udah sekacau gitu, mau cari CEO dewa mana lagi buat reviving? another japanese? kok makin meragukan karena kekacauan tambah kacau karena kelakuan top executive yg ga mulus cara turunin Ghosn gitu dan org2 itu suruh cari CEO baru? :mky_07:
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 756
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by pcx »

Skandal yg merusak dan membuka borok sistem peradilan negara Jepun ke dunia luar :e-snooty:

Pengaruh buruk bukan hanya ke Nissan jepun aza tapi bakal melebar ke iklim industri otomotif Jepun yg saat ini struggle berat di masa peralihan ICE ke era EV :off_no:

Bijimanepun Ghosn berjasa besar mengangkat Nissan jepun dari terpuruk menjadi sperti skarank ini. Ga pantes jika Ghosn diperlakukan sperti penjahat perang :snipersmile:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 756
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by pcx »

FU27 wrote: 10 Jan 2020, 09:28 Kok saya lihatnya ini sejak kasus mitsu dicaplok Nissan. Kaya ada sentimen besar gitu, brand segede mitsu cuma di jadiin alat sama nissan di bawah ghosn
Ga jg sih Um.

wong Mitsubishi grup jepun memang dari dulu mo jual divisi otomotif karna dianggap ga profitable lage
:drinking:

Apalage kalo diliat bisnis inti Mitsubishi grup Jepun ada di : perbankan & trading, heavy industries termasuk aerospace dan perkapalan bahkan manufaktur alutsista militer Jepun sejak dulu. Blom lage Mitsubisi estate yg pendiri banyak skycraper2 di kota besar Jepun :frm_tumbleft:

Bisnis otomotif emank udah masa lalu bagi grup mereka kalo ga mo dibilang ecek2 wkwkwkwk :mrgreen:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8639
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Omnibus »

kunaskun wrote: 14 Jan 2020, 12:32
jadi keinget, pernah baca dimana gitu, nissan trying to be the next yoyota, dan emang hampir kejadian kan sejak alliance Renault, nomor 2 dunia untuk jumlah kejual... [emo-yesno] yang bisa diirit, bisa dihemat, bisa dibikin margin disikat, jadi harga bersaing. and it works. cuma ya bener juga ya ini jadi semacam short term med. tapi long term kacau karena price oriented, soal driving, durability, quality, dsb turun apalagi well itu perusahaan Jepang dipimpin segitu lama sama CEO non Jepang yang dulunya bikin mobil keren2 legendaris ya pastilah lama2 meleduk. [emo-yesno]

masalahnya udah sekacau gitu, mau cari CEO dewa mana lagi buat reviving? another japanese? kok makin meragukan karena kekacauan tambah kacau karena kelakuan top executive yg ga mulus cara turunin Ghosn gitu dan org2 itu suruh cari CEO baru? :mky_07:
yoyota jauh tak tersusul .... so far ahead and so strong mrk skrg lg bikin Future Smart City, gugel aja.....

ceo baru ya tugasnya berat bgt .... dgn kondisi keuangan yg ga begitu bagus mana bisa hire the best talents (engineers). itu classic problem non-top performer companies apalagi yg in deep trouble. there's a saying "if you pay peanuts you get monkeys"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11444
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 14 Jan 2020, 10:54 org jepang tuh secara traditional punya pride yg tinggi thd kerjaannya. caranya ghosn keluar dr keterpurukan itu dgn menghadirkan products yg low quality asal bikinnya murah. utk bisa laku hrs dijual dgn diskon yg sangat besar, net price after discount jauh dibawah competitornya dan msh tetap untung itu artinya low production cost. ghosn teknik marketingnya fokus di car ownership financing company menjaring konsumen yg tdk diapprove first tier credit company atau biasa disebut those with not-so-perfect credit rating. jd bisa dibilang jd finance company drpd car company. underlying asset hrs semurah mungkin krn debitornya ada kecenderungan high risk high NPL. Ini yg bertentangan dgn para senior di nissan yg rata2 di jepang semasa hidupnya kerja di 1 company aja jd sense of belonging nya besar. low prod cost low quality akhirnya menggerus brand image, jualan berkurang dimana2, pertentangan batin utk senior2, akhirnya burst. ibarat obat yg cuma utk short term survival tp in the long run side effect nya unbearable.

ga percaya gpp, tp itu kenyataannya at least secara global wise
menarik... langkah Ghosn emang bisa diliat dari 2 sisi. Di satu sisi cara spt ini in short run emang kayaknya efektif banget untuk menyelamatkan keuangan batumakam yang lagi terpuruk. Di sisi lain, bertentangan dengan budaya kerjanya orang Jepang. Mgk Ghosn sendiri juga tidak mikir efek jangka panjang ini. Dulu waktu awal-awal batumakam aliansi sama Renault emang progressnya cepet banget sih naiknya.

Mgk langkahnya bener, tapi terkesan buru-buru mau ini mau itu, akhirnya bahkan niatan bangkitin "halo car" spt GT-R dan Z buat naikin lagi nama Nissan di panggung pertempuran sekarang juga udah kaga jelas nasibnya... GT-R dan 370Z itu sudah lebih dari 10 taun semua, sdh obsolete di saat Honda sdh keluar NSX dan Toyota uda bangkitin Supra. Barangkali mereka jg ga punya duit untuk ngembangin penerus halo car nya ini.

kasus begini-begini ini malah yang meyakinkan ane untuk skeptis... kenapa merek-merek yang terkenal jualan produk yang so-called "value for money", "harga murah fitur melimpah ruah" hampir semuanya kebongkar boroknya... Ford, Chevrolet, Nissan... Mazda pun waktu masih "murah" dipegang MMI gak kalah bermasalah walau lokal saja... skrg dipegang EMI jadi mahal tapi ya memang berarti tuh mobil harusnya "mahal".

Udah emang bener hukum alam, namanya barang bagus pasti mahal, kalo murah berarti ada "sesuatu" nya... Toyota boleh dibully di internet tapi gak bisa dipungkiri Toyota emang mobilnya berkualitas dipake gak rusak rusak...

Bro Kiel mana neh ... Yang hobi ngeroast brand brand gini :mky_07:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8639
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Omnibus »

ChZ wrote: 14 Jan 2020, 15:43
menarik... langkah Ghosn emang bisa diliat dari 2 sisi. Di satu sisi cara spt ini in short run emang kayaknya efektif banget untuk menyelamatkan keuangan batumakam yang lagi terpuruk. Di sisi lain, bertentangan dengan budaya kerjanya orang Jepang. Mgk Ghosn sendiri juga tidak mikir efek jangka panjang ini. Dulu waktu awal-awal batumakam aliansi sama Renault emang progressnya cepet banget sih naiknya.
sy diceritain langsung sm anak buah ghosn yg jd trainer sy waktu nguli disana. ada kejadian diawal2 kepemimpinan dia pimpin meeting didepan senior jepang, marah2 sampai gebrak meja sampai jam tangannya pecah berserakan kemana2. jelas dr awal ada perbedaan culture yg mencolok. org jepang kan menghargai senioritas bgt sampai cuma senior yg dihormati yg boleh berkumis dan goaty di area kantor.
ChZ wrote: 14 Jan 2020, 15:43
------

Mgk langkahnya bener, tapi terkesan buru-buru mau ini mau itu, akhirnya bahkan niatan bangkitin "halo car" spt GT-R dan Z buat naikin lagi nama Nissan di panggung pertempuran sekarang juga udah kaga jelas nasibnya... GT-R dan 370Z itu sudah lebih dari 10 taun semua, sdh obsolete di saat Honda sdh keluar NSX dan Toyota uda bangkitin Supra. Barangkali mereka jg ga punya duit untuk ngembangin penerus halo car nya ini.

kasus begini-begini ini malah yang meyakinkan ane untuk skeptis... kenapa merek-merek yang terkenal jualan produk yang so-called "value for money", "harga murah fitur melimpah ruah" hampir semuanya kebongkar boroknya... Ford, Chevrolet, Nissan... Mazda pun waktu masih "murah" dipegang MMI gak kalah bermasalah walau lokal saja... skrg dipegang EMI jadi mahal tapi ya memang berarti tuh mobil harusnya "mahal".

Udah emang bener hukum alam, namanya barang bagus pasti mahal, kalo murah berarti ada "sesuatu" nya... Toyota boleh dibully di internet tapi gak bisa dipungkiri Toyota emang mobilnya berkualitas dipake gak rusak rusak...

-------
halo car itu cuma trick marketing, ga ada produk umum yg diproduksi pakai spec itu ga masuk lah dlm target budget production costnya. nisin bisa produksi yg hebat dan mahal tp kl ga laku cuma akan jd beban cost dlm keadaan rugi ga akan diapprove CFO nya.

ente kan "penggemar ahond" nih, kapan itu nonton utube yg nyambangin Spoon shop di jepang engineernya bilang bedanya honda itu komponen jeroan mesin beratnya mendekati sama semua satu sama lain sampai ke baut2. itu yg bikin mesin ahond inherently balanced tanpa diapa2in dan bisa high revs dgn minimal vibration.

trus di utube lain engineer ahond yg develop 1.5T L15 bilang yg tersulit dlm mendesign engine itu adalah heat transfer utk mitigasi overheat. itu diteliti dimana ada hot spotnya di dlm silinder dan solusinya cuma dibuat coakan doang kecil diujung2 combustion chambernya. akhirnya saking jd dingin itu engine malah bikin oil fuel dilution di negara 4 musim krn kl winter itu engine sulit mencapai temperature kerja normal. loe ga bisa lihat itu, apa itu fitur juga rasanya bukan tp semua itu perlu uang utk R&D nya. that's the price u pay.

oh ya 1 lagi, itu engine kan GDI direct injection salah satu yg pertama yg tdk bikin deposit buildup di intake valves nya krn dlm rpm tertentu valvenya bisa kena semprot injector krn diposisikan bisa nembak ke arah intake valve pas dia ngebuka.

bandingin sm MR20DD mau nangis
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11444
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 14 Jan 2020, 16:17

sy diceritain langsung sm anak buah ghosn yg jd trainer sy waktu nguli disana. ada kejadian diawal2 kepemimpinan dia pimpin meeting didepan senior jepang, marah2 sampai gebrak meja sampai jam tangannya pecah berserakan kemana2. jelas dr awal ada perbedaan culture yg mencolok. org jepang kan menghargai senioritas bgt sampai cuma senior yg dihormati yg boleh berkumis dan goaty di area kantor.
Ternyata realita di balik cerita kesuksesan Ghosn nyelametin batumakam gak seindah itu yak. tindakan Ghosn seperti itu mgk dipandang un-ethical bagi orang Jepang yang sangat menjunjung tinggi etika dan perfeksionis. sangat melukai pride mereka pastinya.

halo car itu cuma trick marketing, ga ada produk umum yg diproduksi pakai spec itu ga masuk lah dlm target budget production costnya. nisin bisa produksi yg hebat dan mahal tp kl ga laku cuma akan jd beban cost dlm keadaan rugi ga akan diapprove CFO nya.

ente kan "penggemar ahond" nih, kapan itu nonton utube yg nyambangin Spoon shop di jepang engineernya bilang bedanya honda itu komponen jeroan mesin beratnya mendekati sama semua satu sama lain sampai ke baut2. itu yg bikin mesin ahond inherently balanced tanpa diapa2in dan bisa high revs dgn minimal vibration.

trus di utube lain engineer ahond yg develop 1.5T L15 bilang yg tersulit dlm mendesign engine itu adalah heat transfer utk mitigasi overheat. itu diteliti dimana ada hot spotnya di dlm silinder dan solusinya cuma dibuat coakan doang kecil diujung2 combustion chambernya. akhirnya saking jd dingin itu engine malah bikin oil fuel dilution di negara 4 musim krn kl winter itu engine sulit mencapai temperature kerja normal. loe ga bisa lihat itu, apa itu fitur juga rasanya bukan tp semua itu perlu uang utk R&D nya. that's the price u pay.

oh ya 1 lagi, itu engine kan GDI direct injection salah satu yg pertama yg tdk bikin deposit buildup di intake valves nya krn dlm rpm tertentu valvenya bisa kena semprot injector krn diposisikan bisa nembak ke arah intake valve pas dia ngebuka.

bandingin sm MR20DD mau nangis
Nah jadi gak heran kenapa kok Z dan GTR seakan gak ada lanjutannya. gak punya duit buat "dibakar" karena sales turun terus.

wah menarik ane aja belum tau :mky_01: tapi emang itu salah satu alesan knp ane suka Honda dari dulu, buat orang yang selalu liat mobil pertama dari engine ane ud ngerasa feel bawa mobil Honda itu beda banget salah satunya dari mesin. Semua mesin Honda dari yang murah sampe mahal itu punya kesan lebih halus ketimbang mesin-mesin sejenis. Dibejek sampe highrev pun gak berasa kita nyiksa mesin, justru kayak menantang buat dihajar lebih :mky_01: gak heran potensi mesin-mesin Honda itu juara di arena balap. One of the best engine builder, kalo kata jurnalis dan tuner. Dulu McLaren waktu mau bikin McLaren F1 pun researchnya ke Honda tapi jadinya pake mesin BMW karena Honda gak punya blueprint mesin V12.

nah pantes ane kok baca-baca orang yang udah "update software EFI" di Honda US sono pada bilang gak solving the problem, emang berarti akar masalahnya design engine nya yang "terlalu dingin". Ntah nanti ke depannya solusi dari Honda apaan. yang ane tau jelas 190PS itu belum limit dari mesin L15B. Masih jauh banget dari limit.

ane excited dan jauh lebih percaya dengan pabrikan yang bisa menjelaskan engine buatan mereka secara mendetail, kebanyakan si pabrikan Jepang : Honda, Mazda, Toyota. Improvementnya justru dari detail-detail kecil bukan bikin konsep design yang over-complicated yang bakal bermasalah in the long run. Uniknya mesin-mesin dari merek ini juga yang terkenal di kalangan tuner sebagai mesin yang gampang dinaikin tenaganya.

Masalahnya yah emang gimmick lebih menarik di first impression, keliatan, dan cilakanya pabrikan kurang laris dan baru-baru suka cutting corners dgn mengurangi cost di produksi dan komponen biar harga mobilnya murah, nambahin gimmick dan fitur yang "wah" krn itu jauh lebih murah, menguntungkan secara marketing untuk jangka pendek, ketimbang mendesain komponen secara mendetail yang lebih menentukan nasib merek tsb ke depannya.

wkwkwkwk MR20DD emangnya gimana um? ane penasaran jg nih.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3378
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: 14 Jan 2020, 15:04 yoyota jauh tak tersusul .... so far ahead and so strong mrk skrg lg bikin Future Smart City, gugel aja.....

ceo baru ya tugasnya berat bgt .... dgn kondisi keuangan yg ga begitu bagus mana bisa hire the best talents (engineers). itu classic problem non-top performer companies apalagi yg in deep trouble. there's a saying "if you pay peanuts you get monkeys"
oh iyalah, yoyota mah ga ada lawannya. [emo-yesno] maksud saya nissan pengen jadi the next yoyota dalam hal cara jualan mobil :emo-big_love: malah jadi gini [emo-yesno]

iya ya, gimana mau hire orang, profit hilang 99%, sekedar bisa lanjut jualan tahun depan aja kayanya udah bagus [emo-yesno]
Lee27
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: 11 Jan 2016, 11:08

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Lee27 »

Omnibus wrote: 14 Jan 2020, 16:17

sy diceritain langsung sm anak buah ghosn yg jd trainer sy waktu nguli disana. ada kejadian diawal2 kepemimpinan dia pimpin meeting didepan senior jepang, marah2 sampai gebrak meja sampai jam tangannya pecah berserakan kemana2. jelas dr awal ada perbedaan culture yg mencolok. org jepang kan menghargai senioritas bgt sampai cuma senior yg dihormati yg boleh berkumis dan goaty di area kantor.
"Ghosn spearheaded major and dramatic structural and corporate-culture changes at Nissan. He defied Japanese business etiquette in various ways, including by eliminating seniority-based and age-based promotion, by changing lifetime employment from a guarantee to a desired goal for when the company achieved high performance, and by dismantling Nissan's keiretsu system – an interwoven web of parts suppliers with cross-holdings in Nissan. When the Nissan Revival Plan was announced, the proposed dismantling of keiretsu earned Ghosn the nickname "keiretsu killer", and The Wall Street Journal quoted a Dresdner Kleinwort Benson analyst in Tokyo as saying Ghosn might become a "target of public outrage" if Nissan threw former affiliates out of its supply chain. Ghosn changed Nissan's official company language from Japanese to English, and included executives from Europe and North America in key global strategy sessions for the first time."

Apakah ini yang membuat dai nippon dendam ya om? Seperti menginjak-injak "pride" dan tradisi orang Jepang, akhirnya terakumulasi dan dijebloskanlah Carlos Ghosn ke bui. :mky_06:

om NR ke mana ya? brgkali ada komentar ttg kasus ini.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8639
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Omnibus »

ChZ wrote: 15 Jan 2020, 09:57 --------
wkwkwkwk MR20DD emangnya gimana um? ane penasaran jg nih.
wah moga2 yg punya serena ga marah lah ya, sy cuma sharing aja. itu engine sebetulnya bukan developed by nissan, itu renault developed terlihat dr intake bentuk cumi itu ciri khas renault. kl produksi mungkin bisa dimana aja. dia early stage GDI engine baru pertama x dipake nissan, sebetulnya ga salah juga krn diinstall di serena yg sales volume nya mungkin ga begitu banyak dan di jepang kan bensinnya bersih dibanding disini. mr20dd itu seperti engine GDI lainnya by other manufacturers prone to carbon deposit at the intake valves. serena sy jual setelah istri pakai dan mesinnya stall pas di turunan mau keluar mundur dr garasi rumah. brake vacuum power hilang dan dia hampir nabrak kl ga buru2 shift to P dan injak rem parkir. depan rumah tuh high traffic dia bisa kena T-Bone sama traffic yg lewat. akhirnya sy masuk, nyalakan engine long cranking time, akhirnya nyala tp misfire hebat krn akhirnya ecm masuk ke alternative strategy (baru tau dr jagoan youtube scannerdanner kl nissan punya ecm alternative strategy). cukup bikin deg2an sih momen itu hehehe. waktu itu sy lg ga pegang scan tool (pernah punya tp habis kena banjir dipinjam temen ya udah lah musibah ya) jd ga bisa diagnose P codes nya apa. akhirnya bawa ke bengkel resmi veteran bdg dan problemnya ga solved. ga ada yg dibenerin malah krn didiagnose ga ketemu. memang agak susah krn CE light ga nyala jd hrs diagnose menyeluruh. cari2 tau suspectnya adalah ya itu dr yg besar carbon build up, injector mampet, high pressure fuel pump utk GDI nya sdh lose pressure, sampai yg kecil maf sensor kotor, egr kotor, busi aus, coil mati. salah satu atau kombinasi dr itu lah. krn istri udah ga mau pake krn shock n trauma dan sy juga males benerinnya krn mau pindah ke LN ya udah dijual apa adanya. itu momen2 dimana sy lg males2nya DIY. tp stlh kejadian itu ya udah ga bisa lah ngarep bengkel, kl mau bener musti rawat n repair sendiri. ga mau tangan2 workshop monkeys pegang2 mobil saya lagi. bbrp bulan lalu sy cek pajaknya mati, ga dibayar sm yg beli bertahun2. udah dikampakin kali. umur mobil pas dijual ga lama dr kejadian engine stall itu 2 thnan 35k kms, beli dr baru thn 2014, terawat rutin di beres.

makanya skrg lg cari info apakah problem klasik intake valve carbon build up mesin GDI menjangkit juga ngga ke L15B nya honda yg jg GDI.

maaf OOT

om chz .... nih sy bela2in nyari lg tuh video youtube honda krn ente kan punya 2 mobil dgn engine L15B7. pasti seneng bgt nonton ini video. tonton dr awal sampai akhir lah, yg saya bilang di atas sy kasih time stamp ya.

ttg component parts honda beratnya hampir sama -- menit ke 21:58 https://www.youtube.com/watch?v=MZvGv29Ei-0&t=1364s
Spoon shop itu konsepnya open kitchen keren bgt di downtown Tokyo jek...

ttg coakan di combustion chamber utk hot spot control L15B7 -- menit ke 6:15 https://www.youtube.com/watch?v=vNBGrvpO05g
itu yg bicara chief engineernya sendiri yg develop engine itu .... wow!

ini bonus, jalan2 ke Tomei workshop, ga ada yg ditutupin termasuk membuat camshaft. anjirrr keren.... https://www.youtube.com/watch?v=OHVGBewyF9c
ada juga disitu proyek nissan R33 (atau R34 lupa) yg engine nya diganti ke toyota 2JZ....mungkin krn RB26DETT buat dia kurang robust kali :mky_01:

enjoy the movies!
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1392
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by KielConstantine »

DOHC wrote: 14 Jan 2020, 08:06 Namanya jg batu makam, yah emg ud suratan takdir nya utk tiarap d tanah
Wakakakakaka.... :wkkk:
Mod klep, ada dendam pribadi pernah pelihara old GL....


----

Gw pernah bilang di thread mana tuh.. aliansi sama renault = aliansi kegelapan. Dark pact, pure evil.. jadinya kek bgini kan si nissan. Kasian deh, Datsun aja sempet dibangkitin tp fans berat old datsun pada kecewa smua. Sekarang si datsun mau mati lagi wkwkwwk njir.

Renault dimata petrol head orang2 barat bagaikan poison dalam automotive industry. Ntah apa alesannya, ane belom cari-cari infonya..

Yg kasian si mitsubiji sihhh, ikut2an kena dampak scr ga langsung.

Gw malah berharap Nissan-Mitsu alliance aja. Tendang renault. Japanese pure breed harus diterapkan.

Btw soal build quality & reliability, harusnya Nissan versi diesel robust yah. Om rakean mana nih, yg pelihara navara si hitler. Harusnya sih awet-awet aja yah ga ada cerita aneh.

Nissan versi bensinnya yaaaaaa... kalo enggak CVT meledak, kaki2 keok sebelom umur. Apalagi tuh lah... Problem demi problem, udah kek ngerawat mobil eropa aja.

Makanya Elgrand kalah lawan Alphard. Banyak masalahnya tuh mobil.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11444
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 16 Jan 2020, 01:55
wah moga2 yg punya serena ga marah lah ya, sy cuma sharing aja. itu engine sebetulnya bukan developed by nissan, itu renault developed terlihat dr intake bentuk cumi itu ciri khas renault. kl produksi mungkin bisa dimana aja. dia early stage GDI engine baru pertama x dipake nissan, sebetulnya ga salah juga krn diinstall di serena yg sales volume nya mungkin ga begitu banyak dan di jepang kan bensinnya bersih dibanding disini. mr20dd itu seperti engine GDI lainnya by other manufacturers prone to carbon deposit at the intake valves. serena sy jual setelah istri pakai dan mesinnya stall pas di turunan mau keluar mundur dr garasi rumah. brake vacuum power hilang dan dia hampir nabrak kl ga buru2 shift to P dan injak rem parkir. depan rumah tuh high traffic dia bisa kena T-Bone sama traffic yg lewat. akhirnya sy masuk, nyalakan engine long cranking time, akhirnya nyala tp misfire hebat krn akhirnya ecm masuk ke alternative strategy (baru tau dr jagoan youtube scannerdanner kl nissan punya ecm alternative strategy). cukup bikin deg2an sih momen itu hehehe. waktu itu sy lg ga pegang scan tool (pernah punya tp habis kena banjir dipinjam temen ya udah lah musibah ya) jd ga bisa diagnose P codes nya apa. akhirnya bawa ke bengkel resmi veteran bdg dan problemnya ga solved. ga ada yg dibenerin malah krn didiagnose ga ketemu. memang agak susah krn CE light ga nyala jd hrs diagnose menyeluruh. cari2 tau suspectnya adalah ya itu dr yg besar carbon build up, injector mampet, high pressure fuel pump utk GDI nya sdh lose pressure, sampai yg kecil maf sensor kotor, egr kotor, busi aus, coil mati. salah satu atau kombinasi dr itu lah. krn istri udah ga mau pake krn shock n trauma dan sy juga males benerinnya krn mau pindah ke LN ya udah dijual apa adanya. itu momen2 dimana sy lg males2nya DIY. tp stlh kejadian itu ya udah ga bisa lah ngarep bengkel, kl mau bener musti rawat n repair sendiri. ga mau tangan2 workshop monkeys pegang2 mobil saya lagi. bbrp bulan lalu sy cek pajaknya mati, ga dibayar sm yg beli bertahun2. udah dikampakin kali. umur mobil pas dijual ga lama dr kejadian engine stall itu 2 thnan 35k kms, beli dr baru thn 2014, terawat rutin di beres.

makanya skrg lg cari info apakah problem klasik intake valve carbon build up mesin GDI menjangkit juga ngga ke L15B nya honda yg jg GDI.
ini serem abis sih ane ga kebayang gimana paniknya apalagi istri yang pake ya um... :big_childish:

35k dan belum ada 5 taun itu masih muda banget padahal. tapi omongan oom begitu saya jadi ikut curiga kok skrg C26 udah pada ga nampak di jalanan... kalopun ketemu Serena ya ketemunya C24. Jangan-jangan udah pada jadi rongsokan wkwkwkwkwk.

kalo L15B7 si ane belum pernah denger kasus spt itu, di US dan negara-negara lain juga pada pecah telor ampe ratusan ribu kilo, yaa terlepas dari beberapa unit prone to excessive oil dilution yang bikin engine stall.

Di Indonesia sepengamatan ane di grup CR-V... kayaknya pada adem ayem aja dipake touring sampe jauh-jauh dan odo nya juga lumayan gondrong yang mau pecah telor sampe 100k jg ada. salah satu member gym di tempat ane ada yang pake buat kerja tiap hari malah diisi pertalite ya adem ayem aja sering dipake luar kota padahal :mky_01:

maaf OOT

om chz .... nih sy bela2in nyari lg tuh video youtube honda krn ente kan punya 2 mobil dgn engine L15B7. pasti seneng bgt nonton ini video. tonton dr awal sampai akhir lah, yg saya bilang di atas sy kasih time stamp ya.

ttg component parts honda beratnya hampir sama -- menit ke 21:58 https://www.youtube.com/watch?v=MZvGv29Ei-0&t=1364s
Spoon shop itu konsepnya open kitchen keren bgt di downtown Tokyo jek...

ttg coakan di combustion chamber utk hot spot control L15B7 -- menit ke 6:15 https://www.youtube.com/watch?v=vNBGrvpO05g
itu yg bicara chief engineernya sendiri yg develop engine itu .... wow!

ini bonus, jalan2 ke Tomei workshop, ga ada yg ditutupin termasuk membuat camshaft. anjirrr keren.... https://www.youtube.com/watch?v=OHVGBewyF9c
ada juga disitu proyek nissan R33 (atau R34 lupa) yg engine nya diganti ke toyota 2JZ....mungkin krn RB26DETT buat dia kurang robust kali :mky_01:

enjoy the movies!
wah terima kasih banget um udah dicariin videonya :mky_02: lumayan tontonan pas senggang
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1468
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Herman7103 »

Buat baca baca Honda Acura NSX 2019 compare with Nissan GT-R 2019

file:///data/data/com.opera.mini.native/files/savedpages/8948fbce-5c6b-4a4f-bbe3-05996c627e35.mht
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11444
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 16 Jan 2020, 03:38
DOHC wrote: 14 Jan 2020, 08:06 Namanya jg batu makam, yah emg ud suratan takdir nya utk tiarap d tanah
Wakakakakaka.... :wkkk:
Mod klep, ada dendam pribadi pernah pelihara old GL....


----

Gw pernah bilang di thread mana tuh.. aliansi sama renault = aliansi kegelapan. Dark pact, pure evil.. jadinya kek bgini kan si nissan. Kasian deh, Datsun aja sempet dibangkitin tp fans berat old datsun pada kecewa smua. Sekarang si datsun mau mati lagi wkwkwwk njir.

Renault dimata petrol head orang2 barat bagaikan poison dalam automotive industry. Ntah apa alesannya, ane belom cari-cari infonya..

Yg kasian si mitsubiji sihhh, ikut2an kena dampak scr ga langsung.

Gw malah berharap Nissan-Mitsu alliance aja. Tendang renault. Japanese pure breed harus diterapkan.

Btw soal build quality & reliability, harusnya Nissan versi diesel robust yah. Om rakean mana nih, yg pelihara navara si hitler. Harusnya sih awet-awet aja yah ga ada cerita aneh.

Nissan versi bensinnya yaaaaaa... kalo enggak CVT meledak, kaki2 keok sebelom umur. Apalagi tuh lah... Problem demi problem, udah kek ngerawat mobil eropa aja.

Makanya Elgrand kalah lawan Alphard. Banyak masalahnya tuh mobil.
Renault di mata orang indo : woooowwww eropaaaa mewahhh anti mainstreammm bukan toyota honda :mky_07:

Nissan kerjasama ama Renault : woooowwwww jepang rasa eropa naikan enak harga murah meriah fitur lengkap :mky_07:

5 years later....

orang Indo : udah lah paling bener beli Innova dari dulu

:mky_07: :mky_07: :mky_07:

setau ane yah, cuma batumakam perush Jepang yang CEO nya bukan orang Jepang... yaaa sekarang si balik orang Jepang tapi paling tidak 18 taun sebelumnya ya CEOnya nonjepang.

itu Livinder paling enggak pake Mitsubishi engine dan 4AT lah... gak pake Xtronic CVT keparat :mky_07: kaki-kakinya batumakam FWD juga gak lebih kuat daripada ranting pohon keknya loyo abis 20k udah pada rontok... pokoknya terakhir pake T32 itu paling bikin geleng kepala lah ni mobil ngebengkelnya lebih sering daripada HRV yang "katanya" rewel ginigitu... :mky_07:

ngomongin dieselnya batumakam... most powerful on its class... sesama 2.5 turbodiesel 4-cyl... reliabilitynya masih unknown. tapi ntah kenapa kurang ngetop dibanding toyota mitsu atau ihsusuk....
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Joehard30
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: 28 Feb 2016, 08:28

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Joehard30 »

Jadi inget cerita GM beli saab, GM kasih platform mobil nya buat d rebrand jd Saab dan suruh ganti printilan yg kecil2 aja biar murah.

Tapi karena etos mendesign high safety n comfort ala swedia masih mendominasi para engineers sama executive nya, platform GM yg simple dirubah total, keluar high cost lg deh, sementara uang perusahaan udah berdarah2. GM angkat tangan, tutup deh brand legendaris swedia 🤣

Semoga cerita saab g ditiru batumakam 😭
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24702
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by DOHC »

Dendam seh kaga om, cuman prihatin aj

Btw sebenernya kl seri2 enjin yg masi "aseli" buatan batu makam itu ga jelek2 amat koq, laen crita kl yg di codevelop ama renault, ampas itu jadinya

Bahkan utk GL pun yg bkin nyungsep jg gara2 printilan nya macam kaki2, kabel2 dsb yg d outsource ke [cencored] third party cungkwo ga jelas. Kl enjin dan tranny mah adem2 aj, palagi HR series, ntuh dlunya d buat d parbik yg sama bkin tranny gtr ama navara



KielConstantine wrote: 16 Jan 2020, 03:38
DOHC wrote: 14 Jan 2020, 08:06 Namanya jg batu makam, yah emg ud suratan takdir nya utk tiarap d tanah
Wakakakakaka.... :wkkk:
Mod klep, ada dendam pribadi pernah pelihara old GL....


----

Gw pernah bilang di thread mana tuh.. aliansi sama renault = aliansi kegelapan. Dark pact, pure evil.. jadinya kek bgini kan si nissan. Kasian deh, Datsun aja sempet dibangkitin tp fans berat old datsun pada kecewa smua. Sekarang si datsun mau mati lagi wkwkwwk njir.

Renault dimata petrol head orang2 barat bagaikan poison dalam automotive industry. Ntah apa alesannya, ane belom cari-cari infonya..

Yg kasian si mitsubiji sihhh, ikut2an kena dampak scr ga langsung.

Gw malah berharap Nissan-Mitsu alliance aja. Tendang renault. Japanese pure breed harus diterapkan.

Btw soal build quality & reliability, harusnya Nissan versi diesel robust yah. Om rakean mana nih, yg pelihara navara si hitler. Harusnya sih awet-awet aja yah ga ada cerita aneh.

Nissan versi bensinnya yaaaaaa... kalo enggak CVT meledak, kaki2 keok sebelom umur. Apalagi tuh lah... Problem demi problem, udah kek ngerawat mobil eropa aja.

Makanya Elgrand kalah lawan Alphard. Banyak masalahnya tuh mobil.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24702
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by DOHC »

Masalahnya renault itu jg bukan brand yg identik dgn robust, even waktu mreka masi pure dbuat d eropa sana, apalagi skrg yg ud banyak outsource ke indihe sana.

Dan jgn lupa, GL itu d develop jg ama dongfeng cungkwo sana, jd lah mobil gado2, desain ala eropa wannabe , dibuat campur aduk jepun indihe ama cungkwo


ChZ wrote: 16 Jan 2020, 10:25
KielConstantine wrote: 16 Jan 2020, 03:38
DOHC wrote: 14 Jan 2020, 08:06 Namanya jg batu makam, yah emg ud suratan takdir nya utk tiarap d tanah
Wakakakakaka.... :wkkk:
Mod klep, ada dendam pribadi pernah pelihara old GL....


----

Gw pernah bilang di thread mana tuh.. aliansi sama renault = aliansi kegelapan. Dark pact, pure evil.. jadinya kek bgini kan si nissan. Kasian deh, Datsun aja sempet dibangkitin tp fans berat old datsun pada kecewa smua. Sekarang si datsun mau mati lagi wkwkwwk njir.

Renault dimata petrol head orang2 barat bagaikan poison dalam automotive industry. Ntah apa alesannya, ane belom cari-cari infonya..

Yg kasian si mitsubiji sihhh, ikut2an kena dampak scr ga langsung.

Gw malah berharap Nissan-Mitsu alliance aja. Tendang renault. Japanese pure breed harus diterapkan.

Btw soal build quality & reliability, harusnya Nissan versi diesel robust yah. Om rakean mana nih, yg pelihara navara si hitler. Harusnya sih awet-awet aja yah ga ada cerita aneh.

Nissan versi bensinnya yaaaaaa... kalo enggak CVT meledak, kaki2 keok sebelom umur. Apalagi tuh lah... Problem demi problem, udah kek ngerawat mobil eropa aja.

Makanya Elgrand kalah lawan Alphard. Banyak masalahnya tuh mobil.
Renault di mata orang indo : woooowwww eropaaaa mewahhh anti mainstreammm bukan toyota honda :mky_07:

Nissan kerjasama ama Renault : woooowwwww jepang rasa eropa naikan enak harga murah meriah fitur lengkap :mky_07:

5 years later....

orang Indo : udah lah paling bener beli Innova dari dulu

:mky_07: :mky_07: :mky_07:

setau ane yah, cuma batumakam perush Jepang yang CEO nya bukan orang Jepang... yaaa sekarang si balik orang Jepang tapi paling tidak 18 taun sebelumnya ya CEOnya nonjepang.

itu Livinder paling enggak pake Mitsubishi engine dan 4AT lah... gak pake Xtronic CVT keparat :mky_07: kaki-kakinya batumakam FWD juga gak lebih kuat daripada ranting pohon keknya loyo abis 20k udah pada rontok... pokoknya terakhir pake T32 itu paling bikin geleng kepala lah ni mobil ngebengkelnya lebih sering daripada HRV yang "katanya" rewel ginigitu... :mky_07:

ngomongin dieselnya batumakam... most powerful on its class... sesama 2.5 turbodiesel 4-cyl... reliabilitynya masih unknown. tapi ntah kenapa kurang ngetop dibanding toyota mitsu atau ihsusuk....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3378
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by kunaskun »

DOHC wrote: 16 Jan 2020, 12:14 Masalahnya renault itu jg bukan brand yg identik dgn robust, even waktu mreka masi pure dbuat d eropa sana, apalagi skrg yg ud banyak outsource ke indihe sana.

Dan jgn lupa, GL itu d develop jg ama dongfeng cungkwo sana, jd lah mobil gado2, desain ala eropa wannabe , dibuat campur aduk jepun indihe ama cungkwo
karena nissan renault untuk aspac kayanya kiblatnya ke China mainland (campur India) sana ya. ya market ini 2 merek gede disana si ya, jadi lebih praktis comot sana punya.
gimana juga jeleknya nissan renault senggaknya urusan teknologi sebenernya masih lumayan daripada merek jepun lain, tapi ya teknologi doang ya. mesin sudah GDI duluan, CVT terdepan di kelasnya, driving experience menyenangkan karena ga pelit2 fitur amat dan ada hal2 "unik" misal terra punya rear view mirror atau dual back door serena c27, cuma ya bicaran soal ini aja sisanya ya begitulah [emo-yesno]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11444
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ »

DOHC wrote: 16 Jan 2020, 12:14 Masalahnya renault itu jg bukan brand yg identik dgn robust, even waktu mreka masi pure dbuat d eropa sana, apalagi skrg yg ud banyak outsource ke indihe sana.

Dan jgn lupa, GL itu d develop jg ama dongfeng cungkwo sana, jd lah mobil gado2, desain ala eropa wannabe , dibuat campur aduk jepun indihe ama cungkwo
french cars (in general) bahkan terkenal lemon, sampe dibully trio TG waktu ngetes 3 Peugeot :mky_07: masalahnya sales volume french cars di sini ga banyak jadi ga terlalu kedengeran. yah anggep aja Nissunk adalah contoh bagaimana kualitas mobil prancis jika diterapkan dalam skala gede.

mesin HR15, QR25, YD25 kayaknya masih by Nissan yak, tuh 3 mesin kan lumayan robust. QR25 surprisingly robust masih dipake ampe skrg dan T30 juga kayaknya adem ayem aja soal mesin.

HR12 kipas pendinginnya lemah syahwat... ntah ngambil dari junkyard mana lalu dipasang.
kunaskun wrote: 16 Jan 2020, 13:14
karena nissan renault untuk aspac kayanya kiblatnya ke China mainland (campur India) sana ya. ya market ini 2 merek gede disana si ya, jadi lebih praktis comot sana punya.
gimana juga jeleknya nissan renault senggaknya urusan teknologi sebenernya masih lumayan daripada merek jepun lain, tapi ya teknologi doang ya. mesin sudah GDI duluan, CVT terdepan di kelasnya, driving experience menyenangkan karena ga pelit2 fitur amat dan ada hal2 "unik" misal terra punya rear view mirror atau dual back door serena c27, cuma ya bicaran soal ini aja sisanya ya begitulah [emo-yesno]
to be exact : mempopulerkan teknologi tsb dipakai di common cars. pabrikan pertama yang apply CVT di hampir semua lineup.

Yah sebenernya soal innovation mereka banyak sih... full electric vehicle mereka duluan sih yang pake di common cars Leaf (bukan kelas mewah macem Tesla), terus e-Power juga inovasi menarik.

good technology sayang tidak longlast.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24702
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by DOHC »

Utk HR dan MR series enjin sebenernya didevelop utk gantiin QR series yg ud obsolete banget, cman somehow knapa HR dan MR series mentok d 2.0 liter displacement, utk 2.5 nya mreka masi stuck di QR

QR series pun kluar d jaman ahond dgn D, K, B series nya, mitsu masi d 4G series nya, atoyot dgn 4-A series nya.. jd yah bsa kbayang masi gmana kualiti nya

Utk urusan teknologi dan kualiti sehh MR am HR series sehh ga maen2.. boring silinder sekelas teknologi mobil balap, noken as ama kruk as mirror finishin.. ga heran bsa pake teknologi gt krn dibuat di pabrik yg sama ama tranny GTR

Makanya ane blg sayang ini merek, ad potensi utk bkin mobil bagus tp d rusak ama printilan2 nya, blm lg pas awal2 after sales nya yg amburadul
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply