Etios Bekas Taxi

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Etios Bekas Taxi

Post by ChZ »

doge wrote: 05 Nov 2020, 16:38 udh lama g ngikutin yutub oto indo.. siapa tuh yg bw kasur pke mobil tes disuratin?
Dulu jaman majalah topgear indo masih ada... Lama banget sih, taun 2007 atau 2008 kalo gak salah.

Dan ama mereka dipajang dong suratnya di edisi berikutnya. Savage bener dah. Ane ampe ngakak ndiri ni majalah nekat bener.

Kolom opininya juga kalo ngomong ga kalah tajem ama counterpartnya di UK.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Cicak
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 22 Nov 2017, 22:42
Location: Tembok/dinding
Daily Vehicle: L300

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Cicak »

Lucu juga liat komen nya jadi ajang rumpi sentimen sama si RH. Entah sentimen karena otomotif atau di luar itu nih xixix. :mky_03:
Padahal banyak positif nya juga kok konten dia, itu konten modifikasi nya banyak ngangkat bengkel bengkel yg belum terlalu punya nama, kaya hastana sama Ferrari Cibubur nama nya naik karena doi juga.
Belum lagi financial planning "beli mobil cash tanpa kredit" salah satu konten berkualitas menurut gue dr youtuber otomotif. Tp gara gara konten ini juga banyak yg kebakaran jenggot wkwk
Bukan fans dia atau mau belain sih, tp kalo liat komen diatas kok kaya punya sentimen personal haha. :big_peace:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pugman »

Om FE (yang bukan Flat Earth) masih Lumayan seh kalau yang review di Autodriver, tapi kalau yang di channelnya sendiri saya jarang banget lihat.
Tapi memang kelemahan reviewer Indonesia itu selalu begitu, baik itu mobil atau motor. Waktu medianya masih kecil, mereka umumnya bisa Objektif dan idealis. Say No ya beneran No, dan Yes beneran Yes.
Lalu seiring bertambahnya pirsawan dan berkembangnya media, maka APM ramai-ramai minta di review oleh reviewer tersebut. Awalnya mungkin masih bisa idealis, tapi lama kelamaan setelah timbul hubungan baik dengan APM, akhirnya jadi sungkan dan review jadi bias.
Idealnya reviewer beli sendiri kendaraan yang direview, tapi karena harga kendaraan itu mahal, ya hampir tidak mungkin bisa beli setiap ada produk baru. Harapannya ya diundang APM buat test, dan hampir pasti APM ga bakal mengundang reviewer yang kasih penilaian buruk.

Reviewer Indonesia bisa Objektif itu di segmen review Gadget seperti HP, karena belinya tidak terlalu mahal dan waktu tunggu Delivery barang umumnya lebih singkat dari kendaraan, kalau dijual lagi, kerugian bisa ketutup dari pendapatan video tayang. Lihat aja reviewer HP masih cukup tinggi idealismenya, karena barangnya kebanyakan milik mereka sendiri.
Kalau ngomongin reviewer luar negeri, ada juga lho yang selalu dihujat, DXOMark itu sering menimbulkan kontroversi soal hasil review mereka.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pugman »

ChZ wrote: 05 Nov 2020, 20:51
doge wrote: 05 Nov 2020, 16:38 udh lama g ngikutin yutub oto indo.. siapa tuh yg bw kasur pke mobil tes disuratin?
Dulu jaman majalah topgear indo masih ada... Lama banget sih, taun 2007 atau 2008 kalo gak salah.

Dan ama mereka dipajang dong suratnya di edisi berikutnya. Savage bener dah. Ane ampe ngakak ndiri ni majalah nekat bener.

Kolom opininya juga kalo ngomong ga kalah tajem ama counterpartnya di UK.
Saya punya 1 edisi Topgear Indonesia edisi bahas Ferrari 599GTB tapi majalahnya entah kemana. Kebetulan juga punya Autobild Indonesia yang juga mereview Ferrari tersebut.
Mobil yang sama dibahas oleh 2 majalah berbeda meskipun keduanya hanya artikel terjemahan. Tapi memang saya akui, Premium class Top gear sangat terasa, mereka di level yang berbeda dari Autobild. Bukan hanya dari segi kualitas kertas, cetak dan tata letak, tetapi Gaya bahasa dan pemilihan kata dan istilah itu sangat baik menurut saya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Etios Bekas Taxi

Post by ChZ »

Pugman wrote: 05 Nov 2020, 22:12
Idealnya reviewer beli sendiri kendaraan yang direview, tapi karena harga kendaraan itu mahal, ya hampir tidak mungkin bisa beli setiap ada produk baru. Harapannya ya diundang APM buat test, dan hampir pasti APM ga bakal mengundang reviewer yang kasih penilaian buruk.
Ini satu yang bener bener bikin beda.

Paradigma bahwa di indonesia mobil identik dengan barang mewah, beda dengan us atau uk dimana nyaris semua penduduk nya punya akses ke mobil begitu mudah. Tidak perlu nabung puluhan ratusan tahun buat beli atau lease sebuah mobil. Buruh saja di sana pakai camry.

Makanya ada semacem rasa "sayang" ke mobil yang membuat tidak "tega" baik dari apm maupun jurnalis untuk benar benar memaksimalkan mobil sesuai fungsinya. Ada rasa "takut" ngerusakin mobil press car.

Dan budaya tanpa sungkan sungkanan di sana itu yang ane dmen...

Ngga perlu takut kejerat pasal karet ngomongin jelek suatu produk atau di sensiin ama atpm. Lah buktinya TG jaman the trio banyak hina hina tetep aja episode baru tayang terussss :big_biglaugh:
Pugman wrote: 05 Nov 2020, 22:22
Saya punya 1 edisi Topgear Indonesia edisi bahas Ferrari 599GTB tapi majalahnya entah kemana. Kebetulan juga punya Autobild Indonesia yang juga mereview Ferrari tersebut.
Mobil yang sama dibahas oleh 2 majalah berbeda meskipun keduanya hanya artikel terjemahan. Tapi memang saya akui, Premium class Top gear sangat terasa, mereka di level yang berbeda dari Autobild. Bukan hanya dari segi kualitas kertas, cetak dan tata letak, tetapi Gaya bahasa dan pemilihan kata dan istilah itu sangat baik menurut saya.
Stuju om. Dulu baca topgear itu seru, rasanya ni majalah aneh bener bahasanya gak terlalu normatif dan formal, nulisnya pake istilah istilah lucu yang kadang ane gak ngerti krn saat itu masih kecil.

Autocar, TG, Motortrend memang kelasnya lebih premium, dulu KG punya segmen premium AutoExpert itu report dan foto fotonya keren abis.

Autobild dan mobilmotor baru kelas jelata terbitnya 2 mingguan.

Honestly saya masih prefer media cetak dibanding video. Ada banyak hal di media cetak yang hilang di video format... Bahkan website format juga tidak bisa menggantikan format cetak. Ntah kenapa tata letak di website otomotif indonesia tidak bisa seenak kaya lihat majalah dulu...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
GrandNewInnovaV
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 21 Mar 2018, 15:53
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Innova Old

Re: Etios Bekas Taxi

Post by GrandNewInnovaV »

Pugman wrote: 05 Nov 2020, 22:12 Om FE (yang bukan Flat Earth) masih Lumayan seh kalau yang review di Autodriver, tapi kalau yang di channelnya sendiri saya jarang banget lihat.
Kirain yang dimaksud Om Flat Earth yang beneran penganut flat earth (rh) :ngacir:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Etios Bekas Taxi

Post by impactful »

OOT dikit...
ada yg pantengin channel thefamilyman (avanza turbo) ?
project nya tuh proper build, upgrade handling dulu baru power...
kok kayaknya warga sini ya?
yaris 2015 nya sleeper abis...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pugman »

impactful wrote: 06 Nov 2020, 07:53 OOT dikit...
ada yg pantengin channel thefamilyman (avanza turbo) ?
project nya tuh proper build, upgrade handling dulu baru power...
kok kayaknya warga sini ya?
yaris 2015 nya sleeper abis...
Beberapa kali nonton, saya juga beberapa kali nanya dan dijawab oleh admin/pemilik channel.
Ya bikin turbonya terukur, piston sudah diganti karena mengikuti kenaikan kompresi dinamis turbo. Saya justru khawatir sama orang mau niru tapi ga paham cara upgrade performa mobil yang proper. Hehehe...
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pugman »

ChZ wrote: 05 Nov 2020, 23:23
Pugman wrote: 05 Nov 2020, 22:12
Idealnya reviewer beli sendiri kendaraan yang direview, tapi karena harga kendaraan itu mahal, ya hampir tidak mungkin bisa beli setiap ada produk baru. Harapannya ya diundang APM buat test, dan hampir pasti APM ga bakal mengundang reviewer yang kasih penilaian buruk.
Ini satu yang bener bener bikin beda.

Paradigma bahwa di indonesia mobil identik dengan barang mewah, beda dengan us atau uk dimana nyaris semua penduduk nya punya akses ke mobil begitu mudah. Tidak perlu nabung puluhan ratusan tahun buat beli atau lease sebuah mobil. Buruh saja di sana pakai camry.

Makanya ada semacem rasa "sayang" ke mobil yang membuat tidak "tega" baik dari apm maupun jurnalis untuk benar benar memaksimalkan mobil sesuai fungsinya. Ada rasa "takut" ngerusakin mobil press car.

Dan budaya tanpa sungkan sungkanan di sana itu yang ane dmen...

Ngga perlu takut kejerat pasal karet ngomongin jelek suatu produk atau di sensiin ama atpm. Lah buktinya TG jaman the trio banyak hina hina tetep aja episode baru tayang terussss :big_biglaugh:
Pugman wrote: 05 Nov 2020, 22:22
Saya punya 1 edisi Topgear Indonesia edisi bahas Ferrari 599GTB tapi majalahnya entah kemana. Kebetulan juga punya Autobild Indonesia yang juga mereview Ferrari tersebut.
Mobil yang sama dibahas oleh 2 majalah berbeda meskipun keduanya hanya artikel terjemahan. Tapi memang saya akui, Premium class Top gear sangat terasa, mereka di level yang berbeda dari Autobild. Bukan hanya dari segi kualitas kertas, cetak dan tata letak, tetapi Gaya bahasa dan pemilihan kata dan istilah itu sangat baik menurut saya.
Stuju om. Dulu baca topgear itu seru, rasanya ni majalah aneh bener bahasanya gak terlalu normatif dan formal, nulisnya pake istilah istilah lucu yang kadang ane gak ngerti krn saat itu masih kecil.

Autocar, TG, Motortrend memang kelasnya lebih premium, dulu KG punya segmen premium AutoExpert itu report dan foto fotonya keren abis.

Autobild dan mobilmotor baru kelas jelata terbitnya 2 mingguan.

Honestly saya masih prefer media cetak dibanding video. Ada banyak hal di media cetak yang hilang di video format... Bahkan website format juga tidak bisa menggantikan format cetak. Ntah kenapa tata letak di website otomotif indonesia tidak bisa seenak kaya lihat majalah dulu...
Ya Om saya juga penikmat media cetak, karena memang banyak hal yang lebih enak dibaca dikertas. Media digital memperkaya informasi tapi di satu sisi saya merasakan bahwa kemampuan literasi penulis hari ini kurang menggugah, vlogger juga kebanyakan pakai bahasa yang kurang tertata.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Duvebriliant0 »

Pugman wrote: 06 Nov 2020, 11:02
impactful wrote: 06 Nov 2020, 07:53 OOT dikit...
ada yg pantengin channel thefamilyman (avanza turbo) ?
project nya tuh proper build, upgrade handling dulu baru power...
kok kayaknya warga sini ya?
yaris 2015 nya sleeper abis...
Beberapa kali nonton, saya juga beberapa kali nanya dan dijawab oleh admin/pemilik channel.
Ya bikin turbonya terukur, piston sudah diganti karena mengikuti kenaikan kompresi dinamis turbo. Saya justru khawatir sama orang mau niru tapi ga paham cara upgrade performa mobil yang proper. Hehehe...
pada gak paham biaya modifnya 300% dari mobilnya :mky_03:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pugman »

GrandNewInnovaV wrote: 06 Nov 2020, 06:44
Pugman wrote: 05 Nov 2020, 22:12 Om FE (yang bukan Flat Earth) masih Lumayan seh kalau yang review di Autodriver, tapi kalau yang di channelnya sendiri saya jarang banget lihat.
Kirain yang dimaksud Om Flat Earth yang beneran penganut flat earth (rh) :ngacir:
Sekarang udah sepi lagi ya FE.. Hehehe..
Duvebriliant0 wrote: 06 Nov 2020, 11:27
Pugman wrote: 06 Nov 2020, 11:02
impactful wrote: 06 Nov 2020, 07:53 OOT dikit...
ada yg pantengin channel thefamilyman (avanza turbo) ?
project nya tuh proper build, upgrade handling dulu baru power...
kok kayaknya warga sini ya?
yaris 2015 nya sleeper abis...
Beberapa kali nonton, saya juga beberapa kali nanya dan dijawab oleh admin/pemilik channel.
Ya bikin turbonya terukur, piston sudah diganti karena mengikuti kenaikan kompresi dinamis turbo. Saya justru khawatir sama orang mau niru tapi ga paham cara upgrade performa mobil yang proper. Hehehe...
pada gak paham biaya modifnya 300% dari mobilnya :mky_03:
Iya bener Om, dan setelah itu juga jadinya ga semua bengkel bisa benerin kalau trouble hehehe...
verry123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 01 Nov 2017, 06:57

Re: Etios Bekas Taxi

Post by verry123 »

Jgn kan ex taxi yg dah ga keurus

Ane pengalaman megang timor aja bisa gila. Tiap bulan jajan. Bertahan 4 taun duit abis abisan total, bukannya jalan2 ama anak bini malah jalan2 ke bengkel.

Segila2 nya dah kapok beli mobil tua begitu, bengkel jg dah males megang. Wong ganti lampu rem aja aki kemakan wkwk. Akhirnya cat ulang jual aja udah.
Last edited by verry123 on 15 Nov 2020, 06:22, edited 1 time in total.
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: Etios Bekas Taxi

Post by vim »

Teman2 SM-ers.

Hebohnya berita tentang Youtuber membuat saya menemukan thread ini. Salut dengan SM :big_love:

Setelah membaca komentar suhu2 di sini, saya ingin coba share beberapa hal berdasarkan pengalaman saja. Semoga bisa jadi tambahan informasi yang bermanfaat bagi teman2.

Untuk mobil ex-taxi sebenarnya setiap operator taxi memiliki SOP sebelum ex-taxinya bisa dipasarkan ke publik. Informasi ini hanya general saja ya, tanpa bermaksud menyudutkan pihak mana pun. Unit yang diputuskan untuk tidak lagi bertugas itu ada beberapa kategori, dari umur, kerusakan akibat kecelakaan, mesin dan bahkan ada yang karena kasus dengan ex-drivernya. Kategori berikutnya adalah kondisi unit ada beberapa level, sebut saja dari tinggi ke rendah level 1 ke 5 (rangenya bisa lebih banyak dari itu di beberapa kategori). Untuk level 1 (yang paling tinggi) misalnya sampai level 4, itu umumnya sudah ada destinasi kepemilikkannya, bisa jadi ke partner bisnis, ke showroom, ke karyawan, management dsb. Proses itu bisa direct atau indirect melalui lelang internal. Level terakhir yang akan dilepas ke publik (bisa saja sudah dimutilasi sparepartnya untuk level di atasnya). Sampai di sini bisa kita simpulkan sendiri kondisi yang dilepas ke publik itu seperti apa.

Perlu diketahui, kalo dari awal kondisi baru rata-rata mobil taxi ini menggunakan komponen yang berbeda dengan mobil sejenis yang dipasarkan ke publik. Saya tidak sebut mereknya, kebetulan saya pernah bekerjasama dengan salah satu brand yang digunakan, jadi dari mulai komponen mesin, interior, suspensi, trim, electrical, tuning injeksi BBM dsb. untuk pasar Taxi akan berbeda dengan yang dipasarkan ke publik (padahal jenis & tipenya sama). Oleh sebab itu, mereka memiliki divisi khusus Taxi di pabriknya. Jadi, berdasarkan hal ini, teman-teman bisa berpendapat sendiri ya, apakah benar komentar misalnya "Mobil Sultan ex-taxi harga kaki lima" :big_slap:

Untuk itu, kembali kepada keyakinan masing-masing untuk mempertimbangkan mobil ex-taxi.

Kalo untuk pembahasan YouTuber, pertanyaan saya satu, apakah para YouTuber yakin platform YouTube akan menjadi pegangan dan sumber penghasilan hidupnya di tahun-tahun mendatang. Disisi lain, saat ini ada beberapa pemodal besar yang sedang bersiap untuk menjadi pesaingnya. Aturan Adsense yang dapat berubah tanpa perjanjian yang bisa saja merugikan sang content creator akan jadi PR buat para YouTuber. Saat kompetitornya menawarkan harga iklan yang lebih rendah, tentunya akan berimbas kepada aturan Adsense YouTube berikutnya demi bisa bersaing :big_comfort:

Kalo buat saya, yang penting kita selalu menjaga kepercayaan publik. YouTuber berbeda dengan artis non-digital yang bisa hilang pamor seiring bergantinya waktu, namun mereka adalah figur publik digital yang track recordnya kemungkinan akan selalu dapat di-flashback oleh siapapun.

Semoga berkenan & bermanfaat. :big_smile] :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Etios Bekas Taxi

Post by DOHC »

vim wrote: 15 Nov 2020, 17:22 Teman2 SM-ers.

Hebohnya berita tentang Youtuber membuat saya menemukan thread ini. Salut dengan SM :big_love:

Setelah membaca komentar suhu2 di sini, saya ingin coba share beberapa hal berdasarkan pengalaman saja. Semoga bisa jadi tambahan informasi yang bermanfaat bagi teman2.

Untuk mobil ex-taxi sebenarnya setiap operator taxi memiliki SOP sebelum ex-taxinya bisa dipasarkan ke publik. Informasi ini hanya general saja ya, tanpa bermaksud menyudutkan pihak mana pun. Unit yang diputuskan untuk tidak lagi bertugas itu ada beberapa kategori, dari umur, kerusakan akibat kecelakaan, mesin dan bahkan ada yang karena kasus dengan ex-drivernya. Kategori berikutnya adalah kondisi unit ada beberapa level, sebut saja dari tinggi ke rendah level 1 ke 5 (rangenya bisa lebih banyak dari itu di beberapa kategori). Untuk level 1 (yang paling tinggi) misalnya sampai level 4, itu umumnya sudah ada destinasi kepemilikkannya, bisa jadi ke partner bisnis, ke showroom, ke karyawan, management dsb. Proses itu bisa direct atau indirect melalui lelang internal. Level terakhir yang akan dilepas ke publik (bisa saja sudah dimutilasi sparepartnya untuk level di atasnya). Sampai di sini bisa kita simpulkan sendiri kondisi yang dilepas ke publik itu seperti apa.

Perlu diketahui, kalo dari awal kondisi baru rata-rata mobil taxi ini menggunakan komponen yang berbeda dengan mobil sejenis yang dipasarkan ke publik. Saya tidak sebut mereknya, kebetulan saya pernah bekerjasama dengan salah satu brand yang digunakan, jadi dari mulai komponen mesin, interior, suspensi, trim, electrical, tuning injeksi BBM dsb. untuk pasar Taxi akan berbeda dengan yang dipasarkan ke publik (padahal jenis & tipenya sama). Oleh sebab itu, mereka memiliki divisi khusus Taxi di pabriknya. Jadi, berdasarkan hal ini, teman-teman bisa berpendapat sendiri ya, apakah benar komentar misalnya "Mobil Sultan ex-taxi harga kaki lima" :big_slap:

Untuk itu, kembali kepada keyakinan masing-masing untuk mempertimbangkan mobil ex-taxi.

Kalo untuk pembahasan YouTuber, pertanyaan saya satu, apakah para YouTuber yakin platform YouTube akan menjadi pegangan dan sumber penghasilan hidupnya di tahun-tahun mendatang. Disisi lain, saat ini ada beberapa pemodal besar yang sedang bersiap untuk menjadi pesaingnya. Aturan Adsense yang dapat berubah tanpa perjanjian yang bisa saja merugikan sang content creator akan jadi PR buat para YouTuber. Saat kompetitornya menawarkan harga iklan yang lebih rendah, tentunya akan berimbas kepada aturan Adsense YouTube berikutnya demi bisa bersaing :big_comfort:

Kalo buat saya, yang penting kita selalu menjaga kepercayaan publik. YouTuber berbeda dengan artis non-digital yang bisa hilang pamor seiring bergantinya waktu, namun mereka adalah figur publik digital yang track recordnya kemungkinan akan selalu dapat di-flashback oleh siapapun.

Semoga berkenan & bermanfaat. :big_smile] :big_peace:
ahh sudah kuduga

makasi info nya om vim

btw mengenai info taksi yg dijual ke internal, ini perna saya denger sendiri sehh dari supir taksi.. berarti bener jg, yg dilepas pasti ud yg "ampas" nya.. kasiann jadi nya yg kmakan omongan2 yutuber2 tsb
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: 25 Jul 2008, 15:04
Location: Jakarta Barat

Re: Etios Bekas Taxi

Post by vim »

Thx jg om DOHC,

Benar om, itu belum termasuk partner dari insurance company yang butuh spare-part murah untuk klaim :big_slap:

Kebetulan hanya sampai lingkup ini informasi yang dapat saya share ke teman-teman. Saya setuju dengan beberapa posting teman2 SM yang mengajak untuk berpikir kembali sebelum mengambil keputusan tersebut. Kalo tekad sudah bulat dan siap dengan segala resiko yang akan terjadi, go ahead.

Concern saya lebih kepada keamanan ya teman2, ada baiknya kita pertimbangkan kondisi keselamatan keluarga. Bisa dibayangkan apabila kejadian yang tidak diharapkan terjadi spt terbakarnya selang bensin, perkabelan (spt yang teman-teman sudah tahu dialami oleh narasumber :big_peace: ) karena stress level, getas dll, dimana kebetulan kita dapat unit yang tidak kasat mata problemnya, tentunya akibat bisa fatal.

Semuanya kembali kepada keyakinan kita lagi :big_grin:

Semoga berkenan
DOHC wrote: 15 Nov 2020, 20:05 ahh sudah kuduga

makasi info nya om vim

btw mengenai info taksi yg dijual ke internal, ini perna saya denger sendiri sehh dari supir taksi.. berarti bener jg, yg dilepas pasti ud yg "ampas" nya.. kasiann jadi nya yg kmakan omongan2 yutuber2 tsb
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: 03 Jul 2014, 08:13

Re: Etios Bekas Taxi

Post by sandal »

Up lagi trit ini

Sempet lihat di salah satu channel youtube yaitu jual mobil:

1. Avanza thn 2012 ex auto2000 THS tipe E yg dijual 70jt apa adanya. (Tentunya kursi baris kedua dan ketiga dilepas)

2. Avanza thn 2016 ex Ind**ome tipe E dijual 100jt apa adanya. (Kursi baris ketiga masih plastikan karena pas jd mobil operasional baris ketiga tidak dipakai)

Kira2 perawatannya gimana ya kalo mobil ex operasional ini?
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Etios Bekas Taxi

Post by ChZ »

vim wrote: 15 Nov 2020, 17:22
Untuk mobil ex-taxi sebenarnya setiap operator taxi memiliki SOP sebelum ex-taxinya bisa dipasarkan ke publik. Informasi ini hanya general saja ya, tanpa bermaksud menyudutkan pihak mana pun. Unit yang diputuskan untuk tidak lagi bertugas itu ada beberapa kategori, dari umur, kerusakan akibat kecelakaan, mesin dan bahkan ada yang karena kasus dengan ex-drivernya. Kategori berikutnya adalah kondisi unit ada beberapa level, sebut saja dari tinggi ke rendah level 1 ke 5 (rangenya bisa lebih banyak dari itu di beberapa kategori). Untuk level 1 (yang paling tinggi) misalnya sampai level 4, itu umumnya sudah ada destinasi kepemilikkannya, bisa jadi ke partner bisnis, ke showroom, ke karyawan, management dsb. Proses itu bisa direct atau indirect melalui lelang internal. Level terakhir yang akan dilepas ke publik (bisa saja sudah dimutilasi sparepartnya untuk level di atasnya). Sampai di sini bisa kita simpulkan sendiri kondisi yang dilepas ke publik itu seperti apa.

Perlu diketahui, kalo dari awal kondisi baru rata-rata mobil taxi ini menggunakan komponen yang berbeda dengan mobil sejenis yang dipasarkan ke publik. Saya tidak sebut mereknya, kebetulan saya pernah bekerjasama dengan salah satu brand yang digunakan, jadi dari mulai komponen mesin, interior, suspensi, trim, electrical, tuning injeksi BBM dsb. untuk pasar Taxi akan berbeda dengan yang dipasarkan ke publik (padahal jenis & tipenya sama). Oleh sebab itu, mereka memiliki divisi khusus Taxi di pabriknya. Jadi, berdasarkan hal ini, teman-teman bisa berpendapat sendiri ya, apakah benar komentar misalnya "Mobil Sultan ex-taxi harga kaki lima" :big_slap:
ahh bener bener menjawab pertanyaan kenapa kadang ada yang relatively brand new (limo gen 3 misalnya) yang udah peremajaan sementara beberapa kali masih lihat limo gen 2 beroperasi walau skrg rata-rata ud ganti transformer eh transmover atau limo gen 3... ternyata emang umur bukan satu-satunya faktor yah.

yang kedua... emang kl naik mobil versi taksi vs versi reguler itu jau bgt sih kenyamanannya walau casingnya sama-sama. dikira beda fitur doank ternyata seisi-isinya beda juga. naik versi taxi lebih gedubrakan dan lebih brisik dibanding versi pribadi. nonsensical lah bilang versi reguler beda fitur kemewahan aja. biaya benerin dan modifnya bisa beda - beda tipis aja ama base trim seken tapi personal use.

aplg toyota sih udah rahasia umum innova G ama V aja beda bgt peredamnya apa kabar limo vs vios G :big_biglaugh:

yang saya pnasaran apakah berlaku jg untuk mersi C / E-class dan alphard/vellfire krn dua mobil ini basically yang dijadikan taksi kan tipe terendahnya ya :big_think: bukan spesifik memang dijual untuk komersil spt limo / transmover.

dulu di kota saya jg sempet ada perush taksi pake spin diesel dan peugeot 408 skrg udah gak jelas rimbanya tuh bangkenya pada kemana. di jogja ada taxi pake chev trax gimana tuh kabarnya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

sandal wrote: 22 May 2021, 10:35 Up lagi trit ini

Sempet lihat di salah satu channel youtube yaitu jual mobil:

1. Avanza thn 2012 ex auto2000 THS tipe E yg dijual 70jt apa adanya. (Tentunya kursi baris kedua dan ketiga dilepas)

2. Avanza thn 2016 ex Ind**ome tipe E dijual 100jt apa adanya. (Kursi baris ketiga masih plastikan karena pas jd mobil operasional baris ketiga tidak dipakai)

Kira2 perawatannya gimana ya kalo mobil ex operasional ini?
Hmm mobil operasional provider plat merah itu sih pengalaman pas mereka lg handle problem di daerah rumah saya sih make nya asal banget ya, polisi tidur dihajar, ngerokok dalem mobil sambil AC nyala buka kaca, udah gitu suara mesinnya jg udah kyk avanza gen 1 yg gak kerawat, kasar bgt.

Tp mungkin beda mobil beda kondisi, dan waktu dijual pun harusnya udah dibener2in sih. Odometer udah berapa?

Kalo ex auto2000 sih seharusnya perawatan berkala lebih mungkin dilakukan dibanding provider plat merah itu ya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 08 Dec 2012, 17:14

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Harchi »

Yg konyol, menyebalkan n ga sy suka dari video bikinnan youtuber. Misalnya judulnya begini: rekomendasi mobil bekas 40jutaan, atau sedan mewah rasa pejabat ini sekarang cuman seharga lcgc. Pas dilihat, tipu2 bgt. Harga yg diambil itu harga termurah di forum jual beli atau marketplace dengan kondisi jalan tapi agak busuk atau busuk. Emang sih bisa dapet di harga itu, tapi kan mesti banyak lagi yg perlu dikeluarkan biar layak jalan. Kenapa ga ambil harga rata2 normal di pasaran yg kondisi layak aja sih? Apa supaya rame aja yg nonton videonya? Ane sih ga segan2 kasih dislike untul yg model2 begitu tadi
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Etios Bekas Taxi

Post by ChZ »

Harchi wrote: 24 May 2021, 09:22 Yg konyol, menyebalkan n ga sy suka dari video bikinnan youtuber. Misalnya judulnya begini: rekomendasi mobil bekas 40jutaan, atau sedan mewah rasa pejabat ini sekarang cuman seharga lcgc. Pas dilihat, tipu2 bgt. Harga yg diambil itu harga termurah di forum jual beli atau marketplace dengan kondisi jalan tapi agak busuk atau busuk. Emang sih bisa dapet di harga itu, tapi kan mesti banyak lagi yg perlu dikeluarkan biar layak jalan. Kenapa ga ambil harga rata2 normal di pasaran yg kondisi layak aja sih? Apa supaya rame aja yg nonton videonya? Ane sih ga segan2 kasih dislike untul yg model2 begitu tadi
klikbait om....

yang saya sebel lg kadang ngegampangin urusan ngebenerin mobil bekas, ya gampang buat mereka punya akses kemana-mana, ngebagusin mobil endorsan bengkel interior dll ngantri, duid banyak, ngerti mobil. tp penontonnya kan targetnya justru malah yang penghasilannya ngepas pengen punya mobil...

akibatnya yah terjadilah repair-repair ajaib krn yang punya mobil ga punya duit buat beli parts... ini mah sedekah ke bengkel aja kaga.

kalo saya dagang mobil jujur saya kesel sih, yg beginian pasti ngerusak harga pasar. pasti "ah si yutuber [cencored] dapet harga segini koq jualnya kemahalan nih".

makanya sy ga pernah anggap serius omongan yutuber... yutuber = entertainer... melakukan itu krn ada duitnya. sama kya artis tipi bikin sensasi.

anggap aja hiburan semata. fiksi. kalo ada kesamaan hanya kebetulan. :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: 17 Aug 2016, 20:37

Re: Etios Bekas Taxi

Post by sealplayerz »

ChZ wrote: 24 May 2021, 09:49
Harchi wrote: 24 May 2021, 09:22 Yg konyol, menyebalkan n ga sy suka dari video bikinnan youtuber. Misalnya judulnya begini: rekomendasi mobil bekas 40jutaan, atau sedan mewah rasa pejabat ini sekarang cuman seharga lcgc. Pas dilihat, tipu2 bgt. Harga yg diambil itu harga termurah di forum jual beli atau marketplace dengan kondisi jalan tapi agak busuk atau busuk. Emang sih bisa dapet di harga itu, tapi kan mesti banyak lagi yg perlu dikeluarkan biar layak jalan. Kenapa ga ambil harga rata2 normal di pasaran yg kondisi layak aja sih? Apa supaya rame aja yg nonton videonya? Ane sih ga segan2 kasih dislike untul yg model2 begitu tadi
klikbait om....

yang saya sebel lg kadang ngegampangin urusan ngebenerin mobil bekas, ya gampang buat mereka punya akses kemana-mana, ngebagusin mobil endorsan bengkel interior dll ngantri, duid banyak, ngerti mobil. tp penontonnya kan targetnya justru malah yang penghasilannya ngepas pengen punya mobil...

akibatnya yah terjadilah repair-repair ajaib krn yang punya mobil ga punya duit buat beli parts... ini mah sedekah ke bengkel aja kaga.

kalo saya dagang mobil jujur saya kesel sih, yg beginian pasti ngerusak harga pasar. pasti "ah si yutuber [cencored] dapet harga segini koq jualnya kemahalan nih".

makanya sy ga pernah anggap serius omongan yutuber... yutuber = entertainer... melakukan itu krn ada duitnya. sama kya artis tipi bikin sensasi.

anggap aja hiburan semata. fiksi. kalo ada kesamaan hanya kebetulan. :big_biglaugh:
Makanya sekarang udah ogah bgt nonton youtuber otomotif indo,sekelas fitra eri samamobi pun skrg rata2 udh clickbait videonya. Skrg cmn nonton b channel aja karna cmn ngelihatin interior ekterior sama fitur tanpa bumbu2 clickbait.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

sealplayerz wrote: 24 May 2021, 11:23
ChZ wrote: 24 May 2021, 09:49
Harchi wrote: 24 May 2021, 09:22 Yg konyol, menyebalkan n ga sy suka dari video bikinnan youtuber. Misalnya judulnya begini: rekomendasi mobil bekas 40jutaan, atau sedan mewah rasa pejabat ini sekarang cuman seharga lcgc. Pas dilihat, tipu2 bgt. Harga yg diambil itu harga termurah di forum jual beli atau marketplace dengan kondisi jalan tapi agak busuk atau busuk. Emang sih bisa dapet di harga itu, tapi kan mesti banyak lagi yg perlu dikeluarkan biar layak jalan. Kenapa ga ambil harga rata2 normal di pasaran yg kondisi layak aja sih? Apa supaya rame aja yg nonton videonya? Ane sih ga segan2 kasih dislike untul yg model2 begitu tadi
klikbait om....

yang saya sebel lg kadang ngegampangin urusan ngebenerin mobil bekas, ya gampang buat mereka punya akses kemana-mana, ngebagusin mobil endorsan bengkel interior dll ngantri, duid banyak, ngerti mobil. tp penontonnya kan targetnya justru malah yang penghasilannya ngepas pengen punya mobil...

akibatnya yah terjadilah repair-repair ajaib krn yang punya mobil ga punya duit buat beli parts... ini mah sedekah ke bengkel aja kaga.

kalo saya dagang mobil jujur saya kesel sih, yg beginian pasti ngerusak harga pasar. pasti "ah si yutuber [cencored] dapet harga segini koq jualnya kemahalan nih".

makanya sy ga pernah anggap serius omongan yutuber... yutuber = entertainer... melakukan itu krn ada duitnya. sama kya artis tipi bikin sensasi.

anggap aja hiburan semata. fiksi. kalo ada kesamaan hanya kebetulan. :big_biglaugh:
Makanya sekarang udah ogah bgt nonton youtuber otomotif indo,sekelas fitra eri samamobi pun skrg rata2 udh clickbait videonya. Skrg cmn nonton b channel aja karna cmn ngelihatin interior ekterior sama fitur tanpa bumbu2 clickbait.
Ya semua influencer kan pasti mengikuti demand. Kalo stick/stay pada prinsip nya ya lama2 kehilangan viewers nya. Makanya banyak juga artis yg 'maksa' pake tiktok supaya eksistensi nya tetep dapet, bahkan dr 0 bisa langsung melejit.

OOT dikit, skg aja di kantor saya iklan lowongan kerja itu pake nya TikTok, dan surprisingly banyak dapet talent2 freshgrad yg berkualitas dr TikTok itu, sedangkan dr LinkedIn, JobStreet, portal loker lainnya malah isinya cenderung ampas
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: 03 Jul 2014, 08:13

Re: Etios Bekas Taxi

Post by sandal »

evanbngdor wrote: 24 May 2021, 08:31
Hmm mobil operasional provider plat merah itu sih pengalaman pas mereka lg handle problem di daerah rumah saya sih make nya asal banget ya, polisi tidur dihajar, ngerokok dalem mobil sambil AC nyala buka kaca, udah gitu suara mesinnya jg udah kyk avanza gen 1 yg gak kerawat, kasar bgt.

Tp mungkin beda mobil beda kondisi, dan waktu dijual pun harusnya udah dibener2in sih. Odometer udah berapa?

Kalo ex auto2000 sih seharusnya perawatan berkala lebih mungkin dilakukan dibanding provider plat merah itu ya
Kalo dilihat di video odonya 63 ribu km, ga tau odo puteran atau ngga
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

sandal wrote: 25 May 2021, 11:42
evanbngdor wrote: 24 May 2021, 08:31
Hmm mobil operasional provider plat merah itu sih pengalaman pas mereka lg handle problem di daerah rumah saya sih make nya asal banget ya, polisi tidur dihajar, ngerokok dalem mobil sambil AC nyala buka kaca, udah gitu suara mesinnya jg udah kyk avanza gen 1 yg gak kerawat, kasar bgt.

Tp mungkin beda mobil beda kondisi, dan waktu dijual pun harusnya udah dibener2in sih. Odometer udah berapa?

Kalo ex auto2000 sih seharusnya perawatan berkala lebih mungkin dilakukan dibanding provider plat merah itu ya
Kalo dilihat di video odonya 63 ribu km, ga tau odo puteran atau ngga
63rb itu yg Avanza nya Auto2000 atau provider plat merah?

Untuk usia 5 tahun dan berstatus sebagai mobil operasional sih bisa dibilang agak mustahil ya Om.

Avanza 63rb harusnya shift knob sama setir belom botak, kampas rem juga belom pernah diganti
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
faizzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Etios Bekas Taxi

Post by faizzz »

ChZ wrote: 22 May 2021, 10:49

yang kedua... emang kl naik mobil versi taksi vs versi reguler itu jau bgt sih kenyamanannya walau casingnya sama-sama. dikira beda fitur doank ternyata seisi-isinya beda juga. naik versi taxi lebih gedubrakan dan lebih brisik dibanding versi pribadi. nonsensical lah bilang versi reguler beda fitur kemewahan aja. biaya benerin dan modifnya bisa beda - beda tipis aja ama base trim seken tapi personal use.

aplg toyota sih udah rahasia umum innova G ama V aja beda bgt peredamnya apa kabar limo vs vios G :big_biglaugh:
Wow...
Mobil perang ane Etios Valco tipe E sama Avanza tipe G aja udah kerasa "poverty package" banget. Ga kebayang dah gimana yang bekas taksi...
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post