Etios Bekas Taxi

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Etios Bekas Taxi

Post by aspsilver »

ak4ng wrote:
aspsilver wrote: Wed May 13, 2020 5:44 27 an juta habis nya
Berarti itung2an spare 40jt buat surat + perbaikan itu bener lah y :big_exellent: btw unit nya ditebus brp juta and bpkb nya udh dapet blm?
Unit 36 juta,
Rehabilitasi 27 juta

Bpkb sudah ditangan.

Kalo hitungan kasar, untuk balik nama dsb 8 juta.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pboyz97 »

Etios bekas taksi emg menggiurkan. Apalagi dengan harga 33 jt, udah dapet mobil tahun muda yang awet + odo rendah. Tapi, itu baru bahan mobilnya aja lho ya, blm balik nama , surat2 , dan perbaikan lainnya yg mesti dilakukan biar itu mobil layak jalan lagi seperti sedia kala, which is gak murah, minimal 10-20 jt lah bahkan lebih buat perbaikan, yg udh dijabarin secara jelas sm om akang di thread ini hehehe . Which is harga totalnya udh bengkak jadi 40-50 jt , biar bisa layak pakai lagi. Gak worthed, buat org yg masih awam mobil. Eks taksi lebih cocok buat org yg bener2 hobi bangun mobil dari mobil bekas sampe mobil layak jalan untuk harian atau minimal udh punya pengalaman melihara mobil bekas sebelumnya. Apalagi kalau dilihat dari videonya RH dan Mas Wahid, menurut saya kondisinya sorry to say lebih cocok disebut sebagai "bekas mobil" daripada mobil bekas karena, walaupun let's say odo rendah (dibawah 50rb), tapi
- Udah jogrok selama lebih dari 1 tahun
- Tempat penyimpanannya pun terbuka dan banyak pohon disitu, which is sangat mungkin cat mobil pudar terpapar panas dan hujan , serta hinggapnya tanaman di dalem mobil tersebut
- Namanya mobil dah gak jalan lama, dan gak pernah dipanasin lama, udah pasti kerusakkan mengintai didepan mata. Paling gampangnya ya, akinya dah pada soak dan bannya pada bocor semua karena lama gak dipake
- Kaki2 dan mesin udh pasti bermasalah, karena namanya mobil dah jogrok lama, kemungkinan besar pasti ada aja yg rusak di bagian mesinnya . Wong mobil yg tiap hari dipake aja kadang2 masih suka ada PR nya, apalagi mobil yg udh jogrok lama gini

Kalaupun mau beli ekstaksi , mending beli ex BB atau gamya, walaupun km udh tinggi, tapi
- Kaki2 sehat
- Mesin sehat
- Tempat penyimpanannya lebih layak, setidaknya gak dibiarkan dijemur di tempat terbuka gitu
- Cat full oven
- Ban dan aki2 tokcer

Kalau saya, mending beli ex taksi dengan harga lebih mahal dikit dan odo lebih tinggi, tapi mesin dan kaki2 sehat + surat lengkap, daripada beli yg odo rendah, tapi nyimpen segudang pr dibagian mesin dan kaki2.
Last edited by Pboyz97 on Wed May 13, 2020 16:19, edited 2 times in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pboyz97 »

aspsilver wrote: Tue May 12, 2020 18:12 Foto foto mobilnya
Setelah Rehabilitasi.
Udah cakep20200411_160917.jpg20200411_155927.jpg20200411_155903.jpg20200410_112232.jpg20200411_155951.jpg20200410_111945.jpg20200410_111930.jpg20200410_111812.jpg20200411_160037.jpg
Wah, nice car om
Malah gak kelihatan bekas taksi ya. Tinggal tambahin foglampnya aja itu wkwkwk.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pboyz97 »

P47hos wrote: Tue May 12, 2020 19:17
aspsilver wrote: Tue May 12, 2020 18:12 Foto foto mobilnya
Setelah Rehabilitasi.
Udah cakep -cut
Mantap om, asalkan yg beli kaya om aspsilver yg punya niat rebuild bener2 sampe jadi mobil yg proper tentu aja ga masalah. Tp yg harus di garisbawahi waktu om cari bahan aja butuh effort dan itu cari sendiri, jadi ga kebayang yg pesan online apalagi antrian sampe 700. Bahan yg busuk pun mau ga mau harus disulap agar memenuhi kuota antrian. Itu yg bikin jadi bom waktu buat pembelinya, ditambah ga semua org yg beli kaya om aspsilver yang paham rebuild mobil, siap spare waktu dan dana. Klo 2 itu ga dipenuhi siap2 beli kucing dalam karung
Setuju om. Perlu waktu dan tenaga yg gak sedikit buat beli mobil bekas, apalagi bekas taksi yg udh jogrok lama kek etios ini. Mesti org yg udh pengalaman beli mobekas sebelumnya sama ngerti caranya restore mobil ampe jadi layak pakai lagi yg bisa beli mobil ini. Kalau gak ya, siap2 amsiong dah, niat pengen beli mobil dengan harga terjangkau yg awet, eh yg terjadi malah bolak balik bengkel karena prnya gk beres2
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pboyz97 »

Bean06 wrote: Tue May 12, 2020 4:35 Kalau ex. Dari BB atau Gamya apa kurang lebih demikian kondisinya dengan ex putih yang viral.?
Kayanya beda jauh deh om. Kalo ex putih yg viral banyakan udh busuk karena jogrok lebih dari setahun dan dibiarin gitu aja di lapangan terbuka tanpa penutup. Jadi gak heran harganya lebih murah dibanding BB atau gamya.

Yg paling kasihan justru 320 D, Elgrand, Alphard, viano dan C200 W204nya (mana itu yg advangarde dan c edition pula), dibiarin di lapangan terbuka gitu tanpa pelindung yg layak
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pboyz97 »

coklatMetalik wrote: Tue May 12, 2020 8:34 Lah itu bisa orang awam beli bahan langsung ke pool
Lalu ngapain ada org yg beli bahan lewat dekareset dkk? Toh sama2 bahan... :big_think:
Kalo menurut analisa sotoy saya. Lebih ke masalah waktu om. Kalo orang awam pergi beli langsung ke pool, bakan makan waktu yg lama, karena mesti sortir unit dari ratusan unit yg ada, blm lg repotnya cabut berkas sama surat2

Kalo beli bahan lewat pedagang kek dekareset dkk. Biarpun sama2 bahan, bahannya pun udh dipilihin best of the worst sama mereka, karena mereka juga udh lebih pengalaman dibanding orang awam tersebut + sepertinya mereka juga jual sudah termasuk surat2 dan cabut berkas dari bahan sampe upgradean. Makanya gak heran ada org yg beli lewat dekareset dkk walaupun beli bahan. Wkwkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pboyz97 »

quyquy wrote: Tue May 12, 2020 3:20 Betul..

Rekondisi sebuah mobil eks taksi yang proper itu perlu dana 40-50 jt (full rekondisi kaki2, repaint all body, turun setengah mesin, rekondisi sistem pendinginan mesin, fuel pump, ngetrim interior, nambahin audio+power window+velg+ban)

Pengalaman ane dulu meliara eks taksi juga ngeluarin dana segituan.

Dana beli mobil saat itu 90 juta (tahun 2013). Plus 50 jt totalnya 140jt.

Puas atau enggak?

Ane jawab puas..

Kok bisa?

Dana 140jt dapat mobil seken tahun muda tapi sudah full rekondisi siap pakai. Buktinya ane meliara tu mobil selama 5 tahun nggak ada kendala.
Ya ketolong juga dengan brand toyota khususnya mesin 1NZ yang memang bandel mesinnya.

Saat itu dengan dana 90juta, dapet mobil sekennya cuma sekelas avanza/xenia tahun lama. Mobil2 sedan tahun lama model 90an. Atau kalo enggak mobil city car 1000cc. Oiya waktu itu LCGC belum muncul2.

Nah pertanyaannya, bagaimana jaman skr dng bujet 90jt? apakah vios limo gen 3 atau alternatif mobil seken non taksi?

Nah kalo jaman sekarang mah mending cari mobil seken non taksi karena sudah banyak banget pilihan mobil yg enak dng dana segitu.
Nice explanation om , mobil bekas pribadi aja perlu minimal 10-15 jt buat perbaikan, apalagi mobil ekstaksi yg odonya dah tinggi. Tinggal balik ke kebutuhan masing2 aja. Temen saya juga akhir tahun lalu bungkus limo gen 3 2014 ex BB buat project car sekaligus daily car seharga 80/85 jt gitu. Terus perbaikan + modifikasi kurleb 20jt. Sekarang, dipake wara wiri gaada masalah sama sekali, padahal udh diganti velg gede dan diceperin mobilnya. Itupun dia berani ambil, meskipun odonya dah diatas 200rb karena udh ada 3 mobil lain dirumah (altis 1st gen, altis 2015, sama kijang super). Sama dia udh biasa modif mobil dan merawat mobil bekas sebelumnya . Jadi buat dia, eks taksi gak masalah karena emg dia udh hobi dan punya passion dibidang otomotif, bukan org yg masih awam tentang mobekas kek saya wkwkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pboyz97 »

dsign1990 wrote: Tue Feb 04, 2020 2:33 mobil2 ex taksi enakan beli dari pemakai
gak usah urus ini itu
Betul, karena semua PR nya sudah dibereskan oleh pemilik sebelumnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pboyz97 »

evanbngdor wrote: Mon Mar 09, 2020 3:24
Senargitar wrote: Mon Mar 09, 2020 2:44 ngeliat unit yg divideo2 restorasi eks taxi yg rame itu kok ngeliat kondisi mobilnya lebih cocok disebut bangkai mobil ya...
Ya bisa dibilang gitu karena terbengkalai, bukan mobil bekas taksi yang statusnya masih terpakai dan mau dijual. Kayaknya sih minimal banget 1 bulan terbengkalai itu mobil
setuju om, kondisinya udh jelas bgt, banyak karat dan ada beberapa mobil yg partnya gak utuh kek bemper lepas dll
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Pboyz97 »

ak4ng wrote: Mon May 11, 2020 11:34 @dohc: even Mr wahid aja udh menyerah dgn semua extaxi nya and memilih nasmoco sbg pelarian dari pusingnya ngurus extaxi :big_biglaugh: kebayang kalo orang budget nya bener2 pas 50jt buat mobil lebaran and diserahkan semua ke dia, and pas nerima masih banyak problem, gmn rasanya sbg konsumen y solae dijanjiin mobil sehat and gaya mentereng dgn segala aksesori yg sepaket penjualan :big_peace: contoh nyata nya yaitu yg kebakar itu, malah dibalikin uangnya, walo sempet muncul opsi tuker unit :upss: udh nunggu sebulan, udh dikirim eh kebakar dasbornya :big_cry:
Yes, saya udh nonton videonya, beliau emg secara gak langsung bilang kalau udh nyerah ngurus semua extaksi etiosnya + denger2 gak bakal ambil lagi, karena gak sebanding sama tenaga yg dikeluarkan

Sekarang mas Wahid justru malah pake limo gen 3 ex BB. Bisa liat di videonya yg lg review gen 3 . Keliatan itu ex BB, karena HU nya yg masih single din dan odonya yg udh diatas 200rb. Dan kalo soal DR yg katanya banyak komplen sana sini, saya no comment deh. Tapi yg saya liat di videonya mas wahid yg terakhir, yg lg komparasi antara limo gen 2 dan gen 3. Menurut pengamatan sotoy saya, pengerjaannya tim DR di limo gen 2 nya mas wahid kok ancur ya. Jauh banget dibanding limo gen 3 warna hitam yg ada disebelahnya , terutama di bagian bagasi. Di limo gen 2, keliatan banget itu bekas mobil yg udh gak keurus selama berbulan- bulan bahkan bertahun tahun lamanya. Jorok dan berantakan abis. Udah gitu gak dikasih cover bagasi pula :big_slap: . Beda jauh sama limo gen 3 hitam yg bagasinya rapih, udh dipakein cover dan kualitas pengerjaannya sangat baik untuk ukuran ekstaksi. Cuma limo gen 2nya ketolong sama aksesoris kek velg, HU 2din , dan kamera yg dipasang sm Mas Wahid , makanya upgradenya lebih banyak dibanding gen 3 nya yg cuma ganti velg OEM Mobilio Prestige 1st batch doang wkwkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Etios Bekas Taxi

Post by slapnuts »

Pboyz97 wrote: Wed May 13, 2020 16:55
Yes, saya udh nonton videonya, beliau emg secara gak langsung bilang kalau udh nyerah ngurus semua extaksi etiosnya + denger2 gak bakal ambil lagi, karena gak sebanding sama tenaga yg dikeluarkan

Sekarang mas Wahid justru malah pake limo gen 3 ex BB. Bisa liat di videonya yg lg review gen 3 . Keliatan itu ex BB, karena HU nya yg masih single din dan odonya yg udh diatas 200rb. Dan kalo soal DR yg katanya banyak komplen sana sini, saya no comment deh. Tapi yg saya liat di videonya mas wahid yg terakhir, yg lg komparasi antara limo gen 2 dan gen 3. Menurut pengamatan sotoy saya, pengerjaannya tim DR di limo gen 2 nya mas wahid kok ancur ya. Jauh banget dibanding limo gen 3 warna hitam yg ada disebelahnya , terutama di bagian bagasi. Di limo gen 2, keliatan banget itu bekas mobil yg udh gak keurus selama berbulan- bulan bahkan bertahun tahun lamanya. Jorok dan berantakan abis. Udah gitu gak dikasih cover bagasi pula :big_slap: . Beda jauh sama limo gen 3 hitam yg bagasinya rapih, udh dipakein cover dan kualitas pengerjaannya sangat baik untuk ukuran ekstaksi. Cuma limo gen 2nya ketolong sama aksesoris kek velg, HU 2din , dan kamera yg dipasang sm Mas Wahid , makanya upgradenya lebih banyak dibanding gen 3 nya yg cuma ganti velg OEM Mobilio Prestige 1st batch doang wkwkwk
Barusan nonton reviewnya yang bandingin Limo Gen 2 vs Gen 3 dan dengan sotoynya bilang kalau tarikan Limo Gen 3 2013 lebih lemot karena Dual VVTi (padahal mesinnya sama dengan Gen 1&2 memakai 1NZ-Fe yang masih VVTi biasa). Dual VVTi baru ada di Vios akhir 2016 dengan mesin 2NR-Fe nya. Ngakak aja deh kadang sotoynya keluar tanpa mempelajari spesifikasi terlebih dahulu. :big_smile]
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Etios Bekas Taxi

Post by coklatMetalik »

slapnuts wrote: Wed May 13, 2020 18:06
Pboyz97 wrote: Wed May 13, 2020 16:55
Yes, saya udh nonton videonya, beliau emg secara gak langsung bilang kalau udh nyerah ngurus semua extaksi etiosnya + denger2 gak bakal ambil lagi, karena gak sebanding sama tenaga yg dikeluarkan

Sekarang mas Wahid justru malah pake limo gen 3 ex BB. Bisa liat di videonya yg lg review gen 3 . Keliatan itu ex BB, karena HU nya yg masih single din dan odonya yg udh diatas 200rb. Dan kalo soal DR yg katanya banyak komplen sana sini, saya no comment deh. Tapi yg saya liat di videonya mas wahid yg terakhir, yg lg komparasi antara limo gen 2 dan gen 3. Menurut pengamatan sotoy saya, pengerjaannya tim DR di limo gen 2 nya mas wahid kok ancur ya. Jauh banget dibanding limo gen 3 warna hitam yg ada disebelahnya , terutama di bagian bagasi. Di limo gen 2, keliatan banget itu bekas mobil yg udh gak keurus selama berbulan- bulan bahkan bertahun tahun lamanya. Jorok dan berantakan abis. Udah gitu gak dikasih cover bagasi pula :big_slap: . Beda jauh sama limo gen 3 hitam yg bagasinya rapih, udh dipakein cover dan kualitas pengerjaannya sangat baik untuk ukuran ekstaksi. Cuma limo gen 2nya ketolong sama aksesoris kek velg, HU 2din , dan kamera yg dipasang sm Mas Wahid , makanya upgradenya lebih banyak dibanding gen 3 nya yg cuma ganti velg OEM Mobilio Prestige 1st batch doang wkwkwk
Barusan nonton reviewnya yang bandingin Limo Gen 2 vs Gen 3 dan dengan sotoynya bilang kalau tarikan Limo Gen 3 2013 lebih lemot karena Dual VVTi (padahal mesinnya sama dengan Gen 1&2 memakai 1NZ-Fe yang masih VVTi biasa). Dual VVTi baru ada di Vios akhir 2016 dengan mesin 2NR-Fe nya. Ngakak aja deh kadang sotoynya keluar tanpa mempelajari spesifikasi terlebih dahulu. :big_smile]
Dulu waktu ngebahas etios sedan juga disebut 1NZ-Fe kok, kan 1500 cc :upss:

Kayanya dia emang kurang fokus ke spesifikasi brosur sih, lebih ke yg dia rasain selama test drive aja
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
ilhamahli
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed May 13, 2020 22:48
Location: Gresik

Re: Etios Bekas Taxi

Post by ilhamahli »

kayaknya, beli etios ekstaksi ini kayak beli mobil dari scrapyard yah...
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Etios Bekas Taxi

Post by dsign1990 »

Hansen wrote: Wed May 13, 2020 7:29
dsign1990 wrote: Wed May 13, 2020 7:17 kalau e32 kyk punya om mobi dulu 2011an bapak liat iklan pos kota ada 735 e32 pas dilihat ke taman galaxy ternyata 750 saat itu disana ada 2 yg beige kyk om mobil 50jtan ada 1 lagi yg warna biru yg kondisinya spr istw ditawarinnya 60an juta mundurlah bapak waktu itu , ternyata sekarang yg bagus udah 100jt ke atas
Karena buat ngebagusinnya makan biaya gak sedikit :wkkk:
yah yg dilihat bapak waktu itu kan mbl bnr2 bagus ( yg biru) tinggal apik2 aja make nya
jgn bayangin e32 nya mobi yg dari awal banyak PR macam gitu
nyari e32 yg bagus sekarang ini susah pake banget kayak nyari cefiro
terakhir nemu yg bagus di surabaya warna putih nawarinnya 200jt kayak cefiro a31 yg bagus harganya mulai gak logis ninggalin pasaran accord maestro
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

slapnuts wrote: Wed May 13, 2020 18:06
Pboyz97 wrote: Wed May 13, 2020 16:55
Yes, saya udh nonton videonya, beliau emg secara gak langsung bilang kalau udh nyerah ngurus semua extaksi etiosnya + denger2 gak bakal ambil lagi, karena gak sebanding sama tenaga yg dikeluarkan

Sekarang mas Wahid justru malah pake limo gen 3 ex BB. Bisa liat di videonya yg lg review gen 3 . Keliatan itu ex BB, karena HU nya yg masih single din dan odonya yg udh diatas 200rb. Dan kalo soal DR yg katanya banyak komplen sana sini, saya no comment deh. Tapi yg saya liat di videonya mas wahid yg terakhir, yg lg komparasi antara limo gen 2 dan gen 3. Menurut pengamatan sotoy saya, pengerjaannya tim DR di limo gen 2 nya mas wahid kok ancur ya. Jauh banget dibanding limo gen 3 warna hitam yg ada disebelahnya , terutama di bagian bagasi. Di limo gen 2, keliatan banget itu bekas mobil yg udh gak keurus selama berbulan- bulan bahkan bertahun tahun lamanya. Jorok dan berantakan abis. Udah gitu gak dikasih cover bagasi pula :big_slap: . Beda jauh sama limo gen 3 hitam yg bagasinya rapih, udh dipakein cover dan kualitas pengerjaannya sangat baik untuk ukuran ekstaksi. Cuma limo gen 2nya ketolong sama aksesoris kek velg, HU 2din , dan kamera yg dipasang sm Mas Wahid , makanya upgradenya lebih banyak dibanding gen 3 nya yg cuma ganti velg OEM Mobilio Prestige 1st batch doang wkwkwk
Barusan nonton reviewnya yang bandingin Limo Gen 2 vs Gen 3 dan dengan sotoynya bilang kalau tarikan Limo Gen 3 2013 lebih lemot karena Dual VVTi (padahal mesinnya sama dengan Gen 1&2 memakai 1NZ-Fe yang masih VVTi biasa). Dual VVTi baru ada di Vios akhir 2016 dengan mesin 2NR-Fe nya. Ngakak aja deh kadang sotoynya keluar tanpa mempelajari spesifikasi terlebih dahulu. :big_smile]
Cuma komentar apa yg dirasakan aja, tp ya emang menurut saya Vios gen 3 paling lemot&boros dibanding vios2 sebelumnya sih.

Paling mantep ya Vios gen 1 itu, emang bener sesuai tagline nya "Fuel Saver and Speed Maker", effortless bgt buat sampe ke 160 kpj, yg manual tp ya.
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15640
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Etios Bekas Taxi

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Thu May 14, 2020 1:42
slapnuts wrote: Wed May 13, 2020 18:06
Barusan nonton reviewnya yang bandingin Limo Gen 2 vs Gen 3 dan dengan sotoynya bilang kalau tarikan Limo Gen 3 2013 lebih lemot karena Dual VVTi (padahal mesinnya sama dengan Gen 1&2 memakai 1NZ-Fe yang masih VVTi biasa). Dual VVTi baru ada di Vios akhir 2016 dengan mesin 2NR-Fe nya. Ngakak aja deh kadang sotoynya keluar tanpa mempelajari spesifikasi terlebih dahulu. :big_smile]
Cuma komentar apa yg dirasakan aja, tp ya emang menurut saya Vios gen 3 paling lemot&boros dibanding vios2 sebelumnya sih.

Paling mantep ya Vios gen 1 itu, emang bener sesuai tagline nya "Fuel Saver and Speed Maker", effortless bgt buat sampe ke 160 kpj, yg manual tp ya.
:mky_01:
klo urusan review sehh skip om seken dan kru nya deh... kliatan bgt ga menguasai materi dan spek teknis cm asal cuap berdasarkan feeling. bahkan ilmu nya dia basic dan cenderung ilmu "jalanan" daripada ilmu yang science-based... ilmu dia cm relevan buat teknologi 70s sampe early 2000s. liat aj mobil dia yang ud canggih keluaran 2010 ke atas rata-rata diserahin ke beres...

pdhl orang follow om seken krn jago soal berburu mobil dan ilmu ngecek mobil bekasnya yg dicari... kalo checkup nya ke beres ya ngapaen atuh... smua orang modal 300rb bawa ke beres jg bisa.

vios/limo gen 3 secara spek teknis mah kg ada beda... cm setting drive by wire dan gear ratio nya klo gak salah yang dibedain jd lebih alus akselerasinya... saking alus nya jadi..... lemot.

mungkin grgr keseringan dikomplen user gen 2 / yaris suka lompat dan mati-mati kopling karena gak terbiasa wkwkwkkwwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Etios Bekas Taxi

Post by nyotnyet »

ChZ wrote:
evanbngdor wrote: Thu May 14, 2020 1:42
slapnuts wrote: Wed May 13, 2020 18:06
Barusan nonton reviewnya yang bandingin Limo Gen 2 vs Gen 3 dan dengan sotoynya bilang kalau tarikan Limo Gen 3 2013 lebih lemot karena Dual VVTi (padahal mesinnya sama dengan Gen 1&2 memakai 1NZ-Fe yang masih VVTi biasa). Dual VVTi baru ada di Vios akhir 2016 dengan mesin 2NR-Fe nya. Ngakak aja deh kadang sotoynya keluar tanpa mempelajari spesifikasi terlebih dahulu. :big_smile]
Cuma komentar apa yg dirasakan aja, tp ya emang menurut saya Vios gen 3 paling lemot&boros dibanding vios2 sebelumnya sih.

Paling mantep ya Vios gen 1 itu, emang bener sesuai tagline nya "Fuel Saver and Speed Maker", effortless bgt buat sampe ke 160 kpj, yg manual tp ya.
:mky_01:
klo urusan review sehh skip om seken dan kru nya deh... kliatan bgt ga menguasai materi dan spek teknis cm asal cuap berdasarkan feeling. bahkan ilmu nya dia basic dan cenderung ilmu "jalanan" daripada ilmu yang science-based... ilmu dia cm relevan buat teknologi 70s sampe early 2000s. liat aj mobil dia yang ud canggih keluaran 2010 ke atas rata-rata diserahin ke beres...

pdhl orang follow om seken krn jago soal berburu mobil dan ilmu ngecek mobil bekasnya yg dicari... kalo checkup nya ke beres ya ngapaen atuh... smua orang modal 300rb bawa ke beres jg bisa.

vios/limo gen 3 secara spek teknis mah kg ada beda... cm setting drive by wire dan gear ratio nya klo gak salah yang dibedain jd lebih alus akselerasinya... saking alus nya jadi..... lemot.

mungkin grgr keseringan dikomplen user gen 2 / yaris suka lompat dan mati-mati kopling karena gak terbiasa wkwkwkkwwk.
Kalo review ga pernah taktonton wkwkwk, bukan haters cuma ga enak aja nontonnya, jauh ama om FE atau FR deh...
Konten berburunya juga kurang menarik skrg, dulu pdhl follow itu karna ikut merasa seru berburu, kaya merasa ya gini ini rasanya cari mobil...bukan cuma ke showroom bayar...

Soul Red zoom zoom
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15640
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Etios Bekas Taxi

Post by ChZ »

nyotnyet wrote: Thu May 14, 2020 3:34 Kalo review ga pernah taktonton wkwkwk, bukan haters cuma ga enak aja nontonnya, jauh ama om FE atau FR deh...
Konten berburunya juga kurang menarik skrg, dulu pdhl follow itu karna ikut merasa seru berburu, kaya merasa ya gini ini rasanya cari mobil...bukan cuma ke showroom bayar...
nah iy sekarang lebih kayak asal dapet unit krn ngejar antrian... aplg unit langka kayake ga pake dicek langsung bayar bawa pulang :mky_05:

moso berburu tp ke mobil88... wkwkkwkwkw.

yang bikin dia seru kan pengalaman di PHP orang galau, keduluan laku, blusukan sampe kampung-kampung, ngecek sampe kolong-kolong... edukasi tentang mobil yang bagus itu gimana yang enggak gimana, perjalanan di lapangan...

skrg kayaknya malah lebih ke vlog tiba-tiba udah dapet mobil terus deal deal dan perjalanan bawa pulang... biasa alesan gak ada kru video atau lupa gak sempat video... lah kl buat konten mosok ga mbelani repot dikit nge video pake hp amatir...

aplg sekarang fokus ngurus bengkel makin gimana lg itu konten...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Thu May 14, 2020 2:40
evanbngdor wrote: Thu May 14, 2020 1:42
slapnuts wrote: Wed May 13, 2020 18:06
Barusan nonton reviewnya yang bandingin Limo Gen 2 vs Gen 3 dan dengan sotoynya bilang kalau tarikan Limo Gen 3 2013 lebih lemot karena Dual VVTi (padahal mesinnya sama dengan Gen 1&2 memakai 1NZ-Fe yang masih VVTi biasa). Dual VVTi baru ada di Vios akhir 2016 dengan mesin 2NR-Fe nya. Ngakak aja deh kadang sotoynya keluar tanpa mempelajari spesifikasi terlebih dahulu. :big_smile]
Cuma komentar apa yg dirasakan aja, tp ya emang menurut saya Vios gen 3 paling lemot&boros dibanding vios2 sebelumnya sih.

Paling mantep ya Vios gen 1 itu, emang bener sesuai tagline nya "Fuel Saver and Speed Maker", effortless bgt buat sampe ke 160 kpj, yg manual tp ya.
:mky_01:
klo urusan review sehh skip om seken dan kru nya deh... kliatan bgt ga menguasai materi dan spek teknis cm asal cuap berdasarkan feeling. bahkan ilmu nya dia basic dan cenderung ilmu "jalanan" daripada ilmu yang science-based... ilmu dia cm relevan buat teknologi 70s sampe early 2000s. liat aj mobil dia yang ud canggih keluaran 2010 ke atas rata-rata diserahin ke beres...

pdhl orang follow om seken krn jago soal berburu mobil dan ilmu ngecek mobil bekasnya yg dicari... kalo checkup nya ke beres ya ngapaen atuh... smua orang modal 300rb bawa ke beres jg bisa.

vios/limo gen 3 secara spek teknis mah kg ada beda... cm setting drive by wire dan gear ratio nya klo gak salah yang dibedain jd lebih alus akselerasinya... saking alus nya jadi..... lemot.

mungkin grgr keseringan dikomplen user gen 2 / yaris suka lompat dan mati-mati kopling karena gak terbiasa wkwkwkkwwk.
Iyep, kalo orang yg gak biasa pake manual, begitu pake yaris bapao pasti terkesan baru belajar&sok2 karena cenderung geber2 gas
:mky_07:

Saya untungnya karena udah terbiasa dr awal belajar nyetir mobil sampe skg mainly selalu mobil manual. Jd pas pertama kali coba yaris bapao itu sekali aja mati karena belom tau celah nya, begitu tau yaudah biasa aja. Memang karakternya gitu sih. Yang matic juga diinjek dikit doang aja gas nya langsung loncat, tp ya itu galak di bawah, tengah&atasnya cenderung biasa aja.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Etios Bekas Taxi

Post by DOHC »

ChZ wrote: Thu May 14, 2020 2:40
evanbngdor wrote: Thu May 14, 2020 1:42
slapnuts wrote: Wed May 13, 2020 18:06
Barusan nonton reviewnya yang bandingin Limo Gen 2 vs Gen 3 dan dengan sotoynya bilang kalau tarikan Limo Gen 3 2013 lebih lemot karena Dual VVTi (padahal mesinnya sama dengan Gen 1&2 memakai 1NZ-Fe yang masih VVTi biasa). Dual VVTi baru ada di Vios akhir 2016 dengan mesin 2NR-Fe nya. Ngakak aja deh kadang sotoynya keluar tanpa mempelajari spesifikasi terlebih dahulu. :big_smile]
Cuma komentar apa yg dirasakan aja, tp ya emang menurut saya Vios gen 3 paling lemot&boros dibanding vios2 sebelumnya sih.

Paling mantep ya Vios gen 1 itu, emang bener sesuai tagline nya "Fuel Saver and Speed Maker", effortless bgt buat sampe ke 160 kpj, yg manual tp ya.
:mky_01:
klo urusan review sehh skip om seken dan kru nya deh... kliatan bgt ga menguasai materi dan spek teknis cm asal cuap berdasarkan feeling. bahkan ilmu nya dia basic dan cenderung ilmu "jalanan" daripada ilmu yang science-based... ilmu dia cm relevan buat teknologi 70s sampe early 2000s. liat aj mobil dia yang ud canggih keluaran 2010 ke atas rata-rata diserahin ke beres...

pdhl orang follow om seken krn jago soal berburu mobil dan ilmu ngecek mobil bekasnya yg dicari... kalo checkup nya ke beres ya ngapaen atuh... smua orang modal 300rb bawa ke beres jg bisa.

vios/limo gen 3 secara spek teknis mah kg ada beda... cm setting drive by wire dan gear ratio nya klo gak salah yang dibedain jd lebih alus akselerasinya... saking alus nya jadi..... lemot.

mungkin grgr keseringan dikomplen user gen 2 / yaris suka lompat dan mati-mati kopling karena gak terbiasa wkwkwkkwwk.
Kl ane sehh gt ntn konten si seken ttg servis2, atau cara ngecek2 mobkas, lgs ane skip dan ga perna ane mau tonton lg. Kl cuman gt cara ngecek nya mending pake otospektor atau nawilis sehh, at least cuman bayar beberapa ratus rebu tp penilaian nya lebi kredibel dgn alat2 penunjang yg lengkap dan bonafid (yg lmayan mahal trtnyata).. atau skalian bawa ke beres sendiri.

Bahkan liat2 mobil2 yg doi jual d IG jg koq mnurut ane tralu polosan, baret2 d bemper, body aj ampe dibiarin aj, at least d sol dl gt, toh mobil88 aj stidaknya d sol utk baret2 minor..
Last edited by DOHC on Thu May 14, 2020 4:40, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Etios Bekas Taxi

Post by slapnuts »

ChZ wrote: Thu May 14, 2020 3:58
nyotnyet wrote: Thu May 14, 2020 3:34 Kalo review ga pernah taktonton wkwkwk, bukan haters cuma ga enak aja nontonnya, jauh ama om FE atau FR deh...
Konten berburunya juga kurang menarik skrg, dulu pdhl follow itu karna ikut merasa seru berburu, kaya merasa ya gini ini rasanya cari mobil...bukan cuma ke showroom bayar...
nah iy sekarang lebih kayak asal dapet unit krn ngejar antrian... aplg unit langka kayake ga pake dicek langsung bayar bawa pulang :mky_05:

moso berburu tp ke mobil88... wkwkkwkwkw.

yang bikin dia seru kan pengalaman di PHP orang galau, keduluan laku, blusukan sampe kampung-kampung, ngecek sampe kolong-kolong... edukasi tentang mobil yang bagus itu gimana yang enggak gimana, perjalanan di lapangan...

skrg kayaknya malah lebih ke vlog tiba-tiba udah dapet mobil terus deal deal dan perjalanan bawa pulang... biasa alesan gak ada kru video atau lupa gak sempat video... lah kl buat konten mosok ga mbelani repot dikit nge video pake hp amatir...

aplg sekarang fokus ngurus bengkel makin gimana lg itu konten...
Jelas beda pengalaman kalau dibanding om FE yang basicnya pembalap dan jurnalis, pengalaman review FE mulai dari BMW tua sampai Bugatti Chiron dan ga terhitung pula berapa kali diundang media luar, sedangkan Mr.W cuma sebatas mobil yang beredar kebanyakan (pangsa pasar mostly below 500 mil) dan bahasa yang digunakan ya bahasa awam bukan bahasa teknis. Surprisingly FR juga bagus dalam melakukan review, detail banget sampai hal yang kadang ga kita perhatikan (menu MID, HU, quirky features, etc), pengambilan gambar juga sesuai dengan apa yang diterangkan, bahasanya juga tertata baik.

Benar Om, video berburu mobil dia akhir-akhir ini terlihat lebih membosankan, entah karena mereka beneran bosan dokumentasi atau memang dibatasi privasi. Dulu sempat diperlihatkan pengecekan unit dalam perburuan secara detail, sekarang lebih kepada road trip dalam melakukan deal mobil yang kadang dilakukan di showroom mobkas.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2554
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Etios Bekas Taxi

Post by KielConstantine »

aspsilver wrote: Wed May 13, 2020 5:26
P47hos wrote:
aspsilver wrote: Tue May 12, 2020 18:12 Foto foto mobilnya
Setelah Rehabilitasi.
Udah cakep -cut
Mantap om, asalkan yg beli kaya om aspsilver yg punya niat rebuild bener2 sampe jadi mobil yg proper tentu aja ga masalah. Tp yg harus di garisbawahi waktu om cari bahan aja butuh effort dan itu cari sendiri, jadi ga kebayang yg pesan online apalagi antrian sampe 700. Bahan yg busuk pun mau ga mau harus disulap agar memenuhi kuota antrian. Itu yg bikin jadi bom waktu buat pembelinya, ditambah ga semua org yg beli kaya om aspsilver yang paham rebuild mobil, siap spare waktu dan dana. Klo 2 itu ga dipenuhi siap2 beli kucing dalam karung
Oom P47hos bisa aja.
Saya mah Rehabilitasi biasa aja.

Memang ada yang busuk.

Ya harus pintar memilih.

Tapi toyota emang top koq.
Di pool saya lihat Limo yang km 750rb km.
Kondisi masi ok juga
Jelas itu... si om kan pernah pelihara merc W204 ; sama skarang di garasi lagi pelihara BMW F10 seinget saya...

Uang restorasi etios 27juta yahh berasa jajan warteg doank. Dibanding ngerawat brand german. Beda jauh langit bumi.


aspsilver wrote: Tue May 12, 2020 6:11
Merek Toyota, parts murah , mesin irit dan bandel

hebat lho Toyota ini, setelah tidur dari 2015, bobo 4 tahun, isi bensin, pasang accu, start, mesin hidup. hidup nya juga halus. gak pincang.

emang bener Toyota itu Indestructible
Nah ini nih +1

Toyota emang kuat sih... Sakti lah orang jepang.

Pasti berasa kan om wkwkwkwk.. biasa ngerawat brand eropa. Tau2 maen iseng restorasi jejepangan. Berasa becanda liat tagihan bengkel. :mky_07:

Begitu jg sebaliknya, orang yg biasa pelihara jejepangan. Coba pelihara eropa. Muka langsung keriput liat tagihan bengkel.. :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2554
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Etios Bekas Taxi

Post by KielConstantine »

ak4ng wrote: Mon May 11, 2020 17:02 Simulasi ah, di lelang unive**** ciputat ada limo gen2 2010 ex setoran

Ada bbrp bomb waktu diantaranya motor fan radiator 0.5jt, water pump 0.5jt, fuel pump 0.5jt, oil pump 1jt, alternator 1-3jt, 02 sensor 0.3jt, airflow sensor 0.5jt, termostat 0.2jt, hhmmm apalagi ya :big_biglaugh:


Cmiiw..... :big_peace:
Bomb waktu kalo merknya Toyota, baru sekelas petasan kang.... daya ledaknya masih kecil.....


Bomb waktu merk baling-baling / cap bintang baru sekelas C4 explosive di game counter strike...

Skali meledak..

Member BCA Prioritas... berubah...

jadi tahapan BCA.......

:wkkk: :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Etios Bekas Taxi

Post by aspsilver »

KielConstantine wrote:
ak4ng wrote: Mon May 11, 2020 17:02 Simulasi ah, di lelang unive**** ciputat ada limo gen2 2010 ex setoran

Ada bbrp bomb waktu diantaranya motor fan radiator 0.5jt, water pump 0.5jt, fuel pump 0.5jt, oil pump 1jt, alternator 1-3jt, 02 sensor 0.3jt, airflow sensor 0.5jt, termostat 0.2jt, hhmmm apalagi ya :big_biglaugh:


Cmiiw..... :big_peace:
Bomb waktu kalo merknya Toyota, baru sekelas petasan kang.... daya ledaknya masih kecil.....


Bomb waktu merk baling-baling / cap bintang baru sekelas C4 explosive di game counter strike...

Skali meledak..

Member BCA Prioritas... berubah...

jadi tahapan BCA.......

:wkkk: :wkkk:
Hahahaha hahahah.

Kasihan dari prioritas langsung jadi tahapan.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Etios Bekas Taxi

Post by aspsilver »


KielConstantine wrote:
aspsilver wrote: Wed May 13, 2020 5:26
P47hos wrote:
Jelas itu... si om kan pernah pelihara merc W204 ; sama skarang di garasi lagi pelihara BMW F10 seinget saya...

Uang restorasi etios 27juta yahh berasa jajan warteg doank. Dibanding ngerawat brand german. Beda jauh langit bumi.


aspsilver wrote: Tue May 12, 2020 6:11
Nah ini nih +1

Toyota emang kuat sih... Sakti lah orang jepang.

Pasti berasa kan om wkwkwkwk.. biasa ngerawat brand eropa. Tau2 maen iseng restorasi jejepangan. Berasa becanda liat tagihan bengkel. :mky_07:

Begitu jg sebaliknya, orang yg biasa pelihara jejepangan. Coba pelihara eropa. Muka langsung keriput liat tagihan bengkel.. :wkkk:
Gak jajan warteg lah. Hahaha
Belum sehebat itu Oom.