Etios Bekas Taxi

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Etios Bekas Taxi

Post by thirdstar7 »

entah kenapa ane kok ga seberapa suka ama bentuk interiornya yg plain bgt yah om,
mending nabung dkit dibandingkan ngambil etios taxi ini.
kayak basic bgt ini mobil
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

Etios Liva bekas taksi ini emang lagi naik daun karena emang harganya cukup menggiurkan dengan odometer yang cukup rendah untuk ukuran taksi.

Cuma ya tetep dipertimbangkan biaya restorasi&administrasinya. Mungkin kalo dirata-rata sih bisa menghabiskan dana 65 jutaan totalnya buat ini itu dll nya.

Kalo liat-liat video nya youtuber sih ya mungkin dari mereka bilang sekian-sekian itu untuk kondisi bisa pakai aja, bukan kondisi prima.

Anggep hitungan kasar unit+balik nama 40 juta.

Repair&repaint Body keseluruhan: 10 juta
Rekondisi&retrim Interior: 3 juta
Rekondisi mesin&kaki-kaki: 5 juta
Rekondisi AC: 1 juta
Velg copotan+ban oke: 5 juta

Itu aja total udah 64 juta. Belom termasuk head unit&aksesoris2 lainnya. Dengan harga segitu kalau saya pribadi prefer cari mobil lain yang emang orisinil bukan bekas taksi. Karena mau 'disulap' bagaimanapun tetep aja bekas taksi nya pasti keliatan.

Dan bekas taksi kalo mau dijual lagi belom tentu gampang&harga nya bertahan jg.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Etios Bekas Taxi

Post by P47hos »

Kasian sebenernya klo diambil sama pribadi mobil bekas taksi gini. Karena yg ngambil biasanya org2 yg pengen punya mobil cuma taunya harga murah tp ga paham mobil, + merasa ada jaminan gara2 nonton YouTube, tau2 6 bulan - 1tahun ke depan mobilnya mulai datang trouble nya. Contohnya itu channel yg istimiwir, mulai banyak kan yg komplain mobilnya bermasalah ini itu, padahal yg punya channel sendiri pernah bilang klo mau terima semua bagus ya ga bisa murah, pasti ada yg dikorbankan

Lain cerita kalau memang paham mobil, minimal ngerti klo trouble ini perbaikannya begini, kira2 biayanya segini.
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Etios Bekas Taxi

Post by thirdstar7 »

setuju om, harga segitu bs dpt datgo 2014-2015, ayla atau mobil mainstream yg lainya.
gimana2 pemakaian pribadi pasti lebih terawat, ga dijemur gt, pr tetep ada tapi gak mungkin lah ampe abis 20jt selama itu mobil jepangan
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Etios Bekas Taxi

Post by thirdstar7 »

iya bener om, kadang ya gitu lah youtuber, memanfaatkan ketidakpahaman orang banyak, dan tentu aja dgn penduduk indo yg ga semua paham otomotif pasti bakal ada aja yg beli, ntar kalo dah dipake 1 taunan keluar semua deh problemnya, yg habis biayanya kalo ditotal bs sampe 60-70jt, dngn budget segt banyak padahal pilihan mobil second pribadi yg meski ada prnya, gk bakal makan duit puluan juta lah
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

thirdstar7 wrote: Mon Mar 02, 2020 4:26 iya bener om, kadang ya gitu lah youtuber, memanfaatkan ketidakpahaman orang banyak, dan tentu aja dgn penduduk indo yg ga semua paham otomotif pasti bakal ada aja yg beli, ntar kalo dah dipake 1 taunan keluar semua deh problemnya, yg habis biayanya kalo ditotal bs sampe 60-70jt, dngn budget segt banyak padahal pilihan mobil second pribadi yg meski ada prnya, gk bakal makan duit puluan juta lah
Mungkin bukan memanfaatkan ketidakpahaman oang banyak sih Om, lebih tepatnya mereka hanya menginformasikan bagaimana cara mendapatkan mobil layak pakai dengan budget segitu.

Just how to get the car, not how to own/have the car. Ya memang bener sih bisa dapet mobil itu dengan harga segitu. Cuma untuk long term use nya saya belom pernah liat sih yg bener2 setidaknya 3 tahun pemakaian itu aman sentosa.

Kalo gak salah punya nya Mas Wahid yg Limo nya itu jg banyak hal yang diperbaiki. CMIIW
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Etios Bekas Taxi

Post by sealplayerz »

ex taksi emang cepat lambat bom waktu walo udh dirapiin, apalagi km nya banyak. kalo gak nyiapin dana cadangan bakal kesel pas perbaikannya.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Etios Bekas Taxi

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Mon Mar 02, 2020 4:49 Mungkin bukan memanfaatkan ketidakpahaman oang banyak sih Om, lebih tepatnya mereka hanya menginformasikan bagaimana cara mendapatkan mobil layak pakai dengan budget segitu.

Just how to get the car, not how to own/have the car. Ya memang bener sih bisa dapet mobil itu dengan harga segitu. Cuma untuk long term use nya saya belom pernah liat sih yg bener2 setidaknya 3 tahun pemakaian itu aman sentosa.

Kalo gak salah punya nya Mas Wahid yg Limo nya itu jg banyak hal yang diperbaiki. CMIIW
real life click-bait :mky_07:

inspiring buat belajar, tapi ya namanya untuk ex taxi ya duit segitu not worth untuk yg paham dan mau paham.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Etios Bekas Taxi

Post by maastricht889 »

Yg saya penasaran di ladang taksi bekas itu = alphard, elgrand, w204, 320d F30 nya kl ada yg beli kondisi pemakaiannya ke depan gimana ya? Plg menggiurkan 2 sedan itu sih, dan alphardnya bbrp ambil dr IU (ada spion tanduk)
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: Mon Mar 02, 2020 5:23 real life click-bait :mky_07:

inspiring buat belajar, tapi ya namanya untuk ex taxi ya duit segitu not worth untuk yg paham dan mau paham.
Untuk sekedar punya-punyaan sih boleh lah ambil unit itu, setidaknya kalaupun rewel ya tetep punya mobil. Ya kondisinya kayak mobil tua aja paling jdnya.
erwinign wrote: Mon Mar 02, 2020 6:05 Yg saya penasaran di ladang taksi bekas itu = alphard, elgrand, w204, 320d F30 nya kl ada yg beli kondisi pemakaiannya ke depan gimana ya? Plg menggiurkan 2 sedan itu sih, dan alphardnya bbrp ambil dr IU (ada spion tanduk)
Alphard biaya restorasi nya bisa ratusan juta kali apalagi kalo elektrikal nya udah kena. Kan ngga lucu kalo misal lampu depannya error/korslet terus dimodif projector ala-ala. Atau misalnya yg error sliding door nya gitu, mau benerin mahal, ngga benerin kok jd kayak naik granmax
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Etios Bekas Taxi

Post by marama »

kalau buat mbl sebatas harian coba aja om, tp dihitung2 dl sama rapih2 dan pajak harga di mas wahid aja sudah 50jt harga ini juga hanya sebatas rapih2 dan poles bodi paling mentok bemper yg di repaint (dan ini tryt etios 2013 ya walupun operasionalnya baru th 2017 CMIIW istilahnya stok lama juga). Sementara kalau memang sdh bulat niatnya untuk extaxi dgn 50jt biaya sdh rapih2 itu dikit lagi dapet nissan almera ex gamya th 2013-2015 kondisi sdh di cat dan bentuk lbh mendingan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Etios Bekas Taxi

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Mon Mar 02, 2020 4:49
thirdstar7 wrote: Mon Mar 02, 2020 4:26 iya bener om, kadang ya gitu lah youtuber, memanfaatkan ketidakpahaman orang banyak, dan tentu aja dgn penduduk indo yg ga semua paham otomotif pasti bakal ada aja yg beli, ntar kalo dah dipake 1 taunan keluar semua deh problemnya, yg habis biayanya kalo ditotal bs sampe 60-70jt, dngn budget segt banyak padahal pilihan mobil second pribadi yg meski ada prnya, gk bakal makan duit puluan juta lah
Mungkin bukan memanfaatkan ketidakpahaman oang banyak sih Om, lebih tepatnya mereka hanya menginformasikan bagaimana cara mendapatkan mobil layak pakai dengan budget segitu.

Just how to get the car, not how to own/have the car. Ya memang bener sih bisa dapet mobil itu dengan harga segitu. Cuma untuk long term use nya saya belom pernah liat sih yg bener2 setidaknya 3 tahun pemakaian itu aman sentosa.

Kalo gak salah punya nya Mas Wahid yg Limo nya itu jg banyak hal yang diperbaiki. CMIIW
semua demi konten.

Lumayan beli mobil busuk2 gitu bisa dapet konten banyak. all hail adsense.

milih unit dibikin 1 video
transaksi dan pengambilan 1 video
perbaikan 1 video
rusak-rusak dan perbaiki lagi 1 video
rincian biaya 1 video
modifikasi 1 video

itu video mobil busuk mas wahid contohnya keliatan bgt apa-apa serba dibikin konten, pinter juga :mky_07:

mereka mah beli buat konten, rusak jg duitnya banyak, yg telanjur beli buat beneran dipake siap-siap hamsiong aja... :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Astargea »

ChZ wrote: Mon Mar 02, 2020 8:32
evanbngdor wrote: Mon Mar 02, 2020 4:49
thirdstar7 wrote: Mon Mar 02, 2020 4:26 iya bener om, kadang ya gitu lah youtuber, memanfaatkan ketidakpahaman orang banyak, dan tentu aja dgn penduduk indo yg ga semua paham otomotif pasti bakal ada aja yg beli, ntar kalo dah dipake 1 taunan keluar semua deh problemnya, yg habis biayanya kalo ditotal bs sampe 60-70jt, dngn budget segt banyak padahal pilihan mobil second pribadi yg meski ada prnya, gk bakal makan duit puluan juta lah
Mungkin bukan memanfaatkan ketidakpahaman oang banyak sih Om, lebih tepatnya mereka hanya menginformasikan bagaimana cara mendapatkan mobil layak pakai dengan budget segitu.

Just how to get the car, not how to own/have the car. Ya memang bener sih bisa dapet mobil itu dengan harga segitu. Cuma untuk long term use nya saya belom pernah liat sih yg bener2 setidaknya 3 tahun pemakaian itu aman sentosa.

Kalo gak salah punya nya Mas Wahid yg Limo nya itu jg banyak hal yang diperbaiki. CMIIW
semua demi konten.

Lumayan beli mobil busuk2 gitu bisa dapet konten banyak. all hail adsense.

milih unit dibikin 1 video
transaksi dan pengambilan 1 video
perbaikan 1 video
rusak-rusak dan perbaiki lagi 1 video
rincian biaya 1 video
modifikasi 1 video

itu video mobil busuk mas wahid contohnya keliatan bgt apa-apa serba dibikin konten, pinter juga :mky_07:

mereka mah beli buat konten, rusak jg duitnya banyak, yg telanjur beli buat beneran dipake siap-siap hamsiong aja... :mky_07:
yang saya heran, kok banyak yg nonton sampe masuk trending terus? itu aja sih. mereka mah bikin konten kalo ada demandnya, wajar-wajar aja. kok banyak gitu loh yang nonton saya gapaham, mobil bagus juga kagak. murah? ya sesuai sama barangnya lah
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: Etios Bekas Taxi

Post by kandlcorp »

Astargea wrote: Mon Mar 02, 2020 8:51
ChZ wrote: Mon Mar 02, 2020 8:32
evanbngdor wrote: Mon Mar 02, 2020 4:49 Mungkin bukan memanfaatkan ketidakpahaman oang banyak sih Om, lebih tepatnya mereka hanya menginformasikan bagaimana cara mendapatkan mobil layak pakai dengan budget segitu.

Just how to get the car, not how to own/have the car. Ya memang bener sih bisa dapet mobil itu dengan harga segitu. Cuma untuk long term use nya saya belom pernah liat sih yg bener2 setidaknya 3 tahun pemakaian itu aman sentosa.

Kalo gak salah punya nya Mas Wahid yg Limo nya itu jg banyak hal yang diperbaiki. CMIIW
semua demi konten.

Lumayan beli mobil busuk2 gitu bisa dapet konten banyak. all hail adsense.

milih unit dibikin 1 video
transaksi dan pengambilan 1 video
perbaikan 1 video
rusak-rusak dan perbaiki lagi 1 video
rincian biaya 1 video
modifikasi 1 video

itu video mobil busuk mas wahid contohnya keliatan bgt apa-apa serba dibikin konten, pinter juga :mky_07:

mereka mah beli buat konten, rusak jg duitnya banyak, yg telanjur beli buat beneran dipake siap-siap hamsiong aja... :mky_07:
yang saya heran, kok banyak yg nonton sampe masuk trending terus? itu aja sih. mereka mah bikin konten kalo ada demandnya, wajar-wajar aja. kok banyak gitu loh yang nonton saya gapaham, mobil bagus juga kagak. murah? ya sesuai sama barangnya lah

thirdstar7 wrote: Mon Mar 02, 2020 4:26 iya bener om, kadang ya gitu lah youtuber, memanfaatkan ketidakpahaman orang banyak, dan tentu aja dgn penduduk indo yg ga semua paham otomotif pasti bakal ada aja yg beli, ntar kalo dah dipake 1 taunan keluar semua deh problemnya, yg habis biayanya kalo ditotal bs sampe 60-70jt, dngn budget segt banyak padahal pilihan mobil second pribadi yg meski ada prnya, gk bakal makan duit puluan juta lah
yg salah bukan creatornya om.
tapi yg nonton dan misscatch informasi.
apalagi bbrp waktu ke belakang trending youtube diisi content yg ga jelas kan
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by quyquy »

Out of topic sebentar ya gaess..

Ini saya berbicara perihal mobil taksi. Tepatnya sharing pengalaman pakai mobil eks taksi 5 tahun.

Saya beli Limo 2008 (rem ABS version) di tahun 2013. Lalu dijual di tahun 2018.

Saya waktu itu pilih2 mobil.. Keliling satu demi satu pool burung biru sesurabaya. Akhirnya dapat satu yg bagus pny. Waktu itu (thn 2013) dapat di angka 89jt termasuk repaint dan penggantian dari plat kuning ke hitam.

Tahun pertama pakai ngeluarin duit buat: velg dan ban, headunit, power window, penggantian oli2.

Tahun kedua pakai ngeluarin duit buat: rekondisi kaki2 (penggantian tierod, longtierod, bushing2 dsbnya, accu.

Tahun ketiga pakai ngeluarin duit buat: ganti elektrik fan dan kompressor ac.

Tahun keempat pakai buat enjoy driving. Bener2 enak mobilnya. Apalagi basicnya adalah sedan. Feel berkendara basiknya memang jauuh lebih baik dibandingkan MPV atau city car atau LCGC dan teman2nya).

Tahun kelima dijual karena mau gnt mobil bukan karena mobilnya rusak parah.

Duit buat jajan ditotal2 20-25 juta.

Plus harga mobil jd skitrlar 100jt.

Pertanyaannya: duit segitu kok nggak ngambil mobil seken eks pribadi aja?

Jawabannya:
Pertama, duit segitu 100jt, ambil mobil seken pribadi itu belum sama ongkos rekondisi. Jd kalau ditambah ongkos rekondisi jatuhnya dikisaran 120an jt. Bandingkan dng pny saya 100jt uda dapat mbl almost full rekondisi shg bisa no worries dipakai jangka waktu lama dibandingkan mbl seken eks pribadi tp belum rekondisi.

Kedua, ya kalo gitu cari aja mobil 80an juta. Bener, pasti dapat mobil 80an jt seken eks pribadi. Tp kalo thn muda pasti dapatnya kelas2 city car 1000cc atau LMPV which is secara feel pengendaraannya msh jauh lebih enak Limo yg notabene pure sedan. Kalo thn tua bisa dapat sedan tapiii namanya tahun tua sparepart bodi uda mulai jarang didapat.

Nah dari semua hal diatas sebenernya ada satu kunci yg sangat berperan kenapa milih eks taksi yg ini krn mereknya: Toyota.

Mohon maaf buat yg gak suka branded toyota.
Tp memang fakta di lapangan, mobil2nya robust nggak rewelan dan oleh mekanik jalanan mudah perbaikinnya (gak perlu spesial2 tools).

Betul mobil2 toyota, apalagi buat taksi, minim fitur. Tp robustnya itu lho. Dan hal itu point penting bagi mereka2 yg butuh mobil utk kebutuhan dasar (yaitu bisa membawa keluarga mereka dari point ke point tnp kehujanan atau kepanasan) dng dana terbatas.

Jadi komparasinya adalah pilih mana mobil eks taksi tapi full rekondisi dng mobil eks pribadi tp belum full rekondisi dalam bujet yg sama.
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by quyquy »

Back to topic,

Menurut ane worth kok ambil etios liva eks taksi ini.

Full rekondisi perkiraan bujetnya 70jt udah dapat mobil tahun muda, sparepart msh mudah, dan nama besar toyota atas kebandelan produknya. Dsn ingat bujet segitu full rekondisi shg no wories dipakai jangka 3-5 thn kedepan.

Bandingkan ketika bujet 70jt utk dapetin mbl eks pribadi. Mo dapet mobil apa? Thn muda paling dptny LCGC (kelas 1200cc) sedangkan etios sedan ini 1500cc. Atau dapatnya xenia gen 2 yg notabene bukan sedan.
Dan ingat itu belum rekondisi. Jd kalau hny pny bujet 70jt mesti turun ke angka 50-60 jt utk modal awal kendaraannya. Harga 50-60 jt dapat mbl apa? Pasti umurnya sudah uzur2. Bener part kaki2 dan mesin msh ada tp part bodi pasti uda mulai jarang.
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Auanz »

ke mas wahid aja gan dia lagi buka PO bekas taxi vios gitu. cmn 40-50jtan uda dapet siap pakai dan di salon dan di abcd sama dia.

tp jujur ane liatnya juga kurang sreg... karena ada yang liat bumpernya aja beda warna sama body...
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

quyquy wrote: Mon Mar 02, 2020 9:09 Back to topic,

Menurut ane worth kok ambil etios liva eks taksi ini.

Full rekondisi perkiraan bujetnya 70jt udah dapat mobil tahun muda, sparepart msh mudah, dan nama besar toyota atas kebandelan produknya. Dsn ingat bujet segitu full rekondisi shg no wories dipakai jangka 3-5 thn kedepan.

Bandingkan ketika bujet 70jt utk dapetin mbl eks pribadi. Mo dapet mobil apa? Thn muda paling dptny LCGC (kelas 1200cc) sedangkan etios sedan ini 1500cc. Atau dapatnya xenia gen 2 yg notabene bukan sedan.
Dan ingat itu belum rekondisi. Jd kalau hny pny bujet 70jt mesti turun ke angka 50-60 jt utk modal awal kendaraannya. Harga 50-60 jt dapat mbl apa? Pasti umurnya sudah uzur2. Bener part kaki2 dan mesin msh ada tp part bodi pasti uda mulai jarang.
Kalau bicara limo, iya saya lebih sreg, dan apalagi si Om pernah ambil unit ex. burung biru yang notabene meskipun capek tp mereka selalu servis rutin dan pake part ori toyota. Saya jg punya temen yang pake limo ex. burung biru buat armada anter jemput anaknya, pernah saya numpang ya memang secara kenyamanan mirip vios dengan peredam yang kurang aja sih. Satu-satunya yang ngerasa kurang oke buat saya itu cuma bunyi kaki-kaki aja.

Sedangkan si etios ini bisa dibilang ya mobil terlantar yang 'disulap' akhirnya bisa bermanfaat buat orang yang pengen cari mobil dengan budget minim.

Saya sih belom pernah ngeliat limo ex. burung biru yang dijual kondisinya kayak di video2 yutuber itu ya, yg headlamp pecah, bumper somplak, ban kempes, dll.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Etios Bekas Taxi

Post by DOHC »

ChZ wrote: Mon Mar 02, 2020 8:32
evanbngdor wrote: Mon Mar 02, 2020 4:49
thirdstar7 wrote: Mon Mar 02, 2020 4:26 iya bener om, kadang ya gitu lah youtuber, memanfaatkan ketidakpahaman orang banyak, dan tentu aja dgn penduduk indo yg ga semua paham otomotif pasti bakal ada aja yg beli, ntar kalo dah dipake 1 taunan keluar semua deh problemnya, yg habis biayanya kalo ditotal bs sampe 60-70jt, dngn budget segt banyak padahal pilihan mobil second pribadi yg meski ada prnya, gk bakal makan duit puluan juta lah
Mungkin bukan memanfaatkan ketidakpahaman oang banyak sih Om, lebih tepatnya mereka hanya menginformasikan bagaimana cara mendapatkan mobil layak pakai dengan budget segitu.

Just how to get the car, not how to own/have the car. Ya memang bener sih bisa dapet mobil itu dengan harga segitu. Cuma untuk long term use nya saya belom pernah liat sih yg bener2 setidaknya 3 tahun pemakaian itu aman sentosa.

Kalo gak salah punya nya Mas Wahid yg Limo nya itu jg banyak hal yang diperbaiki. CMIIW
semua demi konten.

Lumayan beli mobil busuk2 gitu bisa dapet konten banyak. all hail adsense.

milih unit dibikin 1 video
transaksi dan pengambilan 1 video
perbaikan 1 video
rusak-rusak dan perbaiki lagi 1 video
rincian biaya 1 video
modifikasi 1 video

itu video mobil busuk mas wahid contohnya keliatan bgt apa-apa serba dibikin konten, pinter juga :mky_07:

mereka mah beli buat konten, rusak jg duitnya banyak, yg telanjur beli buat beneran dipake siap-siap hamsiong aja... :mky_07:
+1

Stuju mods, apalagi yg konten2 ngambil mobil ekstaksi di pool tsb..no offence, ane sehh dr dulu paling ogah liat yutuber2 tsb, bukannya apa, tp mreka tuh yah bukan bener2 petrolhead, aji mumpung doank, yg satu jualan makelar mobkas nya jd moncer, yg satu lg jualan bisnis nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Etios Bekas Taxi

Post by thirdstar7 »

setuju bgt om,
mrk memanfaatkan ketidak tahuan org lain untuk hal yg bisa merugikan kedepannya,
that is why ane ga perna nntn si wahid lg, meski orgnya keliatanya kejawaan bgt, logat jowone kentel dsb2, kl yutuber otomotif ane lebi seneng nntn fitra eri, ommobi, carmudi masih cenderung netral, dan kontennya jg keliatan bgt mereka tujuannya membantu nambah ilmu org lain, gak sekedar cari duit doank(tp org lain dirugikan), autonet jg ane gak perna nntn lg semenjak dia review brq yg katanya bgs bla bla bla, padahal brq itu ga berizin di pemerintahan.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Etios Bekas Taxi

Post by maastricht889 »

thirdstar7 wrote: Mon Mar 02, 2020 11:10 setuju bgt om,
mrk memanfaatkan ketidak tahuan org lain untuk hal yg bisa merugikan kedepannya,
that is why ane ga perna nntn si wahid lg, meski orgnya keliatanya kejawaan bgt, logat jowone kentel dsb2, kl yutuber otomotif ane lebi seneng nntn fitra eri, ommobi, carmudi masih cenderung netral, dan kontennya jg keliatan bgt mereka tujuannya membantu nambah ilmu org lain, gak sekedar cari duit doank(tp org lain dirugikan), autonet jg ane gak perna nntn lg semenjak dia review brq yg katanya bgs bla bla bla, padahal brq itu ga berizin di pemerintahan.
Hahahaha sama om, yg A sama mas e sy liat jg gitu om. Msh jauh lebih proper 3 youtuber yg om sebut itu, krn basic mereka pun bener2 di otomotif (pembalap, temennya mekanik pro), dan memang om pembalap sy pernah ketemu sndr memang orangnya bener2 welcome (maksudnya di video sama ketemu real ya memang as it is, ini saya salute). Selain 3 itu saya wegah endorse+promosi nya yg banyak banget dan nggak relevan. Satu lg reviewer yg saya salut si ko audi ANM, itu bener2 pengetahuannya good dan underdog (jrg muncul di video syg banget, muncul cuma kl review mobil high end)
Ingkak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Wed Mar 08, 2017 13:46
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Ingkak »

Ga semua masy itu org kaya dan berpendidikan/tau mobil, lbh banyak masy yg bujet nya nmax pengen ga keujanan dan itu banyak bener. Sebenernya apa yg disampaikan oleh mas wahid itu ya gimana cara mendapatkan mobil murah tp tidak murahan, karena klo kita emg ambil dri dia unit sudah layak jalan. Layak jalan disini ban sudah d ganti, sudah di poles, kaca film, audio,oli dan semua fluida dinganti. Saya rasa wajar klo dia ambil untung 3-5jt itu ga kemahalan, karena sisanya tertutupi oleh konten yg di buat nya. Ga semua org mampu beli mobil diatas 75jt, masi banyak masy yg modal 50jt punya harapan mobil bisa dbawa mudik. Dan inilah indonesia ketika kebutuhan di bawah keinginan.
Ingkak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Wed Mar 08, 2017 13:46
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Etios Bekas Taxi

Post by Ingkak »

Dan disini saya lbh fokus sama manajemen Dek*a res*t yg masih tradisional dab blm transparan, karena status pesenan konsumen itu tdk terbuka sudah sampai dmna prosesnya dan dpt urutan nomer berapa. Disini terkesan mendahulukan unit untuk para selebgram/yutuber, tidak sedikit konsumen sudah transfer dan tidak dilayanin secara profesional. Dari kuota 1000mbl yg d pegang mereka, untuk pengeluaran 200 unit saja mereka sudah kewalahan. Disini proses yg tertutup dan terkesan mencuekin konsumen yg sudah transfer DP (walopun sudah menghubungi nomer admin yg d rekomendasikan) membuat peluang penipuan semakin besar, karena banyak yg tertipu. Sebaiknya manajemen de*a harus benahin lagi sistem pemesanan mereka, harus terbuka untuk pesenan prosesnya udh sampai dmna dan estimasi unit d terima kapan. Banyak yg sudah transfer nyamperin k pool pun tidak dilayani, jd buat teman2 walopun dana cash ada tidak menjamin langsung dpt unit. Pikirkan baik2 apabila memang bener2 akan membeli unit ini, apalagi 33jt itu duit nya tidak sedikit dan ada yg nabung belasan tahun
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Etios Bekas Taxi

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Mon Mar 02, 2020 7:25
Untuk sekedar punya-punyaan sih boleh lah ambil unit itu, setidaknya kalaupun rewel ya tetep punya mobil. Ya kondisinya kayak mobil tua aja paling jdnya.
ya maksud saya gitu. real life click-bait. yg kena bait, tapi pas2an ya terima nasib sebagai mobil tua. itu kalau mau paham dan atau paham. khawatirnya seperti biasanya netijen berapa banyak yg gitu :big_think:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Etios Bekas Taxi

Post by evanbngdor »

thirdstar7 wrote: Mon Mar 02, 2020 11:10 setuju bgt om,
mrk memanfaatkan ketidak tahuan org lain untuk hal yg bisa merugikan kedepannya,
that is why ane ga perna nntn si wahid lg, meski orgnya keliatanya kejawaan bgt, logat jowone kentel dsb2, kl yutuber otomotif ane lebi seneng nntn fitra eri, ommobi, carmudi masih cenderung netral, dan kontennya jg keliatan bgt mereka tujuannya membantu nambah ilmu org lain, gak sekedar cari duit doank(tp org lain dirugikan), autonet jg ane gak perna nntn lg semenjak dia review brq yg katanya bgs bla bla bla, padahal brq itu ga berizin di pemerintahan.
Ya itu lah, percuma pake smart phone tp bukan smart user
:mky_03:

Sebagai pihak yang menerima informasi kita harus pinter-pinter mencerna informasi tsb. Jangan ditelan mentah-mentah. Contoh sepelenya aja berita yang disebarin via medsos, kebanyakan main langsung nyebarin tanpa dilihat dulu itu berita bener atau hoax. Mungkin maksudnya baik menyebarkan informasi, tp ya caranya salah.

Soal barang endorse ya trik marketing pasti gitu sih memang, rumusnya cuma 'Tell the truth', ya yg disampaikan hanya yg positif2nya, negatifnya ngga pernah disampaikan. Cuma banyak juga yang keliru kadang not truth tapi dibikin seolah-olah truth
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T