Review BMW 520d F10 2014 LCI

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

Hello all,

kali ini gue mau review salah satu mobil yang cukup irit dan nyaman yaitu BMW 520d F10 tahun 2014 yang sekarang sudah 95rb km.

Jadi mobil gue ini merupakan BMW seri 5 diesel yang sudah facelift, namun masih pake mesin lama N47T, yang mana beda dengan tahun 2015 keatas yang sudah pake mesin seri Bxx.

Mobil ini dulu di beli brand new iims 2014, ex turnamen golf, km masih 500 aja tapi diskonnya 9 digit, jadi oke bungkus. kenapa beli bmw sedan diesel kaya beli panther aja?

jadi alasan beli bmw diesel karena sudah pernah coba punya teman, dan ternyata enak, dan ini ane kembali lg ke bmw dari kurang lebih 8 tahun pake merek jerman sebelah.

Desain
IMG_9214.jpg
menurut gue, secara exterior mobil ini keliatan besar, namun semuanya proposional secara dimensi dan bentuk, ga ada yang aneh2 atau nyeleneh dari desain bmw ini. terkadang dari jauh mobil ini keliatan kaya bmw seri 7 F01 secara panjang mbl ini hampir 5 meter panjangnya.
IMG_1281.jpg
desain samping pun masih ada benang merah dengan leluhurnya BMW Seri 5 E34.
IMG_2155.jpg
Interior & ICE
Interior mobil ini juga masih menarik, namun speedo masih analog belum digital. mobil ini dilengkapi dengan idrive system menggunakan layar 10.25 inch yang cukup besar pada masanya. idrive system di bmw ini menurut gue mudah digunakan. ada map, cek fault, phone, contact book, manual book, dvd, audio bluetooh dan phone, semua system kenyamanan juga setting dari system ini seperti apakah transmisi maticnya coasting atau ada engine brake nya, speed warning, eco pro dll.

audio mobil ini, bagus namun so-so, tidak pake embel2 harman kardon, bose atau bang olufsen. pgn upgrade tp kok ga penting2 amat ya.

Jok depan mobil ini merupakan jok elektrik dengan kulit asli ukuran jok nya lebar, besar dan tebal yang membuat interior mobil ini agak terlihat lebih sempit dibanding kompetitotnya. sayangnya memori seat hanya ada pada jok pengemudi. AC sudah dual zone, dual zone yang advance dimana bukan cuma suhu yang bisa diatur individual, namun juga blower speed, dan arah ac juga bisa diatur individual.
IMG_5472.JPG
IMG_5473.JPG
Mobil ini juga dilengkapi sunroof berkuran besar. cruise control sudah ada tp sayang belum adaptive, sensor parkir masih sonar di depan dan belakang belum ada parking camera, auto lamp dan auto wiper sudah ada juga. untuk privasi, sayangnya hanya ada krey belakang, krey pintu belakang kiri dan kanan tidak ada.

duduk di kursi belakang ini, cukup yasudah, tidak terlalu rebah senderannya, masih empuk, tapi tidak senyaman mercy.

kekurangan di interior mobil ini adalah, karet2 handle doortrim mulai getas, katanya bukan karena panas, tp kulit kita mengandug garam yg lama2 bikin rusak. tp mungkin bener sih karena handle pintu belakang belum getas sama sekali.l kebetulan mobil ini hanya sering dipake berdua aja.

kaca film bening gt ga panas? ga kok soalnya ane pas beli minta bonusin V-Kool haha.

Handling
ini bmw, handling lebih precise dibanding duo jerman kompetitor lainnya apa lagi kalo abis nyetir w212. Setir di bmw ini terasa weighted, tidak seperti mercy yang sangat ringan dan nyaman, tapi kalau untuk manuver, bmw ini jauh lebih enak dan pd.

meski handling enak, bmw ini bantingannya cenderung empuk, tidak keras seperi BMW E60. ban rft nya udah ga gue pake. Dengan ukuran 245/45 R18, mobil ini kalo kena lobang ttp aja kerasa, namun masih cenderung nyaman. dengan handling yg cukup enak, mbl ini malah jd ga enak kalo dikasi ban jelek, mobil ini kaki2 nya sunyi juga tidak berisik.

Mesin dan performance
Bmw diesel ini punya mesin 2000cc turbo diesel, cuma ngeluarin 184hp dan 375nm dengan 8 speed auto gearbox, secara hp kurang buat bawa mobil sebesar ini, cuma secara torsi cukup. in real life, tenaganya cukup oke, ga keteteran, 0-100 masih di sekitar 7-8 detik.

mesin diesel ini memang lebih bergetar dibanding mbl bensin, itu cuma kerasa kalo lg berhenti aja tp, kalo mbl sudah jalan sih ga ada getaran lagi.

karena diesel mobil ini bisa dibilang irit banget. bisa dapet 26KM/Liter pertadex. mobil ini hanya disarankan minum pertadex. untuk daily, setelah reset akhir tahun kemarin, angka di mid menunjukan konsumsi bahan bakar yaitu 7.6L/100km atau setara 13.1KM/L dengan average speed 24km/jam, daily cibubur + dalkot jkt.
IMG_7645.jpg
mobil ini 0-200 masih cepat dicapai, diatas itu sudah mulai lama, top speed pernah sampai 242km/jam. Mobil ini dilengkapi dengan mode comfort, sport dan ecopro. mode ini tdk cuma bikin transmisi nahan aja, cuma berat setir, ratio perpindahan gigi, throttle gas sampai ac pun berubah settinganya. sehari2 memang enaknya pakai comfort aja.

Maintenance
untuk 5 tahun pertama, jasa dan parts maintenance free dr beres, tinggal isi dex, ngacir.
setelah 1 minggu serah terima mobil ane isi solar kerang pas belum ada himbauan only dex, mobil masuk limp mode, lalu di update ecu dan aman pake kerang lg tp yasudah sekarang dex sudah dimana2 santai.
setelah 3 tahun warranty abis, aktuatur electring hand brake rusak, suruh ganti 17 jt, ane marah2 dikit akhirnya goodwill dr mereka ane bayar 2 jt. sampai sekarang semua all good.

setelah masa isp abis, ane ke bengkel spesialis aja, beda biaya cukup jauh. dr 92rb km, hanya hal diatas yang diganti, selain itu cuma ganti, oli filter filter bensin dan filter ac. kampas rem baru ganti di km 70rban.

ganti oli dan filter mbl ini ga sampe 2 jt, kampas rem sekitar 1.5jt, filter solar memang agak mahal tp tidak sampe sejuta. pajak plat F masih di sekitar 12 jt setahun non progresif. rencana 15 rb km lg mau ganti engine mounting kurang lebih 3.5 juta sama jasa untuk sepasang.

konklusinya, mobil ini mobil yang sangat enak, irit, nyaman, cukup enak dilihat. dgn harga yg sudah ada diangka 200an juta untuk tahun awal sudah cukup menarik mobil ini untuk di beli.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by farizfsa on Fri Feb 07, 2020 4:01, edited 1 time in total.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by Iriawans »

farizfsa wrote: Fri Feb 07, 2020 3:32 Hello all,

kali ini gue mau review salah satu mobil yang cukup irit dan nyaman yaitu BMW 520d F10 tahun 2014 yang sekarang sudah 95rb km.

Jadi mobil gue ini merupakan BMW seri 5 diesel yang sudah facelift, namun masih pake mesin lama N47T, yang mana beda dengan tahun 2015 keatas yang sudah pake mesin seri Bxx.

Mobil ini dulu di beli brand new iims 2014, ex turnamen golf, km masih 500 aja tapi diskonnya 9 digit, jadi oke bungkus. kenapa beli bmw sedan diesel kaya beli panther aja?

jadi alasan beli bmw diesel karena sudah pernah coba punya teman, dan ternyata enak, dan ini ane kembali lg ke bmw dari kurang lebih 8 tahun pake merek jerman sebelah.

Desain
IMG_9214.jpg

menurut gue, secara exterior mobil ini keliatan besar, namun semuanya proposional secara dimensi dan bentuk, ga ada yang aneh2 atau nyeleneh dari desain bmw ini. terkadang dari jauh mobil ini keliatan kaya bmw seri 7 F01 secara panjang mbl ini hampir 5 meter panjangnya.

IMG_1281.jpg

desain samping pun masih ada benang merah dengan leluhurnya BMW Seri 5 E34.

Interior & ICE
Interior mobil ini juga masih menarik, namun speedo masih analog belum digital. mobil ini dilengkapi dengan idrive system menggunakan layar 10.25 inch yang cukup besar pada masanya. idrive system di bmw ini menurut gue mudah digunakan. ada map, cek fault, phone, contact book, manual book, dvd, audio bluetooh dan phone, semua system kenyamanan juga setting dari system ini seperti apakah transmisi maticnya coasting atau ada engine brake nya, speed warning, eco pro dll.

audio mobil ini, bagus namun so-so, tidak pake embel2 harman kardon, bose atau bang olufsen. pgn upgrade tp kok ga penting2 amat ya.

Jok depan mobil ini merupakan jok elektrik dengan kulit asli ukuran jok nya lebar, besar dan tebal yang membuat interior mobil ini agak terlihat lebih sempit dibanding kompetitotnya. sayangnya memori seat hanya ada pada jok pengemudi. AC sudah dual zone, dual zone yang advance dimana bukan cuma suhu yang bisa diatur individual, namun juga blower speed, dan arah ac juga bisa diatur individual.

IMG_5472.JPG

IMG_5473.JPG

Mobil ini juga dilengkapi sunroof berkuran besar. cruise control sudah ada tp sayang belum adaptive, sensor parkir masih sonar di depan dan belakang belum ada parking camera, auto lamp dan auto wiper sudah ada juga. untuk privasi, sayangnya hanya ada krey belakang, krey pintu belakang kiri dan kanan tidak ada.

duduk di kursi belakang ini, cukup yasudah, tidak terlalu rebah senderannya, masih empuk, tapi tidak senyaman mercy.

kekurangan di interior mobil ini adalah, karet2 handle doortrim mulai getas, katanya bukan karena panas, tp kulit kita mengandug garam yg lama2 bikin rusak. tp mungkin bener sih karena handle pintu belakang belum getas sama sekali.l kebetulan mobil ini hanya sering dipake berdua aja.

kaca film bening gt ga panas? ga kok soalnya ane pas beli minta bonusin V-Kool haha.

Handling
ini bmw, handling lebih precise dibanding duo jerman kompetitor lainnya apa lagi kalo abis nyetir w212. Setir di bmw ini terasa weighted, tidak seperti mercy yang sangat ringan dan nyaman, tapi kalau untuk manuver, bmw ini jauh lebih enak dan pd.

meski handling enak, bmw ini bantingannya cenderung empuk, tidak keras seperi BMW E60. ban rft nya udah ga gue pake. Dengan ukuran 245/45 R18, mobil ini kalo kena lobang ttp aja kerasa, namun masih cenderung nyaman. dengan handling yg cukup enak, mbl ini malah jd ga enak kalo dikasi ban jelek, mobil ini kaki2 nya sunyi juga tidak berisik.

Mesin dan performance
Bmw diesel ini punya mesin 2000cc turbo diesel, cuma ngeluarin 184hp dan 375nm dengan 8 speed auto gearbox, secara hp kurang buat bawa mobil sebesar ini, cuma secara torsi cukup. in real life, tenaganya cukup oke, ga keteteran, 0-100 masih di sekitar 7-8 detik.

mesin diesel ini memang lebih bergetar dibanding mbl bensin, itu cuma kerasa kalo lg berhenti aja tp, kalo mbl sudah jalan sih ga ada getaran lagi.

karena diesel mobil ini bisa dibilang irit banget. bisa dapet 26KM/Liter pertadex. mobil ini hanya disarankan minum pertadex. untuk daily, setelah reset akhir tahun kemarin, angka di mid menunjukan konsumsi bahan bakar yaitu 7.6L/100km atau setara 13.1KM/L dengan average speed 24km/jam, daily cibubur + dalkot jkt.

IMG_7645.jpg

mobil ini 0-200 masih cepat dicapai, diatas itu sudah mulai lama, top speed pernah sampai 242km/jam. Mobil ini dilengkapi dengan mode comfort, sport dan ecopro. mode ini tdk cuma bikin transmisi nahan aja, cuma berat setir, ratio perpindahan gigi, throttle gas sampai ac pun berubah settinganya. sehari2 memang enaknya pakai comfort aja.

Maintenance
untuk 5 tahun pertama, jasa dan parts maintenance free dr beres, tinggal isi dex, ngacir.
setelah 1 minggu serah terima mobil ane isi solar kerang pas belum ada himbauan only dex, mobil masuk limp mode, lalu di update ecu dan aman pake kerang lg tp yasudah sekarang dex sudah dimana2 santai.
setelah 3 tahun warranty abis, aktuatur electring hand brake rusak, suruh ganti 17 jt, ane marah2 dikit akhirnya goodwill dr mereka ane bayar 2 jt. sampai sekarang semua all good.

setelah masa isp abis, ane ke bengkel spesialis aja, beda biaya cukup jauh. dr 92rb km, hanya hal diatas yang diganti, selain itu cuma ganti, oli filter filter bensin dan filter ac. kampas rem baru ganti di km 70rban.

ganti oli dan filter mbl ini ga sampe 2 jt, kampas rem sekitar 1.5jt, filter solar memang agak mahal tp tidak sampe sejuta. pajak plat F masih di sekitar 12 jt setahun non progresif. rencana 15 rb km lg mau ganti engine mounting kurang lebih 3.5 juta sama jasa untuk sepasang.

konklusinya, mobil ini mobil yang sangat enak, irit, nyaman, cukup enak dilihat. dgn harga yg sudah ada diangka 200an juta untuk tahun awal sudah cukup menarik mobil ini untuk di beli.
thanks sharingnya Om, sangat menarik untuk dimiliki apalagi kalo harganya udah di kisaran 200jtan. :mky_04:

Jadi inget bos di Ktr yg selalu pake BMW dan terakhir dia pake yg sama dgn Om. Saya tanya sama sopirnya, dia bilang enak banget tarikannya dan irit. :big_exellent:
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by jakanjc »

Mantap reviewnya om, di kantor ane biasanya direksi yang baru padahal ambil COPnya kalau ga bmw seri 5 ini yaa atau lexus r200t. Pernah sekali dampingin bos naik mobil bmw persis kaya om ini cuma taunnya lebih muda, wah enak banget duduk di belakang.. terus pas liat odo termasuk tinggi waktu itu hampir 40 k, krn rutenya lumayan bogor-scbd, kata doi bbmnya bisa dapet 1:21..
'You can go fast, But I can go anywhere'
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by adriangaut »

Woooow mantaab mobil daily drivernya di review akhirnyaaa

Selalu senang liat bmw ini di jalan, apalagi model facelift-nya yang masih keliatan segar banget

Kalo dulu kan bmw penyakitnya cooling system nii oom, yang sekarang gimana? Maticnya gimana? Dulu juga problemnya mecha kan, biasa km 70,000an dah pada ganti girboks wkwkkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by ChZ »

waktu kapan lalu ketemu 520d di tol asapnya ada warna hitam waktu akselerasi tapi ya tetep kenceng...

pk civic remap an bawahnya kalah sampe RPM tengah baru imbang... :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

adriangaut wrote: Fri Feb 07, 2020 4:17 Woooow mantaab mobil daily drivernya di review akhirnyaaa

Selalu senang liat bmw ini di jalan, apalagi model facelift-nya yang masih keliatan segar banget

Kalo dulu kan bmw penyakitnya cooling system nii oom, yang sekarang gimana? Maticnya gimana? Dulu juga problemnya mecha kan, biasa km 70,000an dah pada ganti girboks wkwkkwk
selama pake 5 tahunan, 92rb km sih ga ada masalah cooling system. matic masih super smooth, perpindahan masih cepet, tdk secepat dsg tp jauh lebih cepat dr gearbox mercedes pastinya.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

ChZ wrote: Fri Feb 07, 2020 4:25 waktu kapan lalu ketemu 520d di tol asapnya ada warna hitam waktu akselerasi tapi ya tetep kenceng...

pk civic remap an bawahnya kalah sampe RPM tengah baru imbang... :mky_01:
kepikiran untuk remap sih nih gue juga, dr 184 hp bisa jadi 240hp, 375nm jadi 470an nm.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by kingpower »

Review yang singkat padat.
F10 dengan design yang menurut saya enak diliat dari segala sisi. Sangat menggiurkan meminang versi dieselnya memang.

Om bengkel spesialis yang dimaksud apa om? Mungkin boleh dishare bengkelnya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by Pboyz97 »

Nice review om
F10 termasuk salah 1 BMW yg good looking, apalagi rasa fun to drivenya dan irit BBM buat yg varian diesel
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

kingpower wrote: Fri Feb 07, 2020 8:15 Review yang singkat padat.
F10 dengan design yang menurut saya enak diliat dari segala sisi. Sangat menggiurkan meminang versi dieselnya memang.

Om bengkel spesialis yang dimaksud apa om? Mungkin boleh dishare bengkelnya
Bisa ke anugrah atau karunia jaya abadi kl ane ya.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by stealthy »

boleh tau om dulu setelah diskon 9 digit itu jadi berapakah?
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by KielConstantine »

Bbrapa hari lalu, temen ane pedege mobkas nawarin F10 535i pre-facelift . Tahun 2010, warna putihh... Keren sihh. 6 cylinders lagi N55 engine.

Pas nanya harga. Dijawab "500jt nego" unit langka bro.

Me be like.... wtf :drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by stealthy »

KielConstantine wrote: Tue Mar 17, 2020 2:32 Bbrapa hari lalu, temen ane pedege mobkas nawarin F10 535i pre-facelift . Tahun 2010, warna putihh... Keren sihh. 6 cylinders lagi N55 engine.

Pas nanya harga. Dijawab "500jt nego" unit langka bro.

Me be like.... wtf :drinking:
Iyah, kayanya untuk varian x35i in (235, 135, 335, etc) harga bekas nya emang nahan banget karena ada embel2 "rare"

mirip sama 330i e46 lah
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Tue Mar 17, 2020 2:32 Bbrapa hari lalu, temen ane pedege mobkas nawarin F10 535i pre-facelift . Tahun 2010, warna putihh... Keren sihh. 6 cylinders lagi N55 engine.

Pas nanya harga. Dijawab "500jt nego" unit langka bro.

Me be like.... wtf :drinking:
haha iya emg unit langka sih, tp emang mahal juga

temen ada yg lg jual f30 335i buka 470jt
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

stealthy wrote: Mon Feb 10, 2020 3:29 boleh tau om dulu setelah diskon 9 digit itu jadi berapakah?
12x om, plus minta vkool clear all around
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by maastricht889 »

Kl liat harga partnya kok ngga beda sama crv tua saya ya om, kaya engine mounting selisih gopekceng doang hahahaha. Cuma kl bengkel non resmi yg masih approachable br di jabodetabek ya. Pernah naik juga 520d persis kaya punya om duduk belakang, enak juga sih terutama joknya yg mirip teana J31 konturnya. Dieselnya keitung halus, cuma dieselnya buat saya masih lebih powerful mercy (yg di sprinter 519CDI sama S350d). Tp soal kehalusan, dibanding 2200cc mercy CDI masih menang BMW
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by stealthy »

farizfsa wrote: Tue Mar 17, 2020 4:19
stealthy wrote: Mon Feb 10, 2020 3:29 boleh tau om dulu setelah diskon 9 digit itu jadi berapakah?
12x om, plus minta vkool clear all around
oh maksud saya harga setelah diskon nya om, bukan diskon nya, soalnya ngga tau waktu itu harga price list nya berapa...hehehe

pengen ngukur aja dengan asumsi dapet unit baru with good discount, depresiasi nya berapa besar.

Karena dipikir2, saya aja beli vellfire 2014 di 2016, di tahun 2020 ini setelah 3.5 tahun rasanya sudah depreciated 200jtan
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

stealthy wrote: Tue Mar 17, 2020 6:45
farizfsa wrote: Tue Mar 17, 2020 4:19
stealthy wrote: Mon Feb 10, 2020 3:29 boleh tau om dulu setelah diskon 9 digit itu jadi berapakah?
12x om, plus minta vkool clear all around
oh maksud saya harga setelah diskon nya om, bukan diskon nya, soalnya ngga tau waktu itu harga price list nya berapa...hehehe

pengen ngukur aja dengan asumsi dapet unit baru with good discount, depresiasi nya berapa besar.

Karena dipikir2, saya aja beli vellfire 2014 di 2016, di tahun 2020 ini setelah 3.5 tahun rasanya sudah depreciated 200jtan
kalo ga salah inget ada di angka 740 an otr kalo ga salah, price list barunya 850an off the road
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by stealthy »

farizfsa wrote: Tue Mar 17, 2020 6:59
stealthy wrote: Tue Mar 17, 2020 6:45
farizfsa wrote: Tue Mar 17, 2020 4:19

12x om, plus minta vkool clear all around
oh maksud saya harga setelah diskon nya om, bukan diskon nya, soalnya ngga tau waktu itu harga price list nya berapa...hehehe

pengen ngukur aja dengan asumsi dapet unit baru with good discount, depresiasi nya berapa besar.

Karena dipikir2, saya aja beli vellfire 2014 di 2016, di tahun 2020 ini setelah 3.5 tahun rasanya sudah depreciated 200jtan
kalo ga salah inget ada di angka 740 an otr kalo ga salah, price list barunya 850an off the road
850 off artinya sekitar 925 on.....beda 180an jt, very good deal om
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by Fookyoo »

farizfsa wrote: Fri Feb 07, 2020 3:32 Hello all,

kali ini gue mau review salah satu mobil yang cukup irit dan nyaman yaitu BMW 520d F10 tahun 2014 yang sekarang sudah 95rb km.

Jadi mobil gue ini merupakan BMW seri 5 diesel yang sudah facelift, namun masih pake mesin lama N47T, yang mana beda dengan tahun 2015 keatas yang sudah pake mesin seri Bxx.

Mobil ini dulu di beli brand new iims 2014, ex turnamen golf, km masih 500 aja tapi diskonnya 9 digit, jadi oke bungkus. kenapa beli bmw sedan diesel kaya beli panther aja?

jadi alasan beli bmw diesel karena sudah pernah coba punya teman, dan ternyata enak, dan ini ane kembali lg ke bmw dari kurang lebih 8 tahun pake merek jerman sebelah.

Desain
IMG_9214.jpg

menurut gue, secara exterior mobil ini keliatan besar, namun semuanya proposional secara dimensi dan bentuk, ga ada yang aneh2 atau nyeleneh dari desain bmw ini. terkadang dari jauh mobil ini keliatan kaya bmw seri 7 F01 secara panjang mbl ini hampir 5 meter panjangnya.

IMG_1281.jpg

desain samping pun masih ada benang merah dengan leluhurnya BMW Seri 5 E34.

IMG_2155.jpg

Interior & ICE
Interior mobil ini juga masih menarik, namun speedo masih analog belum digital. mobil ini dilengkapi dengan idrive system menggunakan layar 10.25 inch yang cukup besar pada masanya. idrive system di bmw ini menurut gue mudah digunakan. ada map, cek fault, phone, contact book, manual book, dvd, audio bluetooh dan phone, semua system kenyamanan juga setting dari system ini seperti apakah transmisi maticnya coasting atau ada engine brake nya, speed warning, eco pro dll.

audio mobil ini, bagus namun so-so, tidak pake embel2 harman kardon, bose atau bang olufsen. pgn upgrade tp kok ga penting2 amat ya.

Jok depan mobil ini merupakan jok elektrik dengan kulit asli ukuran jok nya lebar, besar dan tebal yang membuat interior mobil ini agak terlihat lebih sempit dibanding kompetitotnya. sayangnya memori seat hanya ada pada jok pengemudi. AC sudah dual zone, dual zone yang advance dimana bukan cuma suhu yang bisa diatur individual, namun juga blower speed, dan arah ac juga bisa diatur individual.

IMG_5472.JPG

IMG_5473.JPG

Mobil ini juga dilengkapi sunroof berkuran besar. cruise control sudah ada tp sayang belum adaptive, sensor parkir masih sonar di depan dan belakang belum ada parking camera, auto lamp dan auto wiper sudah ada juga. untuk privasi, sayangnya hanya ada krey belakang, krey pintu belakang kiri dan kanan tidak ada.

duduk di kursi belakang ini, cukup yasudah, tidak terlalu rebah senderannya, masih empuk, tapi tidak senyaman mercy.

kekurangan di interior mobil ini adalah, karet2 handle doortrim mulai getas, katanya bukan karena panas, tp kulit kita mengandug garam yg lama2 bikin rusak. tp mungkin bener sih karena handle pintu belakang belum getas sama sekali.l kebetulan mobil ini hanya sering dipake berdua aja.

kaca film bening gt ga panas? ga kok soalnya ane pas beli minta bonusin V-Kool haha.

Handling
ini bmw, handling lebih precise dibanding duo jerman kompetitor lainnya apa lagi kalo abis nyetir w212. Setir di bmw ini terasa weighted, tidak seperti mercy yang sangat ringan dan nyaman, tapi kalau untuk manuver, bmw ini jauh lebih enak dan pd.

meski handling enak, bmw ini bantingannya cenderung empuk, tidak keras seperi BMW E60. ban rft nya udah ga gue pake. Dengan ukuran 245/45 R18, mobil ini kalo kena lobang ttp aja kerasa, namun masih cenderung nyaman. dengan handling yg cukup enak, mbl ini malah jd ga enak kalo dikasi ban jelek, mobil ini kaki2 nya sunyi juga tidak berisik.

Mesin dan performance
Bmw diesel ini punya mesin 2000cc turbo diesel, cuma ngeluarin 184hp dan 375nm dengan 8 speed auto gearbox, secara hp kurang buat bawa mobil sebesar ini, cuma secara torsi cukup. in real life, tenaganya cukup oke, ga keteteran, 0-100 masih di sekitar 7-8 detik.

mesin diesel ini memang lebih bergetar dibanding mbl bensin, itu cuma kerasa kalo lg berhenti aja tp, kalo mbl sudah jalan sih ga ada getaran lagi.

karena diesel mobil ini bisa dibilang irit banget. bisa dapet 26KM/Liter pertadex. mobil ini hanya disarankan minum pertadex. untuk daily, setelah reset akhir tahun kemarin, angka di mid menunjukan konsumsi bahan bakar yaitu 7.6L/100km atau setara 13.1KM/L dengan average speed 24km/jam, daily cibubur + dalkot jkt.

IMG_7645.jpg

mobil ini 0-200 masih cepat dicapai, diatas itu sudah mulai lama, top speed pernah sampai 242km/jam. Mobil ini dilengkapi dengan mode comfort, sport dan ecopro. mode ini tdk cuma bikin transmisi nahan aja, cuma berat setir, ratio perpindahan gigi, throttle gas sampai ac pun berubah settinganya. sehari2 memang enaknya pakai comfort aja.

Maintenance
untuk 5 tahun pertama, jasa dan parts maintenance free dr beres, tinggal isi dex, ngacir.
setelah 1 minggu serah terima mobil ane isi solar kerang pas belum ada himbauan only dex, mobil masuk limp mode, lalu di update ecu dan aman pake kerang lg tp yasudah sekarang dex sudah dimana2 santai.
setelah 3 tahun warranty abis, aktuatur electring hand brake rusak, suruh ganti 17 jt, ane marah2 dikit akhirnya goodwill dr mereka ane bayar 2 jt. sampai sekarang semua all good.

setelah masa isp abis, ane ke bengkel spesialis aja, beda biaya cukup jauh. dr 92rb km, hanya hal diatas yang diganti, selain itu cuma ganti, oli filter filter bensin dan filter ac. kampas rem baru ganti di km 70rban.

ganti oli dan filter mbl ini ga sampe 2 jt, kampas rem sekitar 1.5jt, filter solar memang agak mahal tp tidak sampe sejuta. pajak plat F masih di sekitar 12 jt setahun non progresif. rencana 15 rb km lg mau ganti engine mounting kurang lebih 3.5 juta sama jasa untuk sepasang.

konklusinya, mobil ini mobil yang sangat enak, irit, nyaman, cukup enak dilihat. dgn harga yg sudah ada diangka 200an juta untuk tahun awal sudah cukup menarik mobil ini untuk di beli.
Nice review, Om.
BMW yang belakangnya ...20d emang menarik ya, sayang gak masuk lagi yang baru2nya.
Mesin B47 yang di LCI ini udah gak ada timing chain problem di N47, om (yang kalo saya baca2 kok serem banget)?
Oya, Om. apa ada reason tertentu kenapa warranty 3 tahun gak diperpanjang saat itu?

Kalo beneran udah di 2xx juta sih, menarik banget :ungg:
nubie21
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Wed Feb 10, 2016 16:11

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by nubie21 »

Nice review om dari experience pny moblnya sampe info meliharanya
Emg utk tarikan emg sudah enak banget tarikan dieselnya bmw dan udah lembut bgt ciri khas diesel nya bmw.

tapi mau minta pendapat suhu, preferensi soal selera saya mencondong ke bensin dan saya baru pernah coba mesin bensinnya itu di seri 3 , nahh apakah kalo dipake di body seri 5 kedodoran ga utk 520i. apalagi manis velg two tone nya di 520i dan 520d dibanding yg 528i

dan pertanyaannya :
520d dibandingkan 520i
520i dibandingkan 528i

apakah perbedaan harga dari 520d dan 520i worth utk dipertimbangkan utk lompat ke 528i ?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

Fookyoo wrote: Thu Mar 26, 2020 4:33
farizfsa wrote: Fri Feb 07, 2020 3:32 Hello all,

kali ini gue mau review salah satu mobil yang cukup irit dan nyaman yaitu BMW 520d F10 tahun 2014 yang sekarang sudah 95rb km.

Jadi mobil gue ini merupakan BMW seri 5 diesel yang sudah facelift, namun masih pake mesin lama N47T, yang mana beda dengan tahun 2015 keatas yang sudah pake mesin seri Bxx.

Mobil ini dulu di beli brand new iims 2014, ex turnamen golf, km masih 500 aja tapi diskonnya 9 digit, jadi oke bungkus. kenapa beli bmw sedan diesel kaya beli panther aja?

jadi alasan beli bmw diesel karena sudah pernah coba punya teman, dan ternyata enak, dan ini ane kembali lg ke bmw dari kurang lebih 8 tahun pake merek jerman sebelah.

Desain
IMG_9214.jpg

menurut gue, secara exterior mobil ini keliatan besar, namun semuanya proposional secara dimensi dan bentuk, ga ada yang aneh2 atau nyeleneh dari desain bmw ini. terkadang dari jauh mobil ini keliatan kaya bmw seri 7 F01 secara panjang mbl ini hampir 5 meter panjangnya.

IMG_1281.jpg

desain samping pun masih ada benang merah dengan leluhurnya BMW Seri 5 E34.

IMG_2155.jpg

Interior & ICE
Interior mobil ini juga masih menarik, namun speedo masih analog belum digital. mobil ini dilengkapi dengan idrive system menggunakan layar 10.25 inch yang cukup besar pada masanya. idrive system di bmw ini menurut gue mudah digunakan. ada map, cek fault, phone, contact book, manual book, dvd, audio bluetooh dan phone, semua system kenyamanan juga setting dari system ini seperti apakah transmisi maticnya coasting atau ada engine brake nya, speed warning, eco pro dll.

audio mobil ini, bagus namun so-so, tidak pake embel2 harman kardon, bose atau bang olufsen. pgn upgrade tp kok ga penting2 amat ya.

Jok depan mobil ini merupakan jok elektrik dengan kulit asli ukuran jok nya lebar, besar dan tebal yang membuat interior mobil ini agak terlihat lebih sempit dibanding kompetitotnya. sayangnya memori seat hanya ada pada jok pengemudi. AC sudah dual zone, dual zone yang advance dimana bukan cuma suhu yang bisa diatur individual, namun juga blower speed, dan arah ac juga bisa diatur individual.

IMG_5472.JPG

IMG_5473.JPG

Mobil ini juga dilengkapi sunroof berkuran besar. cruise control sudah ada tp sayang belum adaptive, sensor parkir masih sonar di depan dan belakang belum ada parking camera, auto lamp dan auto wiper sudah ada juga. untuk privasi, sayangnya hanya ada krey belakang, krey pintu belakang kiri dan kanan tidak ada.

duduk di kursi belakang ini, cukup yasudah, tidak terlalu rebah senderannya, masih empuk, tapi tidak senyaman mercy.

kekurangan di interior mobil ini adalah, karet2 handle doortrim mulai getas, katanya bukan karena panas, tp kulit kita mengandug garam yg lama2 bikin rusak. tp mungkin bener sih karena handle pintu belakang belum getas sama sekali.l kebetulan mobil ini hanya sering dipake berdua aja.

kaca film bening gt ga panas? ga kok soalnya ane pas beli minta bonusin V-Kool haha.

Handling
ini bmw, handling lebih precise dibanding duo jerman kompetitor lainnya apa lagi kalo abis nyetir w212. Setir di bmw ini terasa weighted, tidak seperti mercy yang sangat ringan dan nyaman, tapi kalau untuk manuver, bmw ini jauh lebih enak dan pd.

meski handling enak, bmw ini bantingannya cenderung empuk, tidak keras seperi BMW E60. ban rft nya udah ga gue pake. Dengan ukuran 245/45 R18, mobil ini kalo kena lobang ttp aja kerasa, namun masih cenderung nyaman. dengan handling yg cukup enak, mbl ini malah jd ga enak kalo dikasi ban jelek, mobil ini kaki2 nya sunyi juga tidak berisik.

Mesin dan performance
Bmw diesel ini punya mesin 2000cc turbo diesel, cuma ngeluarin 184hp dan 375nm dengan 8 speed auto gearbox, secara hp kurang buat bawa mobil sebesar ini, cuma secara torsi cukup. in real life, tenaganya cukup oke, ga keteteran, 0-100 masih di sekitar 7-8 detik.

mesin diesel ini memang lebih bergetar dibanding mbl bensin, itu cuma kerasa kalo lg berhenti aja tp, kalo mbl sudah jalan sih ga ada getaran lagi.

karena diesel mobil ini bisa dibilang irit banget. bisa dapet 26KM/Liter pertadex. mobil ini hanya disarankan minum pertadex. untuk daily, setelah reset akhir tahun kemarin, angka di mid menunjukan konsumsi bahan bakar yaitu 7.6L/100km atau setara 13.1KM/L dengan average speed 24km/jam, daily cibubur + dalkot jkt.

IMG_7645.jpg

mobil ini 0-200 masih cepat dicapai, diatas itu sudah mulai lama, top speed pernah sampai 242km/jam. Mobil ini dilengkapi dengan mode comfort, sport dan ecopro. mode ini tdk cuma bikin transmisi nahan aja, cuma berat setir, ratio perpindahan gigi, throttle gas sampai ac pun berubah settinganya. sehari2 memang enaknya pakai comfort aja.

Maintenance
untuk 5 tahun pertama, jasa dan parts maintenance free dr beres, tinggal isi dex, ngacir.
setelah 1 minggu serah terima mobil ane isi solar kerang pas belum ada himbauan only dex, mobil masuk limp mode, lalu di update ecu dan aman pake kerang lg tp yasudah sekarang dex sudah dimana2 santai.
setelah 3 tahun warranty abis, aktuatur electring hand brake rusak, suruh ganti 17 jt, ane marah2 dikit akhirnya goodwill dr mereka ane bayar 2 jt. sampai sekarang semua all good.

setelah masa isp abis, ane ke bengkel spesialis aja, beda biaya cukup jauh. dr 92rb km, hanya hal diatas yang diganti, selain itu cuma ganti, oli filter filter bensin dan filter ac. kampas rem baru ganti di km 70rban.

ganti oli dan filter mbl ini ga sampe 2 jt, kampas rem sekitar 1.5jt, filter solar memang agak mahal tp tidak sampe sejuta. pajak plat F masih di sekitar 12 jt setahun non progresif. rencana 15 rb km lg mau ganti engine mounting kurang lebih 3.5 juta sama jasa untuk sepasang.

konklusinya, mobil ini mobil yang sangat enak, irit, nyaman, cukup enak dilihat. dgn harga yg sudah ada diangka 200an juta untuk tahun awal sudah cukup menarik mobil ini untuk di beli.
Nice review, Om.
BMW yang belakangnya ...20d emang menarik ya, sayang gak masuk lagi yang baru2nya.
Mesin B47 yang di LCI ini udah gak ada timing chain problem di N47, om (yang kalo saya baca2 kok serem banget)?
Oya, Om. apa ada reason tertentu kenapa warranty 3 tahun gak diperpanjang saat itu?

Kalo beneran udah di 2xx juta sih, menarik banget :ungg:
kalo timing chain itu ganti "cuma 15-17 juta" itu pun kalo udh terdeteksi dini ya. kalo udah ambyar bisa turun full abis sekitar 80-90 jutaan.
pertimbangannya cukup mahal waktu itu dan pikiran what could go wrong dengan mobil yg umurnhya cuma 3 tahun? akhirnya ga di perpanjang.
kalo dari irit menarik, lg sepi virus corona gini konsumsi pertadex cibubur-gatsu bisa 1 liter 25km, aka kurang lebih sekali pergi cuma 1.5 liter pertadex hahaha
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

nubie21 wrote: Thu Mar 26, 2020 5:43 Nice review om dari experience pny moblnya sampe info meliharanya
Emg utk tarikan emg sudah enak banget tarikan dieselnya bmw dan udah lembut bgt ciri khas diesel nya bmw.

tapi mau minta pendapat suhu, preferensi soal selera saya mencondong ke bensin dan saya baru pernah coba mesin bensinnya itu di seri 3 , nahh apakah kalo dipake di body seri 5 kedodoran ga utk 520i. apalagi manis velg two tone nya di 520i dan 520d dibanding yg 528i

dan pertanyaannya :
520d dibandingkan 520i
520i dibandingkan 528i

apakah perbedaan harga dari 520d dan 520i worth utk dipertimbangkan utk lompat ke 528i ?
bensin kalo emang cari hening dan ga geter, 520d mau dibilang alus tp diesel ga boong, ttp geter dan bunyi diesel.

kalo cari suara mesin, ya bensin aja, suaranya sangar

cuma kalo mobil sering jalan jauh (case saya sehari pasti diatas 60km) dan sering toll, diesel pilihan yg lebih wise.

kalo ada budget 528i, go ahead, fitur jauh lebih banyak.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by marr »

nice review om, mobilnya menarik
tahun awal udh dapet kah 200an? saya kok cek belum ada yg dibawah 300 ya
trus iseng liat yang udah LCI thn 2015, buset masih 500an keatas wkwkwk
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

marr wrote: Thu Mar 26, 2020 12:09 nice review om, mobilnya menarik
tahun awal udh dapet kah 200an? saya kok cek belum ada yg dibawah 300 ya
trus iseng liat yang udah LCI thn 2015, buset masih 500an keatas wkwkwk
Tahun 2011-2012 sudah ada yg buka 250-270 sih. Kmrn sy ditawarin cm 250 cm buat ala ginian punya 2 haha.

Yg lci masih 400 an keatas sih memang
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)