Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21652
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Turboman »


https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20 ... ksin-covid

Kisah Founder BionTech, penemu ramuan vaksin yg skg diproduksi oleh Pfizer

unik bgt ini

persh nya dijalankan bersama istrinya

investornya Duo Kembar orang Jerman
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2468
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Salvanost »

Ada variant baru namanya variant lambda
Kasusnya di Peru
Fatality rate mencapai 9,3%
Total kasus 2 juta yang meninggal 186.000

Jauh lebih parah dibanding delta variant
Total kasus india 31 juta yang meninggal 500.000 (1,4٪)

Populasi di Amerika 330 juta penduduk
Yang sudah kena covid19 ada 30jutaan
Yang sudah divaksin ada 190 jutaan
Sisa 110 juta belum divaksin

Seharusnya herd immunity sudah tercapai
Tetapi dikarenakan penularan variant delta yang sangat cepat diperkirakan hampir 100 juta penduduk yang belum vaksin cepat atau lambat akan kena covid19 variant delta
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by MSU »

Salvanost wrote: 05 Aug 2021, 22:44 Ada variant baru namanya variant lambda
Kasusnya di Peru
Fatality rate mencapai 9,3%
Total kasus 2 juta yang meninggal 186.000

Jauh lebih parah dibanding delta variant
Total kasus india 31 juta yang meninggal 500.000 (1,4٪)

Populasi di Amerika 330 juta penduduk
Yang sudah kena covid19 ada 30jutaan
Yang sudah divaksin ada 190 jutaan
Sisa 110 juta belum divaksin

Seharusnya herd immunity sudah tercapai
Tetapi dikarenakan penularan variant delta yang sangat cepat diperkirakan hampir 100 juta penduduk yang belum vaksin cepat atau lambat akan kena covid19 variant delta
kayaknya lambda blm masuk indo ya om? mudah2an jangan sampe
kemaren kehajar delta saja udh kalang kabut..vaksin jg masih on progress kebut
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4675
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Suryaputra »

MSU wrote: 06 Aug 2021, 09:57
Salvanost wrote: 05 Aug 2021, 22:44 Ada variant baru namanya variant lambda
Kasusnya di Peru
Fatality rate mencapai 9,3%
Total kasus 2 juta yang meninggal 186.000

Jauh lebih parah dibanding delta variant
Total kasus india 31 juta yang meninggal 500.000 (1,4٪)

Populasi di Amerika 330 juta penduduk
Yang sudah kena covid19 ada 30jutaan
Yang sudah divaksin ada 190 jutaan
Sisa 110 juta belum divaksin

Seharusnya herd immunity sudah tercapai
Tetapi dikarenakan penularan variant delta yang sangat cepat diperkirakan hampir 100 juta penduduk yang belum vaksin cepat atau lambat akan kena covid19 variant delta
kayaknya lambda blm masuk indo ya om? mudah2an jangan sampe
kemaren kehajar delta saja udh kalang kabut..vaksin jg masih on progress kebut
lambda.

vaksin yg efektif ngelawan tu varian baru, baru pfizer dan moderna,
https://www.himedik.com/info/2021/07/08 ... ian-lambda

jadi perlu booster lagi untuk colok vaksin tsb.
cmiiw.

:mky_03:
*Colek me if I'm wrong
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2468
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Salvanost »

Jumlah pengangguran di Amerika berkurang
Jumlah pekerjaan di Amerika bertambah

Walaupun delta variant lagi parah2nya ternyata efek vaksin tetap terasa di Amerika
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10168
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Omnibus »

kalau banyak usaha existing yg bangkrut, bagaimana caranya nanti bisa menyerap tenaga kerja dan membuat ekonomi rebound. skrg aja malah di berita ada setidaknya 10 pelaku usaha kelas kakap yg di monitor otoritas krn udah mau kredit macet. mereka2 ini masuk golongan one of the biggest debitors dr sektor usaha tourism dan horeca (hotel, resto, cafe).

https://www.cnbcindonesia.com/market/2 ... mulyani-cs
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2468
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Salvanost »

8.1juta penduduk Jakarta sudah vaksin dosis pertama
Dan 3,1 juta sudah vaksin dosis kedua

Seharusnya dengan tingginya angka vaksin di Jakarta angka covid19 di Jakarta bisa turun
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by MSU »

Salvanost wrote: 08 Aug 2021, 13:01 8.1juta penduduk Jakarta sudah vaksin dosis pertama
Dan 3,1 juta sudah vaksin dosis kedua

Seharusnya dengan tingginya angka vaksin di Jakarta angka covid19 di Jakarta bisa turun
Kayaknya dari yg sy baca2...vaksin ga mengurangi potensi kena covid mbah...
Tp mengurangi fatality kl sampe kena
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4675
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Suryaputra »

MSU wrote: 08 Aug 2021, 15:33
Salvanost wrote: 08 Aug 2021, 13:01 8.1juta penduduk Jakarta sudah vaksin dosis pertama
Dan 3,1 juta sudah vaksin dosis kedua

Seharusnya dengan tingginya angka vaksin di Jakarta angka covid19 di Jakarta bisa turun
Kayaknya dari yg sy baca2...vaksin ga mengurangi potensi kena covid mbah...
Tp mengurangi fatality kl sampe kena
yep.
proven di keluarga saya, punya comorbid jantung, sudah vaksin sinovac baru sekali, tapi kena covid.. alhamdulillah kondisi demam dan batuk saja, sehingga cukup isoman + dikasih obat dan vitamin.

pas checkup ke dokter, post covid-19, kt dokternya syukurlah dah divaksin, walau baru 1x, anti bodi nya dah tau itu musuh.. jd gak planga plongo terus diserang duluan :mky_03:

vaksin adalah salah satu ikhtiar dalam menghadapi wabah penyakit.

Info dr teman yg prnh tinggal di arab, seorang anak klo vaksin gak lengkap, gak dapat sertifikat lulus sekolah dasar :mky_03:

cmiiw
*Colek me if I'm wrong
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3390
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by TUFF Stough »

keluarga ipar saya, ada 1 orang yg anti vaksin. padahal adik kandungnya sendiri sudah jadi korban keganasan varian sebelumnya.

serumah isi 5 orang. pas kejadian heboh varian delta, keluarga ipar saya tidak luput dari penularan. dari 5 orang serumah, 3 yang positif, termasuk yg anti vaksin itu. 2 yg sudah divaksin hanya gejala demam dan flu yg makan sekitar semingguan. yg tidak vaksin sampai butuh asupan oksigen dan obat2an covid spt oseltamivir. padahal saat itu sulit dapat kedua barang itu. alhasil anaknya yg masih negatif harus ikut2an antri oksigen dan nyari obat ke mana2 (dan harganya gak murah).

alhamdulillah orangnya masih bisa sembuh.

lebih milih buang duit ratusan ribu hingga jutaan rupiah (bahkan buang nyawa) buat pengobatan daripada repot dikit buat vaksin yg gratisan. :big_dunno:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4980
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by sintoni »

Kalau dipikir apa sih alasannya ga mau vaksin.

Sudah gratiss mau minta apalg..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2677
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by evanbngdor »

Minusnya orang yang sudah divaksin saat ini:
  • Ngerasa udah kebal jd lalai prokes
  • Kalaupun kena, biasanya cenderung OTG, efek menularkan ke lingkungan sekitar jd parah. Terbukti dari kantor saya, 5 dari 7 orang dalam 1 ruangan itu OTG semua, ketauan karena ada PCR rutin
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25498
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: 09 Aug 2021, 08:29 Minusnya orang yang sudah divaksin saat ini:
  • Ngerasa udah kebal jd lalai prokes
  • Kalaupun kena, biasanya cenderung OTG, efek menularkan ke lingkungan sekitar jd parah. Terbukti dari kantor saya, 5 dari 7 orang dalam 1 ruangan itu OTG semua, ketauan karena ada PCR rutin
Kejadian banget d kantor saya jg om

Yg pertama, ud d vaksin lengkap, berasa kebal, d kantor paling ngeyel ga mau pake masker, cekakak cekikik pecicilan kesnaa kmari, tiap ari naek busway ke kantor.. skali nya doi perna pilek dan demam ringan... ehh akhirnya beberapa rekan sebelah meja doi pd kena covid +

Yg kedua, masi ad hub yg pertama, doi makan siang bareng dan ketemuin klien semobil beberapa kl, doi jg ud vaksin lengkap, make masker tp scuba dan ala kadarnya banget.. akhirnya pas kena swap gratisan oleh pemda, hasilnya positip tanpa gejala, isoman belom 2 minggu, ud masup kerja lg.. sminggu kmudian, baru deh, anosmia, mata merah, pegel satu badan, tepar.. kl ini, anak bini yg masi balita, positip gejala sedang smua
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4675
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: 09 Aug 2021, 08:16 Kalau dipikir apa sih alasannya ga mau vaksin.

Sudah gratiss mau minta apalg..
bagian dr kelompok herd s****dity
itu pilihan.
*Colek me if I'm wrong
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3390
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by TUFF Stough »

sintoni wrote: 09 Aug 2021, 08:16 Kalau dipikir apa sih alasannya ga mau vaksin.

Sudah gratiss mau minta apalg..
  • gak percaya adanya covid
  • gak percaya covid itu mematikan
  • ngerasa tubuhnya kuat
  • setelah vaksin gak bisa kerja
  • vaksin mengandung b2
  • takut jarum suntik
  • mati itu takdir
  • karena ditanggung pemerintah yg bukan pilihannya
  • etc...
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by bensinsolar »

Tmn saya beda lagi.
Dia malah jd ajang menggunakan gadget2 canggih. Kemana2 pake masker LG & alat purifier yg digantung dileher.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2677
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: 09 Aug 2021, 08:56
evanbngdor wrote: 09 Aug 2021, 08:29 Minusnya orang yang sudah divaksin saat ini:
  • Ngerasa udah kebal jd lalai prokes
  • Kalaupun kena, biasanya cenderung OTG, efek menularkan ke lingkungan sekitar jd parah. Terbukti dari kantor saya, 5 dari 7 orang dalam 1 ruangan itu OTG semua, ketauan karena ada PCR rutin
Kejadian banget d kantor saya jg om

Yg pertama, ud d vaksin lengkap, berasa kebal, d kantor paling ngeyel ga mau pake masker, cekakak cekikik pecicilan kesnaa kmari, tiap ari naek busway ke kantor.. skali nya doi perna pilek dan demam ringan... ehh akhirnya beberapa rekan sebelah meja doi pd kena covid +

Yg kedua, masi ad hub yg pertama, doi makan siang bareng dan ketemuin klien semobil beberapa kl, doi jg ud vaksin lengkap, make masker tp scuba dan ala kadarnya banget.. akhirnya pas kena swap gratisan oleh pemda, hasilnya positip tanpa gejala, isoman belom 2 minggu, ud masup kerja lg.. sminggu kmudian, baru deh, anosmia, mata merah, pegel satu badan, tepar.. kl ini, anak bini yg masi balita, positip gejala sedang smua
Intinya tetep harus patuh sama prokes sih, kantor saya kebetulan sektor esensial yang wajib WFO terutama tim technical / on-site ya yg memang kerjaannya seperti itu.

Cuma prokes tetep harus ditegakkan, beberapa kali saya udah advise jg tim gugus tugas untuk bikin aturan kalau makan siang mending dibikin shift gitu kalau meja nya berdekatan, jangan makan bareng sambil ngobrol, makan maksimal 15 menit. Setelah itu istirahat ngobrol ya silahkan tp tetep bermasker. Percuma aja prokes ketat, pake masker sepanjang hari tp 'dihancurkan' dengan lepas masker sambil makan dan bercengkerama selama 30 menit.

Cuma ya namanya +62 banyak aja yang protes, katanya makan aja repot lah, apa lah dll. Eh kejadian beneran kan skg makan dibatasin 20 menit kalo di warung makan.
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by MSU »

evanbngdor wrote: 09 Aug 2021, 08:29 Minusnya orang yang sudah divaksin saat ini:
  • Ngerasa udah kebal jd lalai prokes
  • Kalaupun kena, biasanya cenderung OTG, efek menularkan ke lingkungan sekitar jd parah. Terbukti dari kantor saya, 5 dari 7 orang dalam 1 ruangan itu OTG semua, ketauan karena ada PCR rutin
ini yang paling ngeri...
OTG-nya badannya aman2 aja malah mungkin ga berasa apa2..
yang ditularin...bisa2 lewat
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3390
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by TUFF Stough »

MSU wrote: 09 Aug 2021, 12:47
evanbngdor wrote: 09 Aug 2021, 08:29 Minusnya orang yang sudah divaksin saat ini:
  • Ngerasa udah kebal jd lalai prokes
  • Kalaupun kena, biasanya cenderung OTG, efek menularkan ke lingkungan sekitar jd parah. Terbukti dari kantor saya, 5 dari 7 orang dalam 1 ruangan itu OTG semua, ketauan karena ada PCR rutin
ini yang paling ngeri...
OTG-nya badannya aman2 aja malah mungkin ga berasa apa2..
yang ditularin...bisa2 lewat
nah itu yg jarang disosialisasikan. harusnya jargon 'gak pake masker bisa mati' diganti jadi 'gak pake masker mematikan keluarga'.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12036
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by ChZ »

TUFF Stough wrote: 09 Aug 2021, 09:05
sintoni wrote: 09 Aug 2021, 08:16 Kalau dipikir apa sih alasannya ga mau vaksin.

Sudah gratiss mau minta apalg..
  • gak percaya adanya covid
  • gak percaya covid itu mematikan
  • ngerasa tubuhnya kuat
  • setelah vaksin gak bisa kerja
  • vaksin mengandung b2
  • takut jarum suntik
  • mati itu takdir
  • karena ditanggung pemerintah yg bukan pilihannya
  • etc...
yang ini ekstrim kanan-kiri banget ya

anti vaksin vs over pede dengan vaksin...

yang antivax merasa udah sehat, tidak percaya covid, apalagi dibumbui isu isu yang dipertanyakan kebenarannya... atau yang sering nih "tetangga saya divaksin besoknya sakit / besoknya meninggal"...

yang over pede merasa udah vaksin aman... merasa vaksin itu deus ex machina buat lawan covid...

padahal vaksin mah ibarat kata kl tidak diimbangi gaya hidup sehat + prokes ya sama aja bo ong... kayak mobil mesin pakingnya meler semua ganti oli hobi telat telat tapi dipasang turbo krn mau kenceng. kenceng ? jebol lama lama yang ada.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2677
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by evanbngdor »

MSU wrote: 09 Aug 2021, 12:47
evanbngdor wrote: 09 Aug 2021, 08:29 Minusnya orang yang sudah divaksin saat ini:
  • Ngerasa udah kebal jd lalai prokes
  • Kalaupun kena, biasanya cenderung OTG, efek menularkan ke lingkungan sekitar jd parah. Terbukti dari kantor saya, 5 dari 7 orang dalam 1 ruangan itu OTG semua, ketauan karena ada PCR rutin
ini yang paling ngeri...
OTG-nya badannya aman2 aja malah mungkin ga berasa apa2..
yang ditularin...bisa2 lewat
Memang ngeri banget bahkan PCR pun ada yg mesti 3x di tempat yg kredibel itu baru 1 yg menunjukkan positif nilai CT 28 kalo gak salah. Entah mutasi virus jenis lainnya lg atau apa jd ngga terdeteksi.

Itu orangnya jg gak ngerasa apa2, masih jalan2 ke mall, supermarket, bahkan makan siang bareng di resto padang seberang kantor sampe akhirnya keluar hasil PCR
:big_dunno:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4675
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Suryaputra »

Sepertinya indonesia perlu kurikulum pendidikan wajib "Pendidikan Menangkal Hoax & Menyaring Informasi" :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10168
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Omnibus »

ya tapi kita juga jangan overconfident dgn segalanya, menganggap yg skrg ada sdh pengembangan yg sempurna. sebab jangan lupa bahwa covid adalah hal baru. and we are just at an early stage of the research to fight it.

jangankan vaksin yg utk tubuh, beli mobil aja ada yg ga mau beli yg baru launching krn anggapannya msh banyak flaws here and there.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2468
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by Salvanost »

MSU wrote: 08 Aug 2021, 15:33
Salvanost wrote: 08 Aug 2021, 13:01 8.1juta penduduk Jakarta sudah vaksin dosis pertama
Dan 3,1 juta sudah vaksin dosis kedua

Seharusnya dengan tingginya angka vaksin di Jakarta angka covid19 di Jakarta bisa turun
Kayaknya dari yg sy baca2...vaksin ga mengurangi potensi kena covid mbah...
Tp mengurangi fatality kl sampe kena
Lebih cepat sembuh, gejala lebih ringan
Kalau gejalanya parah lebih berpotensi menular karena lebih lama sembuhnya, harus dirawat dan lebih sering kontak fisik sama yang sehat (yg bantu rawat)
apshwn
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 597
Joined: 14 Oct 2016, 05:42

Re: Dampak coronavirus pada ekonomi global dan Indonesia jika pandemi berlangsung lama

Post by apshwn »

evanbngdor wrote: 09 Aug 2021, 08:29 Minusnya orang yang sudah divaksin saat ini:
  • Ngerasa udah kebal jd lalai prokes
  • Kalaupun kena, biasanya cenderung OTG, efek menularkan ke lingkungan sekitar jd parah. Terbukti dari kantor saya, 5 dari 7 orang dalam 1 ruangan itu OTG semua, ketauan karena ada PCR rutin
ini dia bumerangnya
Post Reply