#ASK Mercedes-Benz W202

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

AlexTan
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Feb 20, 2017 7:22

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by AlexTan »

Om. Ada yg bisa bantu sy punya c230 K thn 98 sdh facelift. Tp skrg ini tiap sy bejek dikit pasti tenaga langsung loss dan ga mau di gas lg. Serta keluar indikator BASS ASR di dashboard. Jd sy harus pinggirin mobil dulu dan matiin mesin setelah itu hidupin lagi, baru setelahnya bisa normal lagi. Pernah suatu ketika setelah cuci mobil indikator BASS ASR & ABS keluar tp gas normal aja.

Namun setelah saya bejek agak dalam (bukan kick down) karena jg di jalan biasa bukan tol, langsung ga bisa di gass lagi. Harus pinggirin mobil dan matiin mesin dulu. Jd skrg mobil kebanyakan nganggur di rumah krn takut klo ane pake keluar di jalan sering loss gas nya jd ga nyaman klo tiap kali harus pinggirin mobil dan matiin mesin dulu. Sudah ke bengkel 2 bengkel, tp tetep sama aja belum bemu.

Bengkel pertama suspect di sensor yg di dkt oli garda ya, jd dia ganti oli gardan. Ga solve problemnya. Bengkel ke dua , dia scan pertama muncul error camshaft ball sensor & right O2 sensor dan O2 sensor heater of conponent. Setelah di ganti camshaft nya hilang error nya. Tp di coba msh gas nge loss klo kock down. Setelah di scan lagi keluar ASR error dengan info detailnya Fault in communication CAN with control unit( dan saran dia untuk error terakhir ini dengan service ECU yg cukup lmyn harganya dan jg ga menjamin issue nya solve).

Klo ada temen2 di SM yg pernah mengalami issue seperti saya boleh di share ya om. Trimaksih banyak
rizkiprat
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sun Sep 27, 2020 5:18
Location: Medan
Daily Vehicle: Mercedes Benz W124 E220 Masterpiece

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by rizkiprat »

Mordecai20 wrote: Wed Mar 04, 2020 4:30
Bean06 wrote:Untuk kota kota ga ngelirik w124 e220 saja. "Konon" harga parts malah lebih mahalan w202.
W124 ini Boxer kan? Ini gak masuk list ane karena ukuran mobil yang lumayan gede dan andai masuk garasi udah pasti gak muat sama sekali. Ngomong soal parts memang benar W124 lebih murah, soale populasi-nya mayan banyak dibanding w202
E class jaman boxer ukurannya masih compact IMO om, tidak seintimidatif new eyes & generasi setelahnya.
autowasabi
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Mar 16, 2022 15:28
Location: Jakarta Barat

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by autowasabi »

punten suhu-suhu W202. gue telat join nya nih, kebetulan lagi ngincer C230 A/T 1997 nih. attached beberapa hasil saat cek barang tadi..

karena cukup amatir soal dunia otomotif, kira-kira ada masukan kah untuk ane? thank you sebelumnya!

btw first post juga nih... bbrp fotonya screenshot dari video yg ane ambil hehe
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

#ASK Mercedes-Benz W202

Post by aspsilver »

AlexTan wrote:Om. Ada yg bisa bantu sy punya c230 K thn 98 sdh facelift. Tp skrg ini tiap sy bejek dikit pasti tenaga langsung loss dan ga mau di gas lg. Serta keluar indikator BASS ASR di dashboard. Jd sy harus pinggirin mobil dulu dan matiin mesin setelah itu hidupin lagi, baru setelahnya bisa normal lagi. Pernah suatu ketika setelah cuci mobil indikator BASS ASR & ABS keluar tp gas normal aja.

Namun setelah saya bejek agak dalam (bukan kick down) karena jg di jalan biasa bukan tol, langsung ga bisa di gass lagi. Harus pinggirin mobil dan matiin mesin dulu. Jd skrg mobil kebanyakan nganggur di rumah krn takut klo ane pake keluar di jalan sering loss gas nya jd ga nyaman klo tiap kali harus pinggirin mobil dan matiin mesin dulu. Sudah ke bengkel 2 bengkel, tp tetep sama aja belum bemu.

Bengkel pertama suspect di sensor yg di dkt oli garda ya, jd dia ganti oli gardan. Ga solve problemnya. Bengkel ke dua , dia scan pertama muncul error camshaft ball sensor & right O2 sensor dan O2 sensor heater of conponent. Setelah di ganti camshaft nya hilang error nya. Tp di coba msh gas nge loss klo kock down. Setelah di scan lagi keluar ASR error dengan info detailnya Fault in communication CAN with control unit( dan saran dia untuk error terakhir ini dengan service ECU yg cukup lmyn harganya dan jg ga menjamin issue nya solve).

Klo ada temen2 di SM yg pernah mengalami issue seperti saya boleh di share ya om. Trimaksih banyak
Kalo ceritanya gini,kemungkinan ecu nya mulai masalah.
Makanya keluar error komputer macam macam.
Saya ada W212 waktu ecu nya error, juga macam macam
Kalo check engine nyala. Mobilnya gak mau digas.

Bisanya setelah dimatiin trus bisa lagi.

Kalo gini, malahan sering dipake mobilnya malah lebih sehat.
Dulu mobil saya kalo gak dipake lebih dr 3 hari gitu ngadat.

Saya beli juga charger accu, supaya accu nya full terus.

Saya pernah coba service ecu.
Sembuh bentar, bisa beberapa tahun trus ngadat lagi. Akhirnya ganti ecu.

Saya ganti di Dipo, minta yang refurbished, lebih murah.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by aspsilver »

Kalo ceritanya gini,kemungkinan ecu nya mulai masalah.
Makanya keluar error komputer macam macam.
Saya ada W212 waktu ecu nya error, juga macam macam
Kalo check engine nyala. Mobilnya gak mau digas.

Bisanya setelah dimatiin trus bisa lagi.

Kalo gini, malahan sering dipake mobilnya malah lebih sehat.
Dulu mobil saya kalo gak dipake lebih dr 3 hari gitu ngadat.

Saya beli juga charger accu, supaya accu nya full terus.

Saya pernah coba service ecu.
Sembuh bentar, bisa beberapa tahun trus ngadat lagi. Akhirnya ganti ecu.

Saya ganti di Dipo, minta yang refurbished, lebih murah.
marius
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jun 15, 2010 12:06

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by marius »

Mohon masukannya rekan2 sekalian,saya sedang incer C230K 1997,apakah ada tipe2 classic n elegance buat C230K?yg saya incer ini penjualnya bilang tipe elegance,tapi interiornya/joknya fabric,apa ada yah spt itu?takutnya interiornya sudah gak asli lagi,krn kalo baca2 diforum,tipe elegance joknya kulit. Mohon masukannya🙏🙏🙏
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by aspsilver »

kalo C230K, pastinya elegance, memang mercy jaman itu kursinya kain dan door trim, plafond jg kain, malah yang leather sudah rubahan,
C230 ada 2, yang biasa dan kompressor, keduanya elegance.
di th 1997, yang Classic cuma C180 manual dan C200 AT classic
1994 adanya C180 classic manual, C180 AT Espirit
1995-1996 C200 manual AT Classic, dan C200 AT elegance
1998 ada facelift, ganti lampu belakang, kap bagasi, bumper depan belakang.

membedakannya, di kap mesin dan kap bagasi, full cover (ada peredam kain. kalo classic, tidak ada atau hanya separo peredamnya. elegance ada lis krom di bumper lis samping, dan handle pintu
dan di interior ada arm rest depan yang berfungsi juga sepagai storage compartment, dan arm rest belakang. kalo classic tidak ada

oh iya Mercedes C class sebelum 1998 , gak dapat Radio ya, jadi radionya pasti beda beda, karena dipasang sendiri oleh pemiliknya.
juga velg masi kaleng dengan dop plastik.

mercedes C class mulai dapat radio dan velg alloy di 1998
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by farizfsa »

marius wrote: Thu May 19, 2022 11:50 Mohon masukannya rekan2 sekalian,saya sedang incer C230K 1997,apakah ada tipe2 classic n elegance buat C230K?yg saya incer ini penjualnya bilang tipe elegance,tapi interiornya/joknya fabric,apa ada yah spt itu?takutnya interiornya sudah gak asli lagi,krn kalo baca2 diforum,tipe elegance joknya kulit. Mohon masukannya🙏🙏🙏
beda2 sih urusan jok. cuma pastiin itu c230 kompressor ya. org suka ngaku2 kompressor padahal bukan.

tenaga pasti kerasa beda bgt beda 50 hp soalnya.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
marius
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jun 15, 2010 12:06

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by marius »

farizfsa wrote: Tue May 24, 2022 6:19
marius wrote: Thu May 19, 2022 11:50 Mohon masukannya rekan2 sekalian,saya sedang incer C230K 1997,apakah ada tipe2 classic n elegance buat C230K?yg saya incer ini penjualnya bilang tipe elegance,tapi interiornya/joknya fabric,apa ada yah spt itu?takutnya interiornya sudah gak asli lagi,krn kalo baca2 diforum,tipe elegance joknya kulit. Mohon masukannya🙏🙏🙏
beda2 sih urusan jok. cuma pastiin itu c230 kompressor ya. org suka ngaku2 kompressor padahal bukan.

tenaga pasti kerasa beda bgt beda 50 hp soalnya.
Makasih buat responnya om🙏🙏. Kalo kata penjualnya interiornya asli dr baru spt itu,cuma ragu aja,krn sepengetahuan saya,type elegance itu joknya kulit. Takutnya elegance jadi2an😁😁. Gimana cara pastiin interiornya asli ato bukan ya?
marius
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jun 15, 2010 12:06

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by marius »

aspsilver wrote: Tue May 24, 2022 6:05 kalo C230K, pastinya elegance, memang mercy jaman itu kursinya kain dan door trim, plafond jg kain, malah yang leather sudah rubahan,
C230 ada 2, yang biasa dan kompressor, keduanya elegance.
di th 1997, yang Classic cuma C180 manual dan C200 AT classic
1994 adanya C180 classic manual, C180 AT Espirit
1995-1996 C200 manual AT Classic, dan C200 AT elegance
1998 ada facelift, ganti lampu belakang, kap bagasi, bumper depan belakang.

membedakannya, di kap mesin dan kap bagasi, full cover (ada peredam kain. kalo classic, tidak ada atau hanya separo peredamnya. elegance ada lis krom di bumper lis samping, dan handle pintu
dan di interior ada arm rest depan yang berfungsi juga sepagai storage compartment, dan arm rest belakang. kalo classic tidak ada

oh iya Mercedes C class sebelum 1998 , gak dapat Radio ya, jadi radionya pasti beda beda, karena dipasang sendiri oleh pemiliknya.
juga velg masi kaleng dengan dop plastik.

mercedes C class mulai dapat radio dan velg alloy di 1998
Terima kasih banyak om tuk infonya🙏🙏,brarti asli nih unit C230K yg saya incer
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by KielConstantine »

AlexTan wrote: Sat Jun 13, 2020 3:12 Om. Ada yg bisa bantu sy punya c230 K thn 98 sdh facelift. Tp skrg ini tiap sy bejek dikit pasti tenaga langsung loss dan ga mau di gas lg. Serta keluar indikator BASS ASR di dashboard. Jd sy harus pinggirin mobil dulu dan matiin mesin setelah itu hidupin lagi, baru setelahnya bisa normal lagi. Pernah suatu ketika setelah cuci mobil indikator BASS ASR & ABS keluar tp gas normal aja.

Namun setelah saya bejek agak dalam (bukan kick down) karena jg di jalan biasa bukan tol, langsung ga bisa di gass lagi. Harus pinggirin mobil dan matiin mesin dulu. Jd skrg mobil kebanyakan nganggur di rumah krn takut klo ane pake keluar di jalan sering loss gas nya jd ga nyaman klo tiap kali harus pinggirin mobil dan matiin mesin dulu. Sudah ke bengkel 2 bengkel, tp tetep sama aja belum bemu.

Bengkel pertama suspect di sensor yg di dkt oli garda ya, jd dia ganti oli gardan. Ga solve problemnya. Bengkel ke dua , dia scan pertama muncul error camshaft ball sensor & right O2 sensor dan O2 sensor heater of conponent. Setelah di ganti camshaft nya hilang error nya. Tp di coba msh gas nge loss klo kock down. Setelah di scan lagi keluar ASR error dengan info detailnya Fault in communication CAN with control unit( dan saran dia untuk error terakhir ini dengan service ECU yg cukup lmyn harganya dan jg ga menjamin issue nya solve).
Baca tulisan beginian jadinya speechless wkwkwk


Emang ya eropa tua problemnya model2 kek gini . Ecu rusak ud paling amsyong beibeh :drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by aspsilver »

semua mobil bisa rusak, termasuk ECU nya,
makin canggih mobilnya, ya sensor sensor makin banyak, dan semua bisa rusak
ada yang bisa dicuekkin, ada yang tidak bisa.




Saya pernah baca tulisan di sebuah majalah , Mercedes Enthusiast, Majalah independen yang mengulas tentang Mercedes Benz

di salah satu artikel disana, sewaktu membahas S Class W220, Mercedes Benz adalah mobil Mewah , jadi walaupun sekarang harganya murah, ongkos benerinnya masi sama sewaktu mobil itu baru.

hal yang sama pernah diungkapkan oleh seorang youtuber, The Car Care nut, dia seorang montir Toyota, yang beli S class W221, this is a US$100.000 car, so the running cost, repairs etc, like a US$ 100.000 car, although now it cost US$20.000
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by farizfsa »

aspsilver wrote: Wed May 25, 2022 8:04 semua mobil bisa rusak, termasuk ECU nya,
makin canggih mobilnya, ya sensor sensor makin banyak, dan semua bisa rusak
ada yang bisa dicuekkin, ada yang tidak bisa.




Saya pernah baca tulisan di sebuah majalah , Mercedes Enthusiast, Majalah independen yang mengulas tentang Mercedes Benz

di salah satu artikel disana, sewaktu membahas S Class W220, Mercedes Benz adalah mobil Mewah , jadi walaupun sekarang harganya murah, ongkos benerinnya masi sama sewaktu mobil itu baru.

hal yang sama pernah diungkapkan oleh seorang youtuber, The Car Care nut, dia seorang montir Toyota, yang beli S class W221, this is a US$100.000 car, so the running cost, repairs etc, like a US$ 100.000 car, although now it cost US$20.000
ini betul sekali memang. rawat mobil mewah zaman dulu ttp mahal di masa sekarang. cuma makin lama mobil mewah sedikit terbantu sama yang namanya spareparts OEM, aftermarket kw 1 2 3 4 u name it. harus pinter jg cari parts, mau di dalam atau luar negeri.

dulu benerin bocor oli di bmw (gasket atas) 5 juta keluar. kemarin2 juga benerin bocor oli ford ranger cuma di charge 300rb
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)