#ASK Mercedes-Benz W202

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Mordecai20

#ASK Mercedes-Benz W202

Post by Mordecai20 »

Halo, Selamat Sore warga SM :big_smile]
Ane butuh masukan dari para master disini mengenai Mercy W202. Ane rencana-nya mau beli mobil ini. Tipe mana yang paling bagus diantara mereka bertiga ini?
-Classic
-Esprit
-Elegance
Mobil rencana-nya cuma dipake untuk dalkot aja dan yang ane incar cuma C180
Pertanyaan ane:
- Kata orang W202 rentan masalah di ecu, ini bener ga sih?
- C180 Matic emang beneran lemot atau engga? Atau ane harus pick yang manual aja

Urusan perawatan ane udah siap koq
Mohon saran-nya warga SM :big_childish:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by dsign1990 »

c180 perasaan ga ada elegance adanya banyakan klasik sekalinya ada yg esprit itu jumlahnya dikit
kalau nemu unitnya dan harga cocok ya jelas ambil esprit
yg classic interiornya plastik semua
soal power c180 kalau untuk dalkot aja gak masalah asal unitnya sehat
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by farizfsa »

Pas zaman w202 urutan trim nya kaya gini, dr yg rebdah sampai tinggi ya
- classic
- esprit
- elegance
- sport (sekarang avantgarde)

Bagi ane, ambil w202 itu minimal bgt c230 matic. Itu tenaga jg cukup aja. Kalo mau puas c230 kompressor matic. Ganti pulley kompressor lebih kecil, tenaga udh diatas 200hp.

Jadi w202 sebelum facelift itu udh mulai masalah sama harness, namanya PMS, umur aja. Di facelift (97 up) udh ganti dgn namanya HFM. Lebih awet

Ambil cibo udh ga boleh komen mobil boyo ya. Lari sprint sama ayla juga kalah paling
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by Bean06 »

Untuk kota kota ga ngelirik w124 e220 saja. "Konon" harga parts malah lebih mahalan w202.
Mordecai20

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by Mordecai20 »

Bean06 wrote:Untuk kota kota ga ngelirik w124 e220 saja. "Konon" harga parts malah lebih mahalan w202.
W124 ini Boxer kan? Ini gak masuk list ane karena ukuran mobil yang lumayan gede dan andai masuk garasi udah pasti gak muat sama sekali. Ngomong soal parts memang benar W124 lebih murah, soale populasi-nya mayan banyak dibanding w202
Mordecai20

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by Mordecai20 »

farizfsa wrote: Wed Mar 04, 2020 0:48 Pas zaman w202 urutan trim nya kaya gini, dr yg rebdah sampai tinggi ya
- classic
- esprit
- elegance
- sport (sekarang avantgarde)

Bagi ane, ambil w202 itu minimal bgt c230 matic. Itu tenaga jg cukup aja. Kalo mau puas c230 kompressor matic. Ganti pulley kompressor lebih kecil, tenaga udh diatas 200hp.

Jadi w202 sebelum facelift itu udh mulai masalah sama harness, namanya PMS, umur aja. Di facelift (97 up) udh ganti dgn namanya HFM. Lebih awet

Ambil cibo udh ga boleh komen mobil boyo ya. Lari sprint sama ayla juga kalah paling
Wah, thanks advice-nya om
Rencana bakal ngambil yang tipe C180 classic facelift aja, manual hehe biar perawatan gak terlalu banyak dan seperti yang om bilang lebih awet. Anyway, C230K ini mesin-nya 4 silinder kah?
Ane masih rada awam soal Mercy hehe
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by farizfsa »

Mordecai20 wrote: Fri Mar 06, 2020 6:38
farizfsa wrote: Wed Mar 04, 2020 0:48 Pas zaman w202 urutan trim nya kaya gini, dr yg rebdah sampai tinggi ya
- classic
- esprit
- elegance
- sport (sekarang avantgarde)

Bagi ane, ambil w202 itu minimal bgt c230 matic. Itu tenaga jg cukup aja. Kalo mau puas c230 kompressor matic. Ganti pulley kompressor lebih kecil, tenaga udh diatas 200hp.

Jadi w202 sebelum facelift itu udh mulai masalah sama harness, namanya PMS, umur aja. Di facelift (97 up) udh ganti dgn namanya HFM. Lebih awet

Ambil cibo udh ga boleh komen mobil boyo ya. Lari sprint sama ayla juga kalah paling
Wah, thanks advice-nya om
Rencana bakal ngambil yang tipe C180 classic facelift aja, manual hehe biar perawatan gak terlalu banyak dan seperti yang om bilang lebih awet. Anyway, C230K ini mesin-nya 4 silinder kah?
Ane masih rada awam soal Mercy hehe
ga ada om C180 classic facelift.

facelift itu yg sudah pake HFM ada nya di C200 tahun 96 up, C180 mah non fl semua. paling gampang di bedain dari bemper aja, bemper facelift lebih gondrong dan sporty

mercy pake manual mana nikmat, pedal kakinya nya 4 broh.

C230K mesin 4 silinder, supercharger.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Mordecai20

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by Mordecai20 »

farizfsa wrote: Fri Mar 06, 2020 8:38
Mordecai20 wrote: Fri Mar 06, 2020 6:38
farizfsa wrote: Wed Mar 04, 2020 0:48 Pas zaman w202 urutan trim nya kaya gini, dr yg rebdah sampai tinggi ya
- classic
- esprit
- elegance
- sport (sekarang avantgarde)

Bagi ane, ambil w202 itu minimal bgt c230 matic. Itu tenaga jg cukup aja. Kalo mau puas c230 kompressor matic. Ganti pulley kompressor lebih kecil, tenaga udh diatas 200hp.

Jadi w202 sebelum facelift itu udh mulai masalah sama harness, namanya PMS, umur aja. Di facelift (97 up) udh ganti dgn namanya HFM. Lebih awet

Ambil cibo udh ga boleh komen mobil boyo ya. Lari sprint sama ayla juga kalah paling
Wah, thanks advice-nya om
Rencana bakal ngambil yang tipe C180 classic facelift aja, manual hehe biar perawatan gak terlalu banyak dan seperti yang om bilang lebih awet. Anyway, C230K ini mesin-nya 4 silinder kah?
Ane masih rada awam soal Mercy hehe
ga ada om C180 classic facelift.

facelift itu yg sudah pake HFM ada nya di C200 tahun 96 up, C180 mah non fl semua. paling gampang di bedain dari bemper aja, bemper facelift lebih gondrong dan sporty

mercy pake manual mana nikmat, pedal kakinya nya 4 broh.

C230K mesin 4 silinder, supercharger.
Hmm berarti keq-nya ane harus ambil C200 FL aja yak, oke dah C180 ane skip
Kalau C230K ane rada takut sama kompressor-nya apalagi ini mobil lawas
Hadiaz
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Apr 09, 2020 15:53
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mercedes Benz w202

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by Hadiaz »

Hi agan2..
Saya mau nanya mobil saya w202 c180 thn 95 matic,
Matic saya ketika pindah dari d ke n atau r ke n ada sedikit hentakan, itu kenapa ya?
SoGoLs
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Nov 17, 2018 14:04
Location: Ngawi

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by SoGoLs »

Nyimak ah.... ane juga lagi pengen w202 c200, pas denger2 soal pms, hfm.... ane jadi mikir mikir..... reliability elektroniknya jelek.... sementara stick di e36 tua ane dulu aja... pengen kabin yg lebih senyap sama double wishbone depan.... gak jadi deh...
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by pendoli »

Hadiaz wrote: Thu Apr 09, 2020 16:01 Hi agan2..
Saya mau nanya mobil saya w202 c180 thn 95 matic,
Matic saya ketika pindah dari d ke n atau r ke n ada sedikit hentakan, itu kenapa ya?
Coba cek oli maticnya om. Atau ya mungkin udah perlu peremajaan beberapa parts
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by kevienwijaya »

Minimal ambil c200 aja om,syukur dapetnya yang udh double airbag.
Kalo masalah tarikan tidak bisa dipungkiri memang agak lemot (kecuali c230) yang katanya lebih agresif,lemotnya hampir mirip 320i yang matic.. Tp untuk kenyamanan w202 ini OK kok,dan w202 ini kalau sehat,mobilnya ga rewel.
Pengalaman saya pakai c200 manual tahun 96,udah pake 5 tahun cuman ganti kampas kopling sama cek kaki2 doang. Ga pernah minta jajan yang aneh2.
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by idlamahilang »

Menurut pendapat saya, cari yang kondisi terbaik om karena w202 sudah 20thn lebih usia mobilnya. Kalau sama2 sehat memang enak c230 om, headlamp facelift lampu jauhnya lebih terang, kunci gitar relatif lebih awet dari pistol, dan HFM versus PMS lebih bagus HFM.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by aspsilver »

saya pernah punya C200 Elegance 1996
saya pelihara sejak 1997 - 2014 sejak 25 rb - 90 rb km

selama itu ganti kabel harness, itu setelah 8 tahunan, disarankan ganti sama mekanik, karena kabel sudah pecah2, kalo dibiarin terus, nanti ECU nya jebol karena kabel bersentuhan. sekalian ganti itu, ganti juga kabel auto nya.

nah mobil saya kabel harness nya seri nya 4, jadi harga nya 4 juta.
kalo yang seri 2 harganya 2.5 juta, gak tau bedanya apa, kayaknya beda socket nya doang.

kalo saya baca, kabel ini bio degradable, sayang nya mobil nya masi dipake, kabelnya sudah degradasi.

selain itu ganti kampas rem dan piringan, mercedes, harus ganti keduanya. jadi sarannya pake aja sampe kampasnya habis kena metal, toh ganti juga.

setelah 60-70 rbkm, arm dan tie rod rusak, ganti, 7 jutaan, mungkin sekarang bisa ganti karetnya doang, bisa lebih murah.

mercedes jaman itu, power diputaran bawah loyo, kayak keberatan badan,. tapi kalo udah jalan 80 km per jam, jangan harap altis bisa nyusul. apalagi ayla.

C200 pun hanya 136 hp, setara innova gen 1.
C180 128 hp
C230 kompressor 170 hp

trim hanya beda kelengkapan.

elegance ada pelapis kap mesin dan bagasi
arm rest depan belakang
panel kayu
lis krom

classic gak ada semua itu

C class manual hanya ada classic,
C200 auto ada elegance dan classic
C180 auto esprit, tidak selengkap elegance, tapi saya gak tau pasti bedanya dimana


parts cukup murah untuk mercedes.

bisa ganti oli dimana aja, gak pake reset komputer, beli kunci sok buat buka filter oli aja. takutnya gak semua tempat punya. kalo pake kunci universal, takunya pecah cover nya.

mercedes, oli transmisi matic nya ada filternya , jadi harus buka dari bawah.

C class W202, adalah C class paling nyaman dari semua C class, empuk.

W203 W204 semuanya keras, walaupun handling nya jauh lebih baik .

W202 bagus dijalan lurus.

suatu hari dimasa lampau, saya bawa mobil C200 saya dari puncak pulang ke pluit.

di jagorawi saya lari 190 km/h, ayah saya disebelah tanya, elo jalan berapa?

saya jawab 190.

dia tengok spidometer. trus bergumam, enak ya mobil ini
Mordecai20

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by Mordecai20 »

aspsilver wrote: Wed May 20, 2020 4:55 saya pernah punya C200 Elegance 1996
saya pelihara sejak 1997 - 2014 sejak 25 rb - 90 rb km

selama itu ganti kabel harness, itu setelah 8 tahunan, disarankan ganti sama mekanik, karena kabel sudah pecah2, kalo dibiarin terus, nanti ECU nya jebol karena kabel bersentuhan. sekalian ganti itu, ganti juga kabel auto nya.

nah mobil saya kabel harness nya seri nya 4, jadi harga nya 4 juta.
kalo yang seri 2 harganya 2.5 juta, gak tau bedanya apa, kayaknya beda socket nya doang.

kalo saya baca, kabel ini bio degradable, sayang nya mobil nya masi dipake, kabelnya sudah degradasi.

selain itu ganti kampas rem dan piringan, mercedes, harus ganti keduanya. jadi sarannya pake aja sampe kampasnya habis kena metal, toh ganti juga.

setelah 60-70 rbkm, arm dan tie rod rusak, ganti, 7 jutaan, mungkin sekarang bisa ganti karetnya doang, bisa lebih murah.

mercedes jaman itu, power diputaran bawah loyo, kayak keberatan badan,. tapi kalo udah jalan 80 km per jam, jangan harap altis bisa nyusul. apalagi ayla.

C200 pun hanya 136 hp, setara innova gen 1.
C180 128 hp
C230 kompressor 170 hp

trim hanya beda kelengkapan.

elegance ada pelapis kap mesin dan bagasi
arm rest depan belakang
panel kayu
lis krom

classic gak ada semua itu

C class manual hanya ada classic,
C200 auto ada elegance dan classic
C180 auto esprit, tidak selengkap elegance, tapi saya gak tau pasti bedanya dimana


parts cukup murah untuk mercedes.

bisa ganti oli dimana aja, gak pake reset komputer, beli kunci sok buat buka filter oli aja. takutnya gak semua tempat punya. kalo pake kunci universal, takunya pecah cover nya.

mercedes, oli transmisi matic nya ada filternya , jadi harus buka dari bawah.

C class W202, adalah C class paling nyaman dari semua C class, empuk.

W203 W204 semuanya keras, walaupun handling nya jauh lebih baik .

W202 bagus dijalan lurus.

suatu hari dimasa lampau, saya bawa mobil C200 saya dari puncak pulang ke pluit.

di jagorawi saya lari 190 km/h, ayah saya disebelah tanya, elo jalan berapa?

saya jawab 190.

dia tengok spidometer. trus bergumam, enak ya mobil ini
Thanks for sharing om @aspsilver
Hmm ternyata harga wiring harnessnya gak semahal yang ane kira wkwkwkwk, berarti wiring ini cuma bertahan lebih kurang sekitar 8 tahunan ya om? Kalau setirnya gimana om, Mercy tahun segini kalau gak salah setirnya rada loss ke kiri ya? Tapi kalau soal feedback mah ane udah yakin pasti dibawah BMW E36 :mrgreen:
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by satrialiar69 »

sharing ya Om, saya pakai W202 C230K 1999
pakai sejak 5 Jan 2017 sampai saat ini, dari odo read 60k sampai genap 96,000 per hari ini
Parts yang sudah saya ganti
- Long tie rod 1,850
- Conductor plate matic transmission 2,200k
- Brake pad depan belakang
- Disc brake depan
- Shock absorber depan belakang
- Ball joint depan
- Steering damper baru ganti hari ini 225k

dipakai buat harian sih oke banget om 202 ini, bodynya compact.
kalau udah niat cari W202, artinya udah di jalan yang bener om. tinggal cari aja unit yang seger2

oh ya, selain C230K, saya juga nyimpen 1 W202 C200 Manual :big_childish:

kalau ada yang mau ditanyakan monggo, karena problem dan perbaikan2 202 saya mostly saya kerjakan sendiri
Last edited by satrialiar69 on Wed May 20, 2020 9:07, edited 2 times in total.
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by satrialiar69 »

sharing yang C200 biru ya om
:mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Mordecai20

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by Mordecai20 »

satrialiar69 wrote: Wed May 20, 2020 8:45 sharing ya Om, saya pakai W202 C230K 1999
pakai sejak 5 Jan 2017 sampai saat ini, dari odo read 60k sampai genap 96,000 per hari ini
Parts yang sudah saya ganti
- Long tie rod 1,850
- Conductor plate matic transmission 2,200k
- Brake pad depan belakang
- Disc brake depan
- Shock absorber depan belakang
- Ball joint depan
- Steering damper baru ganti hari ini 225k

dipakai buat harian sih oke banget om 202 ini, bodynya compact.
kalau udah niat cari W202, artinya udah di jalan yang bener om. tinggal cari aja unit yang seger2

oh ya, selain C230K, saya juga nyimpen 1 W202 C200 Manual :big_childish:

kalau ada yang mau ditanyakan monggo, karena problem dan perbaikan2 202 saya mostly saya kerjakan sendiri

ini yang C230K
Nah ada yang mau ane tanyain om, setir Mercy emang rada narik ke kiri gitu ya om? Pernah numpang W124 300E dan memang pas ane lihat setirnya emang agak ke kiri gitu, gw tanya ke temen yang punya dia bilang normal. Untuk W202 apakah seperti itu juga? Jujur sih ane masih awam sama Mercy
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by satrialiar69 »

Mordecai20 wrote: Wed May 20, 2020 9:09
satrialiar69 wrote: Wed May 20, 2020 8:45

kalau ada yang mau ditanyakan monggo, karena problem dan perbaikan2 202 saya mostly saya kerjakan sendiri

ini yang C230K
Nah ada yang mau ane tanyain om, setir Mercy emang rada narik ke kiri gitu ya om? Pernah numpang W124 300E dan memang pas ane lihat setirnya emang agak ke kiri gitu, gw tanya ke temen yang punya dia bilang normal. Untuk W202 apakah seperti itu juga? Jujur sih ane masih awam sama Mercy
kalau maksudnya posisi antara steering wheel terhadap driver seat agak kekiri, yes.
Kemudian kalau maksudnya jalan lurus, arahnya mobil cenderung ke kiri, di 202 saya gak tuh om.
Mordecai20

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by Mordecai20 »

satrialiar69 wrote: Wed May 20, 2020 9:04 sharing yang C200 biru ya om
:mky_01:
Cakep nih om, waduuh bikin ngiler euy melebihi es buah :emo-big_love:
User avatar
tongji
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Thu Nov 06, 2014 20:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Altis

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by tongji »

satrialiar69 wrote: Wed May 20, 2020 9:04 sharing yang C200 biru ya om
:mky_01:
Aduhh salah satu impian saya ini om :big_exellent:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by Pboyz97 »

Kalo saya c200 aja om, kalo bisa yg elegance. Kalo c180 agak boyo larinya.

Alternatif lain, bisa pertimbangkan c230, tenaga lebih gede daripada c200, cuma populasinya aja agak jarang dibanding c180 dan c200 . Kalo perawatan sih, denger2 w202 ini cukup awet kok buat ukuran mercy, cuma partnya gak sebanyak w124
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by satrialiar69 »

di FB group W202 ada tuh yang jual 230 AT, dilihat dari foto rapih dan dilihat dari berdirinya sih masih standar
sangat layak buat dipantau trus bayar heheheh
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by rendr »

Trim boleh dikesampingkan dulu om..

Saran saya ambil W202 yg sudah HFM...
Berikut ciri2nya :
- kelahiran 97 keatas
- extrafan hanya 1 dibelakang radiator, tidak double lg didepan
- dual airbag (passenger side)
- dual tip muffler

Dari mesin bisa dibedakan dari yg saya lingkari merah, yg atas itu yg sudah HFM yg bawah msh PMS
Screenshot_2020-05-20-17-31-11~2.png
Nah kalo poin2 diatas sudah terpenuhi, baru lanjut milih tipe,

kalo boleh saya usul best choice nya C230 Non Kompressor AT... Dah ga pusing tuh... kalo lemot oli matic kuras aja... kalo sehat enak kok
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: #ASK Mercedes-Benz W202

Post by aspsilver »

Mordecai20 wrote: Wed May 20, 2020 7:08
aspsilver wrote: Wed May 20, 2020 4:55
Thanks for sharing om @aspsilver
Hmm ternyata harga wiring harnessnya gak semahal yang ane kira wkwkwkwk, berarti wiring ini cuma bertahan lebih kurang sekitar 8 tahunan ya om? Kalau setirnya gimana om, Mercy tahun segini kalau gak salah setirnya rada loss ke kiri ya? Tapi kalau soal feedback mah ane udah yakin pasti dibawah BMW E36 :mrgreen:
setir banyak yang complain agak kekiri, tapi saya gak merasakan.

no steering feed back.