Ganti Coolant Radiator
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Ganti Coolant Radiator
suhu
ane mau nanya
klo ganti coolant, bagusnya sampe lepasin Drain Bolt (baut) di blok mesin apa cukup dari Keran pembuangan Radiator deket Fan sama Reservoir aja ?
sama ngelepas Tabung Reservoir di HRV ini gmn ya ?
soalnya kyknya agak beda strukturnya ama honda2 lainnya...
ane mau nanya
klo ganti coolant, bagusnya sampe lepasin Drain Bolt (baut) di blok mesin apa cukup dari Keran pembuangan Radiator deket Fan sama Reservoir aja ?
sama ngelepas Tabung Reservoir di HRV ini gmn ya ?
soalnya kyknya agak beda strukturnya ama honda2 lainnya...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ganti Coolant Radiator
bukan suhu, tp numpang jawab
tabung resevoir hrv kayanya cuman modalin konci pas 10 buat lepasin baut2 nya aj.. copotin yg bagian selang ama tutup nya dl, lalu botol reservoir nya, copotin baut lalu tarik ke atas dikit
tabung resevoir hrv kayanya cuman modalin konci pas 10 buat lepasin baut2 nya aj.. copotin yg bagian selang ama tutup nya dl, lalu botol reservoir nya, copotin baut lalu tarik ke atas dikit
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11373
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ganti Coolant Radiator
ikutan jawab ..... kl mau puas lepas block drain. tp beli dulu seal ring penggantinya di beres dan hrs siap torque wrench. factory spec baut drain itu 78 Nm. jangan sampai kekencengan/kelonggaran n jd bocor atau dol. amsiong kl kejadian.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4604
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Ganti Coolant Radiator
Kalau gak ribet kayanya buang saja dari drain radiator sampai habis coba ditampung berapa liter.
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang
Setelah itu isi ulang.
Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.
Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.
Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang
Setelah itu isi ulang.
Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.
Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.
Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ganti Coolant Radiator
Saya paling ga berani buka block drain...takut dol atau ada error...
Toh logika saya sisa air di block tinggal sedikit,campur coolant baru spek sama...cut aja interval ganti-nya lebih aman
Toh logika saya sisa air di block tinggal sedikit,campur coolant baru spek sama...cut aja interval ganti-nya lebih aman
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Ganti Coolant Radiator
Profith83 wrote: ↑Fri May 08, 2020 17:50 Kalau gak ribet kayanya buang saja dari drain radiator sampai habis coba ditampung berapa liter.
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang
Setelah itu isi ulang.
Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.
Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.
Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka
Jadi klo mesin blum panas
Air gk masuk ke blok mesin ya ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Ganti Coolant Radiator
Haha iya itu yg ane takutin om
Kebeneran rencana mau ganti coolant prestone
Sblmnya msh coolent oem bawaan mbl
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11059
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ganti Coolant Radiator
Leonhart wrote: ↑Sat May 09, 2020 1:30Profith83 wrote: ↑Fri May 08, 2020 17:50 Kalau gak ribet kayanya buang saja dari drain radiator sampai habis coba ditampung berapa liter.
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang
Setelah itu isi ulang.
Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.
Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.
Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka
Jadi klo mesin blum panas
Air gk masuk ke blok mesin ya ?
masuk.
sans, ga usah parno gitu.
air bisa masuk ke water jacket lewat selang radiator bawah dan selang-selang kecil lainnya. dan di badan thermostat-nya ada lubang kecil sekitar 1 mm buat buang "buang angin".
coba nanti waktu ngisi coolant pelan-pelan jangan sampe luber, sambil selang radiator bawah dipencet-pencet pasti akan ada gelembung udara yang keluar....
paling enak saat drain ditampung dan diukur berapa liter, jadi ketauan berapa banyak yang terbuang. bandingkan dengan kapasitas di manual book. setelah itu saat refill juga diukur, sesuai apa enggak dengan yang terbuang?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ganti Coolant Radiator
Hrv Kl buang dr radiator thok + air d reservoir.. 4 liter pas
Tiap taon ane drain n fill slalu abis sgitu
Tiap taon ane drain n fill slalu abis sgitu
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ganti Coolant Radiator
Saran sy pake coolant ori-nya aja om...krn kadang tu mesin butuh spek tertentu
Misal toyota butuh non silikat dll dll...sy kuranf ngerti
Tp patokan sy kl kurang ngerti,maka sy pake ori aja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Ganti Coolant Radiator
Jd menurut ommarmut wrote: ↑Sat May 09, 2020 2:19Leonhart wrote: ↑Sat May 09, 2020 1:30Profith83 wrote: ↑Fri May 08, 2020 17:50 Kalau gak ribet kayanya buang saja dari drain radiator sampai habis coba ditampung berapa liter.
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang
Setelah itu isi ulang.
Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.
Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.
Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka
Jadi klo mesin blum panas
Air gk masuk ke blok mesin ya ?
masuk.
sans, ga usah parno gitu.
air bisa masuk ke water jacket lewat selang radiator bawah dan selang-selang kecil lainnya. dan di badan thermostat-nya ada lubang kecil sekitar 1 mm buat buang "buang angin".
coba nanti waktu ngisi coolant pelan-pelan jangan sampe luber, sambil selang radiator bawah dipencet-pencet pasti akan ada gelembung udara yang keluar....
paling enak saat drain ditampung dan diukur berapa liter, jadi ketauan berapa banyak yang terbuang. bandingkan dengan kapasitas di manual book. setelah itu saat refill juga diukur, sesuai apa enggak dengan yang terbuang?
Perlu gk Buka baut drain di blok mesin ?
Andai pas udah di ukur yg terbuang
Tapi gak sesuai dengan kapasitas manual book gmn ?
Misal manual book bilang 4.5 liter
Cuma kebuang 4 liteer
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ganti Coolant Radiator
Sy sih ngikut ini
Dikasih air mengalir terus smp jernih
Dikasih air mengalir terus smp jernih
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11059
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ganti Coolant Radiator
akses ke drain plug-nya bisa/gampang dijangkau nggak? kalo gampang ya buka lah...
kalo susah, biarin aja.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Ganti Coolant Radiator
Agak jauh di bawah dan ada kehalang pipa 1
Perlu extension, seumur2 pnya mbl
Baru ini kepikiran mau buka baut blok mesin haha
Baca2 dr forum luar msh pro kontra
Ada yg blg stlh buka jd rembes / bocor la
Haha
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11373
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ganti Coolant Radiator
melihat dr pertanyaan TS yg ngelepas reservoir aja bingung, mendingan jangan coba2 dah....
info sy jelas di atas perlu specific torque dan seal washer baru. TS hrs punya required tools ........ n skills.
more on L15 (R18 may differ):
source: alldata
info sy jelas di atas perlu specific torque dan seal washer baru. TS hrs punya required tools ........ n skills.
more on L15 (R18 may differ):
source: alldata
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Ganti Coolant Radiator
Barusan DIY ganti air radiator Mirage. Kalo ada yg salah mohon koreksinya, maklum nubie dan it's a first time.
1) Buang coolant lama lewat radiator drain, juga kosongkan reservoir.
2) Drain masih kebuka, isi air PDAM sampe drain out-nya bening. Harusnya air destilasi, but I don't have one.
3) Tutup drain, isi air PAM sampe penuh. Dg radiator cap kebuka, nyalakan mobil + AC agar kipas muter. Tunggu sampe airnya muncrat2.
4) Drain out dan step 3 diulangi sekali lagi.
5) Tutup drain, isi coolant baru ke reservoir sampe batas F.
6) Dengan corong isikan coolant ke radiator sampe luber (dicorong).
7) Nyalakan mesin+AC agar kipasnya muter, sambil terus menambah coolant pelan2 hingga memenuhi corong.
Ditunggu sampai gelembung udara dicorong yg keluar lewat radiator cap benar2 habis. (Ini cukup lama)
9) Matikan mesin, pasang radiator cap.
Tapi kok coolant-nya masih sisa dikit, tambahkan lagi gak ya? Coolant dr beres isi 4 liter.
1) Buang coolant lama lewat radiator drain, juga kosongkan reservoir.
2) Drain masih kebuka, isi air PDAM sampe drain out-nya bening. Harusnya air destilasi, but I don't have one.
3) Tutup drain, isi air PAM sampe penuh. Dg radiator cap kebuka, nyalakan mobil + AC agar kipas muter. Tunggu sampe airnya muncrat2.
4) Drain out dan step 3 diulangi sekali lagi.
5) Tutup drain, isi coolant baru ke reservoir sampe batas F.
6) Dengan corong isikan coolant ke radiator sampe luber (dicorong).
7) Nyalakan mesin+AC agar kipasnya muter, sambil terus menambah coolant pelan2 hingga memenuhi corong.
Ditunggu sampai gelembung udara dicorong yg keluar lewat radiator cap benar2 habis. (Ini cukup lama)
9) Matikan mesin, pasang radiator cap.
Tapi kok coolant-nya masih sisa dikit, tambahkan lagi gak ya? Coolant dr beres isi 4 liter.
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ganti Coolant Radiator
Kurleb udah ok...cuma saya ga pernah flush pake air keran..mending setelah semua coolant kebuang lsg isi yang baru.saridin wrote: ↑Sat May 09, 2020 5:42 Barusan DIY ganti air radiator Mirage. Kalo ada yg salah mohon koreksinya, maklum nubie dan it's a first time.
1) Buang coolant lama lewat radiator drain, juga kosongkan reservoir.
2) Drain masih kebuka, isi air PDAM sampe drain out-nya bening. Harusnya air destilasi, but I don't have one.
3) Tutup drain, isi air PAM sampe penuh. Dg radiator cap kebuka, nyalakan mobil + AC agar kipas muter. Tunggu sampe airnya muncrat2.
4) Drain out dan step 3 diulangi sekali lagi.
5) Tutup drain, isi coolant baru ke reservoir sampe batas F.
6) Dengan corong isikan coolant ke radiator sampe luber (dicorong).
7) Nyalakan mesin+AC agar kipasnya muter, sambil terus menambah coolant pelan2 hingga memenuhi corong.
Ditunggu sampai gelembung udara dicorong yg keluar lewat radiator cap benar2 habis. (Ini cukup lama)
9) Matikan mesin, pasang radiator cap.
Tapi kok coolant-nya masih sisa dikit, tambahkan lagi gak ya? Coolant dr beres isi 4 liter.
Pas ngisi..di atas lubang pengisian kasi corong..pas udah mulai luber pijat2 sedikit selang radiator atas untuk buang angin palsu..
Abis itu nyalain mesin..tunggu sampe termostat buka, tandanya di lubang pengisian ada sirkulasi atau selang atas jd hangat..tambahin lagi dikit2..kalo udah ga berkurang lg lsg pasang tutup radiator & selesai
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4604
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Ganti Coolant Radiator
Mungkin lain kali lebih baik dibuang di radiator dan reservoir saja.saridin wrote: ↑Sat May 09, 2020 5:42 Barusan DIY ganti air radiator Mirage. Kalo ada yg salah mohon koreksinya, maklum nubie dan it's a first time.
1) Buang coolant lama lewat radiator drain, juga kosongkan reservoir.
2) Drain masih kebuka, isi air PDAM sampe drain out-nya bening. Harusnya air destilasi, but I don't have one.
3) Tutup drain, isi air PAM sampe penuh. Dg radiator cap kebuka, nyalakan mobil + AC agar kipas muter. Tunggu sampe airnya muncrat2.
4) Drain out dan step 3 diulangi sekali lagi.
5) Tutup drain, isi coolant baru ke reservoir sampe batas F.
6) Dengan corong isikan coolant ke radiator sampe luber (dicorong).
7) Nyalakan mesin+AC agar kipasnya muter, sambil terus menambah coolant pelan2 hingga memenuhi corong.
Ditunggu sampai gelembung udara dicorong yg keluar lewat radiator cap benar2 habis. (Ini cukup lama)
9) Matikan mesin, pasang radiator cap.
Tapi kok coolant-nya masih sisa dikit, tambahkan lagi gak ya? Coolant dr beres isi 4 liter.
Kemudian isi coolant lagi.
Dibandingkan dengan
Kuras pakai air ledeng. Kecuali kurasnya pakai air destilasi atau air tambah aki.
Air pam menurut saya jauh lebih berbahaya drpd bekas coolant di mesin yg sudah 2 s/d 3 thn. Asal coolant masih terlihat warna dan tidak coklat/warna karat.
Kalau mau coba saja rendam paku dengan air pam murni dan air bekas coolant. Taruh di botol kaca
Dati situ hasilnya kita tahu lebih baik mana dikuras pakai air pam atau tidak dikuras biarkan coolant di blok mesin
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ganti Coolant Radiator
Ternyata total cuman 4.47 literOmnibus wrote: ↑Sat May 09, 2020 4:36 melihat dr pertanyaan TS yg ngelepas reservoir aja bingung, mendingan jangan coba2 dah....
info sy jelas di atas perlu specific torque dan seal washer baru. TS hrs punya required tools ........ n skills.
more on L15 (R18 may differ):
Drain bolt.jpg
Drain bolt 2.jpg
InkedDrain bolt 3_LI.jpg
Coolant capacity.jpg
source: alldata
Lah buka dr radiator aj ud kluar 3.5 liter.. berarti cuman sisa seliter doank d enjin blok.. ga worth it jg ya buka2 baut drain enjin blok
Laen crita kl kaya ipah.. d enjin blok aj bsa nampung ampe 2 liter
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11373
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ganti Coolant Radiator
ohh itu di keterangan "include reservoir" juga ..... ga ke shot tulisannya ya
jd praktis yg di blok kurang dr 1L
worth it ga nya kayanya mending dibilas air demin accu, seliter merk yuasa di tokoijo Rp 7.000-12.000, paling butuh 4. apalagi kl kaya ente tiap taun ganti, kayanya ga ada coklat2nya.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ganti Coolant Radiator
Hebat jg yah desain si honda l15, bsa nyisain dikit doank d enjin blokOmnibus wrote: ↑Sat May 09, 2020 7:00ohh itu di keterangan "include reservoir" juga ..... ga ke shot tulisannya ya
jd praktis yg di blok kurang dr 1L
worth it ga nya kayanya mending dibilas air demin accu, seliter merk yuasa di tokoijo Rp 7.000-12.000, paling butuh 4. apalagi kl kaya ente tiap taun ganti, kayanya ga ada coklat2nya.
Tp bagus jg seh, ga usa ribet buka enjin blok punya drain plug, kl.ke hold cuman stengah liter doank
Kl ane seh, tiap kl drain tiap taon, warna, bau ama cairan nya kdg masi mirip ama yg baru d botol om.. cuman yah biar peace of mind aj
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11059
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ganti Coolant Radiator
drain plug-nya tapered bolt atau baut biasa?
kalau baut biasa, kecil kemungkinan bocor kecuali ngencengin ala kadarnya.
misal tapered bolt, ini buka-pasangnya bikin biji keringetan. antara patah atau bocor..... tapi dicoba saja daripada penasaran ga bisa tidur. kalo sampe bocor ya beli lem epoxy kan cuma 15rb. klaar.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Ganti Coolant Radiator
Baut biasamarmut wrote: ↑Sat May 09, 2020 7:23
drain plug-nya tapered bolt atau baut biasa?
kalau baut biasa, kecil kemungkinan bocor kecuali ngencengin ala kadarnya.
misal tapered bolt, ini buka-pasangnya bikin biji keringetan. antara patah atau bocor..... tapi dicoba saja daripada penasaran ga bisa tidur. kalo sampe bocor ya beli lem epoxy kan cuma 15rb. klaar.
Tp denger2 dari forum 8th civic
Baut drain di r18 ini keras bgt ktnya
Makanya byk org di forum sana
Prefer kagak buka
Sisa 800ml - 1 liter di engine block
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Ganti Coolant Radiator
DOHC wrote: ↑Sat May 09, 2020 7:20Hebat jg yah desain si honda l15, bsa nyisain dikit doank d enjin blokOmnibus wrote: ↑Sat May 09, 2020 7:00ohh itu di keterangan "include reservoir" juga ..... ga ke shot tulisannya ya
jd praktis yg di blok kurang dr 1L
worth it ga nya kayanya mending dibilas air demin accu, seliter merk yuasa di tokoijo Rp 7.000-12.000, paling butuh 4. apalagi kl kaya ente tiap taun ganti, kayanya ga ada coklat2nya.
Tp bagus jg seh, ga usa ribet buka enjin blok punya drain plug, kl.ke hold cuman stengah liter doank
Kl ane seh, tiap kl drain tiap taon, warna, bau ama cairan nya kdg masi mirip ama yg baru d botol om.. cuman yah biar peace of mind aj
Ente buka baut reservoirnya pake kunci pas aja bisa ?
Ane takut kagak muat sempit bgt celahnya euy ahahaha
Mbl hrv ini reservoirnya agak aneh emang
Mendelep di bawah
Trs selang rservoirnya di tabung
Mbl lain kan di tutupnya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ganti Coolant Radiator
Buka baut kupu2 reservoir mah pake jari ama kain aj.. pasti kebuka
numpang lewat aja....