Ganti Coolant Radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

Mz175 wrote: Thu Mar 03, 2022 3:32
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
dinatara wrote: Tue Mar 01, 2022 1:21

:big_deal: :big_deal:




Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Kalau di kasus saya ganti coolant ac nya dingin. Dulu masih pake coolant bawaan mazda nggak berkurang sama sekali. Mungkin karena nggak pernah hi-rev. Sekarang pake merk seiken aja 4 ltr 130rb di toko offline. Ganti 2 tahun / 20rb km
klo di saya gak ada efek, ac tetap dingin juga, karena rutin ganti tiap tahun hahaha
jd smoga selalu relatif fresh itu coolant.

+ lendir rem + air filter jg ganti tiap tahun.
biar joss gak pengep napas mesin dan joss ngerem nya.

mungkin klo coolant dah 10 thn gak ganti, \
baru berasa ngefek, tau2 dalamnya (amit2) karatan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by blloewy »

josomba wrote: Wed Mar 02, 2022 8:29
blloewy wrote: Wed Mar 02, 2022 7:50
Suryaputra wrote: Wed Mar 02, 2022 7:31

+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram :ngacir:
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie :big_think:
Minyak rem turun performa karena kandungan air yg meningkat sih mbah, brake fluid kan higroskopis. hehe.

Kalau brake fluid bonafide, biasa nyantumin boiling point awal dan wet boiling point (biasa 1-2 tahun setelah digunakan asumsinya).
Waduh ketauan nubie akutnya ini saya :big_peace:
Makasih Mbah pencerahannya :big_exellent:
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

hackers11 wrote: Thu Mar 03, 2022 4:21 Bicara coolant apa ada yg ounya info ttg coolant engine ice?
Awalnya populer di motor karena bisa nurunin temp dibandingkan coolant biasa sampai 6 derajat lbh rendah.
Speknya Polypropylene Glycol (PG). Sedangkan merek lain umumnya masih pakai Etylene Glycol (EG).
Harga aih sgt mahal karena 2ltr bisa 400an rb.
Too good to be true kah?

Kenapa tertarik?
kemaren turing trans jawa di daerah yg temp bisa 36 derajat(suhu luar) rasanya performa mesin drop. Harus gas lbh agresif bwt jaga kecepatan. Mobilnya rocky 1.0. berpikir kalo temperatur mesin bisa diimprove gejala power down bisa diminimalisir cmiiw
bahan coolant yah kl ga PG , ya EG om

ga beda2 gmana

coolant itu yg penting justru diliat, cocoklogi nya gmana ama enjin mobil kta
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3920
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Thu Mar 03, 2022 3:58
yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 3:51
josomba wrote: Wed Mar 02, 2022 16:53

Merendahnya kebangeten ...

:ungg:
Ya engga merendah mbah.. Wong nubi mmg adanya yaris jadoel.. dibanding masada sekaiaktip ya bumi langit lah :big_chicken: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
yg bisa lari 160++ pake gigi 3 itu ya mbah. keyeeeeyn :ungg:
klo dipaksa ke redline bisa masup ke 170 sblm shift gear.. :big_chicken:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 10:02

klo dipaksa ke redline bisa masup ke 170 sblm shift gear.. :big_chicken:



:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:


positif ini mah, masda 2 sky ketinggalan jauh....
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Thu Mar 03, 2022 10:16
yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 10:02

klo dipaksa ke redline bisa masup ke 170 sblm shift gear.. :big_chicken:



:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:


positif ini mah, masda 2 sky ketinggalan jauh....
Itu br gear 3.
Ck ck ck ck.
Mengerikan.

Coba lio, 140 plus dah ngambek gakmau naik ecu nya ngunci gas (throttle delay)
Tp gpp for safety :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by hackers11 »

DOHC wrote:
hackers11 wrote: Thu Mar 03, 2022 4:21 Bicara coolant apa ada yg ounya info ttg coolant engine ice?
Awalnya populer di motor karena bisa nurunin temp dibandingkan coolant biasa sampai 6 derajat lbh rendah.
Speknya Polypropylene Glycol (PG). Sedangkan merek lain umumnya masih pakai Etylene Glycol (EG).
Harga aih sgt mahal karena 2ltr bisa 400an rb.
Too good to be true kah?

Kenapa tertarik?
kemaren turing trans jawa di daerah yg temp bisa 36 derajat(suhu luar) rasanya performa mesin drop. Harus gas lbh agresif bwt jaga kecepatan. Mobilnya rocky 1.0. berpikir kalo temperatur mesin bisa diimprove gejala power down bisa diminimalisir cmiiw
bahan coolant yah kl ga PG , ya EG om

ga beda2 gmana

coolant itu yg penting justru diliat, cocoklogi nya gmana ama enjin mobil kta
Yg bagian statement bahan PG kebetulan dikopi dari satement yg jual di grid oto om. Ga relevan ya tipe coolantnya sama impact penurunan suhu?
Too good to be true?
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu :big_childish:

Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
2012 - 1NZFE
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by wicaksono99 »

dinatara wrote: Thu Mar 03, 2022 12:25
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu :big_childish:

Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by sintoni »

wicaksono99 wrote: Thu Mar 03, 2022 12:32
dinatara wrote: Thu Mar 03, 2022 12:25
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu :big_childish:

Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Harusnya begitu..
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3920
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by yanuarra »

dinatara wrote: Thu Mar 03, 2022 12:25
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu :big_childish:

Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Ini jg cukup om
IMG_20220303_201650.jpg


Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya :big_weee:


........ :ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

hackers11 wrote: Thu Mar 03, 2022 11:47
DOHC wrote:
hackers11 wrote: Thu Mar 03, 2022 4:21 Bicara coolant apa ada yg ounya info ttg coolant engine ice?
Awalnya populer di motor karena bisa nurunin temp dibandingkan coolant biasa sampai 6 derajat lbh rendah.
Speknya Polypropylene Glycol (PG). Sedangkan merek lain umumnya masih pakai Etylene Glycol (EG).
Harga aih sgt mahal karena 2ltr bisa 400an rb.
Too good to be true kah?

Kenapa tertarik?
kemaren turing trans jawa di daerah yg temp bisa 36 derajat(suhu luar) rasanya performa mesin drop. Harus gas lbh agresif bwt jaga kecepatan. Mobilnya rocky 1.0. berpikir kalo temperatur mesin bisa diimprove gejala power down bisa diminimalisir cmiiw
bahan coolant yah kl ga PG , ya EG om

ga beda2 gmana

coolant itu yg penting justru diliat, cocoklogi nya gmana ama enjin mobil kta
Yg bagian statement bahan PG kebetulan dikopi dari satement yg jual di grid oto om. Ga relevan ya tipe coolantnya sama impact penurunan suhu?
Too good to be true?
kl soal suhu, mungkin lebi ngaruh ke tingkat keenceran nya om, walaupun lagi2 ga tralu signifikan yah, kcuali ud gonta ganti termostat

kl saya sehh tetep lebi concern ke kandungan coolant nya, dan sesuai in ama mobil kta.. tp kl mobil2 jepun umum jaman skrg sehh mustinya ud lebi toleran koq, asal kan no silicate, phospate, amine.. mustinya ga masalah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 13:23
dinatara wrote: Thu Mar 03, 2022 12:25
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu :big_childish:

Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Ini jg cukup om

IMG_20220303_201650.jpg



Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya :big_weee:


........ :ngacir:
mbah

ini ganti nya per 20 rebu km loh... alias coolant kelas kere hore

masa ga malu ama tools2 buat ngeganti nya ntar :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3920
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Thu Mar 03, 2022 13:26
yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 13:23
dinatara wrote: Thu Mar 03, 2022 12:25

Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu :big_childish:

Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Ini jg cukup om

IMG_20220303_201650.jpg



Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya :big_weee:


........ :ngacir:
mbah

ini ganti nya per 20 rebu km loh... alias coolant kelas kere hore

masa ga malu ama tools2 buat ngeganti nya ntar :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Justru itu maksudnya mbah.. biar toolsnya disuru kerja. Contohnya coolant funnel itu biar dia kerja at least setaun sekali :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: Thu Mar 03, 2022 12:25
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu :big_childish:

Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
sy gak merhatiin kipas radiator.
yg jelas fine fine aja, hahahaha.
karena tiap tahun sy ganti + di tabung reservoir nya jg.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by wicaksono99 »

yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 13:23
dinatara wrote: Thu Mar 03, 2022 12:25
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu :big_childish:

Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Ini jg cukup om

IMG_20220303_201650.jpg



Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya :big_weee:


........ :ngacir:
O em ji... Ternyata bear brand gak cuma namanya susu beruang, iklannya naga isinya susu sapi.. Ada juga yg isinya coolant :mky_03:
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by dinatara »

wicaksono99 wrote: Thu Mar 03, 2022 12:32 Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Teorinya gitu mbah, cuman blm pernah coba. Klo saya mending yg pasti2 aja kayak toyota llc 30-70
yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 13:23
Ini jg cukup om

IMG_20220303_201650.jpg



Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya :big_weee:


........ :ngacir:
Uda mulai semi motuba nih :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: Thu Mar 03, 2022 15:05
sy gak merhatiin kipas radiator.
yg jelas fine fine aja, hahahaha.
karena tiap tahun sy ganti + di tabung reservoir nya jg.
Dicopy mbaahh :big_deal:
2012 - 1NZFE
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by blloewy »

wicaksono99 wrote: Thu Mar 03, 2022 12:32
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Nubie ijin share pengalaman Mbah.
Krn pakenya Lipindut si mesin resing maha dahsyat...
Rekomen pabrikan 30:70.
Cuma kemaren pas saya ganti coolant itu saya buat 40:60
2 liter coolant Nissan dicampur 3 liter air destilasi biru yg biasa u isi aki.
Masuk ke mobil cm 4,5 liter aja dan sisa 0,5 liter saya simpen aja u top up.
Begitu kira2 mbah saya lakkan proses pencampuran nya.
Dan dicampurnya waktu belum dituagkan ke radiator ya...
Jadi pencampuran pake galon sendiri trs diaduk2 ala bartender bohay kesukaan mbah tugel.. :big_slap: :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by wicaksono99 »

blloewy wrote: Thu Mar 03, 2022 23:42
wicaksono99 wrote: Thu Mar 03, 2022 12:32
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Nubie ijin share pengalaman Mbah.
Krn pakenya Lipindut si mesin resing maha dahsyat...
Rekomen pabrikan 30:70.
Cuma kemaren pas saya ganti coolant itu saya buat 40:60
2 liter coolant Nissan dicampur 3 liter air destilasi biru yg biasa u isi aki.
Masuk ke mobil cm 4,5 liter aja dan sisa 0,5 liter saya simpen aja u top up.
Begitu kira2 mbah saya lakkan proses pencampuran nya.
Dan dicampurnya waktu belum dituagkan ke radiator ya...
Jadi pencampuran pake galon sendiri trs diaduk2 ala bartender bohay kesukaan mbah tugel.. :big_slap: :big_peace:
Buset mbah.. Coolant nissan premixed yg 50/50 kan? 2 liter coolant ditambah 3 liter air kayanya perbandingan jadi 20/80 itu mbah.. Kalau mau dibuat 40/60 harusnya untuk 2 liter coolat 50/50 ditambah air 0,5 liter aja mbah 😅
Kalau yg coolant concentrate bener pakai campur 2:3. Hehe..
Kalau dicampur pas di jerigen ga masalah.. Lebih bagus.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by blloewy »

wicaksono99 wrote: Fri Mar 04, 2022 0:53
blloewy wrote: Thu Mar 03, 2022 23:42
wicaksono99 wrote: Thu Mar 03, 2022 12:32
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Nubie ijin share pengalaman Mbah.
Krn pakenya Lipindut si mesin resing maha dahsyat...
Rekomen pabrikan 30:70.
Cuma kemaren pas saya ganti coolant itu saya buat 40:60
2 liter coolant Nissan dicampur 3 liter air destilasi biru yg biasa u isi aki.
Masuk ke mobil cm 4,5 liter aja dan sisa 0,5 liter saya simpen aja u top up.
Begitu kira2 mbah saya lakkan proses pencampuran nya.
Dan dicampurnya waktu belum dituagkan ke radiator ya...
Jadi pencampuran pake galon sendiri trs diaduk2 ala bartender bohay kesukaan mbah tugel.. :big_slap: :big_peace:
Buset mbah.. Coolant nissan premixed yg 50/50 kan? 2 liter coolant ditambah 3 liter air kayanya perbandingan jadi 20/80 itu mbah.. Kalau mau dibuat 40/60 harusnya untuk 2 liter coolat 50/50 ditambah air 0,5 liter aja mbah 😅
Kalau yg coolant concentrate bener pakai campur 2:3. Hehe..
Kalau dicampur pas di jerigen ga masalah.. Lebih bagus.
Gpp Om khan pergantian dibuat min 2 tahun sekali.
Kecuali mau dipakai sampai 20 rb km atau 5 tahun sekali baru pakai campuran 3 L Coolant plus 2 L air destilasi.
So far sdh hampir 9 bln cm dipake jalan 3000 km.
Yg penting min ada 10% coolant di dlm engine u cegah korosif.
Perbandingan 20:80 pemakaian di sini msh oke krn best nya khan tetep air sebagai penghantar panas. :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by AGSA »

Apakah pencampuran air radiator yg beda merk ada pengaruh negatif nya ya Om? Soalnya saya punya xpander ini mau saya top up di reservoir nya dengan Honda coolant (punya Mitsubishi konsentrat jd ribet mesti campur sendiri)
Pilatypus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Jan 01, 2022 15:37

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Pilatypus »

Coolant Toyota warna merah amankah kalau diganti sama coolant Suzuki warna ijo? Niatnya cuma pake metode drain yang di radiator, reservoir, sama buka selang aja jadi mungkin masih ada sisa coolant Toyota di mesin dan heater core. Terus langsung diisi pake coolant Suzuki yang beda warna, biar nggak kemasukan air murni sama sekali.

Kemarin kirain coolantnya coklat eh pas ditarik pake selang ternyata masih merah bening dan gak ada tanda karatan di radiatornya, gak jadi deh ganti. Mana udah keburu beli coolant ijo, sayang kalo ga dipake :big_dunno:.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by RezPrat »

Nubie mau tanya nih sama suhu2 disini, ada yg tau gimana step by step nya kuras coolant di kijang 2 GD. Ane kuatir masalah buang udara nya.
Kalau step2 gini boleh?

1. Buka tutup resovoir
2. Hidupkan mesin
3. Buka baut kupu2 d bawah radiator grill
4. Biarkan ngucur
5. Matikan mesin.
6 setelah air tidak menetes, tutup baut kupu2 bawah
7. Tuangkan coolant baru ke resovoir
8. Hidupkan mesin lagi
9. Lakukan berulang2 sampe udah gak turun lagi coolantnya

Udah bener gak cara nya begini? Apa cara diatas udah menjamin gak ada angin lagi d dalam saluran coolant? Thx sebelumy.
User avatar
Krigger
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Daily Vehicle: L15zf - HRV E 2018

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Krigger »

Pengen kuras coolant buat mesin L15z / HRV ane, bagusnya pake apaan ya mbah?
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

Krigger wrote: Sun Jan 22, 2023 14:04 Pengen kuras coolant buat mesin L15z / HRV ane, bagusnya pake apaan ya mbah?
Denso SLCC

Ganti tiap 1-2 tahun sekali (max 2 thn)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri