Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by Duvebriliant0 »

Kalau sy karena dulu biasa bawa avansa 1500 jadul yang di kecepatan 100 udh ga karuan jadinya ketika ganti anki bawa 140-160 biasa sj menurut sy :big_childish:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by kunaskun »

pengendiesel wrote: Sun Jun 07, 2020 3:49 Ajaibnya, di tol transjawa itu rajanya anki anf anps. Hampir gak ada yang mematuhi max speed limit.
Apakah mereka betul2 taruhan nyawa untuk ngebut kayak gitu? Terutama anki sama anps yang super empuk
iya penguasa trans jawa. saya juga bingung, bukan masalah taruhan nyawa, yg saya pikirin: apa ga muntah2 itu yg duduk di dalem. lah dalkot pantura saya cobain ANPJS Dakkar 2017 unit TD saja sudah berasa puyeng.

kalau ANKI jauh lebih sedikit yg seperti ANPJS. kalau ANF jarang ada ya karena memang penjualan ANF di daerah ga sekenceng ANPJS. dan buat saya ANF jauh lebih normal dibandingkan ANPJS bantingannya = mungkin inilah kenapa ANF ga seberapa laku, karena ga empuk seperti ANPJS.

ladder FRAME SUV gini cuma minggir kalau dikejar european sedan atau minimal camry. karena jarang ada ANPJS lari diatas 140 kpj, apalagi kalau sudah masuk toll Batang - Semarang, european sedan segitu mah enteng = semacam habitatnya. :big_grin:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by pengendiesel »

kunaskun wrote: Sun Jun 07, 2020 11:49
pengendiesel wrote: Sun Jun 07, 2020 3:49 Ajaibnya, di tol transjawa itu rajanya anki anf anps. Hampir gak ada yang mematuhi max speed limit.
Apakah mereka betul2 taruhan nyawa untuk ngebut kayak gitu? Terutama anki sama anps yang super empuk
iya penguasa trans jawa. saya juga bingung, bukan masalah taruhan nyawa, yg saya pikirin: apa ga muntah2 itu yg duduk di dalem. lah dalkot pantura saya cobain ANPJS Dakkar 2017 unit TD saja sudah berasa puyeng.

kalau ANKI jauh lebih sedikit yg seperti ANPJS. kalau ANF jarang ada ya karena memang penjualan ANF di daerah ga sekenceng ANPJS. dan buat saya ANF jauh lebih normal dibandingkan ANPJS bantingannya = mungkin inilah kenapa ANF ga seberapa laku, karena ga empuk seperti ANPJS.

ladder FRAME SUV gini cuma minggir kalau dikejar european sedan atau minimal camry. karena jarang ada ANPJS lari diatas 140 kpj, apalagi kalau sudah masuk toll Batang - Semarang, european sedan segitu mah enteng = semacam habitatnya. :big_grin:
Yes yes yes, sekalinya ane disalip camry, kayaknya lari 180 itu hahahaha
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Sun Jun 07, 2020 11:49
pengendiesel wrote: Sun Jun 07, 2020 3:49 Ajaibnya, di tol transjawa itu rajanya anki anf anps. Hampir gak ada yang mematuhi max speed limit.
Apakah mereka betul2 taruhan nyawa untuk ngebut kayak gitu? Terutama anki sama anps yang super empuk
iya penguasa trans jawa. saya juga bingung, bukan masalah taruhan nyawa, yg saya pikirin: apa ga muntah2 itu yg duduk di dalem. lah dalkot pantura saya cobain ANPJS Dakkar 2017 unit TD saja sudah berasa puyeng.

kalau ANKI jauh lebih sedikit yg seperti ANPJS. kalau ANF jarang ada ya karena memang penjualan ANF di daerah ga sekenceng ANPJS. dan buat saya ANF jauh lebih normal dibandingkan ANPJS bantingannya = mungkin inilah kenapa ANF ga seberapa laku, karena ga empuk seperti ANPJS.

ladder FRAME SUV gini cuma minggir kalau dikejar european sedan atau minimal camry. karena jarang ada ANPJS lari diatas 140 kpj, apalagi kalau sudah masuk toll Batang - Semarang, european sedan segitu mah enteng = semacam habitatnya. :big_grin:
Innova mau model lama-ANKI lebih rapih sih om, biasa jalannya kalem lurus tp konstan kenceng juga. Kayanya ANPS-ANF di transjawa ini kalahnya jg sama carnival baru yg V6/diesel. Tiap ketemu carnival, sekali ketemu larinya enteng banget. Tau2 ngilang jauh aja kl diliat :big_biglaugh: . Yg aneh tuh pernah liat ANF bensin sruntulan kenceng banget.

Tbh aja sih, sbg posisi kl nyetir 2 raja transjawa itu memang enak krn torsinya effortless banget. Tapi begitu nyetir mobil lain jd sebel banget ama 2 gajah itu krn ga ada aturan nyetir di transjawa :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by kunaskun »

pengendiesel wrote: Sun Jun 07, 2020 12:02 Yes yes yes, sekalinya ane disalip camry, kayaknya lari 180 itu hahahaha
kayanya saya pernah disalip entah BMW type apa, 200 kph kayanya ada, karena itu beneran lenyap dari pandangan dalam hitungan detik. malem2 pula.
erwinign wrote: Sun Jun 07, 2020 12:13 Innova mau model lama-ANKI lebih rapih sih om, biasa jalannya kalem lurus tp konstan kenceng juga. Kayanya ANPS-ANF di transjawa ini kalahnya jg sama carnival baru yg V6/diesel. Tiap ketemu carnival, sekali ketemu larinya enteng banget. Tau2 ngilang jauh aja kl diliat :big_biglaugh: . Yg aneh tuh pernah liat ANF bensin sruntulan kenceng banget.

Tbh aja sih, sbg posisi kl nyetir 2 raja transjawa itu memang enak krn torsinya effortless banget. Tapi begitu nyetir mobil lain jd sebel banget ama 2 gajah itu krn ga ada aturan nyetir di transjawa :big_biglaugh:
Carnival belum pernah ketemu.
mobil lain yg sering kenceng AN Rush Terios, kalau yg lama ketahuan banget diatas 100 udah nyerah mirip duo kaleng, nah yg baru ini 140 udah mentok tapi ya pikiran saya sama yg di dalem apa ga mabok? :big_biglaugh:

ANF bensin ya? saya malah pernah nemu Innova reborn bensin, sampe kaget, bisa juga itu mesin kuno lari 140 kpj :mky_03: mungkin sudah di retune kali.

ya di transjawa makin kesini makin kurang nyaman ya, terutama kalau ada mobil generasi baru plat B, kelihatan banget noraknya. kebetulan saya cuma sering seputaran sampe semarang saja. model bus malem generasi baru aja diklakson2 di dim :mky_07: :mky_07: :mky_07: bodohnya luar biasa :big_biglaugh: ga tau apa ya itu Scania generasi baru larinya udah bisa 160 effortless :big_love:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Sun Jun 07, 2020 12:39
erwinign wrote: Sun Jun 07, 2020 12:13 Innova mau model lama-ANKI lebih rapih sih om, biasa jalannya kalem lurus tp konstan kenceng juga. Kayanya ANPS-ANF di transjawa ini kalahnya jg sama carnival baru yg V6/diesel. Tiap ketemu carnival, sekali ketemu larinya enteng banget. Tau2 ngilang jauh aja kl diliat :big_biglaugh: . Yg aneh tuh pernah liat ANF bensin sruntulan kenceng banget.

Tbh aja sih, sbg posisi kl nyetir 2 raja transjawa itu memang enak krn torsinya effortless banget. Tapi begitu nyetir mobil lain jd sebel banget ama 2 gajah itu krn ga ada aturan nyetir di transjawa :big_biglaugh:
Carnival belum pernah ketemu.
mobil lain yg sering kenceng AN Rush Terios, kalau yg lama ketahuan banget diatas 100 udah nyerah mirip duo kaleng, nah yg baru ini 140 udah mentok tapi ya pikiran saya sama yg di dalem apa ga mabok? :big_biglaugh:

ANF bensin ya? saya malah pernah nemu Innova reborn bensin, sampe kaget, bisa juga itu mesin kuno lari 140 kpj :mky_03: mungkin sudah di retune kali.

ya di transjawa makin kesini makin kurang nyaman ya, terutama kalau ada mobil generasi baru plat B, kelihatan banget noraknya. kebetulan saya cuma sering seputaran sampe semarang saja. model bus malem generasi baru aja diklakson2 di dim :mky_07: :mky_07: :mky_07: bodohnya luar biasa :big_biglaugh: ga tau apa ya itu Scania generasi baru larinya udah bisa 160 effortless :big_love:
Berarti kl yang norak2 blm pernah naik transjawa/luar kota pantura itu om. Belum tau itu kl tengil sama bis2 baru gede gt bs dipepet terus amsiong dah :big_biglaugh: justru kl kita yg udah bbrp kali pernah rute pantura/transjawa itu tau ada bis gt justru mereka rata2 baik sama mobil kecil, misalnya sering ksh tanda kl di depannya ada kendaraan lain/ada perbaikan jalan (biasa pasang sein kanan terus2an). Bis2 terutama bis malem dikasih dim = cari mati aja ini drivernya, bs diseret/disrempet bis itu apalg kl malem :big_biglaugh:
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by sealplayerz »

erwinign wrote: Sun Jun 07, 2020 13:09
kunaskun wrote: Sun Jun 07, 2020 12:39
erwinign wrote: Sun Jun 07, 2020 12:13 Innova mau model lama-ANKI lebih rapih sih om, biasa jalannya kalem lurus tp konstan kenceng juga. Kayanya ANPS-ANF di transjawa ini kalahnya jg sama carnival baru yg V6/diesel. Tiap ketemu carnival, sekali ketemu larinya enteng banget. Tau2 ngilang jauh aja kl diliat :big_biglaugh: . Yg aneh tuh pernah liat ANF bensin sruntulan kenceng banget.

Tbh aja sih, sbg posisi kl nyetir 2 raja transjawa itu memang enak krn torsinya effortless banget. Tapi begitu nyetir mobil lain jd sebel banget ama 2 gajah itu krn ga ada aturan nyetir di transjawa :big_biglaugh:
Carnival belum pernah ketemu.
mobil lain yg sering kenceng AN Rush Terios, kalau yg lama ketahuan banget diatas 100 udah nyerah mirip duo kaleng, nah yg baru ini 140 udah mentok tapi ya pikiran saya sama yg di dalem apa ga mabok? :big_biglaugh:

ANF bensin ya? saya malah pernah nemu Innova reborn bensin, sampe kaget, bisa juga itu mesin kuno lari 140 kpj :mky_03: mungkin sudah di retune kali.

ya di transjawa makin kesini makin kurang nyaman ya, terutama kalau ada mobil generasi baru plat B, kelihatan banget noraknya. kebetulan saya cuma sering seputaran sampe semarang saja. model bus malem generasi baru aja diklakson2 di dim :mky_07: :mky_07: :mky_07: bodohnya luar biasa :big_biglaugh: ga tau apa ya itu Scania generasi baru larinya udah bisa 160 effortless :big_love:
Berarti kl yang norak2 blm pernah naik transjawa/luar kota pantura itu om. Belum tau itu kl tengil sama bis2 baru gede gt bs dipepet terus amsiong dah :big_biglaugh: justru kl kita yg udah bbrp kali pernah rute pantura/transjawa itu tau ada bis gt justru mereka rata2 baik sama mobil kecil, misalnya sering ksh tanda kl di depannya ada kendaraan lain/ada perbaikan jalan (biasa pasang sein kanan terus2an). Bis2 terutama bis malem dikasih dim = cari mati aja ini drivernya, bs diseret/disrempet bis itu apalg kl malem :big_biglaugh:
Sampai disrempet sih skrg udh jarang bgt karena krunya yg bakal kena klaim sama kantor, tapi dipepet sampai tipis mah sering bgt kalo sopir bus malemnya beneran jengkel apalagi bus kan bodynya kotak besar tinggi dan beratnya bisa 16 ton. :big_biglaugh:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by ginting »

pengendiesel wrote: Sun Jun 07, 2020 3:49
kunaskun wrote: Sat Jun 06, 2020 14:32
di venturer juga sama ya saya pikir ada perbaikan dari waktu saya nyetir ANKI G yg pake pelek 16". apalagi naik ANPJS itu luar biasa lagi :big_biglaugh:
ladder frame zaman sekarang itu mobil yg aneh, diajak pelan susah, diajak ngebut ngeri sendiri. tapi ya keunggulannya di Indonesia soal durability klaki2 adalah mutlak, walau sebetulnya ditopang part kaki2 yang memang mahal = komponen bagus ketika sudah waktunya ganti.
Ajaibnya, di tol transjawa itu rajanya anki anf anps. Hampir gak ada yang mematuhi max speed limit.
Apakah mereka betul2 taruhan nyawa untuk ngebut kayak gitu? Terutama anki sama anps yang super empuk
Saya rasa secara mesin, sedan jauh lebih capable buat ngebut di trans jawa. tapi kenapa yang ngebut trio Pajero, fortuner, anki ?
menurut saya selain karena nyali, tp juga karena kontur jalan toll yang kurang baik.
sekitar Brexit ke arah Batang itu banyak sekali box culver yang sambungannya telak (tidak landau) sehingga kalau dihajar kenceng maka mobil bisa terbang atau kaki kaki cepat longgar...mungkin pemilik sedan saying kaki kaki..

selain itu toll Pejagan, toll Jakarta Cikampek, banyak aspal yang gruntul gruntul, yang kalau main hajar akan rawan kaki kaki rusak.
alex_hg_hoo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jan 19, 2010 6:52

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by alex_hg_hoo »

ginting wrote: Sun Jun 07, 2020 15:44
pengendiesel wrote: Sun Jun 07, 2020 3:49
kunaskun wrote: Sat Jun 06, 2020 14:32
di venturer juga sama ya saya pikir ada perbaikan dari waktu saya nyetir ANKI G yg pake pelek 16". apalagi naik ANPJS itu luar biasa lagi :big_biglaugh:
ladder frame zaman sekarang itu mobil yg aneh, diajak pelan susah, diajak ngebut ngeri sendiri. tapi ya keunggulannya di Indonesia soal durability klaki2 adalah mutlak, walau sebetulnya ditopang part kaki2 yang memang mahal = komponen bagus ketika sudah waktunya ganti.
Ajaibnya, di tol transjawa itu rajanya anki anf anps. Hampir gak ada yang mematuhi max speed limit.
Apakah mereka betul2 taruhan nyawa untuk ngebut kayak gitu? Terutama anki sama anps yang super empuk
Saya rasa secara mesin, sedan jauh lebih capable buat ngebut di trans jawa. tapi kenapa yang ngebut trio Pajero, fortuner, anki ?
menurut saya selain karena nyali, tp juga karena kontur jalan toll yang kurang baik.
sekitar Brexit ke arah Batang itu banyak sekali box culver yang sambungannya telak (tidak landau) sehingga kalau dihajar kenceng maka mobil bisa terbang atau kaki kaki cepat longgar...mungkin pemilik sedan saying kaki kaki..

selain itu toll Pejagan, toll Jakarta Cikampek, banyak aspal yang gruntul gruntul, yang kalau main hajar akan rawan kaki kaki rusak.
Halo om G. Kenapa naik trio pajero fortuner dan anki lbh bisa ngebut dibanding sedan? Saya rasa dan coba (imho) karena posisi duduk dan tinggi kendaraan lebih mendukung. Ini seperti kenapa bis dan truk kosong berani salip dan kadang masuk tikungan, karena mrk bisa lihat jalan lbh jauh.

Klo faktor kaki2 sedan takut rusak, longgar atau bunyi2, itu tergantung karakter mobil nya. Kaki2 kuat ataubmudah bunyi (kaki2 dan eps). Bds pengalaman sy lbh berani bawa mazda 8 sy masuk sedikit d bahu jalan, daripada x5 saya yg suv atau alphard yg eps ny mudah kocak

Lalu tema besar kita apakah sporty driving doesn t sell cars vs ample space. Saya pikir
1. Tergantung kebutuhan, keluarga kecil, baru nikah, mobil u berdua tetap lebih senang mobil kecil krn lincah, parkir mudah dan irit. Bagi saya jazz hrv itu msh mobil kecil yg untuk gerak anak d dlm terbatas.
2. Size besar dan sporty bisa jalan bareng kok. Mesin besar dan chassis kaku, suspensi firm, body besar. Pengalaman sy mazda 8 termasuk besar dan enak di stir, meski alphard jauh lbh besar ruangannnya.
Past
Kijang93
Cielo MT94&AT95
Escudo98
Lancer93
Jazz04
Terrano01
E46 318 00&325 lci 03
W164 ML350 06
R171 SLK200 06
Harrier 2.4 06&AirS 04
Triton13
E70 X5 08
Now
Mazda 8 11
Alphard GS 14
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by pengendiesel »

ginting wrote: Sun Jun 07, 2020 15:44
pengendiesel wrote: Sun Jun 07, 2020 3:49
kunaskun wrote: Sat Jun 06, 2020 14:32
di venturer juga sama ya saya pikir ada perbaikan dari waktu saya nyetir ANKI G yg pake pelek 16". apalagi naik ANPJS itu luar biasa lagi :big_biglaugh:
ladder frame zaman sekarang itu mobil yg aneh, diajak pelan susah, diajak ngebut ngeri sendiri. tapi ya keunggulannya di Indonesia soal durability klaki2 adalah mutlak, walau sebetulnya ditopang part kaki2 yang memang mahal = komponen bagus ketika sudah waktunya ganti.
Ajaibnya, di tol transjawa itu rajanya anki anf anps. Hampir gak ada yang mematuhi max speed limit.
Apakah mereka betul2 taruhan nyawa untuk ngebut kayak gitu? Terutama anki sama anps yang super empuk
Saya rasa secara mesin, sedan jauh lebih capable buat ngebut di trans jawa. tapi kenapa yang ngebut trio Pajero, fortuner, anki ?
menurut saya selain karena nyali, tp juga karena kontur jalan toll yang kurang baik.
sekitar Brexit ke arah Batang itu banyak sekali box culver yang sambungannya telak (tidak landau) sehingga kalau dihajar kenceng maka mobil bisa terbang atau kaki kaki cepat longgar...mungkin pemilik sedan saying kaki kaki..

selain itu toll Pejagan, toll Jakarta Cikampek, banyak aspal yang gruntul gruntul, yang kalau main hajar akan rawan kaki kaki rusak.
Bisa juga karena jumlah gigi yang banyak, jadi lari 100 mesinnya berasa masih tidur.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Sun Jun 07, 2020 13:09 Berarti kl yang norak2 blm pernah naik transjawa/luar kota pantura itu om. Belum tau itu kl tengil sama bis2 baru gede gt bs dipepet terus amsiong dah :big_biglaugh: justru kl kita yg udah bbrp kali pernah rute pantura/transjawa itu tau ada bis gt justru mereka rata2 baik sama mobil kecil, misalnya sering ksh tanda kl di depannya ada kendaraan lain/ada perbaikan jalan (biasa pasang sein kanan terus2an). Bis2 terutama bis malem dikasih dim = cari mati aja ini drivernya, bs diseret/disrempet bis itu apalg kl malem :big_biglaugh:
ya begitulah mayoritas orang Indo. ada covid19 pun tetep norak :big_slap: apalagi cuma "ginian"...
Bus malam itu teman sejati sepanjang jalan, saya paling seneng ngekorin mereka, apalagi kalau iring2in gitu, enak, ada yang bukain jalan ngapain cape2 ngebut2 kalau ada voorrijder belasan ton yg bukain jalan. kalau ngantuk, ya tinggal salip saja kalau memang ada celahnya.
ginting wrote: Sun Jun 07, 2020 15:44 Saya rasa secara mesin, sedan jauh lebih capable buat ngebut di trans jawa. tapi kenapa yang ngebut trio Pajero, fortuner, anki ?
menurut saya selain karena nyali, tp juga karena kontur jalan toll yang kurang baik.
sekitar Brexit ke arah Batang itu banyak sekali box culver yang sambungannya telak (tidak landau) sehingga kalau dihajar kenceng maka mobil bisa terbang atau kaki kaki cepat longgar...mungkin pemilik sedan saying kaki kaki..

selain itu toll Pejagan, toll Jakarta Cikampek, banyak aspal yang gruntul gruntul, yang kalau main hajar akan rawan kaki kaki rusak.
karena mungkin ga pernah 140-160 di dalkot, terus commanding position ceritanya. juga memang itu mesin + transmisi mumpuni. tambah norak d.

soal kaki2 saya rasa relatif ya, kalau ke arah Semarang memang keriting, tapi arah balik ngga. malah saya berasa lebih nyaman di toll dengan sedan, karena merasa lebih santai, namanya saja sedan lari 100 kph mana berasa tau2 udah 140 saja, paling berasa raungan mesin atau desingan suara luar.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by ChZ »

erwinign wrote: Sun Jun 07, 2020 12:13
Innova mau model lama-ANKI lebih rapih sih om, biasa jalannya kalem lurus tp konstan kenceng juga. Kayanya ANPS-ANF di transjawa ini kalahnya jg sama carnival baru yg V6/diesel. Tiap ketemu carnival, sekali ketemu larinya enteng banget. Tau2 ngilang jauh aja kl diliat :big_biglaugh: . Yg aneh tuh pernah liat ANF bensin sruntulan kenceng banget.

Tbh aja sih, sbg posisi kl nyetir 2 raja transjawa itu memang enak krn torsinya effortless banget. Tapi begitu nyetir mobil lain jd sebel banget ama 2 gajah itu krn ga ada aturan nyetir di transjawa :big_biglaugh:
innova kalo dari pengalaman ane... kalah nyali... bannya kurus berbanding ukuran bodi, kurang lebar, klo udah ganti velg ngefek kayaknya.

akhir taon lalu ya gitu, kalah nyali, tp power masih ada. :big_biglaugh:

trus kalah peredam, jadi brisik akhirnya dijewer ama penumpang :ngacir: GNKI tipe non-V insulationnya ga lbh baik dari seekor avanza veloz... :ngacir:

macem ANF dan ANPS itu ketolong di insulation dan ban gede yg bikin berasa lebih napak. insulation bikin suara mesin dari kabin ga kedenger.

apalagi kalo udah tuned beuhh ga perlu digaspol lari 150 aja effortless.

trust me di tol trans itu yang penting peredamnya, klo mau ngebut tanpa dijewer seisi mobil... :ngacir:

ane pake ciarpi lari 180 ya sanggup, tp karena weight reduction ala HPM dijewer ama seisi mobil... pdhl pake Harrier konstan 160 gas dipentok pentokin mesin triak mulai berat ga ada yg protes :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by iwidiyanto »

pengalaman berkali2 lwt transjawa, kalau mau cari sepi ya jalan siang. cuman ya itu, mata cepet lelah karena silau kalau saya.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by lamatlancah »

kira2 itu trio disel comonrail mampu engga ngejar cx5 di tol transjawa (sama2 std ya).
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by slapnuts »

kunaskun wrote: Mon Jun 08, 2020 8:09
erwinign wrote: Sun Jun 07, 2020 13:09 Berarti kl yang norak2 blm pernah naik transjawa/luar kota pantura itu om. Belum tau itu kl tengil sama bis2 baru gede gt bs dipepet terus amsiong dah :big_biglaugh: justru kl kita yg udah bbrp kali pernah rute pantura/transjawa itu tau ada bis gt justru mereka rata2 baik sama mobil kecil, misalnya sering ksh tanda kl di depannya ada kendaraan lain/ada perbaikan jalan (biasa pasang sein kanan terus2an). Bis2 terutama bis malem dikasih dim = cari mati aja ini drivernya, bs diseret/disrempet bis itu apalg kl malem :big_biglaugh:
ya begitulah mayoritas orang Indo. ada covid19 pun tetep norak :big_slap: apalagi cuma "ginian"...
Bus malam itu teman sejati sepanjang jalan, saya paling seneng ngekorin mereka, apalagi kalau iring2in gitu, enak, ada yang bukain jalan ngapain cape2 ngebut2 kalau ada voorrijder belasan ton yg bukain jalan. kalau ngantuk, ya tinggal salip saja kalau memang ada celahnya.
Yes benar sekali, ketika lagi ingin jalan santai di Trans Jawa, saya sering sekali ngintilin bus malam. Contohnya Bus Muriaan yang larinya agak kencang (Haryanto, Nusantara scania series, Bejeu), kalau ingin santai biasa ngintil Rosin dan Raya, atau mau ikutan ngebut ada STJ. Bosan? Tinggal salip dan tancap gas sendiri, mereka juga pasti mempersilahkan asal kita sopan.

Kebanyakan dari mereka lebih tertib dalam penggunaan sein di tiap manuver atau halangan di depan dibandingkan para pengguna mobil pribadi yg kadang masih sruntulan tanpa sein (apalagi ladder frame pakai tetot-tetot).

Selain itu, uniknya ngintilin bus, konsumsi real time di MID lebih irit karena angin telah dibelah terlebih dahulu oleh bodynya yang raksasa dan kotak, apalagi di tol yang kanan kirinya tanpa penghalang sama sekali. Tapi ya jangan ngintil terlalu mepet juga, bahaya sendiri tar ketika harus manuver mendadak :big_peace:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by kunaskun »

iwidiyanto wrote: Mon Jun 08, 2020 9:01 pengalaman berkali2 lwt transjawa, kalau mau cari sepi ya jalan siang. cuman ya itu, mata cepet lelah karena silau kalau saya.
iya, karena mayoritas yang baru pakai beton jadi siang silau, tapi malam hujan jadi lebih jelas karena cahaya headlight kendaraan ga buyar oleh aspal hitam. solusinya pakai driving glasses yang proper.
lamatlancah wrote: Mon Jun 08, 2020 10:17 kira2 itu trio disel comonrail mampu engga ngejar cx5 di tol transjawa (sama2 std ya).
saya si ga pernah lihat itu trio diatas 140 kpj, mungkin yg naik di dalemnya udah goyang dombret :big_biglaugh:
slapnuts wrote: Mon Jun 08, 2020 10:28 Yes benar sekali, ketika lagi ingin jalan santai di Trans Jawa, saya sering sekali ngintilin bus malam. Contohnya Bus Muriaan yang larinya agak kencang (Haryanto, Nusantara scania series, Bejeu), kalau ingin santai biasa ngintil Rosin dan Raya, atau mau ikutan ngebut ada STJ. Bosan? Tinggal salip dan tancap gas sendiri, mereka juga pasti mempersilahkan asal kita sopan.

Kebanyakan dari mereka lebih tertib dalam penggunaan sein di tiap manuver atau halangan di depan dibandingkan para pengguna mobil pribadi yg kadang masih sruntulan tanpa sein (apalagi ladder frame pakai tetot-tetot).

Selain itu, uniknya ngintilin bus, konsumsi real time di MID lebih irit karena angin telah dibelah terlebih dahulu oleh bodynya yang raksasa dan kotak, apalagi di tol yang kanan kirinya tanpa penghalang sama sekali. Tapi ya jangan ngintil terlalu mepet juga, bahaya sendiri tar ketika harus manuver mendadak :big_peace:
iya, yg blg bus ugal2an itu hanya di jalur pantura, giliran di toll mereka anteng dan ugal2an juga ga akan lebih dari 120 kpj. dan seperti biasa orang indo itu norak, ga mau aja di depan ada yang halangi, makanya hobi lane hogging, diklakson dim ga mau minggir, antre apalagi, makanya ga sadar diri bus kenceng gitu juga dilawan, ya ga heran covid19 pun ga bertaji di Indo :big_biglaugh:

paling berasa irit kalau ketemu iring2in itu irit bener karena efek slip stream tambah panjang, apalagi kalau ketemu double decker beneran yang dobel gardan. berasa enteng mau siang hari panas terik juga :big_biglaugh:
kevinmj11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Nov 16, 2015 13:47

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by kevinmj11 »

lamatlancah wrote: Mon Jun 08, 2020 10:17 kira2 itu trio disel comonrail mampu engga ngejar cx5 di tol transjawa (sama2 std ya).
engga.., uda saya coba di tol lampung.
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by FR6 »

kunaskun wrote: Mon Jun 08, 2020 8:09
ya begitulah mayoritas orang Indo. ada covid19 pun tetep norak :big_slap: apalagi cuma "ginian"...
Bus malam itu teman sejati sepanjang jalan, saya paling seneng ngekorin mereka, apalagi kalau iring2in gitu, enak, ada yang bukain jalan ngapain cape2 ngebut2 kalau ada voorrijder belasan ton yg bukain jalan. kalau ngantuk, ya tinggal salip saja kalau memang ada celahnya.
BENER BANGET OM!! :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Dari jaman kuliah saya udh sering AKAP pake Mobil, dulu jaman jalur pantura emang enak ngintilin Bus.
kalo bosen juga nyusulnya gampang, bus2 di jalur pantura (non tol) dulu gak banyak yg di atas 100.
skrg di tol transjawa udh pada 140++ wkwkw :mky_08:
mobil saya LMPV paling bongsor cuma 104hp 4AT udh kewalahan kalo tarik2an. :mky_01:
tapi untungnya, si LMPV ini kedap banget. 140 juga gak ada yg komentar kenceng.
tapi belom coba top speed sihh, dulu jaman kuliah sih berani ngetes top speed, skrg udh ada bini & anak jadi sayang nyawa :mky_01:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by kunaskun »

FR6 wrote: Thu Nov 19, 2020 9:28 BENER BANGET OM!! :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Dari jaman kuliah saya udh sering AKAP pake Mobil, dulu jaman jalur pantura emang enak ngintilin Bus.
kalo bosen juga nyusulnya gampang, bus2 di jalur pantura (non tol) dulu gak banyak yg di atas 100.
skrg di tol transjawa udh pada 140++ wkwkw :mky_08:
mobil saya LMPV paling bongsor cuma 104hp 4AT udh kewalahan kalo tarik2an. :mky_01:
tapi untungnya, si LMPV ini kedap banget. 140 juga gak ada yg komentar kenceng.
tapi belom coba top speed sihh, dulu jaman kuliah sih berani ngetes top speed, skrg udh ada bini & anak jadi sayang nyawa :mky_01:
ya sekarang driving style mesti diubah, dan cari mobil yg enak diajak cruising di 120 kpj :big_biglaugh: