Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by ChZ »

erwinign wrote: Mon Jun 01, 2020 16:44
Lho kok aneh ko wkwkwkwkw, apalg civic HB nanggung2 wes buat row 2 pas salin :big_biglaugh:
FD, FB dan FK lemah di headroom dan legroom kayaknya tersita karena positioning driver's seatnya lebih rendah... even lebih susah gerak dari honda city.

klo liat bentuknya honda city, coba perhatiin di bagian kabin, gembung banget kayak ikan buntal.... ga sleek macem civic atau accord. inget dlu pameran honda city GM6 baru di mall, ke mallnya pake FB, duduk di city rasanya lebih ga claustrophobic.

yahh sebenernya civic masih luas sih dibanding... mazda3.

tp dari platform ini kebayang kan kenapa freed itu jenius banget kabinnya... jazz aja luas, freed dengan badan segitu dan bodi triangle+square lebih hebat lagi. sliding door pulak. blom nemu MPV se fleksibel ini... makanya dulu laris walau dikata boros nan lemot... yg mau beli innova garasi ga cukup belinya freed.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by KielConstantine »

Kalo gw ya.. tiap ada teman nanya... "bro gw mau ganti mobil nih, bagus merk sama type apa ya?"

Pertama gw liat ini orang yg nanya bener2 concern sama otomotif apa kagak. Dalam artian doi ada enthusiast atau memang seperti masyarakat umumnya yang liat kendaraan hanya sebagai alat transportasi dari A ke B . Memudahkan perawatan murah, harga jual kembali, kenyamanan, kepraktisan.

Kalo tipe yang kedua. Ujung2nya ya tetep aja gw jawabin tuh kalo ga honda ya toyota. HR-V lah, CR-V, sienta lah, rush lah. Kijang lah. Klo budgetnya banyakan dikit ya fortuner lah, pajero sport, alphard... You name it the most generic cars out there.

Trus orang2 model bgini jg percuma mau dijelasin driving pleasure. How the tranny works, engine response, suspensions, hydraulic power steering vs eps dll. Udh kek masuk kuping kiri kluar kuping kanan. Ujung-ujungnya yg ditanya ga jauh ga bukan "irit ga bro? Brapa km/liter yah? Bisa isi premium/solar aman?" "Resale value gimana yah. Nanti jatoh ga pas dijual lg?" Jadi gw nya udh males duluan kan . So just don't brag about driving pleasure and others bs to them. Just please their ears with the typical question and answer. Dan mereka akan terpuaskan. Hahahahahahahahahahahaha

Dari segitu banyak yg nanya. Ada 1 orang teman yg memang enthusiast sama otomotif. Baru gw bicarain (ngasih saran) brand macam Mazda ini. Kadang gw jg bawa brand2 europe macam BMW, VW yg jg memang establish engagement in drivingnya. Gimana plus dan minus. Kalo di versus sama mazda yg notabene japanese gimana, dll dll. Dan dy sangat tertarik untuk mendengar.... Memang buat akuisisi unit sempat mikir 2-3 kali. Lagi2 di resale value & aftersales, sparepart agak mahal yg bikin maju mundur. Dan akhirnya 1 orang ini beli jg mazda 2 GT. Dan dy puas banget pakenya. Katanya kalo ada budget lebih mau coba upgrade ke CX-3 yg mesinnya 2.0 :big_exellent:

Yg laen gimana? Ya toyota honda toyota honda aja sampe rapture :wkkk: .. tapi lagi2 mereka smua juga sangat puas dengan HR-V , jazz , yaris, kijang tsb yg mereka punya n rawat.

Ada tuh temen gw 1 orang. Sampe bilang gini: "menurut gw HR-V mobil perfect banget. Enggak ada yg bisa lawan. Udah tinggi nggak takut ngesrot, lega banget, irit bensin bs pertalite, harga jual tahan. Harga jg masuk akal (dy punya type-E prefacelift masih dibawah 300jt pas beli include diskon)." "Kurangnya cuman 1, kurang mewah aja interiornya." :ngacir:

Terus fenomenanya begini. Yg beli mazda 2 itu mulai nanya2 tentang modifikasi ini itu saran. Bagus enggak yah kalo pake ban ini velg ini bla bla. Kalo di lowering kit gimana lebih fun to drive enggak. Misal ganti oli merk bagus rada mahal mesin jd halus apa gimana. Keliatan kan ada spirit dari automotive enthusiast di itu orang. Dan topik obrolan jadi seru sama doi.

Trus temen gw yg kebanyakan pada pake mobil toyota dan honda gimana? Ya mobilnya standart2 aja sampe kiamat ga dimodif apa2 (dan itu jg enggak ada salahnya). Malah kadang suka gw tanyain klo ktemu. "Eh lu udh ganti oli blom, tune up?" Dijawabnya "oh iya lupa gue.. udh lewat 7 bulan nih. Ntar ajalah mobil masih enak kok nggak ada keluhan."

Gw jawabin aja: "yaudah terserah lu, yg penting pas dijual ntar harga jualnya tetep tinggi kan" :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by anrico17 »

Ya memang realitanya most people dont give a s*** about sporty driving, mobil itu pada dasarnya alat untuk pergi ke A dan B, dan buat most poeple yang penting nyampe selamat dengan nyaman or at least gak menderita selama perjalanan.

Sporty car = keras = gak enak dipake harian, even buat orang yang suka sporty driving gk mungkin pengen mobilnya dipake bwt sporty driving setiap hari, bagi ya mampu ya ada mobil daily n weekend car, but again buat kebanyakan orang punya 2 mobil buat 2 hal berbeda gak reasonable.

dan mobil biasa yang terkenal sporty makin lama makin dijinakan, comfort wins everyone, even sporty drivers, contoh ya Honda, nyetir GE8 sm GK5 kayak mobil beda merek, CRV juga gitu koq.

Sporty driving is not a feature people want, but it’s a gimmick that attracts some people
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by omenRoo »

menarik diskusinya..

bener memang, punya mobil yg spacious lebih "berasa" daripada yang (katakanlah) sporty driving.

ya simpel karena gak perlu nunggu mobilnya jalan, udah bisa merasakan enaknya kabin yang luas. untuk merasakan sporty driving? mobil harus dicoba jalan dan biasanya yang bisa bedain dominan si driver, yang pegang kendali. penumpangnya cuma bisa fokus di kenyamanan, kembali lagi, salah satunya kabin yang luas lebih bisa dinikmati penumpang.

ujung2nya ngaruh ke buying decision....
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by HaykelAdityawarman »

Sebuah pemikiran yang menarik om.. ga cuma SUV, logika yang sama juga applicable untuk segment mobil lainnya.

Yang dulu ane ga habis pikir, ATPM Toyota menjual Toyota 86 dengan dua pilihan transmisi (Manual dan Automatic), dan semestinya untuk sportscar yang menjadikan driving dynamics main selling point, varian bertransmisi Manual akan lebih laku dibanding Automatic. Tapi kenyataannya? Terpantau dari forum jual beli, media sosial sampai artikel modifikasi yang pernah saya baca sampai saat ini, bisa dibilang 90% Toyota 86 yang dibeli orang adalah Automatic :D

Klo so-called enthusiast dan orang yang bisa afford mobil tsb dalam keadaan baru memilih seperti itu, ga heran makin kesini pabrikan mobil fokus buat mobil yang practical dan semakin menjauhi mobil yang fokus di driving dynamics.

Ane berharap kedepannya Mazda dan brand2 lain tetep membuat mobil yang mementingkan driving dynamics diantara lineup-lineup mereka yang ditujukan untuk mengejar profit perusahaan masing-masing....
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by Fookyoo »

KielConstantine wrote: Mon Jun 01, 2020 20:33
Trus temen gw yg kebanyakan pada pake mobil toyota dan honda gimana? Ya mobilnya standart2 aja sampe kiamat ga dimodif apa2 (dan itu jg enggak ada salahnya). Malah kadang suka gw tanyain klo ktemu. "Eh lu udh ganti oli blom, tune up?" Dijawabnya "oh iya lupa gue.. udh lewat 7 bulan nih. Ntar ajalah mobil masih enak kok nggak ada keluhan."

Gw jawabin aja: "yaudah terserah lu, yg penting pas dijual ntar harga jualnya tetep tinggi kan" :wkkk:
Persis nih sama temen Nubie.
Dia mau jual mobil nya ke Nubie waktu 2017 lalu (kebetulan waktu itu lagi nyari mobil).
Mobil dia SUV korea tahun 2013
Biar clear dan sama2 enak, Nubie tanya2 dulu sejarah pake dan service record .
Saat tanya service record, dia bilang, "gue selalu ganti oli kok 8-10 bulan sekali lah, tapi kalo service gak pernah sih, gue gak pake mobil ke gurun juga kan" :big_chicken:
Lalu mau jual dengan harga tinggi, gak mau rugi banyak.
Tapi mobil gak pernah diurus, 4 tahun gak pernah servis :big_slap:

Akhirnya yg ambil temen lain, dan proven mobilnya banyak PR. :big_slap:
So, yang Om-Om semua di atas bilang bener sih.
Nubie rasa kalo bukan petrolhead, penyuka Otomotif (mobil, motor, dll), mereka cuma concern "kuat ga?"... "irit ga?"... "sempit ga?"... "resale value gimana?"..
Ga salah juga sih. Let say hobi orang beda2 aja kali ya 😁
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by ChZ »

HaykelAdityawarman wrote: Tue Jun 02, 2020 1:46 Sebuah pemikiran yang menarik om.. ga cuma SUV, logika yang sama juga applicable untuk segment mobil lainnya.

Yang dulu ane ga habis pikir, ATPM Toyota menjual Toyota 86 dengan dua pilihan transmisi (Manual dan Automatic), dan semestinya untuk sportscar yang menjadikan driving dynamics main selling point, varian bertransmisi Manual akan lebih laku dibanding Automatic. Tapi kenyataannya? Terpantau dari forum jual beli, media sosial sampai artikel modifikasi yang pernah saya baca sampai saat ini, bisa dibilang 90% Toyota 86 yang dibeli orang adalah Automatic :D

Klo so-called enthusiast dan orang yang bisa afford mobil tsb dalam keadaan baru memilih seperti itu, ga heran makin kesini pabrikan mobil fokus buat mobil yang practical dan semakin menjauhi mobil yang fokus di driving dynamics.

Ane berharap kedepannya Mazda dan brand2 lain tetep membuat mobil yang mementingkan driving dynamics diantara lineup-lineup mereka yang ditujukan untuk mengejar profit perusahaan masing-masing....
karena orang membeli sportscar pun bukan karena driving dynamics. they buy it because it's... cool. tidak banyak orang beli sportscar, untuk digeber di track, cari lapangan kosong terus ngesot-ngesot. mereka cuma bawa ke mall atau cafe dan nongkrong terus pulang. di mata lawan jenis you look way [cencored] naik GT86 ketimbang naik Honda Civic Turbo, ga peduli Civic Turbo bisa ngasapin 86 automatic di straightline.

yang kejadian di GT86, kejadian juga di RX-8. affordable sportscars gini asal ada duitnya aja, bakal jadi easy access to high class community. ngga perlu punya Mercedes atau BMW. karena semua mobil 2-pintu di indonesia berada dalam kasta yang setara, ga peduli brand. as long as it's two doors, it's cool. you can join us.

RX-8 juga best sellingnya yang auto. cari RX-8 manual itu susah. dan most RX-8 breaks down karena ownernya tidak mengerti bahwa mobil ini mesti sering digeber sampai redline supaya olinya terbakar gak menuhin ruang bakar, krn kalo light drive dan cuma di warm-up singkat pagi hari, justru malah rusak dan yang berakibat harus nambah oli setiap bulan, simalakama bukan? Ga pernah dipake olinya banjir, dipake olinya kebakar. that's rotary engine for you :mky_07:

pertama it's dangerous, ngga semua orang punya nyali buat geber sebuah sportscar sampai 9.000 RPM, ngegeber mobil sampe 6.000 dan 9.000 itu sesuatu yang beda jauh sekali, ane bawa RX8 manual, uda berasa ketarik G force, eh ternyata masih 6.000 RPM, masih ada 3.000 RPM lagi! so I need to push it even harder.

kedua klasik, infrastruktur. tol di indonesia jg rata-rata bumpy ga ramah dengan sportscar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by ChZ »

Prediksi positif bagi masa depan CX9 di US ada di setiap review. Melihat masyarakat sudah terlalu lama mendengar nama itu-itu saja yang sudah ada semacam Toyota Highlander, Honda Pilot, Ford Explorer, maka CX9 dianggap akan membuat para calon pembeli mudah beralih dari pilihan mainstream selama ini. Kalau reviewer sudah positif seharusnya masyarakat juga positif kan? To be continued...
nah ngomong2 TS ada bahas soal reviews...

TBH, car reviews are just for entertainment purpose. dari zaman masih pake kertas ampe paperless journalism kayak sekarang. people read or watch car magz / reviews itu buat hiburan, tontonan waktu senggang. tidak ada yang bener-bener serius cari mobil sampai nonton semua review mobil tsb.

contoh ane nge review mobil di SM sejak 2014, no one actually cares or buys the car I tried. cuma buat baca-baca, having fun, hiburan bacaan di sela-sela kerja. ada yang beli karena baca review saya (dan other reviews) itu dikit banget jumlahnya. 1 dari 10.000 orang yang baca, beli mobilnya.

review mobil itu kayak infotainment kalo di tipi-tipi, bedanya ini yang diomongin mobil, bukan seleb. cuma ajang kepo masyarakat dan cari duit orang yang terlibat di dalamnya, atau publicity stunt a.k.a iklan terselubung.

sisanya, no one ever buys anything. mereka cuma kepo tentang mobil-mobil terbaru.

lagian di indonesia kesimpulan review masing-masing mobil nyaris sama semua : it's drivable, it's comfortable, it's good to have. ane rasa trio clarkson, hammond, may nangkep ini. sangat jarang mereka review mobil-mobil harian biasa di show nya, it's pointless. they don't even mention prices or dealer offers, nyebut harga hanya untuk punchline saja.
Last edited by ChZ on Tue Jun 02, 2020 3:01, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by 12punch »

pengguna ford fiesta hadiir.. sempit pol dalemnya wkwkwkwk
kakak juga pake jazz, betul luas poll wkwkwk

i mean tapi apakah sulit mendapat formula seperti GE8 lagi?
jadi market yg butuh nyaman nyaman dapet
market petrol head juga dapet

penjelasan om Chz makesense sih ya mending ilang 10 untuk dpt 100
karena memang ternyata pas ud kerja ane jg baru bener2 terasa hanya butuh mobil yang reliable saja tok untuk muter2 bantu operasional kerja.. mobil sport dkk hanya cukup dipakai dihari sabtu saja :D
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by ChZ »

12punch wrote: Tue Jun 02, 2020 2:57 pengguna ford fiesta hadiir.. sempit pol dalemnya wkwkwkwk
kakak juga pake jazz, betul luas poll wkwkwk

i mean tapi apakah sulit mendapat formula seperti GE8 lagi?
jadi market yg butuh nyaman nyaman dapet
market petrol head juga dapet


penjelasan om Chz makesense sih ya mending ilang 10 untuk dpt 100
karena memang ternyata pas ud kerja ane jg baru bener2 terasa hanya butuh mobil yang reliable saja tok untuk muter2 bantu operasional kerja.. mobil sport dkk hanya cukup dipakai dihari sabtu saja :D
sebenernya yang ane sebutkan di awal. pada akhirnya newer cars will get less engaging, tapi more drivable.

honda dan BMW tricknya seperti ini : increase chassis rigidity, new suspension bushings, new suspension design, new quicker steering rack, in order to enable penggunaan soft suspension.

kalau pernah nyetir CR-V turbo atau Civic baru, akan berasa mobilnya soft, waktu ditekuk di tikungan ada sdikit bodyroll karena suspensinya lembut, tapi flexing di new chassis ini justru terasa sangat berkurang dibanding RE generation, ya karena itu tadi, desain new platformnya memungkinkan untuk itu.

berlaku juga di BMW seri-3 terbaru F30 dan G20. mobilnya jadi lebih lembut, even with RFT tyres, compared to non-RFT E36. Feel nya kalah raw dan engaging dibanding generasi E36 E46, cuma flexing sasisnya juga jauh berkurang dan steering racknya lebih agresif.

sementara Civic FB yang masih based on FD, berasa dull karena masih pake platform FD, yang mana tidak didesain untuk itu. ini kejadian di Jazz dan HR-V. mobilnya jadi dull karena overall design platformnya didesain di masa mereka bikin Jazz GD 20 taun lalu. BMW ngakalin leap generation ini dengan pake old engines instead of old platform.

platform ini juga memungkinkan Honda bikin Type-R baru yang walau pake 20inch wheels tetap nyaman di jalan perkotaan.

dan sayangnya karena mahal, much easier to do di mobil yang mahal, tapi sulit untuk mobil kelas low macem small crossovers dan hatchbacks.

makanya untuk small crossovers dan hatchbacks harus nunggu agak lama, mungkin satu platform bisa untuk 10-15 taun, tergantung itung-itungan nilai ekonomisnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Oct 12, 2018 5:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by eriwow »

Menarik nih pembahasannya... pernah dibahas sama si savagegeese soal penjualan Mazda di US yg hanya segitu2 ajah padahal dengan kualitas yg diatas rata2 harusnya bisa jauh lebih besar penjualannya.

Saya setuju dengan pendapat soal spacious dan bentuk. org Amerika apalagi yg selatan itu orangnya guede guede and gendut2 berlemak so buat mereka mungkin space is everything. Bagaimana mereka biar masuk dan keluar dari Truck adalah hal penting. Truck buat mereka adalah sebagai pengganti kuda di jaman moderen. Liatlah mobil2 buat pasar lokal US (truck).

Tapi mugkin ada satu yg kita belum tahu/paham adalah soal sales person atau marketing team. Bagaimana mereka membuat scheme yg menarik, bagaimana dealer berinterkasi dengan kustemer dan bagaimana kualitas after sales service. Bagaimana image brand Mazda selama ini di US.

Nah kalau soal pasar lokal saya kira semua kita paham masalahnya dimana... dan nothing we can do.

Kalau yg punya rejeki lebih ya mari beli mobil yg gak pasaran biar kita gak bosen lihat dijalanan mobil itu2 ajah. Hitung2 ibadah pandangan buat sesama petrolhead.

ew
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by ChZ »

eriwow wrote: Tue Jun 02, 2020 4:27 Menarik nih pembahasannya... pernah dibahas sama si savagegeese soal penjualan Mazda di US yg hanya segitu2 ajah padahal dengan kualitas yg diatas rata2 harusnya bisa jauh lebih besar penjualannya.

Saya setuju dengan pendapat soal spacious dan bentuk. org Amerika apalagi yg selatan itu orangnya guede guede and gendut2 berlemak so buat mereka mungkin space is everything. Bagaimana mereka biar masuk dan keluar dari Truck adalah hal penting. Truck buat mereka adalah sebagai pengganti kuda di jaman moderen. Liatlah mobil2 buat pasar lokal US (truck).

Tapi mugkin ada satu yg kita belum tahu/paham adalah soal sales person atau marketing team. Bagaimana mereka membuat scheme yg menarik, bagaimana dealer berinterkasi dengan kustemer dan bagaimana kualitas after sales service. Bagaimana image brand Mazda selama ini di US.

Nah kalau soal pasar lokal saya kira semua kita paham masalahnya dimana... dan nothing we can do.

Kalau yg punya rejeki lebih ya mari beli mobil yg gak pasaran biar kita gak bosen lihat dijalanan mobil itu2 ajah. Hitung2 ibadah pandangan buat sesama petrolhead.

ew
mnariknya, mazda CX-5 ini best selling crossover di aussie, hanya berslisih dikit dengan RAV4, justru Honda yang bontot.

https://www.carsguide.com.au/car-news/t ... 2019-77618

kalo ngeliat dari best selling car nya, rasanya di aussie memang ga trlalu pusing ama space, dan rata-rata jalannya mulus. Toyota Corolla mobil terlaris ketiga setelah hilux dan ranger, disusul hyundai i30. dan klo banyakan di jalan aspal, emang ga heran CX-5 laku. yg urban belinya sedan atau crossover.

tp tetep ga bsa terlaris, yg terlaris tetep dcab...
Last edited by ChZ on Tue Jun 02, 2020 5:30, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by anadzir »

Setuju sih, logikanya kan mass market beli mobil untuk harian (macet macet di perkotaan, kursi yang empuk, dan space interior yang luas untuk akomodasi barang belanjaan dan anak anak) dan butuh kenyamanan, kepraktisan, dan FC yg bagus. Sporty driving untuk menengah-keatas dan banyak yang dikorbankan dari segi kenyamanan; kursi bucket jok lebih keras, headroom sempit karena body harus aerodinamis, space juga mengecil karena mengejar COG yang pas.

Dengan mengorbankan performance oriented values harga mobil bisa lebih murah, perawatan juga lebih mudah karena jeroan bukan performance parts, resale value lebih baik karena banyak yang mau beli dan perputaran penjualan yang cepat. IMHO thats why performance cars doesnt sells.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by Kaleng »

ChZ wrote: Tue Jun 02, 2020 5:14
eriwow wrote: Tue Jun 02, 2020 4:27 Menarik nih pembahasannya... pernah dibahas sama si savagegeese soal penjualan Mazda di US yg hanya segitu2 ajah padahal dengan kualitas yg diatas rata2 harusnya bisa jauh lebih besar penjualannya.

Saya setuju dengan pendapat soal spacious dan bentuk. org Amerika apalagi yg selatan itu orangnya guede guede and gendut2 berlemak so buat mereka mungkin space is everything. Bagaimana mereka biar masuk dan keluar dari Truck adalah hal penting. Truck buat mereka adalah sebagai pengganti kuda di jaman moderen. Liatlah mobil2 buat pasar lokal US (truck).

Tapi mugkin ada satu yg kita belum tahu/paham adalah soal sales person atau marketing team. Bagaimana mereka membuat scheme yg menarik, bagaimana dealer berinterkasi dengan kustemer dan bagaimana kualitas after sales service. Bagaimana image brand Mazda selama ini di US.

Nah kalau soal pasar lokal saya kira semua kita paham masalahnya dimana... dan nothing we can do.

Kalau yg punya rejeki lebih ya mari beli mobil yg gak pasaran biar kita gak bosen lihat dijalanan mobil itu2 ajah. Hitung2 ibadah pandangan buat sesama petrolhead.

ew
mnariknya, mazda CX-5 ini best selling crossover di aussie, hanya berslisih dikit dengan RAV4, justru Honda yang bontot.

https://www.carsguide.com.au/car-news/t ... 2019-77618

kalo ngeliat dari best selling car nya, rasanya di aussie memang ga trlalu pusing ama space, dan rata-rata jalannya mulus. Toyota Corolla mobil terlaris ketiga setelah hilux dan ranger, disusul hyundai i30. dan klo banyakan di jalan aspal, emang ga heran CX-5 laku. yg urban belinya sedan atau crossover.

tp tetep ga bsa terlaris, yg terlaris tetep dcab...
Feeling saya kalau d-cab di sini tidak perlu proses kir setiap 6 bulan, atau kebalik kendaranan non niaga juga wajib kir per 6 bulan, maka bisa jadi d-cab juga laris manis di Indonesia.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by FU27 »

ChZ wrote: Tue Jun 02, 2020 2:54
Prediksi positif bagi masa depan CX9 di US ada di setiap review. Melihat masyarakat sudah terlalu lama mendengar nama itu-itu saja yang sudah ada semacam Toyota Highlander, Honda Pilot, Ford Explorer, maka CX9 dianggap akan membuat para calon pembeli mudah beralih dari pilihan mainstream selama ini. Kalau reviewer sudah positif seharusnya masyarakat juga positif kan? To be continued...
nah ngomong2 TS ada bahas soal reviews...

TBH, car reviews are just for entertainment purpose. dari zaman masih pake kertas ampe paperless journalism kayak sekarang. people read or watch car magz / reviews itu buat hiburan, tontonan waktu senggang. tidak ada yang bener-bener serius cari mobil sampai nonton semua review mobil tsb.

contoh ane nge review mobil di SM sejak 2014, no one actually cares or buys the car I tried. cuma buat baca-baca, having fun, hiburan bacaan di sela-sela kerja. ada yang beli karena baca review saya (dan other reviews) itu dikit banget jumlahnya. 1 dari 10.000 orang yang baca, beli mobilnya.

review mobil itu kayak infotainment kalo di tipi-tipi, bedanya ini yang diomongin mobil, bukan seleb. cuma ajang kepo masyarakat dan cari duit orang yang terlibat di dalamnya, atau publicity stunt a.k.a iklan terselubung.

sisanya, no one ever buys anything. mereka cuma kepo tentang mobil-mobil terbaru.

lagian di indonesia kesimpulan review masing-masing mobil nyaris sama semua : it's drivable, it's comfortable, it's good to have. ane rasa trio clarkson, hammond, may nangkep ini. sangat jarang mereka review mobil-mobil harian biasa di show nya, it's pointless. they don't even mention prices or dealer offers, nyebut harga hanya untuk punchline saja.
Calon pembeli mobil akan cari tau mobil incarannya di channel macam Carmudi, B Channel. Karena mereka pengen tau, incarannya itu bisa apa aja, fiturnya apa aja, akomodasinya buat barang bagaimana.

Klo penikmat review, ya nontonnya Fitra Eri, otodriver, autonetmagz, grid oto.

Memang bener sih, apalagi di Indonesia, mobil nyaman dan lega itu enaknya dari baru masuk mobil.

Pernah ngerasain punya 2 LCGC yang sangat bertolak belakang karakternya. Brio satya 2015 (pantat setrika) dan Karimun Wagon R.

Untuk ukuran LCGC, Brio itu nikmat banget di tol. Hampir ga ada bodyroll, respons mesin di putaran tengah-atas enak. Tapi ya itu, enaknya di tol (setelah nambah peredam dan upgrade speaker yang menghabiskan 4 juta rupiah). Klo buat sehari2, pakai brio manual itu lumayan menyiksa klo macet parah. Dan kalo bawa barang banyak sedikit udah bingung banget, mau ditaruh mana.

Sedangkan wagon r, di tol ga ada enak2nya. Tapi bisa dinikmati sedari awal masuk mobil. Lega, visibilitas luas, walaupun terhalang pilar A yang gede. Tapi buat penumpang, mobil ini lebih nyaman. Enak juga buat macet2an. Dan beberapa teman yang sempat coba wagon r saya, komentarnya rata2 sama, mobilnya enak, cuma tampangnya aja aneh.

Klo segi penjualan, kelihatan juga sih, brio pantat setrika penjualannya gak sebagus new brio yang bagasinya lega. Padahal klo lihat tampilan, lebih cakep brio lama daripada brio baru. Terbukti, bagasinya brio baru itu menarik pembeli.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by ChZ »

Kaleng wrote: Tue Jun 02, 2020 6:39
Feeling saya kalau d-cab di sini tidak perlu proses kir setiap 6 bulan, atau kebalik kendaranan non niaga juga wajib kir per 6 bulan, maka bisa jadi d-cab juga laris manis di Indonesia.
di sini terlaris jg dcab om...

dalam bentuk SUV dan MPV... hahahahahha.

klo d sini case nya masyarakat cinta banget ama mobil 7 seater... sementara di oz kalo liat dcab bisa jadi terlaris brarti emg ga butuh2 amat space...
FU27 wrote: Tue Jun 02, 2020 7:09
Calon pembeli mobil akan cari tau mobil incarannya di channel macam Carmudi, B Channel. Karena mereka pengen tau, incarannya itu bisa apa aja, fiturnya apa aja, akomodasinya buat barang bagaimana.

Klo penikmat review, ya nontonnya Fitra Eri, otodriver, autonetmagz, grid oto.

Memang bener sih, apalagi di Indonesia, mobil nyaman dan lega itu enaknya dari baru masuk mobil.
yup, kalaupun beli jg emang dari lama ud diincer mobilnya... bukan karena reviewnya trus beli.

jarang yang affect buying decision secara langsung.

di SM juga khan kalo orang bimbang biasanya jawabannya "ikuti kata hati aja demen yg mana". pada akhirnya percuma dikasi saran A-Z klo ujungnya ati ga mantep. yang trjadi di ane klo ada orang nanya mobil, ane saranin aja apa yg dia demen.

tmen ane taon lalu misalnya mao beli 7 seater lmpv lsuv... lari dari expander ertiga apanja dll ... eh bokapnya liat biervi suka... akhirnya yang dibeli yah biervi jadinya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by Taufiq6210 »

Fookyoo wrote: Tue Jun 02, 2020 2:224 tahun gak pernah servis
Maaf nubie agak awam nih soal servis mobil, masih lebih sering servis komputer dan hp hehe.

Emangnya mobil dari baru seharusnya rutin servis ya? Karena dari dulu mama dan kakek saya selalu belinya mobil bekas terus (jadi nubie belum punya pengalaman mobil dari baru), dan servis itu dilakukan kalau ada yang rusak aja, karena kan kalau ga ada yang rusak apa yang mau diganti? Contoh AC kalau masih dingin apa yang mau diservis; power steering kalau ga ada yang rembes / bocor apa yang mau diservis; kaki-kaki kalau ga ada bunyi / rasa aneh apa yang mau diservis; dan sebagainya.

Setau nubie yang harus rutin itu pengecekan benda yang ada masa pakainya (bisa habis) kayak rem, ban, aki, busi; tapi bukan berarti benda-benda itu rutin diganti tanpa ada indikasi keausan kan.

Mohon petunjuknya
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by satriakarisma »

Taufiq6210 wrote: Tue Jun 02, 2020 8:46
Fookyoo wrote: Tue Jun 02, 2020 2:224 tahun gak pernah servis
Maaf nubie agak awam nih soal servis mobil, masih lebih sering servis komputer dan hp hehe.

Emangnya mobil dari baru seharusnya rutin servis ya? Karena dari dulu mama dan kakek saya selalu belinya mobil bekas terus, dan servis itu dilakukan kalau ada yang rusak aja, karena kan kalau ga ada yang rusak apa yang mau diganti? Contoh AC kalau masih dingin apa yang mau diservis; power steering kalau ga ada yang rembes / bocor apa yang mau diservis; kaki-kaki kalau ga ada bunyi / rasa aneh apa yang mau diservis; dan sebagainya.

Setau nubie yang harus rutin itu pengecekan benda yang ada masa pakainya (bisa habis) kayak rem, ban, aki, busi; tapi bukan berarti benda-benda itu rutin diganti tanpa ada indikasi keausan kan.

Mohon petunjuknya
Om Taufik,
Servis disini kata lain dilakukannya pengecekan, baik secara visual atau fisik atau dibersihkan dari kotoran yang ada, bukan penggantian.
Contoh untuk AC, sama kasusnya dengan unit AC rumah, AC mobil harus juga dibersihkan, baik evap atau ganti cabin filternya.
Kaki kaki pun sama, misal dilakukan pengecekan sokbreker; rembes-bocor / tidaknya, balljoint kempes atau tidak, semuanya dicek.

salam
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by classicrock »

Taufiq6210 wrote:
Fookyoo wrote: Tue Jun 02, 2020 2:224 tahun gak pernah servis
Maaf nubie agak awam nih soal servis mobil, masih lebih sering servis komputer dan hp hehe.

Emangnya mobil dari baru seharusnya rutin servis ya? Karena dari dulu mama dan kakek saya selalu belinya mobil bekas terus (jadi nubie belum punya pengalaman mobil dari baru), dan servis itu dilakukan kalau ada yang rusak aja, karena kan kalau ga ada yang rusak apa yang mau diganti? Contoh AC kalau masih dingin apa yang mau diservis; power steering kalau ga ada yang rembes / bocor apa yang mau diservis; kaki-kaki kalau ga ada bunyi / rasa aneh apa yang mau diservis; dan sebagainya.

Setau nubie yang harus rutin itu pengecekan benda yang ada masa pakainya (bisa habis) kayak rem, ban, aki, busi; tapi bukan berarti benda-benda itu rutin diganti tanpa ada indikasi keausan kan.

Mohon petunjuknya
Ikutan berbagi ya om.

Mungkin salah pengertian aja, servis beda dengan perbaikan/penggantian.

Contoh aja, belum lama saya ganti brake pad depan yang udah kebangetan tipisnya. Mumpung banyak waktu luang di rumah, sekalian saya cek pin kaliper, masih enak ga geraknya, sekalian juga kuras minyak rem supaya dinding piston rem ga mudah berkarat, kalo udah berkarat bakalan mudah macet.

Dulu banget jaman baru dilatih melihara mobil saya ngertinya perawatan mobil itu ya cuma ganti oli mesin, filter oli, filter solar, filter udara, oli gardan sama oli transmisi dan transfer case. Ternyata nggak, banyak hal lain yang harus diperhatiin, cross joint kopel harus rutin tembak grease, minyak rem harus dikuras rutin, kondisi grease di ball hub harus dicek...dsb dsb...intinya servis itu penting supaya mobil awet dan aman dipakai.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by mr_mytplx »

ChZ wrote: Tue Jun 02, 2020 2:54 lagian di indonesia kesimpulan review masing-masing mobil nyaris sama semua : it's drivable, it's comfortable, it's good to have.
Bener nih om. Udah kaya review makanan aja. Joss, enak, juicy, creamy, dan bahasa2 lainnya. Yg kesimpulan akhirnya : patut dicoba. :mky_03:
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by Taufiq6210 »

satriakarisma wrote: Tue Jun 02, 2020 8:59Servis disini kata lain dilakukannya pengecekan
classicrock wrote: Tue Jun 02, 2020 9:29Mungkin salah pengertian aja, servis beda dengan perbaikan/penggantian.
Ah oke... selama ini saya kira kalau sekedar pengecekan tanpa ada yang diperbaiki/diganti bukan termasuk servis.
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by akulemu »

Terima kasih semua untuk apresiasinya. :beer: :beer: :beer:


slapnuts wrote: Mon Jun 01, 2020 11:13 Itu yaris joker kurang hina apa coba di forum otomotif, sering diroasting lemot, radius putar terlalu lebar, cvt payah, ga fun to drive, tapi ya penjualannya tetap di atas Mazda2 yang didewakan reviewer.
:wkkk: kalo debat sama Toyota, mereka cuman pake 1 peluru dan langsung tewas musuhnya. Sales figure.
ginting wrote: Mon Jun 01, 2020 15:15 Mengenai fun to drive, untuk mobil di amerika, rasanya saya langsung dejavu sama tulisan oom NR yang bilang bahwa mobil orang amerika itu besar kuat kenceng tapi susah belok...mungkin karena halan disana gede gede dan highway lurus lurus..
Btw, bener sekali om ginting "besar, kuat, kenceng, tapi susah belok." :mky_02: Saya juga sebenernya cari frase ini cuman ga keluar waktu nulis.
ChZ wrote: Mon Jun 01, 2020 14:32 Mazda adalah ekivalennya old Hondas, dan ane rasa, ke depan Mazda will become more sensible, being another "Honda" - with more luxuries and features. Mazda cars juga gets softer by the day. CX-5 baru ane rasakan juga feels heavier and softer than older CX-5, ditekuknya lebih enak old CX-5 karena ringan... Mazda3 dan Mazda6 ingin ambil kelas luxury. New Mazda6 justru feels more like C-Class than 3-series.. hahahaha. Grillnya yang berkilau-kilau itu khan Mercedes banget.
Iya semoga Mazda lebih lagi menuju ke-masuk akal-an dalam membangun people mover. Bagaimanapun yang sedang saya 'cacati' ini kan merk mobil saya sendiri, masa saya hina-hina :mrgreen:
ChZ wrote: Tue Jun 02, 2020 2:54 nah ngomong2 TS ada bahas soal reviews...

TBH, car reviews are just for entertainment purpose. dari zaman masih pake kertas ampe paperless journalism kayak sekarang. people read or watch car magz / reviews itu buat hiburan, tontonan waktu senggang. tidak ada yang bener-bener serius cari mobil sampai nonton semua review mobil tsb.
Kalau review ada efeknya menurut saya. Itu seperti saya sudah berdiri di atas papan loncat kolam paling tinggi dan sudah di ujungnya tinggal locat, tapi perlu teman nakal yang jahilin saya untuk mendorong tiba-tiba dari belakang. Lha teman nakal itu reviewer :big_biglaugh:
Cars have soul.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by kunaskun »

Fookyoo wrote: Tue Jun 02, 2020 2:22
KielConstantine wrote: Mon Jun 01, 2020 20:33
Trus temen gw yg kebanyakan pada pake mobil toyota dan honda gimana? Ya mobilnya standart2 aja sampe kiamat ga dimodif apa2 (dan itu jg enggak ada salahnya). Malah kadang suka gw tanyain klo ktemu. "Eh lu udh ganti oli blom, tune up?" Dijawabnya "oh iya lupa gue.. udh lewat 7 bulan nih. Ntar ajalah mobil masih enak kok nggak ada keluhan."

Gw jawabin aja: "yaudah terserah lu, yg penting pas dijual ntar harga jualnya tetep tinggi kan" :wkkk:
Persis nih sama temen Nubie.
Dia mau jual mobil nya ke Nubie waktu 2017 lalu (kebetulan waktu itu lagi nyari mobil).
Mobil dia SUV korea tahun 2013
Biar clear dan sama2 enak, Nubie tanya2 dulu sejarah pake dan service record .
Saat tanya service record, dia bilang, "gue selalu ganti oli kok 8-10 bulan sekali lah, tapi kalo service gak pernah sih, gue gak pake mobil ke gurun juga kan" :big_chicken:
Lalu mau jual dengan harga tinggi, gak mau rugi banyak.
Tapi mobil gak pernah diurus, 4 tahun gak pernah servis :big_slap:

Akhirnya yg ambil temen lain, dan proven mobilnya banyak PR. :big_slap:
So, yang Om-Om semua di atas bilang bener sih.
Nubie rasa kalo bukan petrolhead, penyuka Otomotif (mobil, motor, dll), mereka cuma concern "kuat ga?"... "irit ga?"... "sempit ga?"... "resale value gimana?"..
Ga salah juga sih. Let say hobi orang beda2 aja kali ya 😁
sebenernya si moral of the story untuk cerita ini: dont buy car from your 1st circle or 2nd circle. saya pernah kejeblos dulu jual ke paman sendiri. dan bener aja, suara sumbang di belakang banyak bener, inilah itulah :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by kunaskun »

eriwow wrote: Tue Jun 02, 2020 4:27 Menarik nih pembahasannya... pernah dibahas sama si savagegeese soal penjualan Mazda di US yg hanya segitu2 ajah padahal dengan kualitas yg diatas rata2 harusnya bisa jauh lebih besar penjualannya.

Saya setuju dengan pendapat soal spacious dan bentuk. org Amerika apalagi yg selatan itu orangnya guede guede and gendut2 berlemak so buat mereka mungkin space is everything. Bagaimana mereka biar masuk dan keluar dari Truck adalah hal penting. Truck buat mereka adalah sebagai pengganti kuda di jaman moderen. Liatlah mobil2 buat pasar lokal US (truck).

Tapi mugkin ada satu yg kita belum tahu/paham adalah soal sales person atau marketing team. Bagaimana mereka membuat scheme yg menarik, bagaimana dealer berinterkasi dengan kustemer dan bagaimana kualitas after sales service. Bagaimana image brand Mazda selama ini di US.

Nah kalau soal pasar lokal saya kira semua kita paham masalahnya dimana... dan nothing we can do.

Kalau yg punya rejeki lebih ya mari beli mobil yg gak pasaran biar kita gak bosen lihat dijalanan mobil itu2 ajah. Hitung2 ibadah pandangan buat sesama petrolhead.

ew
savagegeese is the man. :big_biglaugh: omongannya pahit semua :big_biglaugh: :big_slap: dan ga perlu bombastis ini itu. yang paling bikin ngiler dari dia: kaya tinggal di sebelah danau gitu :big_biglaugh:= malah OOT.

yang menarik kalau nonton dia = ya bener, AMERICAN ga butuh mobil lain selain TRUCK. bahkan waktu dia review RAV4 atau mobil crossover apa saya lupa, sedan sekelas Camry saja ga lama akan dikalahkan crossover (dan terbukti Q4 2019, terkejar gerombolan CRV RAV4 dsb).

local market? forget it. lets hope ga ada merek tumbang lagi akibat badai Covid19 yg bikin Indo balik ke era 90an 2000an lagi, ketika dominasi DaiToyo sungguh terlalu.
Last edited by kunaskun on Tue Jun 02, 2020 12:36, edited 1 time in total.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sporty Driving Doesn't Sell Cars (Mazda Owner's Perspective)

Post by kunaskun »

Taufiq6210 wrote: Tue Jun 02, 2020 8:46
Fookyoo wrote: Tue Jun 02, 2020 2:224 tahun gak pernah servis
Maaf nubie agak awam nih soal servis mobil, masih lebih sering servis komputer dan hp hehe.

Emangnya mobil dari baru seharusnya rutin servis ya? Karena dari dulu mama dan kakek saya selalu belinya mobil bekas terus (jadi nubie belum punya pengalaman mobil dari baru), dan servis itu dilakukan kalau ada yang rusak aja, karena kan kalau ga ada yang rusak apa yang mau diganti? Contoh AC kalau masih dingin apa yang mau diservis; power steering kalau ga ada yang rembes / bocor apa yang mau diservis; kaki-kaki kalau ga ada bunyi / rasa aneh apa yang mau diservis; dan sebagainya.

Setau nubie yang harus rutin itu pengecekan benda yang ada masa pakainya (bisa habis) kayak rem, ban, aki, busi; tapi bukan berarti benda-benda itu rutin diganti tanpa ada indikasi keausan kan.

Mohon petunjuknya
pengalaman saya ini lebih kearah ke mindset saja: PREVENTIVE MAINTENANCE atau seperti biasanya orang Indo: AIN'T BROKE DON'T FIX IT :big_biglaugh: dan buat saya ini berlaku ke segala hal.

komputer juga sama kan? ga maintenance free. setidaknya: cooling system check.