Corolla Cross Masuk Indo?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by maastricht889 »

vinzo wrote: Tue Jun 01, 2021 8:58 Numpang cerita setelah sebulan pakai Corolla Cross (1.8 Bensin) :

Positifnya :
  • Sasis TNGA memang nyaman untuk digunakan (compare to Innova Reborn Bensin yang dipakai sebelumnya selama 4 tahun. Body tidak merunduk ke bawah ketika direm dan tidak limbung di jalan bergelombang. Innova Reborn seperti berada dalam perahu ketika melewati jalan raya Puri Indah dengan kecepatan 40-60 kmh. Pada Corolla Cross lebih tidak terasa jalan bergelombang tersebut
  • AC Dual Zone, jadi bisa setting agak dingin sedangkan nyonya suka yang ga terlalu dingin sehingga tidak perlu rebutan setting suhu AC :big_peace:
  • Jok berkontur sehingga pas badan, sejak pakai sampai sekarang tidak ada setel2 posisi jok, sementara waktu pakai ANKI sering gonta ganti posis antara rebah atau tegak. Padahal ANKI punya setting tinggi rendah jok dan telescopic steering juga. Entah kenapa tidak ketemu posisi yang pas dengan tinggi badan saya yang 160cm
  • Fitur yang lumayan banyak : Auto Headlamp, Auto Wiper, Sunroof, Keyless Entry, dll
  • Suara mesin halus dan peredaman cukup baik, suara kolong dan ban lumayan masuk tetapi tidak sekeras HRV (sempat TD HRV & Mazda CX3 1.5L sebelum akhirnya putuskan ambil Corolla Cross). Kalau Innova Reborn memang suara ban gak masuk, tetapi suara mesin dan knalpot terdengar ke dalam kabin
  • Transmisi CVT saat berjalan ada simulasi seperti perpindahan gigi :big_exellent: , terasa natural
  • Stir walaupun EPS bisa kembali sendiri ke posisi tengah setelah berbelok dan ringan sehingga nyaman dibawa sehari-hari
  • Lampu kabin akan menyala ketika kita mendekat dan membawa kunci, jadi kalau diparkiran mall kita bisa tau yang mana mobil kita :big_grin: , seharusnya mobil sejuta umat punya fitur ini hehehe
  • Lumayan irit, bisa dapat 1:11 s/d 1:12 untuk dalam kota pakai Shell Super, jadi secara uang yang dikeluarkan sama saja dengan bbm Innova Reborn yang pakai Pertalite :mky_02:
Kekurangan :
  • Untuk tipe 1.8 bensin pengaturan jok driver belum elektrik dan bagasi belum elektrik yang otomatis minus kick sensor juga
  • Untuk unit yang diambil produksi tahun 2020 head unit belum bisa Android Auto, ada info jika upgrade firmware ke V3.0 nantinya bisa Android Auto. Sewaktu servis 1.000km belum berhasil diupgrade oleh beres. Nanti mau dicoba di beres lain, semoga saja bisa berhasil upgrade
  • Area bagasi belum ada penutup, karena bukan mobil umum sepertinya akan cukup sulit juga mencari di online shop
  • Belum Electric Parking Brake, masih manual dengan pedal di kaki untuk Parking Brake
  • Settingan di MID ternyata tidak banyak yang bisa dirubah (compare to brand Mazda / Hyundai / KIA)
  • Sistem TPMS sepertinya tidak bisa menampilkan angka tekanan angin per masing-masing ban. Untuk ini belum jelas sudah bolak balik baca buku manual namun masih belum jelas sampai sekarang :big_grin: Nanti ditanyakan lagi saat servis berikutnya.
Berikut penampakan unit saat delivery :
Unit saat delivery.jpg


Average BBM setelah 1000 km (disetting reset otomatis setiap isi bensin) :
Average 1000 km.jpg

Beberapa foto saat lihat display unit di showroom :

Tampak depan.jpg

Tampak Belakang.jpg

Kabin Depan.jpg

Dashboard.jpg

Speedometer.jpg


Overall, setelah sebulan memakai Corolla Cross ini cukup puas :big_exellent:
Gimana om stl bbrp bulan pakai? Sptnya memuaskan ya walaupun mobilnya underrated yg tipe bengsin ini. Dan saya sukanya di luar ban michelin itu ringkes, platform global krn di ostrali, US, jepang dijual juga dg basic persis, TNGA.

Saya bandingin by data, walaupun overall length 4,465 meter doang tp wheelbase, legroom, volum bagasi beda tipis sama cx5 sekarang padahal sama2 modelannya ngebuang dimensi ke enjin bay.

Platform TNGAnya apakah se signifikan itu om di cocross buat ukuran cap toyota?
vinzo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Jan 21, 2016 2:15

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by vinzo »

Saya bukan yang car enthusiast sih hehehe. Yang jelas beda dibanding mobil sebelumnya ( Innova Reborn) bawa Corolla Cross itu jadi ketagihan nyetir.
Mau dibawa santai di jalan biasa atau selap selip enak( bukan ngebut mentokin speedometer). Selap - selip = pindah jalur menghindari mobil lain yg jalan lambat di jalur kanan.
Dan lucunya kebetulan di rumah istri jg ada mbl operasional kantor, dulu istri ga peduli mau naik avanza kantornya atau innova reborn kantor saya. Kalau sekarang tiap weekend mau pergi2 pasti maunya pakai si Corolla Cross wkwkw
Katanya enak mobilnya, mungkin ini bisa menjelaskan kelebihan TNGA 😄
vinzo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Jan 21, 2016 2:15

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by vinzo »

Setelah hampir setahun akhirnya mobil Corolla Cross ini disetir juga ke luar kota, Kebon Raya Cibodas :big_peace:
Seperti dugaan saya memang enak buat dibawa nanjak jalan berkelok kelok, gejala limbung minim.
Putaran setir perlu lebih sedikit digerakkan untuk mengikut belokan jalan dibandingkan bawa Innova dulu.
Untuk nanjak memang masih sedikit terasa ngeden, tetapi transmisi CVT-nya akan otomatis menyesuaikan rasio yang pas.
Sehingga tidak perlu ngos-ngosan dan selama nanjak tidak perlu pindah ke mode Manual.

Yang sedikit beda saat turun seperti biasa masuk ke mode Manual supaya tidak terlalu meluncur kencang mobilnya.
Kalau di Avanza / Innova dulu saat kita masukkan ke D3 maka mobil akan menyesuaikan gigi 1-3 sesuai kecepatan mobil.
Kalau di Corolla Cross walaupun saat turun kita masukkan ke M3, nanti saat kita rem lalu melaju lagi dia akan pilih gigi yang sesuai.
Misal turun ke gigi M2, maka saat mobil mulai melaju kencang tidak akan otomatis pindah ke M3 (mungkin kalau sampai RPM tinggi sekali baru pindah)
Harus kita pindahkan manual jika mobil sudah terasa melaju dan kita ingin RPM lebih rendah, hal ini menyerupai sensasi menyetir mobil manual.

Berguna juga jika kita lewat jalan turunan pakai M3 lalu setelahnya jalan menanjak panjang, saat pindah ke M2 maka mobil akan berada pada torsi yang sesuai sampai kita melewati tanjakan tersebut :big_exellent:

Foto Corolla Cross dimana seharusnya dia sering berada :big_grin:
20220415_124032.jpg
20220415_123939.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by KSG88 »

Pasti enak, mirip crv dulu, karena basisnya sedan. Di thailand uda keluar versi GR sport, semoga segera masuk sini. Dan lebih kaya fitur tentunya, masa kalah dari pelos.
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by yaseinotulip »

KSG88 wrote: Sun May 01, 2022 3:05 Pasti enak, mirip crv dulu, karena basisnya sedan. Di thailand uda keluar versi GR sport, semoga segera masuk sini. Dan lebih kaya fitur tentunya, masa kalah dari pelos.
Sayang nya yg GR spoet di Thailand walaupun fitur nambah head unit blm yg OEM, jadi kabel masi dari head unit :mky_04:

Kebetulan dari Thailand seminggu kmrn.
Disana populasi cocross ini byk juga.. lbeih sering liat co ross drpd fortuner / HRV.. dan semua nya hybrid kayanya..