Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 13:31
Suryaputra wrote:
Flymix wrote: Mon Dec 14, 2020 8:20

bgus q8 atau amsoil gan?
11 12 om.
saya sih kmrn sikat q8 formula special d1 FE 0w20, krn dah nagih. :big_biglaugh:
Sama pilih yang paling fresh aja kode produksinya, makin fresh makin bagus. Amsoil ane perhatiin itu tutup botolnya tidak di seal pakai aluminum foil lagi. Jujur buat ane sih lebih prefer yang di seal alu lagi yah banding polos tanpa seal kaya amsoil ini.

Kalau di negara aslinya yang 4 musim & cenderung kering sih mungkin gak masalah, tapi di indo sini kelembabannya tinggi akan mempercepat degradasi shelf lifenya cmiiw. Q8 ane lupa apakah ada seal lagi yah tutupnya? Kalau PTT sih pakai seal di tutup botolnya.
jaman duluuuuu

jaman waktu OGL 1.5 XV 5 speed baru masi 139 jt OTR jakarta yahh.. itu Q8 yg kemasan 4 liter malah ga pake seal apa2 loh mbah
cuman segel di tutup aj.. itupun kl kita buka dikit sambil di pencet botolnya, oli nya bsa ngocor kluar
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 10, 2020 10:52
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Flymix »

benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 13:31
Suryaputra wrote:
Flymix wrote: Mon Dec 14, 2020 8:20

bgus q8 atau amsoil gan?
11 12 om.
saya sih kmrn sikat q8 formula special d1 FE 0w20, krn dah nagih. :big_biglaugh:
Sama pilih yang paling fresh aja kode produksinya, makin fresh makin bagus. Amsoil ane perhatiin itu tutup botolnya tidak di seal pakai aluminum foil lagi. Jujur buat ane sih lebih prefer yang di seal alu lagi yah banding polos tanpa seal kaya amsoil ini.

Kalau di negara aslinya yang 4 musim & cenderung kering sih mungkin gak masalah, tapi di indo sini kelembabannya tinggi akan mempercepat degradasi shelf lifenya cmiiw. Q8 ane lupa apakah ada seal lagi yah tutupnya? Kalau PTT sih pakai seal di tutup botolnya.
Ptt sih hrgana oke banget ya middle. Tp kualitas apakah sebanding dgn amsoil / q8 gan?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by benzz89 »

https://www.plasticstoday.com/packaging ... ct-pouches

Kedepannya lendir paporit plopesol mbah suhu rektor Omnibus sepertinya akan berubah ke standing pouch with 10+ multi layer plastic structure that provides great barrier against oxygen & moisture.

Shelf life suatu produk kan tergantung dari standard kemasan yang dipakai. Jaman dulu sekali kan oli dikemas pakai metal can, lalu ke cardboard & sekarang ke plastik botol PE, terakhir ini baru pakai flexibel packaging standing pouch yang bisa multi layer & punya sifat gas barrier yang lebih baik banding botol PE, semoga shelf life nya bisa lebih panjang lagi & lebih efisien

Nanti bisa diukur WVTR (Water Vapour Transmission Rate) & OTR (Oxygen Transmission Rate) terhadap oli2 yang dikemasnya (permeability). Layer paling dalam yang bersentuhan dengan cairan/liquid dalam hal ini oli, biasanya menggunakan bahan plastik yang bersifat "licin" sehingga memungkinkan oli bisa full keluar "sampai tetes terakhir". Rigid containers can leave as much as 6% to 14% of the product behind, while pouches can evacuate up to 99.5% of the product.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

dopost..... :ngacir:
Last edited by Suryaputra on Mon Dec 14, 2020 16:14, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Flymix wrote: Mon Dec 14, 2020 13:19
Suryaputra wrote: Mon Dec 14, 2020 9:49
Flymix wrote: Mon Dec 14, 2020 8:20

bgus q8 atau amsoil gan?
11 12 om.
saya sih kmrn sikat q8 formula special d1 FE 0w20, krn dah nagih. :big_biglaugh:
Mbl tua ane mngkuti pedoman buku bolena 5w30 aja gan jd ngk brani nyoba 0w20 hehe
5w30
dexos1 gen2
di pds dah api sp jg

https://www.blibli.com/p/q8-formula-spe ... TA-4501974

serbuu..
hati2 nagih :big_peace:

benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 13:31
Suryaputra wrote:
Flymix wrote: Mon Dec 14, 2020 8:20

bgus q8 atau amsoil gan?
11 12 om.
saya sih kmrn sikat q8 formula special d1 FE 0w20, krn dah nagih. :big_biglaugh:
Sama pilih yang paling fresh aja kode produksinya, makin fresh makin bagus. Amsoil ane perhatiin itu tutup botolnya tidak di seal pakai aluminum foil lagi. Jujur buat ane sih lebih prefer yang di seal alu lagi yah banding polos tanpa seal kaya amsoil ini.

Kalau di negara aslinya yang 4 musim & cenderung kering sih mungkin gak masalah, tapi di indo sini kelembabannya tinggi akan mempercepat degradasi shelf lifenya cmiiw. Q8 ane lupa apakah ada seal lagi yah tutupnya? Kalau PTT sih pakai seal di tutup botolnya.
Q8 yg formula 0w20 SN lama produksi 2017 segel allu.
amann

klo yg baru ini, blm sy buka2.

ViPerRed wrote: Mon Dec 14, 2020 13:56 malem suhuu
ada yg prnh pake total ineo 5w30?
di lapak jual aki sama duniaoli kok harganya mayan miring
ACDC ga yah
claim udh dexos juga.. low SAPS tulisannya
duniaoli insya Allah aman.
itu reseller kesayangan total indo.

ineo dexos 2?
dexos2 buat diesel kan mbah
dexos1 untuk bensin
d1 gen2 untuk bensin + anti lspi
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
free2d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by free2d »

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

:big_smile]
free2d wrote: Mon Dec 14, 2020 16:18 Bro, ini dan Ultra beda apa ya?
https://www.blibli.com/p/q8-formula-spe ... TA-4501974
https://www.tokopedia.com/duniaoli/oli-q8-ultra-0w-20
formula ultra itu produk lama.
msh api SN.
sy pakai itu, sampai skrg masih enak enak enak dah 8 bulan :big_exellent:

klo yg di blibli
formula special D1 FE, itu produk 0w20 Q8 yg terbaru (dex1 gen2 dan api SP di pds)

so far plg murah Q8 special D1 0w20 ada di tokped sm bukalapak.
sama seller nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11369
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 15:54 https://www.plasticstoday.com/packaging ... ct-pouches

Kedepannya lendir paporit plopesol mbah suhu rektor Omnibus sepertinya akan berubah ke standing pouch with 10+ multi layer plastic structure that provides great barrier against oxygen & moisture.

Shelf life suatu produk kan tergantung dari standard kemasan yang dipakai. Jaman dulu sekali kan oli dikemas pakai metal can, lalu ke cardboard & sekarang ke plastik botol PE, terakhir ini baru pakai flexibel packaging standing pouch yang bisa multi layer & punya sifat gas barrier yang lebih baik banding botol PE, semoga shelf life nya bisa lebih panjang lagi & lebih efisien

Nanti bisa diukur WVTR (Water Vapour Transmission Rate) & OTR (Oxygen Transmission Rate) terhadap oli2 yang dikemasnya (permeability). Layer paling dalam yang bersentuhan dengan cairan/liquid dalam hal ini oli, biasanya menggunakan bahan plastik yang bersifat "licin" sehingga memungkinkan oli bisa full keluar "sampai tetes terakhir". Rigid containers can leave as much as 6% to 14% of the product behind, while pouches can evacuate up to 99.5% of the product.
favorit mbah juga kali ah .... :mky_03:

nah ane jd penasaran kemasan model sabun cair isi ulang begini akan jd lebih mudah dipalsuin ngga ya. soalnya kemasan begitu kan umum banget disini, yg punya mesinnya jg banyak n ga perlu multilayer yg sama yg penting mirip2 aja printing luarnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Dec 15, 2020 1:06
benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 15:54 https://www.plasticstoday.com/packaging ... ct-pouches

Kedepannya lendir paporit plopesol mbah suhu rektor Omnibus sepertinya akan berubah ke standing pouch with 10+ multi layer plastic structure that provides great barrier against oxygen & moisture.

Shelf life suatu produk kan tergantung dari standard kemasan yang dipakai. Jaman dulu sekali kan oli dikemas pakai metal can, lalu ke cardboard & sekarang ke plastik botol PE, terakhir ini baru pakai flexibel packaging standing pouch yang bisa multi layer & punya sifat gas barrier yang lebih baik banding botol PE, semoga shelf life nya bisa lebih panjang lagi & lebih efisien

Nanti bisa diukur WVTR (Water Vapour Transmission Rate) & OTR (Oxygen Transmission Rate) terhadap oli2 yang dikemasnya (permeability). Layer paling dalam yang bersentuhan dengan cairan/liquid dalam hal ini oli, biasanya menggunakan bahan plastik yang bersifat "licin" sehingga memungkinkan oli bisa full keluar "sampai tetes terakhir". Rigid containers can leave as much as 6% to 14% of the product behind, while pouches can evacuate up to 99.5% of the product.
favorit mbah juga kali ah .... :mky_03:

nah ane jd penasaran kemasan model sabun cair isi ulang begini akan jd lebih mudah dipalsuin ngga ya. soalnya kemasan begitu kan umum banget disini, yg punya mesinnya jg banyak n ga perlu multilayer yg sama yg penting mirip2 aja printing luarnya.
Kl d mamarika sana, kemasan2 plastik pouch gt ud mulai ngetren mbah.. valvoline udah.. nulon dr ostrali jg uda

Mungkin kemasan2 jerigen plastik dr vendor dr country of rapist ud dianggap obsolete, makanya ganti ke pouch
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Tue Dec 15, 2020 1:24
Omnibus wrote: Tue Dec 15, 2020 1:06
benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 15:54 https://www.plasticstoday.com/packaging ... ct-pouches

Kedepannya lendir paporit plopesol mbah suhu rektor Omnibus sepertinya akan berubah ke standing pouch with 10+ multi layer plastic structure that provides great barrier against oxygen & moisture.

Shelf life suatu produk kan tergantung dari standard kemasan yang dipakai. Jaman dulu sekali kan oli dikemas pakai metal can, lalu ke cardboard & sekarang ke plastik botol PE, terakhir ini baru pakai flexibel packaging standing pouch yang bisa multi layer & punya sifat gas barrier yang lebih baik banding botol PE, semoga shelf life nya bisa lebih panjang lagi & lebih efisien

Nanti bisa diukur WVTR (Water Vapour Transmission Rate) & OTR (Oxygen Transmission Rate) terhadap oli2 yang dikemasnya (permeability). Layer paling dalam yang bersentuhan dengan cairan/liquid dalam hal ini oli, biasanya menggunakan bahan plastik yang bersifat "licin" sehingga memungkinkan oli bisa full keluar "sampai tetes terakhir". Rigid containers can leave as much as 6% to 14% of the product behind, while pouches can evacuate up to 99.5% of the product.
favorit mbah juga kali ah .... :mky_03:

nah ane jd penasaran kemasan model sabun cair isi ulang begini akan jd lebih mudah dipalsuin ngga ya. soalnya kemasan begitu kan umum banget disini, yg punya mesinnya jg banyak n ga perlu multilayer yg sama yg penting mirip2 aja printing luarnya.
Kl d mamarika sana, kemasan2 plastik pouch gt ud mulai ngetren mbah.. valvoline udah.. nulon dr ostrali jg uda

Mungkin kemasan2 jerigen plastik dr vendor dr country of rapist ud dianggap obsolete, makanya ganti ke pouch
Kemasan pouch gitu saya mala jd inget capri sonne mbah, takut keliru nanti kl ditaruh sebelahan ama capri sonne :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

salah satu debest buat yaris bakpao

Image

mayan dpt diskon checkout max 30rb 12 12 🤣 :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kingpower »

freeza wrote: Sun Dec 13, 2020 2:02 Izin bertanya pada suhu oli SM, apakah oli Shell helix ultra 0W-20 pure plus termasuk oli keraton ?, saya baca pure plus tech itu 99.5% dari gas alam, base oil masuk group apa ?, ada kandungan mineral ?.

Terima kasih untuk suhu oli SM
Kalo baca pds nya SHU 0w20, sama kayak pennzoil platinum. Cari aja voa nya di bitog. Yang platinum ya, bukan pennzoil ultra platinum.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by benzz89 »


Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 15:54 https://www.plasticstoday.com/packaging ... ct-pouches

Kedepannya lendir paporit plopesol mbah suhu rektor Omnibus sepertinya akan berubah ke standing pouch with 10+ multi layer plastic structure that provides great barrier against oxygen & moisture.

Shelf life suatu produk kan tergantung dari standard kemasan yang dipakai. Jaman dulu sekali kan oli dikemas pakai metal can, lalu ke cardboard & sekarang ke plastik botol PE, terakhir ini baru pakai flexibel packaging standing pouch yang bisa multi layer & punya sifat gas barrier yang lebih baik banding botol PE, semoga shelf life nya bisa lebih panjang lagi & lebih efisien

Nanti bisa diukur WVTR (Water Vapour Transmission Rate) & OTR (Oxygen Transmission Rate) terhadap oli2 yang dikemasnya (permeability). Layer paling dalam yang bersentuhan dengan cairan/liquid dalam hal ini oli, biasanya menggunakan bahan plastik yang bersifat "licin" sehingga memungkinkan oli bisa full keluar "sampai tetes terakhir". Rigid containers can leave as much as 6% to 14% of the product behind, while pouches can evacuate up to 99.5% of the product.
favorit mbah juga kali ah .... :mky_03:

nah ane jd penasaran kemasan model sabun cair isi ulang begini akan jd lebih mudah dipalsuin ngga ya. soalnya kemasan begitu kan umum banget disini, yg punya mesinnya jg banyak n ga perlu multilayer yg sama yg penting mirip2 aja printing luarnya.
Masalah palsu memalsu sih mbah suhu om kelep tuh yang bisa jawab, secara beliau "ahlinya" [emoji1]

Kalau tidak multi layer yang "proper" yah bakalan banyak masalah mbah macam bocor (leaking), gampang ketusuk benda tajam (punctured), banyak pin hole, gagal drop test dari ketinggian tertentu, produk tidak terproteksi dengan baik, tembus sinar UV, WVTR & OTR juga jelek, lebih risky sih buat yang mau palsuinnya banding botol plastik konvensional.

Yang pasti sih bentuk pouch gini lebih efisien di material handling, lebih ringan banding botol, habis dipakai jadi kempes (tidak bulky), cairan 99,5% bisa keluar semua, gas barrier (harusnya) lebih baik, material cost wise yah tergantung mau pakai berapa layer & komposisi layernya mau apa aja.

Umumnya sih masih 3 layer, tapi produk2 mahal tertentu macam severe gearnya si Amsoil dikasih 10+ multi layer, ntah produk oli mesinnya yang lebih fast moving dikasih berapa layer, kalau dikasih 10+ multi layer juga mantafff... no play2 ini mah... gak tiap pabrik bisa bikin... imho
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

Suryaputra wrote: Mon Dec 14, 2020 16:10
Flymix wrote: Mon Dec 14, 2020 13:19
Suryaputra wrote: Mon Dec 14, 2020 9:49

11 12 om.
saya sih kmrn sikat q8 formula special d1 FE 0w20, krn dah nagih. :big_biglaugh:
Mbl tua ane mngkuti pedoman buku bolena 5w30 aja gan jd ngk brani nyoba 0w20 hehe
5w30
dexos1 gen2
di pds dah api sp jg

https://www.blibli.com/p/q8-formula-spe ... TA-4501974

serbuu..
hati2 nagih :big_peace:

benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 13:31
Suryaputra wrote:
11 12 om.
saya sih kmrn sikat q8 formula special d1 FE 0w20, krn dah nagih. :big_biglaugh:
Sama pilih yang paling fresh aja kode produksinya, makin fresh makin bagus. Amsoil ane perhatiin itu tutup botolnya tidak di seal pakai aluminum foil lagi. Jujur buat ane sih lebih prefer yang di seal alu lagi yah banding polos tanpa seal kaya amsoil ini.

Kalau di negara aslinya yang 4 musim & cenderung kering sih mungkin gak masalah, tapi di indo sini kelembabannya tinggi akan mempercepat degradasi shelf lifenya cmiiw. Q8 ane lupa apakah ada seal lagi yah tutupnya? Kalau PTT sih pakai seal di tutup botolnya.
Q8 yg formula 0w20 SN lama produksi 2017 segel allu.
amann

klo yg baru ini, blm sy buka2.

ViPerRed wrote: Mon Dec 14, 2020 13:56 malem suhuu
ada yg prnh pake total ineo 5w30?
di lapak jual aki sama duniaoli kok harganya mayan miring
ACDC ga yah
claim udh dexos juga.. low SAPS tulisannya
duniaoli insya Allah aman.
itu reseller kesayangan total indo.

ineo dexos 2?
dexos2 buat diesel kan mbah
dexos1 untuk bensin
d1 gen2 untuk bensin + anti lspi
eh iya dexos 2 . API SN/CF
brarti bisa di pake di bensin/diesel ya.
di dunol cuma 110rb itu.
pgn coba buat avanza tuir tapi tkut ACDC
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11369
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Tue Dec 15, 2020 3:50
Masalah palsu memalsu sih mbah suhu om kelep tuh yang bisa jawab, secara beliau "ahlinya" [emoji1]

Kalau tidak multi layer yang "proper" yah bakalan banyak masalah mbah macam bocor (leaking), gampang ketusuk benda tajam (punctured), banyak pin hole, gagal drop test dari ketinggian tertentu, produk tidak terproteksi dengan baik, tembus sinar UV, WVTR & OTR juga jelek, lebih risky sih buat yang mau palsuinnya banding botol plastik konvensional.

Yang pasti sih bentuk pouch gini lebih efisien di material handling, lebih ringan banding botol, habis dipakai jadi kempes (tidak bulky), cairan 99,5% bisa keluar semua, gas barrier (harusnya) lebih baik, material cost wise yah tergantung mau pakai berapa layer & komposisi layernya mau apa aja.

Umumnya sih masih 3 layer, tapi produk2 mahal tertentu macam severe gearnya si Amsoil dikasih 10+ multi layer, ntah produk oli mesinnya yang lebih fast moving dikasih berapa layer, kalau dikasih 10+ multi layer juga mantafff... no play2 ini mah... gak tiap pabrik bisa bikin... imho
wuih kl 10+ layer sih ane baru tau n angkat topi om. beneran not play2. secara pemakaian ane sbg DIYer sih lebih suka yg begini jd ga perlu alat tambahan macam corong atau pompa sifon. praktis pake banget.

mudah2an materialnya tahan dan ga breakdown nyampur sama olinya, terutama yg keras kaya severe gear gitu.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

ViPerRed wrote: Tue Dec 15, 2020 5:55
Suryaputra wrote: Mon Dec 14, 2020 16:10
Flymix wrote: Mon Dec 14, 2020 13:19

Mbl tua ane mngkuti pedoman buku bolena 5w30 aja gan jd ngk brani nyoba 0w20 hehe
5w30
dexos1 gen2
di pds dah api sp jg

https://www.blibli.com/p/q8-formula-spe ... TA-4501974

serbuu..
hati2 nagih :big_peace:

benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 13:31 Sama pilih yang paling fresh aja kode produksinya, makin fresh makin bagus. Amsoil ane perhatiin itu tutup botolnya tidak di seal pakai aluminum foil lagi. Jujur buat ane sih lebih prefer yang di seal alu lagi yah banding polos tanpa seal kaya amsoil ini.

Kalau di negara aslinya yang 4 musim & cenderung kering sih mungkin gak masalah, tapi di indo sini kelembabannya tinggi akan mempercepat degradasi shelf lifenya cmiiw. Q8 ane lupa apakah ada seal lagi yah tutupnya? Kalau PTT sih pakai seal di tutup botolnya.
Q8 yg formula 0w20 SN lama produksi 2017 segel allu.
amann

klo yg baru ini, blm sy buka2.

ViPerRed wrote: Mon Dec 14, 2020 13:56 malem suhuu
ada yg prnh pake total ineo 5w30?
di lapak jual aki sama duniaoli kok harganya mayan miring
ACDC ga yah
claim udh dexos juga.. low SAPS tulisannya
duniaoli insya Allah aman.
itu reseller kesayangan total indo.

ineo dexos 2?
dexos2 buat diesel kan mbah
dexos1 untuk bensin
d1 gen2 untuk bensin + anti lspi
eh iya dexos 2 . API SN/CF
brarti bisa di pake di bensin/diesel ya.
di dunol cuma 110rb itu.
pgn coba buat avanza tuir tapi tkut ACDC
yup klo comply ke api sn, bs bensin jg.
cuma bisa jd lbh berat dibanding 5w30 sn/gf5 biasa.

duniaoli mah aman om.
krn emang auth retailer total.

avanza tuir mah pake aja PTT 5w30 api sp yg ini,
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00338

siapa tau msh ada vocer 12 12 :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by indeskey »

Omnibus wrote: Tue Dec 15, 2020 6:05
benzz89 wrote: Tue Dec 15, 2020 3:50
Masalah palsu memalsu sih mbah suhu om kelep tuh yang bisa jawab, secara beliau "ahlinya" [emoji1]

Kalau tidak multi layer yang "proper" yah bakalan banyak masalah mbah macam bocor (leaking), gampang ketusuk benda tajam (punctured), banyak pin hole, gagal drop test dari ketinggian tertentu, produk tidak terproteksi dengan baik, tembus sinar UV, WVTR & OTR juga jelek, lebih risky sih buat yang mau palsuinnya banding botol plastik konvensional.

Yang pasti sih bentuk pouch gini lebih efisien di material handling, lebih ringan banding botol, habis dipakai jadi kempes (tidak bulky), cairan 99,5% bisa keluar semua, gas barrier (harusnya) lebih baik, material cost wise yah tergantung mau pakai berapa layer & komposisi layernya mau apa aja.

Umumnya sih masih 3 layer, tapi produk2 mahal tertentu macam severe gearnya si Amsoil dikasih 10+ multi layer, ntah produk oli mesinnya yang lebih fast moving dikasih berapa layer, kalau dikasih 10+ multi layer juga mantafff... no play2 ini mah... gak tiap pabrik bisa bikin... imho
wuih kl 10+ layer sih ane baru tau n angkat topi om. beneran not play2. secara pemakaian ane sbg DIYer sih lebih suka yg begini jd ga perlu alat tambahan macam corong atau pompa sifon. praktis pake banget.

mudah2an materialnya tahan dan ga breakdown nyampur sama olinya, terutama yg keras kaya severe gear gitu.
DIYer tapi pekakasnya ngalahin beres :big_love: :big_smoking:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »



gimana ini gimanaaaa??
ada komentar dr warga SM?
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

Suryaputra wrote: Tue Dec 15, 2020 6:21
ViPerRed wrote: Tue Dec 15, 2020 5:55
Suryaputra wrote: Mon Dec 14, 2020 16:10
5w30
dexos1 gen2
di pds dah api sp jg

https://www.blibli.com/p/q8-formula-spe ... TA-4501974

serbuu..
hati2 nagih :big_peace:



Q8 yg formula 0w20 SN lama produksi 2017 segel allu.
amann

klo yg baru ini, blm sy buka2.



duniaoli insya Allah aman.
itu reseller kesayangan total indo.

ineo dexos 2?
dexos2 buat diesel kan mbah
dexos1 untuk bensin
d1 gen2 untuk bensin + anti lspi
eh iya dexos 2 . API SN/CF
brarti bisa di pake di bensin/diesel ya.
di dunol cuma 110rb itu.
pgn coba buat avanza tuir tapi tkut ACDC
yup klo comply ke api sn, bs bensin jg.
cuma bisa jd lbh berat dibanding 5w30 sn/gf5 biasa.

duniaoli mah aman om.
krn emang auth retailer total.

avanza tuir mah pake aja PTT 5w30 api sp yg ini,
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00338

siapa tau msh ada vocer 12 12 :big_peace:
papanza KM udh 200k + om
gpp berat2 dikitt.. biasa jg pake 10w40
PTT 5w30 API SP untuk M15a ajaahh
gantol sekalian pgn cek shim nanti..
Zordon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Zordon »

ViPerRed wrote: Tue Dec 15, 2020 6:30

gimana ini gimanaaaa??
ada komentar dr warga SM?
Saya pernah tune up di dokter mobil , dan mereka pakai oli nya ravenol 0w20, utk oli ravenol apakah kelas keraton?harganya lmyn mehong jg
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Zordon wrote: Tue Dec 15, 2020 6:46
ViPerRed wrote: Tue Dec 15, 2020 6:30

gimana ini gimanaaaa??
ada komentar dr warga SM?
Saya pernah tune up di dokter mobil , dan mereka pakai oli nya ravenol 0w20, utk oli ravenol apakah kelas keraton?harganya lmyn mehong jg
yes, mahal di kurs euro soalnya :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tandaseru
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 15, 2020 6:55
Location: Gresik
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tandaseru »

Selamat sore suhu,
Mobil saya L15Z manual 2017, rawatan beres sejak lahir, semenjak pandemi jadi lebih sering jalan kurang lebih 560-600km per minggu, 90% lebih sering di tol yg otomatis bejek agak dalam tp dijaga di kisaran 4k rpm.
Sebelumnya pakai oli dari beres, dan ganti oli jg setiap servis (setiap 10k km) :ungg: wkwk. Baru tau juga setelah baca2 disini ga rekomen ganti oli dengan jarak tempuh segitu kecuali pake oli kelas kraton.
Akhirnya kemarin di odo 41k langsung ganti pake TQ9000 5w-30, baru jalan 800km dengan impresi ya jelas lebih enak dari oli beres.
Ada rekomendasi oli lain kah suhu untuk deskripsi pemakaian saya di atas?karena bisa jadi setiap 3 bulan bakal ganti oli ini, jadi budget di kisaran 100k/liter saja.
Terimakasih sebelumnya
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by chaprizone »

https://www.tokopedia.com/oli7438/q8-oi ... rolet-trax
om tanya, ada yg pernah beli di sini kah? saya tanya oli produksi 2018, masih API SN, worth gk menurut Om? terimakasih
:big_okay:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

Zordon wrote: Tue Dec 15, 2020 6:46
ViPerRed wrote: Tue Dec 15, 2020 6:30

gimana ini gimanaaaa??
ada komentar dr warga SM?
Saya pernah tune up di dokter mobil , dan mereka pakai oli nya ravenol 0w20, utk oli ravenol apakah kelas keraton?harganya lmyn mehong jg
klo liat harganya sih keraton om
dlu ane suka nntn yt nya, tp lama2 kelamaan kok ga sehati lagi yaaa..
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 10, 2020 10:52
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Flymix »

Suryaputra wrote: Mon Dec 14, 2020 16:10
Flymix wrote: Mon Dec 14, 2020 13:19
Suryaputra wrote: Mon Dec 14, 2020 9:49

11 12 om.
saya sih kmrn sikat q8 formula special d1 FE 0w20, krn dah nagih. :big_biglaugh:
Mbl tua ane mngkuti pedoman buku bolena 5w30 aja gan jd ngk brani nyoba 0w20 hehe
5w30
dexos1 gen2
di pds dah api sp jg

https://www.blibli.com/p/q8-formula-spe ... TA-4501974

serbuu..
hati2 nagih :big_peace:

benzz89 wrote: Mon Dec 14, 2020 13:31
Suryaputra wrote:
11 12 om.
saya sih kmrn sikat q8 formula special d1 FE 0w20, krn dah nagih. :big_biglaugh:
Sama pilih yang paling fresh aja kode produksinya, makin fresh makin bagus. Amsoil ane perhatiin itu tutup botolnya tidak di seal pakai aluminum foil lagi. Jujur buat ane sih lebih prefer yang di seal alu lagi yah banding polos tanpa seal kaya amsoil ini.

Kalau di negara aslinya yang 4 musim & cenderung kering sih mungkin gak masalah, tapi di indo sini kelembabannya tinggi akan mempercepat degradasi shelf lifenya cmiiw. Q8 ane lupa apakah ada seal lagi yah tutupnya? Kalau PTT sih pakai seal di tutup botolnya.
Q8 yg formula 0w20 SN lama produksi 2017 segel allu.
amann

klo yg baru ini, blm sy buka2.

ViPerRed wrote: Mon Dec 14, 2020 13:56 malem suhuu
ada yg prnh pake total ineo 5w30?
di lapak jual aki sama duniaoli kok harganya mayan miring
ACDC ga yah
claim udh dexos juga.. low SAPS tulisannya
duniaoli insya Allah aman.
itu reseller kesayangan total indo.

ineo dexos 2?
dexos2 buat diesel kan mbah
dexos1 untuk bensin
d1 gen2 untuk bensin + anti lspi
Q8 Oils Formula Special G/D1 dengan Q8 Formula Special D1 5W-30 beda apa ya? di toped Q8 Oils Formula Special G/D1 hrga 150rb