Page 99 of 101

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 8:11
by Suryaputra
marmut wrote: Sat Dec 19, 2020 8:07
Omnibus wrote: Sat Dec 19, 2020 7:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.

mangka dari itu....
ga mungkin bisa 100% oli seger tiap ganti. oil galley apa kabarnya?
hehehe....
ya benar memang gak 100% seger oli nya
& setidaknya bisa memperkecil persentase oli lama yg ketinggalan di dlm oil pan.

oil pan nampung ampas jg soalnya.
klo oil pan lbh bersih, kerja filter oli jg lbh ringan (dlm kondisi baru sekalipun tiap ganti oli). :mky_04:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 8:33
by DOHC
Omnibus wrote: Sat Dec 19, 2020 7:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 8:52
by Omnibus
DOHC wrote: Sat Dec 19, 2020 8:33
Omnibus wrote: Sat Dec 19, 2020 7:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 8:58
by Suryaputra
klo stoknya cukup bisa banget spt itu jg

klo stoknya cmn sisa 400ml dr oli sblm nya.. :upss:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 9:27
by benzz89
Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sat Dec 19, 2020 8:33
Omnibus wrote: Sat Dec 19, 2020 7:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.
Kalau cara kaya gini, oli buat cuci mesinnya cuman di isi 50-60% dari kapasitas mesinnya boleh gak? Misal kapasitas oli mesinnya 7 liter, kita isi hanya 4 liter aja...

Atau tetap harus isi full 7 liter? Kan cuman buat stationer aja mesinnya, gak dibuat jalan mobilnya, ntah kalau mau digeber2 di menit2 terakhir itu apalah masih aman kalau kapasitas oli tidak full gitu?

Flushing oil kaya PTT biasanya kan cukup 50-60 % aja yah, meski bilangnya sih lebih baik full (namanya juga orang dagang)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 10:57
by Suryaputra
benzz89 wrote: Sat Dec 19, 2020 9:27
Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sat Dec 19, 2020 8:33

Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.
Kalau cara kaya gini, oli buat cuci mesinnya cuman di isi 50-60% dari kapasitas mesinnya boleh gak? Misal kapasitas oli mesinnya 7 liter, kita isi hanya 4 liter aja...

Atau tetap harus isi full 7 liter? Kan cuman buat stationer aja mesinnya, gak dibuat jalan mobilnya, ntah kalau mau digeber2 di menit2 terakhir itu apalah masih aman kalau kapasitas oli tidak full gitu?

Flushing oil kaya PTT biasanya kan cukup 50-60 % aja yah, meski bilangnya sih lebih baik full (namanya juga orang dagang)
klo 50 60% indikator dipstick aja aman om
buat idle doang.
toh dipompa jg sm oil pump nya.

yg penting jgn sampai di level Low / oil warningnya jgn sampai nyala.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 11:16
by indeskey
DOHC wrote:
marmut wrote: Sat Dec 19, 2020 4:25
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:00
Btw ini pentingnya dorong oli lama,
dgn cara tuang oli murah 1-2 liter
(ketika oli lama tinggal netes).

Image

sesuai saran suhu turbo, sblm diisi oli baru, wajib ngelakuin ritual tsb.
sayang bener klo oli baru udah masuk, dan nyampur dgn oli lama spt itu.

tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
Makanya pake tjara saya mbah, pas ud netes, ntuh baut tutup sikit ga usa kenceng2, lalu tuang deh beberapa ratus cc oli bersih.. diemin bentar, baru buka lg tuh baut drain..

Dijamin yg kluar jauhhh lebi item drpd yg cuman numpang liwat doank
Saya pake cara mbah suhu, soalnya kalau nggak ditutup, itu langsung loss josss wkwkw

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 11:31
by DOHC
Omnibus wrote: Sat Dec 19, 2020 8:52
DOHC wrote: Sat Dec 19, 2020 8:33
Omnibus wrote: Sat Dec 19, 2020 7:49 ribet amat yak ganti oli musti ritual begitu. org bule aja kl cebok cuma pake tissue, orang kita pake air. kenapa bule begitu? krn tau abis cebok toh dipake lagi ntar itu cannon bakal kotor lagi. :big_biglaugh:

oli juga mau dibersihin gimana sisa2nya tetep aja dlm bbrp ratus km oli baru akan kotor lagi kena soot. menurut ane yg penting OCI jangan terlalu lama jd oli ga sampai terlalu saturated with soot pas diganti.
Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.
Bener jg

Ikutin ahhh

Jd ksimpulan nya sirem2 seliter mesran itu buang2 wang yah

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 11:36
by haddinen
Oli yg makai liquid molybdenum apa aja ya?
Taunya cuma Kendall yang nyata2 menuliskan di botol kemasan.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 11:55
by adityabp
marmut wrote: Sat Dec 19, 2020 4:25 ...
tergantung design oil pan serta lokasi drain hole.



20201219_112136.jpg



kalau drain hole seperti gambar atas, percuma diguyur oli baru.
kalau drain hole seperti yang bawah, (bagi saya) percuma juga diguyur oli baru.

kenapa?

sedot saja pakai vacuum pump.
Oil pan saya yg model kedua.
Untungnya jalanan depan rumah nanjak+miring.
Jadi gak perlu invest beli n vacuum pump.
:mky_01:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 12:04
by sintoni
haddinen wrote: Sat Dec 19, 2020 11:36 Oli yg makai liquid molybdenum apa aja ya?
Taunya cuma Kendall yang nyata2 menuliskan di botol kemasan.
Eneos 10W40 om.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 12:38
by tompy25
erwinign wrote: Sat Dec 19, 2020 7:58
rendr wrote: Sat Dec 19, 2020 7:17
ipo3nk wrote: Fri Dec 18, 2020 19:35

ok om. berarti oli mahal seperti fastron platinum, Mobil1, dengan kekentalan yang non standar seperti 0w40 - 5w50 - 10w60 ga cocok dengan mobil umum. lebih baik pake viskositas standar klo buat harian ya.
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...


:big_smile]
Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 13:34
by Suryaputra
tompy25 wrote: Sat Dec 19, 2020 12:38
erwinign wrote: Sat Dec 19, 2020 7:58
rendr wrote: Sat Dec 19, 2020 7:17
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...


:big_smile]
Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:
nahhh..
klo dah nyoba oli merk non-mainstream di luar bengkel resmi,
udh pasti gakmau balik lg pakai oli merk bengkel resmi :big_grin:

bisa dimulai dr merk spt PTT atau Aisin aja dulu,
setelah itu penasaran nyobain spt amsoil, Q8, mobil 1, dkk deh :big_peace:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 14:50
by Flymix
Sorry double post....

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 14:51
by Flymix
Mau info suhu2 bru td ane iseng cek dipstick krna mau kebogor kaget oli cm smpe stgh dipstick di ke 2 lobang dipstick ada di tngahna ini make oli schaefer 5w30 bru pakai 10 bulan(1000km) brarti bnyk yg mnguap ya. Sblmna pake molygen ampe 11 bulan oli tdk perna kurng klo cek di dipstick. Klo bgni ud tndana hrs ganti oli lg yah?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 15:24
by Suryaputra
Flymix wrote: Sat Dec 19, 2020 14:51 Mau info suhu2 bru td ane iseng cek dipstick krna mau kebogor kaget oli cm smpe stgh dipstick di ke 2 lobang dipstick ada di tngahna ini make oli schaefer 5w30 bru pakai 10 bulan(1000km) brarti bnyk yg mnguap ya. Sblmna pake molygen ampe 11 bulan oli tdk perna kurng klo cek di dipstick. Klo bgni ud tndana hrs ganti oli lg yah?
better ganti aja olinya.
maka dari itu, umur oli dihitung dr jarak tempuh atau waktu.

seiring waktu berjalan, setelah segel dibuka, kemampuan oli pasti berkurang krn proses oksidasi (walaupun jarang dipakai).

ditambah, jika seffer tsb stok lama, pastinya sudah termakan umur shelf life itu sendiri.

pakai aja PTT 0w30 API SP sbg gantinya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 15:36
by Flymix
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 15:24
Flymix wrote: Sat Dec 19, 2020 14:51 Mau info suhu2 bru td ane iseng cek dipstick krna mau kebogor kaget oli cm smpe stgh dipstick di ke 2 lobang dipstick ada di tngahna ini make oli schaefer 5w30 bru pakai 10 bulan(1000km) brarti bnyk yg mnguap ya. Sblmna pake molygen ampe 11 bulan oli tdk perna kurng klo cek di dipstick. Klo bgni ud tndana hrs ganti oli lg yah?
better ganti aja olinya.
maka dari itu, umur oli dihitung dr jarak tempuh atau waktu.

seiring waktu berjalan, setelah segel dibuka, kemampuan oli pasti berkurang krn proses oksidasi (walaupun jarang dipakai).

ditambah, jika seffer tsb stok lama, pastinya sudah termakan umur shelf life itu sendiri.

pakai aja PTT 0w30 API SP sbg gantinya.
Ud ambil q8 special d1 5w30 ikut rekomendasi agan kmren, rencna mau dganti blan 1 wkkwkw.. btw perlu ritual dorong oli kotor jg kah?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 16:13
by Suryaputra
Flymix wrote: Sat Dec 19, 2020 15:36
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 15:24
Flymix wrote: Sat Dec 19, 2020 14:51 Mau info suhu2 bru td ane iseng cek dipstick krna mau kebogor kaget oli cm smpe stgh dipstick di ke 2 lobang dipstick ada di tngahna ini make oli schaefer 5w30 bru pakai 10 bulan(1000km) brarti bnyk yg mnguap ya. Sblmna pake molygen ampe 11 bulan oli tdk perna kurng klo cek di dipstick. Klo bgni ud tndana hrs ganti oli lg yah?
better ganti aja olinya.
maka dari itu, umur oli dihitung dr jarak tempuh atau waktu.

seiring waktu berjalan, setelah segel dibuka, kemampuan oli pasti berkurang krn proses oksidasi (walaupun jarang dipakai).

ditambah, jika seffer tsb stok lama, pastinya sudah termakan umur shelf life itu sendiri.

pakai aja PTT 0w30 API SP sbg gantinya.
Ud ambil q8 special d1 5w30 ikut rekomendasi agan kmren, rencna mau dganti blan 1 wkkwkw.. btw perlu ritual dorong oli kotor jg kah?
mantepp hahahah pk Q8 juga :big_peace:
klo sy pribadi seh pakai ritual dorong oli lama pakai oli murah.

tapi lbh mantep lg pake PTT flushing oil, running idle 10 - 15 menit, trus buang.

dan ganti filter oli baru, ganti washer drain (ring baut buangan oli) kemudian isi oli baru.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 18:55
by freeza
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 6:16
freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 5:47
Suryaputra wrote: Fri Dec 18, 2020 22:32

bener tuh kt mbah marmut.
oli resing emg 1 2x pakai trus buang.

btw atf mbl apa dulu om ?


Mobil LCGC sihh suhu, Sigra yg lemotnya lumayan melatih kesabaran, hehehe
itu di manual book kode atf nya apa?
WS atau T-IV ?

Kalau di manual sigra pakai D3SP, kalau di calya T-IV, dari baru udah ganti pakai AMS SS MV atf yg comply D3 dan T-IV



freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 5:54
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 4:49

paling ideal pakai oli 0w20 murah atau PTT flushing oil,
jalanin 15 menit trus buang :big_peace:

Ngebilas pakai oli murah apa baiknya dicampur engine flush lagi atau tidak om ?
never use engine flush, om bro.

karena engine flush mengandung kerosene atau cairan yg beresiko ngerusak seal mesin.
Jadi lebih aman bilas pakai oli murah aja ya ?, di beres DAI tiap ganti oli dimasukin engine flush, merk abal² lagi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 23:16
by Suryaputra
freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 18:55
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 6:16
freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 5:47



Mobil LCGC sihh suhu, Sigra yg lemotnya lumayan melatih kesabaran, hehehe
itu di manual book kode atf nya apa?
WS atau T-IV ?

Kalau di manual sigra pakai D3SP, kalau di calya T-IV, dari baru udah ganti pakai AMS SS MV atf yg comply D3 dan T-IV



freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 5:54


Ngebilas pakai oli murah apa baiknya dicampur engine flush lagi atau tidak om ?
never use engine flush, om bro.

karena engine flush mengandung kerosene atau cairan yg beresiko ngerusak seal mesin.
Jadi lebih aman bilas pakai oli murah aja ya ?, di beres DAI tiap ganti oli dimasukin engine flush, merk abal² lagi
dorong pk oli murah ini cara yg plg simpel ala suhu turbo.
jujur awalnya saya agak skeptis :big_peace:

tapi sy coba dan lihat sendiri, walaupun sudah dipakai selama bbrp hari, warna oli baru di dipstick tetap fresh emang.

beda jika gak pakai cara dorong oli lama, walau oli baru & baru jalanin mesin bbrp jam aja, oli barunya udah mulai butek (krn nyampur dgn ampas oli lama).

klo rajin ganti oli tiap 5-6 bulan mungkin perlu gak perlu yah.
cuma klo buat long drain, cara spt ini Ok banget dan ekonomis.

jika kapasitas oil pan besar, tuangnya up to 2 liter.
1. buang oli lama.
2. tutup oil pan
3. tuang oli mesran atau shell murah
4. buka lagi oil pan nya.
ntar yg keluar oli lama yg dah item deh

baru proses ganti filter dan tuang oli baru.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sat Dec 19, 2020 23:27
by haddinen
sintoni wrote: Sat Dec 19, 2020 12:04
haddinen wrote: Sat Dec 19, 2020 11:36 Oli yg makai liquid molybdenum apa aja ya?
Taunya cuma Kendall yang nyata2 menuliskan di botol kemasan.
Eneos 10W40 om.
Liat pds nya Eneos Molybdenum 10w-40, dicantumkan kandungan moly nya 0.1 - 0.09 % (equal 900-1000 ppm?, cmiiw).

Menurut artikel di blog Amsoil, 70 - 100 ppm sdh cukup (sehingga bisa dipastikan kalo moly nya banyak kemungkinan moly versi lawas, yg solid, bukan liquid).

Iseng searching hasil tes UOA di Bitog forum, Amsoil yg kandungan Molybdenum nya paling tinggi (hampir semua varian), lainnya M1 15w-50, Havoline ProDs.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sun Dec 20, 2020 0:46
by VanzMatic
Suryaputra wrote:
tompy25 wrote: Sat Dec 19, 2020 12:38
erwinign wrote: Sat Dec 19, 2020 7:58 Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:
nahhh..
klo dah nyoba oli merk non-mainstream di luar bengkel resmi,
udh pasti gakmau balik lg pakai oli merk bengkel resmi :big_grin:

bisa dimulai dr merk spt PTT atau Aisin aja dulu,
setelah itu penasaran nyobain spt amsoil, Q8, mobil 1, dkk deh :big_peace:
Betul. Ini bukan masalah mobil murah atau mahal. Apanjah saya masuk kategori kaleng rombeng, tapi oli tetep pake Kendall GT1. Sekali ini pake topwan paket imbalan iklan topwan, weleh, buat nyalip aja kerasa beraat..

Kuda diesel pake Kendall D-XA, maknyuss tenan. Bumi langit ama Fastron Diesel, apalagi GTX, babak belur pake GTX mah..

Semua itu terbukti bersama dengan waktu. Apanjah 2010 dan Kuda Diesel 2002 kondisi mesin masih aluss, garing suaranya, itu ga bisa boong bagaimana kita sebagai user bener bener ngerawatnya.

Harga dan kualitas emang juga susah boong.. Selama itu original. Dan saya ya jadi males aja balik ke OEM Oil nya..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sun Dec 20, 2020 2:06
by Omnibus
benzz89 wrote: Sat Dec 19, 2020 9:27
Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sat Dec 19, 2020 8:33

Gpp mbah

Stok oli2 sisa d gerasi kl ga gt yah ga bakal abis2
ok mbah kl tujuannya mau ngabisin stok oli, begini aja sekalian:

abis di drain, tutup drain plug.
buka filter oli, buang isi dalemnya yg kotor, pasang lagi
tuang oli garasi yg mau diabisin
run engine 15-20 menit, kalau perlu 5 menit terakhir digas2
drain olinya dan ganti filter. tuang oli baru.

kayanya begitu lebih efektif drpd cuma direndem aja apalagi disiram doang.
Kalau cara kaya gini, oli buat cuci mesinnya cuman di isi 50-60% dari kapasitas mesinnya boleh gak? Misal kapasitas oli mesinnya 7 liter, kita isi hanya 4 liter aja...

Atau tetap harus isi full 7 liter? Kan cuman buat stationer aja mesinnya, gak dibuat jalan mobilnya, ntah kalau mau digeber2 di menit2 terakhir itu apalah masih aman kalau kapasitas oli tidak full gitu?

Flushing oil kaya PTT biasanya kan cukup 50-60 % aja yah, meski bilangnya sih lebih baik full (namanya juga orang dagang)
ga usah full 7 liter om. cukup sampai batas minimal dipstick aja. toh mobilnya ga dipake jalan apalagi miring2 kiri kanan depan belakang yg bisa bikin kondisi oil starvation krn pickup strainer ga dapat oli utk disedot.

digeber2 sesekali masih aman di batas minimal krn sebetulnya posisi dipstick minimal itu sdh ada safety factor juga, pabrikan udah ngukur. asal jangan over-rev aja.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sun Dec 20, 2020 2:33
by maastricht889
tompy25 wrote: Sat Dec 19, 2020 12:38
erwinign wrote: Sat Dec 19, 2020 7:58
rendr wrote: Sat Dec 19, 2020 7:17
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...


:big_smile]
Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:
Kadang kl ngejelasin gini sih suka tanggepannya "penting asal gelinding oli baru" abis berapa waktu ngomel2 kalo tarikannya berat tp tetep aja ngeyel om wkwkwkwk

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Posted: Sun Dec 20, 2020 3:37
by rendr
haddinen wrote: Sat Dec 19, 2020 23:27
sintoni wrote: Sat Dec 19, 2020 12:04
haddinen wrote: Sat Dec 19, 2020 11:36 Oli yg makai liquid molybdenum apa aja ya?
Taunya cuma Kendall yang nyata2 menuliskan di botol kemasan.
Eneos 10W40 om.
Liat pds nya Eneos Molybdenum 10w-40, dicantumkan kandungan moly nya 0.1 - 0.09 % (equal 900-1000 ppm?, cmiiw).

Menurut artikel di blog Amsoil, 70 - 100 ppm sdh cukup (sehingga bisa dipastikan kalo moly nya banyak kemungkinan moly versi lawas, yg solid, bukan liquid).

Iseng searching hasil tes UOA di Bitog forum, Amsoil yg kandungan Molybdenum nya paling tinggi (hampir semua varian), lainnya M1 15w-50, Havoline ProDs.
iya rata2 eneos ada moly nya om.. kompensasi zinc nya yg dikit mungkin (?)... yg 0w20 biasa om turbo pernah share VOA nya itu ada 140an ppm..
itu maksunya 90-100 ppm mungkin.. gak sampe 1000..

pernah UOA SGO 5w30 malah ada juga tuh molynya... mayan juga

yg tinggi2 lagi selain amsoil paling coba cek redline, motys, sama motul 300V tuh yg bejibun...atau oli2 diesel full syn...

mau untuk dipakai dimobil apa om?