Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
Arsilham899
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 15 Mar 2021, 10:38
Location: Central Java
Daily Vehicle: Honda Jazz

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Arsilham899 »

Suryaputra wrote:
vandul wrote: 23 Dec 2021, 14:31 om om mau nanya donk
rencana mau ganti ban altis 2007 ane baru beli sekend mobilnya .
ukuran ban
205 55 r16
bawaan mbl saat beli bs t005 depan ar20 belakang
yg mau saya ganti ban belakangnya

nemu conti cc6 2019 800rb perpcs
goodyear assurance triple max di 600rb perpcs
gt gtx pro 700an
bs techno
dunlop lm705

untuk harga range 800 better mana ya om
mbl bukan buat daily used.
Klo altis, jika masih pakai shock std nya? itu empuk.

Klo saya prefer pakai ban yg karakternya balance, spt:
- BS T005a (reputasi reliable)
- GY triple max (krn grs 1 thn / 20rb km), ini ban berhasil bikin lio yg keras, jd lbh nyaman bantingan nya dan handling masih ok
Kalo gy triplemax doang kayanya ga garansi deh mbah, yg garansi triplemax 2, mohon koreksi kalau salah

Tags:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Arsilham899 wrote: 24 Dec 2021, 09:19
Suryaputra wrote:
vandul wrote: 23 Dec 2021, 14:31 om om mau nanya donk
rencana mau ganti ban altis 2007 ane baru beli sekend mobilnya .
ukuran ban
205 55 r16
bawaan mbl saat beli bs t005 depan ar20 belakang
yg mau saya ganti ban belakangnya

nemu conti cc6 2019 800rb perpcs
goodyear assurance triple max di 600rb perpcs
gt gtx pro 700an
bs techno
dunlop lm705

untuk harga range 800 better mana ya om
mbl bukan buat daily used.
Klo altis, jika masih pakai shock std nya? itu empuk.

Klo saya prefer pakai ban yg karakternya balance, spt:
- BS T005a (reputasi reliable)
- GY triple max (krn grs 1 thn / 20rb km), ini ban berhasil bikin lio yg keras, jd lbh nyaman bantingan nya dan handling masih ok
Kalo gy triplemax doang kayanya ga garansi deh mbah, yg garansi triplemax 2, mohon koreksi kalau salah
Iy sorry mksd sy triplemax 2.
Di toko ban tpt sy beli udh gak ada triplemax 1
*Colek me if I'm wrong
wicaksono99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by wicaksono99 »

Arsilham899 wrote: 24 Dec 2021, 09:19
Suryaputra wrote:
vandul wrote: 23 Dec 2021, 14:31 om om mau nanya donk
rencana mau ganti ban altis 2007 ane baru beli sekend mobilnya .
ukuran ban
205 55 r16
bawaan mbl saat beli bs t005 depan ar20 belakang
yg mau saya ganti ban belakangnya

nemu conti cc6 2019 800rb perpcs
goodyear assurance triple max di 600rb perpcs
gt gtx pro 700an
bs techno
dunlop lm705

untuk harga range 800 better mana ya om
mbl bukan buat daily used.
Klo altis, jika masih pakai shock std nya? itu empuk.

Klo saya prefer pakai ban yg karakternya balance, spt:
- BS T005a (reputasi reliable)
- GY triple max (krn grs 1 thn / 20rb km), ini ban berhasil bikin lio yg keras, jd lbh nyaman bantingan nya dan handling masih ok
Kalo gy triplemax doang kayanya ga garansi deh mbah, yg garansi triplemax 2, mohon koreksi kalau salah
Tetep garansi kok.. Karena program garansinya sudah ada dari awal produksi tipe assurance duraplus / triplemax... Malah dulu pas pake duraplus trus sobek digantinya sama duraplus2.. Jadi belang sendiri tuh ban 1 wkwkwkwk.. Garansj berlaku kalau pembelian minimal 2 ban, kalau cuma beli 1 ban gak dapet garansi.
danielhappyg
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 07 Dec 2021, 11:43
Daily Vehicle: Toyota Yaris

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by danielhappyg »

Suhu-suhu SM izin masih dalam rangka perbuuruan ban

Kemarin dapat info dari suhu disini LM705 yang ring kecil sudah dapat upgrade sidewall jadi 2 ply....

Mohon info itu untuk yang tahun produksi kapan ya???
Barusan nyari2 di toko diinfoin R16 minggu 44 masih 1 ply...

Thank you suhu2 semua... :big_exellent:
Attachments
9cb4020b-2aa7-4582-bcc1-ba9390cc9ec2.jpg
0b597c72-6ff1-4c61-8dcb-53247d4d3ad2.jpg
b81ff707-789e-402e-8672-4c7bba20b057.jpg
chrisha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 03 Sep 2020, 09:32
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: Nissan X-Trail T31 CVT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by chrisha »

Suryaputra wrote: 22 Dec 2021, 22:30
chrisha wrote: 22 Dec 2021, 22:20
Suryaputra wrote: 21 Dec 2021, 09:13

Dulu pernah pakai micin energy, compare ke BS ar20,
emang lbh empuk, tapi feels floaty, sidewall lemah / letoy.
manuver berasa kyk vague.
gak sampai 2 thn, yg depan, dua2nya sobek samping.

maklum, jaman pasca lulus kuliah, br kerja, masih rada ababil :big_biglaugh:

beda sm BS ar20, lbh balance.
dibawa ababil masih lebih mantap.
padahal harganya waktu itu lbh murah AR20 dikit.
noise mirip2, karena pakai di baleno waktu itu, yg peredamnya so so ala honda.
wkwkwkw.

jadi sy alergi pakai micin sampai skrg.
mahal tapi manjah.
gaktau ya klo sekelas Pilot Sport 4 jika mampu beli, mungkin msh bisa jadi pertimbangan :mky_03:

_________________________________

Pilih BS gak salah deh, kecuali klo incer harga ekonomis.
Buat suv, yg tangguh dan masih relatif nyaman ya dueler h/l (highway luxury)

Mau lbh premium ya paling lompat ke alenza 001.

Segala medan ya dueler a/t (all terrain).
Wkwkwk.

Alternatif, ya ada GY,
Karena ada garansi 1 thn or 20rb km :big_biglaugh:
siyapppppp

kayakne Alenza 001 deh :big_okay:
FR nya mbah :mky_03:
Barusan cek n ricek stok Alenza 001, pada kosong semua dan infonya udh lama gak ada pengiriman dari BS nya sendiri, hadeuhhhhh..

Kalo GT Champiro HPY bagaimana om2 semua? Rekomen kah?
225 65 R17

Terima kasih sebelumnya :big_grin:
euforia212
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 13 Nov 2018, 18:31

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by euforia212 »

Suhu" SM izin bertanya
Mobil saya innova diesel 2012
Menggunakan ban BS dueler AT ukuran 235/70/15
Kemaren waktu spooring ban depan kanan kiri agak makan dalem,
Kata tukang spooring shock dah lemah

Yang saya mau tanyakan apa bener lebih baik pake shock tipe gas drpd tipe oli untuk ukuran ban yg saya gunakan?
Karena kata tukang spooringnya bilang " itu kalah suspensi"(pake shock ori tipe oli)


Mohon jawaban nya suhu"
Terima kasih
Last edited by euforia212 on 26 Dec 2021, 19:25, edited 1 time in total.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 18:32 Suhu" SM izin bertanya
Mobil saya innova diesel 2012
Menggunakan ban BS dueler AT ukuran 235/70/15
Kemaren waktu spooring ban depan kanan kiri agak makan dalem,
Kata tukang spooring shock dah lemah

Yang saya mau tanyakan apa bener lebih baik pake shock tipe gas drpd tipe oli untuk ukuran ban yg saya gunakan?
Karena kata tukang spooringnya bilang " itu kalah suspensi" shock lebih cepet kalah tapi ban aman

Mohon jawaban nya suhu"
Terima kasih
Coba mulai dr kayaba excel-g (gas shock abs).

Bilstein silver-biru lbh keras lg tp mantep dan kokoh buat jalan rusak atau gelombang (ngurangin limbung).

Basically, Gas emg lbh firm dan dewasa bantingannya.
Klo tipe oli mental mentul.
*Colek me if I'm wrong
euforia212
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 13 Nov 2018, 18:31

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by euforia212 »

Suryaputra wrote: 26 Dec 2021, 19:15
euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 18:32 Suhu" SM izin bertanya
Mobil saya innova diesel 2012
Menggunakan ban BS dueler AT ukuran 235/70/15
Kemaren waktu spooring ban depan kanan kiri agak makan dalem,
Kata tukang spooring shock dah lemah

Yang saya mau tanyakan apa bener lebih baik pake shock tipe gas drpd tipe oli untuk ukuran ban yg saya gunakan?
Karena kata tukang spooringnya bilang " itu kalah suspensi" shock lebih cepet kalah tapi ban aman

Mohon jawaban nya suhu"
Terima kasih
Coba mulai dr kayaba excel-g (gas shock abs).

Bilstein silver-biru lbh keras lg tp mantep dan kokoh buat jalan rusak atau gelombang (ngurangin limbung).

Basically, Gas emg lbh firm dan dewasa bantingannya.
Klo tipe oli mental mentul.
Siap
Tks atas masukannya
Belakang sudah ganti tipe gas Excel G
Depan sudah dia agendakan buat ganti yg tipe gas

Btw saya masih penasaran dg istilah tukang spooringnya
"Kalah suspensi"
Apa bener dengan ban ukuran besar dan shcok ori
Yang kalah malah ban nya makan sebelah. (Cat: masih pake velg asli innova) karena kalo pake velg lebar ban nya gak akan makan sebelah katanya
goodranger
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 08 Jan 2019, 01:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by goodranger »

Untuk r16 185/55 jazz ge8 rekomedasi ban apa ya yg <1.5jt ?
Kalo michelin xm2 worth it gak kira"? Atau ada yg lebih mantep. Tks b4
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 19:50
Suryaputra wrote: 26 Dec 2021, 19:15
euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 18:32 Suhu" SM izin bertanya
Mobil saya innova diesel 2012
Menggunakan ban BS dueler AT ukuran 235/70/15
Kemaren waktu spooring ban depan kanan kiri agak makan dalem,
Kata tukang spooring shock dah lemah

Yang saya mau tanyakan apa bener lebih baik pake shock tipe gas drpd tipe oli untuk ukuran ban yg saya gunakan?
Karena kata tukang spooringnya bilang " itu kalah suspensi" shock lebih cepet kalah tapi ban aman

Mohon jawaban nya suhu"
Terima kasih
Coba mulai dr kayaba excel-g (gas shock abs).

Bilstein silver-biru lbh keras lg tp mantep dan kokoh buat jalan rusak atau gelombang (ngurangin limbung).

Basically, Gas emg lbh firm dan dewasa bantingannya.
Klo tipe oli mental mentul.
Siap
Tks atas masukannya
Belakang sudah ganti tipe gas Excel G
Depan sudah dia agendakan buat ganti yg tipe gas

Btw saya masih penasaran dg istilah tukang spooringnya
"Kalah suspensi"
Apa bener dengan ban ukuran besar dan shcok ori
Yang kalah malah ban nya makan sebelah. (Cat: masih pake velg asli innova) karena kalo pake velg lebar ban nya gak akan makan sebelah katanya
Iya, karena shock bawaan pabrik, udh dirancang buat ban oem ukuran std pabrik.
Makin besar bannya, makin berat, sehingga shock-abs harus punya kemampuan redam getaran / bouncing yg lbh firm.

Yg blkg feelnya gmn pakai excel-g dgn ukuran sepatu lbh berat?
TWI normal?

Klo jawaban yes, excel-g udh cukup.
Klo berasa masih agak mentul, kudu pakai bilstein silver biru (lbh firm dan keras) buat ngeredam getaran.

Btw, ban ukuran aslinya brp dgn velg oem ?
Klo terlalu lebar naik 2 step, ini mempengaruhi kemampuan tapak ban ke jalan.

Shock-abs lemah syahwat VS yg bagus (firm)



Bayangin, lg jalan lurus 100km/h, trus ada something di depan hrs manuver atau rem mendadak dgn kondisi shock lemah :upss:
*Colek me if I'm wrong
euforia212
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 13 Nov 2018, 18:31

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by euforia212 »

Suryaputra wrote: 26 Dec 2021, 21:21
euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 19:50
Suryaputra wrote: 26 Dec 2021, 19:15 Siap
Tks atas masukannya
Belakang sudah ganti tipe gas Excel G
Depan sudah dia agendakan buat ganti yg tipe gas

Btw saya masih penasaran dg istilah tukang spooringnya
"Kalah suspensi"
Apa bener dengan ban ukuran besar dan shcok ori
Yang kalah malah ban nya makan sebelah. (Cat: masih pake velg asli innova) karena kalo pake velg lebar ban nya gak akan makan sebelah katanya
Iya, karena shock bawaan pabrik, udh dirancang buat ban oem ukuran std pabrik.
Makin besar bannya, makin berat, sehingga shock-abs harus punya kemampuan redam getaran / bouncing yg lbh firm.

Yg blkg feelnya gmn pakai excel-g dgn ukuran sepatu lbh berat?
TWI normal?

Klo jawaban yes, excel-g udh cukup.
Klo berasa masih agak mentul, kudu pakai bilstein silver biru (lbh firm dan keras) buat ngeredam getaran.

Btw, ban ukuran aslinya brp dgn velg oem ?
Klo terlalu lebar naik 2 step, ini mempengaruhi kemampuan tapak ban ke jalan.

Shock-abs lemah syahwat VS yg bagus (firm)



Bayangin, lg jalan lurus 100km/h, trus ada something di depan hrs manuver atau rem mendadak dgn kondisi shock lemah :upss:
Feelnya agak keras dikit, tapi mobil lebih stabil saat bermanuver
TWI aman
Ban STD nya sih 205/65/15
Sekarang jd 235/70/15 :big_grin:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 21:21
euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 19:50

Iya, karena shock bawaan pabrik, udh dirancang buat ban oem ukuran std pabrik.
Makin besar bannya, makin berat, sehingga shock-abs harus punya kemampuan redam getaran / bouncing yg lbh firm.

Yg blkg feelnya gmn pakai excel-g dgn ukuran sepatu lbh berat?
TWI normal?

Klo jawaban yes, excel-g udh cukup.
Klo berasa masih agak mentul, kudu pakai bilstein silver biru (lbh firm dan keras) buat ngeredam getaran.

Btw, ban ukuran aslinya brp dgn velg oem ?
Klo terlalu lebar naik 2 step, ini mempengaruhi kemampuan tapak ban ke jalan.

Shock-abs lemah syahwat VS yg bagus (firm)



Bayangin, lg jalan lurus 100km/h, trus ada something di depan hrs manuver atau rem mendadak dgn kondisi shock lemah :upss:
Feelnya agak keras dikit, tapi mobil lebih stabil saat bermanuver
TWI aman
Ban STD nya sih 205/65/15
Sekarang jd 235/70/15 :big_grin:
Jd ngedonat banget dong ban nya yah :mky_03:

Knp gak pakai ban lebar dan tinggi ukuran std aja?
Sering bawa beban lbh berat?
*Colek me if I'm wrong
euforia212
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 13 Nov 2018, 18:31

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by euforia212 »

Suryaputra wrote: 27 Dec 2021, 10:19
euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 21:21
euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 19:50

Iya, karena shock bawaan pabrik, udh dirancang buat ban oem ukuran std pabrik.
Makin besar bannya, makin berat, sehingga shock-abs harus punya kemampuan redam getaran / bouncing yg lbh firm.

Yg blkg feelnya gmn pakai excel-g dgn ukuran sepatu lbh berat?
TWI normal?

Klo jawaban yes, excel-g udh cukup.
Klo berasa masih agak mentul, kudu pakai bilstein silver biru (lbh firm dan keras) buat ngeredam getaran.

Btw, ban ukuran aslinya brp dgn velg oem ?
Klo terlalu lebar naik 2 step, ini mempengaruhi kemampuan tapak ban ke jalan.

Shock-abs lemah syahwat VS yg bagus (firm)



Bayangin, lg jalan lurus 100km/h, trus ada something di depan hrs manuver atau rem mendadak dgn kondisi shock lemah :upss:
Feelnya agak keras dikit, tapi mobil lebih stabil saat bermanuver
TWI aman
Ban STD nya sih 205/65/15
Sekarang jd 235/70/15 :big_grin:
Jd ngedonat banget dong ban nya yah :mky_03:

Knp gak pakai ban lebar dan tinggi ukuran std aja?
Sering bawa beban lbh berat?
Biar enak di lihat aja, jadi agak gagah dikit 🤭
Kepikiran naek R17, tapi saya kurang suka profil ban tipis
Muatan jarang full, paling berdua aja ama isteri
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

euforia212 wrote: 27 Dec 2021, 17:02
Suryaputra wrote: 27 Dec 2021, 10:19
euforia212 wrote: 26 Dec 2021, 21:21

Feelnya agak keras dikit, tapi mobil lebih stabil saat bermanuver
TWI aman
Ban STD nya sih 205/65/15
Sekarang jd 235/70/15 :big_grin:
Jd ngedonat banget dong ban nya yah :mky_03:

Knp gak pakai ban lebar dan tinggi ukuran std aja?
Sering bawa beban lbh berat?
Biar enak di lihat aja, jadi agak gagah dikit 🤭
Kepikiran naek R17, tapi saya kurang suka profil ban tipis
Muatan jarang full, paling berdua aja ama isteri
Untuk maintain handling yg ada, better pakai ukuran std ajah mbah.
Atau ganti velg naik size jd 215/60/R17 misalnya.

Krn ukurannya dah gak sesuai std lebar velg nya.
*Colek me if I'm wrong
dydyt112233
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 03 Oct 2017, 19:48
Location: jakarta
Daily Vehicle: hrv

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dydyt112233 »

arfs wrote: 19 Apr 2021, 15:52
kacangtakberkulit wrote: 19 Apr 2021, 01:39
alvin23 wrote: 18 Apr 2021, 23:09

Conti CC6 sangat senyap tapi grip biasa aja
Dari list boleh coba hankook ventus tuh.. kalau potenza yg re080 itu gaterlalu wah, dan yg pasti lebih berisik dibanding CC6 dan Ventus.

Falken Ziex maaf saya gelap
Makasih atas pencerahannya suhu. Saya coba baca baca di tiretest hasilnya
1. Conti cc6 hening tapi grip horor
2. Potenza re080 keras dan aga berisik
3. Hankook ventus berisik tapi grip lumayan
4. Falken ziex lebih better dari hankook katanya
Kemungkinan pilihan bakal jatuh ke falken ziex/sincera sih karena mobil sering ditarik diatas 120an. Mungkin suhu suhu pernah ada yang pake dan tau gimana rasanya.
Tapi kalo ada rejeki lebih mungkin mau incer toyo neo 3 yang harganya 750/pcs selisih 100 dari falken diatas. Tolong para suhu bisa share pengalaman falken ato toyo ini :big_childish:
Tambahan buat Conti CC6, kalau sudah jalan lebih dari 10-15rb km mulai berisik juga.
Karena walaupun di claim design alur groovenya khusus agar bisa senyap melawan road noise, senyap nya itu hanya bisa maksimal saat alur groove ban nya masih tebal (baru).

Seiring pemakaian yang berlanjut, jadi semakin tipis juga alur groove ban nya yang di design untuk memberikan kesenyapan dari road noise itu menipis dan suara road noise berisik lagi.
User avatar
grimjow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by grimjow »

goodranger wrote: 26 Dec 2021, 20:46 Untuk r16 185/55 jazz ge8 rekomedasi ban apa ya yg <1.5jt ?
Kalo michelin xm2 worth it gak kira"? Atau ada yg lebih mantep. Tks b4
Michelin Primacy 4 ukuran 195/55/16 aja Om.
Clonz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Clonz »

josomba wrote:
MaddMaxx wrote: 12 Dec 2021, 12:04
mau nanya om, 1 ply itu maksudnya gimana ya? trus tanda ban itu 1 ply sm 2 ply kita bisa cek dimana?
kebetulan sy dpt foto elem705 ada tulisan begini di bannya.
lm705.jpeg
itu maksudnya apa ya? apa ada hubungannya sm 1 ply dan 2 ply? :big_think:
Ooo bagus lah kalau LM705 untuk di bawah R17 dah 2 ply. Saya pake lm705 produksi 2020 masih pada 1 ply untuk ukuran 195/55/r16.

Anw, sbenernya sih 1-ply ga se-horror itu juga kalau tiap hari lewat jalan jelek. Tapi ya memang mesti dibarengi rutin cek angin, let say tiap 2 minggu.

Saya beberapa tahun belakangan sepertinya lebih sering pake ban 1-ply untuk sidewall tapi belum pernah ngalamin ban benjol/pecah. Mungkin terbantu karena rutin cek + tambah angin kalau udah berkurang even baru berkurang 1-psi dr tabel yg tertera di samping driver seat. Cek juga kudu pagi2 pas ban masih dingin.

Pake ecopia yg terkenal suka hamil sidewall-nya, waktu itu jeblos ke dalem lubang pas high speed di toll cipularang malah aman aja, velg lio ane yg peyang + shock bocor.

Jumat minggu lalu baru PP ke jalanan setengah aspal setengah kerikil di ciomas menuju kaki gn. Salak pake lm705 juga aman2 bae
20211210_114447.jpg
Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?

Makasih sebelumnya.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Clonz wrote: 28 Dec 2021, 02:19
josomba wrote:
MaddMaxx wrote: 12 Dec 2021, 12:04
mau nanya om, 1 ply itu maksudnya gimana ya? trus tanda ban itu 1 ply sm 2 ply kita bisa cek dimana?
kebetulan sy dpt foto elem705 ada tulisan begini di bannya.
lm705.jpeg
itu maksudnya apa ya? apa ada hubungannya sm 1 ply dan 2 ply? :big_think:
Ooo bagus lah kalau LM705 untuk di bawah R17 dah 2 ply. Saya pake lm705 produksi 2020 masih pada 1 ply untuk ukuran 195/55/r16.

Anw, sbenernya sih 1-ply ga se-horror itu juga kalau tiap hari lewat jalan jelek. Tapi ya memang mesti dibarengi rutin cek angin, let say tiap 2 minggu.

Saya beberapa tahun belakangan sepertinya lebih sering pake ban 1-ply untuk sidewall tapi belum pernah ngalamin ban benjol/pecah. Mungkin terbantu karena rutin cek + tambah angin kalau udah berkurang even baru berkurang 1-psi dr tabel yg tertera di samping driver seat. Cek juga kudu pagi2 pas ban masih dingin.

Pake ecopia yg terkenal suka hamil sidewall-nya, waktu itu jeblos ke dalem lubang pas high speed di toll cipularang malah aman aja, velg lio ane yg peyang + shock bocor.

Jumat minggu lalu baru PP ke jalanan setengah aspal setengah kerikil di ciomas menuju kaki gn. Salak pake lm705 juga aman2 bae

20211210_114447.jpg
Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?

Makasih sebelumnya.
Basically, Semua ban, makin dekat ke TWI, makin rentan aquaplanning ( even ban tsb misalnya khusus basah)
*Colek me if I'm wrong
Clonz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Clonz »

Suryaputra wrote:
Clonz wrote: 28 Dec 2021, 02:19
josomba wrote: Ooo bagus lah kalau LM705 untuk di bawah R17 dah 2 ply. Saya pake lm705 produksi 2020 masih pada 1 ply untuk ukuran 195/55/r16.

Anw, sbenernya sih 1-ply ga se-horror itu juga kalau tiap hari lewat jalan jelek. Tapi ya memang mesti dibarengi rutin cek angin, let say tiap 2 minggu.

Saya beberapa tahun belakangan sepertinya lebih sering pake ban 1-ply untuk sidewall tapi belum pernah ngalamin ban benjol/pecah. Mungkin terbantu karena rutin cek + tambah angin kalau udah berkurang even baru berkurang 1-psi dr tabel yg tertera di samping driver seat. Cek juga kudu pagi2 pas ban masih dingin.

Pake ecopia yg terkenal suka hamil sidewall-nya, waktu itu jeblos ke dalem lubang pas high speed di toll cipularang malah aman aja, velg lio ane yg peyang + shock bocor.

Jumat minggu lalu baru PP ke jalanan setengah aspal setengah kerikil di ciomas menuju kaki gn. Salak pake lm705 juga aman2 bae

20211210_114447.jpg
Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?

Makasih sebelumnya.
Basically, Semua ban, makin dekat ke TWI, makin rentan aquaplanning ( even ban tsb misalnya khusus basah)
Sorry om, TWI itu apa yah?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Clonz wrote: 28 Dec 2021, 08:42
Suryaputra wrote:
Clonz wrote: 28 Dec 2021, 02:19 Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?

Makasih sebelumnya.
Basically, Semua ban, makin dekat ke TWI, makin rentan aquaplanning ( even ban tsb misalnya khusus basah)
Sorry om, TWI itu apa yah?
Singkatannya Ini mbah

Image
Copyright to carsguide.com.au
*Colek me if I'm wrong
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1872
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ilhami »

Kenapa Mobil FWD ban belakang nya awet banget ya?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: 28 Dec 2021, 10:19 Kenapa Mobil FWD ban belakang nya awet banget ya?
Krn ketika narik pakai ban depan.
Ngerem jg semua beban ke ban depan yg nahan.

Jd fwd, perlu rotasi ban rutin tiap tahun.
Yg depan ke blkg, dan sebaliknya.
Last edited by Suryaputra on 28 Dec 2021, 10:51, edited 1 time in total.
*Colek me if I'm wrong
Clonz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Clonz »

Suryaputra wrote:
Clonz wrote: 28 Dec 2021, 08:42
Suryaputra wrote: Basically, Semua ban, makin dekat ke TWI, makin rentan aquaplanning ( even ban tsb misalnya khusus basah)
Sorry om, TWI itu apa yah?
Singkatannya Ini mbah

Image
Copyright to carsguide.com.au
Oya siapp. Treadwear ya.

Kalau lm705 baru, wet grip nya apa om nya pernah tau? Cukup nggigit di jalan basah, atau licin kayak dunlop enasave?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Clonz wrote: 28 Dec 2021, 10:43
Suryaputra wrote:
Clonz wrote: 28 Dec 2021, 08:42 Sorry om, TWI itu apa yah?
Singkatannya Ini mbah

Copyright to carsguide.com.au
Oya siapp. Treadwear ya.

Kalau lm705 baru, wet grip nya apa om nya pernah tau? Cukup nggigit di jalan basah, atau licin kayak dunlop enasave?


Lihat testi user LM705 spt ini
Compare ke similar price, si rivalnya GY triplemax 2

Image

Image

Sumber:
https://www.tyrereviews.com/Tyre/Goodye ... emax-2.htm
https://www.tyrereviews.com/Tyre/Dunlop ... LM-705.htm

Yg ngereview jg orang2 asia, ada yg pk buat mobilio pula si lm705
In average bilang, noise level low dan dry grip ok, tapi jelek wet handlingnya.
Hydroplaning horror.

Yah intinya, jgn kenceng2 even pakai ban ngegigit buat jalan basah.
Krn klo apes, lower speed = lower risk
*Colek me if I'm wrong
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2235
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

Clonz wrote: 28 Dec 2021, 02:19 Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?

Makasih sebelumnya.
Iya saya baru pakai sekitar 10-20k KM om. Nahan aquaplaning cukup ok di 100an kph, mirip Turanza AR20.
Image
Post Reply