Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1396
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by AbdulHakim »

Apakah ada SM-ers yg pake TPMS yg dipasang di pentil ban yg harganya 250rb-an itu?
Recommended kah?
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by wicaksono99 »

AbdulHakim wrote: Wed Apr 13, 2022 2:28 Apakah ada SM-ers yg pake TPMS yg dipasang di pentil ban yg harganya 250rb-an itu?
Recommended kah?
Saya pasang yg model internal tpms (sensor di dalam pentil ban). Kalau yg eksternal menurut saya secara estetika agak aneh ya, ngejendul kaya jamur.. Kayanya sealnya juga perlu perawatan biar ga bocor, trus kalau bukan yg model ada pengunci pentilnya bakal gampang diisengin orang buat dilepas. Makanya saya pilih yg internal, hanya ribet diawal tapi akhirnya egak repot lagi.
Sudah dipakai selama 1 tahun 1 bulan sejauh 47rb km aman2 aja.. Hehe...
Kalau mau rotasi ban harus diinget posisi sebelumnya kalau nggak bakal puyeng.. Hahaha
semarnanjak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by semarnanjak »

Clonz wrote: Wed Apr 13, 2022 2:26
semarnanjak wrote:
Clonz wrote: Tue Mar 29, 2022 8:06 Mohon sharing t005a vs conti uc6

Ukuran 205 65 r16

Prefer mana ya om? Mgkn ada yg pernah pake?

Yg lebih silent dan wet grip tetep bagus yg mana ?
T005a kayaknya bagus, cuman kok wet grip ada yg bikang bagus, ada yg bilang kurang.

Untuk conti, dipake di jalanan indo apa awet om?
saya pakai t005 udah jalan 1.000 km. kalau menurut saya, ini bannya enak om, worth to buy. dibanding ban bawaan (enasave), di jalan aspal yg agak kasar t005 lebih silent. di jalan beton juga lebih silent. lewat jalan jelek bantingannya lebih empuk. wet grip menurut saya juga sudah oke, dibawa kecepatan 60-70 km/j pas hujan deres ga was-was (ga berani ngebut2 pas hujan deres). selain itu di tempat saya ban ini lebih mudah dicari/ready stok daripada uc6. overall puas pake ban ini.

kalo uc6 kurang tau, belum pernah nyoba.
semarnanjak wrote:
Clonz wrote: Tue Mar 29, 2022 8:06 Mohon sharing t005a vs conti uc6

Ukuran 205 65 r16

Prefer mana ya om? Mgkn ada yg pernah pake?

Yg lebih silent dan wet grip tetep bagus yg mana ?
T005a kayaknya bagus, cuman kok wet grip ada yg bikang bagus, ada yg bilang kurang.

Untuk conti, dipake di jalanan indo apa awet om?
saya pakai t005 udah jalan 1.000 km. kalau menurut saya, ini bannya enak om, worth to buy. dibanding ban bawaan (enasave), di jalan aspal yg agak kasar t005 lebih silent. di jalan beton juga lebih silent. lewat jalan jelek bantingannya lebih empuk. wet grip menurut saya juga sudah oke, dibawa kecepatan 60-70 km/j pas hujan deres ga was-was (ga berani ngebut2 pas hujan deres). selain itu di tempat saya ban ini lebih mudah dicari/ready stok daripada uc6. overall puas pake ban ini.

kalo uc6 kurang tau, belum pernah nyoba.
Siapp. Makasih infonya ya om.
Dipake di mobil apa dan ukuran berapa kalau bokeh tau om?

Saya baca2 memang t005a ini banyak yg review bagus. Tp jg g dikit yg kena masalah ama dia. Kenalan2 saya ada yg pake, beberapa ribu km trus sobek samping. Jadi was2.
kayaknya dopost ya om. di postingan sebelumnya udah saya balas.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Clonz »

semarnanjak wrote:
Clonz wrote: Wed Apr 13, 2022 2:26
semarnanjak wrote: saya pakai t005 udah jalan 1.000 km. kalau menurut saya, ini bannya enak om, worth to buy. dibanding ban bawaan (enasave), di jalan aspal yg agak kasar t005 lebih silent. di jalan beton juga lebih silent. lewat jalan jelek bantingannya lebih empuk. wet grip menurut saya juga sudah oke, dibawa kecepatan 60-70 km/j pas hujan deres ga was-was (ga berani ngebut2 pas hujan deres). selain itu di tempat saya ban ini lebih mudah dicari/ready stok daripada uc6. overall puas pake ban ini.

kalo uc6 kurang tau, belum pernah nyoba.
semarnanjak wrote: saya pakai t005 udah jalan 1.000 km. kalau menurut saya, ini bannya enak om, worth to buy. dibanding ban bawaan (enasave), di jalan aspal yg agak kasar t005 lebih silent. di jalan beton juga lebih silent. lewat jalan jelek bantingannya lebih empuk. wet grip menurut saya juga sudah oke, dibawa kecepatan 60-70 km/j pas hujan deres ga was-was (ga berani ngebut2 pas hujan deres). selain itu di tempat saya ban ini lebih mudah dicari/ready stok daripada uc6. overall puas pake ban ini.

kalo uc6 kurang tau, belum pernah nyoba.
Siapp. Makasih infonya ya om.
Dipake di mobil apa dan ukuran berapa kalau bokeh tau om?

Saya baca2 memang t005a ini banyak yg review bagus. Tp jg g dikit yg kena masalah ama dia. Kenalan2 saya ada yg pake, beberapa ribu km trus sobek samping. Jadi was2.
kayaknya dopost ya om. di postingan sebelumnya udah saya balas.
Iya om sori td pas susah sinyal eror jadi double post haha.

Wah tekanan 36 apa ga keras om wakaka. T005a lebih empuk dr ecopia?
semarnanjak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by semarnanjak »

Clonz wrote: Wed Apr 13, 2022 3:15
semarnanjak wrote:
Clonz wrote: Wed Apr 13, 2022 2:26

Siapp. Makasih infonya ya om.
Dipake di mobil apa dan ukuran berapa kalau bokeh tau om?

Saya baca2 memang t005a ini banyak yg review bagus. Tp jg g dikit yg kena masalah ama dia. Kenalan2 saya ada yg pake, beberapa ribu km trus sobek samping. Jadi was2.
kayaknya dopost ya om. di postingan sebelumnya udah saya balas.
Iya om sori td pas susah sinyal eror jadi double post haha.

Wah tekanan 36 apa ga keras om wakaka. T005a lebih empuk dr ecopia?
kalau buat saya sih pas om tekanan segitu. pernah coba diisi 33 keliatan kempes terutama ban depannya. daripada kenapa-napa akhirnya bikin 36 rata aja hahaha. kalau dari ecopia kurang tau sih, soalnya ban sebelumnya pakai enasave. kalau dibanding enasave, lebih empuk dan silent t005, kerasa lumayan bedanya.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

Just sharing,

Nubi seperti ane juga baru tahu nih kalau ganti ukuran ban dengan load index/load rating yang berbeda, ada baseline hitungnya (selain pake calculator online ya).

Link:
https://www.toyotires.com/media/3729/ap ... 200723.pdf

Kasus owe dari ukuran OEM 185/60 R16 load rating:86 ---> 205/55 R16 load rating: 91.
Pressure berdasarkan placard di pintu:
Front : 36
Rear : 33

Melihat dari tabel pada link di atas (page 34), dengan oem load rating 86 maka front harus bisa menahan 1168 pounds (36 psi) dan rear 1091 pounds (33 psi). Karena load rating ban baru naik ke 91, maka saya harus cari pressure baru dengan kekuatan yg minimal sama atau di atas dikit dengan pressure lama.

Berarti front minimal 30 psi dan rear 29 psi. Tp setelah coba2 lebih lanjut, pas-nya front 34psi dan rear 30 psi.

*demikian sharing nubi
Image
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ZEXELGRIFONE »

AbdulHakim wrote: Wed Apr 13, 2022 2:28 Apakah ada SM-ers yg pake TPMS yg dipasang di pentil ban yg harganya 250rb-an itu?
Recommended kah?
Saya pasang, dah jalan 2-3 tahunan lebih.. Sejauh ini masih normal dipake, meskipun layar TMPS kadang over karena pernah kejemur lama + puanas bgt. Tapi pengukuran sepertinya masih normal.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1396
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by AbdulHakim »

ZEXELGRIFONE wrote: Wed Apr 13, 2022 4:22 Saya pasang, dah jalan 2-3 tahunan lebih.. Sejauh ini masih normal dipake, meskipun layar TMPS kadang over karena pernah kejemur lama + puanas bgt. Tapi pengukuran sepertinya masih normal.
sip om, solusi murmer, awet pula :big_okay:
wicaksono99 wrote: Wed Apr 13, 2022 2:44 Saya pasang yg model internal tpms (sensor di dalam pentil ban). Kalau yg eksternal menurut saya secara estetika agak aneh ya, ngejendul kaya jamur.. Kayanya sealnya juga perlu perawatan biar ga bocor, trus kalau bukan yg model ada pengunci pentilnya bakal gampang diisengin orang buat dilepas. Makanya saya pilih yg internal, hanya ribet diawal tapi akhirnya egak repot lagi.
Sudah dipakai selama 1 tahun 1 bulan sejauh 47rb km aman2 aja.. Hehe...
Kalau mau rotasi ban harus diinget posisi sebelumnya kalau nggak bakal puyeng.. Hahaha
kalo type ini cocok sekalian pas ganti 4 ban baru :big_peace:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by grimjow »

AbdulHakim wrote: Wed Apr 13, 2022 2:28 Apakah ada SM-ers yg pake TPMS yg dipasang di pentil ban yg harganya 250rb-an itu?
Recommended kah?
Saya pakai versi eksternal merk 70**i , walau harga lebih mahal dibanding yang umum dijual. Tapi so far sih reliable uda hampir setahun. Yang membedakan saya lihat update pressure nya ini lebih cepat. Tapi indikator cuman psi aja. Tenaga ga perlu colok lighter atau ganti baterei, karena ada solar panel nya. Kecuali mobil masuk garasi dalam waktu lama, masih aman dipake tiap hari akan nge charge. Kelebihan lain bisa connect ke app, tapi saya sendiri sih ga pake. enak langsung liat di unit nya aja angka tekanan ban nya.
Randisaputra
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Mar 27, 2022 16:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Randisaputra »

Clonz wrote: Wed Apr 13, 2022 3:15
semarnanjak wrote:
Clonz wrote: Wed Apr 13, 2022 2:26

Siapp. Makasih infonya ya om.
Dipake di mobil apa dan ukuran berapa kalau bokeh tau om?

Saya baca2 memang t005a ini banyak yg review bagus. Tp jg g dikit yg kena masalah ama dia. Kenalan2 saya ada yg pake, beberapa ribu km trus sobek samping. Jadi was2.
kayaknya dopost ya om. di postingan sebelumnya udah saya balas.
Iya om sori td pas susah sinyal eror jadi double post haha.

Wah tekanan 36 apa ga keras om wakaka. T005a lebih empuk dr ecopia?
Ikut nimbrunh sharing pengalaman om. Sy baru ganti dari ecopia ke turanza t005a nih (atas saran beberapa om om disini). Yang sy rasain lebih kokoh n napak pake turanza. Klo ecopia tu krn dinding profile ny lebih lembut dibanding turanza jadi berasa mental mentul. Turanza sy hajar tekanan angin di 36 diatas standar 34 masih cukup lembut (tp feeling orang beda2 sih). Mungkin faktor karet ny yg lebih soft dibanding ecopia yg agak keras. Krn itu jg mgkn jadi lebih silent. Setelah sy cb lewatin jalur busway bypass jaktim (yg ga da pembatasny yak). Silent tp ga bs dibilang ilang jg tuh "ngung"ny. Tp lumayan reduce lah buat mobil tanpa peredam. Klo durability belum bs cerita banyak. Karena baru 1 bln ganti
Randisaputra
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Mar 27, 2022 16:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Randisaputra »

AbdulHakim wrote: Wed Apr 13, 2022 2:28 Apakah ada SM-ers yg pake TPMS yg dipasang di pentil ban yg harganya 250rb-an itu?
Recommended kah?
Sy lagi pake yg harga segitu om. Pengalamannya. Kurang akurat sih. Terakhir ganti ban n karet pentil jadi ga akurat semua (sebelum ganti ban n karet pentil, 2 yang belakang akurat nilainya). Selisih 1-2 psi dari tekanan angin yang saya isi. So far dipake dlu aja. Selain murah. Cukup membantu kalo ban lagi bocor. Ada alarm. Jadi lebih aware aja. Catatan dikit. Klo baru beli. Stock baterai cadangan aja buat tutup pentilnya. Karena bawaan kotak udah kurang full baterainya. Hitungan minggu dah abis baterainya. Trus kalo pake ring kuncian anti malingnya, agak ribet aja pas mau nambah angin. Kudu kendoring dlu tuh ringnya. Trus itu kunci ny kudu disimpan baik baik deh. Kayakny ga da yang jual klo ilang
Last edited by Randisaputra on Wed Apr 13, 2022 22:19, edited 1 time in total.
noenk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Fri Feb 05, 2016 2:18

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by noenk »

Sdh paket 2 tahun aman.. cm ganti batere aja ditpmsnya.. cm sekarang gk bisa solarcarge nya..
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1396
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by AbdulHakim »

noenk wrote: Wed Apr 13, 2022 22:24 Sdh paket 2 tahun aman.. cm ganti batere aja ditpmsnya.. cm sekarang gk bisa solarcarge nya..
sip om, barang 250rb-an 2 tahun udah impas kali ya :big_peace:
Randisaputra wrote: Wed Apr 13, 2022 22:14
AbdulHakim wrote: Wed Apr 13, 2022 2:28 Apakah ada SM-ers yg pake TPMS yg dipasang di pentil ban yg harganya 250rb-an itu?
Recommended kah?
Sy lagi pake yg harga segitu om. Pengalamannya. Kurang akurat sih. Terakhir ganti ban n karet pentil jadi ga akurat semua (sebelum ganti ban n karet pentil, 2 yang belakang akurat nilainya). Selisih 1-2 psi dari tekanan angin yang saya isi. So far dipake dlu aja. Selain murah. Cukup membantu kalo ban lagi bocor. Ada alarm. Jadi lebih aware aja. Catatan dikit. Klo baru beli. Stock baterai cadangan aja buat tutup pentilnya. Karena bawaan kotak udah kurang full baterainya. Hitungan minggu dah abis baterainya. Trus kalo pake ring kuncian anti malingnya, agak ribet aja pas mau nambah angin. Kudu kendoring dlu tuh ringnya. Trus itu kunci ny kudu disimpan baik baik deh. Kayakny ga da yang jual klo ilang
wah thanks sharing pengalamannya om :big_exellent:
selisih 1-2 psi, berarti kalo pressure 33 di TPMS nya kebaca 31-32 psi ya
grimjow wrote: Wed Apr 13, 2022 5:46
AbdulHakim wrote: Wed Apr 13, 2022 2:28 Apakah ada SM-ers yg pake TPMS yg dipasang di pentil ban yg harganya 250rb-an itu?
Recommended kah?
Saya pakai versi eksternal merk 70**i , walau harga lebih mahal dibanding yang umum dijual. Tapi so far sih reliable uda hampir setahun. Yang membedakan saya lihat update pressure nya ini lebih cepat. Tapi indikator cuman psi aja. Tenaga ga perlu colok lighter atau ganti baterei, karena ada solar panel nya. Kecuali mobil masuk garasi dalam waktu lama, masih aman dipake tiap hari akan nge charge. Kelebihan lain bisa connect ke app, tapi saya sendiri sih ga pake. enak langsung liat di unit nya aja angka tekanan ban nya.
iya harga lebih mahal itu Tomai, 1jt up
yg murah2 juga udah solar panel, tapi pengalaman om noenk di atas 2 tahun dah koit solar panelnya
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by classicrock »

Halo om om semua, minta sarannya untuk ban 205/65R16.

Udah survey akhirnya calon mengerucut ke:

Bridgestone Turanza 1.085.000/pc
Michelin Primacy 4 1.059.000/pc

Keduanya buatan 2022 dan harganya selisih tipis. Mana yang lebih unggul dari sisi senyap dan awet?

Tadinya nyari Continental CC6, tapi untuk size ini nggak ada di mana mana, adanya UC6 kena 990.000/pc (fokusnya lebih ke senyap sih).
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Clonz »

classicrock wrote:Halo om om semua, minta sarannya untuk ban 205/65R16.

Udah survey akhirnya calon mengerucut ke:

Bridgestone Turanza 1.085.000/pc
Michelin Primacy 4 1.059.000/pc

Keduanya buatan 2022 dan harganya selisih tipis. Mana yang lebih unggul dari sisi senyap dan awet?

Tadinya nyari Continental CC6, tapi untuk size ini nggak ada di mana mana, adanya UC6 kena 990.000/pc (fokusnya lebih ke senyap sih).
Harga t005a udah nyalip primacy 4 ya. Dulu malah murahan primacy 4.

Vote primacy4. Saya pake ukuran 235 50 r18
Skrg udah pake ampir 3 taon, tapi kembangan masih tebel aja kayaknya. Total kepake 30rb km.
Ooverall ga ada keluhan pake ban ini. Cuman bodi sidewallnya aja yg agak ngedonat, bagusan t0005a yg kayak lebih kaku gt dilihat.
Sama gripnya primacy4 bagus, mgkn kelewat bagus, jadi rada2 oversteer kadang.

Dan ini ban kok ga abis2 ya. Jadi repot kalau udah bosen mau lgsg diganti kok sayang haha.

Cc6 denger2 suhu2 d sini katanya cepet abis.
Mending uc6 lah kayaknya om. Mgkn selevel ama turanza, tp lebih murah.
Saya jg lagi kesengsem uc6 karena bosen primacy4, tp belom banyak nemu review2

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

Clonz wrote: Thu Apr 14, 2022 2:25
classicrock wrote:Halo om om semua, minta sarannya untuk ban 205/65R16.

Udah survey akhirnya calon mengerucut ke:

Bridgestone Turanza 1.085.000/pc
Michelin Primacy 4 1.059.000/pc

Keduanya buatan 2022 dan harganya selisih tipis. Mana yang lebih unggul dari sisi senyap dan awet?

Tadinya nyari Continental CC6, tapi untuk size ini nggak ada di mana mana, adanya UC6 kena 990.000/pc (fokusnya lebih ke senyap sih).
Harga t005a udah nyalip primacy 4 ya. Dulu malah murahan primacy 4.

Vote primacy4. Saya pake ukuran 235 50 r18
Skrg udah pake ampir 3 taon, tapi kembangan masih tebel aja kayaknya. Total kepake 30rb km.
Ooverall ga ada keluhan pake ban ini. Cuman bodi sidewallnya aja yg agak ngedonat, bagusan t0005a yg kayak lebih kaku gt dilihat.
Sama gripnya primacy4 bagus, mgkn kelewat bagus, jadi rada2 oversteer kadang.

Dan ini ban kok ga abis2 ya. Jadi repot kalau udah bosen mau lgsg diganti kok sayang haha.

Cc6 denger2 suhu2 d sini katanya cepet abis.
Mending uc6 lah kayaknya om. Mgkn selevel ama turanza, tp lebih murah.
Saya jg lagi kesengsem uc6 karena bosen primacy4, tp belom banyak nemu review2
Primacy4 pemakaian 3 tahun belom ada retak rambut Om? Michelin soalnya terkenal kalah di usia pakai soalnya
:mky_01:

BTW termasuk low mileage jg ya 30rb dalam 3 tahun
:big_okay:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by classicrock »


Clonz wrote:Harga t005a udah nyalip primacy 4 ya. Dulu malah murahan primacy 4.

Vote primacy4. Saya pake ukuran 235 50 r18
Skrg udah pake ampir 3 taon, tapi kembangan masih tebel aja kayaknya. Total kepake 30rb km.
Ooverall ga ada keluhan pake ban ini. Cuman bodi sidewallnya aja yg agak ngedonat, bagusan t0005a yg kayak lebih kaku gt dilihat.
Sama gripnya primacy4 bagus, mgkn kelewat bagus, jadi rada2 oversteer kadang.

Dan ini ban kok ga abis2 ya. Jadi repot kalau udah bosen mau lgsg diganti kok sayang haha.

Cc6 denger2 suhu2 d sini katanya cepet abis.
Mending uc6 lah kayaknya om. Mgkn selevel ama turanza, tp lebih murah.
Saya jg lagi kesengsem uc6 karena bosen primacy4, tp belom banyak nemu review2
Okay om, thanx sarannya. Sejauh ini memang cenderung ke Primacy 4 sih, karena ga terlalu jauh dari rumah lokasi bengkelnya.

Jadi ini ban buat mobil kakak saya, tadinya dia mau CC6 karena pas nebeng di Avanza saya terasa lumayan senyap ban nya. So far si CC6 saya udah pakai 13 rb km sih aman aman aja, ga cepet habis kaya Ecopia bawaan mobil.

Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by grimjow »

classicrock wrote: Thu Apr 14, 2022 1:40 Halo om om semua, minta sarannya untuk ban 205/65R16.

Udah survey akhirnya calon mengerucut ke:

Bridgestone Turanza 1.085.000/pc
Michelin Primacy 4 1.059.000/pc

Keduanya buatan 2022 dan harganya selisih tipis. Mana yang lebih unggul dari sisi senyap dan awet?

Tadinya nyari Continental CC6, tapi untuk size ini nggak ada di mana mana, adanya UC6 kena 990.000/pc (fokusnya lebih ke senyap sih).
Merem ambil Primacy 4 aja Om. Ban reliable itu.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Clonz »

Retak rambut kok ga keliatan ya om. Yg keluar malah gripis2 kecil memang. Kayak beberapa sudut karetnya cuil gitu. Tp sempet keluar trus ga bertambah lagi. Ini kondisi pemakian 30rb km. Tekanan diisi 31 most of the time.

Temen pernah cerita jg kalau ban2 mich, conti, toyo, yokohama itu di indo ga kuat menghadapi kerasnya aspal indo hahaha
Gampang gripis2.
20220414_100748.jpg
20220414_100739.jpg
20220414_100714.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by classicrock »


grimjow wrote:
Merem ambil Primacy 4 aja Om. Ban reliable itu.
Thank you sarannya om.

Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ZEXELGRIFONE »

Clonz wrote: Thu Apr 14, 2022 6:49
Temen pernah cerita jg kalau ban2 mich, conti, toyo, yokohama itu di indo ga kuat menghadapi kerasnya aspal indo hahaha
Gampang gripis2.20220414_100748.jpg20220414_100739.jpg20220414_100714.jpg
Pengalaman pake GT champie (oem bawaan dari baru) jg gripis2 koq om. Tapi mungkin faktor usia jg, dah lebih dari 3th, dan mungkin faktor ban murah jg 😅
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

ZEXELGRIFONE wrote: Mon Apr 18, 2022 0:26
Clonz wrote: Thu Apr 14, 2022 6:49
Temen pernah cerita jg kalau ban2 mich, conti, toyo, yokohama itu di indo ga kuat menghadapi kerasnya aspal indo hahaha
Gampang gripis2.20220414_100748.jpg20220414_100739.jpg20220414_100714.jpg
Pengalaman pake GT champie (oem bawaan dari baru) jg gripis2 koq om. Tapi mungkin faktor usia jg, dah lebih dari 3th, dan mungkin faktor ban murah jg 😅
Oh kalo GT Champiro Eco malah kalo ngga gripis itu dipertanyakan Om
:mky_03:

Kayaknya belom pernah ngeliat ban bekas GT Champiro Eco di bengkel ban itu yg botaknya 'rapi', kebanyakan belom nyentuh TWI tp ganti karena gripisnya udah ngga bisa ditolerir. Tp mungkin karena faktor harga ya tetep aja banyak yg beli lg ban itu.
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 847
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by well »

evanbngdor wrote: Mon Apr 18, 2022 3:22
ZEXELGRIFONE wrote: Mon Apr 18, 2022 0:26
Clonz wrote: Thu Apr 14, 2022 6:49
Temen pernah cerita jg kalau ban2 mich, conti, toyo, yokohama itu di indo ga kuat menghadapi kerasnya aspal indo hahaha
Gampang gripis2.20220414_100748.jpg20220414_100739.jpg20220414_100714.jpg
Pengalaman pake GT champie (oem bawaan dari baru) jg gripis2 koq om. Tapi mungkin faktor usia jg, dah lebih dari 3th, dan mungkin faktor ban murah jg 😅
Oh kalo GT Champiro Eco malah kalo ngga gripis itu dipertanyakan Om
:mky_03:

Kayaknya belom pernah ngeliat ban bekas GT Champiro Eco di bengkel ban itu yg botaknya 'rapi', kebanyakan belom nyentuh TWI tp ganti karena gripisnya udah ngga bisa ditolerir. Tp mungkin karena faktor harga ya tetep aja banyak yg beli lg ban itu.
:mky_01:
Om, klo gripis apa ngga gripnya nambah? :big_peace:
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ZEXELGRIFONE »

evanbngdor wrote: Mon Apr 18, 2022 3:22
Oh kalo GT Champiro Eco malah kalo ngga gripis itu dipertanyakan Om
:mky_03:

Kayaknya belom pernah ngeliat ban bekas GT Champiro Eco di bengkel ban itu yg botaknya 'rapi', kebanyakan belom nyentuh TWI tp ganti karena gripisnya udah ngga bisa ditolerir. Tp mungkin karena faktor harga ya tetep aja banyak yg beli lg ban itu.
:mky_01:
Nah itu.. Harga. Hehehe..

Cerita aja..
Beberapa waktu lalu habis ganti sepasang GT Radial Champiro di mobil ortu, ganti karena umurnya sudah tua (> 5th).
Gantinya dengan merk yg sama.. Cuman skrg adanya Champiro Ecotec. Ukuran std, sepasang dipasang di depan (kiri-kanan).

Belum 24 jam dipake, dan cuma buat jalan deket2 aja.. Besoknya pas mo spooring, dicek sama mekanik spooring, itu satu ban baru udah ada indikasi benjol berupa garis di dinding ban sisi luar dan dalam :mky_01:

Selesai spooring, langsung datengin toko bannya lagi, complain.. Tapi ternyata tidak bisa langsung tuker, claim dulu katanya.. :big_dunno:
Ban baru yg benjol ditinggal disana (katanya untuk pengecekan) dan sementara ganti pake ban yg lama (untung belum dibuang).

Setelah claim kira2 semingguan baru ada kabar, untungnya ban benjol tadi diganti baru.
Jadi ya ke tokonya lagi (untuk yg ke-3x), untuk ganti gan. Masalah slese.. sampai skrg untungnya ga ada masalah.

Mungkin jadi perhatian saat ganti ban baru, setelah ban dipasang di velg, diisi angin/nitrogen dan di balance, jgan buru2 dipasang dulu..
Sempetin untuk ngecek, meraba, melihat, menerawang kondisi ban baru tsb..

Setelah dipasang di mobil jg, lakuin hal yg sama..

Demikian pengalaman saya.. Semoga bermanfaat :beer:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9649
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Dapat dari WA Officialnya GY
klo mau nanya2 silahkan: +62 811-1934-4777

Nama saya dimasukin database mereka, waktu registrasi garansi beli ban GY :big_biglaugh:

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri