Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4898
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 05:19
Suryaputra wrote: 02 Jul 2022, 22:28
Rocinante wrote: 02 Jul 2022, 16:41

Confero S.
Pengen cari yg senyap dan empuk.
Bawaan GT Champ Eco dah gupil2 dan berisik pol..
Klo saya pribadi, GY triplemax.. kelas touring tyre ini.
Suspensi confero dah empuk soalnya.
Jd biar balance.

Klo dikasih LM705 atau CC6 yg empuk khawatir lebih limbung.
Apalagi profil tebel 65.

GY Triplemax karakternya balance, nyaman tapi gak mentul2 kyk ban eco.
Compare ke GT champ eco mah upgrade banget.
Kalo pilihan mengerucut ke GY Triplemax 2 dan LM705 mending mana?

Thank you..
Klo saya pribadi pilih GY ATM 2
lebih rigid dan karetnya gak terlalu soft, tapi ngegigitt di aspal, ditekan ujung jari aja keset dan nahan.
dan lagipula konstruksi sisi samping dah 2 ply (scr teoritis lbh kokoh)
jadi pas sm confero.

kecuali klo mobilnya stiff,
seperti Mazda, dan sejenisnya cocok sama LM 705
*Colek me if I'm wrong

Tags:
Rocinante
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 02 Jul 2022, 14:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Rocinante »

Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 08:11
Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 05:19
Suryaputra wrote: 02 Jul 2022, 22:28

Klo saya pribadi, GY triplemax.. kelas touring tyre ini.
Suspensi confero dah empuk soalnya.
Jd biar balance.

Klo dikasih LM705 atau CC6 yg empuk khawatir lebih limbung.
Apalagi profil tebel 65.

GY Triplemax karakternya balance, nyaman tapi gak mentul2 kyk ban eco.
Compare ke GT champ eco mah upgrade banget.
Kalo pilihan mengerucut ke GY Triplemax 2 dan LM705 mending mana?

Thank you..
Klo saya pribadi pilih GY ATM 2
lebih rigid dan karetnya gak terlalu soft, tapi ngegigitt di aspal, ditekan ujung jari aja keset dan nahan.
dan lagipula konstruksi sisi samping dah 2 ply (scr teoritis lbh kokoh)
jadi pas sm confero.

kecuali klo mobilnya stiff,
seperti Mazda, dan sejenisnya cocok sama LM 705
Tapi GY Triplemax 2 ini termasuk empuk dan silent kan ya? Soalnya selama ini pake bawaan GT Champ eco berisik dan gruduk2, terutama di jalan Surabaya yg terkenal gronjalan gak rata... :big_dunno:

Thank you ya...
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by r1409 »

untuk GY duraplus dan triplemax, seri 1 dan 2 apa bedanya jauh ya?

seperti duraplus 1 vs duraplus 2, atau triplemax 1 vs triplemax 2. ada yg pernah coba?

lalu kalau duraplus 2 vs triplemax 1, mending mana ya?

krn ada stok seri 1 taun 2021 selisih harga lumayan, mau ganti 4 ban jadi makin terasa selisih harganya.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4898
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 08:54
Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 08:11
Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 05:19

Kalo pilihan mengerucut ke GY Triplemax 2 dan LM705 mending mana?

Thank you..
Klo saya pribadi pilih GY ATM 2
lebih rigid dan karetnya gak terlalu soft, tapi ngegigitt di aspal, ditekan ujung jari aja keset dan nahan.
dan lagipula konstruksi sisi samping dah 2 ply (scr teoritis lbh kokoh)
jadi pas sm confero.

kecuali klo mobilnya stiff,
seperti Mazda, dan sejenisnya cocok sama LM 705
Tapi GY Triplemax 2 ini termasuk empuk dan silent kan ya? Soalnya selama ini pake bawaan GT Champ eco berisik dan gruduk2, terutama di jalan Surabaya yg terkenal gronjalan gak rata... :big_dunno:

Thank you ya...
klo gruduk2 boleh cek kaki2 juga mbah.
karena salah satu penyumbang terbesar kenyamanan juga dr kaki"

klo dibanding ban kelas eco seperti dunlop enasave ec300+ contohnya; GY triplemax-2 much better di mobilio.

apalagi bantingan confero ini lbh empuk dibanding mobilio yah.
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4898
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

r1409 wrote: 04 Jul 2022, 10:35 untuk GY duraplus dan triplemax, seri 1 dan 2 apa bedanya jauh ya?

seperti duraplus 1 vs duraplus 2, atau triplemax 1 vs triplemax 2. ada yg pernah coba?

lalu kalau duraplus 2 vs triplemax 1, mending mana ya?

krn ada stok seri 1 taun 2021 selisih harga lumayan, mau ganti 4 ban jadi makin terasa selisih harganya.
cek katalog dan product sheet nya:

Triplemax 2 buat grip dan kenyamanan di jalan aspal... jadi Cocok buat touring jarak jauh / lukot, tapi tetep rigid <- saya pakai ini di mobilio, so far puas karena much better dibanding ban enasave ec300+ :big_biglaugh:

Duraplus buat daya tahan, karet lbh keras, less grippy, tapi daya tahan lbh tinggi.
cocok buat mobil niaga ini.
*Colek me if I'm wrong
Rocinante
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 02 Jul 2022, 14:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Rocinante »

Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 11:22
Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 08:54
Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 08:11

Klo saya pribadi pilih GY ATM 2
lebih rigid dan karetnya gak terlalu soft, tapi ngegigitt di aspal, ditekan ujung jari aja keset dan nahan.
dan lagipula konstruksi sisi samping dah 2 ply (scr teoritis lbh kokoh)
jadi pas sm confero.

kecuali klo mobilnya stiff,
seperti Mazda, dan sejenisnya cocok sama LM 705
Tapi GY Triplemax 2 ini termasuk empuk dan silent kan ya? Soalnya selama ini pake bawaan GT Champ eco berisik dan gruduk2, terutama di jalan Surabaya yg terkenal gronjalan gak rata... :big_dunno:

Thank you ya...
klo gruduk2 boleh cek kaki2 juga mbah.
karena salah satu penyumbang terbesar kenyamanan juga dr kaki"

klo dibanding ban kelas eco seperti dunlop enasave ec300+ contohnya; GY triplemax-2 much better di mobilio.

apalagi bantingan confero ini lbh empuk dibanding mobilio yah.
kaki2 udah cek. minggu lalu baru aja ganti RS sama tierod set.
cuma berasa keras dan berisik. dan ban emang udah gupil2, padahal kembangan masih lumayan..

kayaknya saya condong ke LM705. cari GY Triplemax susah. adapun stok produksi 2020.
Klo LM 705 sidewall berapa ply ya?
wicaksono99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by wicaksono99 »

r1409 wrote: 04 Jul 2022, 10:35 untuk GY duraplus dan triplemax, seri 1 dan 2 apa bedanya jauh ya?

seperti duraplus 1 vs duraplus 2, atau triplemax 1 vs triplemax 2. ada yg pernah coba?

lalu kalau duraplus 2 vs triplemax 1, mending mana ya?

krn ada stok seri 1 taun 2021 selisih harga lumayan, mau ganti 4 ban jadi makin terasa selisih harganya.
Triplemax 1 itu ban eco (untuk efisiensi bbm tapi pengereman di jalan basah bagus). Jauh bedanya dengan triplemax 2 (comfort, handling, wet braking)
Duraplus 2 itu ban semi eco (bingung nyebutnya gimana karena ban ini bukan untuk efisiensi bbm tapi lebih ke daya tahan dan tidak terlalu berisik).

Kalau menurut saya mending duraplus2 dibanding triplemax1. Lebih update teknologinya.. Sama2 ban symmetric soalnya.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4898
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 11:36
Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 11:22
Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 08:54

Tapi GY Triplemax 2 ini termasuk empuk dan silent kan ya? Soalnya selama ini pake bawaan GT Champ eco berisik dan gruduk2, terutama di jalan Surabaya yg terkenal gronjalan gak rata... :big_dunno:

Thank you ya...
klo gruduk2 boleh cek kaki2 juga mbah.
karena salah satu penyumbang terbesar kenyamanan juga dr kaki"

klo dibanding ban kelas eco seperti dunlop enasave ec300+ contohnya; GY triplemax-2 much better di mobilio.

apalagi bantingan confero ini lbh empuk dibanding mobilio yah.
kaki2 udah cek. minggu lalu baru aja ganti RS sama tierod set.
cuma berasa keras dan berisik. dan ban emang udah gupil2, padahal kembangan masih lumayan..

kayaknya saya condong ke LM705. cari GY Triplemax susah. adapun stok produksi 2020.
Klo LM 705 sidewall berapa ply ya?
LM 705 ring 17 ke bawah, sidewall 1 ply.
Ya sebetulnya klo bw hati2 dan santai, no issue pakai 1 ply jg.
*Colek me if I'm wrong
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by r1409 »

wicaksono99 wrote: 04 Jul 2022, 11:49
r1409 wrote: 04 Jul 2022, 10:35 untuk GY duraplus dan triplemax, seri 1 dan 2 apa bedanya jauh ya?

seperti duraplus 1 vs duraplus 2, atau triplemax 1 vs triplemax 2. ada yg pernah coba?

lalu kalau duraplus 2 vs triplemax 1, mending mana ya?

krn ada stok seri 1 taun 2021 selisih harga lumayan, mau ganti 4 ban jadi makin terasa selisih harganya.
Triplemax 1 itu ban eco (untuk efisiensi bbm tapi pengereman di jalan basah bagus). Jauh bedanya dengan triplemax 2 (comfort, handling, wet braking)
Duraplus 2 itu ban semi eco (bingung nyebutnya gimana karena ban ini bukan untuk efisiensi bbm tapi lebih ke daya tahan dan tidak terlalu berisik).

Kalau menurut saya mending duraplus2 dibanding triplemax1. Lebih update teknologinya.. Sama2 ban symmetric soalnya.
hmm.
sy pemakaian di ertiga lama, ban bawaan masih triplemax 1 tapi udah lewat 5 taun (prod date 0307). km baru 40rb, tapak masih tebal, masih jauh dari TWI tapi kondisi karet sudah retak halus dan bopeng kecil2. karet udah keras. tipikal ban getas, melihat umurnya yg udah 5 taun. so far grip masih enak, cuma road noise parah banget, mungkin karena karetnya udah keras.

pemakaian keluarga, sesekali muat barang dagangan agak berat, tapi cuma jarak pendek. kondisi jalan di surabaya yg penuh aspal tambalan bergelombang bergeronjal dan pothole. mending duraplus 2 kali ya?

btw barusan tau forceum ecosa, ban kelas eco tapi all-rounder dan liat review luar katanya bagus. ada yg udah pake sampai habis dan puas lalu repeat order lagi. disini ada yg pake?
Rocinante
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 02 Jul 2022, 14:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Rocinante »

Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 14:59
Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 11:36
Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 11:22

klo gruduk2 boleh cek kaki2 juga mbah.
karena salah satu penyumbang terbesar kenyamanan juga dr kaki"

klo dibanding ban kelas eco seperti dunlop enasave ec300+ contohnya; GY triplemax-2 much better di mobilio.

apalagi bantingan confero ini lbh empuk dibanding mobilio yah.
kaki2 udah cek. minggu lalu baru aja ganti RS sama tierod set.
cuma berasa keras dan berisik. dan ban emang udah gupil2, padahal kembangan masih lumayan..

kayaknya saya condong ke LM705. cari GY Triplemax susah. adapun stok produksi 2020.
Klo LM 705 sidewall berapa ply ya?
LM 705 ring 17 ke bawah, sidewall 1 ply.
Ya sebetulnya klo bw hati2 dan santai, no issue pakai 1 ply jg.
Akhirnya tadi ambil LM705.
Cari2 GY rata2 yg ready produksi 2020.
Impresi sekilas LM705 emang sedikit lebih empuk dan menul2.. :big_smile]
Setir masih enteng. Ban kelihatan agak gendut.
Belum nemu beda yg signifikan
Rocinante
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 02 Jul 2022, 14:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Rocinante »

r1409 wrote: 04 Jul 2022, 15:09
wicaksono99 wrote: 04 Jul 2022, 11:49
r1409 wrote: 04 Jul 2022, 10:35 untuk GY duraplus dan triplemax, seri 1 dan 2 apa bedanya jauh ya?

seperti duraplus 1 vs duraplus 2, atau triplemax 1 vs triplemax 2. ada yg pernah coba?

lalu kalau duraplus 2 vs triplemax 1, mending mana ya?

krn ada stok seri 1 taun 2021 selisih harga lumayan, mau ganti 4 ban jadi makin terasa selisih harganya.
Triplemax 1 itu ban eco (untuk efisiensi bbm tapi pengereman di jalan basah bagus). Jauh bedanya dengan triplemax 2 (comfort, handling, wet braking)
Duraplus 2 itu ban semi eco (bingung nyebutnya gimana karena ban ini bukan untuk efisiensi bbm tapi lebih ke daya tahan dan tidak terlalu berisik).

Kalau menurut saya mending duraplus2 dibanding triplemax1. Lebih update teknologinya.. Sama2 ban symmetric soalnya.
hmm.
sy pemakaian di ertiga lama, ban bawaan masih triplemax 1 tapi udah lewat 5 taun (prod date 0307). km baru 40rb, tapak masih tebal, masih jauh dari TWI tapi kondisi karet sudah retak halus dan bopeng kecil2. karet udah keras. tipikal ban getas, melihat umurnya yg udah 5 taun. so far grip masih enak, cuma road noise parah banget, mungkin karena karetnya udah keras.

pemakaian keluarga, sesekali muat barang dagangan agak berat, tapi cuma jarak pendek. kondisi jalan di surabaya yg penuh aspal tambalan bergelombang bergeronjal dan pothole. mending duraplus 2 kali ya?

btw barusan tau forceum ecosa, ban kelas eco tapi all-rounder dan liat review luar katanya bagus. ada yg udah pake sampai habis dan puas lalu repeat order lagi. disini ada yg pake?
Wah.. surabaya jalanannya emang kacau. Tambal sulamnya ngeri.. belum lagi speedtrapnya yg kayak asal bikin ketinggiannya... Sama jalanan yg bergelombang di sana sini.
Kondisi ban hampir sama. Bawaan confero GT Champiro Eco, produksi 3617, gupil2 dan ada retak2 rambut halus. KM 56000.
Udah keras dan road noise lumayan. Padahal kembangan masih 50% mungkin..
Akhirnya tadi ganti LM705
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 20:54
r1409 wrote: 04 Jul 2022, 15:09
wicaksono99 wrote: 04 Jul 2022, 11:49

Triplemax 1 itu ban eco (untuk efisiensi bbm tapi pengereman di jalan basah bagus). Jauh bedanya dengan triplemax 2 (comfort, handling, wet braking)
Duraplus 2 itu ban semi eco (bingung nyebutnya gimana karena ban ini bukan untuk efisiensi bbm tapi lebih ke daya tahan dan tidak terlalu berisik).

Kalau menurut saya mending duraplus2 dibanding triplemax1. Lebih update teknologinya.. Sama2 ban symmetric soalnya.
hmm.
sy pemakaian di ertiga lama, ban bawaan masih triplemax 1 tapi udah lewat 5 taun (prod date 0307). km baru 40rb, tapak masih tebal, masih jauh dari TWI tapi kondisi karet sudah retak halus dan bopeng kecil2. karet udah keras. tipikal ban getas, melihat umurnya yg udah 5 taun. so far grip masih enak, cuma road noise parah banget, mungkin karena karetnya udah keras.

pemakaian keluarga, sesekali muat barang dagangan agak berat, tapi cuma jarak pendek. kondisi jalan di surabaya yg penuh aspal tambalan bergelombang bergeronjal dan pothole. mending duraplus 2 kali ya?

btw barusan tau forceum ecosa, ban kelas eco tapi all-rounder dan liat review luar katanya bagus. ada yg udah pake sampai habis dan puas lalu repeat order lagi. disini ada yg pake?
Wah.. surabaya jalanannya emang kacau. Tambal sulamnya ngeri.. belum lagi speedtrapnya yg kayak asal bikin ketinggiannya... Sama jalanan yg bergelombang di sana sini.
Kondisi ban hampir sama. Bawaan confero GT Champiro Eco, produksi 3617, gupil2 dan ada retak2 rambut halus. KM 56000.
Udah keras dan road noise lumayan. Padahal kembangan masih 50% mungkin..
Akhirnya tadi ganti LM705
Setuju, Surabaya itu memang kota nya cukup rapi & bersih, tp jalannannya jerawatan banget. Daerah elit kayak di dharmahusada indah aja itu kalo naik avanza speed 40 udah berasa kayak naik wahana
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12231
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 05 Jul 2022, 08:40
Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 20:54
Wah.. surabaya jalanannya emang kacau. Tambal sulamnya ngeri.. belum lagi speedtrapnya yg kayak asal bikin ketinggiannya... Sama jalanan yg bergelombang di sana sini.
Kondisi ban hampir sama. Bawaan confero GT Champiro Eco, produksi 3617, gupil2 dan ada retak2 rambut halus. KM 56000.
Udah keras dan road noise lumayan. Padahal kembangan masih 50% mungkin..
Akhirnya tadi ganti LM705
Setuju, Surabaya itu memang kota nya cukup rapi & bersih, tp jalannannya jerawatan banget. Daerah elit kayak di dharmahusada indah aja itu kalo naik avanza speed 40 udah berasa kayak naik wahana
:mky_01:
yang rumahnya di daerah surabaya timur dan nyetir ala racing dijamin itu kaki kaki loyo prematur. makanya bengkel macem GBT laku keras dan banyak banget :big_biglaugh:

yang elit banyak supercar macem di graha famili aja gila tuh di jalan raya nya ancur semi offroad banyak lobang gede

yang ironis sekitar 10 thn yang lalu surabaya dan semarang, rasanya semarang jauh lebih halus soal jalanan.

skrg semarang ikut ikutan tambal sulam dimana-mana :mky_05:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 535
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

ChZ wrote: 05 Jul 2022, 10:43
evanbngdor wrote: 05 Jul 2022, 08:40
Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 20:54
Wah.. surabaya jalanannya emang kacau. Tambal sulamnya ngeri.. belum lagi speedtrapnya yg kayak asal bikin ketinggiannya... Sama jalanan yg bergelombang di sana sini.
Kondisi ban hampir sama. Bawaan confero GT Champiro Eco, produksi 3617, gupil2 dan ada retak2 rambut halus. KM 56000.
Udah keras dan road noise lumayan. Padahal kembangan masih 50% mungkin..
Akhirnya tadi ganti LM705
Setuju, Surabaya itu memang kota nya cukup rapi & bersih, tp jalannannya jerawatan banget. Daerah elit kayak di dharmahusada indah aja itu kalo naik avanza speed 40 udah berasa kayak naik wahana
:mky_01:
yang rumahnya di daerah surabaya timur dan nyetir ala racing dijamin itu kaki kaki loyo prematur. makanya bengkel macem GBT laku keras dan banyak banget :big_biglaugh:

yang elit banyak supercar macem di graha famili aja gila tuh di jalan raya nya ancur semi offroad banyak lobang gede

yang ironis sekitar 10 thn yang lalu surabaya dan semarang, rasanya semarang jauh lebih halus soal jalanan.

skrg semarang ikut ikutan tambal sulam dimana-mana :mky_05:
bunyi kaki2 pas bawa ioniq saya sih jauh mendingan di semarang sih om drpd surabaya. tengah kotanya surabaya yg lumayan cihuy, tunjungan, kedungdoro sekitaran situ. bunyinya asli ga enak banget. :big_peace: tp memang ga ada lobang sih ditengah2 itu.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 05 Jul 2022, 10:43
evanbngdor wrote: 05 Jul 2022, 08:40
Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 20:54
Wah.. surabaya jalanannya emang kacau. Tambal sulamnya ngeri.. belum lagi speedtrapnya yg kayak asal bikin ketinggiannya... Sama jalanan yg bergelombang di sana sini.
Kondisi ban hampir sama. Bawaan confero GT Champiro Eco, produksi 3617, gupil2 dan ada retak2 rambut halus. KM 56000.
Udah keras dan road noise lumayan. Padahal kembangan masih 50% mungkin..
Akhirnya tadi ganti LM705
Setuju, Surabaya itu memang kota nya cukup rapi & bersih, tp jalannannya jerawatan banget. Daerah elit kayak di dharmahusada indah aja itu kalo naik avanza speed 40 udah berasa kayak naik wahana
:mky_01:
yang rumahnya di daerah surabaya timur dan nyetir ala racing dijamin itu kaki kaki loyo prematur. makanya bengkel macem GBT laku keras dan banyak banget :big_biglaugh:

yang elit banyak supercar macem di graha famili aja gila tuh di jalan raya nya ancur semi offroad banyak lobang gede

yang ironis sekitar 10 thn yang lalu surabaya dan semarang, rasanya semarang jauh lebih halus soal jalanan.

skrg semarang ikut ikutan tambal sulam dimana-mana :mky_05:
Lha, salah satunya sodara saya itu pelanggan nya Mbah. Katanya mau nyetir halus atau nyetir kasar jg sama2 aja kaki-kaki jebol jg maksimal 2 tahun sekali. BTW mobilnya itu Camry XV40, udah langganan itu ke bengkel kaki-kaki deh katanya.

Mau gimana lg, rumah di situ, mau pindah rumah belom tentu dapet lokasi yang enak kayak di Surabaya Timur lg
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Rocinante
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 02 Jul 2022, 14:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Rocinante »

ChZ wrote: 05 Jul 2022, 10:43
evanbngdor wrote: 05 Jul 2022, 08:40
Rocinante wrote: 04 Jul 2022, 20:54
Wah.. surabaya jalanannya emang kacau. Tambal sulamnya ngeri.. belum lagi speedtrapnya yg kayak asal bikin ketinggiannya... Sama jalanan yg bergelombang di sana sini.
Kondisi ban hampir sama. Bawaan confero GT Champiro Eco, produksi 3617, gupil2 dan ada retak2 rambut halus. KM 56000.
Udah keras dan road noise lumayan. Padahal kembangan masih 50% mungkin..
Akhirnya tadi ganti LM705
Setuju, Surabaya itu memang kota nya cukup rapi & bersih, tp jalannannya jerawatan banget. Daerah elit kayak di dharmahusada indah aja itu kalo naik avanza speed 40 udah berasa kayak naik wahana
:mky_01:
yang rumahnya di daerah surabaya timur dan nyetir ala racing dijamin itu kaki kaki loyo prematur. makanya bengkel macem GBT laku keras dan banyak banget :big_biglaugh:

yang elit banyak supercar macem di graha famili aja gila tuh di jalan raya nya ancur semi offroad banyak lobang gede

yang ironis sekitar 10 thn yang lalu surabaya dan semarang, rasanya semarang jauh lebih halus soal jalanan.

skrg semarang ikut ikutan tambal sulam dimana-mana :mky_05:
Sby timur makanan sehari2 sih.. apalagi sekitaran DHI dan manyar tompotika...
wes da lah... ancur gludak gluduk.. :big_biglaugh:
entahlah. surabaya ini kota besar tapi jalanannya gak pernah halus mulus. kecuali yg aspal lama macam Diponegoro, Arjuno, Raya Darmo.
lainnya... :big_dunno:
Belum kalau lewat jalan kembar dari bundaran margomulyo arah Benowo... jedag jedug terus...
ariswp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ariswp »

buat gantiin BS potenza RE030 brio rs pilih mana ya :
- dunlop lm705
- conti cc6

lalu mau ngecilin ban crv dari standarnya 225/65 R17 ban bapuk bawaan dunlop grantrek st30 ke ukuran 215/60 R17 tapi pake merk bagusan (UC6/LM706) apa bakal mengurangi keempukan/kenyamanan?

thx in advance
Present
R20A 5AT 08 / Fuchs Titan Syn SN+ 5w30
R18Z CVT 17 / Eneos Asia SN 0w20
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4898
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: 05 Jul 2022, 12:03 buat gantiin BS potenza RE030 brio rs pilih mana ya :
- dunlop lm705
- conti cc6

lalu mau ngecilin ban crv dari standarnya 225/65 R17 ban bapuk bawaan dunlop grantrek st30 ke ukuran 215/60 R17 tapi pake merk bagusan (UC6/LM706) apa bakal mengurangi keempukan/kenyamanan?

thx in advance
knp gak samain aja lagi mbah?
udh baguss itu RE030
*Colek me if I'm wrong
User avatar
squall88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 27 Jun 2022, 10:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SX4 S Cross

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by squall88 »

Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 05:34
anindyo wrote: 04 Jul 2022, 01:07
wicaksono99 wrote: 03 Jul 2022, 12:52 ATM2 185/60 R15 rating H om.. Kalau mau rating V bisa pake ukuran 185/55 atau 195/60 R15. ATM2 ukuran 185 kebawah groove water drainnya 3 buah.. Kalau 195 keatas baru ada 4 buah.
Kalau turanza dari ukuran kecilpun sudah 4 buah groove water drainnya.
Nuwun infonya om. :big_exellent:
Suryaputra wrote: 03 Jul 2022, 13:01 Itu seri GY Fuelmax ban kelas eco malah.

Apalagi kelas touring kyk triplemax 2, lbh mantep dan gigit
Wkwkwkw.
Dari namanya kliatan eco ya. Makanya kaget spec-nya 2ply 84V. :mky_01:
Sip, masuk list ini triplemax 2.

Btw, ATM2 185/60 R15 ini sidewall-nya 1 atau 2 ply ya?
2 ply mbah
Rating H.

Klo ukuran lbh besar atau profil lbh tipis baru masuk V.

Gak usah kenceng2.
Bahaya, kondisi jalan tol bukan hi speed spt otobahn.
Udh banyak warning mbah.
ga kenceng kok om.. cuma ikutin mobil di depan aja :mky_01:
t105erd
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by t105erd »

ariswp wrote: 05 Jul 2022, 12:03 buat gantiin BS potenza RE030 brio rs pilih mana ya :
- dunlop lm705
- conti cc6

lalu mau ngecilin ban crv dari standarnya 225/65 R17 ban bapuk bawaan dunlop grantrek st30 ke ukuran 215/60 R17 tapi pake merk bagusan (UC6/LM706) apa bakal mengurangi keempukan/kenyamanan?

thx in advance
Potenza RE030 ini bawaan mobil bukan sih? Dulu saya juga pernah pakai Potenza bawaan Yaris TRD. Tapi kayanya Potenza OEM sama Potenza versi retail lebih bagus yg retail yah sama kaya Turanza bawaan sama Turanza retail.

Kalo ada dananya sih mending Turanza T005A, kalo pilihan diatas sih dunlop aja kayanya.

Kenapa di perkecil om? Nanti speedo meternya jadi ga akurat. Dan pasti feel nya beda. Lebih bagus pakai ukuran standar aja, kalo mau yah pakai R16 tapi lebar ban dan overall diameter ban sama/mendekati
fenrir
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 30 Jun 2015, 15:10

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by fenrir »

Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 08:11
Klo saya pribadi pilih GY ATM 2
lebih rigid dan karetnya gak terlalu soft, tapi ngegigitt di aspal, ditekan ujung jari aja keset dan nahan.
dan lagipula konstruksi sisi samping dah 2 ply (scr teoritis lbh kokoh)
jadi pas sm confero.

kecuali klo mobilnya stiff,
seperti Mazda, dan sejenisnya cocok sama LM 705
om, liat konstruksi ban uda 2 ply dimana ya? di website Goodyear pas download brochure cuma kayak iklan, dan gk semua ukuran ada, lengkapan ukuran di marketplace online. tertarik sama ATM2, 215/60 R17 dapet rate 96H, tapi yang 215/55 R17 bisa sampe 94V, takutnya malah beda spesifikasi ply nya juga.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4898
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

fenrir wrote: 07 Jul 2022, 08:12
Suryaputra wrote: 04 Jul 2022, 08:11
Klo saya pribadi pilih GY ATM 2
lebih rigid dan karetnya gak terlalu soft, tapi ngegigitt di aspal, ditekan ujung jari aja keset dan nahan.
dan lagipula konstruksi sisi samping dah 2 ply (scr teoritis lbh kokoh)
jadi pas sm confero.

kecuali klo mobilnya stiff,
seperti Mazda, dan sejenisnya cocok sama LM 705
om, liat konstruksi ban uda 2 ply dimana ya? di website Goodyear pas download brochure cuma kayak iklan, dan gk semua ukuran ada, lengkapan ukuran di marketplace online. tertarik sama ATM2, 215/60 R17 dapet rate 96H, tapi yang 215/55 R17 bisa sampe 94V, takutnya malah beda spesifikasi ply nya juga.
Sy pakai GY ATM2 size R15 :big_peace:
Waktu beli sempet lihat ban lain2 juga.

Pakai ukuran oem nya aja mbah.

Akhirnya milih ini krn based on review jg OK di kelas harganya, garansi pula 1 thn tenang, skrg sih dah lewat dan so far so good :big_biglaugh:

Size 215 55 r17
Klo alokasi budget lebih lagi, sikat aja Micin Primacy 4.
*Colek me if I'm wrong
Otomania
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 19 Aug 2020, 10:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Honda suzuki

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Otomania »

Sekedar cerita,tgl 30 juni niat mau ganti ban bwaan ertiga 2019 enasve depan kanan kiri,udh tanya ke toko dunlop bekasi pedurenan lm705 kena harga 690 rban,berhubung udh siang mau brngkat kerja akhirnya besok nya aja deh niat gantinya,pas tgl 1 juli kebengkel yg td harga nya udh naik jg 810rb per ban,yasalammm naik nya lmayan cm beda 1 hr,akhirnya muter2 dpt lah gt ecotec 185 65 15 diharga 600 pas,dan yg bkin kaget ini ban lmyan empuk,jauh beda sm enasave bwaan,klo mau lbih murah lg ada beli lwat shopee harga 575 nama tokonya smmotorsport udh sama pasang terima beres,tp psangnya di kebun jeruk,yg mana rumah saya ada di bekasi,jd jauhhh
Salam
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2466
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

t105erd wrote: 05 Jul 2022, 17:33
Potenza RE030 ini bawaan mobil bukan sih? Dulu saya juga pernah pakai Potenza bawaan Yaris TRD. Tapi kayanya Potenza OEM sama Potenza versi retail lebih bagus yg retail yah sama kaya Turanza bawaan sama Turanza retail.

Kalo ada dananya sih mending Turanza T005A, kalo pilihan diatas sih dunlop aja kayanya.

Kenapa di perkecil om? Nanti speedo meternya jadi ga akurat. Dan pasti feel nya beda. Lebih bagus pakai ukuran standar aja, kalo mau yah pakai R16 tapi lebar ban dan overall diameter ban sama/mendekati
Yaris bapao n splash tuh kalau ga salah sama, si potenza re080. Saya dulu pakein di nissan march juga, emang keknya untuk nama "potenza" ga wow sih. Ga beda ama turanza ar-20, lebih ga bising dikit si ar-20

:ungg:
Image
User avatar
squall88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 27 Jun 2022, 10:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SX4 S Cross

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by squall88 »

t105erd wrote: 05 Jul 2022, 17:33
ariswp wrote: 05 Jul 2022, 12:03 buat gantiin BS potenza RE030 brio rs pilih mana ya :
- dunlop lm705
- conti cc6

lalu mau ngecilin ban crv dari standarnya 225/65 R17 ban bapuk bawaan dunlop grantrek st30 ke ukuran 215/60 R17 tapi pake merk bagusan (UC6/LM706) apa bakal mengurangi keempukan/kenyamanan?

thx in advance
Potenza RE030 ini bawaan mobil bukan sih? Dulu saya juga pernah pakai Potenza bawaan Yaris TRD. Tapi kayanya Potenza OEM sama Potenza versi retail lebih bagus yg retail yah sama kaya Turanza bawaan sama Turanza retail.

Kalo ada dananya sih mending Turanza T005A, kalo pilihan diatas sih dunlop aja kayanya.

Kenapa di perkecil om? Nanti speedo meternya jadi ga akurat. Dan pasti feel nya beda. Lebih bagus pakai ukuran standar aja, kalo mau yah pakai R16 tapi lebar ban dan overall diameter ban sama/mendekati
waduh ane pake di s cross ane turanza T005A malah ganti ke CC6 karena ga ada unitnya biasa ganti di B Quik
Post Reply