vandul wrote: ↑Thu Dec 23, 2021 7:31
om om mau nanya donk
rencana mau ganti ban altis 2007 ane baru beli sekend mobilnya .
ukuran ban
205 55 r16
bawaan mbl saat beli bs t005 depan ar20 belakang
yg mau saya ganti ban belakangnya
nemu conti cc6 2019 800rb perpcs
goodyear assurance triple max di 600rb perpcs
gt gtx pro 700an
bs techno
dunlop lm705
untuk harga range 800 better mana ya om
mbl bukan buat daily used.
Klo altis, jika masih pakai shock std nya? itu empuk.
Klo saya prefer pakai ban yg karakternya balance, spt:
- BS T005a (reputasi reliable)
- GY triple max (krn grs 1 thn / 20rb km), ini ban berhasil bikin lio yg keras, jd lbh nyaman bantingan nya dan handling masih ok
Kalo gy triplemax doang kayanya ga garansi deh mbah, yg garansi triplemax 2, mohon koreksi kalau salah
vandul wrote: ↑Thu Dec 23, 2021 7:31
om om mau nanya donk
rencana mau ganti ban altis 2007 ane baru beli sekend mobilnya .
ukuran ban
205 55 r16
bawaan mbl saat beli bs t005 depan ar20 belakang
yg mau saya ganti ban belakangnya
nemu conti cc6 2019 800rb perpcs
goodyear assurance triple max di 600rb perpcs
gt gtx pro 700an
bs techno
dunlop lm705
untuk harga range 800 better mana ya om
mbl bukan buat daily used.
Klo altis, jika masih pakai shock std nya? itu empuk.
Klo saya prefer pakai ban yg karakternya balance, spt:
- BS T005a (reputasi reliable)
- GY triple max (krn grs 1 thn / 20rb km), ini ban berhasil bikin lio yg keras, jd lbh nyaman bantingan nya dan handling masih ok
Kalo gy triplemax doang kayanya ga garansi deh mbah, yg garansi triplemax 2, mohon koreksi kalau salah
Iy sorry mksd sy triplemax 2.
Di toko ban tpt sy beli udh gak ada triplemax 1
vandul wrote: ↑Thu Dec 23, 2021 7:31
om om mau nanya donk
rencana mau ganti ban altis 2007 ane baru beli sekend mobilnya .
ukuran ban
205 55 r16
bawaan mbl saat beli bs t005 depan ar20 belakang
yg mau saya ganti ban belakangnya
nemu conti cc6 2019 800rb perpcs
goodyear assurance triple max di 600rb perpcs
gt gtx pro 700an
bs techno
dunlop lm705
untuk harga range 800 better mana ya om
mbl bukan buat daily used.
Klo altis, jika masih pakai shock std nya? itu empuk.
Klo saya prefer pakai ban yg karakternya balance, spt:
- BS T005a (reputasi reliable)
- GY triple max (krn grs 1 thn / 20rb km), ini ban berhasil bikin lio yg keras, jd lbh nyaman bantingan nya dan handling masih ok
Kalo gy triplemax doang kayanya ga garansi deh mbah, yg garansi triplemax 2, mohon koreksi kalau salah
Tetep garansi kok.. Karena program garansinya sudah ada dari awal produksi tipe assurance duraplus / triplemax... Malah dulu pas pake duraplus trus sobek digantinya sama duraplus2.. Jadi belang sendiri tuh ban 1 wkwkwkwk.. Garansj berlaku kalau pembelian minimal 2 ban, kalau cuma beli 1 ban gak dapet garansi.
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Posted: Fri Dec 24, 2021 9:49
by danielhappyg
Suhu-suhu SM izin masih dalam rangka perbuuruan ban
Kemarin dapat info dari suhu disini LM705 yang ring kecil sudah dapat upgrade sidewall jadi 2 ply....
Mohon info itu untuk yang tahun produksi kapan ya???
Barusan nyari2 di toko diinfoin R16 minggu 44 masih 1 ply...
Dulu pernah pakai micin energy, compare ke BS ar20,
emang lbh empuk, tapi feels floaty, sidewall lemah / letoy.
manuver berasa kyk vague.
gak sampai 2 thn, yg depan, dua2nya sobek samping.
maklum, jaman pasca lulus kuliah, br kerja, masih rada ababil
beda sm BS ar20, lbh balance.
dibawa ababil masih lebih mantap.
padahal harganya waktu itu lbh murah AR20 dikit.
noise mirip2, karena pakai di baleno waktu itu, yg peredamnya so so ala honda.
wkwkwkw.
jadi sy alergi pakai micin sampai skrg.
mahal tapi manjah.
gaktau ya klo sekelas Pilot Sport 4 jika mampu beli, mungkin msh bisa jadi pertimbangan
_________________________________
Pilih BS gak salah deh, kecuali klo incer harga ekonomis.
Buat suv, yg tangguh dan masih relatif nyaman ya dueler h/l (highway luxury)
Mau lbh premium ya paling lompat ke alenza 001.
Segala medan ya dueler a/t (all terrain).
Wkwkwk.
Alternatif, ya ada GY,
Karena ada garansi 1 thn or 20rb km
siyapppppp
kayakne Alenza 001 deh
FR nya mbah
Barusan cek n ricek stok Alenza 001, pada kosong semua dan infonya udh lama gak ada pengiriman dari BS nya sendiri, hadeuhhhhh..
Suhu" SM izin bertanya
Mobil saya innova diesel 2012
Menggunakan ban BS dueler AT ukuran 235/70/15
Kemaren waktu spooring ban depan kanan kiri agak makan dalem,
Kata tukang spooring shock dah lemah
Yang saya mau tanyakan apa bener lebih baik pake shock tipe gas drpd tipe oli untuk ukuran ban yg saya gunakan?
Karena kata tukang spooringnya bilang " itu kalah suspensi"(pake shock ori tipe oli)
Mohon jawaban nya suhu"
Terima kasih
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Posted: Sun Dec 26, 2021 12:15
by Suryaputra
euforia212 wrote: ↑Sun Dec 26, 2021 11:32
Suhu" SM izin bertanya
Mobil saya innova diesel 2012
Menggunakan ban BS dueler AT ukuran 235/70/15
Kemaren waktu spooring ban depan kanan kiri agak makan dalem,
Kata tukang spooring shock dah lemah
Yang saya mau tanyakan apa bener lebih baik pake shock tipe gas drpd tipe oli untuk ukuran ban yg saya gunakan?
Karena kata tukang spooringnya bilang " itu kalah suspensi" shock lebih cepet kalah tapi ban aman
Mohon jawaban nya suhu"
Terima kasih
Coba mulai dr kayaba excel-g (gas shock abs).
Bilstein silver-biru lbh keras lg tp mantep dan kokoh buat jalan rusak atau gelombang (ngurangin limbung).
Basically, Gas emg lbh firm dan dewasa bantingannya.
Klo tipe oli mental mentul.
euforia212 wrote: ↑Sun Dec 26, 2021 11:32
Suhu" SM izin bertanya
Mobil saya innova diesel 2012
Menggunakan ban BS dueler AT ukuran 235/70/15
Kemaren waktu spooring ban depan kanan kiri agak makan dalem,
Kata tukang spooring shock dah lemah
Yang saya mau tanyakan apa bener lebih baik pake shock tipe gas drpd tipe oli untuk ukuran ban yg saya gunakan?
Karena kata tukang spooringnya bilang " itu kalah suspensi" shock lebih cepet kalah tapi ban aman
Mohon jawaban nya suhu"
Terima kasih
Coba mulai dr kayaba excel-g (gas shock abs).
Bilstein silver-biru lbh keras lg tp mantep dan kokoh buat jalan rusak atau gelombang (ngurangin limbung).
Basically, Gas emg lbh firm dan dewasa bantingannya.
Klo tipe oli mental mentul.
Siap
Tks atas masukannya
Belakang sudah ganti tipe gas Excel G
Depan sudah dia agendakan buat ganti yg tipe gas
Btw saya masih penasaran dg istilah tukang spooringnya
"Kalah suspensi"
Apa bener dengan ban ukuran besar dan shcok ori
Yang kalah malah ban nya makan sebelah. (Cat: masih pake velg asli innova) karena kalo pake velg lebar ban nya gak akan makan sebelah katanya
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Posted: Sun Dec 26, 2021 13:46
by goodranger
Untuk r16 185/55 jazz ge8 rekomedasi ban apa ya yg <1.5jt ?
Kalo michelin xm2 worth it gak kira"? Atau ada yg lebih mantep. Tks b4
euforia212 wrote: ↑Sun Dec 26, 2021 11:32
Suhu" SM izin bertanya
Mobil saya innova diesel 2012
Menggunakan ban BS dueler AT ukuran 235/70/15
Kemaren waktu spooring ban depan kanan kiri agak makan dalem,
Kata tukang spooring shock dah lemah
Yang saya mau tanyakan apa bener lebih baik pake shock tipe gas drpd tipe oli untuk ukuran ban yg saya gunakan?
Karena kata tukang spooringnya bilang " itu kalah suspensi" shock lebih cepet kalah tapi ban aman
Mohon jawaban nya suhu"
Terima kasih
Coba mulai dr kayaba excel-g (gas shock abs).
Bilstein silver-biru lbh keras lg tp mantep dan kokoh buat jalan rusak atau gelombang (ngurangin limbung).
Basically, Gas emg lbh firm dan dewasa bantingannya.
Klo tipe oli mental mentul.
Siap
Tks atas masukannya
Belakang sudah ganti tipe gas Excel G
Depan sudah dia agendakan buat ganti yg tipe gas
Btw saya masih penasaran dg istilah tukang spooringnya
"Kalah suspensi"
Apa bener dengan ban ukuran besar dan shcok ori
Yang kalah malah ban nya makan sebelah. (Cat: masih pake velg asli innova) karena kalo pake velg lebar ban nya gak akan makan sebelah katanya
Iya, karena shock bawaan pabrik, udh dirancang buat ban oem ukuran std pabrik.
Makin besar bannya, makin berat, sehingga shock-abs harus punya kemampuan redam getaran / bouncing yg lbh firm.
Suryaputra wrote: ↑Sun Dec 26, 2021 12:15
Siap
Tks atas masukannya
Belakang sudah ganti tipe gas Excel G
Depan sudah dia agendakan buat ganti yg tipe gas
Btw saya masih penasaran dg istilah tukang spooringnya
"Kalah suspensi"
Apa bener dengan ban ukuran besar dan shcok ori
Yang kalah malah ban nya makan sebelah. (Cat: masih pake velg asli innova) karena kalo pake velg lebar ban nya gak akan makan sebelah katanya
Iya, karena shock bawaan pabrik, udh dirancang buat ban oem ukuran std pabrik.
Makin besar bannya, makin berat, sehingga shock-abs harus punya kemampuan redam getaran / bouncing yg lbh firm.
Iya, karena shock bawaan pabrik, udh dirancang buat ban oem ukuran std pabrik.
Makin besar bannya, makin berat, sehingga shock-abs harus punya kemampuan redam getaran / bouncing yg lbh firm.
Iya, karena shock bawaan pabrik, udh dirancang buat ban oem ukuran std pabrik.
Makin besar bannya, makin berat, sehingga shock-abs harus punya kemampuan redam getaran / bouncing yg lbh firm.
Klo jawaban yes, excel-g udh cukup.
Klo berasa masih agak mentul, kudu pakai bilstein silver biru (lbh firm dan keras) buat ngeredam getaran.
Btw, ban ukuran aslinya brp dgn velg oem ?
Klo terlalu lebar naik 2 step, ini mempengaruhi kemampuan tapak ban ke jalan.
Shock-abs lemah syahwat VS yg bagus (firm)
Bayangin, lg jalan lurus 100km/h, trus ada something di depan hrs manuver atau rem mendadak dgn kondisi shock lemah
Feelnya agak keras dikit, tapi mobil lebih stabil saat bermanuver
TWI aman
Ban STD nya sih 205/65/15
Sekarang jd 235/70/15
Jd ngedonat banget dong ban nya yah
Knp gak pakai ban lebar dan tinggi ukuran std aja?
Sering bawa beban lbh berat?
Biar enak di lihat aja, jadi agak gagah dikit
Kepikiran naek R17, tapi saya kurang suka profil ban tipis
Muatan jarang full, paling berdua aja ama isteri
Feelnya agak keras dikit, tapi mobil lebih stabil saat bermanuver
TWI aman
Ban STD nya sih 205/65/15
Sekarang jd 235/70/15
Jd ngedonat banget dong ban nya yah
Knp gak pakai ban lebar dan tinggi ukuran std aja?
Sering bawa beban lbh berat?
Biar enak di lihat aja, jadi agak gagah dikit
Kepikiran naek R17, tapi saya kurang suka profil ban tipis
Muatan jarang full, paling berdua aja ama isteri
Untuk maintain handling yg ada, better pakai ukuran std ajah mbah.
Atau ganti velg naik size jd 215/60/R17 misalnya.
Conti CC6 sangat senyap tapi grip biasa aja
Dari list boleh coba hankook ventus tuh.. kalau potenza yg re080 itu gaterlalu wah, dan yg pasti lebih berisik dibanding CC6 dan Ventus.
Falken Ziex maaf saya gelap
Makasih atas pencerahannya suhu. Saya coba baca baca di tiretest hasilnya
1. Conti cc6 hening tapi grip horor
2. Potenza re080 keras dan aga berisik
3. Hankook ventus berisik tapi grip lumayan
4. Falken ziex lebih better dari hankook katanya
Kemungkinan pilihan bakal jatuh ke falken ziex/sincera sih karena mobil sering ditarik diatas 120an. Mungkin suhu suhu pernah ada yang pake dan tau gimana rasanya.
Tapi kalo ada rejeki lebih mungkin mau incer toyo neo 3 yang harganya 750/pcs selisih 100 dari falken diatas. Tolong para suhu bisa share pengalaman falken ato toyo ini
Tambahan buat Conti CC6, kalau sudah jalan lebih dari 10-15rb km mulai berisik juga.
Karena walaupun di claim design alur groovenya khusus agar bisa senyap melawan road noise, senyap nya itu hanya bisa maksimal saat alur groove ban nya masih tebal (baru).
Seiring pemakaian yang berlanjut, jadi semakin tipis juga alur groove ban nya yang di design untuk memberikan kesenyapan dari road noise itu menipis dan suara road noise berisik lagi.
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Posted: Mon Dec 27, 2021 14:43
by grimjow
goodranger wrote: ↑Sun Dec 26, 2021 13:46
Untuk r16 185/55 jazz ge8 rekomedasi ban apa ya yg <1.5jt ?
Kalo michelin xm2 worth it gak kira"? Atau ada yg lebih mantep. Tks b4
Michelin Primacy 4 ukuran 195/55/16 aja Om.
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Posted: Mon Dec 27, 2021 19:19
by Clonz
josomba wrote:
MaddMaxx wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 5:04
mau nanya om, 1 ply itu maksudnya gimana ya? trus tanda ban itu 1 ply sm 2 ply kita bisa cek dimana?
kebetulan sy dpt foto elem705 ada tulisan begini di bannya.
lm705.jpeg
itu maksudnya apa ya? apa ada hubungannya sm 1 ply dan 2 ply?
Ooo bagus lah kalau LM705 untuk di bawah R17 dah 2 ply. Saya pake lm705 produksi 2020 masih pada 1 ply untuk ukuran 195/55/r16.
Anw, sbenernya sih 1-ply ga se-horror itu juga kalau tiap hari lewat jalan jelek. Tapi ya memang mesti dibarengi rutin cek angin, let say tiap 2 minggu.
Saya beberapa tahun belakangan sepertinya lebih sering pake ban 1-ply untuk sidewall tapi belum pernah ngalamin ban benjol/pecah. Mungkin terbantu karena rutin cek + tambah angin kalau udah berkurang even baru berkurang 1-psi dr tabel yg tertera di samping driver seat. Cek juga kudu pagi2 pas ban masih dingin.
Pake ecopia yg terkenal suka hamil sidewall-nya, waktu itu jeblos ke dalem lubang pas high speed di toll cipularang malah aman aja, velg lio ane yg peyang + shock bocor.
Jumat minggu lalu baru PP ke jalanan setengah aspal setengah kerikil di ciomas menuju kaki gn. Salak pake lm705 juga aman2 bae
20211210_114447.jpg
Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?
MaddMaxx wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 5:04
mau nanya om, 1 ply itu maksudnya gimana ya? trus tanda ban itu 1 ply sm 2 ply kita bisa cek dimana?
kebetulan sy dpt foto elem705 ada tulisan begini di bannya.
lm705.jpeg
itu maksudnya apa ya? apa ada hubungannya sm 1 ply dan 2 ply?
Ooo bagus lah kalau LM705 untuk di bawah R17 dah 2 ply. Saya pake lm705 produksi 2020 masih pada 1 ply untuk ukuran 195/55/r16.
Anw, sbenernya sih 1-ply ga se-horror itu juga kalau tiap hari lewat jalan jelek. Tapi ya memang mesti dibarengi rutin cek angin, let say tiap 2 minggu.
Saya beberapa tahun belakangan sepertinya lebih sering pake ban 1-ply untuk sidewall tapi belum pernah ngalamin ban benjol/pecah. Mungkin terbantu karena rutin cek + tambah angin kalau udah berkurang even baru berkurang 1-psi dr tabel yg tertera di samping driver seat. Cek juga kudu pagi2 pas ban masih dingin.
Pake ecopia yg terkenal suka hamil sidewall-nya, waktu itu jeblos ke dalem lubang pas high speed di toll cipularang malah aman aja, velg lio ane yg peyang + shock bocor.
Jumat minggu lalu baru PP ke jalanan setengah aspal setengah kerikil di ciomas menuju kaki gn. Salak pake lm705 juga aman2 bae
20211210_114447.jpg
Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?
Makasih sebelumnya.
Basically, Semua ban, makin dekat ke TWI, makin rentan aquaplanning ( even ban tsb misalnya khusus basah)
josomba wrote:
Ooo bagus lah kalau LM705 untuk di bawah R17 dah 2 ply. Saya pake lm705 produksi 2020 masih pada 1 ply untuk ukuran 195/55/r16.
Anw, sbenernya sih 1-ply ga se-horror itu juga kalau tiap hari lewat jalan jelek. Tapi ya memang mesti dibarengi rutin cek angin, let say tiap 2 minggu.
Saya beberapa tahun belakangan sepertinya lebih sering pake ban 1-ply untuk sidewall tapi belum pernah ngalamin ban benjol/pecah. Mungkin terbantu karena rutin cek + tambah angin kalau udah berkurang even baru berkurang 1-psi dr tabel yg tertera di samping driver seat. Cek juga kudu pagi2 pas ban masih dingin.
Pake ecopia yg terkenal suka hamil sidewall-nya, waktu itu jeblos ke dalem lubang pas high speed di toll cipularang malah aman aja, velg lio ane yg peyang + shock bocor.
Jumat minggu lalu baru PP ke jalanan setengah aspal setengah kerikil di ciomas menuju kaki gn. Salak pake lm705 juga aman2 bae
20211210_114447.jpg
Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?
Makasih sebelumnya.
Basically, Semua ban, makin dekat ke TWI, makin rentan aquaplanning ( even ban tsb misalnya khusus basah)
Clonz wrote: ↑Mon Dec 27, 2021 19:19
Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?
Makasih sebelumnya.
Basically, Semua ban, makin dekat ke TWI, makin rentan aquaplanning ( even ban tsb misalnya khusus basah)
Sorry om, TWI itu apa yah?
Singkatannya Ini mbah
Copyright to carsguide.com.au
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Posted: Tue Dec 28, 2021 3:19
by ilhami
Kenapa Mobil FWD ban belakang nya awet banget ya?
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Posted: Tue Dec 28, 2021 3:40
by Suryaputra
ilhami wrote: ↑Tue Dec 28, 2021 3:19
Kenapa Mobil FWD ban belakang nya awet banget ya?
Krn ketika narik pakai ban depan.
Ngerem jg semua beban ke ban depan yg nahan.
Jd fwd, perlu rotasi ban rutin tiap tahun.
Yg depan ke blkg, dan sebaliknya.
Yg ngereview jg orang2 asia, ada yg pk buat mobilio pula si lm705
In average bilang, noise level low dan dry grip ok, tapi jelek wet handlingnya.
Hydroplaning horror.
Yah intinya, jgn kenceng2 even pakai ban ngegigit buat jalan basah.
Krn klo apes, lower speed = lower risk
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Posted: Tue Dec 28, 2021 4:22
by josomba
Clonz wrote: ↑Mon Dec 27, 2021 19:19
Om sori nimbrung, udah pake LM705 ya? Kalau ban ini di jalan basah atau di tol pas hujan, cruising agak2 high speed 80-100km/h, atau mgkn sampe 120km/h, gimana impresinya? Wet grip nya bagus atau gampang aquaplanning?
Makasih sebelumnya.
Iya saya baru pakai sekitar 10-20k KM om. Nahan aquaplaning cukup ok di 100an kph, mirip Turanza AR20.