Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

whis09
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Aug 30, 2020 0:50

Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by whis09 »

Nubi mohon bimbingan dari suhu2 semua, nubi ada rencana ahir tahun minang mobil pertama untuk operasional keluarga yg kebetulan akan segera hadir anak ke 2, tapi masih bingung mau abil xp baru atau fortie vnt second, mohin saran dan arahanya untuk nubi
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 529
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by Greenhunter »

Bingung mau jawabnya om, data kurang lengkap kuatir salah jawab.
1, ini mobil ke 1 atau mobil ke 10 ?
2. Yang dicari gengsi, nyaman, speed ?
3. Tinggal dikota atau hutan atau desa ? Lintasan sehari hari kayak apa ?
4. Maintenance, pajak, harga bbm, dimensi beda jauh, gak masalah ?
5. Weekend car atau buat harian ? Mobil tinggi capek buat hatian

Dll, dst, dsb
whis09
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Aug 30, 2020 0:50

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by whis09 »

Greenhunter wrote:Bingung mau jawabnya om, data kurang lengkap kuatir salah jawab.
1, ini mobil ke 1 atau mobil ke 10 ?
2. Yang dicari gengsi, nyaman, speed ?
3. Tinggal dikota atau hutan atau desa ? Lintasan sehari hari kayak apa ?
4. Maintenance, pajak, harga bbm, dimensi beda jauh, gak masalah ?
5. Weekend car atau buat harian ? Mobil tinggi capek buat hatian

Dll, dst, dsb
1. Mobil pertama hu
2. Kalau bisa nyaman tapi tetap ada tarikanya
3. Kebetulan tinggal di desa gan jalanan sebagian berlubang
4. Tidak terlalu masalah om
5. Kayaknya bakal jadi mobil weekend aja om karena sehari2 pakai r2

User avatar
mboisker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
Location: Malang
Daily Vehicle: Vario 1st Gen

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by mboisker »

Kelasnya beda, jadi biaya maintenance dan pajak juga pasti beda. Karena sudah suka dengan 2 mobil tersebut, tinggal menyesuaikan aja dengan budget rutin buat perawatan dan pajak. Kalo sanggup piara fortuner, ya pasti saya merekomendasikan fortuner.
whis09
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Aug 30, 2020 0:50

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by whis09 »

mboisker wrote:Kelasnya beda, jadi biaya maintenance dan pajak juga pasti beda. Karena sudah suka dengan 2 mobil tersebut, tinggal menyesuaikan aja dengan budget rutin buat perawatan dan pajak. Kalo sanggup piara fortuner, ya pasti saya merekomendasikan fortuner.
Apa biaya perawatan fortuner termasuk mahak ya om? Sering lihat di forum denger2 biaya perawatan mesinnya yg sama dengan kijang inova itu termasuk ramah di kantong
katakuri
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Nov 13, 2017 13:23

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by katakuri »

Mobil pertama seh enaknya mobil baru om, ga ambil inovva bensin aja, tapi nambah budget lagi 😁
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by pengendiesel »

whis09 wrote: Sun Aug 30, 2020 0:54 Nubi mohon bimbingan dari suhu2 semua, nubi ada rencana ahir tahun minang mobil pertama untuk operasional keluarga yg kebetulan akan segera hadir anak ke 2, tapi masih bingung mau abil xp baru atau fortie vnt second, mohin saran dan arahanya untuk nubi
Kebetulan lagi pelihara vnt trd di rumah.
Plus : mesin badak, running cost murah pake biosol, susah rusak, lewat jalan rusak-ancur hati tenang, torsi enak.

Tapi bukan berarti tanpa minus, yang saya rasakan:
- suspensi balok kayu beneran (imho, termasuk salah satu mobil yang paling gak enak dinaiki)
- naik turun mobil butuh effort gede. Sehari naik turun mobil lebih dari 5x aja udah males2an
- gigi 1 maticnya terlalu halus. Saat turunan dan harus pelan2, engine brakenya kurang banget. Tapi kalo buat nanjak, mau securam apapun, udah lebih dari cukup
- fitur standard banget

Belum pernah cobain xp cross, tapi kalo ngomong nyaman dan kepraktisan, saya pegang xp cross
whis09
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Aug 30, 2020 0:50

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by whis09 »

pengendiesel wrote:
whis09 wrote: Sun Aug 30, 2020 0:54 Nubi mohon bimbingan dari suhu2 semua, nubi ada rencana ahir tahun minang mobil pertama untuk operasional keluarga yg kebetulan akan segera hadir anak ke 2, tapi masih bingung mau abil xp baru atau fortie vnt second, mohin saran dan arahanya untuk nubi
Kebetulan lagi pelihara vnt trd di rumah.
Plus : mesin badak, running cost murah pake biosol, susah rusak, lewat jalan rusak-ancur hati tenang, torsi enak.

Tapi bukan berarti tanpa minus, yang saya rasakan:
- suspensi balok kayu beneran (imho, termasuk salah satu mobil yang paling gak enak dinaiki)
- naik turun mobil butuh effort gede. Sehari naik turun mobil lebih dari 5x aja udah males2an
- gigi 1 maticnya terlalu halus. Saat turunan dan harus pelan2, engine brakenya kurang banget. Tapi kalo buat nanjak, mau securam apapun, udah lebih dari cukup
- fitur standard banget

Belum pernah cobain xp cross, tapi kalo ngomong nyaman dan kepraktisan, saya pegang xp cross
Untuk perawatan bagaimana om? Kira2 apa aja komponen yg sering bermasalah?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by benzz89 »

whis09 wrote:
pengendiesel wrote:
whis09 wrote: Sun Aug 30, 2020 0:54 Nubi mohon bimbingan dari suhu2 semua, nubi ada rencana ahir tahun minang mobil pertama untuk operasional keluarga yg kebetulan akan segera hadir anak ke 2, tapi masih bingung mau abil xp baru atau fortie vnt second, mohin saran dan arahanya untuk nubi
Kebetulan lagi pelihara vnt trd di rumah.
Plus : mesin badak, running cost murah pake biosol, susah rusak, lewat jalan rusak-ancur hati tenang, torsi enak.

Tapi bukan berarti tanpa minus, yang saya rasakan:
- suspensi balok kayu beneran (imho, termasuk salah satu mobil yang paling gak enak dinaiki)
- naik turun mobil butuh effort gede. Sehari naik turun mobil lebih dari 5x aja udah males2an
- gigi 1 maticnya terlalu halus. Saat turunan dan harus pelan2, engine brakenya kurang banget. Tapi kalo buat nanjak, mau securam apapun, udah lebih dari cukup
- fitur standard banget

Belum pernah cobain xp cross, tapi kalo ngomong nyaman dan kepraktisan, saya pegang xp cross
Untuk perawatan bagaimana om? Kira2 apa aja komponen yg sering bermasalah?
Bantu jawab aja yah om... ane pake yang matic diesel non vnt sudah 10 taon beli dari baru, jujur ini adalah mobil yang bikin ane bingung karena dari baru kaga ada/belum ada yang rusak.

KM sudah hampir 138 ribu, tapi kaki2 masih original pabrik & still strong. Taon ini jajan pertama karena mau ganti timing belt berikut idler & tensionernya, fan belt berikut tensionernya, water pump berikut thermostatnya.

Semuanya belum pernah ganti dari baru & belum rusak tapi precaution saja karena sudah 10 taon & mendekati periode ganti timing belt di 150 ribu km. Berkali2 mau dijual tapi gak jadi melulu akhirnya jadi keterusan dipake & dipelihara aja deh.

Semua yang dikatakan oleh om pengendiesel ada benarnya, tapi kalau mau adu kuat antara fortuner diesel anggaplah taon 2015 VS expander baru di kondisi jalan yang berlubang2 & kondisi kurang bersahabat serta banyak tanjakan/turunan ekstrim, ane vote fortuner diesel.

Asal om agak telaten aja pakai oli yang bagusan baik mesin, transmisi & gardan nya, rajin purging injector tiap 20-30 ribu km, kalau mau pakai bio solar kasih additive, sisanya minim perawatan lah mobil ini, bonus resale value kuat.

Expander menurut ane lebih cocok buat di dalam kota yang kondisi jalannya mulus & tidak ekstrim, tapi kalau om gak mau pusing & baru pertama kali punya mobil serta jadi mobil pertama yah beli brand new lebih tenang aja banding second. Semoga membantu yah om.
whis09
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Aug 30, 2020 0:50

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by whis09 »

benzz89 wrote:
whis09 wrote:
pengendiesel wrote: Kebetulan lagi pelihara vnt trd di rumah.
Plus : mesin badak, running cost murah pake biosol, susah rusak, lewat jalan rusak-ancur hati tenang, torsi enak.

Tapi bukan berarti tanpa minus, yang saya rasakan:
- suspensi balok kayu beneran (imho, termasuk salah satu mobil yang paling gak enak dinaiki)
- naik turun mobil butuh effort gede. Sehari naik turun mobil lebih dari 5x aja udah males2an
- gigi 1 maticnya terlalu halus. Saat turunan dan harus pelan2, engine brakenya kurang banget. Tapi kalo buat nanjak, mau securam apapun, udah lebih dari cukup
- fitur standard banget

Belum pernah cobain xp cross, tapi kalo ngomong nyaman dan kepraktisan, saya pegang xp cross
Untuk perawatan bagaimana om? Kira2 apa aja komponen yg sering bermasalah?
Bantu jawab aja yah om... ane pake yang matic diesel non vnt sudah 10 taon beli dari baru, jujur ini adalah mobil yang bikin ane bingung karena dari baru kaga ada/belum ada yang rusak.

KM sudah hampir 138 ribu, tapi kaki2 masih original pabrik & still strong. Taon ini jajan pertama karena mau ganti timing belt berikut idler & tensionernya, fan belt berikut tensionernya, water pump berikut thermostatnya.

Semuanya belum pernah ganti dari baru & belum rusak tapi precaution saja karena sudah 10 taon & mendekati periode ganti timing belt di 150 ribu km. Berkali2 mau dijual tapi gak jadi melulu akhirnya jadi keterusan dipake & dipelihara aja deh.

Semua yang dikatakan oleh om pengendiesel ada benarnya, tapi kalau mau adu kuat antara fortuner diesel anggaplah taon 2015 VS expander baru di kondisi jalan yang berlubang2 & kondisi kurang bersahabat serta banyak tanjakan/turunan ekstrim, ane vote fortuner diesel.

Asal om agak telaten aja pakai oli yang bagusan baik mesin, transmisi & gardan nya, rajin purging injector tiap 20-30 ribu km, kalau mau pakai bio solar kasih additive, sisanya minim perawatan lah mobil ini, bonus resale value kuat.

Expander menurut ane lebih cocok buat di dalam kota yang kondisi jalannya mulus & tidak ekstrim, tapi kalau om gak mau pusing & baru pertama kali punya mobil serta jadi mobil pertama yah beli brand new lebih tenang aja banding second. Semoga membantu yah om.
Sebenernya kalau ambil xp juga ada kawatirnya om, karena sering lihat di group fb lumayan banyak juga keluhanya (walaupun masih baru.
Semoga fortie om, tetep awet terus ya om, terimakasih banyak atas sharingnya
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by HaykelAdityawarman »

Ane coba kasih saran dari pengalaman nyobain Xpander temen (non cross), semingguan pakai Fortuner VNT sewaan, dan ada GNKI 2015 dirumah dari baru.

Menurut ane pribadi, kelas dan karakter kedua mobil yang om bandingkan berbeda signifikan, LSUV (yang base nya dari LMPV) dan SUV ladder frame. Forti menurut ane sangat mumpuni buat dipakai di jalan tdk mulus khas pedesaan berkat ukuran, GC dan jenis chasisnya. Khas atoyot juga, walopun beli seken tdk perlu khawatir bakal banyak pr, asal dimaintain rutin mestinya tdk ada penggantian sparepart slow moving sampai berapa taun kedepan.

Xpander Cross mungkin bisa dipakai di jalanan pedesaan, cuman pengalaman saya dari Xpander saya rasa mobil ini masih lebih cocok dipakai di jalanan perkotaan, dan di jalan pedesaan belum tentu lebih nyaman digunakan dibanding Forti. Dari segi tenaga juga Fortuner lebih baik.

Kekurangan Fortuner hanya di pajak taunannya yang sudah pasti lebih mahal, dan harga sparepart yang lebih mahal (yang entah kapan bakal diganti).
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
whis09
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Aug 30, 2020 0:50

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by whis09 »

katakuri wrote:Mobil pertama seh enaknya mobil baru om, ga ambil inovva bensin aja, tapi nambah budget lagi [emoji16]
Masalah di budget sih om, maks cuma 300 kalaupun ambil baru pasti hunting diskon yg spesial. Btw, makasih atensinya om [emoji16]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by DOHC »

Anki reborn bensin aj, tp wajip yg metik...
Masuk smua kriteria TS tuh


Kl mau manual, mending2 beli GNKI aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
acil08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Jan 22, 2019 11:57
Location: Tangerang
Daily Vehicle: CB150R K15

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by acil08 »

whis09 wrote: Sun Aug 30, 2020 0:54 Nubi mohon bimbingan dari suhu2 semua, nubi ada rencana ahir tahun minang mobil pertama untuk operasional keluarga yg kebetulan akan segera hadir anak ke 2, tapi masih bingung mau abil xp baru atau fortie vnt second, mohin saran dan arahanya untuk nubi
Saya coba ijin jawab, vote untuk VNT second aja alo saya, SUV Ladder Frame dijamin ketangguhannya aman melintasi lubang-lubang ga jelas khas Indonesia, untuk BBM memang seharusnya pakai Dex cuman kalo adanya Dexlite juga gapapa masih aman dieselnya toyota asal jangan bio solar aja. Dimensinya lebih luas, ground clearance oke, buat mudik pasti enak buat keluarga. Btw ga coba lirik Captiva Diesel om? :big_grin:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by kunaskun »

whis09 wrote: Sun Aug 30, 2020 0:54 Nubi mohon bimbingan dari suhu2 semua, nubi ada rencana ahir tahun minang mobil pertama untuk operasional keluarga yg kebetulan akan segera hadir anak ke 2, tapi masih bingung mau abil xp baru atau fortie vnt second, mohin saran dan arahanya untuk nubi
xpander cross. baru, ga ribet mikirin service dsb. lumayan duit bisa buat anak kedua. kapasitas bagasi dan kelegaan ruang pun mirip2. tapi xpander setidaknya naik ke kabin ga perlu "manjat" seperti fortuner yg memang ciri khas ladder frame SUV.
popolapo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Jan 27, 2018 21:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by popolapo »

Kalau untuk operasional keluarga dan anak mau 2, paling bener xpander cross menurut saya. Namanya mobil 2nd akan ada biaya2 perbaikan belum lagi kita tidak pernah tahu history mobil, cara pakai dan perawatan pemilik mobil sebelumnya. Beda dengan mobil baru akan lebih tenang setidaknya 3 tahun kedepan karena dicover waranty. Kalau ada rezeki mungkin nanti bisa beli fortuner utk 2nd car hehehe
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by walid_007 »

Xpander baru tipe non cross..

Yg sport aja dah cukup
Ganti ban Michellin

Ganti audio peredam ..
Klo tenaga kurang di map dikit

Mobil ini chasis nya enak.. cmn ban kurang sama audio kurang... Buat hari2 cukup n naik turunnya mudah..
Kecuali suka luar kota baru fortuner bisa d pilih.. klo daily.. dah males pake tuh di rumah forruner.. mending naik xpander ato sedan yg lain

Imho
engine roaring!
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by Venturtle »

ANKI yang bensin matic juga bagus om.. :mky_02:
Inggaz
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Apr 23, 2017 6:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by Inggaz »

1. No Worries
Expander, kebetulan pakai Exceed AT, 2019 (10 bln-Km 20rb)
- Setir sendiri lumayan, B4 beraat beneer
- Irit asal tau Karakteristik Kendaraan
- Limbung
- Suspensi terlalu empuk bagi Sy
- Ban Eco2an

2. Spent a Little
Fortuner
- Gede banget
- Toyota, mudah sparepart
- KM tinggi ya ada Perawatan dan Perbaikan (Wear and Tear)
- Kalau untuk Kendaraan Kedua (Non Daily Commuter) masih Layak
whis09
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Aug 30, 2020 0:50

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by whis09 »

walid_007 wrote:Xpander baru tipe non cross..

Yg sport aja dah cukup
Ganti ban Michellin

Ganti audio peredam ..
Klo tenaga kurang di map dikit

Mobil ini chasis nya enak.. cmn ban kurang sama audio kurang... Buat hari2 cukup n naik turunnya mudah..
Kecuali suka luar kota baru fortuner bisa d pilih.. klo daily.. dah males pake tuh di rumah forruner.. mending naik xpander ato sedan yg lain

Imho
Siap om maturnuwun, noted [emoji16]

DOHC wrote:Anki reborn bensin aj, tp wajip yg metik...
Masuk smua kriteria TS tuh


Kl mau manual, mending2 beli GNKI aj
Masalah di budget sih om, maks cuma 300 kalaupun ambil baru pasti hunting diskon yg spesial. Btw, makasih atensinya om [emoji16]

Venturtle wrote:ANKI yang bensin matic juga bagus om.. :mky_02:
Tekendala budget om [emoji28]

Inggaz wrote:1. No Worries
Expander, kebetulan pakai Exceed AT, 2019 (10 bln-Km 20rb)
- Setir sendiri lumayan, B4 beraat beneer
- Irit asal tau Karakteristik Kendaraan
- Limbung
- Suspensi terlalu empuk bagi Sy
- Ban Eco2an

2. Spent a Little
Fortuner
- Gede banget
- Toyota, mudah sparepart
- KM tinggi ya ada Perawatan dan Perbaikan (Wear and Tear)
- Kalau untuk Kendaraan Kedua (Non Daily Commuter) masih Layak
Walaupun mobil pertama tapi bakalan jadi weekend car aja sih om [emoji38]

popolapo wrote:Kalau untuk operasional keluarga dan anak mau 2, paling bener xpander cross menurut saya. Namanya mobil 2nd akan ada biaya2 perbaikan belum lagi kita tidak pernah tahu history mobil, cara pakai dan perawatan pemilik mobil sebelumnya. Beda dengan mobil baru akan lebih tenang setidaknya 3 tahun kedepan karena dicover waranty. Kalau ada rezeki mungkin nanti bisa beli fortuner utk 2nd car hehehe
Ammmin semoga ada selalu rejekinya om [emoji16]
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by faridrach »

Sebagai pengguna VNT 5 tahun 2013-2018 mau share sedikit pandangan. Memang ini mobil bisa dibilang badak. kaki2 selama pemakaian sama sekali ga ada pergantian. Pikiran tenang melewati jalan yg rusak. Dan aman bio solar juga tanpa aditif2an. Pokoknya utk org yg agak males ngerawat mobil ini tepat.

Sektor mesin kondisi standard menurut saya biasa saja, power pas2an, kurang dapet fun to drive nya kalo kata saya mah. Tapi enaknya sangat mudah dinaikan powernya hanya dengan remap... tp saya lebih suka standaran aja.

Ntah kenapa buat saya VNT utk nyetir jarak jauh kurang nyaman, punggung lebih terasa demek/capek. Sekarang saya pakai reborn diesel, jauuuh bener rasanya. Mesin lebih powerful, nyetir jarak jauh lebih nyaman punggung gak terasa demek.

Saya lebih vote Xpander. VNT mungkin bbrp saat lagi akan terasa jadul sekali. Apalagi fortuner sudah mau facelift di indonesia.
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by bangrosi »

benzz89 wrote:
whis09 wrote:
pengendiesel wrote: Kebetulan lagi pelihara vnt trd di rumah.
Plus : mesin badak, running cost murah pake biosol, susah rusak, lewat jalan rusak-ancur hati tenang, torsi enak.

Tapi bukan berarti tanpa minus, yang saya rasakan:
- suspensi balok kayu beneran (imho, termasuk salah satu mobil yang paling gak enak dinaiki)
- naik turun mobil butuh effort gede. Sehari naik turun mobil lebih dari 5x aja udah males2an
- gigi 1 maticnya terlalu halus. Saat turunan dan harus pelan2, engine brakenya kurang banget. Tapi kalo buat nanjak, mau securam apapun, udah lebih dari cukup
- fitur standard banget

Belum pernah cobain xp cross, tapi kalo ngomong nyaman dan kepraktisan, saya pegang xp cross
Untuk perawatan bagaimana om? Kira2 apa aja komponen yg sering bermasalah?
Bantu jawab aja yah om... ane pake yang matic diesel non vnt sudah 10 taon beli dari baru, jujur ini adalah mobil yang bikin ane bingung karena dari baru kaga ada/belum ada yang rusak.

KM sudah hampir 138 ribu, tapi kaki2 masih original pabrik & still strong. Taon ini jajan pertama karena mau ganti timing belt berikut idler & tensionernya, fan belt berikut tensionernya, water pump berikut thermostatnya.

Semuanya belum pernah ganti dari baru & belum rusak tapi precaution saja karena sudah 10 taon & mendekati periode ganti timing belt di 150 ribu km. Berkali2 mau dijual tapi gak jadi melulu akhirnya jadi keterusan dipake & dipelihara aja deh.

Semua yang dikatakan oleh om pengendiesel ada benarnya, tapi kalau mau adu kuat antara fortuner diesel anggaplah taon 2015 VS expander baru di kondisi jalan yang berlubang2 & kondisi kurang bersahabat serta banyak tanjakan/turunan ekstrim, ane vote fortuner diesel.

Asal om agak telaten aja pakai oli yang bagusan baik mesin, transmisi & gardan nya, rajin purging injector tiap 20-30 ribu km, kalau mau pakai bio solar kasih additive, sisanya minim perawatan lah mobil ini, bonus resale value kuat.

Expander menurut ane lebih cocok buat di dalam kota yang kondisi jalannya mulus & tidak ekstrim, tapi kalau om gak mau pusing & baru pertama kali punya mobil serta jadi mobil pertama yah beli brand new lebih tenang aja banding second. Semoga membantu yah om.
VNT mobil enak dan gk nyusahin pakai 7thn cuma ganti evaporator itupun ac cuma kurang dingin sedikit dan gk pernah dirawat (seperti cuci ac, nambah freon dll) cuma ganti filter ac 20rb km sekali.ngerawatnya pun gampang cuma ganti oli+filter solar, oli, udara+purging tiap 10rb km pemakaian dari baru full bio solar

Btw kalo ganti timing belt dan fanbelt harus sekalian ganti sama tensionernya ya, sdh hampir waktunya ganti soalnya.


Kalo buat mobil pertama lebih baik brand new, xpander mobil enak kok ditambah free jasa service+parts selama 50rb km.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by KielConstantine »

Budget 300 jt. Nebus VNT bekas masih dapet kok. Ngerawatnya murmercrot.. murah meriah moncrot.

Sparepart mesin 2KD :
Filter solar 35 ribu...
Filter oli 65 ribu...
Filter udara sakura 99 ribu.....
Timing belt 500 ribu....
Oli mesin 7 liter 700-800 ribu

Isi solar fulltank (70liter)--> 350 ribu....

Apaan sih Toyota........ bikin bete..
Duit hasil kerja capek2 malah enggak kepake :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by fl4b1e »

Kalau di pedesaan dan ada jalan rusak vote tuk Fortuner VNT kalau dibanding Xpandee Cross.

Namun kalau mau yg lebih nyaman, meliat TS sempat mikirin xpander cross, boleh usul apa gak innova saja om? Apalagi kalau weekend car, Innova reborn second yg bensin tipe G harusnya cukup ok ya jadi TS dapet mobil yg relatif baru, worry free dan cukup nyaman. Kenapa bensin, kalau jadi weekend car, meski sedikit lebih boros dibanding yg diesel namun naikkannya lebih halus serta harga lebih sedikit "miring" dibanding yg diesel; meski kalah di torsi, tarikan dan kehematan.

Namun bilamana pengen yang baru yg jelas baru dan lebih worry free di pedesaan, ya lebih baik ambil all new rush atau terios aja. Mobil ini memang didesain tuk jadi mobil yg kuat di jalan rusak kok. Namun jelas, dibanding Inmova reborn, jelas lebih nyaman innova, namun AN Rush atau Terios menang di fitur yaa kayak full LED headlight, keyless, atau airbag 6 kalau ambil ANR versi sportive.

Asumsi saya tuk milih worry free karena asumsi Om TS harus ke kota tuk ngebengkel yaa.. jadi beda kalau dibanding dengan posisi kayak saya yg di kota besar gampang ke bengkel. Tambahannya TS sempet mention kalau hariannya pakai roda 2, jadi kalau saya jadi TS akan "malas" tuk ke bengkel menghitung waktu pemakaian kendaraam.

The choice is yours Om..

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Bingung pilih xpander cross baru atau fortuner vnt second

Post by benzz89 »


bangrosi wrote:
benzz89 wrote:
whis09 wrote:Untuk perawatan bagaimana om? Kira2 apa aja komponen yg sering bermasalah?
Bantu jawab aja yah om... ane pake yang matic diesel non vnt sudah 10 taon beli dari baru, jujur ini adalah mobil yang bikin ane bingung karena dari baru kaga ada/belum ada yang rusak.

KM sudah hampir 138 ribu, tapi kaki2 masih original pabrik & still strong. Taon ini jajan pertama karena mau ganti timing belt berikut idler & tensionernya, fan belt berikut tensionernya, water pump berikut thermostatnya.

Semuanya belum pernah ganti dari baru & belum rusak tapi precaution saja karena sudah 10 taon & mendekati periode ganti timing belt di 150 ribu km. Berkali2 mau dijual tapi gak jadi melulu akhirnya jadi keterusan dipake & dipelihara aja deh.

Semua yang dikatakan oleh om pengendiesel ada benarnya, tapi kalau mau adu kuat antara fortuner diesel anggaplah taon 2015 VS expander baru di kondisi jalan yang berlubang2 & kondisi kurang bersahabat serta banyak tanjakan/turunan ekstrim, ane vote fortuner diesel.

Asal om agak telaten aja pakai oli yang bagusan baik mesin, transmisi & gardan nya, rajin purging injector tiap 20-30 ribu km, kalau mau pakai bio solar kasih additive, sisanya minim perawatan lah mobil ini, bonus resale value kuat.

Expander menurut ane lebih cocok buat di dalam kota yang kondisi jalannya mulus & tidak ekstrim, tapi kalau om gak mau pusing & baru pertama kali punya mobil serta jadi mobil pertama yah beli brand new lebih tenang aja banding second. Semoga membantu yah om.
VNT mobil enak dan gk nyusahin pakai 7thn cuma ganti evaporator itupun ac cuma kurang dingin sedikit dan gk pernah dirawat (seperti cuci ac, nambah freon dll) cuma ganti filter ac 20rb km sekali.ngerawatnya pun gampang cuma ganti oli+filter solar, oli, udara+purging tiap 10rb km pemakaian dari baru full bio solar

Btw kalo ganti timing belt dan fanbelt harus sekalian ganti sama tensionernya ya, sdh hampir waktunya ganti soalnya.


Kalo buat mobil pertama lebih baik brand new, xpander mobil enak kok ditambah free jasa service+parts selama 50rb km.
@bangrosi, timing belt itu sebenarnya 3 in 1 yaitu belt + idler sub-assy (bearing) + tensioner-assy (tonjokkan belt), nah umumnya orang hanya ganti belt + idler (bearing) saja, tapi ane ganti 3 item tersebut, lebih tenang aja ganti semuanya.

Ganti timing belt baiknya dibarengi oleh ganti water pump + thermostat (kalau ane sekalian ganti selang2 radiator + clamp2nya baru semuanya), thermostat ganti pake yang low temp (indent di beres) biar kalau pakai oli yang lebih encer tidak nguap. Jangan lupa beli sekalian gasketnya. Lalu terakhir ganti coolant radiator. Urusan cooling system mesin beres.

Fan belt ganti ama tensioner/bearingnya (lumayan mahal part ini) ya karena logika ane bilang itu part sudah muter terus 10 taon yah ganti sekalian karena gak mau kerja 2x nantinya gara2 part ini rusak/ jebol ditengah jalan. Lalu ane barengin juga ganti oli visco fan biar sekalian urusan fan beres.

Semua part beli sesuai part number berdasarkan no rangka mobil jadi gak salah (kecuali thermostat & gasketnya).

Maaf om ts jadi oot dikit nih, sekalian ane jawab pertanyaan om bangrosi dimari yah [emoji120]