Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Tats »

golftsijkt wrote: Fri Sep 04, 2020 10:28 Ada program tambah daya dan diskon pemakaian untuk charging BEV dari PLN.
Insentif fiskal sudah jalan. Barang mewah sudah 0%. BBN DKI sudah diskon jadi hanya 12.5%, PKB hanya 2% untuk DKI. Jadi tinggal nunggu insentif pembelian agar bisa lebih 'menggoda'. Non-fiscal sudah juga, bebas gage.
SPKLU PLN Jakarta (Gambir dan Truno) dan swasta (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali) sudah operasi.
Cepat pergerakannya. Hanya akan lebih cepat kalau ada insentif pembelian langsung ke pembeli dari pemerintah. Per 100 km untuk BEV biaya konsumsi listrik sebesar 25 ribu s/d 46 ribu (tergantung merek dan model). 250 perak s/d 460 perak per km cukup menggoda kan? '
Untuk tahun ini dan tahun depan sudah mulai banyak animo dari para modifikator untuk convert mesin ICE ke listrik. Di California sudah banyak modifikator karena memang permintaan ada plus desakan dari pemerintah setempat untuk zero emission.
Nice info om
Ya semoga sj lebih cepat lagi tumbuhnya full ev di indo om
Nah point terakhir ttg modifikasi ice ke listrik sy pgn lihat
Semoga kenyataan, lucu juga hunting land rover seri II bahan diconvert listrik utk project pribadi
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by carl »

Untuk kasus di Indonesia sendiri, sebagian pembangkit masih banyak pake coal. Kayak di Gresik itu, saya pernah kunjungi pembangkitnya, dari 2200 mw sebagian besar pake coal/gas-coal. Kira-kira dengan adanya mobil hybrid/semi-listrik/listrik itu, saya kadang-kadang bertanya sendiri, apakah benar polusi secara overall menurun atau cuma memindahkan polusi dari kota besar ke daerah sekitar pembangkit-pembangkit spt contohnya di Gresik? Mungkin SMers ada yang punya studi masalah itu di Indonesia?
turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by turbine888 »

Saya sebenarnya salah satu orang yang paling anti dengan Plug-in EV. Saya lebih mendukung teknologi hydrogen fuel-cell yg secara real world lebih efektif dan convenient (pengisian hydrogen vehicle kyk ice biasa). Selaun itu, imo, selama powerplant listrik kita belum menggunakan sustainable energy, yg kita lakukan cuman mindahin emisi aja dr daerah tempat penduduk ke pinggiran. Istilahnya cuman terlihat bersih di mata saja.

Untuk Indonesia sendiri sih, selama ada the mighty power of ipah diesel dan solar goceng, serta teknologi baterai yg belum bisa diisi penuh dalam kurun waktu <5 menit, menurut sy akan susah untuk merubah mindset orang kita untuk pindah ke EV.

Kesimpulan tsb sy tarik setelah kapan hari saya berbincang mengenai benefit EV ke seorang teman, dan sy lgsg direspon dg: “itung aja solar 5150/liter dan asumsi konsumsi bbm 1:12, ipah gw masih lebih irit cost/km nya dibanding EV. Isi solbus full paling 3 menit bisa jalan 500km, ga ngebuang stgh jam perjalanan. Mesin jg paling2 klo amsiong injektor ancur, toh ga semahal ganti baterai EV.”
nurekopriyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sun Oct 21, 2012 23:07

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by nurekopriyo »

carl wrote: Fri Sep 04, 2020 16:45 Untuk kasus di Indonesia sendiri, sebagian pembangkit masih banyak pake coal. Kayak di Gresik itu, saya pernah kunjungi pembangkitnya, dari 2200 mw sebagian besar pake coal/gas-coal. Kira-kira dengan adanya mobil hybrid/semi-listrik/listrik itu, saya kadang-kadang bertanya sendiri, apakah benar polusi secara overall menurun atau cuma memindahkan polusi dari kota besar ke daerah sekitar pembangkit-pembangkit spt contohnya di Gresik? Mungkin SMers ada yang punya studi masalah itu di Indonesia?
bener....ada bbrp studi di luar yg pake hitungan 'total carbon footprint' mulai dari proses manufaktur mobil & batrenya sampe akhir pemakaian (seberapa banyak yg bisa di-recycle)..batre itu proses pembuatan & disposalnya nanti jg polusi krn merupakan logam berat...
ditambah energi utama pembangkit listrik di indonesia juga masih fossil fule, instread of solar, wind, atau geo thermal..
klo liat bbrp sumber di youtube, scr total konon EV masih lbh rendah emisinya 30% drpd ICE ...tp entah jg klo hitungan itu dr negara2 maju dg energy mix yg mustinya lbh banyak pake renewable energy utk power plantnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

turbine888 wrote: Fri Sep 04, 2020 16:48 Saya sebenarnya salah satu orang yang paling anti dengan Plug-in EV. Saya lebih mendukung teknologi hydrogen fuel-cell yg secara real world lebih efektif dan convenient (pengisian hydrogen vehicle kyk ice biasa). Selaun itu, imo, selama powerplant listrik kita belum menggunakan sustainable energy, yg kita lakukan cuman mindahin emisi aja dr daerah tempat penduduk ke pinggiran. Istilahnya cuman terlihat bersih di mata saja.

Untuk Indonesia sendiri sih, selama ada the mighty power of ipah diesel dan solar goceng, serta teknologi baterai yg belum bisa diisi penuh dalam kurun waktu <5 menit, menurut sy akan susah untuk merubah mindset orang kita untuk pindah ke EV.

Kesimpulan tsb sy tarik setelah kapan hari saya berbincang mengenai benefit EV ke seorang teman, dan sy lgsg direspon dg: “itung aja solar 5150/liter dan asumsi konsumsi bbm 1:12, ipah gw masih lebih irit cost/km nya dibanding EV. Isi solbus full paling 3 menit bisa jalan 500km, ga ngebuang stgh jam perjalanan. Mesin jg paling2 klo amsiong injektor ancur, toh ga semahal ganti baterai EV.”
Nahh ini.

Ane sampe skrg masih tidak mau kebawa euforia lestrek is the future. Msh berusaha skeptical dengan EV. Apa bener ini clean atau cm mindah sumber polusi aj? Will there be another environmental drawbacks yg pada akhirnya justru lbh feasible pake mobil bensin/diesel in the long run?

Logikanya kalo kita perlu ganti batre secara berkala selama 5-7 thn sekali, kan ini spt overhaul. nah mobil bensin hari ini 10 thn blm tentu overhaul sekali. Economic benefitnya msh menang mobil bensin/diesel untuk long run.

Jujur yah, EV sekarang itu dibeli imho salah satu karena cool factor. Keliatan keren pake mobil yang ga ada suaranya tp bisa ngebut setara supercar, dan keliatan edgy, beda aja dari yang laen.

Ini sama spt dulu awal trending hybrid, para celebs hollywood dan pemain sepak bola terkenal pada beli toyota prius.

EV di beberapa major brands kesannya cuma buat nambah portfolio lineup saja. Istilahnya, kejual sukur, ga kejual ya gpp.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by pradit_d »

Ane yg tertarik ama kicks, alesannya sama karena dy litrik tp ada mesin buat charge, ga perlu khwatir untuk jarak jauh. Harga ane rasa ok sih, klo bisa compare ke penghematan biaya operasional yg didapat. Yg bikin penasaran cuman keawetan n hrga penggantian batre sih. Jadi pengen ganti mobil istri ke ini karena skrg pake mobil nya daily n sebulan bisa abis 2-3jt buat bensin
:big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

nurekopriyo wrote: Fri Sep 04, 2020 23:24
carl wrote: Fri Sep 04, 2020 16:45 Untuk kasus di Indonesia sendiri, sebagian pembangkit masih banyak pake coal. Kayak di Gresik itu, saya pernah kunjungi pembangkitnya, dari 2200 mw sebagian besar pake coal/gas-coal. Kira-kira dengan adanya mobil hybrid/semi-listrik/listrik itu, saya kadang-kadang bertanya sendiri, apakah benar polusi secara overall menurun atau cuma memindahkan polusi dari kota besar ke daerah sekitar pembangkit-pembangkit spt contohnya di Gresik? Mungkin SMers ada yang punya studi masalah itu di Indonesia?
bener....ada bbrp studi di luar yg pake hitungan 'total carbon footprint' mulai dari proses manufaktur mobil & batrenya sampe akhir pemakaian (seberapa banyak yg bisa di-recycle)..batre itu proses pembuatan & disposalnya nanti jg polusi krn merupakan logam berat...
ditambah energi utama pembangkit listrik di indonesia juga masih fossil fule, instread of solar, wind, atau geo thermal..
klo liat bbrp sumber di youtube, scr total konon EV masih lbh rendah emisinya 30% drpd ICE ...tp entah jg klo hitungan itu dr negara2 maju dg energy mix yg mustinya lbh banyak pake renewable energy utk power plantnya
mungkin ini bisa jadi food for thought... knp EV terkesan seperti ide yang sophisticated tetapi sampe skrg pabrikan arus utama msh have faith in gasoline power...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by sealplayerz »

ChZ wrote: Sat Sep 05, 2020 2:13
nurekopriyo wrote: Fri Sep 04, 2020 23:24
carl wrote: Fri Sep 04, 2020 16:45 Untuk kasus di Indonesia sendiri, sebagian pembangkit masih banyak pake coal. Kayak di Gresik itu, saya pernah kunjungi pembangkitnya, dari 2200 mw sebagian besar pake coal/gas-coal. Kira-kira dengan adanya mobil hybrid/semi-listrik/listrik itu, saya kadang-kadang bertanya sendiri, apakah benar polusi secara overall menurun atau cuma memindahkan polusi dari kota besar ke daerah sekitar pembangkit-pembangkit spt contohnya di Gresik? Mungkin SMers ada yang punya studi masalah itu di Indonesia?
bener....ada bbrp studi di luar yg pake hitungan 'total carbon footprint' mulai dari proses manufaktur mobil & batrenya sampe akhir pemakaian (seberapa banyak yg bisa di-recycle)..batre itu proses pembuatan & disposalnya nanti jg polusi krn merupakan logam berat...
ditambah energi utama pembangkit listrik di indonesia juga masih fossil fule, instread of solar, wind, atau geo thermal..
klo liat bbrp sumber di youtube, scr total konon EV masih lbh rendah emisinya 30% drpd ICE ...tp entah jg klo hitungan itu dr negara2 maju dg energy mix yg mustinya lbh banyak pake renewable energy utk power plantnya
mungkin ini bisa jadi food for thought... knp EV terkesan seperti ide yang sophisticated tetapi sampe skrg pabrikan arus utama msh have faith in gasoline power...

Tambahin lagi ya
golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by golftsijkt »

Tats wrote: Fri Sep 04, 2020 16:22
golftsijkt wrote: Fri Sep 04, 2020 10:28 Ada program tambah daya dan diskon pemakaian untuk charging BEV dari PLN.
Insentif fiskal sudah jalan. Barang mewah sudah 0%. BBN DKI sudah diskon jadi hanya 12.5%, PKB hanya 2% untuk DKI. Jadi tinggal nunggu insentif pembelian agar bisa lebih 'menggoda'. Non-fiscal sudah juga, bebas gage.
SPKLU PLN Jakarta (Gambir dan Truno) dan swasta (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali) sudah operasi.
Cepat pergerakannya. Hanya akan lebih cepat kalau ada insentif pembelian langsung ke pembeli dari pemerintah. Per 100 km untuk BEV biaya konsumsi listrik sebesar 25 ribu s/d 46 ribu (tergantung merek dan model). 250 perak s/d 460 perak per km cukup menggoda kan? '
Untuk tahun ini dan tahun depan sudah mulai banyak animo dari para modifikator untuk convert mesin ICE ke listrik. Di California sudah banyak modifikator karena memang permintaan ada plus desakan dari pemerintah setempat untuk zero emission.
Nice info om
Ya semoga sj lebih cepat lagi tumbuhnya full ev di indo om
Nah point terakhir ttg modifikasi ice ke listrik sy pgn lihat
Semoga kenyataan, lucu juga hunting land rover seri II bahan diconvert listrik utk project pribadi
Modificator memang fokus di kendaraan vintage seperti vw kodok, dll. Ada sentuhan emotional di pemilik yg mampu secara ekonomi untuk convert ke ev.
Hendrieen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Jun 09, 2020 4:20

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Hendrieen »

Ngomong ngomong, infrastruktur di Indonesia sudah siap belum? Terutamanya daerah-daerah yg bukan kota besar atau diluar jawa

Kalau PLN sudah duluan bangun SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) , kira kira Pertamina akan mengikuti juga tidak ?
Mengingat SPBU Pertamina sudah ada dimana-mana jadi tinggal nambahin produk untuk pengisian listrik = stonk.

Mohon maaf saya masih awam
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by demonicorchestra »

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... brid-laris

Otomotifnet.com - Meluncur di awl bulan Agustus 2020 lalu, Toyota Corolla Cross langsung bejek gas untuk urusan penjualannya.

Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pemesanan Corolla Cross di Agustus 2020 yang sudah melampaui target.

Dimana pada awal peluncurannya, PT Toyota Astra Motor (TAM) menargetkan 200 sampai 300 unit terjual setiap bulan.

"Untuk pemesanan Corolla Cross di bulan lalu (Agustus 2020) itu sudah mencapai di atas 300-an unit, boleh dibilang cukup baik ya," ujar Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Marketing TAM dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual (8/9/2020).

Menariknya, dari total pemesanan yang diterima pabrikan berlogo tiga oval tersebut, Corolla Cross varian tertinggi yang sudah mengadopsi teknologi hybrid menjadi penyumbang terbesar penjualan di Tanah Air.

"Kemudian varian hybrid porsinya sendiri kira-kira di atas 70 persen dari jumlah pemesanan Corolla Cross (selama periode tersebut)," tutur Anton.

Bahkan, saking tingginya penerimaan Toyota Corolla Cross hybrid, membuat konsumen yang ingin melakukan pemesanan saat ini harus rela menunggu antrean atau inden sampai beberapa bulan ke depan.

"Memang yang inden ini untuk yang hybrid ya, karena kan SPK dari varian ini sekitar 200-an unit, sementara untuk hybrid sendiri pasokan dari Thailand mungkin kalau bicara waiting time atau inden menunggu hingga November nanti ya," papar Anton lagi.
Pertanda baik meningkatnya popularitas kendaraan hybrid di indonesia?
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by golftsijkt »

Betul sekali, intervensi dari pemerintah agar harga bisa menarik dan mendorong realisasi one 'real' little step is better than one 'giant' visionary step. Point terakhir merespon wheel-to-wheel co2 emission dengan melihat kontribusi emisi dari sektor transportasi/otomotif.
teretenteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Nov 18, 2016 13:10

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by teretenteng »

disni belum ada yang hitung head2head cost EV dan non-EV secara detail ya. kira2 pengeluaran isi BBM sama pengeluaran bayar listrik mana yang lebih hemat. saya awalnya skeptis dengan tingkat durabilitas baterai, tapu hyundai kona berani kasi garansi baterai 6 atau 8 taun gtu, lupa. berani juga mereka, berarti mereka sudah pede dengan baterainya, apalagi katanya batrei hyundai bisa direplace per cell. sudah canggih, apalagi 5-10 taun kedepan, mobil listrik bakal meraja lela. pantesan Tesla ngejer nikel sampe indo. hahaha
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by dsign1990 »

ini baru hybrid belum BEV

https://www.carscoops.com/2022/01/merce ... k-battery/

harga batre hybrid camry vs mercy sejalan dengan harga kampas rem nya wkwkwkwk
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by neo300400 »

ChZ wrote: Fri Sep 04, 2020 14:49
pokoknya selama :

- tidak lebih ekonomis dari sebuah kijang (tidak bisa minum solar 5150 dan dipake sampe dunia kiamat)
- tidak lebih murah dari sebuah kijang
- tidak tujuh seater seperti sebuah kijang

ya jangan harap orang akan beralih ke EV... :mky_03:

percuma, EV 400 juta sekelas mobil harga 250-300 juta, secara ekonomi aja keliatan lebih mending piara yang mobil bensin 250-300 juta.

knp harus beli sebuah mobil lestrek kalo bisa dapet mobil dengan fungsi sama 100 juta lebih murah... cars are just appliances to some. teknologi canggih percuma kalau mahal...

mobil teknologi alternatif klo mau laku harus ada intervensi government... dr policy soal energi hingga tax incentives.

mslhnya mau policy soal energi yang bener gimana klo bisnis batu bara masih kenceng... pake mobil lestrek tapi lestreknya dari batu bara yaaaa.....
Kata pemerintah gini :
- Silahkan piara kijang yg bisa minum solar 5150
- Silahkan piara kijang yg harganya 300jtan
- silahkan pake yg 7 seater murmer seperti kijang

Kami akan hapus bakar minyaknya, silahkan bikin sendiri dari daun jarak :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by b0ku »

neo300400 wrote: Fri Feb 18, 2022 8:20

Kata pemerintah gini :
- Silahkan piara kijang yg bisa minum solar 5150
- Silahkan piara kijang yg harganya 300jtan
- silahkan pake yg 7 seater murmer seperti kijang

Kami akan hapus bakar minyaknya, silahkan bikin sendiri dari daun jarak :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
lah minyak goreng langka aja loe ribut gimana mau apus mesin diesel :big_bored:

loe gak jual solar ya gw isi pake minyak goreng :big_biglaugh: :big_biglaugh:

apalagi pengusaha gorengan ntar tinggal di suling minyak bekasnya buat isi ke diesel :big_biglaugh: :big_biglaugh:

simpanlah kijang kapsul diesel anda mungkin mahal di masa depan :wkkk:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by grimjow »

teretenteng wrote: Tue Dec 22, 2020 13:13 disni belum ada yang hitung head2head cost EV dan non-EV secara detail ya. kira2 pengeluaran isi BBM sama pengeluaran bayar listrik mana yang lebih hemat. saya awalnya skeptis dengan tingkat durabilitas baterai, tapu hyundai kona berani kasi garansi baterai 6 atau 8 taun gtu, lupa. berani juga mereka, berarti mereka sudah pede dengan baterainya, apalagi katanya batrei hyundai bisa direplace per cell. sudah canggih, apalagi 5-10 taun kedepan, mobil listrik bakal meraja lela. pantesan Tesla ngejer nikel sampe indo. hahaha
Ini saya ambil dari postingan di diskusi lain.
Mobil Ev kalau tidak dapat subsidi signifikan , sepertinya belum cukup menarik.

Coba buat perbandingan untuk 100,000 km. Mudah2an bener hitungnya.

Ev : asumsi misal Tesla 3.
Konsumsi per km : 151 wh. (Pakai asumsi dari https://ev-database.org/cheatsheet. Web ini bagus ada data semua ev yang sudah launch)
Jadi kalau jalan 100 rb km , akan makan 15,100 kwh.
Tarif istrik Rp 1,447.
Jadi total "fuel" cost adalah Rp 21 juta.

ICE : Anggap lah dapat yang boros dan harus pertamax.
Misal fuel con 1:10 dan pertamax Rp 9000
Maka biaya "fuel" cost Rp 90 juta.

Jadi mobil listrik akan ada saving Rp 71 juta. Saving tambahan dari pajak tahunan tapi ga seberapa sih dibanding ICE.
Tapi akan ada minus di lifetime baterei misal harus ganti baterei dan juga rata2 harga yang masih tinggi vs ice.
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by neo300400 »

b0ku wrote: Fri Feb 18, 2022 11:30
lah minyak goreng langka aja loe ribut gimana mau apus mesin diesel :big_bored:

loe gak jual solar ya gw isi pake minyak goreng :big_biglaugh: :big_biglaugh:

apalagi pengusaha gorengan ntar tinggal di suling minyak bekasnya buat isi ke diesel :big_biglaugh: :big_biglaugh:

simpanlah kijang kapsul diesel anda mungkin mahal di masa depan :wkkk:
Ini kreatif, saya jadi pelanggan pertama om, secara saya miara diesel juga wkwkwkwkw
Yg saat ini galau, pengen beli mobil antara mobil minyak apa mobil listrikkk
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by marzoochi »

grimjow wrote: Fri Feb 18, 2022 12:18
teretenteng wrote: Tue Dec 22, 2020 13:13 disni belum ada yang hitung head2head cost EV dan non-EV secara detail ya. kira2 pengeluaran isi BBM sama pengeluaran bayar listrik mana yang lebih hemat. saya awalnya skeptis dengan tingkat durabilitas baterai, tapu hyundai kona berani kasi garansi baterai 6 atau 8 taun gtu, lupa. berani juga mereka, berarti mereka sudah pede dengan baterainya, apalagi katanya batrei hyundai bisa direplace per cell. sudah canggih, apalagi 5-10 taun kedepan, mobil listrik bakal meraja lela. pantesan Tesla ngejer nikel sampe indo. hahaha
Ini saya ambil dari postingan di diskusi lain.
Mobil Ev kalau tidak dapat subsidi signifikan , sepertinya belum cukup menarik.

Coba buat perbandingan untuk 100,000 km. Mudah2an bener hitungnya.

Ev : asumsi misal Tesla 3.
Konsumsi per km : 151 wh. (Pakai asumsi dari https://ev-database.org/cheatsheet. Web ini bagus ada data semua ev yang sudah launch)
Jadi kalau jalan 100 rb km , akan makan 15,100 kwh.
Tarif istrik Rp 1,447.
Jadi total "fuel" cost adalah Rp 21 juta.

ICE : Anggap lah dapat yang boros dan harus pertamax.
Misal fuel con 1:10 dan pertamax Rp 9000
Maka biaya "fuel" cost Rp 90 juta.

Jadi mobil listrik akan ada saving Rp 71 juta. Saving tambahan dari pajak tahunan tapi ga seberapa sih dibanding ICE.
Tapi akan ada minus di lifetime baterei misal harus ganti baterei dan juga rata2 harga yang masih tinggi vs ice.
Terima kasih info website nya Oom, iseng liat Ioniq 5 di angka 189 wh/km, cukup tinggi konsumsi listrik nya, apa karena bobot kosong yang cukup tinggi dibanding Tesla 3.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by b0ku »

neo300400 wrote: Mon Feb 21, 2022 1:53
Ini kreatif, saya jadi pelanggan pertama om, secara saya miara diesel juga wkwkwkwkw
Yg saat ini galau, pengen beli mobil antara mobil minyak apa mobil listrikkk


ini ada caranya tinggal saring2x aja kalo mau lebih mantep pake filter minyak industri :big_biglaugh:
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by neo300400 »

b0ku wrote: Mon Feb 21, 2022 2:23
neo300400 wrote: Mon Feb 21, 2022 1:53
Ini kreatif, saya jadi pelanggan pertama om, secara saya miara diesel juga wkwkwkwkw
Yg saat ini galau, pengen beli mobil antara mobil minyak apa mobil listrikkk


ini ada caranya tinggal saring2x aja kalo mau lebih mantep pake filter minyak industri :big_biglaugh:
Commonrail ga aman dong kl lihat judul, belum buka videonya lagi meeting wkwkwkw
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by wekiweko »

EV mau itu hidrogen atau BEV emang keniscayaan sih, tinggal beda di progres adopsinya aja di tiap negara. kaya di Indonesia PR nya emang bikin harga kendaraannya jadi terjangkau dan infras pendukungnya makin banyak kalo mau transisinya beneran terjadi.

tapi kayanya jangankan ngomong EV, buat beli ICE aja kayanya makin sulit karena harganya konsisten naik2 ke puncak gunung sementara daya beli kelas menengahnya stagnan wkwkwk
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by alexand »

ipah + solar goceng + racun = lebih irit dari EV in the long run :)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

wekiweko wrote: Mon Feb 21, 2022 2:45 tapi kayanya jangankan ngomong EV, buat beli ICE aja kayanya makin sulit karena harganya konsisten naik2 ke puncak gunung sementara daya beli kelas menengahnya stagnan wkwkwk
ya mobil CKD kena pajaknya berlapis. komponen dipajakin, keluar pabrik dipajakin, sampe konsumen? ya dipajakin lagi dong.

mobil CBU kena pajak impornya gila gilaan.

maju kena, mundur kena

skrg 300jt jg cuma dapet LMPV berkosmetik wkwkwkwkw yg dulu sanggup beli xenia downgrade ke sigra. pd gak nyadar kan diem diem innova tipe V udah 400 juta aja dulu pdhl denger tipe Q 400juta udah kaget :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by b0ku »

neo300400 wrote: Mon Feb 21, 2022 2:43

Commonrail ga aman dong kl lihat judul, belum buka videonya lagi meeting wkwkwkw
kayaknya common rail ya nyaringnya musti bener2x sampe murni kalo bisa pake minyak goreng beli di indomaret lsg masukin tanki aja :big_biglaugh:

tapi kan biosolar juga ud 30% sawit emang sih gak tau ngolahnya gimana :mky_01:

makannya saya bilang td simpen kijang kapsul aja kalo mau aman :big_biglaugh: