Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Shonen »

Pengen tau pendapat kawan2 sekalian mengenai mobil hybrid sebelom mobil listrik yang katanya bakal jadi mobil masa depan
Ane heran tumben ga ada yang bahas nissan kicks yang baru padahal revolusioner lho utk mobil listrik bisa murah walopun ttp pake mesin konvensional tapi sebagai generator aja...ga perlu cas2an di rumah jg yang ribet

https://otomotif.kompas.com/read/2020/0 ... -indonesia

dimana akan head to head dengan corolla cross terbaru yang harganya mepet 500 jt

alternatif orang yang pengen mobil irit tapi ga mau bayar mahal2 seperti tesla model 3...tapi dengan keribetan skema pajak dkk di tanah air ini soalnya itungan mesinnya 2...

Silahkan ditunggu pendapatnya
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by impactful »

Nah iya ane jg heran ga ada yg bahas... Antara pada pesimis gegara pabriknya tutup dan mayoritas disini pada anti batu makam?

Kalah hype sama colorla x?
Pdhal canggihan kicks juga
...imho...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by kunaskun »

nissan Note sebagai yg pertama pakai e-power di jepang, sekarang nomor satu penjualannya. sayangnya ya di Indo begitulah Nissan.

kicks ini masalahnya harganya dia itu, good deal tapi ya dimension wise selisih lebih besar sedikit sajadengan Seltos dan tentu penguasa lama si H-RV, tapi kalah gede dikit dari Corolla Cross. mau pake mesin apa juga, pasar yang dimasukin itu sudah keburu penuh yg akan di bashing oleh kaum mendang mending. hanya akan jadi pengisi option car saja. dan bagusnya ya NMI masih ada sedikit niatan jualan di Indo walau rada ga jelas juga strateginya gimana lah bisa2nya tetiba jualan "ginian". mungkin sekedar mengimbangi Toyota yg praktis sendirian jual mobil "masa depan" di Indo.

seandainya di set 400 juta mungkin akan lumayan, karena pas masuk antara Seltos/HRV dan Corolla Cross.
yg hebat sekali lagi Astra, seperti tahu saja Kicks akan masuk dengan harga 450 jutaan juga, disetlah Corolla Cross harga mirip disitu dengan mesin N/A dan nambah ke 500 jt dapet hybrid, konsumen tentu pilih Corolla Cross dengan lebih besar dikit + logo toyota, fitur kalah? percayalah paling segelintir doang yg peduli.

technical wise, bener kata si carmudi, ini mobil seperti obat untuk range anxiety di EV. cocok banget buat negara2 yg belum maju ( konsumen belum mikirin emisi atau pajak emisi belum jalan/ada) tapi mau irit banget dan enak dipake, nih solusinya mobil listrik terintegrasi genset. lebih sederhana dari hybrid manapun, lebih memudahkan dari EV manapun, dan tentunya juga irit banget.

again n again, seandainya NMI berbenah duluan. btw, baru ngeh, line-up Nissan ga ada lagi yg dibawah 200 juta (walau ada March tapi konon cuma sisa stok doang). Uniknya lagi, kelas 400-500 juta malah saling silang dengan sodara sendiri: kicks, serena, xtrail, navara dan terra. sungguh merek "mevvah", lama2 bener2 jadi kaya Mazda, ga jual mobil "umum".
aryoajiwibowo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Fri Feb 12, 2016 7:50

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by aryoajiwibowo »

Barusan liat channel fitra emng kyknya mobil masa depan indo ya model ginian kl pure ev kyknya masih lama pengembangan dan infrastrukturnya gak mungkin cepat.... Dah gak ush di bahas biar gak laku biar disc nya besar bisa sampe up 30-40 mio ha..ha...
:big_smoking:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ginting »

Shonen wrote: Thu Sep 03, 2020 13:19 Pengen tau pendapat kawan2 sekalian mengenai mobil hybrid sebelom mobil listrik yang katanya bakal jadi mobil masa depan
Ane heran tumben ga ada yang bahas nissan kicks yang baru padahal revolusioner lho utk mobil listrik bisa murah walopun ttp pake mesin konvensional tapi sebagai generator aja...ga perlu cas2an di rumah jg yang ribet

https://otomotif.kompas.com/read/2020/0 ... -indonesia

dimana akan head to head dengan corolla cross terbaru yang harganya mepet 500 jt

alternatif orang yang pengen mobil irit tapi ga mau bayar mahal2 seperti tesla model 3...tapi dengan keribetan skema pajak dkk di tanah air ini soalnya itungan mesinnya 2...

Silahkan ditunggu pendapatnya
Saya tadi malam sudah nonton review di Carmudi secara full.
Secara arsitektur hybrid ini paling cocok di Indo buat yang tempat cas casan hybrid sangat langka.

Bagi saya sih :

Pro's :
Fitur
Irit
Gak takut habis baterai kalau mudik / roadtrip

Cons:
- Size versus harga masih kemahalan.
Size wise ini kan bersaing lawan city car, yg rentang harga say 280-300 juta.
lalu kalaupun ada unsur listriknya maka harusnya main di harga 350-360 jt
kecuali kalau dia main harga 450 jt untuk SUV atau MPV atau mid Sedan, barulah terasa "murahnya".

- Brand
orang mungkin masih agak ragu ragu ASS brand ini ke depan.
Beda sama Corolla Cross hybrid atau Corolla hybrid yang nama besar Toyota lebih menjual.

Mari kita lihat 3 bulan pertama ini apakah bisa mendulang sukses...biasanya kalau udah ada customer pertama yang nyebur yang lain makin berani..lama lama orang makin ngelihat ternyata fine fine saja.beli aahhh...
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by rakyatwkwkland »

Kalo feeling-feeling ane kenapa jika dibandingkan dengan mobil listrik murni macam tesla atau batumakam daun ini batumakam tendangan harganya bisa 'murah' (hanya 450 juta saja) karena menurut ane penyebabnya adalah baterainya. Kicks e-power pakai baterai yg kapasitasnya kira-kira hampir seukuran dgn mobil hybrid pada umumnya, sedangkan pure EV harus pakai baterai besar yg denger-dengernya bahkan harga baterainya sangat mahal bisa hampir separoh cost produksi mobilnya. Makanya nih mobil menurut ane bisa jadi solusi buat orang yg pengen ngerasain sensasi EV dgn price tag murah. Hrsnya ganti baterainya pun biayanya tidak sehoror baterai pure EV pada umumnya, bisa aja setara biaya ganti baterai mubil hybrid kebanyakan macam kemri hibrida dll yg cuma 50 jt, yg mana at least masih lbh reasonable lah biayanya. Kalau bicara sisi ekonomis, nah ini mungkin tetep gak bisa sampai ngirit banyak spt yang dibayangkan orang krn disamping konsumsi bbm yg irit jg ada biaya ganti baterainya. Tp ane sih pernah iseng ngitung perbandingan pengeluaran biaya antara camry bensin NA vs camry hybrid jg CHR bensin NA vs CHR hybrid, asumsi setahun jalan minimal 20k km, bbm pertalite, ganti baterai tiap 5 thn sekitar 50 jt, hasilnya ternyata masih tetep lebih ekonomis CHR hybrid. Dgn catatan mubil tidak jadi garage queen, minimal jalan 20k km setahun atau lbh. Dgn melihat kicks ini berdasarkan review beberapa media thailand konsumsi bbm mirip2 lah sama konsumsi bbm CHR hibrid, harusnya ini mubil jg cukup ekonomis running costnya.

Berikutnya tinggal kita liat aja seberapa durable nih mesin listriknya. Kalo mesin bengsin HR12 nya mah gausah pusing kali yah, kasi premios aja ud bisa jalan kali. Tp kalo ternyata mesin listriknya sama ampasnya sama kualitas kaki2 mubil2 batumakam (rewelan mksdnya), huehuehue siap2 ownernya nerima tagihan bengkel juta2an yg bikin kantong kering.

Sekian pendapat pribadi nubie, mon maap kalau ada yg salah tlg dikoreksi sahaja... :big_peace:
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Andhyka »

Ini mobil dilihat dari sisi harga, performa, keiritan, fitur worth it banget.

Dan bisa seirit LCGC atau lebih irit lagi 20 km/l dalkot, 30 km/l tol

Kalo size sepertinya sekelas dengan compact crossover semacam HRV, OS, CHR, GLA
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Tats »

Best car under 500mio for me:

1. nissan kick e-power
Teknologi revolusioner, masuk akal harganya, built quality dan kenyamanan dipuji2 oleh jurnalis luar negri. Sangat menggiurkan untuk orang2 yang ingin mencicipi mobil listrik tanpa takut kehabisan baterai. Fitur2 yang diberikan juga sudah sangat amat cukup utk pasar indonesia.

2. kia seltos
Most value for money, fitur banyak, mesin enak, sayang masih byk yg belum yakin dgn durabilitas dct nya termasuk sy. Tapi kalau dct terbukti reliable, bukan ga mungkin si seltos ini menjadi the best car under 500 mio. Ayo indomobil tambah dealer lagi hehe

3. innova 2.4 v
Ya sy masukkan karena mobil ini memang merupakan kendaraan yang esensial buat rakyat sini. Bantingan empuk, irit, dan ga rusak2 hehehe. Ga perlulah venturer2an hehe

Tinggal tunggu xpander hybrid tahun 2021-2022 semoga akan mengadopsi tech e-power atau bahkan bisa jd phev juga. Mungkin kalau harga masih di sekitar 300an maka akan mendepak posisi innova di mata sy.

Full ev belum saatnya lah, at least sampai 5 tahun ke depan
stealth7
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Dec 05, 2019 15:33

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by stealth7 »

Kalau menurut saya ini ibarat tiktok dulu, kalau belum banyak yg mengadopsi, belum booming. :ngacir:
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Jenson »

Untuk bikin EV booming, pabrikan musti lihat celah ceruk pasar paling gemuk. Konon pabrikan cina cukup terdepan di bidang EV, menarik kayanya kalo ad Confero ato Cortez listrik, bisa jadi game changer kalo ngeliat biaya operasionalnya. Konon kalo dikonversi ke bensin, biaya ngecharge itu separuhnya dari bensin seliter. Tentu untuk konsumen yang nyari mobil perang akan jadi pilihan menark, harga murah operational cost murah.

Oh iya, EV juga katanya lebih minim perawatan karena partsnya minimal. Again, utk kaum pencari mobil perang akan jadi sangat menarik.
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by sealplayerz »

kunaskun wrote: Thu Sep 03, 2020 14:02 nissan Note sebagai yg pertama pakai e-power di jepang, sekarang nomor satu penjualannya. sayangnya ya di Indo begitulah Nissan.

kicks ini masalahnya harganya dia itu, good deal tapi ya dimension wise selisih lebih besar sedikit sajadengan Seltos dan tentu penguasa lama si H-RV, tapi kalah gede dikit dari Corolla Cross. mau pake mesin apa juga, pasar yang dimasukin itu sudah keburu penuh yg akan di bashing oleh kaum mendang mending. hanya akan jadi pengisi option car saja. dan bagusnya ya NMI masih ada sedikit niatan jualan di Indo walau rada ga jelas juga strateginya gimana lah bisa2nya tetiba jualan "ginian". mungkin sekedar mengimbangi Toyota yg praktis sendirian jual mobil "masa depan" di Indo.

seandainya di set 400 juta mungkin akan lumayan, karena pas masuk antara Seltos/HRV dan Corolla Cross.
yg hebat sekali lagi Astra, seperti tahu saja Kicks akan masuk dengan harga 450 jutaan juga, disetlah Corolla Cross harga mirip disitu dengan mesin N/A dan nambah ke 500 jt dapet hybrid, konsumen tentu pilih Corolla Cross dengan lebih besar dikit + logo toyota, fitur kalah? percayalah paling segelintir doang yg peduli.

technical wise, bener kata si carmudi, ini mobil seperti obat untuk range anxiety di EV. cocok banget buat negara2 yg belum maju ( konsumen belum mikirin emisi atau pajak emisi belum jalan/ada) tapi mau irit banget dan enak dipake, nih solusinya mobil listrik terintegrasi genset. lebih sederhana dari hybrid manapun, lebih memudahkan dari EV manapun, dan tentunya juga irit banget.

again n again, seandainya NMI berbenah duluan. btw, baru ngeh, line-up Nissan ga ada lagi yg dibawah 200 juta (walau ada March tapi konon cuma sisa stok doang). Uniknya lagi, kelas 400-500 juta malah saling silang dengan sodara sendiri: kicks, serena, xtrail, navara dan terra. sungguh merek "mevvah", lama2 bener2 jadi kaya Mazda, ga jual mobil "umum".
Tahun 2019 kemaren toyota prius yg paling laris di jepang setelah itu baru nissan note, turun dari yg paling laris di 2018di jepang. Utk semester awal 2020 yg paling laris di jepang malah toyota raize diikuti toyota corolla. Exclude kei car sales.
https://www.best-selling-cars.com/japan ... ar-models/
https://www.best-selling-cars.com/japan ... -minicars/
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by KielConstantine »

Karena banyak yg ngeri denger kalimat "ganti batre hybrid Rp 50 juta setiap 5 tahun sekali"

Tau sendiri kan org indo, liat angka tagihan "gede" buat merawat suatu kendaraan langsung pada jiper duluan. Walaupun sanggup nebus mobil tsb diangka 500jt +++

Sekelas Toyota aja yang image mobilnya reliable, tetep mikir 2x kan kalo mau pelihara CH-R hybrid/camry hybdrid/corolla crot.. Ujung2nya kijang lagi / fortuner / camry bensin / alphard wkwkwkwk

Mungkin thn 2025 keatas baru mulai populer mobil hybrid/listrik/you name it. Yg penting biaya rawatnya murah :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Thu Sep 03, 2020 21:04 Karena banyak yg ngeri denger kalimat "ganti batre hybrid Rp 50 juta setiap 5 tahun sekali"

Tau sendiri kan org indo, liat angka tagihan "gede" buat merawat suatu kendaraan langsung pada jiper duluan. Walaupun sanggup nebus mobil tsb diangka 500jt +++

Sekelas Toyota aja yang image mobilnya reliable, tetep mikir 2x kan kalo mau pelihara CH-R hybrid/camry hybdrid/corolla crot.. Ujung2nya kijang lagi / fortuner / camry bensin / alphard wkwkwkwk

Mungkin thn 2025 keatas baru mulai populer mobil hybrid/listrik/you name it. Yg penting biaya rawatnya murah :big_grin:
krn kalo orang indonesia liat nya secara keekonomian :big_grin:

50 juta tiap 5 taun ganti batre yah ngiritnya selama 5 taun jd ilang... makanya buruburu dijual aja sblm 5 taon :ngacir:

katakan kicks harganya 449juta... HRV cenggo 350 juta. selisih 100 juta nya aja dengan akal sehat kliatan mending nombokin bensinnya HR-V selama 5 taon... :ngacir: ttp lebih ekonomis miara HRV.

kyk si shirrr repairing plisurrr, yang beli baru dpt enaknya, yg beli seken dpt ampasnya : benerin elektrikal, benerin head gasket leaking, benerin sensor sensor yang mulai bejat...

buat orang indonesia : tetap kijang di hati :big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
juraganresto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 12, 2018 5:39
Location: tasikmalaya
Daily Vehicle: fortuner

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by juraganresto »

kalau wuling mini EV bisa dijual disini dapet insentif bebas pajak jari harga naik krn biaya shipping aja dijual 70-80jt
yakin bakal booming
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Herman7103 »

juraganresto wrote:kalau wuling mini EV bisa dijual disini dapet insentif bebas pajak jari harga naik krn biaya shipping aja dijual 70-80jt
yakin bakal booming
Kalau.wuling sampai berani jual mobil
EV dibawah 100 jt mah gue langsung
beli 1 juga berani asal.ada warranty.
:glodak:
HR15DE 2014
golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by golftsijkt »

rakyatwkwkland wrote: Thu Sep 03, 2020 15:16 Kalo feeling-feeling ane kenapa jika dibandingkan dengan mobil listrik murni macam tesla atau batumakam daun ini batumakam tendangan harganya bisa 'murah' (hanya 450 juta saja) karena menurut ane penyebabnya adalah baterainya. Kicks e-power pakai baterai yg kapasitasnya kira-kira hampir seukuran dgn mobil hybrid pada umumnya, sedangkan pure EV harus pakai baterai besar yg denger-dengernya bahkan harga baterainya sangat mahal bisa hampir separoh cost produksi mobilnya. Makanya nih mobil menurut ane bisa jadi solusi buat orang yg pengen ngerasain sensasi EV dgn price tag murah. Hrsnya ganti baterainya pun biayanya tidak sehoror baterai pure EV pada umumnya, bisa aja setara biaya ganti baterai mubil hybrid kebanyakan macam kemri hibrida dll yg cuma 50 jt, yg mana at least masih lbh reasonable lah biayanya. Kalau bicara sisi ekonomis, nah ini mungkin tetep gak bisa sampai ngirit banyak spt yang dibayangkan orang krn disamping konsumsi bbm yg irit jg ada biaya ganti baterainya. Tp ane sih pernah iseng ngitung perbandingan pengeluaran biaya antara camry bensin NA vs camry hybrid jg CHR bensin NA vs CHR hybrid, asumsi setahun jalan minimal 20k km, bbm pertalite, ganti baterai tiap 5 thn sekitar 50 jt, hasilnya ternyata masih tetep lebih ekonomis CHR hybrid. Dgn catatan mubil tidak jadi garage queen, minimal jalan 20k km setahun atau lbh. Dgn melihat kicks ini berdasarkan review beberapa media thailand konsumsi bbm mirip2 lah sama konsumsi bbm CHR hibrid, harusnya ini mubil jg cukup ekonomis running costnya.

Berikutnya tinggal kita liat aja seberapa durable nih mesin listriknya. Kalo mesin bengsin HR12 nya mah gausah pusing kali yah, kasi premios aja ud bisa jalan kali. Tp kalo ternyata mesin listriknya sama ampasnya sama kualitas kaki2 mubil2 batumakam (rewelan mksdnya), huehuehue siap2 ownernya nerima tagihan bengkel juta2an yg bikin kantong kering.

Sekian pendapat pribadi nubie, mon maap kalau ada yg salah tlg dikoreksi sahaja... :big_peace:
Ikut nimbrung yak. Motor listrik yang ada di LEAF yang sudah terjual 500 ribu unit sepertinya bisa jadi guidance perihal reliability. Safety battery juga zero incident seperti uji tabrak, banjir dll.
golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by golftsijkt »

ginting wrote: Thu Sep 03, 2020 15:00
Shonen wrote: Thu Sep 03, 2020 13:19 Pengen tau pendapat kawan2 sekalian mengenai mobil hybrid sebelom mobil listrik yang katanya bakal jadi mobil masa depan
Ane heran tumben ga ada yang bahas nissan kicks yang baru padahal revolusioner lho utk mobil listrik bisa murah walopun ttp pake mesin konvensional tapi sebagai generator aja...ga perlu cas2an di rumah jg yang ribet

https://otomotif.kompas.com/read/2020/0 ... -indonesia

dimana akan head to head dengan corolla cross terbaru yang harganya mepet 500 jt

alternatif orang yang pengen mobil irit tapi ga mau bayar mahal2 seperti tesla model 3...tapi dengan keribetan skema pajak dkk di tanah air ini soalnya itungan mesinnya 2...

Silahkan ditunggu pendapatnya
Saya tadi malam sudah nonton review di Carmudi secara full.
Secara arsitektur hybrid ini paling cocok di Indo buat yang tempat cas casan hybrid sangat langka.

Bagi saya sih :

Pro's :
Fitur
Irit
Gak takut habis baterai kalau mudik / roadtrip

Cons:
- Size versus harga masih kemahalan.
Size wise ini kan bersaing lawan city car, yg rentang harga say 280-300 juta.
lalu kalaupun ada unsur listriknya maka harusnya main di harga 350-360 jt
kecuali kalau dia main harga 450 jt untuk SUV atau MPV atau mid Sedan, barulah terasa "murahnya".

- Brand
orang mungkin masih agak ragu ragu ASS brand ini ke depan.
Beda sama Corolla Cross hybrid atau Corolla hybrid yang nama besar Toyota lebih menjual.

Mari kita lihat 3 bulan pertama ini apakah bisa mendulang sukses...biasanya kalau udah ada customer pertama yang nyebur yang lain makin berani..lama lama orang makin ngelihat ternyata fine fine saja.beli aahhh...
Bukannya Kicks masuk kategory SUV dan bukan city car, MPV atau mid-size sedan? Sebaiknya apple to apple yak kalau mau komparasi.

Harga jual akan berhubungan erat dengan nilai tukar uang.
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Jagonyaaki »

Jd kepikiran kl batre d kicks ini bermasalah, apa masih bs jalan mblnya? Kl sistem hybrid yg lain kan begitu batre bermasalah otomatis pindah k mesin konven..

Ngeri2 sedap jg kl lg jalan jauh tiba2 matot...
golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by golftsijkt »

Tats wrote: Thu Sep 03, 2020 16:03 Best car under 500mio for me:

1. nissan kick e-power
Teknologi revolusioner, masuk akal harganya, built quality dan kenyamanan dipuji2 oleh jurnalis luar negri. Sangat menggiurkan untuk orang2 yang ingin mencicipi mobil listrik tanpa takut kehabisan baterai. Fitur2 yang diberikan juga sudah sangat amat cukup utk pasar indonesia.

2. kia seltos
Most value for money, fitur banyak, mesin enak, sayang masih byk yg belum yakin dgn durabilitas dct nya termasuk sy. Tapi kalau dct terbukti reliable, bukan ga mungkin si seltos ini menjadi the best car under 500 mio. Ayo indomobil tambah dealer lagi hehe

3. innova 2.4 v
Ya sy masukkan karena mobil ini memang merupakan kendaraan yang esensial buat rakyat sini. Bantingan empuk, irit, dan ga rusak2 hehehe. Ga perlulah venturer2an hehe

Tinggal tunggu xpander hybrid tahun 2021-2022 semoga akan mengadopsi tech e-power atau bahkan bisa jd phev juga. Mungkin kalau harga masih di sekitar 300an maka akan mendepak posisi innova di mata sy.

Full ev belum saatnya lah, at least sampai 5 tahun ke depan
80% pengguna kendaraan ICE menempuh 50 km per hari. Senin-Jumat (hari kerja) total jarak tempuh 300 kilo. BEV kapasitas baterai 80-90% sanggup jalan 300-350 kilo. Di rumah bisa charge, 6-8 jam dari 10% sampai 80%. Range anxiety bisa terjawab. Untuk Jaksel, sudah ada beberapa titik SPKLU. Aman. Di Bandung juga sudah ada beberapa titik.
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Tats »

golftsijkt wrote: Fri Sep 04, 2020 7:16 80% pengguna kendaraan ICE menempuh 50 km per hari. Senin-Jumat (hari kerja) total jarak tempuh 300 kilo. BEV kapasitas baterai 80-90% sanggup jalan 300-350 kilo. Di rumah bisa charge, 6-8 jam dari 10% sampai 80%. Range anxiety bisa terjawab. Untuk Jaksel, sudah ada beberapa titik SPKLU. Aman. Di Bandung juga sudah ada beberapa titik.
Masih banyak pertimbangan lain om
Selain range anxiety, mayoritas rumah tangga di indo rata2 masih di 2200-5500 watt
Sedangkan mobil listrik mayoritas butuh 7500 watt saat dicharge
Lalu suhu negara tropis dan kemacetan juga mengurangi range mobil listrik
Regulasi pajak baru berlaku di oktober 2021
SPKLU pun hitungannya masih sangat terbatas om
Ya itu lah pemikiran sy knp at least 5 thn lagi full ev bisa dipakai dgn nyaman di jakarta (kota lain blm tentu)
Tunggu sj 5 thn lagi om pemerintah serius atau tdk dgn masalah ini
golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by golftsijkt »

Tats wrote: Fri Sep 04, 2020 8:41
golftsijkt wrote: Fri Sep 04, 2020 7:16 80% pengguna kendaraan ICE menempuh 50 km per hari. Senin-Jumat (hari kerja) total jarak tempuh 300 kilo. BEV kapasitas baterai 80-90% sanggup jalan 300-350 kilo. Di rumah bisa charge, 6-8 jam dari 10% sampai 80%. Range anxiety bisa terjawab. Untuk Jaksel, sudah ada beberapa titik SPKLU. Aman. Di Bandung juga sudah ada beberapa titik.
Masih banyak pertimbangan lain om
Selain range anxiety, mayoritas rumah tangga di indo rata2 masih di 2200-5500 watt
Sedangkan mobil listrik mayoritas butuh 7500 watt saat dicharge
Lalu suhu negara tropis dan kemacetan juga mengurangi range mobil listrik
Regulasi pajak baru berlaku di oktober 2021
SPKLU pun hitungannya masih sangat terbatas om
Ya itu lah pemikiran sy knp at least 5 thn lagi full ev bisa dipakai dgn nyaman di jakarta (kota lain blm tentu)
Tunggu sj 5 thn lagi om pemerintah serius atau tdk dgn masalah ini
Ada program tambah daya dan diskon pemakaian untuk charging BEV dari PLN.
Insentif fiskal sudah jalan. Barang mewah sudah 0%. BBN DKI sudah diskon jadi hanya 12.5%, PKB hanya 2% untuk DKI. Jadi tinggal nunggu insentif pembelian agar bisa lebih 'menggoda'. Non-fiscal sudah juga, bebas gage.
SPKLU PLN Jakarta (Gambir dan Truno) dan swasta (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali) sudah operasi.
Cepat pergerakannya. Hanya akan lebih cepat kalau ada insentif pembelian langsung ke pembeli dari pemerintah. Per 100 km untuk BEV biaya konsumsi listrik sebesar 25 ribu s/d 46 ribu (tergantung merek dan model). 250 perak s/d 460 perak per km cukup menggoda kan? '
Untuk tahun ini dan tahun depan sudah mulai banyak animo dari para modifikator untuk convert mesin ICE ke listrik. Di California sudah banyak modifikator karena memang permintaan ada plus desakan dari pemerintah setempat untuk zero emission.
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Shonen »

waw ternyata rame juga tanggepan kawan2 disini...memang pengen si nyobain piara hybrid rencana taon ini cuman tinggal rencana karena ada covid lebih baik save money dulu...tapi ternyata pilihan makin banyak yang menggoda...
uda ntn bbrp channel review katanya kalo ganti batre nissan kicks sekitaran 75 jutaan...wkwkkwk tapi buat 5 taon ya anggep setaon 15 jt masi reasonable sih berbanding bensin yang dihemat... di satu sisi brand T makin perkasa dengan jajaran hybridnya sayang org sini uda parno duluan sama ganti batre yang terbilang mahal...pdhl bener kata mod chz yang piara eropa bekas juga horor ganti ini itu yah mungkin disini memang brand image sama lux image memang lebih penting drpd teknologi...selain itu juga resale value dari mobil2 hybrid dan semi listrik sama listrik beneran jg meragukan (bukannya g mendiskreditkan pendapat kaum anti resale value persetan nikmatin mobilnya) sorry to say duid saya dan mayoritas penduduk sm terbatas yang bilang resale value ga penting mungkin ente duidnya uda ga beseri...terakhir g seneng banget mulai banyak pabrikan yang nawarin teknologi mesin dibanding ganti bodi/tampang tapi pake mesin lawas, g pribadi kepengen kalo ganti mobil ya mesin ganti juga kalo bisa yang jauh lompatnya...karena g pribadi ga suka gonta ganti mobil..likewise ternyata banyak juga yang demen sama yang nunggu mobil listrik jadi affordable karena kalo harus ngeluarin 1.5m utk rasain sensasi mobil listrik rasanya hanya sedikit orang yang mau nyobain sensasinya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by kunaskun »

sealplayerz wrote: Thu Sep 03, 2020 19:17 Tahun 2019 kemaren toyota prius yg paling laris di jepang setelah itu baru nissan note, turun dari yg paling laris di 2018di jepang. Utk semester awal 2020 yg paling laris di jepang malah toyota raize diikuti toyota corolla. Exclude kei car sales.
https://www.best-selling-cars.com/japan ... ar-models/
https://www.best-selling-cars.com/japan ... -minicars/
wow baru ngeh, kirain 2019 masih ya. :big_okay:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by kunaskun »

KielConstantine wrote: Thu Sep 03, 2020 21:04 Karena banyak yg ngeri denger kalimat "ganti batre hybrid Rp 50 juta setiap 5 tahun sekali"

Tau sendiri kan org indo, liat angka tagihan "gede" buat merawat suatu kendaraan langsung pada jiper duluan. Walaupun sanggup nebus mobil tsb diangka 500jt +++

Sekelas Toyota aja yang image mobilnya reliable, tetep mikir 2x kan kalo mau pelihara CH-R hybrid/camry hybdrid/corolla crot.. Ujung2nya kijang lagi / fortuner / camry bensin / alphard wkwkwkwk

Mungkin thn 2025 keatas baru mulai populer mobil hybrid/listrik/you name it. Yg penting biaya rawatnya murah :big_grin:
bukan ga mau bayar tagihan "gede", tapi maunya murah :mky_03: makanya pedege juga mekanik asem reges pinter disediakan part kw jadi murah d apalagi kalau itu daitoyo, mobil belum ada part kw sudah mesti ada, lebih bagus lagi lexus sekalian juga ada kw (dan pasti ada karena pasti ada cross part dengan toyota). makanya merek lain itu pasti akan selalu disebut rawatnya mahal :big_biglaugh: issue lingkungan bodo amat, emisi bodo amat. yg penting irit bisa minum premium dan solar. mobil EV? apaan tu bikin repot. hybrid? apalagi.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

Shonen wrote: Fri Sep 04, 2020 11:02 waw ternyata rame juga tanggepan kawan2 disini...memang pengen si nyobain piara hybrid rencana taon ini cuman tinggal rencana karena ada covid lebih baik save money dulu...tapi ternyata pilihan makin banyak yang menggoda...
uda ntn bbrp channel review katanya kalo ganti batre nissan kicks sekitaran 75 jutaan...wkwkkwk tapi buat 5 taon ya anggep setaon 15 jt masi reasonable sih berbanding bensin yang dihemat... di satu sisi brand T makin perkasa dengan jajaran hybridnya sayang org sini uda parno duluan sama ganti batre yang terbilang mahal...pdhl bener kata mod chz yang piara eropa bekas juga horor ganti ini itu yah mungkin disini memang brand image sama lux image memang lebih penting drpd teknologi...selain itu juga resale value dari mobil2 hybrid dan semi listrik sama listrik beneran jg meragukan (bukannya g mendiskreditkan pendapat kaum anti resale value persetan nikmatin mobilnya) sorry to say duid saya dan mayoritas penduduk sm terbatas yang bilang resale value ga penting mungkin ente duidnya uda ga beseri...terakhir g seneng banget mulai banyak pabrikan yang nawarin teknologi mesin dibanding ganti bodi/tampang tapi pake mesin lawas, g pribadi kepengen kalo ganti mobil ya mesin ganti juga kalo bisa yang jauh lompatnya...karena g pribadi ga suka gonta ganti mobil..likewise ternyata banyak juga yang demen sama yang nunggu mobil listrik jadi affordable karena kalo harus ngeluarin 1.5m utk rasain sensasi mobil listrik rasanya hanya sedikit orang yang mau nyobain sensasinya
pokoknya selama :

- tidak lebih ekonomis dari sebuah kijang (tidak bisa minum solar 5150 dan dipake sampe dunia kiamat)
- tidak lebih murah dari sebuah kijang
- tidak tujuh seater seperti sebuah kijang

ya jangan harap orang akan beralih ke EV... :mky_03:

percuma, EV 400 juta sekelas mobil harga 250-300 juta, secara ekonomi aja keliatan lebih mending piara yang mobil bensin 250-300 juta.

knp harus beli sebuah mobil lestrek kalo bisa dapet mobil dengan fungsi sama 100 juta lebih murah... cars are just appliances to some. teknologi canggih percuma kalau mahal...

mobil teknologi alternatif klo mau laku harus ada intervensi government... dr policy soal energi hingga tax incentives.

mslhnya mau policy soal energi yang bener gimana klo bisnis batu bara masih kenceng... pake mobil lestrek tapi lestreknya dari batu bara yaaaa.....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7