Page 1 of 1

Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Fri Sep 04, 2020 19:53
by vincewonk
2 bulan lalu yaris istri saya ada bunyi di kaki2. Tepatnya sbelah kiri.

Berhubung paling dekat auto2000 garuda, saya bawa kesitu dan klaim garansi saya dapat shock kiri baru.
Problem selesai dan bunyi nguk nguk dari kiri hilang. DC: spooring 250rb.
Tapi ternyata timbul bunyi lain dari sebelah kanan depan.

Bunyi seperti tek tek tek, ketika melewati polisi tidur dengan kondisi dua roda. Saya curiga dan saya bongkar roda kanan. saya lihat bushing stabilizernya berubah posisi. Kembalilah saya ke auto2000 garuda dan mereka memvonis bushing stabilizer yg bermasalah.
Karena karet katanya diluar garansi, okelah saya bersedia membayar bushing stabilizer plus ongkos pasang. Sekitaran hampir 410rb. Bushingnya 160rb dan ongkos pasang 250.

Setelah diganti, oh bunyinya masih ada. Kembalilah saya ke bengkel, dan mereka mencoba mengganjal karet ban di link joint stabilizer. Bunyinya berkurang. Mereka bilang ganti bushing joint link 80rb. Dan ongkos kerja 100rb.
Diagnosa benar dan bunyi hilang.

Sialnya 3 hari kemudian bunyi2 itu kembali lagi. Dan mereka mencoba reposisi bushing joint link stabilizer. Dan 3x setelah itu bunyi tetap ada.

Putus asa karena sudah 12x dalam 2 bulan ke auto2000. saya coba ke tunas toyota batutulis, saya dicharge 220rb untuk analisa kaki kaki2 dan mereka membantu saya untuk klaim garansi 4 item di stabilizer. Sepasang link joint assy dan sepasang bushing stabilizer. Dan saya agak kaget ternyata item ini bisa diklaim di tunas. Sudah sebulan berlalu dan bunyi2 itu tidak kembali lagi.

Yang menjadi pertanyaan saya, sebenarnya karet2 itu termasuk consumables atau tidak ya? Kenapa policy untuk garansinya berbeda? Cukup menarik untuk saya teliti.

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Fri Sep 04, 2020 23:38
by Lolol
Setau saya, kalo misalkan normal bushing stabilizer, link stabilizer itu umur nya lama, lebih lama dari shock.
Jadi kalo udah rusak di km <50rb ya harus nya bisa di klaim karena termasuk ga wajar, kalo shock aja bisa bushing harus nya bisa juga CMIIW

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Sat Sep 05, 2020 3:41
by pengendiesel
vincewonk wrote: Fri Sep 04, 2020 19:53 2 bulan lalu yaris istri saya ada bunyi di kaki2. Tepatnya sbelah kiri.

Berhubung paling dekat auto2000 garuda, saya bawa kesitu dan klaim garansi saya dapat shock kiri baru.
Problem selesai dan bunyi nguk nguk dari kiri hilang. DC: spooring 250rb.
Tapi ternyata timbul bunyi lain dari sebelah kanan depan.

Bunyi seperti tek tek tek, ketika melewati polisi tidur dengan kondisi dua roda. Saya curiga dan saya bongkar roda kanan. saya lihat bushing stabilizernya berubah posisi. Kembalilah saya ke auto2000 garuda dan mereka memvonis bushing stabilizer yg bermasalah.
Karena karet katanya diluar garansi, okelah saya bersedia membayar bushing stabilizer plus ongkos pasang. Sekitaran hampir 410rb. Bushingnya 160rb dan ongkos pasang 250.

Setelah diganti, oh bunyinya masih ada. Kembalilah saya ke bengkel, dan mereka mencoba mengganjal karet ban di link joint stabilizer. Bunyinya berkurang. Mereka bilang ganti bushing joint link 80rb. Dan ongkos kerja 100rb.
Diagnosa benar dan bunyi hilang.

Sialnya 3 hari kemudian bunyi2 itu kembali lagi. Dan mereka mencoba reposisi bushing joint link stabilizer. Dan 3x setelah itu bunyi tetap ada.

Putus asa karena sudah 12x dalam 2 bulan ke auto2000. saya coba ke tunas toyota batutulis, saya dicharge 220rb untuk analisa kaki kaki2 dan mereka membantu saya untuk klaim garansi 4 item di stabilizer. Sepasang link joint assy dan sepasang bushing stabilizer. Dan saya agak kaget ternyata item ini bisa diklaim di tunas. Sudah sebulan berlalu dan bunyi2 itu tidak kembali lagi.

Yang menjadi pertanyaan saya, sebenarnya karet2 itu termasuk consumables atau tidak ya? Kenapa policy untuk garansinya berbeda? Cukup menarik untuk saya teliti.
Di bengkel pertama sudah gebrak2 meja om?
Pengalaman klaim setir sienta yang ngelupas, kalo kitanya kalem, langsung ditolak mentah2. Treble dinaikkan dikit, mereka mulai pikir2.
Treble naik agak banyak : baik pak, kita bantu ajukan klaimnya. 1 minggu kemudian dikabari kalau klaim approved.
Kayaknya sop klaim hal abu2 gak bisa pake cara normal

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Sat Sep 05, 2020 14:30
by Pboyz97
vincewonk wrote: Fri Sep 04, 2020 19:53 2 bulan lalu yaris istri saya ada bunyi di kaki2. Tepatnya sbelah kiri.

Berhubung paling dekat auto2000 garuda, saya bawa kesitu dan klaim garansi saya dapat shock kiri baru.
Problem selesai dan bunyi nguk nguk dari kiri hilang. DC: spooring 250rb.
Tapi ternyata timbul bunyi lain dari sebelah kanan depan.

Bunyi seperti tek tek tek, ketika melewati polisi tidur dengan kondisi dua roda. Saya curiga dan saya bongkar roda kanan. saya lihat bushing stabilizernya berubah posisi. Kembalilah saya ke auto2000 garuda dan mereka memvonis bushing stabilizer yg bermasalah.
Karena karet katanya diluar garansi, okelah saya bersedia membayar bushing stabilizer plus ongkos pasang. Sekitaran hampir 410rb. Bushingnya 160rb dan ongkos pasang 250.

Setelah diganti, oh bunyinya masih ada. Kembalilah saya ke bengkel, dan mereka mencoba mengganjal karet ban di link joint stabilizer. Bunyinya berkurang. Mereka bilang ganti bushing joint link 80rb. Dan ongkos kerja 100rb.
Diagnosa benar dan bunyi hilang.

Sialnya 3 hari kemudian bunyi2 itu kembali lagi. Dan mereka mencoba reposisi bushing joint link stabilizer. Dan 3x setelah itu bunyi tetap ada.

Putus asa karena sudah 12x dalam 2 bulan ke auto2000. saya coba ke tunas toyota batutulis, saya dicharge 220rb untuk analisa kaki kaki2 dan mereka membantu saya untuk klaim garansi 4 item di stabilizer. Sepasang link joint assy dan sepasang bushing stabilizer. Dan saya agak kaget ternyata item ini bisa diklaim di tunas. Sudah sebulan berlalu dan bunyi2 itu tidak kembali lagi.

Yang menjadi pertanyaan saya, sebenarnya karet2 itu termasuk consumables atau tidak ya? Kenapa policy untuk garansinya berbeda? Cukup menarik untuk saya teliti.
Waduh,sebagai sesama user yaris joker, saya turut prihatin om buat yarisnya. Semoga gak kambuh lagi penyakitnya dan bisa dipakai kembali seperti sedia kala. Untungnya yaris joker TRD 2019 saya masih aman2 aja sampe sekarang, odo udah 10rb so far so good, blm ada masalah sama sekali, cuma ganti oli dan servis rutin doang

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Tue Oct 27, 2020 23:33
by HaykelAdityawarman
pengendiesel wrote: Sat Sep 05, 2020 3:41 Di bengkel pertama sudah gebrak2 meja om?
Pengalaman klaim setir sienta yang ngelupas, kalo kitanya kalem, langsung ditolak mentah2. Treble dinaikkan dikit, mereka mulai pikir2.
Treble naik agak banyak : baik pak, kita bantu ajukan klaimnya. 1 minggu kemudian dikabari kalau klaim approved.
Kayaknya sop klaim hal abu2 gak bisa pake cara normal
Ane baru urusan spk sama a2k, emang keliatannya kita mesti meradang dulu baru dilayani maksimal. Klo urusan service mobil mesti kaya gini juga sih repot, mending ke bengkel spesialis sekalian. Harga jasa bisa lebih murah, penanganan lebih akurat (namanya juga spesialis, ketemu casenya itu2 doang lama2 jadi ngelotok juga skill mekaniknya) dan urusan claim garansi lebih ga ribet....

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Wed Oct 28, 2020 2:13
by FU27
Belum pernah ngurusin mobil pribadi sih klo Toyota. Biasa ngutusin mobil inventaris aja. Kebetulan kantor lama kerjasama dengan Plaza Toyota, overall sih gak pernah rese sih. Klo ke auto2000 ngurus mobil inventaris juga yang rentalan, gak rese juga. Apa karena non pribadi ya.

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Fri Nov 06, 2020 6:17
by andyez86
yaaaa ini sih....ga seberapa om....jaringan bengkel resmi yang di jawa tengah sama DIY lebih2 lagi klo soal claim....hahhhaha yg pernah claim dan sulit uda pasti ngrasa koq.....gmna susahnya ktmu bengkel ini

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Sat Nov 07, 2020 6:18
by epevert
vincewonk wrote:2 bulan lalu yaris istri saya ada bunyi di kaki2. Tepatnya sbelah kiri.

Berhubung paling dekat auto2000 garuda, saya bawa kesitu dan klaim garansi saya dapat shock kiri baru.
Problem selesai dan bunyi nguk nguk dari kiri hilang. DC: spooring 250rb.
Tapi ternyata timbul bunyi lain dari sebelah kanan depan.

Bunyi seperti tek tek tek, ketika melewati polisi tidur dengan kondisi dua roda. Saya curiga dan saya bongkar roda kanan. saya lihat bushing stabilizernya berubah posisi. Kembalilah saya ke auto2000 garuda dan mereka memvonis bushing stabilizer yg bermasalah.
Karena karet katanya diluar garansi, okelah saya bersedia membayar bushing stabilizer plus ongkos pasang. Sekitaran hampir 410rb. Bushingnya 160rb dan ongkos pasang 250.

Setelah diganti, oh bunyinya masih ada. Kembalilah saya ke bengkel, dan mereka mencoba mengganjal karet ban di link joint stabilizer. Bunyinya berkurang. Mereka bilang ganti bushing joint link 80rb. Dan ongkos kerja 100rb.
Diagnosa benar dan bunyi hilang.

Sialnya 3 hari kemudian bunyi2 itu kembali lagi. Dan mereka mencoba reposisi bushing joint link stabilizer. Dan 3x setelah itu bunyi tetap ada.

Putus asa karena sudah 12x dalam 2 bulan ke auto2000. saya coba ke tunas toyota batutulis, saya dicharge 220rb untuk analisa kaki kaki2 dan mereka membantu saya untuk klaim garansi 4 item di stabilizer. Sepasang link joint assy dan sepasang bushing stabilizer. Dan saya agak kaget ternyata item ini bisa diklaim di tunas. Sudah sebulan berlalu dan bunyi2 itu tidak kembali lagi.

Yang menjadi pertanyaan saya, sebenarnya karet2 itu termasuk consumables atau tidak ya? Kenapa policy untuk garansinya berbeda? Cukup menarik untuk saya teliti.
Si om baik banget...harusnya msh garansi om..dan free jasa itu....kecuali seperti kampas rem...itu ngga....

Kadang bengkel resmi memang cari celah om....pengalaman pernah di bengkel resmi H...indikator cek engine nyala...disuruh nayar 300rb utk cek aja...kerasin suara dikit pas ngobrol...langsung free.....

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Sat Nov 07, 2020 7:59
by DOHC
Kl saya sehh, yg namanya mobil baru dan garansi 3 taon itu, mencakup hal2 d luar : ban, kampas rem, oli2, belt, bohlam2, aki dan karet wiper...

Sisany kl ad yg rusak, bahkan shock breaker atau karet lis pun bakal saya cecer, kl perlu tebalikin tuh meja SA nya

Tp sejauh ini sehh, kl di a2000 cuman perlu naekin suara 1 oktaf jg mreka jiper lgs iya iya pak, kami ajukan claim nya...

nahh yg ampe perlu gebrak meja itu di honda (1x) dan batu makam (lebi dari 5x)

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Sun Nov 08, 2020 12:28
by vincewonk
DOHC wrote: Sat Nov 07, 2020 7:59 Kl saya sehh, yg namanya mobil baru dan garansi 3 taon itu, mencakup hal2 d luar : ban, kampas rem, oli2, belt, bohlam2, aki dan karet wiper...

Sisany kl ad yg rusak, bahkan shock breaker atau karet lis pun bakal saya cecer, kl perlu tebalikin tuh meja SA nya

Tp sejauh ini sehh, kl di a2000 cuman perlu naekin suara 1 oktaf jg mreka jiper lgs iya iya pak, kami ajukan claim nya...

nahh yg ampe perlu gebrak meja itu di honda (1x) dan batu makam (lebi dari 5x)
Jujur ini klaim pertama kali saya di auto2000. Sebelumnya terakhir klaim itu di gaya motor alias tam. Entah bbrp tahun lalu. Sangat mudah dan bersahabat. Jaman tam masih di sudirman jg enak.

Iya om mungkin harus berubah caranya hehehe. Tp gpp pelajaran berharga om dan saya tau bengkel mana yg bisa saya pegang.

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Sun Nov 08, 2020 12:29
by vincewonk
epevert wrote: Sat Nov 07, 2020 6:18
vincewonk wrote:2 bulan lalu yaris istri saya ada bunyi di kaki2. Tepatnya sbelah kiri.

Berhubung paling dekat auto2000 garuda, saya bawa kesitu dan klaim garansi saya dapat shock kiri baru.
Problem selesai dan bunyi nguk nguk dari kiri hilang. DC: spooring 250rb.
Tapi ternyata timbul bunyi lain dari sebelah kanan depan.

Bunyi seperti tek tek tek, ketika melewati polisi tidur dengan kondisi dua roda. Saya curiga dan saya bongkar roda kanan. saya lihat bushing stabilizernya berubah posisi. Kembalilah saya ke auto2000 garuda dan mereka memvonis bushing stabilizer yg bermasalah.
Karena karet katanya diluar garansi, okelah saya bersedia membayar bushing stabilizer plus ongkos pasang. Sekitaran hampir 410rb. Bushingnya 160rb dan ongkos pasang 250.

Setelah diganti, oh bunyinya masih ada. Kembalilah saya ke bengkel, dan mereka mencoba mengganjal karet ban di link joint stabilizer. Bunyinya berkurang. Mereka bilang ganti bushing joint link 80rb. Dan ongkos kerja 100rb.
Diagnosa benar dan bunyi hilang.

Sialnya 3 hari kemudian bunyi2 itu kembali lagi. Dan mereka mencoba reposisi bushing joint link stabilizer. Dan 3x setelah itu bunyi tetap ada.

Putus asa karena sudah 12x dalam 2 bulan ke auto2000. saya coba ke tunas toyota batutulis, saya dicharge 220rb untuk analisa kaki kaki2 dan mereka membantu saya untuk klaim garansi 4 item di stabilizer. Sepasang link joint assy dan sepasang bushing stabilizer. Dan saya agak kaget ternyata item ini bisa diklaim di tunas. Sudah sebulan berlalu dan bunyi2 itu tidak kembali lagi.

Yang menjadi pertanyaan saya, sebenarnya karet2 itu termasuk consumables atau tidak ya? Kenapa policy untuk garansinya berbeda? Cukup menarik untuk saya teliti.
Si om baik banget...harusnya msh garansi om..dan free jasa itu....kecuali seperti kampas rem...itu ngga....

Kadang bengkel resmi memang cari celah om....pengalaman pernah di bengkel resmi H...indikator cek engine nyala...disuruh nayar 300rb utk cek aja...kerasin suara dikit pas ngobrol...langsung free.....
Sharing berharga lagi nih. Banyak pelajaran dari senior2 disini. Terima kasih banyak om2 sekalian

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Mon Nov 09, 2020 2:16
by jessboy
pengendiesel wrote: Sat Sep 05, 2020 3:41
vincewonk wrote: Fri Sep 04, 2020 19:53 2 bulan lalu yaris istri saya ada bunyi di kaki2. Tepatnya sbelah kiri.

Berhubung paling dekat auto2000 garuda, saya bawa kesitu dan klaim garansi saya dapat shock kiri baru.
Problem selesai dan bunyi nguk nguk dari kiri hilang. DC: spooring 250rb.
Tapi ternyata timbul bunyi lain dari sebelah kanan depan.

Bunyi seperti tek tek tek, ketika melewati polisi tidur dengan kondisi dua roda. Saya curiga dan saya bongkar roda kanan. saya lihat bushing stabilizernya berubah posisi. Kembalilah saya ke auto2000 garuda dan mereka memvonis bushing stabilizer yg bermasalah.
Karena karet katanya diluar garansi, okelah saya bersedia membayar bushing stabilizer plus ongkos pasang. Sekitaran hampir 410rb. Bushingnya 160rb dan ongkos pasang 250.

Setelah diganti, oh bunyinya masih ada. Kembalilah saya ke bengkel, dan mereka mencoba mengganjal karet ban di link joint stabilizer. Bunyinya berkurang. Mereka bilang ganti bushing joint link 80rb. Dan ongkos kerja 100rb.
Diagnosa benar dan bunyi hilang.

Sialnya 3 hari kemudian bunyi2 itu kembali lagi. Dan mereka mencoba reposisi bushing joint link stabilizer. Dan 3x setelah itu bunyi tetap ada.

Putus asa karena sudah 12x dalam 2 bulan ke auto2000. saya coba ke tunas toyota batutulis, saya dicharge 220rb untuk analisa kaki kaki2 dan mereka membantu saya untuk klaim garansi 4 item di stabilizer. Sepasang link joint assy dan sepasang bushing stabilizer. Dan saya agak kaget ternyata item ini bisa diklaim di tunas. Sudah sebulan berlalu dan bunyi2 itu tidak kembali lagi.

Yang menjadi pertanyaan saya, sebenarnya karet2 itu termasuk consumables atau tidak ya? Kenapa policy untuk garansinya berbeda? Cukup menarik untuk saya teliti.
Di bengkel pertama sudah gebrak2 meja om?
Pengalaman klaim setir sienta yang ngelupas, kalo kitanya kalem, langsung ditolak mentah2. Treble dinaikkan dikit, mereka mulai pikir2.
Treble naik agak banyak : baik pak, kita bantu ajukan klaimnya. 1 minggu kemudian dikabari kalau klaim approved.
Kayaknya sop klaim hal abu2 gak bisa pake cara normal
kayaknya sih pihak bengkel yg gak bener deh, masa kalau mau klaim garansi harus marah2 dulu baru diacc.
apa dgn melayani klaim customer pihak bengkel gak dapet untung atau untungnya kecil jadi males melayani claim? :big_think:

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Sun Nov 29, 2020 22:32
by devin96
Dlu pernah punya pengalaman di 4uto2000 pas service berkala, katanya seal cover klep udh rembes. Lalu saat mau di ganti katanya bautnya keras ga bsa di buka, SA blg kalo di paksa siap2 turun mesin (wah kacau nih dlm pikiran saya), akhirnya ga jadi di kerjakan. Dan saat saya mau bayar tiba2 di invoice ada rincian sparepart seal cover klep dan barangnya di kasih ke saya untuk di bawa pulang. Jelas2 saya tolak wong ga di ganti juga dan akhirnya bisa di balikin.

Ga lama saya beli seal cover klep + seal busi di atrium senen, trs bawa ke bengkel umum. Langsung deh ke ganti tanpa ada masalah apapun. Heran saya kok bsa blg bautnya keras, jelas2 pas di bengkel umum montirnya ga ada komentar apa2 saat ganti seal cover klepnya. Cape dehh

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Mon Nov 30, 2020 4:09
by casabalancas
devin96 wrote: Sun Nov 29, 2020 22:32 Dlu pernah punya pengalaman di 4uto2000 pas service berkala, katanya seal cover klep udh rembes. Lalu saat mau di ganti katanya bautnya keras ga bsa di buka, SA blg kalo di paksa siap2 turun mesin (wah kacau nih dlm pikiran saya), akhirnya ga jadi di kerjakan. Dan saat saya mau bayar tiba2 di invoice ada rincian sparepart seal cover klep dan barangnya di kasih ke saya untuk di bawa pulang. Jelas2 saya tolak wong ga di ganti juga dan akhirnya bisa di balikin.

Ga lama saya beli seal cover klep + seal busi di atrium senen, trs bawa ke bengkel umum. Langsung deh ke ganti tanpa ada masalah apapun. Heran saya kok bsa blg bautnya keras, jelas2 pas di bengkel umum montirnya ga ada komentar apa2 saat ganti seal cover klepnya. Cape dehh
Karena di A2k montir seniornya mungkin kurang dari 5 orang Om, biasanya yang lainnya fresh graduate atau anak SMK magang :mky_01:

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Tue Dec 01, 2020 14:20
by devin96
casabalancas wrote: Mon Nov 30, 2020 4:09 Karena di A2k montir seniornya mungkin kurang dari 5 orang Om, biasanya yang lainnya fresh graduate atau anak SMK magang :mky_01:
Iya om bener kebanyakan ank magang atau ngga fresh graduate, kalo ga di awasin sm montir seniornya agak ngeri juga ya

Re: Sharing pengalaman aftersales toyota (auto2000, tunas)

Posted: Mon Dec 21, 2020 9:33
by Asfur
bener juga sih, kalo diperhatiin, bengkel resmi, SA nya itu hanya bagian terima komplen, abis itu cuman instruksi2in ke montir2 junior berdasarkan SPK, abis itu masuk lagi.
kalo ganti2 yg umum2 sih mgkn ngk mslh, tp gitu yg agak2 aneh masalahnya, kayaknya mending ke bengkel ahli rujukan aja deh.