Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by golftsijkt »

benzz89 wrote: Sun Sep 06, 2020 7:32
whitehorse4 wrote:Bisa satu pedal kayak bom bom car...
--
One Pedal operation merupakan teknologi pintar yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan akselerasi dan deselerasi dengan hanya menggunakan satu pedal, yakni pedal gas.

Pada lintasan kota yang macet seperti di Jakarta, teknologi satu pedal ini mampu mengurangi kebutuhan untuk berpindah dari satu pedal ke pedal lainnya. Atau saat melintasi turunan curam, One Pedal ini juga berfungsi untuk memperlambat laju mobil. Intinya, cukup dengan satu pedal saja untuk mengoperasikan mobil ini. Kira-kira gambaran mudahnya seperti mengoperasikan bom-bom car.

Pengoperasiannya juga sangat mudah, cukup tekan pedal gas maka mobil akan melaju. Sebaliknya, dengan melepas pedal gas maka mobil akan melambat alias mengerem (deselerasi).

https://www.google.com/amp/s/otomotif.t ... ks-e-power
Prakteknya sistem 1 pedal ini bisa bikin penumpang pada mabok om... pas tekan pedal gas akselerasi instan, jalan bentar lepas pedal gas langsung deselerasi instan juga, persis kaya bom bom car bikin kepala jadi pusing. Kalau sendirian mungkin gak terlalu masalah karena kita pegang setir, yang jadi penumpang itu bisa maju-mundur berkali2 badannya bisa muntah [emoji16]
Maksudnya, kepala pusing karena bom2 car atau sudah pernah coba e-pedal yg ada di Kicks e-Power?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by benzz89 »

golftsijkt wrote:
benzz89 wrote: Sun Sep 06, 2020 7:32
whitehorse4 wrote:Bisa satu pedal kayak bom bom car...
--
One Pedal operation merupakan teknologi pintar yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan akselerasi dan deselerasi dengan hanya menggunakan satu pedal, yakni pedal gas.

Pada lintasan kota yang macet seperti di Jakarta, teknologi satu pedal ini mampu mengurangi kebutuhan untuk berpindah dari satu pedal ke pedal lainnya. Atau saat melintasi turunan curam, One Pedal ini juga berfungsi untuk memperlambat laju mobil. Intinya, cukup dengan satu pedal saja untuk mengoperasikan mobil ini. Kira-kira gambaran mudahnya seperti mengoperasikan bom-bom car.

Pengoperasiannya juga sangat mudah, cukup tekan pedal gas maka mobil akan melaju. Sebaliknya, dengan melepas pedal gas maka mobil akan melambat alias mengerem (deselerasi).

https://www.google.com/amp/s/otomotif.t ... ks-e-power
Prakteknya sistem 1 pedal ini bisa bikin penumpang pada mabok om... pas tekan pedal gas akselerasi instan, jalan bentar lepas pedal gas langsung deselerasi instan juga, persis kaya bom bom car bikin kepala jadi pusing. Kalau sendirian mungkin gak terlalu masalah karena kita pegang setir, yang jadi penumpang itu bisa maju-mundur berkali2 badannya bisa muntah [emoji16]
Maksudnya, kepala pusing karena bom2 car atau sudah pernah coba e-pedal yg ada di Kicks e-Power?
Ane naik taxi di spore om yang sudah electric itu mabok, ntah dia pakai mode e-pedal atau tidak, yang pasti kalau sopirnya agak ugal yah om bayangin ajalah akselerasi instan dari mobil listrik kaya gimana terus langsung deselerasi instan juga... jadi penumpang yah bukan sopir, sopir mah enak2 aja karena dia "in-control" posisinya, tau kapan mau nge-gas, kapan nge-rem & tangan pegang setir...penumpang yah pasrah aja.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by kunaskun »

benzz89 wrote: Fri Sep 11, 2020 8:20 Maksudnya, kepala pusing karena bom2 car atau sudah pernah coba e-pedal yg ada di Kicks e-Power?
Ane naik taxi di spore om yang sudah electric itu mabok, ntah dia pakai mode e-pedal atau tidak, yang pasti kalau sopirnya agak ugal yah om bayangin ajalah akselerasi instan dari mobil listrik kaya gimana terus langsung deselerasi instan juga... jadi penumpang yah bukan sopir, sopir mah enak2 aja karena dia "in-control" posisinya, tau kapan mau nge-gas, kapan nge-rem & tangan pegang setir...penumpang yah pasrah aja.
[/quote]

jadi teringat cerita teman, driver taxi di singapore dan US itu mirip2, jack rabbit style. agak mirip dengan naik bus-nya. mungkin time is money, jadi bejek gas rem secepatnya :big_chicken:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by fl4b1e »

Btw karena mobil ini secara essential lebih mirip seperti mobil listrik, apakah berarti dibanding mobil hybrid, biaya perawatannya berarti lebih murah yaa..? Krn ga ada transmisi (hanya selector) berarti gak ada ganti oli matic paling ngga yaa... Dalam jangka panjang berarti jumlah komponen yg dimaintain relatif lebih sedikit dibanding mobil hybrid

Oli mesin.. ya kalau HR12 DE sih gak mesti oli encer juga..


Mmm.. kalau benar begitu mungkin lebih baik konsep epower dibanding hybrid ya..
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by KSG88 »

Mesin kicks cuman 1200cc, most of the time nyala di RPM rendah harusnya jarang perlu melakukan penggantian Oli dan oli yg dibutuhkan juga tidak banyak (mungkin cuman 3 liter). Ditambah gk ada gearbox dan gk ada oli matic. Sisanya mesin listrik sama batere kecil yg maintenance free. (Hingga batere nya uda drop pun tetep bisa dipake karena selalu tercharge mesin bensinnya, ibarat hape atau laptop)
Mungkin karena itu harganya bisa lebih murah, dan bisa ngasi fitur radar lengkap.

Kalo hybrid tetangga mesin 1800cc ada gearbox, dan ada CVT, uda wajib rawat mesin dan suatu waktu ganti batere. Yg pasti rutin ganti oli mesin, ganti oli matic, V belt, dll. Jadi kayak rawat 2 mesin dlm 1 mobil. Jadinya biaya pembuatan mahal makanya banyak fitur disunat. Ditambah lagi mesin 1,800cc dgn gearbox, minimal pakai oli diatas 4 liter dan harus yg encer. Kompresi tinggi 13:1 wajib Vpower/turbo.
erwin95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Feb 08, 2017 1:47

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by erwin95 »

KSG88 wrote: Sat Sep 12, 2020 10:01 Mesin kicks cuman 1200cc, most of the time nyala di RPM rendah harusnya jarang perlu melakukan penggantian Oli dan oli yg dibutuhkan juga tidak banyak (mungkin cuman 3 liter). Ditambah gk ada gearbox dan gk ada oli matic. Sisanya mesin listrik sama batere kecil yg maintenance free. (Hingga batere nya uda drop pun tetep bisa dipake karena selalu tercharge mesin bensinnya, ibarat hape atau laptop)
Mungkin karena itu harganya bisa lebih murah, dan bisa ngasi fitur radar lengkap.

Kalo hybrid tetangga mesin 1800cc ada gearbox, dan ada CVT, uda wajib rawat mesin dan suatu waktu ganti batere. Yg pasti rutin ganti oli mesin, ganti oli matic, V belt, dll. Jadi kayak rawat 2 mesin dlm 1 mobil. Jadinya biaya pembuatan mahal makanya banyak fitur disunat. Ditambah lagi mesin 1,800cc dgn gearbox, minimal pakai oli diatas 4 liter dan harus yg encer. Kompresi tinggi 13:1 wajib Vpower/turbo.
Hybrid nya toyota sudah gak pakai "belt" sama sekali, semua sudah electric. ECVT nya juga gak simple, gak ada torque converter dan drive belt khas cvt konvensional. Ganti oli maticnya juga murah dan gampang, kayak ganti oli transmisi manual biasa, cukup drain n fill tanpa harus di flush seperi matik konvensional
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by MSU »

Kalo dari cara kerjanya...sy tarik kesimpulan mesin bensinnya berfungsi sebagai charger..
Jd kl misal bbrp tahun lagi low batt...apa mobil ttp bisa dipake tp mesin bensinny bakal nyala terus gitu ya?
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by Jindanjun »

kunaskun wrote: Fri Sep 11, 2020 11:06
benzz89 wrote: Fri Sep 11, 2020 8:20 Maksudnya, kepala pusing karena bom2 car atau sudah pernah coba e-pedal yg ada di Kicks e-Power?
Ane naik taxi di spore om yang sudah electric itu mabok, ntah dia pakai mode e-pedal atau tidak, yang pasti kalau sopirnya agak ugal yah om bayangin ajalah akselerasi instan dari mobil listrik kaya gimana terus langsung deselerasi instan juga... jadi penumpang yah bukan sopir, sopir mah enak2 aja karena dia "in-control" posisinya, tau kapan mau nge-gas, kapan nge-rem & tangan pegang setir...penumpang yah pasrah aja.
jadi teringat cerita teman, driver taxi di singapore dan US itu mirip2, jack rabbit style. agak mirip dengan naik bus-nya. mungkin time is money, jadi bejek gas rem secepatnya :big_chicken:
[/quote]

Kebayang nih...tipikal supir taksi di singapore selalu bejek gas, bahkan sambil belok aja suka nge gas...kalo pake mobil listrik sih....mayan
ap kt nt aj
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by kunaskun »

fl4b1e wrote: Sat Sep 12, 2020 1:32 Btw karena mobil ini secara essential lebih mirip seperti mobil listrik, apakah berarti dibanding mobil hybrid, biaya perawatannya berarti lebih murah yaa..? Krn ga ada transmisi (hanya selector) berarti gak ada ganti oli matic paling ngga yaa... Dalam jangka panjang berarti jumlah komponen yg dimaintain relatif lebih sedikit dibanding mobil hybrid

Oli mesin.. ya kalau HR12 DE sih gak mesti oli encer juga..


Mmm.. kalau benar begitu mungkin lebih baik konsep epower dibanding hybrid ya..
tetap ada perawatan, dan "pindah" masalahnya ke sektor "EV"-nya. kalau iseng pengen belajar, banyak yg share soal tesla di youtube.
nissan epower menurut saya si memang unggul di segi perawatan, mestinya. karena menghilangkan satu komponen utama: Transmission assy.
tapi lebih baik tidak juga, terakhir Fitra Eri di otodriver test malah tidak irit2 amat, nyatanya dalkot hanya 18 kpl, ini deal breaker dibandingkan Hybrid Synergy Drive/HSDdi Corolla Cross yg bisa tembus 20 kpl untuk dalkot. memang di rute toll mirip. tapi ya disebut om Fitra juga soal selisih harga 50 juta jadi membenarkan sedikit lebih boros = yg sebenarnya tidak boros kan.
KSG88 wrote: Sat Sep 12, 2020 10:01 Mesin kicks cuman 1200cc, most of the time nyala di RPM rendah harusnya jarang perlu melakukan penggantian Oli dan oli yg dibutuhkan juga tidak banyak (mungkin cuman 3 liter). Ditambah gk ada gearbox dan gk ada oli matic. Sisanya mesin listrik sama batere kecil yg maintenance free. (Hingga batere nya uda drop pun tetep bisa dipake karena selalu tercharge mesin bensinnya, ibarat hape atau laptop)
Mungkin karena itu harganya bisa lebih murah, dan bisa ngasi fitur radar lengkap.

Kalo hybrid tetangga mesin 1800cc ada gearbox, dan ada CVT, uda wajib rawat mesin dan suatu waktu ganti batere. Yg pasti rutin ganti oli mesin, ganti oli matic, V belt, dll. Jadi kayak rawat 2 mesin dlm 1 mobil. Jadinya biaya pembuatan mahal makanya banyak fitur disunat. Ditambah lagi mesin 1,800cc dgn gearbox, minimal pakai oli diatas 4 liter dan harus yg encer. Kompresi tinggi 13:1 wajib Vpower/turbo.
HR12DE selama ini saya hanya isi oli 2,5 liter setiap ganti oli + filter. karena kalau 3 liter itu sudah melebihi batas max setelah semalaman. memang secara spek 3L.

hal yg bisa bikin murah Kicks menurut saya di transmission, karena setelah cek wiki ternyata kapasitas baterainya mirip2 dengan corolla cross di kisaran 1,5kwh Li-ion walau rada aneh juga baca2 disebutkan harga battery assy 70 juta, lebih mahal dari toyota yang 50 juta. baterai drop saya rasa nantinya ini epower berpotensi ga bisa jalan karena pada dasarnya ini kan EV. beda dengan hybrid biasa yang masih bisa jalan karena mesin masih terhubung ke roda.

toyota memang seperti jalan rumit, dengan mesin "special spec" untuk Hybrid Synergy Drive latest gen di corolla cross dan sodara2nya. tapi terbayarkan dengan end result lebih irit bbm dibandingkan Nissan epower. sedangkan nissan seperti rada "Extreme" daripada repot2 sederhakan saja, mesin bensin jadi genset.
Last edited by kunaskun on Sat Sep 12, 2020 13:54, edited 1 time in total.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by kunaskun »

erwin95 wrote: Sat Sep 12, 2020 10:28 Hybrid nya toyota sudah gak pakai "belt" sama sekali, semua sudah electric. ECVT nya juga gak simple, gak ada torque converter dan drive belt khas cvt konvensional. Ganti oli maticnya juga murah dan gampang, kayak ganti oli transmisi manual biasa, cukup drain n fill tanpa harus di flush seperi matik konvensional
eh iya ya, habis baca2 wiki ternyata transmisi yg dipake itu canggih banget, saking canggihnya, supaya bisa memenuhi kebutuhan peraturan sampe disebut ECVT. padahal aslinya bukan CVT seperti biasa.
MSU wrote: Sat Sep 12, 2020 10:55 Kalo dari cara kerjanya...sy tarik kesimpulan mesin bensinnya berfungsi sebagai charger..
Jd kl misal bbrp tahun lagi low batt...apa mobil ttp bisa dipake tp mesin bensinny bakal nyala terus gitu ya?
sepertinya tidak karena pada dasarnya ini kan EV.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by pengendiesel »

Menurut kacamata kaum mendang mending, fcnya kenapa cuma 1:18?
Kalo gak salah note e-power bisa 1:36. Kalo 1:36 menarik banget. Tapi kalo 1:18, irit sih tapi belum spesial, sepertinya konsumen masih cari aman pilih ice
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: Sat Sep 12, 2020 14:31 Menurut kacamata kaum mendang mending, fcnya kenapa cuma 1:18?
Kalo gak salah note e-power bisa 1:36. Kalo 1:36 menarik banget. Tapi kalo 1:18, irit sih tapi belum spesial, sepertinya konsumen masih cari aman pilih ice
msh lebih irit toyota hybrid. 1:22 uda paling boros...

toyota to nissan : gue kate juga ape.

:big_smoking:

dah, balik ke innova diesel dan HRV aja.

100jt lebih murah. bangun dari mimpi indah punya kendaraan lestrek. solar 5150 is the future...

:ngacir:

nissan jg abis ini unveil 400Z yang msh mesin bensin dan transmisi manual... artinya... simpulkan sendiri. :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by KSG88 »

Makin berguna ini trit bahas teknologi hybrid/listrik. Soale gk semua hal kritis bisa didapat dari marketing perusahaan mobil
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by epevert »

pengendiesel wrote:Menurut kacamata kaum mendang mending, fcnya kenapa cuma 1:18?
Kalo gak salah note e-power bisa 1:36. Kalo 1:36 menarik banget. Tapi kalo 1:18, irit sih tapi belum spesial, sepertinya konsumen masih cari aman pilih ice
Termasuk saya mikir gin nih... kog cuma 1:18 yah?ga beda signifikan dgn LCGC harian saya 1:15....
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by Veyron »

Sempat test drive Nissan Kicks ini rabu lalu di nissan puri indah sewaktu service nissan terra. Menurut pendapat pribadi saya, ini mobil yang enak dan cocok untuk dikendarai di dalam kota. Dan mobil ini merupakan paket hemat bagi yg mau merasakan torsi instant dari sebuah mobil listrik ala2 tesla. Untuk stop and go dan menyalip kendaraan lain di dalam kota cukup membuat saya tersenyum. Sayang belum sempat merasakan kendaraan ini dibawa di tol. Cuma sempat bawa sampai kecepatan 100kmh saja. Dan sepertinya tarikan tenaga dan torsi di rpm atas kurang kuat dibanding untuk kondisi stop and go saja. Konsumsi bbm di MID sewaktu saya bawa hanya 13.8km/liter saja. Mungkin unit test drive dimana banyak orang mencoba dengan full power 😄
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by pengendiesel »

ChZ wrote: Sat Sep 12, 2020 15:51
pengendiesel wrote: Sat Sep 12, 2020 14:31 Menurut kacamata kaum mendang mending, fcnya kenapa cuma 1:18?
Kalo gak salah note e-power bisa 1:36. Kalo 1:36 menarik banget. Tapi kalo 1:18, irit sih tapi belum spesial, sepertinya konsumen masih cari aman pilih ice
msh lebih irit toyota hybrid. 1:22 uda paling boros...

toyota to nissan : gue kate juga ape.

:big_smoking:

dah, balik ke innova diesel dan HRV aja.

100jt lebih murah. bangun dari mimpi indah punya kendaraan lestrek. solar 5150 is the future...

:ngacir:

nissan jg abis ini unveil 400Z yang msh mesin bensin dan transmisi manual... artinya... simpulkan sendiri. :mky_01:
Yes yes yes. Godaan solar goceng emang susah dihindari.

Saya pake vnt rata2 dapet 1:11 dalkot pake bahan bakar laknat tsb. Kalo diconvert nilai rupiahnya ke pertalite, setara fc 1:16. Ke pertamax setara fc 1:19.
Meskipun ride qualitynya ancur, tapi tetep aja jadi mobil di rumah yang kilometernya muter paling banyak. 200rebu bisa jalan 400km :big_weee:
Gak perlu was2 ganti baterai
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by pengendiesel »

epevert wrote: Sun Sep 13, 2020 0:36
pengendiesel wrote:Menurut kacamata kaum mendang mending, fcnya kenapa cuma 1:18?
Kalo gak salah note e-power bisa 1:36. Kalo 1:36 menarik banget. Tapi kalo 1:18, irit sih tapi belum spesial, sepertinya konsumen masih cari aman pilih ice
Termasuk saya mikir gin nih... kog cuma 1:18 yah?ga beda signifikan dgn LCGC harian saya 1:15....
Nah itu om. Padahal pas liat dan baca2 note e-power bisa 1:36, jujur saya kepikiran banget.
Eh, masuk kicks e-power dapet fcnya 1:18...jauh banget dari harapan
golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by golftsijkt »

benzz89 wrote: Fri Sep 11, 2020 8:20
golftsijkt wrote:
benzz89 wrote: Sun Sep 06, 2020 7:32

Prakteknya sistem 1 pedal ini bisa bikin penumpang pada mabok om... pas tekan pedal gas akselerasi instan, jalan bentar lepas pedal gas langsung deselerasi instan juga, persis kaya bom bom car bikin kepala jadi pusing. Kalau sendirian mungkin gak terlalu masalah karena kita pegang setir, yang jadi penumpang itu bisa maju-mundur berkali2 badannya bisa muntah [emoji16]
Maksudnya, kepala pusing karena bom2 car atau sudah pernah coba e-pedal yg ada di Kicks e-Power?
Ane naik taxi di spore om yang sudah electric itu mabok, ntah dia pakai mode e-pedal atau tidak, yang pasti kalau sopirnya agak ugal yah om bayangin ajalah akselerasi instan dari mobil listrik kaya gimana terus langsung deselerasi instan juga... jadi penumpang yah bukan sopir, sopir mah enak2 aja karena dia "in-control" posisinya, tau kapan mau nge-gas, kapan nge-rem & tangan pegang setir...penumpang yah pasrah aja.
Di SG, ada 2 merek EV dipakai taxi, 1 dari negeri ginseng dan 1 dari negeri tirai bambu. Karena topik awal e-pedal, confirm 2 merek tsb tidak ada fitur e-pedal. Sepertinya si uncle driver lagi buru-buru mau applusan dan pas di daerah padat/macet jadi kurang tanggap terhadap akselerasi dan deselarasi kendaraan EV jadi buat penumpang jadi kurang nyaman.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by benzz89 »


golftsijkt wrote:
benzz89 wrote: Fri Sep 11, 2020 8:20
golftsijkt wrote: Maksudnya, kepala pusing karena bom2 car atau sudah pernah coba e-pedal yg ada di Kicks e-Power?
Ane naik taxi di spore om yang sudah electric itu mabok, ntah dia pakai mode e-pedal atau tidak, yang pasti kalau sopirnya agak ugal yah om bayangin ajalah akselerasi instan dari mobil listrik kaya gimana terus langsung deselerasi instan juga... jadi penumpang yah bukan sopir, sopir mah enak2 aja karena dia "in-control" posisinya, tau kapan mau nge-gas, kapan nge-rem & tangan pegang setir...penumpang yah pasrah aja.
Di SG, ada 2 merek EV dipakai taxi, 1 dari negeri ginseng dan 1 dari negeri tirai bambu. Karena topik awal e-pedal, confirm 2 merek tsb tidak ada fitur e-pedal. Sepertinya si uncle driver lagi buru-buru mau applusan dan pas di daerah padat/macet jadi kurang tanggap terhadap akselerasi dan deselarasi kendaraan EV jadi buat penumpang jadi kurang nyaman.
Sebagai masukan boleh kita baca user leaf e-pedal experience diluar, ane bukan anti e-pedal, apalagi kalau bisa diatur itu tingkat intensitas deselerasinya.

Imho kalau bawanya gak bisa/blom bisa smooth, better ane non aktifkan fitur tersebut demi kenyamanan penumpang. Sekali lagi tolong diliat dari sisi penumpang yah, bukan driver.

https://www.cars.com/articles/2018-niss ... 699463196/
aryoajiwibowo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Fri Feb 12, 2016 7:50

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by aryoajiwibowo »

Kwk...rada lucu baca coment2 diatas bakalan berbeda pandangannya kl judulnya diganti TOYOTA KICKS 2020 ha......
:big_smoking:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by Herman7103 »

aryoajiwibowo wrote:Kwk...rada lucu baca coment2 diatas bakalan berbeda pandangannya kl judulnya diganti TOYOTA KICKS 2020 ha......
Yup, gue juga merasa seperti itu commentatornya pada T mind set wkwkwk. Indoktrinisasi pengguna mobil mobil mainstream mode on nyala terus wkwkwk. Kalau gue memang ngak bakalan pakai mobil mainstream , apapun kata orang
gue mah, ya mobil yg gue rasa nyaman dan irit serta worth
gue beli karena selera gue bukan selera mainstream. Hidup jangan
ikuti selera orang tapi ikuti selera pribadi sendiri biar enak dan tidur nyenyak.
:glodak:
HR15DE 2014
Sadaabe
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Mar 07, 2020 8:39

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by Sadaabe »

ChZ wrote: Sat Sep 12, 2020 15:51
pengendiesel wrote: Sat Sep 12, 2020 14:31 Menurut kacamata kaum mendang mending, fcnya kenapa cuma 1:18?
Kalo gak salah note e-power bisa 1:36. Kalo 1:36 menarik banget. Tapi kalo 1:18, irit sih tapi belum spesial, sepertinya konsumen masih cari aman pilih ice
msh lebih irit toyota hybrid. 1:22 uda paling boros...

toyota to nissan : gue kate juga ape.

:big_smoking:

dah, balik ke innova diesel dan HRV aja.

100jt lebih murah. bangun dari mimpi indah punya kendaraan lestrek. solar 5150 is the future...

:ngacir:

nissan jg abis ini unveil 400Z yang msh mesin bensin dan transmisi manual... artinya... simpulkan sendiri. :mky_01:
media singapore juga dapatnya sekitar 17,5km/l

jadi emang gak hemat-hemat amat
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by ChZ »

aryoajiwibowo wrote: Mon Sep 14, 2020 15:17 Kwk...rada lucu baca coment2 diatas bakalan berbeda pandangannya kl judulnya diganti TOYOTA KICKS 2020 ha......
kalau sy emang msh skeptis dengan teknologi beginian...

imho mobil lestrek skrg itu lagi rame ramenya krn punya cool factor tersendiri... thx to elon musk. tanpa tesla ev ga akan jadi keren.

dan di tengah ramenya wacana soal eco lifestyle nih mobil zero emission (yang tdk zero juga sbenernya) jd gimmick yang menarik bagi pecinta lingkungan... walau sdh mulai dikritisi jg soal isu li-ion battery life dan coal energy source...

dan mgkn hanya akan jadi alternative spt hybrid... kyk clean diesel, hybrid, dll...

makanya aneh kan knp nissan malah bikin sportscar bensin manual ketika mrk sepertinya tertarik skali dengan mobil listrik... toyota jg walaupun itu buatan BMW dan subaru tetep aj sportcarnya bensin murni... trmasuk lexus LC500...

toyota blm punya portfolio hybrid sportscar dan nissan blm punya portfolio electric sportscar...

yg punya dua duanya ? porsche. taycan dan 918 spyder. taycan aja sedan 4 pintu. blm ada electric 911 or 918.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by Shonen »

aryoajiwibowo wrote: Mon Sep 14, 2020 15:17 Kwk...rada lucu baca coment2 diatas bakalan berbeda pandangannya kl judulnya diganti TOYOTA KICKS 2020 ha......
setuju g pada mainstream mindset walaupun g sendiri juga sebenernya cuman mengingat nissan coba sesuatu di pasar yang seksi yaitu ev g jadi tertarik cobain...terlepas batrenya harus ganti lah 70 jt walopun yang comment sendiri juga ga pernah punya pengalaman ganti batre hybrid atau ev..atau bahkan punya mobilnya cuman bilang katanya2 aja...wkwkwk...dari saya lliat review si positif ya terlepas kualitas interior agak kurang ya tapi gpp juga namanya juga teknologi baru....cuman sayangnya banyak yang rada hate speech disini bukan apresiasi mobilnya tapi dipandang dari sudut pandang lain spt ketahanan batre cuman 5 taon which is siapa yang tau dan digaransi juga 5 tahun seharusnya cukup, kapasitas batre kecil lah, harga batrenya mahal ya jujur disini jg skema pajak jg ga menguntungkan bagi pemakai jadi diitung mungkin sama2 aja cuman kan teknologi ga pernah bohong...
kalo mau hemat semua muanya mending beli lcgc bbrp biji pake deh ampe ancur save banyak pajak juga kecil :big_biglaugh:
klo nyari sensasi berkendara dkk perlu diingat ini mobil cuma 450jt kalo mao enak beli lah mobil 5m udah pasti enak..LOL
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta

Post by abrof »

Kok ada yg bandingin dgn LGCC?? Drive dan ride quality beda, kualitas interior beda, kualitas audio cukup bagus di kisaran mobil 400jutaan, satu lagi torsi yg 260 Nm untuk mobil sekecil ini terasa lebih dari cukup (CRV 1.5 T saja cuman 240 Nm, apalagi mulai dari bawah itu torsi. Model juga oke, sudah full LED semua. Minusnya gak ada panoramic.