Page 1 of 1

Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)

Posted: Sun Sep 13, 2020 5:32
by Turboman
As subject

ganti kipas Compressor pake yg 11 bilah (Aluminium Billet) di Turbo CT16 - 2KD non VNT

beginilah proses pembongkaran kipas setandard

Cartridge dilepas dari rumah Turbin & tutup rumah kompressor dilepas

Penting sebelum kipas dilepas, titik balans di kipas Turbo di tandain in dulu, jadi kipas baru nanti gak boleh asal pasang
IMG_20200912_150626_HHT.jpg
IMG_20200912_150619_HHT.jpg
IMG_20200912_143832_HHT.jpg




Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)

Posted: Sun Sep 13, 2020 5:34
by Turboman
Setelah Cartridge Turbo dibersihkan, pemasangan kipas baru dgn bantuan heat gun

Coakan pada sisi belakang kipas = titik Balans nya
IMG_20200912_152045_HHT.jpg
IMG_20200912_151910_HHT.jpg
IMG_20200912_151714_HHT.jpg

Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)

Posted: Sun Sep 13, 2020 5:38
by Turboman
Pasang tutup rumah Compressor dgn diberikan sealant High Temp - non hardening

Tuang oli ke lubang oli di Turbo utk pastikan shaft terlumasi

Turbo dipasang

(Perbandingan kipas std vs 11 bilah)
IMG_20200912_150717_HHT.jpg
Screenshot_2020-09-13-12-36-00-500_com.instagram.android.jpg

Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)

Posted: Sun Sep 13, 2020 6:36
by gadjahalphien
Thread yg menarik om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?


Kalo boleh berkomentar sisi technical :

CMIIW ya om Turboman

Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.

Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.


2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.

Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.


CMIIW ya om.

Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)

Posted: Sun Sep 13, 2020 7:11
by Turboman
gadjahalphien wrote:Thread yg menarik om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?


Kalo boleh berkomentar sisi technical :

CMIIW ya om Turboman

Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.

Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.


2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.

Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.


CMIIW ya om.
Benar idenya balance ulang, dan balans nya High Speed - HSR machine

masalahnya di Indo gak ada yg punya mesin tsb, yg banyak = low speed Balans yg under 10.000 RPM

makanya ini masi dalam pengamatan, gimana long term nya


Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)

Posted: Tue Jun 07, 2022 22:39
by Avrilhermawan
Turboman wrote: Sun Sep 13, 2020 7:11
gadjahalphien wrote:Thread yg menarik om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?


Kalo boleh berkomentar sisi technical :

CMIIW ya om Turboman

Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.

Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.


2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.

Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.


CMIIW ya om.
Benar idenya balance ulang, dan balans nya High Speed - HSR machine

masalahnya di Indo gak ada yg punya mesin tsb, yg banyak = low speed Balans yg under 10.000 RPM

makanya ini masi dalam pengamatan, gimana long term nya
Permisi om turboman, semoga sehat selalu, gimana nih om, sudah 2 tahun kondisi upgrade billetnya saja, apakah oke? Dan boost brp bar daily? Rasanya gimana om?