Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Omnibus »

jago kl ada yg bisa pinpoint root cause nya dimana cuma berdasarkan cerita di atas tanpa diagnosa in person.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

ransyah1234 wrote: 08 Oct 2020, 09:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya

mobil innova 2005 bensin matic

radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang

kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
Isinya aer ledeng ? Sejak kapan ?

Coba cabut dipstik oli warna oli apa ?

D lantai gerasi ad bercak2 bekas air ?

D bagian ruang mesin ad bekas bercak2 bekas air ?

Sambil mesin nyala, kl digas, air di botol reservoil gelembung2 ga ?

Knalpot ad bau2 kaya arummanis atau bau telor busuk ?

Air radiator mendidih ampe kering kerontang bisa banyak macem dimulai dr paling gapapa ampe adapaapa
- kurang air aj
- ad kbocoran pipa atau selang
- tutup radiator ud patah klep tekanan nya (umum di honda atau ipah lama)
- head gasket ud jebol
- daleman enjin water jacket ud kropos
- kropos d enjin head
- kropos di mating surface enjin head, ama enjin blok
-
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by satriakarisma »

ransyah1234 wrote: 08 Oct 2020, 09:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya

mobil innova 2005 bensin matic

radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang

kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
numpang share om,
Kalau dulu ya, kasus kaya gini sama pernah kejadian di mobil ortu, bukan ipah ya mobilnya.
Gak taunya packing silinder head-nya bolong2, masuk ke mesin deh tuh aer.

wkwkwk
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Profith83 »

DOHC wrote: 08 Oct 2020, 09:04
Profith83 wrote: 07 Oct 2020, 23:51
Or4cle wrote: 07 Oct 2020, 16:49

Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?

@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Timing chain, sama2 L15

Rem ud bener om ? Masi ad rembes ?
@DOHC dan @Omnibus dan @Marmut
Habis ganti gak rembes, problemnya setelah berapa lama, apakah akan rembes kembali...
Sekalian tanya. Mobilio saya 5 thn KM 80rb. yang pakai istri. sempat ganti support shock, lower arm set, engine mounting.
Nah kalau dilihat dari kerusakan itu apalagi yang sepertinya terpengaruh bisa rusak karena part diatas yang rusak.

Maunya saya remajakan kaki kaki yang memang parah. Tapi kalau tidak oblak sebaiknya tidak diganti?

Saya rencana ke bengkel kaki kaki Jantra di Sidoarjo(saya di Surabaya)
Shock pasti akan saya ganti, waktu ganti shock sebaiknya set sama damper atau sama apalagi?
Maunya dipersiapkan dulu partnya, drpd dibongkar eh ada part lain yang harus diganti
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Profith83 »

Or4cle wrote: 08 Oct 2020, 09:21
Profith83 wrote: 07 Oct 2020, 23:51
Or4cle wrote: 07 Oct 2020, 16:49

Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?

@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Seal karet dan per sudah rusak. Tutup radiator rusak secara visual gampal dideteksi.
Kalau thermostat dan water pump rusak yg sedikit ribet buat deteksi.
Seal karetnya kenapa? apakah sudah keras/getas. Per nya terlihatnya bagaimana?
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 15 Feb 2016, 09:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by chaprizone »

mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa
:big_okay:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

Profith83 wrote: 08 Oct 2020, 13:17
DOHC wrote: 08 Oct 2020, 09:04
Profith83 wrote: 07 Oct 2020, 23:51

Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?

@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Timing chain, sama2 L15

Rem ud bener om ? Masi ad rembes ?
@DOHC dan @Omnibus dan @Marmut
Habis ganti gak rembes, problemnya setelah berapa lama, apakah akan rembes kembali...
Sekalian tanya. Mobilio saya 5 thn KM 80rb. yang pakai istri. sempat ganti support shock, lower arm set, engine mounting.
Nah kalau dilihat dari kerusakan itu apalagi yang sepertinya terpengaruh bisa rusak karena part diatas yang rusak.

Maunya saya remajakan kaki kaki yang memang parah. Tapi kalau tidak oblak sebaiknya tidak diganti?

Saya rencana ke bengkel kaki kaki Jantra di Sidoarjo(saya di Surabaya)
Shock pasti akan saya ganti, waktu ganti shock sebaiknya set sama damper atau sama apalagi?
Maunya dipersiapkan dulu partnya, drpd dibongkar eh ada part lain yang harus diganti
Ganti shock bagusnya skalian ganti karet support shock, dan karet damper nya jg.. bearing kl blom rusak, ga usa ganti.. bawaan honda itu justru bagus punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

chaprizone wrote: 08 Oct 2020, 13:40 mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa
Bukan suhu

Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 15 Feb 2016, 09:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by chaprizone »

DOHC wrote: 08 Oct 2020, 14:05
chaprizone wrote: 08 Oct 2020, 13:40 mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa
Bukan suhu

Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget
thanks infonya suhu :big_deal:
:big_okay:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Or4cle »

Profith83 wrote: 08 Oct 2020, 13:20
Or4cle wrote: 08 Oct 2020, 09:21
Profith83 wrote: 07 Oct 2020, 23:51

Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?

@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Seal karet dan per sudah rusak. Tutup radiator rusak secara visual gampal dideteksi.
Kalau thermostat dan water pump rusak yg sedikit ribet buat deteksi.
Seal karetnya kenapa? apakah sudah keras/getas. Per nya terlihatnya bagaimana?
Karetnya sdh keras, pecah dan tidak elastis. Per nya pun sdh miring tidak lurus
Kalau mobil di atas 5 taon di ganti aja, murah kok gak sampai cepek ceng.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by MSU »

DOHC wrote: 08 Oct 2020, 14:05
chaprizone wrote: 08 Oct 2020, 13:40 mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa
Bukan suhu

Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget
yang aneh di mobil sy pas pake prestone...berkala di tabung reservoir berkurang walaupun sedikit juga & lama..sekitar 100ml utk 5000km
tahun lalu iseng pake coolant Isuzu (mesti campur2 lagi pake air aki botol biru)....eh aman ga berkurang sampe sekarang
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

MSU wrote: 08 Oct 2020, 14:27
DOHC wrote: 08 Oct 2020, 14:05
chaprizone wrote: 08 Oct 2020, 13:40 mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa
Bukan suhu

Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget
yang aneh di mobil sy pas pake prestone...berkala di tabung reservoir berkurang walaupun sedikit juga & lama..sekitar 100ml utk 5000km
tahun lalu iseng pake coolant Isuzu (mesti campur2 lagi pake air aki botol biru)....eh aman ga berkurang sampe sekarang
Mungkin gara2 konsentrat nya cuman 30 persen kl yah

Kurang kentel jadinya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Profith83 »

DOHC wrote: 08 Oct 2020, 14:32
MSU wrote: 08 Oct 2020, 14:27
DOHC wrote: 08 Oct 2020, 14:05

Bukan suhu

Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget
yang aneh di mobil sy pas pake prestone...berkala di tabung reservoir berkurang walaupun sedikit juga & lama..sekitar 100ml utk 5000km
tahun lalu iseng pake coolant Isuzu (mesti campur2 lagi pake air aki botol biru)....eh aman ga berkurang sampe sekarang
Mungkin gara2 konsentrat nya cuman 30 persen kl yah

Kurang kentel jadinya
Pernah dengar yang 30% justru lebih bagus untuk membuang panas dari pada yang 50%.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by marmut »

ransyah1234 wrote: 08 Oct 2020, 09:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya

mobil innova 2005 bensin matic

radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang

kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom

jadi anda berharap visko fan muter hanya dengan kunci kontak on saja tanpa start mesin?
pinter.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by marmut »

DOHC wrote: 08 Oct 2020, 14:32

Mungkin gara2 konsentrat nya cuman 30 persen kl yah

Kurang kentel jadinya

bisa tambah tepung tapioka 2~3 sdm supaya lebih kentel mbah....
nanti setelah diaduk rata, diperhatikan lagi tingkat kekentalannya cukup apa enggak.





























:ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

marmut wrote: 08 Oct 2020, 16:09
DOHC wrote: 08 Oct 2020, 14:32

Mungkin gara2 konsentrat nya cuman 30 persen kl yah

Kurang kentel jadinya

bisa tambah tepung tapioka 2~3 sdm supaya lebih kentel mbah....
nanti setelah diaduk rata, diperhatikan lagi tingkat kekentalannya cukup apa enggak.





























:ngacir:
Aduk pake tapioka ntar malah jd spikoek

Mending aduk pake tjampolay pisang susu, trus tangkeping meong2 depan rumah buat dicekokin satu2, biar pd mabok teler
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by MSU »

marmut wrote: 08 Oct 2020, 16:07
ransyah1234 wrote: 08 Oct 2020, 09:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya

mobil innova 2005 bensin matic

radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang

kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you
jadi anda berharap visko fan muter hanya dengan kunci kontak on saja tanpa start mesin?
pinter.
Jadi kangen mantan...peugeot 405..kontak off tp mesin panas = kipas nyala low speed bbrp saat
Kalo ga ngerti dikira konslet
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by ransyah1234 »

DOHC wrote: 08 Oct 2020, 10:10
ransyah1234 wrote: 08 Oct 2020, 09:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya

mobil innova 2005 bensin matic

radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang

kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
Isinya aer ledeng ? Sejak kapan ?

Coba cabut dipstik oli warna oli apa ?

D lantai gerasi ad bercak2 bekas air ?

D bagian ruang mesin ad bekas bercak2 bekas air ?

Sambil mesin nyala, kl digas, air di botol reservoil gelembung2 ga ?

Knalpot ad bau2 kaya arummanis atau bau telor busuk ?

Air radiator mendidih ampe kering kerontang bisa banyak macem dimulai dr paling gapapa ampe adapaapa
- kurang air aj
- ad kbocoran pipa atau selang
- tutup radiator ud patah klep tekanan nya (umum di honda atau ipah lama)
- head gasket ud jebol
- daleman enjin water jacket ud kropos
- kropos d enjin head
- kropos di mating surface enjin head, ama enjin blok
-
mungkin sudah lama air ledeng, dipstik warna oli normal tidak ada gejala kopi susu, ruang mesin kering, air reservoir tidak ada gelembung, knalpot nah saya ga ngeh bedainnya, maaf

sudah cek2 dan perbaiki akhirnya insya Allah karena poin nomer 2 om ternyata, cek dikasi tekanan, radiatornya bocor halus di bawah

terima kasih om infonya
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by ransyah1234 »

satriakarisma wrote: 08 Oct 2020, 10:14
ransyah1234 wrote: 08 Oct 2020, 09:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya

mobil innova 2005 bensin matic

radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang

kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
numpang share om,
Kalau dulu ya, kasus kaya gini sama pernah kejadian di mobil ortu, bukan ipah ya mobilnya.
Gak taunya packing silinder head-nya bolong2, masuk ke mesin deh tuh aer.

wkwkwk
thank you sharingnya oom
mudah2an ga sampai kesitu
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by ransyah1234 »

marmut wrote: 08 Oct 2020, 16:07
ransyah1234 wrote: 08 Oct 2020, 09:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya

mobil innova 2005 bensin matic

radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang

kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom

jadi anda berharap visko fan muter hanya dengan kunci kontak on saja tanpa start mesin?
pinter.
tidak
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

ransyah1234 wrote: 09 Oct 2020, 17:51
DOHC wrote: 08 Oct 2020, 10:10
ransyah1234 wrote: 08 Oct 2020, 09:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya

mobil innova 2005 bensin matic

radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang

kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
Isinya aer ledeng ? Sejak kapan ?

Coba cabut dipstik oli warna oli apa ?

D lantai gerasi ad bercak2 bekas air ?

D bagian ruang mesin ad bekas bercak2 bekas air ?

Sambil mesin nyala, kl digas, air di botol reservoil gelembung2 ga ?

Knalpot ad bau2 kaya arummanis atau bau telor busuk ?

Air radiator mendidih ampe kering kerontang bisa banyak macem dimulai dr paling gapapa ampe adapaapa
- kurang air aj
- ad kbocoran pipa atau selang
- tutup radiator ud patah klep tekanan nya (umum di honda atau ipah lama)
- head gasket ud jebol
- daleman enjin water jacket ud kropos
- kropos d enjin head
- kropos di mating surface enjin head, ama enjin blok
-
mungkin sudah lama air ledeng, dipstik warna oli normal tidak ada gejala kopi susu, ruang mesin kering, air reservoir tidak ada gelembung, knalpot nah saya ga ngeh bedainnya, maaf

sudah cek2 dan perbaiki akhirnya insya Allah karena poin nomer 2 om ternyata, cek dikasi tekanan, radiatornya bocor halus di bawah

terima kasih om infonya
untunglah ud ketemu

abis ini, diisi coolant aj om, pake merk apa aj ga masalah yg penting coolant beneran
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post