Tanya seputar Toyota Agya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Nov 11, 2020 14:06
- Daily Vehicle: Toyota Agya
Tanya seputar Toyota Agya
Maaf kalau pertanyaannya sangat mendasar bahkan terdengar konyol.
Saya baru meminang mobil pertama saya yaitu Toyota Agya tahun 2013 dengan transmisi otomatis. Jujur ini mobil pertama yg saya punya dan saya pakai alias baru bisa bawa mobil.
Pengalaman saya yg menurut saya agak bikin kagok adalah saat mau menyalip kendaraan panjang (truk & bus), ini mobil kayak kurang responsif dan terkesan nanggung waktu nge bejek gas dan itu sangat bikin ngeri di jalan raya.
Apakah ini memang karakter mobil ini atau cara saya berkendara yg salah?
Terima kasih semuanya
Saya baru meminang mobil pertama saya yaitu Toyota Agya tahun 2013 dengan transmisi otomatis. Jujur ini mobil pertama yg saya punya dan saya pakai alias baru bisa bawa mobil.
Pengalaman saya yg menurut saya agak bikin kagok adalah saat mau menyalip kendaraan panjang (truk & bus), ini mobil kayak kurang responsif dan terkesan nanggung waktu nge bejek gas dan itu sangat bikin ngeri di jalan raya.
Apakah ini memang karakter mobil ini atau cara saya berkendara yg salah?
Terima kasih semuanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 789
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Tanya seputar Toyota Agya
saya aja yg manual nyalip rada deg degan om, harus ambil ancang ancang dulu coba mainin giginya aja om di 3 atau 2Nex wrote: ↑Wed Nov 11, 2020 14:15 Maaf kalau pertanyaannya sangat mendasar bahkan terdengar konyol.
Saya baru meminang mobil pertama saya yaitu Toyota Agya tahun 2013 dengan transmisi otomatis. Jujur ini mobil pertama yg saya punya dan saya pakai alias baru bisa bawa mobil.
Pengalaman saya yg menurut saya agak bikin kagok adalah saat mau menyalip kendaraan panjang (truk & bus), ini mobil kayak kurang responsif dan terkesan nanggung waktu nge bejek gas dan itu sangat bikin ngeri di jalan raya.
Apakah ini memang karakter mobil ini atau cara saya berkendara yg salah?
Terima kasih semuanya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Nov 11, 2020 14:06
- Daily Vehicle: Toyota Agya
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Asli bikin deg degan om, waktu baru mau nyalip berasa ada tenaga eh pas udah masuk setengah badan malah berasa kayak gak bakal ke salip, itu posisi transimisi di DDuvebriliant0 wrote: ↑Wed Nov 11, 2020 14:42saya aja yg manual nyalip rada deg degan om, harus ambil ancang ancang dulu coba mainin giginya aja om di 3 atau 2Nex wrote: ↑Wed Nov 11, 2020 14:15 Maaf kalau pertanyaannya sangat mendasar bahkan terdengar konyol.
Saya baru meminang mobil pertama saya yaitu Toyota Agya tahun 2013 dengan transmisi otomatis. Jujur ini mobil pertama yg saya punya dan saya pakai alias baru bisa bawa mobil.
Pengalaman saya yg menurut saya agak bikin kagok adalah saat mau menyalip kendaraan panjang (truk & bus), ini mobil kayak kurang responsif dan terkesan nanggung waktu nge bejek gas dan itu sangat bikin ngeri di jalan raya.
Apakah ini memang karakter mobil ini atau cara saya berkendara yg salah?
Terima kasih semuanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Mesin kecil, matic ya harus tega ngegasnya oom. Mau gak mau. Apalagi ini maaih adaptasi. Lama2 juga paham karakternya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Pedal to the metal om atau taruh transmisi di d3
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2536
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Coba ganti downpipe yg non catalytic. Ban ganti yg agak bagusan. Trakhir di remap mesinnya.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Pedal to the metal aja om, gas pol literally pol
Soalnya kalo gak gitu gak nurunin gigi gearboxnya
Kalo gak tega ya di tuas transmisinya di mainin om
Soalnya kalo gak gitu gak nurunin gigi gearboxnya
Kalo gak tega ya di tuas transmisinya di mainin om
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Kalo saya, sekali lagi ini kalo saya, ancang2 yg dilakukan adalah melakukan kickdown biar gear down dulu, setelah itu hajar lagi pedal to karpetNex wrote: ↑Wed Nov 11, 2020 14:15 Maaf kalau pertanyaannya sangat mendasar bahkan terdengar konyol.
Saya baru meminang mobil pertama saya yaitu Toyota Agya tahun 2013 dengan transmisi otomatis. Jujur ini mobil pertama yg saya punya dan saya pakai alias baru bisa bawa mobil.
Pengalaman saya yg menurut saya agak bikin kagok adalah saat mau menyalip kendaraan panjang (truk & bus), ini mobil kayak kurang responsif dan terkesan nanggung waktu nge bejek gas dan itu sangat bikin ngeri di jalan raya.
Apakah ini memang karakter mobil ini atau cara saya berkendara yg salah?
Terima kasih semuanya
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Nov 11, 2020 14:06
- Daily Vehicle: Toyota Agya
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Bujubuset serius om? Amatiran kayak saya gak pernah kepikiran mentok karpet, tapi nanti saya coba praktek sesekali, terima kasih masukannya ommichaelgiri93 wrote: ↑Wed Nov 11, 2020 23:45 Pedal to the metal aja om, gas pol literally pol
Soalnya kalo gak gitu gak nurunin gigi gearboxnya
Kalo gak tega ya di tuas transmisinya di mainin om
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Tanya seputar Toyota Agya
agya tahun 2013 kapasitas mesinnya kecil cuma 1.000 cc jadi emang sesuai dengan power dari mesinnya.Nex wrote: ↑Wed Nov 11, 2020 14:15 Maaf kalau pertanyaannya sangat mendasar bahkan terdengar konyol.
Saya baru meminang mobil pertama saya yaitu Toyota Agya tahun 2013 dengan transmisi otomatis. Jujur ini mobil pertama yg saya punya dan saya pakai alias baru bisa bawa mobil.
Pengalaman saya yg menurut saya agak bikin kagok adalah saat mau menyalip kendaraan panjang (truk & bus), ini mobil kayak kurang responsif dan terkesan nanggung waktu nge bejek gas dan itu sangat bikin ngeri di jalan raya.
Apakah ini memang karakter mobil ini atau cara saya berkendara yg salah?
Terima kasih semuanya
apalagi kalau mobil diisi full tambah lemot lagi.
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Numpang saran jg sbg user agya 1KR-JZ inline 6 yg sunat 3 silinder, metik
Kl mo nyalip saya sarankan usahakan dihindari.. ini mobil didisain buat irittt irit rittt, bukan buat nyetir dominic toreto.. metik 4 speed nya itu jg bukan rasio kasar2, makanya tekesan lelet, dan konyolnya lg itu up shifting ny cepet.. tp konyolnya lg kl mo downshift, bego nya lebi parah dari metik inofa ribon
Kl saya lg terpaksa mau nyetir sruntulan, biasa saya injek pedal gas daleman dikit, ampe rpm berespon naek dikit, pedal saya lepas trus lgs bejeg lg, itu lmayan bantu manipulasi otak bloon metik nya biar downshift nya lebi cepet..
Ohh btw, kl mo improve dikitttt respon tarikan nya, coba ganti atf nya tiap 20 rebu, tap n fill aj, cuman 2 literan koq, pake yg bagusan, full syn punya, kasi bensin minimal pertalit, bagusan pertaturbo, oli encer 0-20
Kl mo nyalip saya sarankan usahakan dihindari.. ini mobil didisain buat irittt irit rittt, bukan buat nyetir dominic toreto.. metik 4 speed nya itu jg bukan rasio kasar2, makanya tekesan lelet, dan konyolnya lg itu up shifting ny cepet.. tp konyolnya lg kl mo downshift, bego nya lebi parah dari metik inofa ribon
Kl saya lg terpaksa mau nyetir sruntulan, biasa saya injek pedal gas daleman dikit, ampe rpm berespon naek dikit, pedal saya lepas trus lgs bejeg lg, itu lmayan bantu manipulasi otak bloon metik nya biar downshift nya lebi cepet..
Ohh btw, kl mo improve dikitttt respon tarikan nya, coba ganti atf nya tiap 20 rebu, tap n fill aj, cuman 2 literan koq, pake yg bagusan, full syn punya, kasi bensin minimal pertalit, bagusan pertaturbo, oli encer 0-20
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Pasang keong dongggg biar laglngsung narik.
Habis beli sudah bersih2 jeroan mesin belom?
Ganti dulu semua fluid2 kayak oli mesin + matik terus carbon clean dll.
Habis beli sudah bersih2 jeroan mesin belom?
Ganti dulu semua fluid2 kayak oli mesin + matik terus carbon clean dll.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Tanya seputar Toyota Agya
inova rebon bener juga ya om, walaupun 6sp ya karakter bingungannya wkt gear hunting stop and go mirip kyk 4sp toyota dan manual modenya cukup bloon. Kemarin di trans jawa pake rebon diesel, mau nyalip saya masukin ke manual mode mesin langsung ngeraung ga jls kaya downshift dr gigi 6 ke 4. Habis nyalip saya masukin ke gigi 6 aja ga direwes ECUnya, cm stick di gigi 5DOHC wrote: ↑Thu Nov 12, 2020 2:35 Numpang saran jg sbg user agya 1KR-JZ inline 6 yg sunat 3 silinder, metik
Kl mo nyalip saya sarankan usahakan dihindari.. ini mobil didisain buat irittt irit rittt, bukan buat nyetir dominic toreto.. metik 4 speed nya itu jg bukan rasio kasar2, makanya tekesan lelet, dan konyolnya lg itu up shifting ny cepet.. tp konyolnya lg kl mo downshift, bego nya lebi parah dari metik inofa ribon
Kl saya lg terpaksa mau nyetir sruntulan, biasa saya injek pedal gas daleman dikit, ampe rpm berespon naek dikit, pedal saya lepas trus lgs bejeg lg, itu lmayan bantu manipulasi otak bloon metik nya biar downshift nya lebi cepet..
Ohh btw, kl mo improve dikitttt respon tarikan nya, coba ganti atf nya tiap 20 rebu, tap n fill aj, cuman 2 literan koq, pake yg bagusan, full syn punya, kasi bensin minimal pertalit, bagusan pertaturbo, oli encer 0-20
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Nov 11, 2020 14:06
- Daily Vehicle: Toyota Agya
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Iya om, bukan maksud mau maen srantal sruntul di jalan, tapi emang di daerah saya banyak banget truk² pabrik yg jalannya pelan, kalo di tahan ngikut malah di sruduk yg dibelakang jadi suka gamang di jalan.
Saya juga sadar ini mobil bukan mobil yg kenceng tapi kadang ada situasi dimana kita mau gak mau ya harus nyalip.
Nanti saya coba carbon clean, untuk oli baru diganti semua.
Terima kasih masukannya om
Saya juga sadar ini mobil bukan mobil yg kenceng tapi kadang ada situasi dimana kita mau gak mau ya harus nyalip.
Nanti saya coba carbon clean, untuk oli baru diganti semua.
Terima kasih masukannya om
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Mungkin ribon nya masi pake atf WS bawaanerwinign wrote: ↑Thu Nov 12, 2020 3:52inova rebon bener juga ya om, walaupun 6sp ya karakter bingungannya wkt gear hunting stop and go mirip kyk 4sp toyota dan manual modenya cukup bloon. Kemarin di trans jawa pake rebon diesel, mau nyalip saya masukin ke manual mode mesin langsung ngeraung ga jls kaya downshift dr gigi 6 ke 4. Habis nyalip saya masukin ke gigi 6 aja ga direwes ECUnya, cm stick di gigi 5DOHC wrote: ↑Thu Nov 12, 2020 2:35 Numpang saran jg sbg user agya 1KR-JZ inline 6 yg sunat 3 silinder, metik
Kl mo nyalip saya sarankan usahakan dihindari.. ini mobil didisain buat irittt irit rittt, bukan buat nyetir dominic toreto.. metik 4 speed nya itu jg bukan rasio kasar2, makanya tekesan lelet, dan konyolnya lg itu up shifting ny cepet.. tp konyolnya lg kl mo downshift, bego nya lebi parah dari metik inofa ribon
Kl saya lg terpaksa mau nyetir sruntulan, biasa saya injek pedal gas daleman dikit, ampe rpm berespon naek dikit, pedal saya lepas trus lgs bejeg lg, itu lmayan bantu manipulasi otak bloon metik nya biar downshift nya lebi cepet..
Ohh btw, kl mo improve dikitttt respon tarikan nya, coba ganti atf nya tiap 20 rebu, tap n fill aj, cuman 2 literan koq, pake yg bagusan, full syn punya, kasi bensin minimal pertalit, bagusan pertaturbo, oli encer 0-20
Musti upgrade ama yg bagusan dan kentelan dikit, biar lebi ngegigit
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Nex wrote: ↑Thu Nov 12, 2020 3:59 Iya om, bukan maksud mau maen srantal sruntul di jalan, tapi emang di daerah saya banyak banget truk² pabrik yg jalannya pelan, kalo di tahan ngikut malah di sruduk yg dibelakang jadi suka gamang di jalan.
Saya juga sadar ini mobil bukan mobil yg kenceng tapi kadang ada situasi dimana kita mau gak mau ya harus nyalip.
Nanti saya coba carbon clean, untuk oli baru diganti semua.
Terima kasih masukannya om
Kl medan nya sperti itu, berarti wajip penyehatan dl om
Pake oli yg bagusan, atf bagusan
Ama rada tega bejeg gas nya, untungnya agya ini mesin resing, doyan di lecut rpm nya
Btw mbah marmut lg mana ya ? Scara si mbah jg pengguna agya 1KR-JZ neh
numpang lewat aja....
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Nov 11, 2020 14:06
- Daily Vehicle: Toyota Agya
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Ada rekomdasi merk oli nya om? Hehehe maaf ya om, baru migrasi ke R4 jadi belajar lagi dari awal
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2536
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Bahahaha jangan dah. Ntar malah musti minum pertamax turbo. Tp keknya maticnya kuat nahan torsi gede sih, walaupun shiftnya parah. Aisin gituloh
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Kuat donkKielConstantine wrote: ↑Thu Nov 12, 2020 17:33Bahahaha jangan dah. Ntar malah musti minum pertamax turbo. Tp keknya maticnya kuat nahan torsi gede sih, walaupun shiftnya parah. Aisin gituloh
Ama om mobi aj d turbo in gapapa
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11025
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tanya seputar Toyota Agya
ada trit husus oli kok. lengkap dibahas masalah merk, SAE, API.
dan masalah merk, bebas sesuai keyakinan dan kepercayaan saja, yang penting API service sesuai dan asli.
kalau saya pakai unil 0w20 karena murmer. beli di blibli.com.
yang nomor 1 alias faktor utama untuk mobil ini adalah bahan bakar. mau enak? jangan kurang dari oktan 92.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 446
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Pengalaman bawa agya AT yg 2017 vs 2014 beda jauh improvementnya, yg 2017 enak di tol (sy pakai pertamax), madiun - jombang - mojokerto pp
Nyalip2 truk besar, bus, di jalan raya perak (yg biasa lewat pasti tau) oke oke aja selama ancang2 nya pas
Nyalip2 truk besar, bus, di jalan raya perak (yg biasa lewat pasti tau) oke oke aja selama ancang2 nya pas
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Kick down dalem2 om. Mesti tega kalo matic. Seumur2 bawa matic cuma hrv yg gak perlu kickdown, soalnya bisa maenin paddleshift. Xgear, mazda2, terios, xpander semuanya injek dalem kalo nyalip trailer
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya seputar Toyota Agya
saya di agya pake atf nya aisin afw+, murah meriah, tp ud full syn, dan girbok agya kan buatan aisin (kl ga salah).. jadi mustinya ga masalah
impresi nya lmayan koq, ckup minim selip dbanding ATF bawaan, cuman tetep aj kl lg mo mendadak nyalip atau bejeg dalem gas nya, ad jeda 1-2 detik sblom metik nya downshift
siapin aj 2-3 liter buat ngetap ama ngisi.. ckup koq .. beli nya di toped, harga official store kisaran 80- 90an rebu seliter
oli mesin saya perna coba macem2 tp yg ckup enak dan harga nya ok mnurut saya, eneos 5-30, ptt syntec plus 5-30.. itu 2 2 nya dbawah 100 rebu seliter, beli di official store toped
ama jgn lupa upgrade busi nya ke yg iridium, NGK G power, ud murah koq skrg..
tp kl yg saya rasain paling penting itu bensin nya.. jgn skali2 kasi premium.. ga enak banget.. minimal pertalite, tp kl lg bae hati, pertabo full tenk
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Kl model agya yg duo astra gini, spek ATFnya tetep dex 3 aja ya om di buku panduan? avxen seinget saya minta dex 3 jg di bukuDOHC wrote: ↑Mon Nov 16, 2020 6:25saya di agya pake atf nya aisin afw+, murah meriah, tp ud full syn, dan girbok agya kan buatan aisin (kl ga salah).. jadi mustinya ga masalah
impresi nya lmayan koq, ckup minim selip dbanding ATF bawaan, cuman tetep aj kl lg mo mendadak nyalip atau bejeg dalem gas nya, ad jeda 1-2 detik sblom metik nya downshift
siapin aj 2-3 liter buat ngetap ama ngisi.. ckup koq .. beli nya di toped, harga official store kisaran 80- 90an rebu seliter
oli mesin saya perna coba macem2 tp yg ckup enak dan harga nya ok mnurut saya, eneos 5-30, ptt syntec plus 5-30.. itu 2 2 nya dbawah 100 rebu seliter, beli di official store toped
ama jgn lupa upgrade busi nya ke yg iridium, NGK G power, ud murah koq skrg..
tp kl yg saya rasain paling penting itu bensin nya.. jgn skali2 kasi premium.. ga enak banget.. minimal pertalite, tp kl lg bae hati, pertabo full tenk
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya seputar Toyota Agya
Iya omerwinign wrote: ↑Mon Nov 16, 2020 7:41Kl model agya yg duo astra gini, spek ATFnya tetep dex 3 aja ya om di buku panduan? avxen seinget saya minta dex 3 jg di bukuDOHC wrote: ↑Mon Nov 16, 2020 6:25saya di agya pake atf nya aisin afw+, murah meriah, tp ud full syn, dan girbok agya kan buatan aisin (kl ga salah).. jadi mustinya ga masalah
impresi nya lmayan koq, ckup minim selip dbanding ATF bawaan, cuman tetep aj kl lg mo mendadak nyalip atau bejeg dalem gas nya, ad jeda 1-2 detik sblom metik nya downshift
siapin aj 2-3 liter buat ngetap ama ngisi.. ckup koq .. beli nya di toped, harga official store kisaran 80- 90an rebu seliter
oli mesin saya perna coba macem2 tp yg ckup enak dan harga nya ok mnurut saya, eneos 5-30, ptt syntec plus 5-30.. itu 2 2 nya dbawah 100 rebu seliter, beli di official store toped
ama jgn lupa upgrade busi nya ke yg iridium, NGK G power, ud murah koq skrg..
tp kl yg saya rasain paling penting itu bensin nya.. jgn skali2 kasi premium.. ga enak banget.. minimal pertalite, tp kl lg bae hati, pertabo full tenk
Dex 3 atau t4
Tranny jadul
numpang lewat aja....