Re: Bos Toyota Sebut Tesla Ibarat “Koki Tanpa Dapur Restoran”
Posted: Thu Nov 26, 2020 7:46
gw sendiri aja ngebayangin di masa depan banyak kemungkinan gimana kalo tiba2x hidrogen berkembang pesat, atau tiba2x ada orang gila bikin penemuan BBM jenis baru yang hasil pembakarannya ramah lingkungan biarpun gak masuk di akal, yang modiarr duluan ya tesla..... brandnya sendiri keiket sama listrik bisa kah dia ganti ke ICE??? ya kalo lari ke hidrogen hybrid batre masih masuk sih,Or4cle wrote: ↑Thu Nov 26, 2020 4:09Mksd ane disini bukan membandingkan,hanya memberikan contoh figure yang over-gloryfied, contoh dalam skala kecil di dalam negeri.Shonen wrote: ↑Wed Nov 25, 2020 5:00klo contohnya financial institution startup mah jangan dibandingin om, mrk itu "sorry" bisnisnya jualan l*dah ga ada produk konkritnya disini kita bicara startup yang real yang punya produk konkrit ada barangnya...kalo financial si modal bacot jg kalo meyakinkan org bakal taro uangnya itu knp di kasus yang gagal bayar kan banyakan dr so called fin tech...Or4cle wrote: ↑Tue Nov 24, 2020 14:33
Mknya ane bilang, literally (tanpa tanda "petik") ide-ide bisnis "nabi" Elon Musk adalah menjual mimpi. Ane sih wait & see aja ide-ide bisnis Elon Musk, gak berani comment banyak soalnya banyak pemujanya ... Last not least, Jouska dulu juga over-gloryfied tapi ujung-ujungnya ?
sedangkan mayoritas startup yang sukses punya produk konkrit di pasar...saya jg bingung si elon jualan mimpi awal2 tapi mayoritas org bangun bisnis juga inspirasinya jg dari mimpi jd sebenernya ga salah jualan mimpi tinggal tergantung si foundernya aja punya vision yang jelas apa ngga..klo bandingin sama wework terjun bebas baca beritanya foundernya malah beli jet pribadi bukannya ngurusin bisnis krn kaget dia disuntik masayoshi san si investment guru walopun ya bisnisnya kalo diliat bukan barang baru cuman sewa kantor pribadi idenya terlalu tradisional yang kemudian diangkat...ga semua hal tradisional bisa diangkat jadi sesuatu yang baru...
Mengenai valuasi yang pada diributkan itu kan perkiraan...gampangnya mrk dpt duid dari investor in total brp selama proses pendanaan 1 2 3 bukan total asset...semua duid dari angel investor...mrk ga akan mau melantai di bursa awalnya begitu bisnis udah mulai turning baru mereka berani melantai di bursa..semua itu duid dari angel investor yang berani rugi dan rata2 banyak yang duidnya memang bingung diputer dimana karena saking banyaknya mrk taruhan di suatu startup...semua founder kalo mau bikin pendanaan kan harus presentasi meyakinkan si investor rencana apa yang bakal dia buat ke depannya kalo investor ga yakin mana mau gelontorin dana triliunan yang ga jelas...ibarat kata kalo kita mau beli barang tapi salesnya neranginnya kurang yakin sama produknya sama sangsi sama produknya
Elon Musk gak diragukan lagi, technopreneur paling inspiratif. Mungkin raksasa otomotif, si Toyota berpendapat bisnis konsep besar mesti punya profitabilitas jangka panjang.
gak usah jauh2x lah sama porsche aja kebakaran jenggot padahal taycan mobil minim fitur dengan harga 2x lipet di banding tesla, belom HUMMER EV tungguin aja pabrikan laen yang mainstream keluarin EV bisa2x dia yang modiar duluan, karena dari dulu produk tesla gak menarik tapi ketika keluar taycan, hummer ev, honda E saya sendiri jadi mulai lirik2x produk ev keliatannya pabrikan mainstream lebih bisa liat market biarpun mereka jual ev, tesla cuma suksess karena mereka pioneer, tapi nanti kalo semua ud jual EV gw malah liat dia bisa colaps duluan
dan lagi saya sendiri nonton discovery , nat geo, history tiap hari isinya sama semua tentang muscle car di restorasi atau di bangun semua rata2x all about V8 malah ada ada acara tentang drag race muscle car gak pernah ada balapan mobil listrik, FORMULA E aja peminatnya sedikit ya mobil listrik cuma suksess karena pemerintah maksa penduduknya beli tuh mobil sebenernya market gak mau kalo kata bule kita di paksa beli mobil yang kita gak mau