Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8640
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

vipere wrote: 06 Jan 2022, 08:41
bukannya bahaya ya tidur di mobil dalam keadaaan nyala gitu. udah banyak kan kasus yang meninggal di parkiran mobil keracunan co2 .
o itu kl mobil goyang :mky_03:

btw yg bikin keracunan itu CO bukan CO2.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 941
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by vipere »

Omnibus wrote: 06 Jan 2022, 08:59
vipere wrote: 06 Jan 2022, 08:41
bukannya bahaya ya tidur di mobil dalam keadaaan nyala gitu. udah banyak kan kasus yang meninggal di parkiran mobil keracunan co2 .
o itu kl mobil goyang :mky_03:

btw yg bikin keracunan itu CO bukan CO2.
haha..jadi kalo gak goyang aman ya,om.
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4156
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ginting »

slapnuts wrote: 06 Jan 2022, 08:50
MaddMaxx wrote: 03 Jan 2022, 08:35
silentIm2 wrote: 03 Jan 2022, 03:25



Rest in peace. kurangi kecepatan ke ke kecepatan wajar kalau jalan basah. Ga perlu ikut2an orang kalau liat mobil lain lebih kencang.
sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.

crash1.png
crash2.jpeg

kalo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol :big_dunno:

salam safety first :big_okay:
yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya

Image
Image
Image
ini malah CX5 terjun ke jurang 40 meter dari atas jembatan
Image
Jadi gini, oom...
kalau monokok itu maka "rangka" mobil itu merata di semua body jadi satu.
maka dari itu kalau monokok dipapar atapnya, maka gak akan bisa jadi cabriolet..karena gak kuwat...

nah, kalau ladder frame, sepertinya di desain buat kuat ngangkat beban dalam kondisi berdiri tegak...
atap itu jauh kebih lemah dibanding kaki kaki (bagian bawah)...

maka dari itu perlu roll cage kalau mau diperkuat lagi..

selain itu juga tentu berat body ladder frame dan speed juga berpengaruh sama "gaya hempasan" saat guling guling.

my two cents ..

silahan berbeda pendapat dengan sehat...
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1593
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

ginting wrote: 06 Jan 2022, 11:53
Jadi gini, oom...
kalau monokok itu maka "rangka" mobil itu merata di semua body jadi satu.
maka dari itu kalau monokok dipapar atapnya, maka gak akan bisa jadi cabriolet..karena gak kuwat...

nah, kalau ladder frame, sepertinya di desain buat kuat ngangkat beban dalam kondisi berdiri tegak...
atap itu jauh kebih lemah dibanding kaki kaki (bagian bawah)...

maka dari itu perlu roll cage kalau mau diperkuat lagi..

selain itu juga tentu berat body ladder frame dan speed juga berpengaruh sama "gaya hempasan" saat guling guling.

my two cents ..

silahan berbeda pendapat dengan sehat...
kan emang ud rahasia umum ladder frame kuat kalo kecelakaan low speed jgn sampe kecelakaan fatal aja bisa bubar penumpangnya :big_biglaugh:

soalnya pajero saya berapa kali nabrak mobil sama nyerempet motor gak ada bekasnya sama sekali :big_biglaugh:
Fu227scd
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 23 Feb 2019, 16:53
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Swift GX

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Fu227scd »

Saling share aja ya, gk maksud menggurui kan udh ada bintang 5 jg , lihat dr awal tread no 1 sampe 15 ini kok tumben ada yg sedikit ngaco hehe di forum SM ini, FWD gw yg M16A aja pakek 225/30 8inch R19 depan belakang 225 8 inch jg, boros gk masalah , klu grib ban gk ngaruh sama lebar buat apa Mobil bokap dulu pakek conti csc6 yg sama kek ukuran awal mobil nya, knpa gk pakek ban dokar aja kan biar gk planning aqua 🤣, asik kali ya duo laris pakek ban dokar, kek jaman dulu hobby kami mahal thailook , motor aing kumaha aing, dan sekarang boil aing kumaha aing kek nya secara jg kredit lebih mudah dr cash,yg penting klu knpa knpa jgan ngajak sekitar, gk sekalian 195 aja atau dokar sekalian biar gk planning aqua wkwkwkwk, ya emang bener jika mbeledos ban yg tipis cenderung gk berubah drastis ground clear nya, tp ban tipis dan pendek jg ada load weight nya ada yg 500kg per pc ada yg di atas itu , tp klu gk sedap dipandang mata buat apa gan, lebih keras tp krn 11 taon gk ganti ketika ganti ban baru ya kerasa enak, pelit atau perhitungan bedanya tipis kok.wkwkwkwkwk tp ingat klu knpa knpa jgan ngajak ngajak orng di sekitar.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by silentIm2 »

Fu227scd wrote: 07 Jan 2022, 21:27 Saling share aja ya, gk maksud menggurui kan udh ada bintang 5 jg , lihat dr awal tread no 1 sampe 15 ini kok tumben ada yg sedikit ngaco hehe di forum SM ini, FWD gw yg M16A aja pakek 225/30 8inch R19 depan belakang 225 8 inch jg, boros gk masalah , klu grib ban gk ngaruh sama lebar buat apa Mobil bokap dulu pakek conti csc6 yg sama kek ukuran awal mobil nya, knpa gk pakek ban dokar aja kan biar gk planning aqua 🤣, asik kali ya duo laris pakek ban dokar, kek jaman dulu hobby kami mahal thailook , motor aing kumaha aing, dan sekarang boil aing kumaha aing kek nya secara jg kredit lebih mudah dr cash,yg penting klu knpa knpa jgan ngajak sekitar, gk sekalian 195 aja atau dokar sekalian biar gk planning aqua wkwkwkwk, ya emang bener jika mbeledos ban yg tipis cenderung gk berubah drastis ground clear nya, tp ban tipis dan pendek jg ada load weight nya ada yg 500kg per pc ada yg di atas itu , tp klu gk sedap dipandang mata buat apa gan, lebih keras tp krn 11 taon gk ganti ketika ganti ban baru ya kerasa enak, pelit atau perhitungan bedanya tipis kok.wkwkwkwkwk tp ingat klu knpa knpa jgan ngajak ngajak orng di sekitar.
Kenapa ga sekalian ban dokar? Karena ban dokar itu kapasitas side loading (beban ke arah samping) kecil. Ya bisa lurus membelah air sih ga masalah, tapi begitu belok kedodoran. Gw waktu masih alay juga supra ane pake ban cacing, jadi ngerti juga lah.

Soal yang bikin aquaplanning, rata-rata orang sepakat kok faktor utama itu overspeed. Kalo drivernya dodol ya jalan tol becek hajar saja 120 km++, tanpa peduli resikonya.
Past: 1 NZ-FE, EX250-J
Current: GM Z20 NLP
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11444
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

slapnuts wrote: 06 Jan 2022, 08:50 yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...

imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.

mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.

klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.

jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.

ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by benzz89 »

ChZ wrote:
slapnuts wrote: 06 Jan 2022, 08:50 yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...

imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.

mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.

klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.

jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.

ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
Kl dikasih roll cage & seat belt racing 5 titik + helm gitu aman gak mbah...

Khusus buat yg kaki bengis mentokin spido bawa gajah terbang Image
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1593
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

ChZ wrote: 08 Jan 2022, 10:00
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...

imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.

mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.

klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.

jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.

ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
kalo saya tau emang ladder frame itu gak punya crumple zone jdi kalo nabrak efek benturannya gak ada yang nyerap akhirnya ya gak tau lari kemana :big_think:

terus karena depannya terlalu kuat akhirnya pas kecelakaan fatal mesinnya dorong firewall dan neken ke dashboard imbasnya pilar Anya ketarik akhirnya bengkok :big_think:

sebenernya kalo ud ngomongin safety pilar A itu paling nentuin penumpang selamat apa engak makannya kenapa dulu saya sempet gak suka toyota karena rata2x mobil toyota kalo ud kena tabrakan parah pilar Anya bengkok parah malah kadang kepala penumpangnya bisa hajar jedela :big_bored:

biasanya yang bener pas nabrak mesin jatoh kebawah pilar a bengkok dikit kalo bisa utuh makannya banyak honda ud kentimpa container pun penumpang selamet karena honda biasa pilar Anya kuat banget saya pernah liat freed ketiban truk ukuran ELf pas di pilar a aja pilarnya utuh, makannya honda kalo ud nabrak depan sama belakangnya ringkih banget karena bagian itu di korbanin buat safety biar kalo kecelakaan fatal mesinnya jatoh dan gak dorong ke firewall dan disitu juga benturan di serap biar gak lari ke kabin :big_think:

Image

Image

masih inget kecelakaan ini dimana CRV di hajar atepnya sama suv hyundai lompat dari tol lawan arah si supir dengan coolnya masih duduk di mobil dengan kepala lecet padahal atepnya ud robek :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3630
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: 08 Jan 2022, 10:33
ChZ wrote:
slapnuts wrote: 06 Jan 2022, 08:50 yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya
nah ini menarik ane jg baru ngamatin ni klw mobil ladderprem biasa injury nya lebih fatal...

imho klo liat dari gimana struktur body shell mobil sbenernya atap itu memang bagian yang tidak didesain untuk menahan beban seberat itu. nah klo teori ane ini ada hubungannya dengan weight distribution dan center of gravity.

mobil monokok itu bodinya kan 1-piece dan secara bobot kendaraan balik ke basic physics massa dikali percepatan gravitasi (krn rollover) jadi mungkin masih dalam threshold kemampuan atap ditambah di bodi monokok bebannya bisa evenly distributed krn bodinya cuma 1-piece.

klw lederprem dia bodyshellnya waktu rollover sudah bobot kendaraannya berat, waktu rollover krn center of gravity berubah secara ekstrem pula maka hancurlah itu atap jadi rempeyek... walau teknologi manufacturing skrg udah canggih pun bebannya pasti udah evenly distributed tetep aja ada deadweight tambahan yang musti ditahan si atap.

jd betul kata mbah kalo ntu atap mobil lederprem harus nanggung bobot body shellnya sendiri + sasis dikali percepatan gravitasi, sementara atap monokok cuma nahan berat badannya sendiri dikali percepatan gravitasi.

ya moral of the story : truck emang gak diciptakan buat high speed wkwkwkwkw segala sesuatu dari rancang bangun awal sampe safety nya itu jelas ngga terpikirkan oleh pembuatnya untuk ntu mobil digeber sampe 200 km/h. we cannot defy the laws of physics
Kl dikasih roll cage & seat belt racing 5 titik + helm gitu aman gak mbah...

Khusus buat yg kaki bengis mentokin spido bawa gajah terbang Image
kyk rally dakar. mantap
*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11444
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

benzz89 wrote: 08 Jan 2022, 10:33 Kl dikasih roll cage & seat belt racing 5 titik + helm gitu aman gak mbah...

Khusus buat yg kaki bengis mentokin spido bawa gajah terbang Image
aman hrsnya mbah, ntu mobil2 tubular ama reli dakar dan high speed offroad khan gitu semua :upss:
b0ku wrote: 08 Jan 2022, 10:37 kalo saya tau emang ladder frame itu gak punya crumple zone jdi kalo nabrak efek benturannya gak ada yang nyerap akhirnya ya gak tau lari kemana :big_think:

terus karena depannya terlalu kuat akhirnya pas kecelakaan fatal mesinnya dorong firewall dan neken ke dashboard imbasnya pilar Anya ketarik akhirnya bengkok :big_think:

sebenernya kalo ud ngomongin safety pilar A itu paling nentuin penumpang selamat apa engak makannya kenapa dulu saya sempet gak suka toyota karena rata2x mobil toyota kalo ud kena tabrakan parah pilar Anya bengkok parah malah kadang kepala penumpangnya bisa hajar jedela :big_bored:

biasanya yang bener pas nabrak mesin jatoh kebawah pilar a bengkok dikit kalo bisa utuh makannya banyak honda ud kentimpa container pun penumpang selamet karena honda biasa pilar Anya kuat banget saya pernah liat freed ketiban truk ukuran ELf pas di pilar a aja pilarnya utuh, makannya honda kalo ud nabrak depan sama belakangnya ringkih banget karena bagian itu di korbanin buat safety biar kalo kecelakaan fatal mesinnya jatoh dan gak dorong ke firewall dan disitu juga benturan di serap biar gak lari ke kabin :big_think:

masih inget kecelakaan ini dimana CRV di hajar atepnya sama suv hyundai lompat dari tol lawan arah si supir dengan coolnya masih duduk di mobil dengan kepala lecet padahal atepnya ud robek :big_biglaugh:
nah kl rollover itu yg susah krn penahannya cuma atap jd efek benturan paling kuat di atap. sialnya lederprem impact benturan pasti lebih keras krn overall mass lebih berat.

again, semua bergantung skenario sih. klo titik pusat benturannya di pilar persis bakal lebih catastrophic damage nya. ngga distributed ke bagian lain dari rangka atap soalnya.

klo frontal crash beda lagi tentunya. tp bener sih rata rata lederprem emang crash score nya jelek. crumple zone nya ngga bisa optimum akibat struktur ada batang melintang di bawah.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1320
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Penikmat_Kopi »

Udah jangan pada ngebit kalau nyetir
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by benzz89 »

Ini gak ngebut tp terbalik juga Image

Yaris GR VS Land Rover



The almithy Yaris GR penyok aja kaga Image
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3630
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: 10 Jan 2022, 14:40 Ini gak ngebut tp terbalik juga Image

Yaris GR VS Land Rover



The almithy Yaris GR penyok aja kaga Image
we can't beat the law of physics

dan itu beneran land rover?
bukan land rover looks alike made in china kan? :mky_03:
*Colek me if I'm wrong
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by benzz89 »

Suryaputra wrote:
benzz89 wrote: 10 Jan 2022, 14:40 Ini gak ngebut tp terbalik juga Image

Yaris GR VS Land Rover



The almithy Yaris GR penyok aja kaga Image
we can't beat the law of physics

dan itu beneran land rover?
bukan land rover looks alike made in china kan? :mky_03:
Baca2 komentarnya sih Land Rover mbah... ntah itu yg KW cungkuo atau bukan.

Tp emang ntu Yaris GR wheel arch belakangnya lebar banget yah... seksi, semok, tembem gitu bokongnya... mana kuat banget lg strukturnya Image
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1285
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
darrelund
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: 10 Jan 2022, 14:49
benzz89 wrote: 10 Jan 2022, 14:40 Ini gak ngebut tp terbalik juga Image

Yaris GR VS Land Rover



The almithy Yaris GR penyok aja kaga Image
we can't beat the law of physics

dan itu beneran land rover?
bukan land rover looks alike made in china kan? :mky_03:
beneran itu, discovery sport :big_biglaugh:
darrelund
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by darrelund »

sering terjadi oom, emg bawa mobil ginian mesti sadar batas kemampuan sampe mana. soalnya dibawa 120-140 anteng sih

klo lurus boleh lah, tapi nanti klo udah ketemu belokan udah lain cerita :big_biglaugh:
Post Reply