Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by silentIm2 »

Ini sih supirnya dungu, sudah terasa gejala aquaplanning ketarik2 ke samping mobilnya dipanteng aja 120 - 140 km / jam.


Rest in peace. kurangi kecepatan ke ke kecepatan wajar kalau jalan basah. Ga perlu ikut2an orang kalau liat mobil lain lebih kencang.
Secara fisika, friksi itu dirumuskan koefisien friksi dikali gaya normal. Note, luas kontak ban tidak ada pengaruhnya dengan grip. menurut Jones & Childers, Contemporary College Physics, koefisien friksi ban antara 0,7 di bidang kering dan 0,4 di bidang basah, bahkan bisa turun ke 0,1 saat tergelincir. Koefisien friksi bisa berubah2 sesuai kondisi. gaya normal adalah gaya tekan ban dari berat kendaraan digabung gaya putar ban secara vektor. Hubungan friksi dan gaya sesuai grafik di bawah.
Image
Saat ban memiliki grip, yang berlaku itu static force, setelah static force memuncak, ban kehilangan grip, yang berlaku itu kinetic force. Koefisien friksi kinetic force lebih rendah dibanding puncak static force.

Nah dari situ bisa dilihat, grip ban secara kasar hanya 57% saat basah dibanding kering. Misalnya ban sudah dirating untuk kecepatan 210 km / jam (tipe H), maka kecepatan maksimal amannya hanya 120 km/jam saat basah.

Tentu dikurangi berbagai faktor, misalnya yang paling penting pengereman. Bila momentum beban melebihi kapasitas gaya friksi ban, ban akan tergelincir. Masalahnya saat ban sudah tergelincir, koefisien friksi menurun sampai ke 0,1 saat basah. Yang berlaku adalah kinetic force dari grafik di atas.

Kedua sudut belok ban. Sudut belok ban juga menambah gaya friksi ban. Saat belok, kalau kapasitas friksi melebihi di ban depan, yang terjadi understeer, kalau belakang, jadi oversteer. Kejadian pajero kecelakaan di youtube TS itulah oversteer.

Itulah mengapa batas kecepatan di tol dibatasi 100 km / jam, insinyur mempertimbangkan faktor-faktor di atas. Dari sudut belokan, kemiringan apex belokan, grip ban dengan beton, termasuk simulasi komputer untuk merancang batas grip yang aman, dan tantangan-tantangan pelaksanaan proyek di lapangan. Di lapangan pun tidak bisa mengikuti 100 persen akurat dengan desain gambar.

Trus mengapa ban tapak lebar umumnya lebih punya grip daripada ban kecil? Kompon, ban tapak lebar punya kompon yang lebih lunak, karena ban tapak lebar memiliki kontak area yang lebih besar, gaya tekan ban per luas area lebih kecil, sehingga tidak cepat aus.Tapi gaya tekan ban yang berkurang ini juga mengurangi kemampuan ban mengevakuasi air / menembus genangan air. Sehingga ban tapak lebar memang punya grip yang lebih besar di jalan kering, tapi gripnya lebih buruk di jalan basah atau licin. Makanya innova belum tergelincir, pajero sudah tergelincir.

Terus ini pengalaman pribadi juga, spooring / alignment dan balancing roda itu pengaruh sama grip di jalan basah. Captiva saya sebelum spooring sudut toe nya terlalu masuk, waktu jalan basah, mobil seakan2 ketarik ke arah genangan air. Masalahnya ga semua bengkel spooring itu sama, belum tentu kalibrasinya akurat.
Past: 1 NZ-FE, EX250-J
Current: GM Z20 NLP
MaddMaxx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: 08 Dec 2019, 12:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by MaddMaxx »

silentIm2 wrote: 03 Jan 2022, 03:25


Rest in peace. kurangi kecepatan ke ke kecepatan wajar kalau jalan basah. Ga perlu ikut2an orang kalau liat mobil lain lebih kencang.
sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.
crash1.png
crash2.jpeg
crash2.jpeg (25.16 KiB) Viewed 558 times
kalo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol :big_dunno:

salam safety first :big_okay:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

MaddMaxx wrote: 03 Jan 2022, 08:35
silentIm2 wrote: 03 Jan 2022, 03:25


Rest in peace. kurangi kecepatan ke ke kecepatan wajar kalau jalan basah. Ga perlu ikut2an orang kalau liat mobil lain lebih kencang.
sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.

crash1.png
crash2.jpeg

klo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol :big_dunno:

salam safety first :big_okay:
Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.

Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk

Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.

Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.

Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.

Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh :mky_04:
*Colek me if I'm wrong
pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1289
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 08:50
MaddMaxx wrote: 03 Jan 2022, 08:35
silentIm2 wrote: 03 Jan 2022, 03:25



Rest in peace. kurangi kecepatan ke ke kecepatan wajar kalau jalan basah. Ga perlu ikut2an orang kalau liat mobil lain lebih kencang.
sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.

crash1.png
crash2.jpeg

klo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol :big_dunno:

salam safety first :big_okay:
Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.

Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk

Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.

Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.

Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.

Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh :mky_04:
Setuju banget sama semua yang ditulis mbah di atas.
Ironisnya lagi nampaknya masih banyak orang yang gak bisa bedain mana hoki mana skill.
Dikiranya berhasil selamat setelah ngebut di sirkuit transjawabahn itu karena faktor skill, berhasil nyalip di tikungan blindspot dikiranya skill...padahal itu pure luck aja.

Mobilnya terguling, makanya atap jadi gepeng.

Rest in peace buat korban dan semoga keluarga korban diberi kekuatan.

Semoga bisa jadi pelajaran buat warga sm semuanya. Sudah banyak kejadian seperti ini, masak iya mau nunggu terjadi di diri sendiri baru mau belajar?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2517
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by evanbngdor »

pengendiesel wrote: 03 Jan 2022, 09:27
Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 08:50
MaddMaxx wrote: 03 Jan 2022, 08:35

sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.

crash1.png
crash2.jpeg

klo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol :big_dunno:

salam safety first :big_okay:
Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.

Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk

Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.

Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.

Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.

Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh :mky_04:
Setuju banget sama semua yang ditulis mbah di atas.
Ironisnya lagi nampaknya masih banyak orang yang gak bisa bedain mana hoki mana skill.
Dikiranya berhasil selamat setelah ngebut di sirkuit transjawabahn itu karena faktor skill, berhasil nyalip di tikungan blindspot dikiranya skill...padahal itu pure luck aja.

Mobilnya terguling, makanya atap jadi gepeng.

Rest in peace buat korban dan semoga keluarga korban diberi kekuatan.

Semoga bisa jadi pelajaran buat warga sm semuanya. Sudah banyak kejadian seperti ini, masak iya mau nunggu terjadi di diri sendiri baru mau belajar?
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.

Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11404
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 08:50
Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.

Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk

Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.

Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.

Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.

Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh :mky_04:
skrg tuh yang ngeri di tol paling gila ngebut emang duo gajah diesel dan kijang diesel... lupa kali kalo center of gravitynya tinggi keenakan torsi diesel di bawah ngejambak buat salip salip... kemaren di toll aja 2x berangkat ama pulang disalip ama kijang diesel ugal 2x...

maka nya tiap ketemu gajah diesel atau kijang diesel ugal minggir dah ane... nyalip mah bs tp mereka cilaka ane kena batunya wkwkwkwkkw. apalagi liat tampilan serba standar cm modal remap asep cumi cumi udah klo haywire meleng dikit ancur.

----------------------------------------------------

ngomong2 ada stereotip lucu tiap ada kecelakaan di tol....

kalo mobil LCGC/LMPV : yang dibahas mobil kaleng krupuk gak safety dll

kalo yang kena duo gajah diesel : yang dibahas mobil tinggi gak aman buat ugal ugalan.

kalo yang kena sedan mewah / sportcar / supercar : "wang gak bisa beli otak" katanya.

:big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 03 Jan 2022, 10:09
Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 08:50
Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.

Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk

Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.

Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.

Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.

Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh :mky_04:
skrg tuh yang ngeri di tol paling gila ngebut emang duo gajah diesel dan kijang diesel... lupa kali kalo center of gravitynya tinggi keenakan torsi diesel di bawah ngejambak buat salip salip... kemaren di toll aja 2x berangkat ama pulang disalip ama kijang diesel ugal 2x...

maka nya tiap ketemu gajah diesel atau kijang diesel ugal minggir dah ane... nyalip mah bs tp mereka cilaka ane kena batunya wkwkwkwkkw. apalagi liat tampilan serba standar cm modal remap asep cumi cumi udah klo haywire meleng dikit ancur.

----------------------------------------------------

ngomong2 ada stereotip lucu tiap ada kecelakaan di tol....

kalo mobil LCGC/LMPV : yang dibahas mobil kaleng krupuk gak safety dll

kalo yang kena duo gajah diesel : yang dibahas mobil tinggi gak aman buat ugal ugalan.

kalo yang kena sedan mewah / sportcar / supercar : "wang gak bisa beli otak" katanya.

:big_biglaugh:
Intinya sihh,, klo kecelakaan di sirkuit, baru gak dibully sama stereotyper
Wkwkwkwk.
*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11404
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 10:18
Intinya sihh,, klo kecelakaan di sirkuit, baru gak dibully sama stereotyper
Wkwkwkwk.
nanti dibully lagi mbah

"bisa sewa sirkuit tapi gak bisa nyetir percuma"
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 03 Jan 2022, 10:36
Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 10:18
Intinya sihh,, klo kecelakaan di sirkuit, baru gak dibully sama stereotyper
Wkwkwkwk.
nanti dibully lagi mbah

"bisa sewa sirkuit tapi gak bisa nyetir percuma"
:big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8584
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

evanbngdor wrote: 03 Jan 2022, 10:01
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.

Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
sy terakhir di transjawabahn arah dr sby itu kena serangan microsleep parah banget. saking parahnya mau sampai ke rest area terdekat aja susah banget melawan rasa kantuk itu. untungnya sy punya booklet kecil yg sy print sendiri hasil dr nyari2 di internet dan sy selipin ke sun visor jd sewaktu2 perlu cek di km brp rest area terdekat itu gampang nyari taunya.

begitu mobil stop di RA, langsung tertidur. berasa tidur lama bgt sampai pas bangun kaget krn mesin tetap jd genset pake ac diluar terik, nanya apa sy tidur 2 jam ada ya? eh dijawab cuma tidur 15 menit. abis itu stretching diluar mobil n lanjut lagi sampe bdg ga ngantuk2 lagi.
to all: sy sekedar sharing microsleep itu memang nyata dan bahaya, tp ngehandle nya jg ga susah asal kita well informed n well prepared.

IMG_20220103_121917~2.jpg
IMG_20220103_122001~2.jpg
IMG_20220103_121944~2.jpg
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 03 Jan 2022, 12:29
evanbngdor wrote: 03 Jan 2022, 10:01
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.

Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
sy terakhir di transjawabahn arah dr sby itu kena serangan microsleep parah banget. saking parahnya mau sampai ke rest area terdekat aja susah banget melawan rasa kantuk itu. untungnya sy punya booklet kecil yg sy print sendiri hasil dr nyari2 di internet dan sy selipin ke sun visor jd sewaktu2 perlu cek di km brp rest area terdekat itu gampang nyari taunya.

begitu mobil stop di RA, langsung tertidur. berasa tidur lama bgt sampai pas bangun kaget krn mesin tetap jd genset pake ac diluar terik, nanya apa sy tidur 2 jam ada ya? eh dijawab cuma tidur 15 menit. abis itu stretching diluar mobil n lanjut lagi sampe bdg ga ngantuk2 lagi.
to all: sy sekedar sharing microsleep itu memang nyata dan bahaya, tp ngehandle nya jg ga susah asal kita well informed n well prepared.


IMG_20220103_121917~2.jpg


IMG_20220103_122001~2.jpg


IMG_20220103_121944~2.jpg
Gpp jd genset 200 jam juga :weekk:

Kan pk amsowel signature, bisa up to 700 jam engine hours :ngacir:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8584
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 12:43
Gpp jd genset 200 jam juga :weekk:

Kan pk amsowel signature, bisa up to 700 jam engine hours :ngacir:
ga tega mobil stop mbah. diluar udah kaya di gurun kuwait bin dubai 39°C :weekk:
pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1289
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote: 03 Jan 2022, 12:29
evanbngdor wrote: 03 Jan 2022, 10:01
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.

Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
sy terakhir di transjawabahn arah dr sby itu kena serangan microsleep parah banget. saking parahnya mau sampai ke rest area terdekat aja susah banget melawan rasa kantuk itu. untungnya sy punya booklet kecil yg sy print sendiri hasil dr nyari2 di internet dan sy selipin ke sun visor jd sewaktu2 perlu cek di km brp rest area terdekat itu gampang nyari taunya.

begitu mobil stop di RA, langsung tertidur. berasa tidur lama bgt sampai pas bangun kaget krn mesin tetap jd genset pake ac diluar terik, nanya apa sy tidur 2 jam ada ya? eh dijawab cuma tidur 15 menit. abis itu stretching diluar mobil n lanjut lagi sampe bdg ga ngantuk2 lagi.
to all: sy sekedar sharing microsleep itu memang nyata dan bahaya, tp ngehandle nya jg ga susah asal kita well informed n well prepared.


IMG_20220103_121917~2.jpg


IMG_20220103_122001~2.jpg


IMG_20220103_121944~2.jpg
Obatnya ngantuk cuma 1, tidur. Sudah itu aja.
Mending buang waktu 2 jam buat tidur di perjalanan drpd microsleep pas lagi nyetir.
Tapi masalahnya mau tidur di mana kalo belum ketemu tempat berhenti yang proper?
Asal berhenti di pinggir jalan malah nyawa taruhannya.

Persiapan saya kalo mau jalan lukot :
1. Permen karet. Sepanjang perjalanan saya ngunyah permen karet non stop. Ini trik no 1 saya. Sangat membantu sekali. Tapi kalo udah ngunyah permen karet masih dateng aja ngantuknya, maka lanjut ke
2. Krat*ngd*eng. Hanya diminum di kondisi darurat kalo belum bisa nemuin tempat berhenti yang proper. Lumayan, bisa buying time sekitar 1-3 jam.

Pernah sekali jalan di transjawa, udah ngunyah permen karet masih ngantuk banget. Lupa gak bawa yang no 2.
Ketemu ra langsung coba tidur. Lah bangke....malah gak bisa tidur.
Akhirnya jalan, untung gak jauh ketemu exit. Langsung exit dan lanjut lewat jalan biasa.
Ajaibnya, dibawa spirited driving sampe tujuan 3 jam kemudian gak ngantuk sama sekali.
Emang tol panjang ini boring banget. Otak, mata, tangan, kaki semuanya pada konstan terus.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8720
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by marmut »

pengendiesel wrote: 03 Jan 2022, 13:11




Persiapan saya kalo mau jalan lukot :
1. Permen karet. Sepanjang perjalanan saya ngunyah permen karet non stop. Ini trik no 1 saya. Sangat membantu sekali. Tapi kalo udah ngunyah permen karet masih dateng aja ngantuknya, maka lanjut ke
2. Krat*ngd*eng. Hanya diminum di kondisi darurat kalo belum bisa nemuin tempat berhenti yang proper. Lumayan, bisa buying time sekitar 1-3 jam.

Pernah sekali jalan di transjawa, udah ngunyah permen karet masih ngantuk banget. Lupa gak bawa yang no 2.
Ketemu ra langsung coba tidur. Lah bangke....malah gak bisa tidur.
Akhirnya jalan, untung gak jauh ketemu exit. Langsung exit dan lanjut lewat jalan biasa.
Ajaibnya, dibawa spirited driving sampe tujuan 3 jam kemudian gak ngantuk sama sekali.
Emang tol panjang ini boring banget. Otak, mata, tangan, kaki semuanya pada konstan terus.


kalo saya no. 1 musti tidur cukup, karena udah tau bakal perjalanan jauh dan nggak mungkin tidur sembari nyetir.
kalo yang nomer 2 pernah coba, emang bener lumayan ngebantu tapi sedikit.

misal sudah gejala ngantuk tapi belum memungkinkan brenti, saya biasa buka jendela sedikit supaya ada sirkulasi udara.
lumayan seger.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3568
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 03 Jan 2022, 12:51
Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 12:43
Gpp jd genset 200 jam juga :weekk:

Kan pk amsowel signature, bisa up to 700 jam engine hours :ngacir:
ga tega mobil stop mbah. diluar udah kaya di gurun kuwait bin dubai 39°C :weekk:
Buka kap mesin nya full mbah.
Beneran ngebantu sirkulasi internal mesin jd jauh lbh baik dan dingin.
Proven di gurun bekasi.
Wkwkwkkw.
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8584
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 13:47
Omnibus wrote: 03 Jan 2022, 12:51
Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 12:43
Gpp jd genset 200 jam juga :weekk:

Kan pk amsowel signature, bisa up to 700 jam engine hours :ngacir:
ga tega mobil stop mbah. diluar udah kaya di gurun kuwait bin dubai 39°C :weekk:
Buka kap mesin nya full mbah.
Beneran ngebantu sirkulasi internal mesin jd jauh lbh baik dan dingin.
Proven di gurun bekasi.
Wkwkwkkw.
bener juga ...... :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8584
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

marmut wrote: 03 Jan 2022, 13:29
pengendiesel wrote: 03 Jan 2022, 13:11




Persiapan saya kalo mau jalan lukot :
1. Permen karet. Sepanjang perjalanan saya ngunyah permen karet non stop. Ini trik no 1 saya. Sangat membantu sekali. Tapi kalo udah ngunyah permen karet masih dateng aja ngantuknya, maka lanjut ke
2. Krat*ngd*eng. Hanya diminum di kondisi darurat kalo belum bisa nemuin tempat berhenti yang proper. Lumayan, bisa buying time sekitar 1-3 jam.

Pernah sekali jalan di transjawa, udah ngunyah permen karet masih ngantuk banget. Lupa gak bawa yang no 2.
Ketemu ra langsung coba tidur. Lah bangke....malah gak bisa tidur.
Akhirnya jalan, untung gak jauh ketemu exit. Langsung exit dan lanjut lewat jalan biasa.
Ajaibnya, dibawa spirited driving sampe tujuan 3 jam kemudian gak ngantuk sama sekali.
Emang tol panjang ini boring banget. Otak, mata, tangan, kaki semuanya pada konstan terus.


kalo saya no. 1 musti tidur cukup, karena udah tau bakal perjalanan jauh dan nggak mungkin tidur sembari nyetir.
kalo yang nomer 2 pernah coba, emang bener lumayan ngebantu tapi sedikit.

misal sudah gejala ngantuk tapi belum memungkinkan brenti, saya biasa buka jendela sedikit supaya ada sirkulasi udara.
lumayan seger.
ga sampe kaya gini kan mbah? :ungg:


Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8720
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by marmut »

Omnibus wrote: 03 Jan 2022, 16:01

ga sampe kaya gini kan mbah? :ungg:


Image


silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by silentIm2 »

ChZ wrote: 03 Jan 2022, 10:36
Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 10:18
Intinya sihh,, klo kecelakaan di sirkuit, baru gak dibully sama stereotyper
Wkwkwkwk.
nanti dibully lagi mbah

"bisa sewa sirkuit tapi gak bisa nyetir percuma"

Menurut saya sih keputusan pintar gan maen di sirkuit. Di sirkuit lah kita bisa belajar feel handling kendaraan di kecepatan tinggi tanpa bahayakan diri sendiri dan orang lain. Bawa mobil standaran aja. Ato kalo pas ada coaching clinic, ikut saja.

Bahkan maen gokart sekali2, tapi bawanya gas pol, itu sudah membantu feel.

Belajar trailing brake dengan kaki kiri di pedal rem untuk minimalisasi body roll dan mengurangi understeer. Ato kalo mobilnya gampang oversteer, bagaimana antisipasinya mengontrol dengan rem dan pedal gas, serta steering. Gokart itu gampang sekali oversteer. gokart juga ngerem pake kaki kiri, jadi melatih feel kaki kiri juga.

Saya pengalaman dulu bawa ninja juga coba belajar cornering di sirkuit otodidak + youtube, saya jadi bisa belajar limit2 handling motor tanpa bahayakan diri sendiri kalo belajar di jalan. Jatuh pun motornya ga kan separah jatuh di jalan. Dan tehnik yg didapat bisa diaplikasikan di jalan raya untuk menjadi safer better deiver.

Yg penting ga tengsin dibalap bocil pembalap pake revo di tikungan, atau dibalap orang lain yg pake mobil honda nuvo jadul.

Kalo di luar negeri namanya advanced driving course, ya anggap aja kursus mobil tapi untuk driver tingkat lanjut.
Past: 1 NZ-FE, EX250-J
Current: GM Z20 NLP
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4154
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ginting »

evanbngdor wrote: 03 Jan 2022, 10:01
pengendiesel wrote: 03 Jan 2022, 09:27
Suryaputra wrote: 03 Jan 2022, 08:50

Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.

Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk

Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.

Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.

Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.

Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh :mky_04:
Setuju banget sama semua yang ditulis mbah di atas.
Ironisnya lagi nampaknya masih banyak orang yang gak bisa bedain mana hoki mana skill.
Dikiranya berhasil selamat setelah ngebut di sirkuit transjawabahn itu karena faktor skill, berhasil nyalip di tikungan blindspot dikiranya skill...padahal itu pure luck aja.

Mobilnya terguling, makanya atap jadi gepeng.

Rest in peace buat korban dan semoga keluarga korban diberi kekuatan.

Semoga bisa jadi pelajaran buat warga sm semuanya. Sudah banyak kejadian seperti ini, masak iya mau nunggu terjadi di diri sendiri baru mau belajar?
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.

Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
saya cuma ngebayanginya kalau Toll Trans Sumatera udah jadi 100% , yang 2500 km dari Bakauheni - Banda Aceh...apa yang bisa dilakukan supaya gak ngantuk ya ?
saya nyetir di jalan lintas sumatera gak ngantuk karena badan kerja terus muter setir...kelok kelok..
kalau di toll.cuma jalan lurus,..maka mata lama lama redup..badan relax..akhirnya ngantuk..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2517
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by evanbngdor »

ginting wrote: 05 Jan 2022, 22:39
evanbngdor wrote: 03 Jan 2022, 10:01
pengendiesel wrote: 03 Jan 2022, 09:27

Setuju banget sama semua yang ditulis mbah di atas.
Ironisnya lagi nampaknya masih banyak orang yang gak bisa bedain mana hoki mana skill.
Dikiranya berhasil selamat setelah ngebut di sirkuit transjawabahn itu karena faktor skill, berhasil nyalip di tikungan blindspot dikiranya skill...padahal itu pure luck aja.

Mobilnya terguling, makanya atap jadi gepeng.

Rest in peace buat korban dan semoga keluarga korban diberi kekuatan.

Semoga bisa jadi pelajaran buat warga sm semuanya. Sudah banyak kejadian seperti ini, masak iya mau nunggu terjadi di diri sendiri baru mau belajar?
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.

Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
saya cuma ngebayanginya kalau Toll Trans Sumatera udah jadi 100% , yang 2500 km dari Bakauheni - Banda Aceh...apa yang bisa dilakukan supaya gak ngantuk ya ?
saya nyetir di jalan lintas sumatera gak ngantuk karena badan kerja terus muter setir...kelok kelok..
kalau di toll.cuma jalan lurus,..maka mata lama lama redup..badan relax..akhirnya ngantuk..
Preventif nya mungkin pasang speed bump atau jalan bernada kayak di tol mojokerto-kediri itu. Cuma tetep itu ngga akan bisa 100% mengurangi ngantuk.

Idealnya ya kondisi badan tetap harus fit dan aware, harus diri masing-masing yg ngendaliin gimana caranya, apakah nyetel lagu, bersenandung, atau melakukan hal lain.

Masalahnya skg makin banyak fitur2 yang bikin pengemudi dimanjakan, contohnya adaptive cruise control. Potensi ngantuk pake mobil yg ada fitur itu pasti berkali2 lipat.

Mungkin mobil dengan transmisi manual bisa mengurangi potensi ngantuk, karena aktivitas nya jauh lebih banyak
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 940
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by vipere »

Omnibus wrote: 03 Jan 2022, 12:29
evanbngdor wrote: 03 Jan 2022, 10:01
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.

Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
sy terakhir di transjawabahn arah dr sby itu kena serangan microsleep parah banget. saking parahnya mau sampai ke rest area terdekat aja susah banget melawan rasa kantuk itu. untungnya sy punya booklet kecil yg sy print sendiri hasil dr nyari2 di internet dan sy selipin ke sun visor jd sewaktu2 perlu cek di km brp rest area terdekat itu gampang nyari taunya.

begitu mobil stop di RA, langsung tertidur. berasa tidur lama bgt sampai pas bangun kaget krn mesin tetap jd genset pake ac diluar terik, nanya apa sy tidur 2 jam ada ya? eh dijawab cuma tidur 15 menit. abis itu stretching diluar mobil n lanjut lagi sampe bdg ga ngantuk2 lagi.
to all: sy sekedar sharing microsleep itu memang nyata dan bahaya, tp ngehandle nya jg ga susah asal kita well informed n well prepared.


IMG_20220103_121917~2.jpg


IMG_20220103_122001~2.jpg


IMG_20220103_121944~2.jpg
bukannya bahaya ya tidur di mobil dalam keadaaan nyala gitu. udah banyak kan kasus yang meninggal di parkiran mobil keracunan co2 .
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by slapnuts »

MaddMaxx wrote: 03 Jan 2022, 08:35
silentIm2 wrote: 03 Jan 2022, 03:25


Rest in peace. kurangi kecepatan ke ke kecepatan wajar kalau jalan basah. Ga perlu ikut2an orang kalau liat mobil lain lebih kencang.
sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.

crash1.png
crash2.jpeg

kalo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol :big_dunno:

salam safety first :big_okay:
yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?
kalau melihat kasus mobil lain terbalik kok ga separah duo gajah ini ya

Image
Image
Image
ini malah CX5 terjun ke jurang 40 meter dari atas jembatan
Image
Post Reply