Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Salvanost »

Suryaputra wrote: Sun Nov 27, 2022 6:40
Salvanost wrote: Sun Nov 27, 2022 6:32
b0ku wrote: Sun Nov 27, 2022 2:09

voxy ban orinya apa om gak semua ban punya ranting bagus buat wet grip kalo mau meminimalisir aquaplanning nyari ban yang ranting wet gripnya bagus nah ini kenapa saya kalo sama SUV ud hopeless mending nyetir hati2x aja :big_dunno:

karena SUV mayoritas ranting wet gripnya jelek yang bagus biasanya ban all season atau semi sport buat mobil sedan saya biasa sih pake semi sport kalo menurut saya seumur2x yang paling enak WET gripnya itu toyo awalnya sih pake T1R terus ke DRB 2 ini sih enak malah pernah saya hajar 160kmh lagi ujan gede :mky_03:

kalo sekarang di GE8 saya pake GT GTX PRO so far blom pernah saya coba hajar di tol pas ujan gede tapi kalo pas ujan2x sih lumayan gripnya :big_bored:



yang ngaruh emang bentuk kembangnya om kalo tebel engak ngaruh kalo alur kembangnya buang aernya jelek masalahnya jarang ban yang ranting wetgripnynya tinggi biasanya cuma ada di ban all season sama ban semi sport kalo ud ban bener2x balap ud agak xtreme buat balap kek advan micin sport dkk malah kena aer malah licin iya :big_biglaugh:

makanya ban mahal gitu sebenernya buang2x duit kalo pakenya cuma di jalan karena pas ujan nangis2x sama wet gripnya :big_biglaugh:

soalnya saya dulu pernah melintir di tol lari cruising 120kmh lagi ujan gede pake grand livina bannya dunlop untung kagak nabrak cuma melintang tengah jalan , sejak itu kapok nyari ban yang wetgripnya bagus :big_biglaugh:
https://www.tyrereviews.com/Tyre/Yokohama/E70D-db.htm

Ga tau kedepannya ganti apaan...
Tapi cukup bilang hati2 pas hujan deh...
Ga usah ngebut pake mobil box

Dueler 800k
Wet grip dibilang kurang tapi masih lebih oke

Mungkin kembangan dueller lebih dalam makanya pas hujan aman
https://www.yokohama.com.au/our-range/t ... ar%20Tyres

Designed for wet traction padahal.
Tapi genangannya ketinggian mungkin, jd udh melebihi batas toleransi maximal nya.

Lihat gap treadnya juga besar.
Yg ini om post lama saya
Nerabas genangan air panjang 50 meter
Di 70km/jam
Salvanost wrote: Sat Mar 12, 2022 8:59 Tadi hujan deras di toll arah pondok indah Jakarta.
Jalur paling kanan ada genangan air 50 meter
Gua lindas aja pake Voxy di kecepatan 70km/jam

Sialan cuma bisa pasrah doank gua stir lurus, lepas pedal, sama ngerasain sedikit gejala aquaplaning dan mobil kegeser dikit padahal setir lurus...

Ga aman sama sekali mobil box lawan aquaplaning di kec rendah. Apalagi kecepatan tinggi...

Lah gua pindah ke jalur tengah main aman aja.

Jalur kanan innova, avanza, fortuner ngebut 100km/jam genangan air diterabas aja. Geleng2 kepala aja gua. Gimana ga banyak berita aquaplaning hujan deras aja masih berani 100km/jam
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Salvanost »

Kalau outlander 100km/jam pake dueler sih masih berani genangan air...

Cuma emang licin dueler... tapi pengalaman mobil geser cuma pas Voxy doank

Kalau licinnya dueler masih lurus ga pindah2

Voxy setir lurus, jalan bisa ga lurus
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

Salvanost wrote: Sun Nov 27, 2022 6:32 https://www.tyrereviews.com/Tyre/Yokohama/E70D-db.htm

Ga tau kedepannya ganti apaan...
Tapi cukup bilang hati2 pas hujan deh...
Ga usah ngebut pake mobil box

Dueler 800k
Wet grip dibilang kurang tapi masih lebih oke

Mungkin kembangan dueller lebih dalam makanya pas hujan aman
yokohama cukup bagus loh om dulu nyokap saya ujan2x gede bawa optra sih dia lari 160kmh ke puncak waktu itu saya masih 20thn :big_biglaugh:

bannya yokohama apa lupa namanya bawaan mobil kok :big_think:

mungkin kena genangaannya terlalu dalem kalo dueller mah malah gak enak dulu saya pake di CRV sering selip :big_biglaugh:



ini sih foto freed dulu model mirip2x kek voxy :mky_03:
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Ivano »

Kondisi seperti ini, untungnya pakai ANPS Dakar 4x4, meskipun keluaran awal (2016)

Cukup pasang selector di 4H, nyetir lebih confident.

Tidak untuk ngebut (meskipun dulu pernah hujan deras di tol 160+ KPH - good old time), sekarang bila perlu take over 120 KPH ada genangan tetap controllable.

Sementara ini pakai ban Toyo Opencountry A32 kayak bawaan dulu.

Mobil yg enak, irit (biosolar dari baru), empuk, enggak limbung, power melimpah, tampang ok buat ketemu client, nge mall, offroad ringan.

Very good package.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Salvanost »

b0ku wrote: Sun Nov 27, 2022 7:05
Salvanost wrote: Sun Nov 27, 2022 6:32 https://www.tyrereviews.com/Tyre/Yokohama/E70D-db.htm

Ga tau kedepannya ganti apaan...
Tapi cukup bilang hati2 pas hujan deh...
Ga usah ngebut pake mobil box

Dueler 800k
Wet grip dibilang kurang tapi masih lebih oke

Mungkin kembangan dueller lebih dalam makanya pas hujan aman
yokohama cukup bagus loh om dulu nyokap saya ujan2x gede bawa optra sih dia lari 160kmh ke puncak waktu itu saya masih 20thn :big_biglaugh:

bannya yokohama apa lupa namanya bawaan mobil kok :big_think:

mungkin kena genangaannya terlalu dalem kalo dueller mah malah gak enak dulu saya pake di CRV sering selip :big_biglaugh:



ini sih foto freed dulu model mirip2x kek voxy :mky_03:
astaga om, angkat tangan saya, 100km/jam aja suka licin apalagi segitu :big_exellent:
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ariswp »

b0ku wrote: Sun Nov 27, 2022 7:05
Salvanost wrote: Sun Nov 27, 2022 6:32 https://www.tyrereviews.com/Tyre/Yokohama/E70D-db.htm

Ga tau kedepannya ganti apaan...
Tapi cukup bilang hati2 pas hujan deh...
Ga usah ngebut pake mobil box

Dueler 800k
Wet grip dibilang kurang tapi masih lebih oke

Mungkin kembangan dueller lebih dalam makanya pas hujan aman
yokohama cukup bagus loh om dulu nyokap saya ujan2x gede bawa optra sih dia lari 160kmh ke puncak waktu itu saya masih 20thn :big_biglaugh:

bannya yokohama apa lupa namanya bawaan mobil kok :big_think:

mungkin kena genangaannya terlalu dalem kalo dueller mah malah gak enak dulu saya pake di CRV sering selip :big_biglaugh:



ini sih foto freed dulu model mirip2x kek voxy :mky_03:
Salah fokus sama avg fuel cons nya yang 6.6 km/l :big_smoking:
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Sun Nov 27, 2022 7:05
Salvanost wrote: Sun Nov 27, 2022 6:32 https://www.tyrereviews.com/Tyre/Yokohama/E70D-db.htm

Ga tau kedepannya ganti apaan...
Tapi cukup bilang hati2 pas hujan deh...
Ga usah ngebut pake mobil box

Dueler 800k
Wet grip dibilang kurang tapi masih lebih oke

Mungkin kembangan dueller lebih dalam makanya pas hujan aman
yokohama cukup bagus loh om dulu nyokap saya ujan2x gede bawa optra sih dia lari 160kmh ke puncak waktu itu saya masih 20thn :big_biglaugh:

bannya yokohama apa lupa namanya bawaan mobil kok :big_think:

mungkin kena genangaannya terlalu dalem kalo dueller mah malah gak enak dulu saya pake di CRV sering selip :big_biglaugh:



ini sih foto freed dulu model mirip2x kek voxy :mky_03:
Imho ini sih pure luck saja gak ketemu air yang bisa bikin aquaplanning.
Sama kayak family saya,wanita usia mendekati 50,tapi doyan ngebut. Pernah hujan2 di tol bawa anki jalan 140-160 ya gak kenapa2 tuh.

Masalahnya kalo cuma ngandalin luck saja,yang namanya hoki itu kan gak selalu datang. Sekalinya gak datang,.......lanjutin sendiri deh
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Zaxis »

Lagi ujan terus ngebut segitu yah sama aja mendekatkan diri ke tuhan
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 4:13
Imho ini sih pure luck saja gak ketemu air yang bisa bikin aquaplanning.
Sama kayak family saya,wanita usia mendekati 50,tapi doyan ngebut. Pernah hujan2 di tol bawa anki jalan 140-160 ya gak kenapa2 tuh.

Masalahnya kalo cuma ngandalin luck saja,yang namanya hoki itu kan gak selalu datang. Sekalinya gak datang,.......lanjutin sendiri deh
nope om ada tekniknya gak bisa lsg sikat full trotle itu bakalan lsg mental karena torsi, ini yang bikin banyak paejero fortuner melintir kena aquaplanning dan saya sering omong di komen sebelomnya torsinya terlalu besar ditambah keluarnya dari turbo tau sendiri turbo kalo dah spolling ud kayak efek katapel..... :big_biglaugh:

liat dulu itu freed rpmnya berapa??? saya lebih ke cruising jd sebelom lari segitu juga ud gejala selip berapa kali kok tapi biasanya kalo kita maen torsi rendah selipnya lebih jinak kita tinggal lepas gas sambil rem dikit2x terus lanjut lagi sebenernya saya ud berapa kali kena gejala parah di pajero cuma gak tau kenapa ud reflek lepas gas rem pelan2x sambil benerin setir :mky_03:

jd sebenernya ud kebiasaaan saya kalo ujan gede itu torsinya dikeluarin dikit2x gak lsg hajar maen RPM tinggi bisa lari segitu ya karena lagi kosong aja ya emang saya gak sabaran kalo bisa nyelip ya nyelip tapi itu juga ngegas dikit2x karena takut selip ada tekniknya om maen di ujan di samping pake ban wet grip ranting bagus :mky_03:

tapi sekali lagi pajero gak bakalan bisa kek gitu justru kalo bisa sama kek gitu itu kombinasi ban bagus dan luck karena sekalinya gejala itu ngeri sekali saya ud ada kali di pajero 3-4x ban belakang goyang2x selip kena genangan atau jalan licin mau melintir pernah sekali rasanya mobil ud mau kecelakaan tapi untungnya saya bisa handle, makanya belakangan saya hati2x kalo pajero gitu ujan naek tol masukin gigi 5 biar torsinya lemes kena long gear rationya 5 itu aja suka selip goyang2x berapa kali kena genangan cuma jinak aja jd gampang di handle, kenapa gak saya lepas di D??? kadang di d mau di gas pelan pun ada kecendrungan masuk RPM turbo sebelom dia ngoper ke gigi selanjutnya ini yang bahaya makanya saya bypass pake paddleshift buat masuk ke 5 :big_biglaugh:

justru saya ud pernah kena di livina cruising malen2x ujan lebat lari 120kmh tiba2x mobilnya belok ke kanan mau nabrak tembok tol saya input ke kiri dia kagak mau respon akhirnya tiba2x dia lari sendiri ke kiri karena input setir saya abis itu saya ingetnya ud melintang di tengah jalan tol ngehalangin 2 jalur untungnya kosong akhirnya saya lanjut jalan sejak itu saya agak trauma pas beli ban lsg jelek sama merek dunlop karena yang dipake tuh livina dunlop saya nyari yang rnating wet gripnya bagus biar lebih gampang di kontrol :big_biglaugh:

kalo pajero sih seumur2x kalo ujan gede saya gak pernah diatas 100kmh belom lari 100kmh aja ud gejala banget ya dulu sih pake bannya ampe botak parah jd mungkin sampe dah ganti ban 4 4nya pun traumanya masih ada jd lebih hati2x :big_bored:

dan jgn lupa di samping freed pake ban bagus mereka itu FWD jd kalo selip lebih gampang di hanldle karena selipnya dari depan pajero RWD jd kalo selip yang kena belakang dulu melintir ya kalo pajeronya 4X4 ya emang bener ngurangin resiko juga sih :mky_03:

saya sendiri juga sensitif sama grip berasa melayang dikit ud stress makanya kenapa jazz saya abis banyak di kaki2x sama chasis :big_biglaugh:
Salvanost wrote: Sun Nov 27, 2022 16:08
astaga om, angkat tangan saya, 100km/jam aja suka licin apalagi segitu :big_exellent:
balik lagi om kombinasi ban dan pengerak roda kalo penggerak depan sama bannya bagus ya gak susah cuma balik lagi RPM juga jgn tinggi2x karena pas rpmnya tinggi torsinya juga keburu gede keluarnya akhirnya bannya gak sanggup kena deh kalo saya biasa diurut pelan2x aja gak berani juga maen gas pol kalo kondisi jalan licin, yang salah itu orang suka gak sadar kemampuan mobilnya maen hajar aja berasa masih bisa di kontrol dihajar mulu, itu dia juga mungkin biang saya dulu melintir naek livina karena ud lari 120kmh setir ud goyang2x kena genangan masih saya sikat terus itupun posisi saya maen gas dikit karena cruising malem2x jalan kosong, harusnya setir goyang ud lsg lepas gas
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Mon Nov 28, 2022 5:15
pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 4:13
Imho ini sih pure luck saja gak ketemu air yang bisa bikin aquaplanning.
Sama kayak family saya,wanita usia mendekati 50,tapi doyan ngebut. Pernah hujan2 di tol bawa anki jalan 140-160 ya gak kenapa2 tuh.

Masalahnya kalo cuma ngandalin luck saja,yang namanya hoki itu kan gak selalu datang. Sekalinya gak datang,.......lanjutin sendiri deh
nope om ada tekniknya gak bisa lsg sikat full trotle itu bakalan lsg mental karena torsi, ini yang bikin banyak paejero fortuner melintir kena aquaplanning dan saya sering omong di komen sebelomnya torsinya terlalu besar ditambah keluarnya dari turbo tau sendiri turbo kalo dah spolling ud kayak efek katapel..... :big_biglaugh:

liat dulu itu freed rpmnya berapa??? saya lebih ke cruising jd sebelom lari segitu juga ud gejala selip berapa kali kok tapi biasanya kalo kita maen torsi rendah selipnya lebih jinak kita tinggal lepas gas sambil rem dikit2x terus lanjut lagi sebenernya saya ud berapa kali kena gejala parah di pajero cuma gak tau kenapa ud reflek lepas gas rem pelan2x sambil benerin setir :mky_03:

jd sebenernya ud kebiasaaan saya kalo ujan gede itu torsinya dikeluarin dikit2x gak lsg hajar maen RPM tinggi bisa lari segitu ya karena lagi kosong aja ya emang saya gak sabaran kalo bisa nyelip ya nyelip tapi itu juga ngegas dikit2x karena takut selip ada tekniknya om maen di ujan di samping pake ban wet grip ranting bagus :mky_03:

tapi sekali lagi pajero gak bakalan bisa kek gitu justru kalo bisa sama kek gitu itu kombinasi ban bagus dan luck karena sekalinya gejala itu ngeri sekali saya ud ada kali di pajero 3-4x ban belakang goyang2x selip kena genangan atau jalan licin mau melintir pernah sekali rasanya mobil ud mau kecelakaan tapi untungnya saya bisa handle, makanya belakangan saya hati2x kalo pajero gitu ujan naek tol masukin gigi 5 biar torsinya lemes kena long gear rationya 5 itu aja suka selip goyang2x berapa kali kena genangan cuma jinak aja jd gampang di handle, kenapa gak saya lepas di D??? kadang di d mau di gas pelan pun ada kecendrungan masuk RPM turbo sebelom dia ngoper ke gigi selanjutnya ini yang bahaya makanya saya bypass pake paddleshift buat masuk ke 5 :big_biglaugh:

justru saya ud pernah kena di livina cruising malen2x ujan lebat lari 120kmh tiba2x mobilnya belok ke kanan mau nabrak tembok tol saya input ke kiri dia kagak mau respon akhirnya tiba2x dia lari sendiri ke kiri karena input setir saya abis itu saya ingetnya ud melintang di tengah jalan tol ngehalangin 2 jalur untungnya kosong akhirnya saya lanjut jalan sejak itu saya agak trauma pas beli ban lsg jelek sama merek dunlop karena yang dipake tuh livina dunlop saya nyari yang rnating wet gripnya bagus biar lebih gampang di kontrol :big_biglaugh:

kalo pajero sih seumur2x kalo ujan gede saya gak pernah diatas 100kmh belom lari 100kmh aja ud gejala banget ya dulu sih pake bannya ampe botak parah jd mungkin sampe dah ganti ban 4 4nya pun traumanya masih ada jd lebih hati2x :big_bored:

dan jgn lupa di samping freed pake ban bagus mereka itu FWD jd kalo selip lebih gampang di hanldle karena selipnya dari depan pajero RWD jd kalo selip yang kena belakang dulu melintir ya kalo pajeronya 4X4 ya emang bener ngurangin resiko juga sih :mky_03:

saya sendiri juga sensitif sama grip berasa melayang dikit ud stress makanya kenapa jazz saya abis banyak di kaki2x sama chasis :big_biglaugh:
Salvanost wrote: Sun Nov 27, 2022 16:08
astaga om, angkat tangan saya, 100km/jam aja suka licin apalagi segitu :big_exellent:
balik lagi om kombinasi ban dan pengerak roda kalo penggerak depan sama bannya bagus ya gak susah cuma balik lagi RPM juga jgn tinggi2x karena pas rpmnya tinggi torsinya juga keburu gede keluarnya akhirnya bannya gak sanggup kena deh kalo saya biasa diurut pelan2x aja gak berani juga maen gas pol kalo kondisi jalan licin, yang salah itu orang suka gak sadar kemampuan mobilnya maen hajar aja berasa masih bisa di kontrol dihajar mulu, itu dia juga mungkin biang saya dulu melintir naek livina karena ud lari 120kmh setir ud goyang2x kena genangan masih saya sikat terus itupun posisi saya maen gas dikit karena cruising malem2x jalan kosong, harusnya setir goyang ud lsg lepas gas
you can break any law, except...

do not try to beat the law of physics :big_peace:

lain cerita klo ada pilot nyetir pesawat, trus harus mendarat darurat di air, yah worst case itu body kebelah-belah jd bbrp bagian.
tapi dah tau konsekuensinya karena "terpaksa"

bukan sengaja
Last edited by Suryaputra on Mon Nov 28, 2022 7:09, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 6:29
you can break any law, except...

do not try to beat the law of physics :big_peace:

gak ada yang ngelawan hukum fisika kalo namanya SUV saya si nyerah dari dulu sehebat2xnya CRV paling kenceng seinget saya cuma bisa antara 120-140kmh kok :big_bored:

ya kalo crv lebih ke faktor ban sih

pajero faktor RWD, TURBO dan ban makanya seinget saya pake pajero ujan2xan gak pernah lari diatas 100kmh :big_bored:

justru saya pake ilmu dan pengalaman saya buat lebih ngerti batas limit setiap mobil bukan ngelawan fisika kalo ngelawan fisika itu jazz gak bakalan abis puluhan juta tapi tenaga segitu2x aja :big_bored:

malah ngapain gw maenin jazz :big_biglaugh: maen pajero aja remap buang duit 5-10jt ud 200hp 400nm kali rem suspensi bodo amat yang penting kenceng :big_weee:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Mon Nov 28, 2022 5:15
pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 4:13
Imho ini sih pure luck saja gak ketemu air yang bisa bikin aquaplanning.
Sama kayak family saya,wanita usia mendekati 50,tapi doyan ngebut. Pernah hujan2 di tol bawa anki jalan 140-160 ya gak kenapa2 tuh.

Masalahnya kalo cuma ngandalin luck saja,yang namanya hoki itu kan gak selalu datang. Sekalinya gak datang,.......lanjutin sendiri deh
nope om ada tekniknya gak bisa lsg sikat full trotle itu bakalan lsg mental karena torsi, ini yang bikin banyak paejero fortuner melintir kena aquaplanning dan saya sering omong di komen sebelomnya torsinya terlalu besar ditambah keluarnya dari turbo tau sendiri turbo kalo dah spolling ud kayak efek katapel..... :big_biglaugh:

liat dulu itu freed rpmnya berapa??? saya lebih ke cruising jd sebelom lari segitu juga ud gejala selip berapa kali kok tapi biasanya kalo kita maen torsi rendah selipnya lebih jinak kita tinggal lepas gas sambil rem dikit2x terus lanjut lagi sebenernya saya ud berapa kali kena gejala parah di pajero cuma gak tau kenapa ud reflek lepas gas rem pelan2x sambil benerin setir :mky_03:

jd sebenernya ud kebiasaaan saya kalo ujan gede itu torsinya dikeluarin dikit2x gak lsg hajar maen RPM tinggi bisa lari segitu ya karena lagi kosong aja ya emang saya gak sabaran kalo bisa nyelip ya nyelip tapi itu juga ngegas dikit2x karena takut selip ada tekniknya om maen di ujan di samping pake ban wet grip ranting bagus :mky_03:

tapi sekali lagi pajero gak bakalan bisa kek gitu justru kalo bisa sama kek gitu itu kombinasi ban bagus dan luck karena sekalinya gejala itu ngeri sekali saya ud ada kali di pajero 3-4x ban belakang goyang2x selip kena genangan atau jalan licin mau melintir pernah sekali rasanya mobil ud mau kecelakaan tapi untungnya saya bisa handle, makanya belakangan saya hati2x kalo pajero gitu ujan naek tol masukin gigi 5 biar torsinya lemes kena long gear rationya 5 itu aja suka selip goyang2x berapa kali kena genangan cuma jinak aja jd gampang di handle, kenapa gak saya lepas di D??? kadang di d mau di gas pelan pun ada kecendrungan masuk RPM turbo sebelom dia ngoper ke gigi selanjutnya ini yang bahaya makanya saya bypass pake paddleshift buat masuk ke 5 :big_biglaugh:

justru saya ud pernah kena di livina cruising malen2x ujan lebat lari 120kmh tiba2x mobilnya belok ke kanan mau nabrak tembok tol saya input ke kiri dia kagak mau respon akhirnya tiba2x dia lari sendiri ke kiri karena input setir saya abis itu saya ingetnya ud melintang di tengah jalan tol ngehalangin 2 jalur untungnya kosong akhirnya saya lanjut jalan sejak itu saya agak trauma pas beli ban lsg jelek sama merek dunlop karena yang dipake tuh livina dunlop saya nyari yang rnating wet gripnya bagus biar lebih gampang di kontrol :big_biglaugh:

kalo pajero sih seumur2x kalo ujan gede saya gak pernah diatas 100kmh belom lari 100kmh aja ud gejala banget ya dulu sih pake bannya ampe botak parah jd mungkin sampe dah ganti ban 4 4nya pun traumanya masih ada jd lebih hati2x :big_bored:

dan jgn lupa di samping freed pake ban bagus mereka itu FWD jd kalo selip lebih gampang di hanldle karena selipnya dari depan pajero RWD jd kalo selip yang kena belakang dulu melintir ya kalo pajeronya 4X4 ya emang bener ngurangin resiko juga sih :mky_03:

saya sendiri juga sensitif sama grip berasa melayang dikit ud stress makanya kenapa jazz saya abis banyak di kaki2x sama chasis :big_biglaugh:
ASTAAGAAAA,dari penjelasan anda yang super detil ini,jadi makin jelas kalo yang anda lakukan itu betul2 pure luck.
Tapi ya terserah anda juga sih kalo anda pikir teknik anda ini aman buat kebut2an di jalan hujan. Nyawa nyawa anda, yang penting jangan sampe nyusahin orang lain.

Atau kalo mungkin masih terbuka kemungkinan (meskipun kayaknya hampir mustahil) anda ingin mengerti mengenai efek aquaplanning,grip di permukaan basah,dll....paling gampang cek aja tuh data lap time balap f1 di satu sirkuit yang sama,antara kondisi sirkuit kering dan basah selisih berapa persen? Itu yang bawa mobil f1 kurang sensitif apa sama handling mobilnya? Atau jangan2 skill anda lebih hebat dari pembalap2 f1?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 6:40
ASTAAGAAAA,dari penjelasan anda yang super detil ini,jadi makin jelas kalo yang anda lakukan itu betul2 pure luck.
Tapi ya terserah anda juga sih kalo anda pikir teknik anda ini aman buat kebut2an di jalan hujan. Nyawa nyawa anda, yang penting jangan sampe nyusahin orang lain.

Atau kalo mungkin masih terbuka kemungkinan (meskipun kayaknya hampir mustahil) anda ingin mengerti mengenai efek aquaplanning,grip di permukaan basah,dll....paling gampang cek aja tuh data lap time balap f1 di satu sirkuit yang sama,antara kondisi sirkuit kering dan basah selisih berapa persen? Itu yang bawa mobil f1 kurang sensitif apa sama handling mobilnya? Atau jangan2 skill anda lebih hebat dari pembalap2 f1?
salah donk cek data lapnya, mendingan liat data throtle berapa persen bukanya pas basah dan kering dari situ bakalan ketauan cara ngegasnya gimana sama gak kek cara saya bawa mobil waktu ujan :big_biglaugh:

ud pasti kena ujan bakalan lebih pelan pertama licin mereka gak akan berani full trotle yang ada mereka hati2x dan ada tekniknya nyetir kek gitu, dikira mobil F1 bisa asal ngegas ditikungan aja ada tekniknya terlalu pelan melintir terlalu kenceng juga bisa melintir karena gripnya mereka juga dari aero kalo pelan aeronya gak cukup buat grip bisa selip karena mobilnya terlalu ringan, kalo kekencengan gasnya powernya bikin ban selip makanya gak gampang nyetir mobil F1 kalo mobil kite2x mah dah berat pasti ngegrip selama jgn kekencengan aja :big_biglaugh:

saya bisa bawa F1???? liatnya aja gak berani power geede bobot ringan traksi kurang waktu low speed, ntar pas masuk tikungan gara2x ngeri nge gas di gas pelan cuma lari 80-100 traksinya kurang dari aero akhirnya melintir lagi kecuali di gas dikit bisa cuma lari 40-60 mungkin bisa kalo di gas pelan lsg 80-100 ya modiaaarrr :big_biglaugh:

kalo situ mau bilang saya luck terserah saya itu modif jazz saya malah banyak abis buat handling di banding mesin begitu juga pajero cuma namanya fisika gak bisa di lawan pajero handling syaa betulin cuma bikin saya lebih tenang aja bawanya, tapi mau di bikin kek gimana gak bakalan bisa lincah kaya moncoque namanya juga chasis lader beratnya aja 2ton jadi lebih tau diri aja bawanya toh karena pajero kek gitu emang saya bawa pajero lebih kalem :big_biglaugh:

jelas2x saya orang paranoid gini saking parnonya semua mobil saya abis di handling sama rem mesin boro2x pada cuma baru maen kenalpot doank menurut saya percuma powernya gede kalo susah di kontrol buat saya kontrol itu segalanya kalo kontrol dah bagus baru maen power :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

intinya.., air bisa jadi benda keras ketika dihantam kecepatan tinggi
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 7:09 intinya.., air bisa jadi benda keras ketika dihantam kecepatan tinggi
intinya semua ada tekniknya sepelan2xnya situ kalo lagi apes juga bisa kena aquaplanning om :wkkk:

lah saya lagi akselerasi 40 ke 60 aja lsg godek2x tuh ban belakang thanks dari kombinasi genangan dalem dan ban botak ditambah keong kampret yang tiba2x nyemburin torsi :wkkk:

itu gara2x saya gregetan ada mobil pelan akhirnya saya sikat dari tempat parkir ruko nyalip gas pelan2x eh pas kena rpm turbo tau2x goyang2x tuh ban belakang ampir aja melintir inilah bahayanya di pasrahin ke d juga :mky_01:

gak ada salahnya nguasain teknik :mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Mon Nov 28, 2022 7:17
Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 7:09 intinya.., air bisa jadi benda keras ketika dihantam kecepatan tinggi
intinya semua ada tekniknya sepelan2xnya situ kalo lagi apes juga bisa kena aquaplanning om :wkkk:

lah saya lagi akselerasi 40 ke 60 aja lsg godek2x tuh ban belakang thanks dari kombinasi genangan dalem dan ban botak ditambah keong kampret yang tiba2x nyemburin torsi :wkkk:

itu gara2x saya gregetan ada mobil pelan akhirnya saya sikat dari tempat parkir ruko nyalip gas pelan2x eh pas kena rpm turbo tau2x goyang2x tuh ban belakang ampir aja melintir inilah bahayanya di pasrahin ke d juga :mky_01:

gak ada salahnya nguasain teknik :mky_03:
lower speed = lower risk
anggap mobil dan drivernya sama.

sama aja kaya,
1. berdiri diam di tengah jalan tol, atau...
2. berdiri diam di tengah jalan raya biasa :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Mon Nov 28, 2022 6:58
pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 6:40
ASTAAGAAAA,dari penjelasan anda yang super detil ini,jadi makin jelas kalo yang anda lakukan itu betul2 pure luck.
Tapi ya terserah anda juga sih kalo anda pikir teknik anda ini aman buat kebut2an di jalan hujan. Nyawa nyawa anda, yang penting jangan sampe nyusahin orang lain.

Atau kalo mungkin masih terbuka kemungkinan (meskipun kayaknya hampir mustahil) anda ingin mengerti mengenai efek aquaplanning,grip di permukaan basah,dll....paling gampang cek aja tuh data lap time balap f1 di satu sirkuit yang sama,antara kondisi sirkuit kering dan basah selisih berapa persen? Itu yang bawa mobil f1 kurang sensitif apa sama handling mobilnya? Atau jangan2 skill anda lebih hebat dari pembalap2 f1?
salah donk cek data lapnya, mendingan liat data throtle berapa persen bukanya pas basah dan kering dari situ bakalan ketauan cara ngegasnya gimana sama gak kek cara saya bawa mobil waktu ujan :big_biglaugh:

ud pasti kena ujan bakalan lebih pelan pertama licin mereka gak akan berani full trotle yang ada mereka hati2x dan ada tekniknya nyetir kek gitu, dikira mobil F1 bisa asal ngegas ditikungan aja ada tekniknya terlalu pelan melintir terlalu kenceng juga bisa melintir karena gripnya mereka juga dari aero kalo pelan aeronya gak cukup buat grip bisa selip karena mobilnya terlalu ringan, kalo kekencengan gasnya powernya bikin ban selip makanya gak gampang nyetir mobil F1 kalo mobil kite2x mah dah berat pasti ngegrip selama jgn kekencengan aja :big_biglaugh:

saya bisa bawa F1???? liatnya aja gak berani power geede bobot ringan traksi kurang waktu low speed, ntar pas masuk tikungan gara2x ngeri nge gas di gas pelan cuma lari 80-100 traksinya kurang dari aero akhirnya melintir lagi kecuali di gas dikit bisa cuma lari 40-60 mungkin bisa kalo di gas pelan lsg 80-100 ya modiaaarrr :big_biglaugh:

kalo situ mau bilang saya luck terserah saya itu modif jazz saya malah banyak abis buat handling di banding mesin begitu juga pajero cuma namanya fisika gak bisa di lawan pajero handling syaa betulin cuma bikin saya lebih tenang aja bawanya, tapi mau di bikin kek gimana gak bakalan bisa lincah kaya moncoque namanya juga chasis lader beratnya aja 2ton jadi lebih tau diri aja bawanya toh karena pajero kek gitu emang saya bawa pajero lebih kalem :big_biglaugh:

jelas2x saya orang paranoid gini saking parnonya semua mobil saya abis di handling sama rem mesin boro2x pada cuma baru maen kenalpot doank menurut saya percuma powernya gede kalo susah di kontrol buat saya kontrol itu segalanya kalo kontrol dah bagus baru maen power :big_biglaugh:
Kenapa banyak sekali kontradiksi di penjelasan anda?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Mon Nov 28, 2022 7:17
Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 7:09 intinya.., air bisa jadi benda keras ketika dihantam kecepatan tinggi
intinya semua ada tekniknya sepelan2xnya situ kalo lagi apes juga bisa kena aquaplanning om :wkkk:

lah saya lagi akselerasi 40 ke 60 aja lsg godek2x tuh ban belakang thanks dari kombinasi genangan dalem dan ban botak ditambah keong kampret yang tiba2x nyemburin torsi :wkkk:

itu gara2x saya gregetan ada mobil pelan akhirnya saya sikat dari tempat parkir ruko nyalip gas pelan2x eh pas kena rpm turbo tau2x goyang2x tuh ban belakang ampir aja melintir inilah bahayanya di pasrahin ke d juga :mky_01:

gak ada salahnya nguasain teknik :mky_03:
Salah 1 kontradiksi. Tadi saya bilang pure luck,anda bilang ada tekniknya. Sekarang malah bilang kalo lagi apes.
Seharusnya kalo teknik anda pasti betul,gak ada yang namnya apes atau luck dong.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 7:25
Kenapa banyak sekali kontradiksi di penjelasan anda?
ya gak tau deh nangkepnya gimana yang pasti bukan saya kan yang kebut2xan bawa ladder frame pas ujan2x :big_biglaugh:

kalo pajero saya mah gak pernah diatas 100kmh pas ujan apalagi ujanya gede boro2x 100kmh kadang 80kmh aja ud ngeri ngerasain ban belakangnya strugling sama grip karena power mesinnya terlalu gede pas kena basah :mky_03:
pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 7:27
Salah 1 kontradiksi. Tadi saya bilang pure luck,anda bilang ada tekniknya. Sekarang malah bilang kalo lagi apes.
Seharusnya kalo teknik anda pasti betul,gak ada yang namnya apes atau luck dong.
nah ini om saya bisa ngomong kayak sekarang ya karena banyak ERORnya akhirnya pake satu teknik yang meminimalisir ya itu salah satu kejadian ERORnya yang bikin saya makin hati2x dan keluarlah teknik masukin gigi 5 cepet2x pake paddleshift dibanding pake d kalo di tol pas ujan :big_biglaugh:

toh jujur awal2x pake pajero itu saya awam banget ini mobil banyak hal yang saya gak tau akhirnya saya hajar kayak mobil yang biasa saya pake yaitu moncoque hasilnya ya itu ud berapa kali ampir celaka :big_bored:

sudah banyak kejadian kek gitu akhirnya kan saya bisa ngomong hati2x pake ladder frame diesel waktu hujan torsinya gede akhirnya gampang kena aquaplanning toh saya sendiri sering ngomong itu pajero pas ujan jarang sekali saya bawa diatas 100kmh malah seinget saya gak pernah boro2x 100kmh 80kmh aja kadang berasa ban belakang gejala selip :big_bored:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ongisnade »

Sepertinya teknik mbah boku ini ada benarnya. Dulu tahun 2002 saya pernah ikut pelatihan Defensive Driving (Offroad) waktu praktek di medan licin/lumpur yang datar instruktur bilang saat melintas jangan ada efek kejut rpm/torsi yg tiba2 melonjak. Jadi sebelum jalan injak pedal rem, adjust/naikin rpm (waktu itu pake Daihatsu Hi line) rpm bisa diadjust dari dashboard tinggal putar arah jarum jam. Masuk LL gear, lepas rem tanpa gas mobil jalan sendiri dengan rpm konstan, dan benar mobil melaju pelan tanpa melintir melibas lumpur/jalan licin.

Jadi dengan low rpm/konstan bisa mengurangi potensi melintir
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

ongisnade wrote: Mon Nov 28, 2022 7:48 Sepertinya teknik mbah boku ini ada benarnya. Dulu tahun 2002 saya pernah ikut pelatihan Defensive Driving (Offroad) waktu praktek di medan licin/lumpur yang datar instruktur bilang saat melintas jangan ada efek kejut rpm/torsi yg tiba2 melonjak. Jadi sebelum jalan injak pedal rem, adjust/naikin rpm (waktu itu pake Daihatsu Hi line) rpm bisa diadjust dari dashboard tinggal putar arah jarum jam. Masuk LL gear, lepas rem tanpa gas mobil jalan sendiri dengan rpm konstan, dan benar mobil melaju pelan tanpa melintir melibas lumpur/jalan licin.

Jadi dengan low rpm/konstan bisa mengurangi potensi melintir
ini om mungkin bahasa benernya gini sorry saya soalnya gak jago bikin kalimat yang bener :mky_01:

intinya gitu om gasnya jgn di hajar kasar kalo dah di hajar kasar RPM jd tinggi hasilnya torsi keluar semua putaran ban jadi kencang atau akselrasinya cepat mau lari speed berapapun akhirnya bikin selip

maksudnya di gas pelan2x akselerasi sepelan mungkin tapi gain speed ini maksud saya :mky_01:

nah itu juga maksud saya teknik gigi 5 di low speed biar rpmnya rendah trus karena kena ratio gear panjang di gigi 5, toh karena torsi pajero besar pake gigi 5 pun masih berasa tenaganya :mky_01:

thank you :big_deal:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Mon Nov 28, 2022 7:39
pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 7:25
Kenapa banyak sekali kontradiksi di penjelasan anda?
ya gak tau deh nangkepnya gimana yang pasti bukan saya kan yang kebut2xan bawa ladder frame pas ujan2x :big_biglaugh:

kalo pajero saya mah gak pernah diatas 100kmh pas ujan apalagi ujanya gede boro2x 100kmh kadang 80kmh aja ud ngeri ngerasain ban belakangnya strugling sama grip karena power mesinnya terlalu gede pas kena basah :mky_03:
pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 7:27
Salah 1 kontradiksi. Tadi saya bilang pure luck,anda bilang ada tekniknya. Sekarang malah bilang kalo lagi apes.
Seharusnya kalo teknik anda pasti betul,gak ada yang namnya apes atau luck dong.
nah ini om saya bisa ngomong kayak sekarang ya karena banyak ERORnya akhirnya pake satu teknik yang meminimalisir ya itu salah satu kejadian ERORnya yang bikin saya makin hati2x dan keluarlah teknik masukin gigi 5 cepet2x pake paddleshift dibanding pake d kalo di tol pas ujan :big_biglaugh:

toh jujur awal2x pake pajero itu saya awam banget ini mobil banyak hal yang saya gak tau akhirnya saya hajar kayak mobil yang biasa saya pake yaitu moncoque hasilnya ya itu ud berapa kali ampir celaka :big_bored:

sudah banyak kejadian kek gitu akhirnya kan saya bisa ngomong hati2x pake ladder frame diesel waktu hujan torsinya gede akhirnya gampang kena aquaplanning toh saya sendiri sering ngomong itu pajero pas ujan jarang sekali saya bawa diatas 100kmh malah seinget saya gak pernah boro2x 100kmh 80kmh aja kadang berasa ban belakang gejala selip :big_bored:
Nah maksud saya adalah dari awal anda selalu bilang torsi torsi dan torsi melulu. Nginjek gas harus pelan2.

Di akhir baru bilang jangan ngelawan hukum fisika dasar.
Tapi keliatannya anda lupa atau nggak tau bahwa semakin kencang mobil berlari,daya angkat ke atas semakin gede? Ini alasan utama mobil2 kencang harus diberi aerodynamical grip. Bagaimana dengan mayoritas mobil2 econobox di indo? Namanya fisika dasar,sama saja. Apalagi mobil di sini jarang yang dibekali aerodynamical grip dengan benar, cuma mechanical grip doang.

Yes,ngurut gas pelan2 memang membantu, tapi percuma saja kalo top speed akhirnya tinggi,daya angkat akan bikin mobil anda gak napak,alias mengurangi mechanical grip. Ditambah jalanan basah atau lebih parah lagi,genangan air yang semakin mengurangi nilai mechanical grip. Sebagus2nya mechanical grip sebuah mobil,akan berkurang drastis saat permukaan jalannya ada air. Masak ini mau dilawan juga?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Mon Nov 28, 2022 8:23
Nah maksud saya adalah dari awal anda selalu bilang torsi torsi dan torsi melulu. Nginjek gas harus pelan2.

Di akhir baru bilang jangan ngelawan hukum fisika dasar.
Tapi keliatannya anda lupa atau nggak tau bahwa semakin kencang mobil berlari,daya angkat ke atas semakin gede? Ini alasan utama mobil2 kencang harus diberi aerodynamical grip. Bagaimana dengan mayoritas mobil2 econobox di indo? Namanya fisika dasar,sama saja. Apalagi mobil di sini jarang yang dibekali aerodynamical grip dengan benar, cuma mechanical grip doang.

Yes,ngurut gas pelan2 memang membantu, tapi percuma saja kalo top speed akhirnya tinggi,daya angkat akan bikin mobil anda gak napak,alias mengurangi mechanical grip. Ditambah jalanan basah atau lebih parah lagi,genangan air yang semakin mengurangi nilai mechanical grip. Sebagus2nya mechanical grip sebuah mobil,akan berkurang drastis saat permukaan jalannya ada air. Masak ini mau dilawan juga?
ya emang biang selipnya dari torsi om makanya kenapa ladder frame itu ngeri karena mesinnya turbo torsinya besar pas turbonya spooling tenaga yang keluar juga suka mendadak besar ditambah typical ban suv tidak bisa buang aer dengan bagus jadilah aquplanning :mky_03:

yang butuh aerodinamical grip itu mobil kencang dan ringan kenapa karena bobotnya gak cukup buat nahan ban dapet traksi ketanah karena tenaganya gede, kenapa kayak aerial atom caterham itu mobilnya sulit di handle karena mobilnya aja cuma 600-800kg kena tenaga bisa 300-500hp :big_biglaugh:

kebanyakan mobil2x di jalan mau sport mau econobox gripnya ud dapet duluan dari bobot mobil itu sendiri aero itu gak guna sebenernya kcuali mau maen di sirkuit :mky_03:

rahasia kenapa itu freed bisa anteng lari 160kmh ujan basah2x juga karena dia agak berat bobot dia ampir 1,3ton ud gitu bobotnya ngerata depan kena mesin, jok depan sama tangki BBM sedangkan tengah kena jok tengah sama pintu geser, belakang kena ban serep sama jok belakang , plus ban buang aernya bagus di tambah satu lagi faktor penting mesinnya boyo tapi bisa gain speed terus :mky_01:

saya tuh belajar nikung kenceng pake freed abis freed saya mau bisa lebih enak lagi gantilah GE8 ternyata ge8 itu tenaga lebih berasa ditambah gripnya malah lebih melayang karena mobil lebih ringan apalagi roda belakang karena bobot jazz semua ada di depan tangki bbm dan mesin ada di depan semua ditambah power lebih berasa gede jadilah saya ngeri hajar tuh mobil kayak freed :big_slap:

akhirnya di updatenlah jazz saya suspensi chasis rem akhirnya baru sekarang ngerasain lebih enak dari freed ini yang namanya mechanical grip karena dapetnya dari suspensinya bukan dari bobot :mky_03:

ya kan saya selalu ngomong palingan maksimal 150-160kmh toh kayak optra saya dulu sebenernya 160kmh pun masih enak kok malah makin cepet malah makin berasa lengket waktu itu bannya proxes T1R cuma ngeri aja naek2x tiba2x melintir di 180kmh akhirnya saya malah lepas gas pelan2x, toh waktu saya ganti ban juga ada engko2x crita emang itu ban pas ujan makin kenceng malah makin lengket cuma ya ngeri aja kalo tiba2x melintir :big_bored:

toh kan saya selalau bilang pajero gak berani diatas 100kmh CRV dulu paling 120-140 gara2x nyerah di bannya soalnya suv kembangnya kurang bagus buat aer :big_bored:

balik lagi tiap mobil kemampuannya beda2x tapi saya gak pernah maksa sampe gimana terakhir saya maksa ya itu cerita saya bawa grand livina lagi lari 120kmh ada genangan malah saya paksa maju segitu mulu akhirnya mobil gak mau belok ke kiri yang ada lurus mau maunyamperin tembok akhirnya pas efek aquaplanning ilang input setirnya narik tuh mobil ke kiri jadilah saya melintang di tengah jalan untung waktu itu ud jam 12 malem lagian itu ud kejadian 10thn lalu om :big_bored: ini baru namanya hoki om saya gak hajar tembok sama gak di sikat dari belakang :mky_01:
nmt0403
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Dec 13, 2015 2:37

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by nmt0403 »

Terkait aquaplaning ini, pada dasarnya yang harus diperhatikan adalah:

1. cairan dapat menjadi lubricant, sehingga mempengaruhi grip dan traksi, dan
2. cairan memiliki surface tension, kondisi di mana benda padat yang berada di atas cairan malah mengapung di atas cairan.

Kondisi pertama mungkin masih dapat diatasi dengan menggunakan ban yang memiliki kemampuan cengkeram dan performa yang baik dalam menghadapi kondisi basah (contoh sehari-hari mungkin dapat dibandingkan dengan menggunakan sepatu dengan sol yang bergerigi, dibandingkan sepatu yang solnya sudah botak).

Kondisi kedua yang menjadi sangat berbahaya, terutama misalnya kita mengemudi di jalan tol yang tidak rata, dan terdapat bagian yang menggenang (dan cukup dalam). Dalam kondisi ini, walaupun seseorang mengemudi dengan kecepatan rendah/sedang dan konstan, serta tidak melakukan akselerasi, saat tiba-tiba kendaraan tiba-tiba melalui genangan, ban tidak dapat "memecah" genangan dan mengapung di atas genangan tersebut, sehingga ban dan kendaraan akan kehilangan traksi. Hal ini dapat terjadi bahkan dengan kendaraan yang menggunakan ban yang sangat bagus sekalipun.

Sebagai contoh, sepengetahuan saya, dalam kondisi hujan, pesawat terbang biasanya akan mendarat dengan lebih keras dari biasanya (positive landing), tujuannya agar ban pesawat dapat "memecah" surface tension ini saat pendaratan, untuk mencegah terjadinya aquaplaning.

Just 50 cents from me, cheers :big_peace:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by bensinsolar »

Ya tanpa ujan pun kalau sudden movement Fortuner/Pajero Sport gampang terbalik koq & ud ngalamin & ud dijual :big_bored:
Kalau sedan beda ceritanya, waktu di OZ bawa Accord Euro sudden movement mobilnya nurut banget kaya bawa gokart :off_good_job: