Page 12 of 20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Tue Jan 26, 2021 10:44
by smgandi
pcx wrote: Tue Jan 26, 2021 6:26 Ampyun Um@smgandi :mrgreen:

T30 masih ada ato dah dilego, Um ?

:drinking:
Salam Um kakak pembina@pcx :big_deal:
Teo msh ada, bahkan ada fotonya di halaman 4 kalau kangen silakan dilihat. :big_exellent:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed Jan 27, 2021 11:01
by smgandi

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Thu Jan 28, 2021 10:28
by smgandi

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sat Jan 30, 2021 4:55
by Salvanost
Tats wrote: Sat Jan 23, 2021 5:16 Dulu pas masih pegang captiva awd ga pernah kena aquaplaning
Pake mobil rwd (saloon) dan fwd (suv) ber-vsc ga pernah aquaplaning juga
Menurut sy vsc sangat membantu utk cuaca2 seperti ini, walau behaviour dan ilmu pengemudi juga berpengaruh juga
Sy harap pemerintah indo mewajibkan esp/vsc sebagai fitur standar, ga hanya abs doang
Tp ya tau sendiri lah, kalau 4x4 aja dikasih pajak lebih berarti pemerintahnya seperti apa...
Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning

Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas

Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sat Jan 30, 2021 8:40
by Tats
Salvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 4:55 Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning

Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas

Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Ya om betul byk faktor lainnya juga
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sat Jan 30, 2021 8:54
by maastricht889
Tats wrote: Sat Jan 30, 2021 8:40
Salvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 4:55 Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning

Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas

Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Ya om betul byk faktor lainnya juga
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
Saya pernah jg om naik crv re fl. Lg turun kenceng tau2 dr lanjur sblh saya ada mbak2 bawa motor motong jalan saya mau belok gang di seberang saya. Saya ngerem dalem+klakson+banting stir ke lajur lawan (untung kosong) dan saya bs simpulin (mungkin) gara2 ada VSA (saya ga liat indikator VSA nyala apa ngga wkt itu) mobil masih bener2 undercontrolled buat ngehindar

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sat Jan 30, 2021 11:55
by Salvanost
erwinign wrote: Sat Jan 30, 2021 8:54
Tats wrote: Sat Jan 30, 2021 8:40
Salvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 4:55 Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning

Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas

Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Ya om betul byk faktor lainnya juga
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
Saya pernah jg om naik crv re fl. Lg turun kenceng tau2 dr lanjur sblh saya ada mbak2 bawa motor motong jalan saya mau belok gang di seberang saya. Saya ngerem dalem+klakson+banting stir ke lajur lawan (untung kosong) dan saya bs simpulin (mungkin) gara2 ada VSA (saya ga liat indikator VSA nyala apa ngga wkt itu) mobil masih bener2 undercontrolled buat ngehindar
Ngerem ABS om
Kalau mobil lama pedalnya dikocok
Kalau udah ABS injak pedal rem full

Dulu saya kaya orang bego
Mobil ABS pedal rem saya kocok
Hasilnya dah 500 meter juga masih kenceng mobilnya :off_no:

Untung main setir aman...

Ya Tuhan saya beneran trauma ketemu orang rem dadakan di tol

Dah 2x kejadian no sen, kec 10-30km/jam potong jalurs

Sampai sekarang saya kalau lihat ada pintu keluar toll
Harus waspada

Ada orang bego rem mendadak sama potong ke jalur paling kiri ke bahu jalan (dengan maksud mau keluar tol tapi kelupaan)

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sat Jan 30, 2021 12:09
by maastricht889
Salvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 11:55
erwinign wrote: Sat Jan 30, 2021 8:54
Tats wrote: Sat Jan 30, 2021 8:40

Ya om betul byk faktor lainnya juga
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
Saya pernah jg om naik crv re fl. Lg turun kenceng tau2 dr lanjur sblh saya ada mbak2 bawa motor motong jalan saya mau belok gang di seberang saya. Saya ngerem dalem+klakson+banting stir ke lajur lawan (untung kosong) dan saya bs simpulin (mungkin) gara2 ada VSA (saya ga liat indikator VSA nyala apa ngga wkt itu) mobil masih bener2 undercontrolled buat ngehindar
Ngerem ABS om
Kalau mobil lama pedalnya dikocok
Kalau udah ABS injak pedal rem full

Dulu saya kaya orang bego
Mobil ABS pedal rem saya kocok
Hasilnya dah 500 meter juga masih kenceng mobilnya :off_no:

Untung main setir aman...

Ya Tuhan saya beneran trauma ketemu orang rem dadakan di tol

Dah 2x kejadian no sen, kec 10-30km/jam potong jalurs

Sampai sekarang saya kalau lihat ada pintu keluar toll
Harus waspada

Ada orang bego rem mendadak sama potong ke jalur paling kiri ke bahu jalan (dengan maksud mau keluar tol tapi kelupaan)
Gini om, oke saya wkt itu persis ngerem ABS aktif. Cuma VSA perannya stl ngerem juga sedikit banyak membantu di intervensi masing2 ban buat ngatur ngerem di masing2 ban kl saya pelajarin biar traksi ban ke aspal ttp optimal di sikon begitu. Jadi hasilnya setelah ngerem mendadak saya masih bisa manuver menghindar dr mbak2 itu dg mulus

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Jan 31, 2021 1:56
by k1493nk
Anti aquaplaning...


Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Sun Feb 21, 2021 4:22
by smgandi
Pjs ane sdh ada temannya oiiiii, ada yg nyungkringin pjs juga.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Tue Feb 23, 2021 5:48
by smgandi

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Thu Mar 04, 2021 9:55
by darrelund
Clonz wrote: Thu Dec 24, 2020 5:13
erwinign wrote:
Clonz wrote: Wed Dec 23, 2020 12:23 Innova reborn diesel G AT pake ban michelin primacy 4, pernah jalan di tol ujan2, di geber 120-140 aman, dan grip berasa masih nggigit ke jalan (di sini kerasa banget kelebihannya primacy4).

Di genangan2 dalam kota jg dilibas dengan enaknya serasa nabi nih mau leaat.

Tapi ga berarti bebas aquaplanning, kmrn terakhir november 2020 pernah hujan sangat deras di tol banget sampe ga kelihatan objek di depan, masih berani jalan 100km/h karena feel ban masih grip bagus, tp pas ngelewatin jalan genangan yg agak dalem, lgsg aja setirnya hilang kendali.

Beneran ini ban beda lo efeknya. Investasi yg ga sia2.
Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).

Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.

Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)

Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.

Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.

Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.

Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.

Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.

Ga jauh2 ya reborn ini lah.

Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
wah saya pernah baca nih om, soal ban OEM. ternyata benar seperti yg oom bilang soal ban OEM yang emg dasarnya kasta paling bawah

mereka sendiri sebagai pabrikan pun sadar om kalo ban yang mereka kasih emg seadanya dan tahu kalo ada ban yang lebih bagus.

tapi selain faktor ngirit cost mereka juga ngejar efisiensi supaya fuel cons yang ada di real life itu sama sperti yg ada di brosur, bahaya om kalo perbedaan fuel cons real life sama brosur terlalu jauh perbedaannya, bisa kena false marketing itu :big_biglaugh:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Wed May 26, 2021 14:44
by smgandi

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 3:02
by smgandi

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 3:14
by Duvebriliant0
wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 3:36
by MSU
Duvebriliant0 wrote: Fri May 28, 2021 3:14
wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
ngaco ni ownernya...
tau2 innova pake P-Zero...beliau cuma ban standard

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 3:47
by Profith83
MSU wrote: Fri May 28, 2021 3:36
Duvebriliant0 wrote: Fri May 28, 2021 3:14
wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
ngaco ni ownernya...
tau2 innova pake P-Zero...beliau cuma ban standard
Iya jangan2x Innova pakai Yokohama atau Toyo yang 1 biji harganya 2 jt lebih. bahkan ada yang 4 jt an
Dilawan ban yang 1 biji segede gaban cuma 1 jt an

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 3:54
by evanbngdor
Profith83 wrote: Fri May 28, 2021 3:47
MSU wrote: Fri May 28, 2021 3:36
Duvebriliant0 wrote: Fri May 28, 2021 3:14

wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
ngaco ni ownernya...
tau2 innova pake P-Zero...beliau cuma ban standard
Iya jangan2x Innova pakai Yokohama atau Toyo yang 1 biji harganya 2 jt lebih. bahkan ada yang 4 jt an
Dilawan ban yang 1 biji segede gaban cuma 1 jt an
Ban AT bawaan pabrik pula ya
:mky_03:

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 4:53
by iwansiagian
Duvebriliant0 wrote:
wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
Yang di kejar innova nya FM jangan jangan [emoji16]

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 5:33
by pengendiesel
Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 5:41
by maastricht889
pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 5:33
Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake

Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.

Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 6:24
by Profith83
iwansiagian wrote: Fri May 28, 2021 4:53
Duvebriliant0 wrote:
wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
Yang di kejar innova nya FM jangan jangan [emoji16]
lain cerita kalau mercedes keluaran tahun baru ngikutin Innova.

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 7:26
by pengendiesel
erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41
pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 5:33
Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake

Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.

Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Ane setuju buanget nget nget sama ini.
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral :big_biglaugh:
Padahal imho, pure luck

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 7:39
by maastricht889
pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 7:26
erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41
pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 5:33

Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake

Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.

Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Ane setuju buanget nget nget sama ini.
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral :big_biglaugh:
Padahal imho, pure luck
Makanya om, saya jg heran begituan. Emang sih buat puas2in nafsu mo kenceng aja bener, cuma lama2 ya saya ga setuju juga. Saya seumur2 nyetir itu namanya pegang HP terus potret2 aja susahnya minta ampun, pol2an cm terima telpon sambil stir. Saya tau mobil saya dg kemampuan mesinnya bisa reach 180kmh, tapi saya rasain nyetir mobil ini poin amannya ya cruising di 120-140. 180kmh aja kl pas sikon bener2 mendukung di tol misalnya, itupun saya beraninya cm beberapa detik. Ngeri soalnya, fokus dan konsentrasi saya udah kelewat bates kl nyetir sekenceng itu buat handle kl ada situasi tak terduga.

Di tol kaya transjawa teladan saya ya bis2 pariwisata, dr bis2 ini saya justru seneng krn dg cara pak supirnya nyetir jadi saling nolongin driver mobil2 lain di sekitar saya. Misal kaya kasih sein kanan terus2an buat nandain jangan salip kiri gr2 ada kendaraan pelan2, itung2 bs ngebuka jalan buat mobil2 di belakang saya. Begitu ada disel2 kenceng lewat, yurop2 lewat, CRV turbo lewat sih saya kasih jalan aja, males ngeladenin krn ga bs nikmatin nyetir lukot :big_biglaugh: emang dah yg sering posting2 begituan saya akuin nyawanya dobel semua om wkwkwkwkw

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Posted: Fri May 28, 2021 7:55
by ChZ
pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 7:26
erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake

Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.

Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Ane setuju buanget nget nget sama ini.
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral :big_biglaugh:
Padahal imho, pure luck
maklum om... ingin dekat pada yang kuasa... :big_weee:

rekam rekam top speed buat kepuasan pribadi gapapa asal jangan supirnya pegang hp minimal passengernya atau ada phone holder di setir.

yah pembalap yang terbiasa dengan high speed dan high-G aja masih butuh navigator dan tim...

yang ane ngeri tuh kadang-kadang pake mobil yang tidak didesain untuk kecepatan tinggi dan bone stock se ban-bannya dan rem-remnya. udah gitu mau nyampe top speednya juga lama abis ngebayangin itu supirnya gimana jantungnya kalo misal tetiba ada truk meleng pindah jalur.