Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Posted: Tue Dec 28, 2021 10:19
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Ini sih supirnya dungu, sudah terasa gejala aquaplanning ketarik2 ke samping mobilnya dipanteng aja 120 - 140 km / jam.
Secara fisika, friksi itu dirumuskan koefisien friksi dikali gaya normal. Note, luas kontak ban tidak ada pengaruhnya dengan grip. menurut Jones & Childers, Contemporary College Physics, koefisien friksi ban antara 0,7 di bidang kering dan 0,4 di bidang basah, bahkan bisa turun ke 0,1 saat tergelincir. Koefisien friksi bisa berubah2 sesuai kondisi. gaya normal adalah gaya tekan ban dari berat kendaraan digabung gaya putar ban secara vektor. Hubungan friksi dan gaya sesuai grafik di bawah.
sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.
Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.MaddMaxx wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 1:35sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.
crash1.png
crash2.jpeg
klo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol
salam safety first
Setuju banget sama semua yang ditulis mbah di atas.Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 1:50Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.
Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk
Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.
Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.
Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.
Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.pengendiesel wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 2:27Setuju banget sama semua yang ditulis mbah di atas.Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 1:50Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.
Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk
Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.
Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.
Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.
Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh
Ironisnya lagi nampaknya masih banyak orang yang gak bisa bedain mana hoki mana skill.
Dikiranya berhasil selamat setelah ngebut di sirkuit transjawabahn itu karena faktor skill, berhasil nyalip di tikungan blindspot dikiranya skill...padahal itu pure luck aja.
Mobilnya terguling, makanya atap jadi gepeng.
Rest in peace buat korban dan semoga keluarga korban diberi kekuatan.
Semoga bisa jadi pelajaran buat warga sm semuanya. Sudah banyak kejadian seperti ini, masak iya mau nunggu terjadi di diri sendiri baru mau belajar?
skrg tuh yang ngeri di tol paling gila ngebut emang duo gajah diesel dan kijang diesel... lupa kali kalo center of gravitynya tinggi keenakan torsi diesel di bawah ngejambak buat salip salip... kemaren di toll aja 2x berangkat ama pulang disalip ama kijang diesel ugal 2x...Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 1:50
Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.
Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk
Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.
Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.
Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.
Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh
Intinya sihh,, klo kecelakaan di sirkuit, baru gak dibully sama stereotyperChZ wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:09skrg tuh yang ngeri di tol paling gila ngebut emang duo gajah diesel dan kijang diesel... lupa kali kalo center of gravitynya tinggi keenakan torsi diesel di bawah ngejambak buat salip salip... kemaren di toll aja 2x berangkat ama pulang disalip ama kijang diesel ugal 2x...Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 1:50
Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.
Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk
Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.
Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.
Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.
Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh
maka nya tiap ketemu gajah diesel atau kijang diesel ugal minggir dah ane... nyalip mah bs tp mereka cilaka ane kena batunya wkwkwkwkkw. apalagi liat tampilan serba standar cm modal remap asep cumi cumi udah klo haywire meleng dikit ancur.
----------------------------------------------------
ngomong2 ada stereotip lucu tiap ada kecelakaan di tol....
kalo mobil LCGC/LMPV : yang dibahas mobil kaleng krupuk gak safety dll
kalo yang kena duo gajah diesel : yang dibahas mobil tinggi gak aman buat ugal ugalan.
kalo yang kena sedan mewah / sportcar / supercar : "wang gak bisa beli otak" katanya.
nanti dibully lagi mbahSuryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:18
Intinya sihh,, klo kecelakaan di sirkuit, baru gak dibully sama stereotyper
Wkwkwkwk.
ChZ wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:36nanti dibully lagi mbahSuryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:18
Intinya sihh,, klo kecelakaan di sirkuit, baru gak dibully sama stereotyper
Wkwkwkwk.
"bisa sewa sirkuit tapi gak bisa nyetir percuma"
sy terakhir di transjawabahn arah dr sby itu kena serangan microsleep parah banget. saking parahnya mau sampai ke rest area terdekat aja susah banget melawan rasa kantuk itu. untungnya sy punya booklet kecil yg sy print sendiri hasil dr nyari2 di internet dan sy selipin ke sun visor jd sewaktu2 perlu cek di km brp rest area terdekat itu gampang nyari taunya.evanbngdor wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:01
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.
Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
Gpp jd genset 200 jam jugaOmnibus wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 5:29sy terakhir di transjawabahn arah dr sby itu kena serangan microsleep parah banget. saking parahnya mau sampai ke rest area terdekat aja susah banget melawan rasa kantuk itu. untungnya sy punya booklet kecil yg sy print sendiri hasil dr nyari2 di internet dan sy selipin ke sun visor jd sewaktu2 perlu cek di km brp rest area terdekat itu gampang nyari taunya.evanbngdor wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:01
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.
Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
begitu mobil stop di RA, langsung tertidur. berasa tidur lama bgt sampai pas bangun kaget krn mesin tetap jd genset pake ac diluar terik, nanya apa sy tidur 2 jam ada ya? eh dijawab cuma tidur 15 menit. abis itu stretching diluar mobil n lanjut lagi sampe bdg ga ngantuk2 lagi.
to all: sy sekedar sharing microsleep itu memang nyata dan bahaya, tp ngehandle nya jg ga susah asal kita well informed n well prepared.
IMG_20220103_121917~2.jpg
IMG_20220103_122001~2.jpg
IMG_20220103_121944~2.jpg
ga tega mobil stop mbah. diluar udah kaya di gurun kuwait bin dubai 39°CSuryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 5:43
Gpp jd genset 200 jam juga
Kan pk amsowel signature, bisa up to 700 jam engine hours
Obatnya ngantuk cuma 1, tidur. Sudah itu aja.Omnibus wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 5:29sy terakhir di transjawabahn arah dr sby itu kena serangan microsleep parah banget. saking parahnya mau sampai ke rest area terdekat aja susah banget melawan rasa kantuk itu. untungnya sy punya booklet kecil yg sy print sendiri hasil dr nyari2 di internet dan sy selipin ke sun visor jd sewaktu2 perlu cek di km brp rest area terdekat itu gampang nyari taunya.evanbngdor wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:01
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.
Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
begitu mobil stop di RA, langsung tertidur. berasa tidur lama bgt sampai pas bangun kaget krn mesin tetap jd genset pake ac diluar terik, nanya apa sy tidur 2 jam ada ya? eh dijawab cuma tidur 15 menit. abis itu stretching diluar mobil n lanjut lagi sampe bdg ga ngantuk2 lagi.
to all: sy sekedar sharing microsleep itu memang nyata dan bahaya, tp ngehandle nya jg ga susah asal kita well informed n well prepared.
IMG_20220103_121917~2.jpg
IMG_20220103_122001~2.jpg
IMG_20220103_121944~2.jpg
pengendiesel wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 6:11
Persiapan saya kalo mau jalan lukot :
1. Permen karet. Sepanjang perjalanan saya ngunyah permen karet non stop. Ini trik no 1 saya. Sangat membantu sekali. Tapi kalo udah ngunyah permen karet masih dateng aja ngantuknya, maka lanjut ke
2. Krat*ngd*eng. Hanya diminum di kondisi darurat kalo belum bisa nemuin tempat berhenti yang proper. Lumayan, bisa buying time sekitar 1-3 jam.
Pernah sekali jalan di transjawa, udah ngunyah permen karet masih ngantuk banget. Lupa gak bawa yang no 2.
Ketemu ra langsung coba tidur. Lah bangke....malah gak bisa tidur.
Akhirnya jalan, untung gak jauh ketemu exit. Langsung exit dan lanjut lewat jalan biasa.
Ajaibnya, dibawa spirited driving sampe tujuan 3 jam kemudian gak ngantuk sama sekali.
Emang tol panjang ini boring banget. Otak, mata, tangan, kaki semuanya pada konstan terus.
Buka kap mesin nya full mbah.Omnibus wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 5:51ga tega mobil stop mbah. diluar udah kaya di gurun kuwait bin dubai 39°CSuryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 5:43
Gpp jd genset 200 jam juga
Kan pk amsowel signature, bisa up to 700 jam engine hours
bener juga ......Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 6:47Buka kap mesin nya full mbah.Omnibus wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 5:51ga tega mobil stop mbah. diluar udah kaya di gurun kuwait bin dubai 39°CSuryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 5:43
Gpp jd genset 200 jam juga
Kan pk amsowel signature, bisa up to 700 jam engine hours
Beneran ngebantu sirkulasi internal mesin jd jauh lbh baik dan dingin.
Proven di gurun bekasi.
Wkwkwkkw.
ga sampe kaya gini kan mbah?marmut wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 6:29pengendiesel wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 6:11
Persiapan saya kalo mau jalan lukot :
1. Permen karet. Sepanjang perjalanan saya ngunyah permen karet non stop. Ini trik no 1 saya. Sangat membantu sekali. Tapi kalo udah ngunyah permen karet masih dateng aja ngantuknya, maka lanjut ke
2. Krat*ngd*eng. Hanya diminum di kondisi darurat kalo belum bisa nemuin tempat berhenti yang proper. Lumayan, bisa buying time sekitar 1-3 jam.
Pernah sekali jalan di transjawa, udah ngunyah permen karet masih ngantuk banget. Lupa gak bawa yang no 2.
Ketemu ra langsung coba tidur. Lah bangke....malah gak bisa tidur.
Akhirnya jalan, untung gak jauh ketemu exit. Langsung exit dan lanjut lewat jalan biasa.
Ajaibnya, dibawa spirited driving sampe tujuan 3 jam kemudian gak ngantuk sama sekali.
Emang tol panjang ini boring banget. Otak, mata, tangan, kaki semuanya pada konstan terus.
kalo saya no. 1 musti tidur cukup, karena udah tau bakal perjalanan jauh dan nggak mungkin tidur sembari nyetir.
kalo yang nomer 2 pernah coba, emang bener lumayan ngebantu tapi sedikit.
misal sudah gejala ngantuk tapi belum memungkinkan brenti, saya biasa buka jendela sedikit supaya ada sirkulasi udara.
lumayan seger.
ChZ wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:36nanti dibully lagi mbahSuryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:18
Intinya sihh,, klo kecelakaan di sirkuit, baru gak dibully sama stereotyper
Wkwkwkwk.
"bisa sewa sirkuit tapi gak bisa nyetir percuma"
saya cuma ngebayanginya kalau Toll Trans Sumatera udah jadi 100% , yang 2500 km dari Bakauheni - Banda Aceh...apa yang bisa dilakukan supaya gak ngantuk ya ?evanbngdor wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:01Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.pengendiesel wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 2:27Setuju banget sama semua yang ditulis mbah di atas.Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 1:50
Speeding driver perlu sekolah kaki dan bljr fisika dasar lagi kayanya.
Ngebut tanpa knowledge itu bahaya banget emang.
Fitra Eri aja gak jarang bilang; batas kec aman di tol itu 100 kph.
Klo lwt 100 kph itu ilegal.. wkwkwkwk
Klo saya.., lewat dikit ketika overtake di 120-130 kph ketika kering, itu aja udh ilegal.
Klo ujan sy selalu mantengin speedo no more than 80 kph.
bukannya apa2, itu jalan tol umum dan kiri kanan mobil orang, bisa kena dampaknya klo terjadi selip, dan mbl sliding, padahal org lain safety driving, tapi kena impact karena ada driver yg nafsu ngebut lbh tinggi.
Apes can be anywhere, tapi resiko dan impact bisa diminimalkan at slower speed.
Mau nyampai lbh awal?
Ya berangkat jauh lbh awal lahhh
Ironisnya lagi nampaknya masih banyak orang yang gak bisa bedain mana hoki mana skill.
Dikiranya berhasil selamat setelah ngebut di sirkuit transjawabahn itu karena faktor skill, berhasil nyalip di tikungan blindspot dikiranya skill...padahal itu pure luck aja.
Mobilnya terguling, makanya atap jadi gepeng.
Rest in peace buat korban dan semoga keluarga korban diberi kekuatan.
Semoga bisa jadi pelajaran buat warga sm semuanya. Sudah banyak kejadian seperti ini, masak iya mau nunggu terjadi di diri sendiri baru mau belajar?
Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
Preventif nya mungkin pasang speed bump atau jalan bernada kayak di tol mojokerto-kediri itu. Cuma tetep itu ngga akan bisa 100% mengurangi ngantuk.ginting wrote: ↑Wed Jan 05, 2022 15:39saya cuma ngebayanginya kalau Toll Trans Sumatera udah jadi 100% , yang 2500 km dari Bakauheni - Banda Aceh...apa yang bisa dilakukan supaya gak ngantuk ya ?evanbngdor wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:01Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.pengendiesel wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 2:27
Setuju banget sama semua yang ditulis mbah di atas.
Ironisnya lagi nampaknya masih banyak orang yang gak bisa bedain mana hoki mana skill.
Dikiranya berhasil selamat setelah ngebut di sirkuit transjawabahn itu karena faktor skill, berhasil nyalip di tikungan blindspot dikiranya skill...padahal itu pure luck aja.
Mobilnya terguling, makanya atap jadi gepeng.
Rest in peace buat korban dan semoga keluarga korban diberi kekuatan.
Semoga bisa jadi pelajaran buat warga sm semuanya. Sudah banyak kejadian seperti ini, masak iya mau nunggu terjadi di diri sendiri baru mau belajar?
Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
saya nyetir di jalan lintas sumatera gak ngantuk karena badan kerja terus muter setir...kelok kelok..
kalau di toll.cuma jalan lurus,..maka mata lama lama redup..badan relax..akhirnya ngantuk..
bukannya bahaya ya tidur di mobil dalam keadaaan nyala gitu. udah banyak kan kasus yang meninggal di parkiran mobil keracunan co2 .Omnibus wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 5:29sy terakhir di transjawabahn arah dr sby itu kena serangan microsleep parah banget. saking parahnya mau sampai ke rest area terdekat aja susah banget melawan rasa kantuk itu. untungnya sy punya booklet kecil yg sy print sendiri hasil dr nyari2 di internet dan sy selipin ke sun visor jd sewaktu2 perlu cek di km brp rest area terdekat itu gampang nyari taunya.evanbngdor wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 3:01
Tol solo-surabaya memang jalanannya membuai banget sih, mobil tuwir aja masih bisa anteng speed di atas 100, dan masih kerasanya pelan. Itu dia yg bikin orang makin dalem injek pedal gas nya. Atau kalo emang ngga ngantukan, rawan ngantuk jg karena lurus dan sepi banget biasanya.
Kalau amati berita2 itu memang sebagian besar kecelakaan di ruas tol itu karena faktor non teknis ya, kalau tol semarang-solo itu biasanya faktor teknis
begitu mobil stop di RA, langsung tertidur. berasa tidur lama bgt sampai pas bangun kaget krn mesin tetap jd genset pake ac diluar terik, nanya apa sy tidur 2 jam ada ya? eh dijawab cuma tidur 15 menit. abis itu stretching diluar mobil n lanjut lagi sampe bdg ga ngantuk2 lagi.
to all: sy sekedar sharing microsleep itu memang nyata dan bahaya, tp ngehandle nya jg ga susah asal kita well informed n well prepared.
IMG_20220103_121917~2.jpg
IMG_20220103_122001~2.jpg
IMG_20220103_121944~2.jpg
yang menjadi pertanyaan, setipis dan seringkih itukah atap Pajero/Fortuner? karena setiap terbalik selalu gepeng rata. Atau karena keberatan chasis jadi pas kebalik si chasis itu yang menekan atap sehingga jadi gepeng?MaddMaxx wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 1:35sy sedikit kasih gambar biar mudah ditangkap efek crashnya.
crash1.png
crash2.jpeg
kalo ga ngebut gak akan begini sih efeknya. gimanapun mobil gc tinggi habitatnya bukan utk speeding di tol
salam safety first