Share problem CRV Turbo

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

rudsteel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Aug 28, 2016 5:13
Location: Jakarta

Re: Share problem CRV Turbo

Post by rudsteel »

gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19
7. Karet kaca depan sisi driver dan penumpang udah berubah bentuk, parah sih ini bq nya hpm, masih bagusan crv re dulu 12 taon juga masi aman. Ntar sekalian mau diganti karetnya.
6D51E7E3-4111-4E1F-A3CF-4D3B041861B2.jpeg

Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
Kasus ini sama kayak crv saya, tapi punya saya hanya di sisi driver
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Share problem CRV Turbo

Post by grimjow »

gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.

Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.

Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Suryaputra »

grimjow wrote: Tue Jul 26, 2022 23:21
gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.

Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.

Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Perkecualian buat Akor,
saya dah cobain bbrp model akor, duduk blkg, padahal pk ban potenza.

Compare ke camry XV30 dan XV40 yg pk ban turanza mirip2.

Sebetulnya itu bukan cuma road noise, tapi krn vibrasi yg ditimbulkan dr getaran ban ke aspal, ditranslate ke chassis nya, tapi kurang teredam.
Pabrikan jepang lain, meredam NVH ini dengan membuat settingan suspensi yg empuk.

Klo bbrp pabrikan mobil eropa solusikan hal ini lain lagi, dengan bikin subframe chassis lagi untuk kaki2, jadi suspensi bisa dibuat rigid tanpa ngorbanin NVH.
Sehingga vibrasi ban ke aspal teredam dan resultnya NVH juga berkurang drastis.

Image

Image

Image

Itu contoh konstruksi kaki" mercy e-class dan c-class, :mky_03:
Terutama buat suspensi belakang tidak lgs ditemplok ke chasiss monokok; tapi ditempel ke subframe dan diredam pk bbrp bushing, baru ditempel ke chassis monokok nya.

Rumit? yes,
Nyaman?.. udah pasti dan bahkan lbh senyap dibanding alphard lwt aspal beton

sesuai sama slogan "sheer repairing pleasure" klo ada kerusakan :big_biglaugh: :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Share problem CRV Turbo

Post by AbdulHakim »

gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19 Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
kalo Nissan X-Trail T33 e-Power nanti dimasukin ke Indo, kyknya bisa jadi alternatif tuh om. Dealer Nissan yg di Demang khan masih aktif tuh.
Kalo ndak ya, CRV (again) yang Gen-6 :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Share problem CRV Turbo

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Tue Jul 26, 2022 23:30
grimjow wrote: Tue Jul 26, 2022 23:21
gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.

Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.

Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Perkecualian buat Akor,
saya dah cobain bbrp model akor, duduk blkg, padahal pk ban potenza.

Compare ke camry XV30 dan XV40 yg pk ban turanza mirip2.

Sebetulnya itu bukan cuma road noise, tapi krn vibrasi yg ditimbulkan dr getaran ban ke aspal, ditranslate ke chassis nya, tapi kurang teredam.
Pabrikan jepang lain, meredam NVH ini dengan membuat settingan suspensi yg empuk.

Klo bbrp pabrikan mobil eropa solusikan hal ini lain lagi, dengan bikin subframe chassis lagi untuk kaki2, jadi suspensi bisa dibuat rigid tanpa ngorbanin NVH.
Sehingga vibrasi ban ke aspal teredam dan resultnya NVH juga berkurang drastis.

Image

Image

Image

Itu contoh konstruksi kaki" mercy e-class dan c-class, :mky_03:
Terutama buat suspensi belakang tidak lgs ditemplok ke chasiss monokok; tapi ditempel ke subframe dan diredam pk bbrp bushing, baru ditempel ke chassis monokok nya.

Rumit? yes,
Nyaman?.. udah pasti dan bahkan lbh senyap dibanding alphard lwt aspal beton

sesuai sama slogan "sheer repairing pleasure" klo ada kerusakan :big_biglaugh: :ngacir:
masih kalah om sama duo gajah diesel dia ud chasis misah sama frame masih nambah lagi torsion di belakang bener2x double frame, keknya mungkin kayak pajero saya ud ada kaki2x yang jebol aja kagak kedengeran suaranya biarpun lewat jalan rusak :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Wed Jul 27, 2022 0:53
Suryaputra wrote: Tue Jul 26, 2022 23:30
grimjow wrote: Tue Jul 26, 2022 23:21

Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.

Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Perkecualian buat Akor,
saya dah cobain bbrp model akor, duduk blkg, padahal pk ban potenza.

Compare ke camry XV30 dan XV40 yg pk ban turanza mirip2.

Sebetulnya itu bukan cuma road noise, tapi krn vibrasi yg ditimbulkan dr getaran ban ke aspal, ditranslate ke chassis nya, tapi kurang teredam.
Pabrikan jepang lain, meredam NVH ini dengan membuat settingan suspensi yg empuk.

Klo bbrp pabrikan mobil eropa solusikan hal ini lain lagi, dengan bikin subframe chassis lagi untuk kaki2, jadi suspensi bisa dibuat rigid tanpa ngorbanin NVH.
Sehingga vibrasi ban ke aspal teredam dan resultnya NVH juga berkurang drastis.

Image

Image

Image

Itu contoh konstruksi kaki" mercy e-class dan c-class, :mky_03:
Terutama buat suspensi belakang tidak lgs ditemplok ke chasiss monokok; tapi ditempel ke subframe dan diredam pk bbrp bushing, baru ditempel ke chassis monokok nya.

Rumit? yes,
Nyaman?.. udah pasti dan bahkan lbh senyap dibanding alphard lwt aspal beton

sesuai sama slogan "sheer repairing pleasure" klo ada kerusakan :big_biglaugh: :ngacir:
masih kalah om sama duo gajah diesel dia ud chasis misah sama frame masih nambah lagi torsion di belakang bener2x double frame, keknya mungkin kayak pajero saya ud ada kaki2x yang jebol aja kagak kedengeran suaranya biarpun lewat jalan rusak :big_biglaugh:
itu beda universeee
coba goyang setir dikit; kapal kena ombak ganns

tak cubit dulu sini mbah [emo-yesno] :mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Share problem CRV Turbo

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed Jul 27, 2022 1:01
itu beda universeee
coba goyang setir dikit; kapal kena ombak ganns

tak cubit dulu sini mbah [emo-yesno] :mky_04:
iya om kapal oleng cuma hati tenang sekali tiap lewat elang laut pik sambil ngegas kenceng kagak ada suaranya kalo naek pajero naek CRV rm ud kayak konser tuh kaki2x lewat situ :wkkk:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Wed Jul 27, 2022 1:12
Suryaputra wrote: Wed Jul 27, 2022 1:01
itu beda universeee
coba goyang setir dikit; kapal kena ombak ganns

tak cubit dulu sini mbah [emo-yesno] :mky_04:
iya om kapal oleng cuma hati tenang sekali tiap lewat elang laut pik sambil ngegas kenceng kagak ada suaranya kalo naek pajero naek CRV rm ud kayak konser tuh kaki2x lewat situ :wkkk:
Suv monokok jg kaki konser klo lwt situ mah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Share problem CRV Turbo

Post by gwsecretc »

grimjow wrote: Tue Jul 26, 2022 23:21
gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.

Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.

Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Iya om, udah ciri khas nya honda road noise super. Saya liat di negara” luar juga udah pada pasrah ngadepin road noise nya honda :big_biglaugh:

Yup, kemungkinan bakal beralih ke crv gen 6 nanti, udah terlanjur enak bawa ni mobil.
AbdulHakim wrote: Wed Jul 27, 2022 0:45
gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19 Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
kalo Nissan X-Trail T33 e-Power nanti dimasukin ke Indo, kyknya bisa jadi alternatif tuh om. Dealer Nissan yg di Demang khan masih aktif tuh.
Kalo ndak ya, CRV (again) yang Gen-6 :big_bored:
Nissan terlalu banyak horror story nya om, terus saya juga belum pernah ada pengalaman pelihara mobil nissan jadi kayaknya belum tertarik untuk coba pelihara.

Paling mungkin ya crv gen 6 :big_biglaugh: . Udah betah pakai crv dari gen 2 ke 3 dan sekarang gen 5. Kalo gen 4 emang sengaja skip karena ga sreg liat modelnya :big_dunno: .
Suryaputra wrote: Wed Jul 27, 2022 1:36
b0ku wrote: Wed Jul 27, 2022 1:12
Suryaputra wrote: Wed Jul 27, 2022 1:01
itu beda universeee
coba goyang setir dikit; kapal kena ombak ganns

tak cubit dulu sini mbah [emo-yesno] :mky_04:
iya om kapal oleng cuma hati tenang sekali tiap lewat elang laut pik sambil ngegas kenceng kagak ada suaranya kalo naek pajero naek CRV rm ud kayak konser tuh kaki2x lewat situ :wkkk:
Suv monokok jg kaki konser klo lwt situ mah :upss:
Kalo di palembang om, tiap hari mah ini kaki” crv rw saya konser sampe” telinga saya udah kebel :big_biglaugh: :big_biglaugh:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Share problem CRV Turbo

Post by gwsecretc »

gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19 Mumpung udah ada thread nya, saya mau share problem di crv 1.5 tp 2017 saya


Ga kerasa mobil udah mau 5 tahun (1 bulan lagi)


So far dari sisi mesin dan transmisi no problem, berikut problem yang saya alami:
1. Tuas shift knob patah dan eps bunyi krik” saat stir diputar, problem solved by recall di beres honda, aman sampai sekarang

2. Oil life di speedometer terlampau pendek, udah update software di beres, sekarang masih dalam batas wajar baru muncul warning jika oli udah jalan sekitar 4500km, dan oil life habis di km 5000. Untuknya oli nya sendiri dulu saya pakai q8 0w20 dan sekarang pakai ptt 0w30. Ga ada penguapan sama sekali. Kondisi mobil udah diremap dari tahun 2020 di km 30rban, sekarang udah km 47rban.

3. Kaki” mulai bunyi sedikit di jalan keriting kalau jalan agak kencang, dan bantingan udah mulai terasa sakit, maklum jalan di palembang udah 80% kayak off road. Ban udah ganti, problem agak berkurang. Udah coba cek di beres dan bengkel kaki” dinyatakan semua masih kondisi bagus, paling shock mungkin mulai lemah. Jadi next mau coba ganti shock dan support shock.

4. Stir kalau posisi mobil udah diam lama (misal kalo pagi” mau keluarin dari garasi) dan stir diputar selalu ada bunyi ‘teng’. Masih bingung ini bunyi asalnya darimana. Kalo om” ada pengalaman yang sama dan udah solved boleh tolong dibagi solusinya.

5. Headunit super lelet dan suka ngehang. Udah diupdate software di beres, agak mendingan, tapi sesekali masih suka ngehang. Alhasil saya ganti sama hu kenwood ddx9019s. Bye” hang dan bonus ada peningkatan sound quality.

6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.

7. Kaca depan sisi driver dan penumpang tiap kali mau nutup selalu bunyi kriut”. Ini sangat mengganggu. Disemprot silicone spray ga ngefek, beda sama crv re dulu langsung auto sunyi. Akhirnya bongkar doortrim, ditaruh grease di daerah rel power window dan baut yang ngunci kaca ke mekanisme power window. Langsung sunyi, tapi cuma bertahan beberapa bulan ( dulu 2019 udah pernah digrease juga tapi bunyi lagi setelah beberapa bulan, makin parah di awal tahun ini dan akhirnya digrease ulang).

8. Karet kaca depan sisi driver dan penumpang udah berubah bentuk, parah sih ini bq nya hpm, masih bagusan crv re dulu 12 taon juga masi aman. Ntar sekalian mau diganti karetnya.
6D51E7E3-4111-4E1F-A3CF-4D3B041861B2.jpeg

Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
Oh yah ada 1 problem lagi yang masih cukup aneh buat saya. Kemarin 2021 sekitar bulan 9 ac nya sempat berkurang dinginnya, hanya sejuk saja, padahal filter kabin baru jalan 3rban km dan rutin diganti per 10rb km.

Akhirnya coba ke bengkel ac langganan, di cek tekanan freon masih bagus tapi udah batas bawah normal. Lalu dicoba cek kebocoran freon tapi ga ketemu”. Jadinya freon ditambah sedikit, dan coba bersihkan blower dan evaporator tapi modal semprot cleaner karena kata bengkel sayang kalo dasbor dibongkar mengingat mobil belum terlalu tua. Pas dibongkar blowernya ternyata masih bersih cuma ada debu tipis. Ternyata saran teman” di sm disini emang betul, baiknya filter ac diganti per 10rb km.

Dan untungnya sampai sekarang mobilnya tetap dingin seperti baru beli 2017 dulu :big_peace:
Last edited by gwsecretc on Wed Jul 27, 2022 7:22, edited 1 time in total.
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Share problem CRV Turbo

Post by YaS »

gwsecretc wrote: Wed Jul 27, 2022 6:24

Kalo di palembang om, tiap hari mah ini kaki” crv rw saya konser sampe” telinga saya udah kebel :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Dalam kotanya jalannya bagus bagus om.

bentar lagi mungkin lebih betah pake Ahond di Palembang Om.. banyak perbaikan jalan.
entah nanti kelar perbaikan apakah project perbaikan jalan yang baru kelar di perbaiki tadi :big_grin:

Terakhir lewat sana butuh waktu hampir 2 jam dari pintu toll untuk bisa keluar ke jalur trans sumatra :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Suryaputra »

Anti konser :big_weee:

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Share problem CRV Turbo

Post by gwsecretc »

YanuarS wrote: Wed Jul 27, 2022 6:31
gwsecretc wrote: Wed Jul 27, 2022 6:24

Kalo di palembang om, tiap hari mah ini kaki” crv rw saya konser sampe” telinga saya udah kebel :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Dalam kotanya jalannya bagus bagus om.

bentar lagi mungkin lebih betah pake Ahond di Palembang Om.. banyak perbaikan jalan.
entah nanti kelar perbaikan apakah project perbaikan jalan yang baru kelar di perbaiki tadi :big_grin:

Terakhir lewat sana butuh waktu hampir 2 jam dari pintu toll untuk bisa keluar ke jalur trans sumatra :big_biglaugh:
Hanya beberapa titik aja yang bagus om, ga semua dalkotnya bagus om. Gara” banjir 25 desember 2021 kemarin banyak jalan bagus jadi hancur.

Tapi saya lihat udah mulai ada perbaikan di beberapa titik. Mudah”an cepat kelar perbaikannya..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share problem CRV Turbo

Post by ChZ »

gwsecretc wrote: Wed Jul 27, 2022 6:30
gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19 Mumpung udah ada thread nya, saya mau share problem di crv 1.5 tp 2017 saya


Ga kerasa mobil udah mau 5 tahun (1 bulan lagi)


So far dari sisi mesin dan transmisi no problem, berikut problem yang saya alami:
1. Tuas shift knob patah dan eps bunyi krik” saat stir diputar, problem solved by recall di beres honda, aman sampai sekarang

2. Oil life di speedometer terlampau pendek, udah update software di beres, sekarang masih dalam batas wajar baru muncul warning jika oli udah jalan sekitar 4500km, dan oil life habis di km 5000. Untuknya oli nya sendiri dulu saya pakai q8 0w20 dan sekarang pakai ptt 0w30. Ga ada penguapan sama sekali. Kondisi mobil udah diremap dari tahun 2020 di km 30rban, sekarang udah km 47rban.

3. Kaki” mulai bunyi sedikit di jalan keriting kalau jalan agak kencang, dan bantingan udah mulai terasa sakit, maklum jalan di palembang udah 80% kayak off road. Ban udah ganti, problem agak berkurang. Udah coba cek di beres dan bengkel kaki” dinyatakan semua masih kondisi bagus, paling shock mungkin mulai lemah. Jadi next mau coba ganti shock dan support shock.

4. Stir kalau posisi mobil udah diam lama (misal kalo pagi” mau keluarin dari garasi) dan stir diputar selalu ada bunyi ‘teng’. Masih bingung ini bunyi asalnya darimana. Kalo om” ada pengalaman yang sama dan udah solved boleh tolong dibagi solusinya.

5. Headunit super lelet dan suka ngehang. Udah diupdate software di beres, agak mendingan, tapi sesekali masih suka ngehang. Alhasil saya ganti sama hu kenwood ddx9019s. Bye” hang dan bonus ada peningkatan sound quality.

6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.

7. Kaca depan sisi driver dan penumpang tiap kali mau nutup selalu bunyi kriut”. Ini sangat mengganggu. Disemprot silicone spray ga ngefek, beda sama crv re dulu langsung auto sunyi. Akhirnya bongkar doortrim, ditaruh grease di daerah rel power window dan baut yang ngunci kaca ke mekanisme power window. Langsung sunyi, tapi cuma bertahan beberapa bulan ( dulu 2019 udah pernah digrease juga tapi bunyi lagi setelah beberapa bulan, makin parah di awal tahun ini dan akhirnya digrease ulang).

8. Karet kaca depan sisi driver dan penumpang udah berubah bentuk, parah sih ini bq nya hpm, masih bagusan crv re dulu 12 taon juga masi aman. Ntar sekalian mau diganti karetnya.
6D51E7E3-4111-4E1F-A3CF-4D3B041861B2.jpeg

Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
Oh yah ada 1 problem lagi yang masih cukup aneh buat saya. Kemarin 2021 sekitar bulan 9 ac nya sempat berkurang dinginnya, hanya sejuk saja, padahal filter kabin baru jalan 3rban km dan rutin diganti per 10rb km.

Akhirnya coba ke bengkel ac langganan, di cek tekanan freon masih bagus tapi udah batas bawah normal. Lalu dicoba cek kebocoran freon tapi ga ketemu”. Jadinya freon ditambah sedikit, dan coba bersihkan blower dan evaporator tapi modal semprot cleaner karena kata bengkel sayang kalo dasbor dibongkar mengingat mobil belum terlalu tua. Pas dibongkar blowernya ternyata masih bersih cuma ada debu tipis. Ternyata saran teman” di sm disini emang betul, baiknya filter ac diganti per 10rb km.

Dan untungnya sampai sekarang mobilnya tetap dingin seperti baru beli 2017 dulu :big_peace:
Buset berarti 2017 glitchnya parah bener yak. Saya 2018 hampir 4thn sama sekali gak ada keluhan sebanyak itu.

Paling ban aja kyknya uda mulai keras. Wkwkwkwkwkw. Kena jalan gelombang kasar banget. Yg dunlop sp sport maxx 050. Rada short lived dibanding dueler kyknya.

Barusan uda remap mendingan jauh jg lemot lemotnya wkwkwkwkwkw

Mao ganti ban tahun depan paling ngincar GY Maxguard atau Conti CCLX2
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Share problem CRV Turbo

Post by gwsecretc »

ChZ wrote: Wed Jul 27, 2022 7:33
Buset berarti 2017 glitchnya parah bener yak. Saya 2018 hampir 4thn sama sekali gak ada keluhan sebanyak itu.

Paling ban aja kyknya uda mulai keras. Wkwkwkwkwkw. Kena jalan gelombang kasar banget. Yg dunlop sp sport maxx 050. Rada short lived dibanding dueler kyknya.

Barusan uda remap mendingan jauh jg lemot lemotnya wkwkwkwkwkw

Mao ganti ban tahun depan paling ngincar GY Maxguard atau Conti CCLX2
Maklum first batch gen baru om, sama kayak anki 2016 saya dulu juga turbo putuan, rem getar, sok bocor udah diklaim semua dan aman sampai dijual. Terakhir ganti ke yg 2020 pfl aman semua om ga ada glitch :big_peace: mengingat anki juga mulai 2017 pertengahan baru mulai aman. Sama kayak crv turbo kayaknya mulai 2018 udah pada aman semua.

Tapi glitch di atas kalo bagi ga yang sensitif ya ga masalah sih om. Menurut saya glitch yang terparah ya yang tombol tuas patah itu aja :big_biglaugh: .

Btw, om kan udah remap crv nya, mau tanya cvtf nya om ganti pakai merk lain juga ga? Saya mau ganti aftermarket tapi masih ragu, karena banyak yang bilang mending stay di hcf2 aja. Kalo masalah lemot, after remap bukan mendingan lagi om, rasanya jauh lebih enak. Apalagi kalo udah masuk S pakai manual paddle shift lebih galak lagi om. :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share problem CRV Turbo

Post by ChZ »

gwsecretc wrote: Wed Jul 27, 2022 8:26 Maklum first batch gen baru om, sama kayak anki 2016 saya dulu juga turbo putuan, rem getar, sok bocor udah diklaim semua dan aman sampai dijual. Terakhir ganti ke yg 2020 pfl aman semua om ga ada glitch :big_peace: mengingat anki juga mulai 2017 pertengahan baru mulai aman. Sama kayak crv turbo kayaknya mulai 2018 udah pada aman semua.

Tapi glitch di atas kalo bagi ga yang sensitif ya ga masalah sih om. Menurut saya glitch yang terparah ya yang tombol tuas patah itu aja :big_biglaugh: .

Btw, om kan udah remap crv nya, mau tanya cvtf nya om ganti pakai merk lain juga ga? Saya mau ganti aftermarket tapi masih ragu, karena banyak yang bilang mending stay di hcf2 aja. Kalo masalah lemot, after remap bukan mendingan lagi om, rasanya jauh lebih enak. Apalagi kalo udah masuk S pakai manual paddle shift lebih galak lagi om. :big_exellent:
kemarin CVTF si pake FK CVT B om. heheheh. HCF2 kl buat remapan aga serem saya terakhir ngetap punya civic bau sangit banget pdhl odonya relatif low. civic di bengkel yang sama jg pake FK CVT for Honda (ini sekarang rebrand jadi FK CVT B). 160k/lt emang lebih mahal drpd HCF2. atau kyu eit juga ada tu kyu eit cvt evo

bner mbah kl sekarang dalem kota kejar kejaran ama duo gajah disel pun berani. kl dulu sen kiri aj kita orang kalah kena turbo lag mesinnya masi loading :big_biglaugh: skrg yg paling berasa itu dari lag ke spool lebih kontan power delivery lebih smooth
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Share problem CRV Turbo

Post by gwsecretc »

ChZ wrote: Wed Jul 27, 2022 8:36
kemarin CVTF si pake FK CVT B om. heheheh. HCF2 kl buat remapan aga serem saya terakhir ngetap punya civic bau sangit banget pdhl odonya relatif low. civic di bengkel yang sama jg pake FK CVT for Honda (ini sekarang rebrand jadi FK CVT B). 160k/lt emang lebih mahal drpd HCF2. atau kyu eit juga ada tu kyu eit cvt evo

bner mbah kl sekarang dalem kota kejar kejaran ama duo gajah disel pun berani. kl dulu sen kiri aj kita orang kalah kena turbo lag mesinnya masi loading :big_biglaugh: skrg yg paling berasa itu dari lag ke spool lebih kontan power delivery lebih smooth
Kalo ganti merk gitu berarti harus 2x drain and fill ya om? Kemarin pernah tanya ke beres katanya ga bisa kuras cvtf, ga ada jalurnya, cuma bisa di tap. Kalo anki anps kan bisa tuh langsung kuras pake atf changer..
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Share problem CRV Turbo

Post by AbdulHakim »

crv turbo saya ini kyknya udah perlu filter kabin/AC sama filter udara.
AC pas baru nyala bau acem, kalo filter udara pas buka kap ternyata mesin dkk udah dekil banget debunya tebel, jangan2 debu di filternya jg udah tebel.
pada ganti di beres, atau beli online?
lumayan terjangkau harganya, filter kabin merk KEN harganya 150rb, kalo filter udara made in Thai warna kuning harganya 100rb.
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Share problem CRV Turbo

Post by gwsecretc »

AbdulHakim wrote: Wed Aug 03, 2022 3:25 crv turbo saya ini kyknya udah perlu filter kabin/AC sama filter udara.
AC pas baru nyala bau acem, kalo filter udara pas buka kap ternyata mesin dkk udah dekil banget debunya tebel, jangan2 debu di filternya jg udah tebel.
pada ganti di beres, atau beli online?
lumayan terjangkau harganya, filter kabin merk KEN harganya 150rb, kalo filter udara made in Thai warna kuning harganya 100rb.
Kalo filter udara saya beli di beres dulu 180rban made in thai) kalo ga salah, saya ganti per 20rb km. Mau murah ada denso cuma 90an rb.

Untuk filter kabin pake merk denso beli online cuma 50an rb, ukurannya cari yang buat hrv (ukuran sama dengan crv turbo). Ganti tiap 10rb km.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Share problem CRV Turbo

Post by arfs »

WhatsApp Image 2022-08-03 at 2.34.43 PM.jpeg
Baru sadar pas mau cek running engine hour sama average speed dari terakhir kali ganti oli mesin,
Ternyata elapsed time di salah satu trip A/B maksimal cuman bisa 99 jam 59 menit :big_biglaugh:
Entah dah average speed nya ngitung nya berhenti pas 99 jam dan 59 menit atau nanti masih bisa berubah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Share problem CRV Turbo

Post by lemonadelovers »

Suryaputra wrote: Tue Jul 26, 2022 23:30
grimjow wrote: Tue Jul 26, 2022 23:21
gwsecretc wrote: Tue Jul 26, 2022 15:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.

Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya :big_peace:
Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.

Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Perkecualian buat Akor,
saya dah cobain bbrp model akor, duduk blkg, padahal pk ban potenza.

Compare ke camry XV30 dan XV40 yg pk ban turanza mirip2.

Sebetulnya itu bukan cuma road noise, tapi krn vibrasi yg ditimbulkan dr getaran ban ke aspal, ditranslate ke chassis nya, tapi kurang teredam.
Pabrikan jepang lain, meredam NVH ini dengan membuat settingan suspensi yg empuk.

Klo bbrp pabrikan mobil eropa solusikan hal ini lain lagi, dengan bikin subframe chassis lagi untuk kaki2, jadi suspensi bisa dibuat rigid tanpa ngorbanin NVH.
Sehingga vibrasi ban ke aspal teredam dan resultnya NVH juga berkurang drastis.

Image

Image

Image

Itu contoh konstruksi kaki" mercy e-class dan c-class, :mky_03:
Terutama buat suspensi belakang tidak lgs ditemplok ke chasiss monokok; tapi ditempel ke subframe dan diredam pk bbrp bushing, baru ditempel ke chassis monokok nya.

Rumit? yes,
Nyaman?.. udah pasti dan bahkan lbh senyap dibanding alphard lwt aspal beton

sesuai sama slogan "sheer repairing pleasure" klo ada kerusakan :big_biglaugh: :ngacir:
suspensi elgrand e52 yg belakang kayak gini. enak banget dan nyaman. klo alphard gen2 masih torsion beam, baru deh gen 3 udah multilink
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Share problem CRV Turbo

Post by AbdulHakim »

Pantes bunyi2 klak-klek kalo lewat jalan jelek, shock kanan depan udah bocor parah
IMG_20220811_140619.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Share problem CRV Turbo

Post by AbdulHakim »

AbdulHakim wrote: Thu Aug 11, 2022 7:08 Pantes bunyi2 klak-klek kalo lewat jalan jelek, shock kanan depan udah bocor parah
IMG_20220811_140619.jpg
Perbaikan dan cost nya.
IMG_20220816_081035.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Share problem CRV Turbo

Post by bensinsolar »

AbdulHakim wrote: Tue Aug 16, 2022 1:14
AbdulHakim wrote: Thu Aug 11, 2022 7:08 Pantes bunyi2 klak-klek kalo lewat jalan jelek, shock kanan depan udah bocor parah
IMG_20220811_140619.jpg
Perbaikan dan cost nya.
IMG_20220816_081035.jpg
Itu shockbreaker asli Om? murah juga ya. CMIIW, shockbreaker bukannya harus ganti kiri kanan ya? gabisa satu sisi aja.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Suryaputra »

Honda mah parts aftermarket nya banyak dan relatif murah.
emang klo peace of mind, between honda atau toyota :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri