Kasus ini sama kayak crv saya, tapi punya saya hanya di sisi drivergwsecretc wrote: ↑26 Jul 2022, 22:19
7. Karet kaca depan sisi driver dan penumpang udah berubah bentuk, parah sih ini bq nya hpm, masih bagusan crv re dulu 12 taon juga masi aman. Ntar sekalian mau diganti karetnya.
6D51E7E3-4111-4E1F-A3CF-4D3B041861B2.jpeg
Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya
Share problem CRV Turbo
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: 28 Aug 2016, 12:13
- Location: Jakarta
Re: Share problem CRV Turbo
- grimjow
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: 21 Aug 2015, 21:45
Re: Share problem CRV Turbo
Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.gwsecretc wrote: ↑26 Jul 2022, 22:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.
Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya
Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Share problem CRV Turbo
Perkecualian buat Akor,grimjow wrote: ↑27 Jul 2022, 06:21Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.gwsecretc wrote: ↑26 Jul 2022, 22:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.
Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya
Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
saya dah cobain bbrp model akor, duduk blkg, padahal pk ban potenza.
Compare ke camry XV30 dan XV40 yg pk ban turanza mirip2.
Sebetulnya itu bukan cuma road noise, tapi krn vibrasi yg ditimbulkan dr getaran ban ke aspal, ditranslate ke chassis nya, tapi kurang teredam.
Pabrikan jepang lain, meredam NVH ini dengan membuat settingan suspensi yg empuk.
Klo bbrp pabrikan mobil eropa solusikan hal ini lain lagi, dengan bikin subframe chassis lagi untuk kaki2, jadi suspensi bisa dibuat rigid tanpa ngorbanin NVH.
Sehingga vibrasi ban ke aspal teredam dan resultnya NVH juga berkurang drastis.
Itu contoh konstruksi kaki" mercy e-class dan c-class,
Terutama buat suspensi belakang tidak lgs ditemplok ke chasiss monokok; tapi ditempel ke subframe dan diredam pk bbrp bushing, baru ditempel ke chassis monokok nya.
Rumit? yes,
Nyaman?.. udah pasti dan bahkan lbh senyap dibanding alphard lwt aspal beton
sesuai sama slogan "sheer repairing pleasure" klo ada kerusakan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1380
- Joined: 22 Mar 2021, 06:59
- Location: Indonesia
Re: Share problem CRV Turbo
kalo Nissan X-Trail T33 e-Power nanti dimasukin ke Indo, kyknya bisa jadi alternatif tuh om. Dealer Nissan yg di Demang khan masih aktif tuh.
Kalo ndak ya, CRV (again) yang Gen-6
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4152
- Joined: 12 Jul 2013, 11:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Share problem CRV Turbo
masih kalah om sama duo gajah diesel dia ud chasis misah sama frame masih nambah lagi torsion di belakang bener2x double frame, keknya mungkin kayak pajero saya ud ada kaki2x yang jebol aja kagak kedengeran suaranya biarpun lewat jalan rusakSuryaputra wrote: ↑27 Jul 2022, 06:30Perkecualian buat Akor,grimjow wrote: ↑27 Jul 2022, 06:21Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.gwsecretc wrote: ↑26 Jul 2022, 22:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.
Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya
Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
saya dah cobain bbrp model akor, duduk blkg, padahal pk ban potenza.
Compare ke camry XV30 dan XV40 yg pk ban turanza mirip2.
Sebetulnya itu bukan cuma road noise, tapi krn vibrasi yg ditimbulkan dr getaran ban ke aspal, ditranslate ke chassis nya, tapi kurang teredam.
Pabrikan jepang lain, meredam NVH ini dengan membuat settingan suspensi yg empuk.
Klo bbrp pabrikan mobil eropa solusikan hal ini lain lagi, dengan bikin subframe chassis lagi untuk kaki2, jadi suspensi bisa dibuat rigid tanpa ngorbanin NVH.
Sehingga vibrasi ban ke aspal teredam dan resultnya NVH juga berkurang drastis.
Itu contoh konstruksi kaki" mercy e-class dan c-class,
Terutama buat suspensi belakang tidak lgs ditemplok ke chasiss monokok; tapi ditempel ke subframe dan diredam pk bbrp bushing, baru ditempel ke chassis monokok nya.
Rumit? yes,
Nyaman?.. udah pasti dan bahkan lbh senyap dibanding alphard lwt aspal beton
sesuai sama slogan "sheer repairing pleasure" klo ada kerusakan
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Share problem CRV Turbo
itu beda universeeeb0ku wrote: ↑27 Jul 2022, 07:53masih kalah om sama duo gajah diesel dia ud chasis misah sama frame masih nambah lagi torsion di belakang bener2x double frame, keknya mungkin kayak pajero saya ud ada kaki2x yang jebol aja kagak kedengeran suaranya biarpun lewat jalan rusakSuryaputra wrote: ↑27 Jul 2022, 06:30Perkecualian buat Akor,grimjow wrote: ↑27 Jul 2022, 06:21
Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.
Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
saya dah cobain bbrp model akor, duduk blkg, padahal pk ban potenza.
Compare ke camry XV30 dan XV40 yg pk ban turanza mirip2.
Sebetulnya itu bukan cuma road noise, tapi krn vibrasi yg ditimbulkan dr getaran ban ke aspal, ditranslate ke chassis nya, tapi kurang teredam.
Pabrikan jepang lain, meredam NVH ini dengan membuat settingan suspensi yg empuk.
Klo bbrp pabrikan mobil eropa solusikan hal ini lain lagi, dengan bikin subframe chassis lagi untuk kaki2, jadi suspensi bisa dibuat rigid tanpa ngorbanin NVH.
Sehingga vibrasi ban ke aspal teredam dan resultnya NVH juga berkurang drastis.
Itu contoh konstruksi kaki" mercy e-class dan c-class,
Terutama buat suspensi belakang tidak lgs ditemplok ke chasiss monokok; tapi ditempel ke subframe dan diredam pk bbrp bushing, baru ditempel ke chassis monokok nya.
Rumit? yes,
Nyaman?.. udah pasti dan bahkan lbh senyap dibanding alphard lwt aspal beton
sesuai sama slogan "sheer repairing pleasure" klo ada kerusakan
coba goyang setir dikit; kapal kena ombak ganns
tak cubit dulu sini mbah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4152
- Joined: 12 Jul 2013, 11:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Share problem CRV Turbo
iya om kapal oleng cuma hati tenang sekali tiap lewat elang laut pik sambil ngegas kenceng kagak ada suaranya kalo naek pajero naek CRV rm ud kayak konser tuh kaki2x lewat situSuryaputra wrote: ↑27 Jul 2022, 08:01
itu beda universeee
coba goyang setir dikit; kapal kena ombak ganns
tak cubit dulu sini mbah
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Share problem CRV Turbo
Suv monokok jg kaki konser klo lwt situ mahb0ku wrote: ↑27 Jul 2022, 08:12iya om kapal oleng cuma hati tenang sekali tiap lewat elang laut pik sambil ngegas kenceng kagak ada suaranya kalo naek pajero naek CRV rm ud kayak konser tuh kaki2x lewat situSuryaputra wrote: ↑27 Jul 2022, 08:01
itu beda universeee
coba goyang setir dikit; kapal kena ombak ganns
tak cubit dulu sini mbah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: 09 Feb 2017, 13:54
Re: Share problem CRV Turbo
Iya om, udah ciri khas nya honda road noise super. Saya liat di negara” luar juga udah pada pasrah ngadepin road noise nya hondagrimjow wrote: ↑27 Jul 2022, 06:21Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.gwsecretc wrote: ↑26 Jul 2022, 22:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.
Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya
Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
Yup, kemungkinan bakal beralih ke crv gen 6 nanti, udah terlanjur enak bawa ni mobil.
Nissan terlalu banyak horror story nya om, terus saya juga belum pernah ada pengalaman pelihara mobil nissan jadi kayaknya belum tertarik untuk coba pelihara.AbdulHakim wrote: ↑27 Jul 2022, 07:45kalo Nissan X-Trail T33 e-Power nanti dimasukin ke Indo, kyknya bisa jadi alternatif tuh om. Dealer Nissan yg di Demang khan masih aktif tuh.
Kalo ndak ya, CRV (again) yang Gen-6
Paling mungkin ya crv gen 6 . Udah betah pakai crv dari gen 2 ke 3 dan sekarang gen 5. Kalo gen 4 emang sengaja skip karena ga sreg liat modelnya .
Kalo di palembang om, tiap hari mah ini kaki” crv rw saya konser sampe” telinga saya udah kebelSuryaputra wrote: ↑27 Jul 2022, 08:36Suv monokok jg kaki konser klo lwt situ mahb0ku wrote: ↑27 Jul 2022, 08:12iya om kapal oleng cuma hati tenang sekali tiap lewat elang laut pik sambil ngegas kenceng kagak ada suaranya kalo naek pajero naek CRV rm ud kayak konser tuh kaki2x lewat situSuryaputra wrote: ↑27 Jul 2022, 08:01
itu beda universeee
coba goyang setir dikit; kapal kena ombak ganns
tak cubit dulu sini mbah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: 09 Feb 2017, 13:54
Re: Share problem CRV Turbo
Oh yah ada 1 problem lagi yang masih cukup aneh buat saya. Kemarin 2021 sekitar bulan 9 ac nya sempat berkurang dinginnya, hanya sejuk saja, padahal filter kabin baru jalan 3rban km dan rutin diganti per 10rb km.gwsecretc wrote: ↑26 Jul 2022, 22:19 Mumpung udah ada thread nya, saya mau share problem di crv 1.5 tp 2017 saya
Ga kerasa mobil udah mau 5 tahun (1 bulan lagi)
So far dari sisi mesin dan transmisi no problem, berikut problem yang saya alami:
1. Tuas shift knob patah dan eps bunyi krik” saat stir diputar, problem solved by recall di beres honda, aman sampai sekarang
2. Oil life di speedometer terlampau pendek, udah update software di beres, sekarang masih dalam batas wajar baru muncul warning jika oli udah jalan sekitar 4500km, dan oil life habis di km 5000. Untuknya oli nya sendiri dulu saya pakai q8 0w20 dan sekarang pakai ptt 0w30. Ga ada penguapan sama sekali. Kondisi mobil udah diremap dari tahun 2020 di km 30rban, sekarang udah km 47rban.
3. Kaki” mulai bunyi sedikit di jalan keriting kalau jalan agak kencang, dan bantingan udah mulai terasa sakit, maklum jalan di palembang udah 80% kayak off road. Ban udah ganti, problem agak berkurang. Udah coba cek di beres dan bengkel kaki” dinyatakan semua masih kondisi bagus, paling shock mungkin mulai lemah. Jadi next mau coba ganti shock dan support shock.
4. Stir kalau posisi mobil udah diam lama (misal kalo pagi” mau keluarin dari garasi) dan stir diputar selalu ada bunyi ‘teng’. Masih bingung ini bunyi asalnya darimana. Kalo om” ada pengalaman yang sama dan udah solved boleh tolong dibagi solusinya.
5. Headunit super lelet dan suka ngehang. Udah diupdate software di beres, agak mendingan, tapi sesekali masih suka ngehang. Alhasil saya ganti sama hu kenwood ddx9019s. Bye” hang dan bonus ada peningkatan sound quality.
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.
7. Kaca depan sisi driver dan penumpang tiap kali mau nutup selalu bunyi kriut”. Ini sangat mengganggu. Disemprot silicone spray ga ngefek, beda sama crv re dulu langsung auto sunyi. Akhirnya bongkar doortrim, ditaruh grease di daerah rel power window dan baut yang ngunci kaca ke mekanisme power window. Langsung sunyi, tapi cuma bertahan beberapa bulan ( dulu 2019 udah pernah digrease juga tapi bunyi lagi setelah beberapa bulan, makin parah di awal tahun ini dan akhirnya digrease ulang).
8. Karet kaca depan sisi driver dan penumpang udah berubah bentuk, parah sih ini bq nya hpm, masih bagusan crv re dulu 12 taon juga masi aman. Ntar sekalian mau diganti karetnya.
6D51E7E3-4111-4E1F-A3CF-4D3B041861B2.jpeg
Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya
Akhirnya coba ke bengkel ac langganan, di cek tekanan freon masih bagus tapi udah batas bawah normal. Lalu dicoba cek kebocoran freon tapi ga ketemu”. Jadinya freon ditambah sedikit, dan coba bersihkan blower dan evaporator tapi modal semprot cleaner karena kata bengkel sayang kalo dasbor dibongkar mengingat mobil belum terlalu tua. Pas dibongkar blowernya ternyata masih bersih cuma ada debu tipis. Ternyata saran teman” di sm disini emang betul, baiknya filter ac diganti per 10rb km.
Dan untungnya sampai sekarang mobilnya tetap dingin seperti baru beli 2017 dulu
Last edited by gwsecretc on 27 Jul 2022, 14:22, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: 26 Jan 2016, 09:24
Re: Share problem CRV Turbo
Dalam kotanya jalannya bagus bagus om.
bentar lagi mungkin lebih betah pake Ahond di Palembang Om.. banyak perbaikan jalan.
entah nanti kelar perbaikan apakah project perbaikan jalan yang baru kelar di perbaiki tadi
Terakhir lewat sana butuh waktu hampir 2 jam dari pintu toll untuk bisa keluar ke jalur trans sumatra
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Share problem CRV Turbo
Anti konser
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: 09 Feb 2017, 13:54
Re: Share problem CRV Turbo
Hanya beberapa titik aja yang bagus om, ga semua dalkotnya bagus om. Gara” banjir 25 desember 2021 kemarin banyak jalan bagus jadi hancur.YanuarS wrote: ↑27 Jul 2022, 13:31Dalam kotanya jalannya bagus bagus om.
bentar lagi mungkin lebih betah pake Ahond di Palembang Om.. banyak perbaikan jalan.
entah nanti kelar perbaikan apakah project perbaikan jalan yang baru kelar di perbaiki tadi
Terakhir lewat sana butuh waktu hampir 2 jam dari pintu toll untuk bisa keluar ke jalur trans sumatra
Tapi saya lihat udah mulai ada perbaikan di beberapa titik. Mudah”an cepat kelar perbaikannya..
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share problem CRV Turbo
Buset berarti 2017 glitchnya parah bener yak. Saya 2018 hampir 4thn sama sekali gak ada keluhan sebanyak itu.gwsecretc wrote: ↑27 Jul 2022, 13:30Oh yah ada 1 problem lagi yang masih cukup aneh buat saya. Kemarin 2021 sekitar bulan 9 ac nya sempat berkurang dinginnya, hanya sejuk saja, padahal filter kabin baru jalan 3rban km dan rutin diganti per 10rb km.gwsecretc wrote: ↑26 Jul 2022, 22:19 Mumpung udah ada thread nya, saya mau share problem di crv 1.5 tp 2017 saya
Ga kerasa mobil udah mau 5 tahun (1 bulan lagi)
So far dari sisi mesin dan transmisi no problem, berikut problem yang saya alami:
1. Tuas shift knob patah dan eps bunyi krik” saat stir diputar, problem solved by recall di beres honda, aman sampai sekarang
2. Oil life di speedometer terlampau pendek, udah update software di beres, sekarang masih dalam batas wajar baru muncul warning jika oli udah jalan sekitar 4500km, dan oil life habis di km 5000. Untuknya oli nya sendiri dulu saya pakai q8 0w20 dan sekarang pakai ptt 0w30. Ga ada penguapan sama sekali. Kondisi mobil udah diremap dari tahun 2020 di km 30rban, sekarang udah km 47rban.
3. Kaki” mulai bunyi sedikit di jalan keriting kalau jalan agak kencang, dan bantingan udah mulai terasa sakit, maklum jalan di palembang udah 80% kayak off road. Ban udah ganti, problem agak berkurang. Udah coba cek di beres dan bengkel kaki” dinyatakan semua masih kondisi bagus, paling shock mungkin mulai lemah. Jadi next mau coba ganti shock dan support shock.
4. Stir kalau posisi mobil udah diam lama (misal kalo pagi” mau keluarin dari garasi) dan stir diputar selalu ada bunyi ‘teng’. Masih bingung ini bunyi asalnya darimana. Kalo om” ada pengalaman yang sama dan udah solved boleh tolong dibagi solusinya.
5. Headunit super lelet dan suka ngehang. Udah diupdate software di beres, agak mendingan, tapi sesekali masih suka ngehang. Alhasil saya ganti sama hu kenwood ddx9019s. Bye” hang dan bonus ada peningkatan sound quality.
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.
7. Kaca depan sisi driver dan penumpang tiap kali mau nutup selalu bunyi kriut”. Ini sangat mengganggu. Disemprot silicone spray ga ngefek, beda sama crv re dulu langsung auto sunyi. Akhirnya bongkar doortrim, ditaruh grease di daerah rel power window dan baut yang ngunci kaca ke mekanisme power window. Langsung sunyi, tapi cuma bertahan beberapa bulan ( dulu 2019 udah pernah digrease juga tapi bunyi lagi setelah beberapa bulan, makin parah di awal tahun ini dan akhirnya digrease ulang).
8. Karet kaca depan sisi driver dan penumpang udah berubah bentuk, parah sih ini bq nya hpm, masih bagusan crv re dulu 12 taon juga masi aman. Ntar sekalian mau diganti karetnya.
6D51E7E3-4111-4E1F-A3CF-4D3B041861B2.jpeg
Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya
Akhirnya coba ke bengkel ac langganan, di cek tekanan freon masih bagus tapi udah batas bawah normal. Lalu dicoba cek kebocoran freon tapi ga ketemu”. Jadinya freon ditambah sedikit, dan coba bersihkan blower dan evaporator tapi modal semprot cleaner karena kata bengkel sayang kalo dasbor dibongkar mengingat mobil belum terlalu tua. Pas dibongkar blowernya ternyata masih bersih cuma ada debu tipis. Ternyata saran teman” di sm disini emang betul, baiknya filter ac diganti per 10rb km.
Dan untungnya sampai sekarang mobilnya tetap dingin seperti baru beli 2017 dulu
Paling ban aja kyknya uda mulai keras. Wkwkwkwkwkw. Kena jalan gelombang kasar banget. Yg dunlop sp sport maxx 050. Rada short lived dibanding dueler kyknya.
Barusan uda remap mendingan jauh jg lemot lemotnya wkwkwkwkwkw
Mao ganti ban tahun depan paling ngincar GY Maxguard atau Conti CCLX2
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: 09 Feb 2017, 13:54
Re: Share problem CRV Turbo
Maklum first batch gen baru om, sama kayak anki 2016 saya dulu juga turbo putuan, rem getar, sok bocor udah diklaim semua dan aman sampai dijual. Terakhir ganti ke yg 2020 pfl aman semua om ga ada glitch mengingat anki juga mulai 2017 pertengahan baru mulai aman. Sama kayak crv turbo kayaknya mulai 2018 udah pada aman semua.ChZ wrote: ↑27 Jul 2022, 14:33
Buset berarti 2017 glitchnya parah bener yak. Saya 2018 hampir 4thn sama sekali gak ada keluhan sebanyak itu.
Paling ban aja kyknya uda mulai keras. Wkwkwkwkwkw. Kena jalan gelombang kasar banget. Yg dunlop sp sport maxx 050. Rada short lived dibanding dueler kyknya.
Barusan uda remap mendingan jauh jg lemot lemotnya wkwkwkwkwkw
Mao ganti ban tahun depan paling ngincar GY Maxguard atau Conti CCLX2
Tapi glitch di atas kalo bagi ga yang sensitif ya ga masalah sih om. Menurut saya glitch yang terparah ya yang tombol tuas patah itu aja .
Btw, om kan udah remap crv nya, mau tanya cvtf nya om ganti pakai merk lain juga ga? Saya mau ganti aftermarket tapi masih ragu, karena banyak yang bilang mending stay di hcf2 aja. Kalo masalah lemot, after remap bukan mendingan lagi om, rasanya jauh lebih enak. Apalagi kalo udah masuk S pakai manual paddle shift lebih galak lagi om.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share problem CRV Turbo
kemarin CVTF si pake FK CVT B om. heheheh. HCF2 kl buat remapan aga serem saya terakhir ngetap punya civic bau sangit banget pdhl odonya relatif low. civic di bengkel yang sama jg pake FK CVT for Honda (ini sekarang rebrand jadi FK CVT B). 160k/lt emang lebih mahal drpd HCF2. atau kyu eit juga ada tu kyu eit cvt evogwsecretc wrote: ↑27 Jul 2022, 15:26 Maklum first batch gen baru om, sama kayak anki 2016 saya dulu juga turbo putuan, rem getar, sok bocor udah diklaim semua dan aman sampai dijual. Terakhir ganti ke yg 2020 pfl aman semua om ga ada glitch mengingat anki juga mulai 2017 pertengahan baru mulai aman. Sama kayak crv turbo kayaknya mulai 2018 udah pada aman semua.
Tapi glitch di atas kalo bagi ga yang sensitif ya ga masalah sih om. Menurut saya glitch yang terparah ya yang tombol tuas patah itu aja .
Btw, om kan udah remap crv nya, mau tanya cvtf nya om ganti pakai merk lain juga ga? Saya mau ganti aftermarket tapi masih ragu, karena banyak yang bilang mending stay di hcf2 aja. Kalo masalah lemot, after remap bukan mendingan lagi om, rasanya jauh lebih enak. Apalagi kalo udah masuk S pakai manual paddle shift lebih galak lagi om.
bner mbah kl sekarang dalem kota kejar kejaran ama duo gajah disel pun berani. kl dulu sen kiri aj kita orang kalah kena turbo lag mesinnya masi loading skrg yg paling berasa itu dari lag ke spool lebih kontan power delivery lebih smooth
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: 09 Feb 2017, 13:54
Re: Share problem CRV Turbo
Kalo ganti merk gitu berarti harus 2x drain and fill ya om? Kemarin pernah tanya ke beres katanya ga bisa kuras cvtf, ga ada jalurnya, cuma bisa di tap. Kalo anki anps kan bisa tuh langsung kuras pake atf changer..ChZ wrote: ↑27 Jul 2022, 15:36
kemarin CVTF si pake FK CVT B om. heheheh. HCF2 kl buat remapan aga serem saya terakhir ngetap punya civic bau sangit banget pdhl odonya relatif low. civic di bengkel yang sama jg pake FK CVT for Honda (ini sekarang rebrand jadi FK CVT B). 160k/lt emang lebih mahal drpd HCF2. atau kyu eit juga ada tu kyu eit cvt evo
bner mbah kl sekarang dalem kota kejar kejaran ama duo gajah disel pun berani. kl dulu sen kiri aj kita orang kalah kena turbo lag mesinnya masi loading skrg yg paling berasa itu dari lag ke spool lebih kontan power delivery lebih smooth
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1380
- Joined: 22 Mar 2021, 06:59
- Location: Indonesia
Re: Share problem CRV Turbo
crv turbo saya ini kyknya udah perlu filter kabin/AC sama filter udara.
AC pas baru nyala bau acem, kalo filter udara pas buka kap ternyata mesin dkk udah dekil banget debunya tebel, jangan2 debu di filternya jg udah tebel.
pada ganti di beres, atau beli online?
lumayan terjangkau harganya, filter kabin merk KEN harganya 150rb, kalo filter udara made in Thai warna kuning harganya 100rb.
AC pas baru nyala bau acem, kalo filter udara pas buka kap ternyata mesin dkk udah dekil banget debunya tebel, jangan2 debu di filternya jg udah tebel.
pada ganti di beres, atau beli online?
lumayan terjangkau harganya, filter kabin merk KEN harganya 150rb, kalo filter udara made in Thai warna kuning harganya 100rb.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: 09 Feb 2017, 13:54
Re: Share problem CRV Turbo
Kalo filter udara saya beli di beres dulu 180rban made in thai) kalo ga salah, saya ganti per 20rb km. Mau murah ada denso cuma 90an rb.AbdulHakim wrote: ↑03 Aug 2022, 10:25 crv turbo saya ini kyknya udah perlu filter kabin/AC sama filter udara.
AC pas baru nyala bau acem, kalo filter udara pas buka kap ternyata mesin dkk udah dekil banget debunya tebel, jangan2 debu di filternya jg udah tebel.
pada ganti di beres, atau beli online?
lumayan terjangkau harganya, filter kabin merk KEN harganya 150rb, kalo filter udara made in Thai warna kuning harganya 100rb.
Untuk filter kabin pake merk denso beli online cuma 50an rb, ukurannya cari yang buat hrv (ukuran sama dengan crv turbo). Ganti tiap 10rb km.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: 25 Jan 2016, 18:40
- Location: Jakarta
Re: Share problem CRV Turbo
Ternyata elapsed time di salah satu trip A/B maksimal cuman bisa 99 jam 59 menit
Entah dah average speed nya ngitung nya berhenti pas 99 jam dan 59 menit atau nanti masih bisa berubah.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: 26 Apr 2014, 11:42
Re: Share problem CRV Turbo
suspensi elgrand e52 yg belakang kayak gini. enak banget dan nyaman. klo alphard gen2 masih torsion beam, baru deh gen 3 udah multilinkSuryaputra wrote: ↑27 Jul 2022, 06:30Perkecualian buat Akor,grimjow wrote: ↑27 Jul 2022, 06:21Memang mobil Honda tuh membingungkan kenapa road noise nya ada di semua tipe. Ampe saya mikir apa ngaruh gara2 konsep man maximum machine minimum itu ya. Kok di pabrikan lain bisa tuh kalo mo dibikin ok peredaman nya.gwsecretc wrote: ↑26 Jul 2022, 22:19
6. Road noise khas honda, udah full peredam lantai, spakbor, dan pintu, hanya membantu sedikit. Kalau jalan 60kmh ke atas ya no efek. Ban walopun dah ganti akhir 2021 kemarin tapi masih pakai bs dueler hl33, malas mau cari merk lain ntar repot kalo ban nya pecah kalo beda merk karena di sini pilihan agak terbatas buat ukuran 235/60r18.
Mobil masih rencana mau di keep 3-4 taun lagi, belum nemu pengganti yang pas soalnya
Mobilnya betul Om bagus di keep 3-4 tahun lagi.
Nanti 2024 -2025 uda muncul CRV gen baru di Indo.
saya dah cobain bbrp model akor, duduk blkg, padahal pk ban potenza.
Compare ke camry XV30 dan XV40 yg pk ban turanza mirip2.
Sebetulnya itu bukan cuma road noise, tapi krn vibrasi yg ditimbulkan dr getaran ban ke aspal, ditranslate ke chassis nya, tapi kurang teredam.
Pabrikan jepang lain, meredam NVH ini dengan membuat settingan suspensi yg empuk.
Klo bbrp pabrikan mobil eropa solusikan hal ini lain lagi, dengan bikin subframe chassis lagi untuk kaki2, jadi suspensi bisa dibuat rigid tanpa ngorbanin NVH.
Sehingga vibrasi ban ke aspal teredam dan resultnya NVH juga berkurang drastis.
Itu contoh konstruksi kaki" mercy e-class dan c-class,
Terutama buat suspensi belakang tidak lgs ditemplok ke chasiss monokok; tapi ditempel ke subframe dan diredam pk bbrp bushing, baru ditempel ke chassis monokok nya.
Rumit? yes,
Nyaman?.. udah pasti dan bahkan lbh senyap dibanding alphard lwt aspal beton
sesuai sama slogan "sheer repairing pleasure" klo ada kerusakan
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1380
- Joined: 22 Mar 2021, 06:59
- Location: Indonesia
Re: Share problem CRV Turbo
Pantes bunyi2 klak-klek kalo lewat jalan jelek, shock kanan depan udah bocor parah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1380
- Joined: 22 Mar 2021, 06:59
- Location: Indonesia
Re: Share problem CRV Turbo
Perbaikan dan cost nya.AbdulHakim wrote: ↑11 Aug 2022, 14:08 Pantes bunyi2 klak-klek kalo lewat jalan jelek, shock kanan depan udah bocor parah
IMG_20220811_140619.jpg
- bensinsolar
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: 27 Sep 2016, 15:34
Re: Share problem CRV Turbo
Itu shockbreaker asli Om? murah juga ya. CMIIW, shockbreaker bukannya harus ganti kiri kanan ya? gabisa satu sisi aja.AbdulHakim wrote: ↑16 Aug 2022, 08:14Perbaikan dan cost nya.AbdulHakim wrote: ↑11 Aug 2022, 14:08 Pantes bunyi2 klak-klek kalo lewat jalan jelek, shock kanan depan udah bocor parah
IMG_20220811_140619.jpg
IMG_20220816_081035.jpg
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Share problem CRV Turbo
Honda mah parts aftermarket nya banyak dan relatif murah.
emang klo peace of mind, between honda atau toyota
emang klo peace of mind, between honda atau toyota
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 40 Replies
- 3451 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 19 Replies
- 959 Views
-
Last post by jiwul
-
- 7 Replies
- 536 Views
-
Last post by Tigersyndicate
-
- 127 Replies
- 6692 Views
-
Last post by Duvebriliant0
-
- 36 Replies
- 2925 Views
-
Last post by iwansiagian
-
- 16 Replies
- 1194 Views
-
Last post by Clonz
-
- 12 Replies
- 960 Views
-
Last post by Angelpesek
-
- 77 Replies
- 5262 Views
-
Last post by ctopher7
-
- 266 Replies
- 18999 Views
-
Last post by darrelund
-
- 8 Replies
- 854 Views
-
Last post by zylo14