Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

suryosap
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 20 Nov 2020, 14:58
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Veloz

Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by suryosap »

Selamat malam semuanya,
As subject, minggu kemarin saya melihat ada Honda Jazz full modif yang kemudian kata pemiliknya bekas untuk balap. Saya melihat-melihat mobil tersebut kebetulan pemilik mobil ini sangat welcome.

Salah hal yang mencuri perhatian saya adalah banyaknya pipa-pipa stabilizer di mobil tersebut, bahkan sampai ada didalam kabin. Dari pembicaraan dengan pemilik, ia mengatakan mobil daily bisa saja menggunakan stabilizer bar dan menyarankan aplikasi stabilizer bar yang mengikat body/sasis(?) saja. Stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan mobil.

Sayang pembicaraan hanya singkat, saya masih punya beberapa pertanyaan dan rasa penasaran.

1. Apakah pernyataan pemilik mobil tersebut tepat?

2. Apakah tujuan utama dari aplikasi stabilizer bar?

3. Apakah plus minus penggunaan stabilizer bar?

4. Mengapa beberapa mobil dalam keadaan stock sudah ada stabilizer sementara beberapa tidak ada?


Terima kasih ✌
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by maastricht889 »

Menarik juga om, kebetulan saya lg pelajarin soal barang ginian merk ul*** ra****. Seberapa ngefek sih yg saya penasaran itu, dan apakah dianjurin pasang di seluruh bagian buat ukuran mobil daily (maksud saya di strut bar mesin, tengah2 bawah bodi sama di kaki2 belakang).

Mungkin disini yg udah pake langsung bs sharing, regardless mobilnya pake apaan
suryosap
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 20 Nov 2020, 14:58
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Veloz

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by suryosap »

erwinign wrote: ↑04 Feb 2021, 23:00 Menarik juga om, kebetulan saya lg pelajarin soal barang ginian merk ul*** ra****. Seberapa ngefek sih yg saya penasaran itu, dan apakah dianjurin pasang di seluruh bagian buat ukuran mobil daily (maksud saya di strut bar mesin, tengah2 bawah bodi sama di kaki2 belakang).

Mungkin disini yg udah pake langsung bs sharing, regardless mobilnya pake apaan
Sama-sama om, saya sebagai orang yang masih sangat awam ingin banyak informasi dan pengetahuan tentang stabilizer bar. Brand stabilizer yang paling sering saya temui online ada 2, ultra racing dan hardrace πŸ‘Œ
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by maastricht889 »

suryosap wrote: ↑04 Feb 2021, 23:15
erwinign wrote: ↑04 Feb 2021, 23:00 Menarik juga om, kebetulan saya lg pelajarin soal barang ginian merk ul*** ra****. Seberapa ngefek sih yg saya penasaran itu, dan apakah dianjurin pasang di seluruh bagian buat ukuran mobil daily (maksud saya di strut bar mesin, tengah2 bawah bodi sama di kaki2 belakang).

Mungkin disini yg udah pake langsung bs sharing, regardless mobilnya pake apaan
Sama-sama om, saya sebagai orang yang masih sangat awam ingin banyak informasi dan pengetahuan tentang stabilizer bar. Brand stabilizer yang paling sering saya temui online ada 2, ultra racing dan hardrace πŸ‘Œ
Itung2 kl emang manjur kan lumayan om, apalg om pake veloz dan saya ertiga. Selama pakek ertiga yg tak rasain pas belok di depan mentul2, pas manuver dalkot bagian belakang semacem geal geol aneh. Dah mendingan setelah ganti ban tapak lbh gede tp masih ndak puas
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by quyquy »

Pernah pakai:

1. Strutbar
2. Front Lower Bar
3. Sway Bar

Aplikasinya di Xenia gen 2.

Kelebihan: Kestabilan meningkat jauh dibanding polosan nggak pake apa2. Padahal per dan shock masih bawaan pabrik

Kekurangan:
1. Karakter mobil berubah jadi lebih kaku. Mobil lebih keras bantingannya sehingga melibas jalan keriting, getarannya sampai masuk ke kabin.
2. Pasang strutbar setir lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros 1-2 km/liter

Kok bisa pasang strutbar lebih boros bbm?
Iya, karena rolling resistance nya lebih besar. Mobil lebih napak ke jalan.
Halah itu mah teori? Ya awalnya saya juga nggak percaya.
Lalu saya coba satu bulan pake strutbar, satu bulan nggak pake strutbar.
Dan ternyata waktu nggak pake strutbar mesin lebih enteng tarikannya dan besin lebih hemat.
Kalo nggak percaya, cobain aja..

Jadi gimana donk, untung nggak pake stabilizer bar tambahan?

Ya tergantung driving style dan tingkat kenyamanan yg ingin didapat.

Driving style suka buru2 alias ngebut dan ingin nyaman dalam perihal kepresisian pengemudian mobil ya pasanglah stabiliser bar.

Tapi kalo driving style biasa aja dan nyaman yang ingin didapat adalah nyaman empuk suspensi ya jangan pasang stabiliser bar.

Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by DOHC »

Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: ↑05 Feb 2021, 08:41 Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir
Kl pasang stabilizer/sejenis strut bar di kaki2 belakang rekomen ngga mbah?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by DOHC »

erwinign wrote: ↑05 Feb 2021, 09:07
DOHC wrote: ↑05 Feb 2021, 08:41 Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir
Kl pasang stabilizer/sejenis strut bar di kaki2 belakang rekomen ngga mbah?
Tergantung mbah

Kl kaki2 blakang ud torsion bar + stabilizer kaya di hrv, buat apa lg.. yg ad jd kaku banget blakang nya

Tp kl masi independent tp tanpa stabilizer sperti di CK4, nah enak tuh kl d tambahin strut blakang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by evolution21 »

pernah pake sway bar di cx5
body belakang kalo kena goncangan lebih kaku

buat lari kencang di tol terasa lebih baik stabilnya.

pikir2 krn mostly pemakaian dalkot yg jalanan ga terlalu mulus dan pemasangan itu makin nambah ga nyaman apalagi cx5 bantigannya udah kaku jd ane lepas
eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Oct 2018, 12:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by eriwow »

Pernah pake strut bar ama sway bar.
Plus:
Mobil jd lebih kaku.
Lebih stabil
Lebih presisi di kecepatan tinggi buat belok2

Negatif:
Setir jd lebih berat
Ban cepet botak (perasaan ajah gak ada data)
Banyak org nanya... ini apa? Fungsinya apa? Kerasa efeknya?

lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 14 Sep 2016, 18:20

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by lamatlancah »

kalau untuk balap / track racing, chasis/body kendaraan kadang butuh flex untuk meningkatkan traksi.

tapi kelebihan flex, handling jadi engga direct/ jadi bego.

untuk bikin handling jadi direct, body atau chassis harus kaku, dan suspension bisa bekerja 100% sebagaimana mestinya.

tapi disisi lain, handling mobilnya bakal jadi less forgiving.
suryosap
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 20 Nov 2020, 14:58
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Veloz

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by suryosap »

erwinign wrote: ↑04 Feb 2021, 23:19
suryosap wrote: ↑04 Feb 2021, 23:15
erwinign wrote: ↑04 Feb 2021, 23:00 Menarik juga om, kebetulan saya lg pelajarin soal barang ginian merk ul*** ra****. Seberapa ngefek sih yg saya penasaran itu, dan apakah dianjurin pasang di seluruh bagian buat ukuran mobil daily (maksud saya di strut bar mesin, tengah2 bawah bodi sama di kaki2 belakang).

Mungkin disini yg udah pake langsung bs sharing, regardless mobilnya pake apaan
Sama-sama om, saya sebagai orang yang masih sangat awam ingin banyak informasi dan pengetahuan tentang stabilizer bar. Brand stabilizer yang paling sering saya temui online ada 2, ultra racing dan hardrace πŸ‘Œ
Itung2 kl emang manjur kan lumayan om, apalg om pake veloz dan saya ertiga. Selama pakek ertiga yg tak rasain pas belok di depan mentul2, pas manuver dalkot bagian belakang semacem geal geol aneh. Dah mendingan setelah ganti ban tapak lbh gede tp masih ndak puas
m.youtube.com/watch?v=O827zaRZAVs
Baru saja nonton ini, Vios sebelum dengan sesudah memakai stabilizer bar hasilnya sepertinya meyakinkan. Depan strut bar, belakangnya seperti bukan swaybar?
eriwow wrote: ↑05 Feb 2021, 11:01 Pernah pake strut bar ama sway bar.
Plus:
Mobil jd lebih kaku.
Lebih stabil
Lebih presisi di kecepatan tinggi buat belok2

Negatif:
Setir jd lebih berat
Ban cepet botak (perasaan ajah gak ada data)
Banyak org nanya... ini apa? Fungsinya apa? Kerasa efeknya?
lamatlancah wrote: ↑05 Feb 2021, 11:35 kalau untuk balap / track racing, chasis/body kendaraan kadang butuh flex untuk meningkatkan traksi.

tapi kelebihan flex, handling jadi engga direct/ jadi bego.

untuk bikin handling jadi direct, body atau chassis harus kaku, dan suspension bisa bekerja 100% sebagaimana mestinya.

tapi disisi lain, handling mobilnya bakal jadi less forgiving.
evolution21 wrote: ↑05 Feb 2021, 10:30 pernah pake sway bar di cx5
body belakang kalo kena goncangan lebih kaku

buat lari kencang di tol terasa lebih baik stabilnya.

pikir2 krn mostly pemakaian dalkot yg jalanan ga terlalu mulus dan pemasangan itu makin nambah ga nyaman apalagi cx5 bantigannya udah kaku jd ane lepas
DOHC wrote: ↑05 Feb 2021, 09:12
erwinign wrote: ↑05 Feb 2021, 09:07
DOHC wrote: ↑05 Feb 2021, 08:41 Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir
Kl pasang stabilizer/sejenis strut bar di kaki2 belakang rekomen ngga mbah?
Tergantung mbah

Kl kaki2 blakang ud torsion bar + stabilizer kaya di hrv, buat apa lg.. yg ad jd kaku banget blakang nya

Tp kl masi independent tp tanpa stabilizer sperti di CK4, nah enak tuh kl d tambahin strut blakang
Om, mengenai stabilizer bar yang mengikat ke body/sasis dengan mengikat suspensi apakah ada perbedaannya? Apakah stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan?
suryosap
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 20 Nov 2020, 14:58
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Veloz

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by suryosap »

quyquy wrote: ↑04 Feb 2021, 23:54 Pernah pakai:

1. Strutbar
2. Front Lower Bar
3. Sway Bar

Aplikasinya di Xenia gen 2.

Kelebihan: Kestabilan meningkat jauh dibanding polosan nggak pake apa2. Padahal per dan shock masih bawaan pabrik

Kekurangan:
1. Karakter mobil berubah jadi lebih kaku. Mobil lebih keras bantingannya sehingga melibas jalan keriting, getarannya sampai masuk ke kabin.
2. Pasang strutbar setir lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros 1-2 km/liter

Kok bisa pasang strutbar lebih boros bbm?
Iya, karena rolling resistance nya lebih besar. Mobil lebih napak ke jalan.
Halah itu mah teori? Ya awalnya saya juga nggak percaya.
Lalu saya coba satu bulan pake strutbar, satu bulan nggak pake strutbar.
Dan ternyata waktu nggak pake strutbar mesin lebih enteng tarikannya dan besin lebih hemat.
Kalo nggak percaya, cobain aja..

Jadi gimana donk, untung nggak pake stabilizer bar tambahan?

Ya tergantung driving style dan tingkat kenyamanan yg ingin didapat.

Driving style suka buru2 alias ngebut dan ingin nyaman dalam perihal kepresisian pengemudian mobil ya pasanglah stabiliser bar.

Tapi kalo driving style biasa aja dan nyaman yang ingin didapat adalah nyaman empuk suspensi ya jangan pasang stabiliser bar.

Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Stabilizer barnya mengikat ke body/sasis atau suspensi om? Mungkin akan banyak manfaat jika mobil sering dibawa ke luar kota.

Spring buffer cara kerjanya bagaimana om?
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 14 Sep 2016, 18:20

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by lamatlancah »

suryosap wrote: ↑05 Feb 2021, 19:54 Om, mengenai stabilizer bar yang mengikat ke body/sasis dengan mengikat suspensi apakah ada perbedaannya? Apakah stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan?
semoga saya engga salah tangkep maksud dari pertanyaannya.

stabilizer yg mengikat ke body/chassis itu untuk membuat chassis lebih rigid, tidak ada diagonal flex terutama ketika berbelok.

stabilizer yg mengikat suspensi = anto roll bar.
sesuai namanya, untuk mengurangi roll (limbung) dari kendaraan.

kalau untuk pemakaian sehari2 dalkot, mungkin tidak akan terasa dan tidak ada pula efeknya.
karena speednya pun cenderung pelan. maka dari itu kemungkinan besar tidak akan mengganggu kenyamanan.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by vincewonk »

DOHC wrote: ↑05 Feb 2021, 08:41 Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir
Berarti strut barnya beneran om. Saya ada sekali bawa mobil temen brio pake strut bar. Ga ada efeknya.

Pas dia lagi ke wc di rest area, saya buka kap mesin dan pegang2 strut barnya.

Eh bengkok :big_biglaugh:

Saya coba lurusin lagi deh. Setahun berlalu dan dia ga pernah sadar sampe skrg.
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: 04 Nov 2019, 05:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by himaatoo »

quyquy wrote: ↑04 Feb 2021, 23:54 Pernah pakai:

1. Strutbar
2. Front Lower Bar
3. Sway Bar

Aplikasinya di Xenia gen 2.

Kelebihan: Kestabilan meningkat jauh dibanding polosan nggak pake apa2. Padahal per dan shock masih bawaan pabrik

Kekurangan:
1. Karakter mobil berubah jadi lebih kaku. Mobil lebih keras bantingannya sehingga melibas jalan keriting, getarannya sampai masuk ke kabin.
2. Pasang strutbar setir lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros 1-2 km/liter

Kok bisa pasang strutbar lebih boros bbm?
Iya, karena rolling resistance nya lebih besar. Mobil lebih napak ke jalan.
Halah itu mah teori? Ya awalnya saya juga nggak percaya.
Lalu saya coba satu bulan pake strutbar, satu bulan nggak pake strutbar.
Dan ternyata waktu nggak pake strutbar mesin lebih enteng tarikannya dan besin lebih hemat.
Kalo nggak percaya, cobain aja..

Jadi gimana donk, untung nggak pake stabilizer bar tambahan?

Ya tergantung driving style dan tingkat kenyamanan yg ingin didapat.

Driving style suka buru2 alias ngebut dan ingin nyaman dalam perihal kepresisian pengemudian mobil ya pasanglah stabiliser bar.

Tapi kalo driving style biasa aja dan nyaman yang ingin didapat adalah nyaman empuk suspensi ya jangan pasang stabiliser bar.

Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Izin nimbrung om.

Fakta menarik nih tentang konsumsi bbm setelah pakai strut bar.

Saya sendiri masang strutbar di fiesta yang sebelum facelift.
Awalnya juga saya gak paham tentang ini barang, tapi setelah diracuni teman akhirnya mencoba lah.
Dan ternyata bagi saya hasilnya luar biasa.

Bagi yang pernah bawa fiesta pasti tau gimana rasanya si fiesta ini kalau dibawa bermanuver.
Setelah dipasangkan strut bar, rasanya makin-makin mantep lagi.
Body roll sangat jauh berkurang, mobil terasa sangat nempel dengan aspal dan jadi pede banget maintain high speed di tol (bukan untuk ditiru ya).

Cuma ya seperti yang om-om bilang di atas, stir jadi terasa lebih berat, padahal stir fiesta ini enteng banget awalnya.
Saya juga ga paham teknisnya gimana kok bisa bikin stir jadi berat.
Dan baru tau juga bisa bikin bbm lebih boros, hahahaha.

Kalau si om TS suka mengenai kepresisian dalam mengemudi, jangan ragu pake bar-baran itu.
Tapi kalo lebih mementingkan kenyamanan sendiri dan penumpang sih kayanya mending keep stock aja.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by marmut »

suryosap wrote: ↑04 Feb 2021, 22:38 Selamat malam semuanya,
As subject, minggu kemarin saya melihat ada Honda Jazz full modif yang kemudian kata pemiliknya bekas untuk balap. Saya melihat-melihat mobil tersebut kebetulan pemilik mobil ini sangat welcome.

Salah hal yang mencuri perhatian saya adalah banyaknya pipa-pipa stabilizer di mobil tersebut, bahkan sampai ada didalam kabin. Dari pembicaraan dengan pemilik, ia mengatakan mobil daily bisa saja menggunakan stabilizer bar dan menyarankan aplikasi stabilizer bar yang mengikat body/sasis(?) saja. Stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan mobil.

Sayang pembicaraan hanya singkat, saya masih punya beberapa pertanyaan dan rasa penasaran.

1. Apakah pernyataan pemilik mobil tersebut tepat?

2. Apakah tujuan utama dari aplikasi stabilizer bar?

3. Apakah plus minus penggunaan stabilizer bar?

4. Mengapa beberapa mobil dalam keadaan stock sudah ada stabilizer sementara beberapa tidak ada?


Terima kasih ✌

1. bisa tepat, bisa tidak.
tergantung kepada konsep awal anda sebagai driver dan mobil yang digunakan. anda punya konsep apa dengan kendaraan anda? mau untuk city driving atau buat manuver gila-gilaan (entah dijalan atau sirkuit)?

2. mengurangi body roll atau gampangnya, mengurangi limbung pada kendaraan.

3. hitungan yang tepat, akan membuat kendaraan jadi nyaman dikendarai.
batang stabilizer yang terlalu kecil, akan sia-sia dan tidak terasa manfaatnya. hanya menambah beban kendaraan.
batang stabilizer yang terlalu besar, membuat pergerakan suspensi semakin kaku dan ini yang mengganggu kenyamanan berkendara.

4. ini hanya dugaan sotoy sebagai nubi ya.... bukan ketetapan, memangkas biaya produksi.

jika anda sebagai city driver tetapi menginginkan pengendalian yang kualitasnya sedikit diatas suspensi standar, bisa mengganti batang stabilizer dengan diameter yang sedikit lebih besar.
atau bisa juga mengikat chassis kiri-kanan dengan under brace bar. lokasinya di kolong, belakangnya roda depan. mau beli yang bermerk atau bikin sendiri dan langsung di las ke chassis, itu pilihan anda.
masih kurang juga? sila pasang strut bar depan belakang. saya jamin mobil makin enak buat manuver.

semoga membantu.

:beer:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by KielConstantine »

suryosap wrote: ↑05 Feb 2021, 19:59
quyquy wrote: ↑04 Feb 2021, 23:54 Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Spring buffer cara kerjanya bagaimana om?
Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.
SΜΆhΜΆeΜΆeΜΆrΜΆ ΜΆDΜΆrΜΆiΜΆvΜΆiΜΆnΜΆgΜΆ ΜΆPΜΆlΜΆeΜΆaΜΆsΜΆuΜΆrΜΆeΜΆ
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
daffaputra
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 21 Sep 2019, 22:30

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by daffaputra »

pengalaman di veloz sturtbar, underbrace sama swaybar efeknya pertama emang kaku dan ngga begitu heboh goyang2annya. kl ditol jauh lebih ngerasa nurut stirnya sama kerasa lebih diem.

efek negatifnya setelah make lebih 1 bulan badan sakit (efek kaku) stir berat dikit.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by DOHC »

KielConstantine wrote: ↑06 Feb 2021, 12:08
suryosap wrote: ↑05 Feb 2021, 19:59
quyquy wrote: ↑04 Feb 2021, 23:54 Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Spring buffer cara kerjanya bagaimana om?
Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.
3 jt mah diperbudak bengkel itu om

Di ebay bertebaran koq spring buffer model ginian, ga ampe 100 dollar
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by quyquy »

Spring Buffer ada yang produksi lokal:

Osano Spring Buffer..

Pabriknya memang spesialis bikin karet2 mobil.

Harganya nggak mahal masih dibawah 500rb per set.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by kunaskun »

suryosap wrote: ↑04 Feb 2021, 22:38 Selamat malam semuanya,
As subject, minggu kemarin saya melihat ada Honda Jazz full modif yang kemudian kata pemiliknya bekas untuk balap. Saya melihat-melihat mobil tersebut kebetulan pemilik mobil ini sangat welcome.

Salah hal yang mencuri perhatian saya adalah banyaknya pipa-pipa stabilizer di mobil tersebut, bahkan sampai ada didalam kabin. Dari pembicaraan dengan pemilik, ia mengatakan mobil daily bisa saja menggunakan stabilizer bar dan menyarankan aplikasi stabilizer bar yang mengikat body/sasis(?) saja. Stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan mobil.

Sayang pembicaraan hanya singkat, saya masih punya beberapa pertanyaan dan rasa penasaran.

1. Apakah pernyataan pemilik mobil tersebut tepat?

2. Apakah tujuan utama dari aplikasi stabilizer bar?

3. Apakah plus minus penggunaan stabilizer bar?

4. Mengapa beberapa mobil dalam keadaan stock sudah ada stabilizer sementara beberapa tidak ada?


Terima kasih ✌
kalau desain dan diproduksi tepat menurut saya berguna.

tapi ya balik ke ekspektasi masing2 pemakai.
saya dulu sempet coba di macam2 mobil yg pake stabilizer bar. memang improve untuk saya, uniknya beberapa org ada yg ga berasa, ada yg berasa penambahan benda tsb. ada yg ngomel2 malah jadi keras, ada yg seneng karena handling meningkat dan ga berasa tambah keras. dan ini jadi plus minus untuk pemakai. apalagi bicara aliran standard is the best vs mod is the best vs mobil aing kumaha aing.

kalau pengen tahu lebih jauh coba cek web ultra racing malaysia. penjelasannya bagus dan mudah dicerna.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 14 Sep 2016, 18:20

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by lamatlancah »

KielConstantine wrote: ↑06 Feb 2021, 12:08
suryosap wrote: ↑05 Feb 2021, 19:59
quyquy wrote: ↑04 Feb 2021, 23:54 Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Spring buffer cara kerjanya bagaimana om?
Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.
mungkin 1000-5000km terasa efeknya. selebihnya udah engga karuan deh, ditambah kalau karetnya menjadi getas keras dan akhirnya pecah sendiri.

mau bener sih ya ganti spring dan s/a nya.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by kompresorz »

KielConstantine wrote: ↑06 Feb 2021, 12:08

Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.
jangan gampang percaya sama orang bgtuan...tar ada lagi alat penambah tenaga n irit bensin....P E A...
sam on u...

paling benar ya benahin suspensi....sbelum coilover ganti shock yang keras...bilstein...

setelah itu loncat pasang coilover KW atau bilstein...


ketemu coilover baru rasain sakit pinggang....


pasang strutbar...sway bar...klo suspensi msh standar...itu cuma sugesti...
tapi emang kbanyakan orang sugesti sih...

pake oli ini wah enak..

pake bensin ini wah enak...

pdhl baru pake...

kt pengamat ciptah lesmanah...kaco kaco kaco...
suryosap
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 20 Nov 2020, 14:58
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Veloz

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Post by suryosap »

kompresorz wrote: ↑01 Mar 2021, 06:56
KielConstantine wrote: ↑06 Feb 2021, 12:08

Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.
jangan gampang percaya sama orang bgtuan...tar ada lagi alat penambah tenaga n irit bensin....P E A...
sam on u...

paling benar ya benahin suspensi....sbelum coilover ganti shock yang keras...bilstein...

setelah itu loncat pasang coilover KW atau bilstein...


ketemu coilover baru rasain sakit pinggang....


pasang strutbar...sway bar...klo suspensi msh standar...itu cuma sugesti...
tapi emang kbanyakan orang sugesti sih...

pake oli ini wah enak..

pake bensin ini wah enak...

pdhl baru pake...

kt pengamat ciptah lesmanah...kaco kaco kaco...
Sekitar 2 mingguan yang lalu saya ikut kumpul dengan komunitas ertiga di sidoarjo. Saya dapat kesempatan nyoba, yang satu ertiga full standar, yang satunya lagi pakai front strut bar 4 titik dan rear sway bar 2 titik. Sama sama ertiga 1st gen, sama facelit, ban sama gajah tunggal, bisa dianggap fair om. Saya bisa merasakan bedanya, ketika manuver(80kpj) jauh lebih tenang, semacam jadi kaku. Bahkan ertiga hanya ganti per saja(per ijo) sudah ada pengaruhnya.

Coba om side by side untuk membuktikan apakah sekedar sugesti atau nyata πŸ‘Œ
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post