Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

Hallo semua, lama saya ga buat trit. Saat ini saya ingin share opini saya terhadap salah satu faktor kita memilih mobil atau motor, yaitu mesin. Nomor ini tidak berurutan, namun memiliki kriteria berikut:
1. Dijual di mobil baru
2. Dijual umum
3. Memiliki teknologi yang memungkinkan mesin lebih efisien dan performa memuaskan di kelasnya.
4. Menarik bagi technophile, engineering marvel di kelasnya. Turbo lebih baik dari N/A. Direct injection lebih baik dari port injection. Rasio kompresi tinggi di kelasnya. Efisiensi tinggi, dll.

Ini personal opinion lho, kalo engga setuju ya silahkan, mari didiskusikan.

1. Honda L15B7 & Honda L15BE
Dipakai di: Honda Civic Turbo, Honda CR-V, Honda Accord.
Honda L15B7 adalah mesin yang penuh dengan teknologi baru yang merupakan upgrade dari mesin yang digantikannya (Honda K series). Mesin ini sudah memiliki Dual VVT pada intake dan exhaust, direct injection, turbocharger dan intercooler. Dual VVT memungkinkan timing bukaan klep intake dan exhaust berubah sesuai RPM mesin. Direct injection memungkinkan mesin ini memiliki rasio kompresi yang tinggi untuk sebuah mesin bensin turbo, 10.6:1. Hal ini memungkinkan Honda L15B menghasilkan power setara mesin Honda K24, yaitu sekitar 190 PS, namun bedanya puncak torsi 240 NM didapat pada RPM rendah hanya 2000 RPM, dibandingkan dengan mesin K24 NA yang puncak torsinya baru didapat pada 4000 RPM. Torsi galak di RPM rendah, ditambah CVT yang smooth membuat akselerasi Honda Civic Turbo berada di bawah 8 detik, dan CR-V Turbo di 8,8 detik.
Pada mesin Honda L15BE yang dipakai di Honda Accord 10th gen, selain Dual VVT juga ditambah Variable Valve Lift pada exhaust port, yaitu ketinggian bukaan valve juga dapat berubah.

2. Hyundai R 2.0 (D4HA) & R 2.2 (D4HB)
Dipakai di: Hyundai Tucson CRDi, Hyundai Santa Fe CRDi, Hyundai Palisade CRDi, Kia Grand Sedona CRDi
Mesin ini dilaunching tahun 2008 di Advanced Diesel Engine Technology Symposium dan mulai diproduksi tahun 2009. Menggunakan blok dari compacted graphite iron, dan aluminium cylinder head. Mesin ini dilengkapi dual overhead camshaft (DOHC) yang diputar dengan rantai. Sistem BBMnya adalah Common Rail buatan Bosch Tipe CRS3, piezo injektor generasi ke-3 yang menginjeksi BBM pada tekanan 1800 Bar. Artinya tekanan dalam jalur common rail mesin ini setara dengan 1,835 ton-gaya / cm2. Mesin ini juga dilengkapi dengan variable geometry turborcharger (VGT) yang lebih responsif dari turbo biasa (fixed geometry). Untuk menghilangkan getaran, mesin ini dilengkapi dengan balance shaft. Hasilnya adalah mesin diesel yang mampu menghasilkan daya 184 PS dari ukuran silinder hanya 2000 cc, dan 193 PS dari mesin sebesar 2200 cc, termasuk mesin diesel dengan rasio volume mesin dibanding power terbesar yang dijual di Indonesia.

3. Mitsubishi 4N15
Dipakai di: Mitsubishi Pajero Sport, Mitsubishi Strada Triton
Mesin ini menggunakan cast aluminum head, dan cast aluminium block, sehingga lebih ringan dari mesin generasi sebelumnya yang menggunakan blok dari besi cor (cast iron). Mesin ini adalah pelopor penggunaan variable valve timing dan lift(MIVEC) pada mesin diesel. Pada RPM rendah, 1 dari 2 intake valve membuka lebih sempit untuk pembakaran optimal. Di RPM tinggi, 2 intake valve membuka lebih tinggi dengan durasi lebih panjang untuk menambah udara masuk. Posisi cylinder ada jarak offset dari center crankshaft untuk mengurangi friksi saat piston turun saat berada di fase pembakaran. Mesin ini juga dilengkapi balance shaft untuk mengurangi getaran, VGT untuk mengurangi lag dan tekanan boost yang lebih tinggi. Tekanan common rail 4N15 mencapai 2000 bar, yang disalurkan ke injektor solenoid. Hasilnya adalah mesin berdaya 181 PS@3500 RPM dan torsi 430 NM@2000 RPM.

4. Toyota 2GD-FTV
Dipakai di: Toyota Innova, Hilux, Fortuner
2GD-FTV menggantikan 2KD-FTV. Salah satu fiturnya adalah coating piston TSWIN, Thermo Swing Wall Insulation Technology, mengurangi panas pembakaran lolos lewat piston. Memiliki VGT yang dikembangkan inhouse oleh Toyota. Sistem BBM adalah Denso CRS dengan injektor solenoid sampai 2200 bar. Mesin ini juga telah dilengkapi balance shaft untuk mengurangi getaran. Bahan blok dari cast iron yang memang lebih berat dari aluminum namun lebih kuat dan awet. Head dari cast aluminium. Mesin ini juga dilengkapi variable intake manifold, yaitu manifold dilengkapi valve untuk mengoptimalkan intake di RPM rendah. Mesin ini berdaya 150 PS dan 360 NM - 400 NM, dan diklaim Toyota memiliki thermal efficiency 44 persen, terbaik di kelasnya saat launching.

5. Mitsubishi 4B40
Dipakai di: Mitsubishi Eclipse Cross
Mesin 1.5 liter ini sudah dilengkapi turbo, intercooler dan direct injection. Sistem injeksi mesin ini terdiri dari direct injection tekanan tinggi, dan low pressure port injection yang berfungsi mencegah carbon built up di balik intake valve. Selain itu mesin ini dilengkapi dual VVT (MIVEC), integrated head exhaust manifold memastikan jarak jalur pembuangan dengan turbo pendek agar turbo cepat spool up, panas berlebih dari gas buang juga terserap water jacket dari cylinder head. Mesin ini memiliki kompresi rasio 10:1, cukup tinggi untuk mesin bensin turbo. Mesin ini berdaya 161 PS dan torsi 250 NM.

6. Mazda Skyactiv G series.
Mazda punya tempat tersendiri di kalangan SMers dan auto enthusiast. Dan mesin Skyactiv-G nya sampai sekarang masih termasuk yang tercanggih di Indonesia. Pelopor direct injection dengan rasio kompresi ultra tinggi, 13:1. Hal ini tercapai berkat berbagai optimisasi Mazda dari bentuk piston, pola injeksi, dual VVT, sampai manifold exhaust yang lebih efisien membuang gas exhaust. Mazda Skyactiv mampu meningkatkan puncak torsi di RPM lebih rendah untuk ukuran mesin bensin N/A. Tapi yang paling spesial adalah mesin skyactiv-G 2.5 dari Mazda6 Elite, yang telah dilengkapi cylinder deactivation, sehingga pada kondisi cruising speed atau idle, hanya 2 silinder dari 4 silinder mesin yang diaktifkan.

7. Nissan Kicks E Power Serial Hybrid System (EM57 96Kw Motor + 1.5 Kwh Lithium Ion Battery + HR12DE engine)
Hybrid terjangkau untuk orang menengah. Nissan promosikan Nissan Kicks E-Power sebagai solusi kenikmatan mobil listrik dengan torsi instan yang padat, namun tidak takut bakal kehabisan charge battery. Karena baterainya akan dicharge oleh mesin HR12DE 1200 cc 3 cylinder begitu control unit mendeteksi baterai perlu dicharge. Tenaga ke roda murni oleh motor listrik dengan transmisi single speed. Torsi 250 Nm didapat pada 0 RPM, dan power 129 PS membuat akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai hanya dalam 9,7 detik. Mesin HR12DE ini hanya perlu menyala sekali2 dan hanya berjalan pada RPM paling efisien. Dan mesin ini tersambung langsung dengan generator, bukan transmisi. Format hybrid ini dikenal dengan serial hybrid system. Karena hybrid, maka ukuran baterai 1,5 Kwh tidak perlu terlalu besar, sehingga sistem ini lebih ringan dari sistem EV murni.

8. Tesla model 3 EV system
Bicara mobil EV tidak lengkap tanpa Tesla. Tesla model 3 adalah usaha Tesla menghadirkan mobil EV yang lebih terjangkau. Yang Prestige motor hadirkan adalah tipe standard range plus, yang memiliki baterai 54 Kwh, permanent magnet synchronous reluctance motor 286 PS dan 450 NM dari 0 RPM, RWD. Jarak tempuh diklaim 400 km, dan membutuhkan waktu charge 6,25 jam ke 100% bila menggunakan AC charging.

9. Hyundai Kona EV system
Hyundai Kona EV mendapat penghargaan dari Wards Auto sebagai salah satu mesin terbaik tahun 2019. Di luar sana, Hyundai Kona adalah mobil EV selain Tesla yang memiliki jarak tempuh terpanjang, yaitu 345 km NEDC. Mobil ini dilengkapi baterai 39,2 KWh, permanent magnet synchronous motor 100 Kwh / 136 PS dan torsi 395 NM FWD. Fast charging cukup 57 menit, dan AC charging sekitar 6 jam.
Last edited by silentIm2 on Fri Feb 05, 2021 11:07, edited 1 time in total.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by DOHC »

Ini enjin thok kan yah ?

Kl saya selaen L15 ama R 18 ama K series nya honda, saya mo ajukan HR dan MR series nya batu makam (yg masi aseli import dr aichi kikai nihon loh yah, bukan yg dongfeng cungkwo)

Itu utk kategori mass production tp tingkat presisi nya mantep, noken as ama kruk as alussssss banget, dan teknologi boring liner yg dibikin se"lingkaran" sesempurna mungkin.. bahkan sala satu bengkel spesialis PnP yg lmayan terkenal aj akuin enjin series ini utk mass production ckup bagus bkinan nya

Itu jg makanya HR ama MR series tuh rev happy banget enjin nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

DOHC wrote: Fri Feb 05, 2021 10:47 Ini enjin thok kan yah ?

Kl saya selaen L15 ama R 18 ama K series nya honda, saya mo ajukan HR dan MR series nya batu makam (yg masi aseli import dr aichi kikai nihon loh yah, bukan yg dongfeng cungkwo)

Itu utk kategori mass production tp tingkat presisi nya mantep, noken as ama kruk as alussssss banget, dan teknologi boring liner yg dibikin se"lingkaran" sesempurna mungkin.. bahkan sala satu bengkel spesialis PnP yg lmayan terkenal aj akuin enjin series ini utk mass production ckup bagus bkinan nya

Itu jg makanya HR ama MR series tuh rev happy banget enjin nya
Iya, engine thok / propulsion system. Sebenarnya saya mau masukin Nissan MR20DD, sebagai pelopor gasoline direct injection di Indonesia, tapi berhubung di websitenya udah ga ada, berarti udah ga dijual kan.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by kunaskun »

keluarga mesin Toyota (NZ sayang udah pensiun) 1/2NR. mesin super sakti. diapain aja jadi, khususnya buat Indo ya
keluarga mesin L-series honda? LEWAT. naik turun kapasitas doang? daitoyo dibikin jadi RWD.
keluarga mesin HR/MR nissan? LEWAT. dikasi turbo/direct injection? tapi mana bisa itu disiksa jadi taxi, belakangan malah ketambahan jadi taxol?
keluarga mesin K-series suzuki indihe? LEWAT. dibikin jadi AMT? daitoyo juga bisa, malah sekalian bisa pake CVT.
kurang sakti apalagi coba tuh mesin NR. not to mention, durability dari bbm ampas, perawatan kw, dan mekanik pinggir jalan modal kunci tekiro :big_biglaugh:

untuk kategori hall of fame tentu: mesin keluarga carry + mesin isuzu panther 4JA1 yang masih dipake di Traga sekarang.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by doge »

4D56

1. Dijual di mobil baru (L300 msh dijual tuh)

2. Dijual umum (ke diler msh ada kok L300 baru; gtw deh bs g beli crate engine 4D56)

3. Memiliki teknologi yang memungkinkan mesin lebih efisien dan performa memuaskan di kelasnya. (cb tny pengusaha" deh... mesin efisien dan performa memuaskan laporan keuangan perusahaan; 4D56 VGT jg ada lo... malah ini (apa fortie vnt dluan?) kyknya mobil biasa yg ngenalin turbo variable ke masyarakat indo yg bkn hobi mobil)

4. Menarik bagi technophile, engineering marvel di kelasnya. Turbo lebih baik dari N/A. Direct injection lebih baik dari port injection. Rasio kompresi tinggi di kelasnya. Efisiensi tinggi, dll. (menarik bagi technopile? jelas, jaman old PS msh pke 4D56 jg ikutan kebawa modif pigi dkk; engineering marvel, tentu saja. liat jawaban berikutnya; turbo lebih baik dr NA? ni mesin ada versi NA, turbo biasa, smpe VGT. kurang apa coba. serbabisa; DI lbh baik dr IDI? ini mesin ada smua pilihan itu kyknya; rasio kompresi tinggi di kelasnya... hm... mungkin?; efisiensi tinggi? jelas sekali, dirawat seingetnya aja msh bs angkut (barang, orang). sparepart? kemana jg ada. downtime rendah itu efisiensi tinggi)
:ngacir:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

kunaskun wrote: Sat Feb 06, 2021 14:15 keluarga mesin Toyota (NZ sayang udah pensiun) 1/2NR. mesin super sakti. diapain aja jadi, khususnya buat Indo ya
keluarga mesin L-series honda? LEWAT. naik turun kapasitas doang? daitoyo dibikin jadi RWD.
keluarga mesin HR/MR nissan? LEWAT. dikasi turbo/direct injection? tapi mana bisa itu disiksa jadi taxi, belakangan malah ketambahan jadi taxol?
keluarga mesin K-series suzuki indihe? LEWAT. dibikin jadi AMT? daitoyo juga bisa, malah sekalian bisa pake CVT.
kurang sakti apalagi coba tuh mesin NR. not to mention, durability dari bbm ampas, perawatan kw, dan mekanik pinggir jalan modal kunci tekiro :big_biglaugh:

untuk kategori hall of fame tentu: mesin keluarga carry + mesin isuzu panther 4JA1 yang masih dipake di Traga sekarang.
Menurut saya 1 NR / 2 NR ga spesial. Karena naturenya untuk mobil kerja maka konstruksinya dibuat understressed. Tapi sayang, oil control ringnya lembek, jadi kalo sudah di atas 100 ribu km pasti makan oli. Nah kalo ownernya rajin kontrol oli sih ga masalah. Kalo yg ga rajin trus apalagi cuek aja indikator oli nyala. Siap2 bye bye tuh blok.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Sat Feb 06, 2021 14:15 keluarga mesin Toyota (NZ sayang udah pensiun) 1/2NR. mesin super sakti. diapain aja jadi, khususnya buat Indo ya
keluarga mesin L-series honda? LEWAT. naik turun kapasitas doang? daitoyo dibikin jadi RWD.
keluarga mesin HR/MR nissan? LEWAT. dikasi turbo/direct injection? tapi mana bisa itu disiksa jadi taxi, belakangan malah ketambahan jadi taxol?
keluarga mesin K-series suzuki indihe? LEWAT. dibikin jadi AMT? daitoyo juga bisa, malah sekalian bisa pake CVT.
kurang sakti apalagi coba tuh mesin NR. not to mention, durability dari bbm ampas, perawatan kw, dan mekanik pinggir jalan modal kunci tekiro :big_biglaugh:

untuk kategori hall of fame tentu: mesin keluarga carry + mesin isuzu panther 4JA1 yang masih dipake di Traga sekarang.
L series honda jg not bad loh mbah

Dipake d taxilio, taksol2.. ud banyak yg tembus 300-400 rebu masi running strong, malah supir2 taksilio yg perna saya tanya, pd puas pake ini lio, irit, kenceng gesit kaya jaman vios limo dl
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by Lolol »

Toyota GR engine ?
1. Kalo ga salah ada di alphard v6/LM 350 (2gr-fks)
2. Bisa pesen di auto2000 terdekat ?
3. Dual direct port injection, on demand atkinson cycle

Varian nya sebenarnya banyak, dan ga kalah sama nz ini bisa dipake untuk fwd rwd 4wd awd
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by ChZ »

1. Honda L15B7 & Honda L15BE
Dipakai di: Honda Civic Turbo, Honda CR-V, Honda Accord.
Honda L15B7 adalah mesin yang penuh dengan teknologi baru yang merupakan upgrade dari mesin yang digantikannya (Honda K series). Mesin ini sudah memiliki Dual VVT pada intake dan exhaust, direct injection, turbocharger dan intercooler. Dual VVT memungkinkan timing bukaan klep intake dan exhaust berubah sesuai RPM mesin. Direct injection memungkinkan mesin ini memiliki rasio kompresi yang tinggi untuk sebuah mesin bensin turbo, 10.6:1. Hal ini memungkinkan Honda L15B menghasilkan power setara mesin Honda K24, yaitu sekitar 190 PS, namun bedanya puncak torsi 240 NM didapat pada RPM rendah hanya 2000 RPM, dibandingkan dengan mesin K24 NA yang puncak torsinya baru didapat pada 4000 RPM. Torsi galak di RPM rendah, ditambah CVT yang smooth membuat akselerasi Honda Civic Turbo berada di bawah 8 detik, dan CR-V Turbo di 8,8 detik.
Pada mesin Honda L15BE yang dipakai di Honda Accord 10th gen, selain Dual VVT juga ditambah Variable Valve Lift pada exhaust port, yaitu ketinggian bukaan valve juga dapat berubah.
kalo konteksnya current tech ya... L15B7 ini aside from beberapa software glitch sebenarnya punya design yang gak maen-maen dan sangat kuat. di USA banyak yang pecah telor 100k miles kondisi stock form/tuned, pdhl di sono katanya beberapa kena oil dilution utamanya di musim dingin krn disebabkan lamanya nih mesin warming up shg utk short trip justru bikin dilution...

lamanya nih mesin warming up juga sebenernya krn design enginenya yang begitu efisien dan liquid cooled exhaust... tp di negara tropis nyaris tidak ada masalah begini dan ini mesin yang strong sekali... yang build sampe 600 hp juga sudah ada



secara experience... power delivery nya juga tidak kehilangan karakter khas honda yang top endnya kuat. modern turbo 1.4-1.6 itu biasanya bodo amat dengan top end power, banyakan 4000 keatas udah flat kaya VW 1.4 bahkan ngempos macem wuling. tp di honda ini klo gak dibilangin ini mesin 1.5 turbo ya kita bakal ngira ini mesin 2.4 VTEC... krn sekilas karakternya mirip.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by adriangaut »

Menurut saya :

1NZ-nya toyota

Mau dipake daily sampe belasan tahun? Siapp

Dipake balap? TTI pake 1NZ ini di mobil balap mereka

Dipake nguli? Taxi pake, dengan kilometer gila”an awet” saja

Perawatan ala kadarnya? Gaspolll

Perawatan rutin dan bagus? Lebih seneng lagi ni enjin

Umur panjang? Since 2004 - sekitar 2015 baru diganti NR engine

Part modifikasi? Ada aja

Standaran? Bengkel manapun siap ngerjain

All around engine, tenaga lebih dari cukup, irit juga lumayan
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by kunaskun »

silentIm2 wrote: Sun Feb 07, 2021 3:04 Menurut saya 1 NR / 2 NR ga spesial. Karena naturenya untuk mobil kerja maka konstruksinya dibuat understressed. Tapi sayang, oil control ringnya lembek, jadi kalo sudah di atas 100 ribu km pasti makan oli. Nah kalo ownernya rajin kontrol oli sih ga masalah. Kalo yg ga rajin trus apalagi cuek aja indikator oli nyala. Siap2 bye bye tuh blok.
gpp, toyota ini, hajar terus, kalau jelek pasti ada kadal2nya. toyota gitu, ga mungkin jelek. merek lain pasti jelek kalau kaya gini :mky_03:
DOHC wrote: Sun Feb 07, 2021 3:13 L series honda jg not bad loh mbah

Dipake d taxilio, taksol2.. ud banyak yg tembus 300-400 rebu masi running strong, malah supir2 taksilio yg perna saya tanya, pd puas pake ini lio, irit, kenceng gesit kaya jaman vios limo dl
ah iya, tapi tidak "Seheboh" keluarga NR kan :big_exellent:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by kunaskun »

Lolol wrote: Sun Feb 07, 2021 5:55 Toyota GR engine ?
1. Kalo ga salah ada di alphard v6/LM 350 (2gr-fks)
2. Bisa pesen di auto2000 terdekat ?
3. Dual direct port injection, on demand atkinson cycle

Varian nya sebenarnya banyak, dan ga kalah sama nz ini bisa dipake untuk fwd rwd 4wd awd
ah iya, mesin sakti nih. advance bange.
tapi kalau masuk indo, akan lain ceritanya. sebisanya mungkin toyota indo cari cara gantiin jadi 2NR, karena takut keselek :big_biglaugh:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by KSG88 »

Rekomen 1nz yaris/vios walau syg uda gk dijual.

Mesin masih iron cast, sesuai kata om di atas, terbukti di taxi ratusan ribu kilometer.

Trakhir pergi tune up ke bengkel masih suka dikira mesin baru padahal odo diatas 100k.

Suara dan getaran mesin msh halus dan senyap, responsif, mobil perang daily dimana pemakaian saat ini min. 2000km / bulan, bensin pertamax/power. Oli 5w-30 dengan interval 5000km per penggantian.

Kaki kaki juga kuat lum pernah ganti busing atau rack steer.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

Bicara budget engine, saya setuju L15A7 itu bisa dibilang best engine. pertama SOHC tapi powernya sampe 120 PS. DOHC sekelasnya ga ada yang mencapai ini. SOHC punya keunggulan valvetrainnya lebih ringan, baik secara massa maupun beban putaran. Sehingga center gravity lebih rendah. Beban mesin pun lebih ringan daripada DOHC. Ditambah aplikasi roller rocker arm untuk mengurangi friksi, klep juga lebih ringan karena tidak ada bucket shim di atasnya. Offset cranshaft supaya friksi piston saat power stroke lebih rendah. Aplikasi coating molybdenum pada skirt piston untuk mengurangi friksi. Lalu VTECnya sendiri berfungsi mematikan 1 intake valve saat RPM di bawah 3500 untuk menambah torsi bawah. Lalu intake valve kedua terbuka untuk menambah power pada RPM atas. Sehingga engineernya bisa pasang intake valve sebesar mungkin tanpa kedodoran di RPM bawah.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by sintoni »

adriangaut wrote: Sun Feb 07, 2021 6:51 Menurut saya :

1NZ-nya toyota

Mau dipake daily sampe belasan tahun? Siapp

Dipake balap? TTI pake 1NZ ini di mobil balap mereka

Dipake nguli? Taxi pake, dengan kilometer gila”an awet” saja

Perawatan ala kadarnya? Gaspolll

Perawatan rutin dan bagus? Lebih seneng lagi ni enjin

Umur panjang? Since 2004 - sekitar 2015 baru diganti NR engine

Part modifikasi? Ada aja

Standaran? Bengkel manapun siap ngerjain

All around engine, tenaga lebih dari cukup, irit juga lumayan
1NZ mah sudah ga dijual om. Haha.

1NZ mah sudah dari 2002-2003, bukan 2004 lg om, terus dipake sampe 2016.
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by adriangaut »

sintoni wrote: Tue Feb 09, 2021 5:41
adriangaut wrote: Sun Feb 07, 2021 6:51 Menurut saya :

1NZ-nya toyota

Mau dipake daily sampe belasan tahun? Siapp

Dipake balap? TTI pake 1NZ ini di mobil balap mereka

Dipake nguli? Taxi pake, dengan kilometer gila”an awet” saja

Perawatan ala kadarnya? Gaspolll

Perawatan rutin dan bagus? Lebih seneng lagi ni enjin

Umur panjang? Since 2004 - sekitar 2015 baru diganti NR engine

Part modifikasi? Ada aja

Standaran? Bengkel manapun siap ngerjain

All around engine, tenaga lebih dari cukup, irit juga lumayan
1NZ mah sudah ga dijual om. Haha.

1NZ mah sudah dari 2002-2003, bukan 2004 lg om, terus dipake sampe 2016.
Hahaha oh iya, eh tapi sampe limo terakhir masih dipake ya, guess it still counts

M15A-nya Suzuki gak ada yang inget?

Mesin tangguh dari jaman baleno next g sampe current s cross

Powerful meskipun underrated, punya saya udah 210,000km masih kuat, parts banyak buatan jepang awet”
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by ChZ »

silentIm2 wrote: Tue Feb 09, 2021 4:22 Bicara budget engine, saya setuju L15A7 itu bisa dibilang best engine. pertama SOHC tapi powernya sampe 120 PS. DOHC sekelasnya ga ada yang mencapai ini. SOHC punya keunggulan valvetrainnya lebih ringan, baik secara massa maupun beban putaran. Sehingga center gravity lebih rendah. Beban mesin pun lebih ringan daripada DOHC. Ditambah aplikasi roller rocker arm untuk mengurangi friksi, klep juga lebih ringan karena tidak ada bucket shim di atasnya. Offset cranshaft supaya friksi piston saat power stroke lebih rendah. Aplikasi coating molybdenum pada skirt piston untuk mengurangi friksi. Lalu VTECnya sendiri berfungsi mematikan 1 intake valve saat RPM di bawah 3500 untuk menambah torsi bawah. Lalu intake valve kedua terbuka untuk menambah power pada RPM atas. Sehingga engineernya bisa pasang intake valve sebesar mungkin tanpa kedodoran di RPM bawah.
nih enjin memang ajaib...

satu sisi diciptakan sebagai eco engine. di mobil-mobil kutu nan murah macem jazz city dkk... ampe hari ini jg ga ada yang menyaingi power outputnya di kelas 1.5L, not even masdut sky 1.5 ...

tp begitu sudah masuk bengkel dan engine build mahh ga ad lagi jejak eco engine nya... :ngacir: cari yang build ringan2 buat drag race ampe turbo 300hp jg banyak... enjin sadis.

skrg bahkan L15 engine jadi basis untuk hampir semua lineup honda (L15B)...

pernah menyaksikan sendiri GE8 yang waktu dibuka valve cover isinya sludge semua... msh heran kondisi kayak gini mesinnya msh hidup-hidup aja cm dibersiin stel klep abis itu ya ud kayak ga terjadi apa apa...
Last edited by ChZ on Tue Feb 09, 2021 7:33, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by lightarmy10 »

ChZ wrote:
1. Honda L15B7 & Honda L15BE
Dipakai di: Honda Civic Turbo, Honda CR-V, Honda Accord.
Honda L15B7 adalah mesin yang penuh dengan teknologi baru yang merupakan upgrade dari mesin yang digantikannya (Honda K series). Mesin ini sudah memiliki Dual VVT pada intake dan exhaust, direct injection, turbocharger dan intercooler. Dual VVT memungkinkan timing bukaan klep intake dan exhaust berubah sesuai RPM mesin. Direct injection memungkinkan mesin ini memiliki rasio kompresi yang tinggi untuk sebuah mesin bensin turbo, 10.6:1. Hal ini memungkinkan Honda L15B menghasilkan power setara mesin Honda K24, yaitu sekitar 190 PS, namun bedanya puncak torsi 240 NM didapat pada RPM rendah hanya 2000 RPM, dibandingkan dengan mesin K24 NA yang puncak torsinya baru didapat pada 4000 RPM. Torsi galak di RPM rendah, ditambah CVT yang smooth membuat akselerasi Honda Civic Turbo berada di bawah 8 detik, dan CR-V Turbo di 8,8 detik.
Pada mesin Honda L15BE yang dipakai di Honda Accord 10th gen, selain Dual VVT juga ditambah Variable Valve Lift pada exhaust port, yaitu ketinggian bukaan valve juga dapat berubah.
kalo konteksnya current tech ya... L15B7 ini aside from beberapa software glitch sebenarnya punya design yang gak maen-maen dan sangat kuat. di USA banyak yang pecah telor 100k miles kondisi stock form/tuned, pdhl di sono katanya beberapa kena oil dilution utamanya di musim dingin krn disebabkan lamanya nih mesin warming up shg utk short trip justru bikin dilution...

lamanya nih mesin warming up juga sebenernya krn design enginenya yang begitu efisien dan liquid cooled exhaust... tp di negara tropis nyaris tidak ada masalah begini dan ini mesin yang strong sekali... yang build sampe 600 hp juga sudah ada



secara experience... power delivery nya juga tidak kehilangan karakter khas honda yang top endnya kuat. modern turbo 1.4-1.6 itu biasanya bodo amat dengan top end power, banyakan 4000 keatas udah flat kaya VW 1.4 bahkan ngempos macem wuling. tp di honda ini klo gak dibilangin ini mesin 1.5 turbo ya kita bakal ngira ini mesin 2.4 VTEC... krn sekilas karakternya mirip.
mesinnya potensi di up power nya tapi sayang cvt nya disini ud banyak yg ga nahan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by ChZ »

lightarmy10 wrote: Tue Feb 09, 2021 7:33 mesinnya potensi di up power nya tapi sayang cvt nya disini ud banyak yg ga nahan
yep CVTnya cuma sanggup tahan sampai sekitar 300Nm artinya sekitar 250 hp an on crank... ya sudah level golf GTI sih tp kalo mau lebih harus buang CVT ganti manual trans... hahahaha

civic Si banyak yang ampe 300 hp ditune dengan same engine. dari bawaan emang sudah stronger internals dan transmisi manual.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by Lolol »

Btw ngomongin honda, Civic kok bisa 170hp yak mesin 1.5L, sedangkan VW 1.4 Dual charger nya juga ga sampe segitu,1.4 Single charger lebih rendah lagi
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by silentIm2 »

Lolol wrote: Tue Feb 09, 2021 9:43 Btw ngomongin honda, Civic kok bisa 170hp yak mesin 1.5L, sedangkan VW 1.4 Dual charger nya juga ga sampe segitu,1.4 Single charger lebih rendah lagi
VW mungkin mengejar power delivery yang lebih refined. Terbukti pada mesin VW EA211 1.4 TSI torsi maksimal 250 Nm sudah ada dari 1300 RPM. Sementara Honda L15B7 torsi maksimal 240 Nm dimulai dari 1700 RPM. 400 RPM itu mungkin ga banyak, tapi kalo dipikir 1300 RPM itu literally torsi sudah ada sebelum menekan pedal gas. Mungkin respon mesinnya 'feels electric', penumpang tidak akan merasa mesin yg dipake mesin turbo.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by doge »

silentIm2 wrote: Tue Feb 09, 2021 12:16
Lolol wrote: Tue Feb 09, 2021 9:43 Btw ngomongin honda, Civic kok bisa 170hp yak mesin 1.5L, sedangkan VW 1.4 Dual charger nya juga ga sampe segitu,1.4 Single charger lebih rendah lagi
VW mungkin mengejar power delivery yang lebih refined. Terbukti pada mesin VW EA211 1.4 TSI torsi maksimal 250 Nm sudah ada dari 1300 RPM. Sementara Honda L15B7 torsi maksimal 240 Nm dimulai dari 1700 RPM. 400 RPM itu mungkin ga banyak, tapi kalo dipikir 1300 RPM itu literally torsi sudah ada sebelum menekan pedal gas. Mungkin respon mesinnya 'feels electric', penumpang tidak akan merasa mesin yg dipake mesin turbo.
yep, kudu liat kurva daya sm torsi bru bs mastiin knp mesin dg kapasitas kurleb outputnya beda

desain twincharger (supercharge sm turbo) itu biasanya bwt nutupi kekurangan single charger (sc bawah jos atas kempos, turbo bawah kempos atas jos)
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by ChZ »

silentIm2 wrote: Tue Feb 09, 2021 12:16
Lolol wrote: Tue Feb 09, 2021 9:43 Btw ngomongin honda, Civic kok bisa 170hp yak mesin 1.5L, sedangkan VW 1.4 Dual charger nya juga ga sampe segitu,1.4 Single charger lebih rendah lagi
VW mungkin mengejar power delivery yang lebih refined. Terbukti pada mesin VW EA211 1.4 TSI torsi maksimal 250 Nm sudah ada dari 1300 RPM. Sementara Honda L15B7 torsi maksimal 240 Nm dimulai dari 1700 RPM. 400 RPM itu mungkin ga banyak, tapi kalo dipikir 1300 RPM itu literally torsi sudah ada sebelum menekan pedal gas. Mungkin respon mesinnya 'feels electric', penumpang tidak akan merasa mesin yg dipake mesin turbo.
Sebagai user dan ex user keduanya yah...

1.5 turbo civic --- 1.4 tsi VW Golf MK6

Power linearity VW Golf cenderung flat. Transisi dari sc ke tc itu cukup halus ga ada sudden boost. Gitu aja sampai rata ke 6k rpm. Ini bahkan di remap pun karakternya ya begini (sy coba yang stage 1+ GIAC tuning).

Rata rata 1.4-1.5 turbo itu mainnya low rpm high torque. Smua dibuat untuk eco.

Honda justru torsinya kecil tapi lebih baik urusan linearity. Kalo udh pernah bawa civic/CRV turbo itu mesin bawahnya agak laggy tp tenaga rasanya naik terus sampai redline. Peak power honda didapat 500 rpm lebih tinggi, redline jg lebih tinggi honda. Kayaknya mereka walau berturbo gak mau kehilangan ciri khas old VTEC engine jadi nafasnya panjang bgt ini L15B7.

Dan krn itu mungkin dia bikin engine ini sedingin mungkin dgn modifikasi sistem coolingnya.

Ditambah faktor working temperature mesin2 eropa itu lebih tinggi dari mesin jepang, kayaknya ini jg faktor turbo engine eropa tdk berani main output tinggi2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by Lolol »

ChZ wrote: Tue Feb 09, 2021 13:01
silentIm2 wrote: Tue Feb 09, 2021 12:16
Lolol wrote: Tue Feb 09, 2021 9:43 Btw ngomongin honda, Civic kok bisa 170hp yak mesin 1.5L, sedangkan VW 1.4 Dual charger nya juga ga sampe segitu,1.4 Single charger lebih rendah lagi
VW mungkin mengejar power delivery yang lebih refined. Terbukti pada mesin VW EA211 1.4 TSI torsi maksimal 250 Nm sudah ada dari 1300 RPM. Sementara Honda L15B7 torsi maksimal 240 Nm dimulai dari 1700 RPM. 400 RPM itu mungkin ga banyak, tapi kalo dipikir 1300 RPM itu literally torsi sudah ada sebelum menekan pedal gas. Mungkin respon mesinnya 'feels electric', penumpang tidak akan merasa mesin yg dipake mesin turbo.
Sebagai user dan ex user keduanya yah...

1.5 turbo civic --- 1.4 tsi VW Golf MK6

Power linearity VW Golf cenderung flat. Transisi dari sc ke tc itu cukup halus ga ada sudden boost. Gitu aja sampai rata ke 6k rpm. Ini bahkan di remap pun karakternya ya begini (sy coba yang stage 1+ GIAC tuning).

Rata rata 1.4-1.5 turbo itu mainnya low rpm high torque. Smua dibuat untuk eco.

Honda justru torsinya kecil tapi lebih baik urusan linearity. Kalo udh pernah bawa civic/CRV turbo itu mesin bawahnya agak laggy tp tenaga rasanya naik terus sampai redline. Peak power honda didapat 500 rpm lebih tinggi, redline jg lebih tinggi honda. Kayaknya mereka walau berturbo gak mau kehilangan ciri khas old VTEC engine jadi nafasnya panjang bgt ini L15B7.

Dan krn itu mungkin dia bikin engine ini sedingin mungkin dgn modifikasi sistem coolingnya.

Ditambah faktor working temperature mesin2 eropa itu lebih tinggi dari mesin jepang, kayaknya ini jg faktor turbo engine eropa tdk berani main output tinggi2.
Ohh ternyata gitu ya, selama ini cuma liat HP sama torsi aja kurang merhatiin di rpm berapa nya :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Best Automotive Engines in Indonesia (personal opinion)

Post by ChZ »

Lolol wrote: Tue Feb 09, 2021 13:34
Ohh ternyata gitu ya, selama ini cuma liat HP sama torsi aja kurang merhatiin di rpm berapa nya :mky_01:
kalau liat power figure nya

Honda L15B7 (Civic 1.5 Turbo) : 170 hp @ 5.500 RPM / 220 Nm @ 1.700 - 5.500 RPM
VW EA111 (Golf MK6 1.4 TSI) : 160 hp @ 5.800 RPM / 240 Nm @ 1.750 - 4.500 RPM.

dari figur flat torque nya sudah selisih 1.000 RPM. artinya VW curve nya sudah mulai drop mulai dari 4.500 RPM sementara Civic 5.500 baru drop. padahal redline Golf MK6 di 6.000 RPM dan Civic di 6.500 RPM.

artinya kalau sama-sama shifting di redline honda lebih gampang mempertahankan power surge nya. ini karakter mesin - mesin VW bahkan sampe yang 1.2 TSI dan 1.4 EA211 turbo terbaru...

dulu seingat saya Fitra Eri pernah test yang Polo 1.2 kalau di shift di 500 RPM sebelum redline justru 0-100 nya lebih kencang. waktu saya test di Golf MK6 dulu juga gitu lebih berasa kenceng kalo shifting di 5.500 daripada dimentokin redline.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7