Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by b0ku »



selamat natal......:ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Thu Dec 29, 2022 7:20

selamat natal......:ngacir:
hmm kyk antri mau periksa dokter :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by ilhami »

Ya karena murah, mulai antri, sementara SPKLU masih jarang. Sementara ini lebih aman charging rutin di rumah, dan mobil dipakai untuk dalam kota saja
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Bibieight »

bensinsolar wrote: Thu Dec 29, 2022 6:13 Ga semua indah Om kalau ud kebanyakan pake EV, ini di UK aja pdhl intake EV masih kecil (dibawah 20%) dengan infrastructure EV yg cukup bagus, malah nunggu 3 jam bwt charge, apalagi baca2 saat charge bersamaan charging performancenya drop jd lebih lama.

https://www.dailymail.co.uk/news/articl ... ueues.html
Kalo disini berhubung masih merasa senasib sepenanggungan masih ada tenggang rasa. Fast charger di km 207 dan 509 itu rated 50 kW, tapi kalo dipake sendirian, nah kalo dipake berdua otomatis paroan, berhubung sama2 satu perahu ya baik2 aja, yg ada malah ngobrol bareng, topiknya ya ndak lain ndak bukan urusan EV, sering2 yg datang terakhir begitu liat yg pertama tinggal 15 menit nunggu dulu sampe selesai, lha kalo langsung colok kan nambah 15 menit lagi…..
Ini bukti bahwa benernya mental orang Indonesia masih banyak yg baik, ndak semua kayak pengguna Duo Gajah Wiu-Wiu-Tetot-Tetot :big_peace: :big_peace:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by ilhami »

Seharusnya Mobil EV sudah IoT, ada notifikasi kalau baterai sudah penuh, jadi nggak perlu ditunggu di tempat.
Ekosistem nya belum terbentuk dan perilaku pemakai nya harus berubah, dari antri, menjadi paralel, sambil istirahat dan makan.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by bensinsolar »

ac235287 wrote: Thu Dec 29, 2022 6:48
bensinsolar wrote: Thu Dec 29, 2022 6:13
ac235287 wrote: Thu Dec 29, 2022 5:32 Enak ya negara Eropa sana, pake EV apa2 di subsidi batere pun d subsidi. Padahal batere asalnya dari afrikaa dan Sulawesi. D sulawesi alam nya rusak, longsor dan polusi tanah,air dan udara. Tiap tahun ada aja konflik antara pekerja tambang d sana , antara pekerja dan management atau antara perusahaan yg rata2 Aseng dgn masyarakat sekitar. Dan konflik itu itu sering menimbulkan korban jiwa. Trus hasil nikel nya buat di Indo? Gak lah d bawa k cina tentunya. Sementara mereka dapat tax holiday.
Moga2 kedepan nya lebih fair dengan negara2 produsen rare earth macam afrikaa dan Indonesia. Ane ngeliat urusan tambang batere nya mirip penjajahan VOC jaman dulu, beda komuditi dan style aja.

Harapan ane kedepan buat EV d indo:
1. Jadi produsen batere, hulu ke hilir. Jgn cuma jadi smelter doang.
2. Harga batere mobil/motor/solar panel MURAH buat perakitan d dalam negeri. Buat export kena cukai.
3. Pendirian pusat riset EV baik pemerintah atau swasta.
4. Stop monopoli dan oligarki d bisnis EV/batere biar lebih kompetitif.
5. Tidak main ancam kepada yg gak mau ikut policy elektrifikasi kendaraan (sepert yg terjadi d solar panel)
Ga semua indah Om kalau ud kebanyakan pake EV, ini di UK aja pdhl intake EV masih kecil (dibawah 20%) dengan infrastructure EV yg cukup bagus, malah nunggu 3 jam bwt charge, apalagi baca2 saat charge bersamaan charging performancenya drop jd lebih lama.

https://www.dailymail.co.uk/news/articl ... ueues.html
Yup yg kek gini d negara maju cukup sering Om, d UK malah ada namanya unwritten etiquette, kalo mobil org LG d cantolin charger, jgn pernah d cabut. Nah d Canterbury pernah ada pertikaian waktu itu nissal leaf kalo gak salah, Lg colokin kabel charger, cuma pas ada EV lain lewat dia liat si charger udah gak nge-cas lagi, dia pikir udah selesai charging, dia buka lah colokan nya dari Nissan leaf dan colok ke EV dia, ternyata si Nissan nya belum k charge sama sekali, akhir nya ribut lah sampe mau main tonjok2an, gak hanya sampe d situ , d bawa k dunia maya, jadi makin ribut sampe ada yg mau ancam d bunuh. Hahah balada charging EV karena, nge cas nya lama. :big_biglaugh:
Wah bisa sampai nyawa taroannya. Pdhl charging station disana ud 10k+ lho
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by bensinsolar »

Bibieight wrote: Thu Dec 29, 2022 7:42
bensinsolar wrote: Thu Dec 29, 2022 6:13 Ga semua indah Om kalau ud kebanyakan pake EV, ini di UK aja pdhl intake EV masih kecil (dibawah 20%) dengan infrastructure EV yg cukup bagus, malah nunggu 3 jam bwt charge, apalagi baca2 saat charge bersamaan charging performancenya drop jd lebih lama.

https://www.dailymail.co.uk/news/articl ... ueues.html
Kalo disini berhubung masih merasa senasib sepenanggungan masih ada tenggang rasa. Fast charger di km 207 dan 509 itu rated 50 kW, tapi kalo dipake sendirian, nah kalo dipake berdua otomatis paroan, berhubung sama2 satu perahu ya baik2 aja, yg ada malah ngobrol bareng, topiknya ya ndak lain ndak bukan urusan EV, sering2 yg datang terakhir begitu liat yg pertama tinggal 15 menit nunggu dulu sampe selesai, lha kalo langsung colok kan nambah 15 menit lagi…..
Ini bukti bahwa benernya mental orang Indonesia masih banyak yg baik, ndak semua kayak pengguna Duo Gajah Wiu-Wiu-Tetot-Tetot :big_peace: :big_peace:
Mantap Om. Sementara EV masih niche sekali di negara kita. Nanti kalo para pemilik plat sakti sudah beralih nahh beda lagi ceritanya ya :mky_04:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7372
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by newrubble »

mgkn blm pd tau (meski bilang nya 'udah tau udah lama kok') disini ada yg mananya e-road (sy suka krn kalo di daratan sering lewating a4 trutama otw airport) panjang rata-rata 2km (kalo di autobahn maupun autostrada ada yg skitar 4km tapi sy lupa yg mana krn jarang lewat situ) disediakan rechraging lane (kadang warna aspal dibikin merah n ada juga yg di warna ijo) hrsnya ga ada crita EV turtle drive n sy blm pernah liat mau recharge sampe brantem mgkn krn skitaran sini disebut tempat-tempat yg membahagiakan penduduknya (mgkn loh ... sy kan ga ngerti urusan bgini) ... EV sy privatelease (dual ownership: sy + lease coy) sebulan sy bayar skitar eur400 (hrga tunai kalo ada yg beli brandnew skitar eur340k tapi hrsnya kurang dr itu krn kmaren dulu ada diskon 25% u carryover thn bikinan 2021 trutama yg tadinya masih di stockyard trus kena recall n skrg udah di betulin ... tapi ini smua kata sales nya tetap dgn factory warranty tenor sama n kalo ga puas dlm 2 mggu bisa minta full refund ... paket husus org lokal bukan asing).
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Bibieight »

ilhami wrote: Thu Dec 29, 2022 8:28 Seharusnya Mobil EV sudah IoT, ada notifikasi kalau baterai sudah penuh, jadi nggak perlu ditunggu di tempat.
Ekosistem nya belum terbentuk dan perilaku pemakai nya harus berubah, dari antri, menjadi paralel, sambil istirahat dan makan.
Udah oom, kalo di SPKLU kan ngecasnya harus lewat apps charge.in, di apps itu ketauan koq mau dimasukkan berapa kWh, sudah masuk berapa kWh, belum masuk berapa kWh, sisa waktu berapa, kalo udah selesai juga ketauan.
Ntar kalo 2023 SPKLU ex G20 dah dicopot dan dipindah tiap 100-200 km tol trans Jawa (dan semoga pasokan Ioniq 5 tetep seret :mky_01: :mky_01: :mky_01: ) akan jadi golden years early adopters, hajar bleh sport mode 140-170 kpj, abisin 60% alias 40 kWh, ntar tiap ketemu Rest Area dgn SPKLU 200 kWh cukup cas 15 menit dah balik itu 60%, 15 menit itu antri toilet sama sebats jg cukup :big_peace: :big_peace: :big_peace:
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by DLM »

Jadi keinget kemarin baru aja test drive Airev yang standard range. Itu mobil untuk sekelasnya termasuk bagus buat yang mau pindah dari bensin biasa ke EV, soalnya akselerasinya ga buas-buas banget (gimana mau buas lah motornya aja kecil kok). Cuma ya itu bannya termasuk kecil dan wow banget.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Suryaputra »

https://www.airbus.com/en/innovation/ze ... ogen/zeroe
Hydrogen propulsion to power future aircraft
All three ZEROe concepts are hybrid-hydrogen aircraft. They are powered by hydrogen combustion through modified gas turbine engines. Liquid hydrogen is used as fuel for combustion with oxygen.

In addition, hydrogen fuel cells create electrical power that complements the gas turbine, resulting in a highly efficient hybrid-electric propulsion system. All of these technologies are complementary, and the benefits are additive.

In 2022, we launched our ZEROe demonstrator with the aim to test hydrogen combustion technology on an A380 multimodal platform. Through future ground and flight testing, we expect to achieve a mature technology readiness level for a hydrogen-combustion propulsion system by 2025.
Image

Berlaku untuk mesin jet turbofan dan turboprop
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri