MAZDA CX-3 1500 CC!

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by DrivingPotato »

Hai om-om rekan2 SM, ini post pertama saya setelah bertahun-tahun jadi silent reader.. :mky_02: Salam kenal ya om

Awal cerita saya lagi cari pengganti buat Ford Fiesta 2012 1.6 S Manual yang baru aja terjual, saya memang melirik salah satunya Mazda CX-3. Pas tanya-tanya sales yang memang udah kenal (sebelumnya pernah TD CX-3 sebelum ambil Almaz 2019, Almaznya udh kejual juga :big_peace: ), eh ternyata dapat pricelist CX-3 tipe Sport tapi speknya mesin 1.5L! Berdasar kabar burung akan rilis di akhir bulan Maret atau awal April tahun ini. Jadi memang udah bisa inden.

Entah performanya bakal seperti apa kalau body CX-3 dipakein mesin Mazda 2, tapi saya udah kepincut banget sama warna baru yang bakal rilis (yep, kabar terselubung juga) yaitu POLYMETAL GREY :big_love:

Ini dia cuplikan gambarnya yang menurut saya ganteng bangaaatss

Image
Image
Image

Mazda CX-3 versi 1.5L Bensin sebenarnya udah rilis tahun lalu tapi khusus untuk pasar Jepang. Dari brosur yang saya dapat, line up CX-3 bakal jadi 2: 1.5 SPORT dan 2.0 PRO. Fitur-fiturnya CX-3 1.5 juga kurang lebih sama dengan versi Sport saat ini, bukan yang sunated seperti pasar Jepun :big_exellent:

Saya jadi makin yakin ambil CX-3 setelah mesin 1.5L masuk karena harganya jadi turun lumayan, se HR-V 1.5. Value for money-nya kembali masuk akal karena yg sebelumnya nyentuh kepala 4. Tapi yang ganjel bagi saya, apakah kira2 akan jadi 'boyo' karena beban CX-3 ditanggung dengan mesin Mazda 2 (yang dari speknya sih ga impresif2 amat powernya, 111 PS dan 149 NM) ?

Boleh dong om-om yang udah pernah cicip Mazda 2 SkyActiv share seputar impresi mesinnya yg bakal dipake di CX-3. Jujur saya agak gak tertarik sama HR-V, karena udah pegang Fiesta selama 6 tahun terakhir, Mazda lebih menggiurkan buat saya. Kalaupun tertarik aHond, City Hatchback yg menggiurkan bagian buntutnya. Kemarin udah cek unit di kota saya juga, build quality jauh lebih bagus dari aHond HR-V dan Jazz, tapi somehow hati saya tetep di Mazda yg ganteng ini :big_childish:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by rakyatwkwkland »

Btw, oom udah dapet bocoran angka harganya kah? Penasaran juga nih ane, apa bisa harganya menyamai HRV 1.5, at least setara yg SE lah. Kalo bisa sih mantep juga nih mobil.

Btw, kalo emang udah demen mah sikat aja oom. Daripada entar tiap ngeliat nih boil nggelinding di jalanan malah nyesel n ngiler ngeces2. Warna abu2nya emang cakep sih. Kayanya rada mirip dengan abu2 di M3 dan CX-30 yah?

Kalo personal opinion ane sih, mungkin ane lebih milih M2 sebab pada dasarnya mobil yg sama bukan? Ane pribadi sih harapannya kalo ngangkut crossover pengen yg GC nya emang tinggian dari versi HB atau sedannya, macam jazz ke HRV. Masalahnya kalo liat specsheet di web nya mazda kok ya gak beda jauh ini boil GC nya dengan M2, cuma selisih beberapa mm saja, msh under 160 mm. Kira2 same energy lah dengan Corrola altis dgn CHR dan Corrola Cross, versi crossover dengan sedannya cuma selisih beberapa mm doang, GC nya msh di angka 160 mm.

Again saran ane, kalo emang udah demen mah worth to wait sih.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by DrivingPotato »

rakyatwkwkland wrote: Fri Mar 19, 2021 6:54 Btw, oom udah dapet bocoran angka harganya kah? Penasaran juga nih ane, apa bisa harganya menyamai HRV 1.5, at least setara yg SE lah. Kalo bisa sih mantep juga nih mobil.

Btw, kalo emang udah demen mah sikat aja oom. Daripada entar tiap ngeliat nih boil nggelinding di jalanan malah nyesel n ngiler ngeces2. Warna abu2nya emang cakep sih. Kayanya rada mirip dengan abu2 di M3 dan CX-30 yah?

Kalo personal opinion ane sih, mungkin ane lebih milih M2 sebab pada dasarnya mobil yg sama bukan? Ane pribadi sih harapannya kalo ngangkut crossover pengen yg GC nya emang tinggian dari versi HB atau sedannya, macam jazz ke HRV. Masalahnya kalo liat specsheet di web nya mazda kok ya gak beda jauh ini boil GC nya dengan M2, cuma selisih beberapa mm saja, msh under 160 mm. Kira2 same energy lah dengan Corrola altis dgn CHR dan Corrola Cross, versi crossover dengan sedannya cuma selisih beberapa mm doang, GC nya msh di angka 160 mm.

Again saran ane, kalo emang udah demen mah worth to wait sih.
Harganya... selisih 10jutaan dari HRV 1.5 belum termasuk diskon. Kalo HRV 1.5 ga kena insentif PPnBM, harganya jadi bersaing persis om :big_love:

Kemarin sempet consider M2 tapi entah kenapa kerasa kurang gagah, makanya jadi ngelirik CX-3. Dengan harga yg baru ini ane yakin bisa ngejar populasi HR-V sih, meskipun pengennya biarin rare aja biar keliatan stand out kalo di jalan :big_biglaugh:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by ginting »

marvelio wrote: Thu Mar 18, 2021 16:01 Hai om-om rekan2 SM, ini post pertama saya setelah bertahun-tahun jadi silent reader.. :mky_02: Salam kenal ya om

Awal cerita saya lagi cari pengganti buat Ford Fiesta 2012 1.6 S Manual yang baru aja terjual, saya memang melirik salah satunya Mazda CX-3. Pas tanya-tanya sales yang memang udah kenal (sebelumnya pernah TD CX-3 sebelum ambil Almaz 2019, Almaznya udh kejual juga :big_peace: ), eh ternyata dapat pricelist CX-3 tipe Sport tapi speknya mesin 1.5L! Berdasar kabar burung akan rilis di akhir bulan Maret atau awal April tahun ini. Jadi memang udah bisa inden.

Entah performanya bakal seperti apa kalau body CX-3 dipakein mesin Mazda 2, tapi saya udah kepincut banget sama warna baru yang bakal rilis (yep, kabar terselubung juga) yaitu POLYMETAL GREY :big_love:

Ini dia cuplikan gambarnya yang menurut saya ganteng bangaaatss

Image
Image
Image

Mazda CX-3 versi 1.5L Bensin sebenarnya udah rilis tahun lalu tapi khusus untuk pasar Jepang. Dari brosur yang saya dapat, line up CX-3 bakal jadi 2: 1.5 SPORT dan 2.0 PRO. Fitur-fiturnya CX-3 1.5 juga kurang lebih sama dengan versi Sport saat ini, bukan yang sunated seperti pasar Jepun :big_exellent:

Saya jadi makin yakin ambil CX-3 setelah mesin 1.5L masuk karena harganya jadi turun lumayan, se HR-V 1.5. Value for money-nya kembali masuk akal karena yg sebelumnya nyentuh kepala 4. Tapi yang ganjel bagi saya, apakah kira2 akan jadi 'boyo' karena beban CX-3 ditanggung dengan mesin Mazda 2 (yang dari speknya sih ga impresif2 amat powernya, 111 PS dan 149 NM) ?

Boleh dong om-om yang udah pernah cicip Mazda 2 SkyActiv share seputar impresi mesinnya yg bakal dipake di CX-3. Jujur saya agak gak tertarik sama HR-V, karena udah pegang Fiesta selama 6 tahun terakhir, Mazda lebih menggiurkan buat saya. Kalaupun tertarik aHond, City Hatchback yg menggiurkan bagian buntutnya. Kemarin udah cek unit di kota saya juga, build quality jauh lebih bagus dari aHond HR-V dan Jazz, tapi somehow hati saya tetep di Mazda yg ganteng ini :big_childish:
kalau lihat review CX-3 di yutub, Audi reviewer itu bilang bahwa "Menurut Mazda mereka pasang mesin 2.0 supaya rasa jinba-itai nya itu terasa"..
artinya handling enak, digas laju..direm berhenti…

nah, dengan turun mesin jd 1.5 kok sy merasa akan lebih "ngeden" karena body makin gede (dikit) tp mesin sama dgn M2…
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by pradit_d »

Terlepas dr mesin atau performa, mazda cx3 ini lifecycle nya masih panjang ga ya? Klo ga salah udah dr 2015/2016 di luar sana. Tapi ngeliat mazda 6 n mazda 2 jg lebih tua lagi umurnya, begitu jg pesaingnya hrv yg udah ada sejak 2014, atau outlander sport yg hmmm...
:big_peace:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by rakyatwkwkland »

pradit_d wrote: Fri Mar 19, 2021 11:05 Terlepas dr mesin atau performa, mazda cx3 ini lifecycle nya masih panjang ga ya? Klo ga salah udah dr 2015/2016 di luar sana. Tapi ngeliat mazda 6 n mazda 2 jg lebih tua lagi umurnya, begitu jg pesaingnya hrv yg udah ada sejak 2014, atau outlander sport yg hmmm...
Kalo dari 2016, artinya sih udah 5 tahun, ya masih wajar lah. Biasanya kan life cycle satu generasi sekitar 5-7 tahun. CX-3 udah ada peslip sekali (entah patut disebut peslip atau minor change), harusnya setahun atau dua tahun lagi sih ganti model.

Mazda 2 juga dari 2014 akhir, artinya udah 6 tahun jalan 7 tahun. Emang harusnya gak lama lagi all new model. Konon katanya, ane lupa denger dr mana, yg peslip terakhir kali ini udah final edition.

Kalo Mazda 6 ini yg rada unik. Sebenernya dia udah beda generasi. Yg keluaran 2012 yg banyak dipake sama polantas, itu kode body nya GJ. Meanwhile yg kemaren launching tahun 2018 yg ada embel2 elite nya itu kode body nya GL. Jadi menurut mazda itu udah beda generasi. Emang kalo diliat dari eksterior bedanya minim, hanya seperti facelift aja, yg beda total itu interiornya. Kira2 macam case yg menimpa ANGL L11 dan AN Brio lah.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by pradit_d »

rakyatwkwkland wrote: Fri Mar 19, 2021 13:11
pradit_d wrote: Fri Mar 19, 2021 11:05 Terlepas dr mesin atau performa, mazda cx3 ini lifecycle nya masih panjang ga ya? Klo ga salah udah dr 2015/2016 di luar sana. Tapi ngeliat mazda 6 n mazda 2 jg lebih tua lagi umurnya, begitu jg pesaingnya hrv yg udah ada sejak 2014, atau outlander sport yg hmmm...
Kalo dari 2016, artinya sih udah 5 tahun, ya masih wajar lah. Biasanya kan life cycle satu generasi sekitar 5-7 tahun. CX-3 udah ada peslip sekali (entah patut disebut peslip atau minor change), harusnya setahun atau dua tahun lagi sih ganti model.

Mazda 2 juga dari 2014 akhir, artinya udah 6 tahun jalan 7 tahun. Emang harusnya gak lama lagi all new model. Konon katanya, ane lupa denger dr mana, yg peslip terakhir kali ini udah final edition.

Kalo Mazda 6 ini yg rada unik. Sebenernya dia udah beda generasi. Yg keluaran 2012 yg banyak dipake sama polantas, itu kode body nya GJ. Meanwhile yg kemaren launching tahun 2018 yg ada embel2 elite nya itu kode body nya GL. Jadi menurut mazda itu udah beda generasi. Emang kalo diliat dari eksterior bedanya minim, hanya seperti facelift aja, yg beda total itu interiornya. Kira2 macam case yg menimpa ANGL L11 dan AN Brio lah.
Ane kira gj itu untuk body sedan, gl untuk body wagon
:big_peace:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by rakyatwkwkland »

pradit_d wrote: Sat Mar 20, 2021 2:40
rakyatwkwkland wrote: Fri Mar 19, 2021 13:11
pradit_d wrote: Fri Mar 19, 2021 11:05 Terlepas dr mesin atau performa, mazda cx3 ini lifecycle nya masih panjang ga ya? Klo ga salah udah dr 2015/2016 di luar sana. Tapi ngeliat mazda 6 n mazda 2 jg lebih tua lagi umurnya, begitu jg pesaingnya hrv yg udah ada sejak 2014, atau outlander sport yg hmmm...
Kalo dari 2016, artinya sih udah 5 tahun, ya masih wajar lah. Biasanya kan life cycle satu generasi sekitar 5-7 tahun. CX-3 udah ada peslip sekali (entah patut disebut peslip atau minor change), harusnya setahun atau dua tahun lagi sih ganti model.

Mazda 2 juga dari 2014 akhir, artinya udah 6 tahun jalan 7 tahun. Emang harusnya gak lama lagi all new model. Konon katanya, ane lupa denger dr mana, yg peslip terakhir kali ini udah final edition.

Kalo Mazda 6 ini yg rada unik. Sebenernya dia udah beda generasi. Yg keluaran 2012 yg banyak dipake sama polantas, itu kode body nya GJ. Meanwhile yg kemaren launching tahun 2018 yg ada embel2 elite nya itu kode body nya GL. Jadi menurut mazda itu udah beda generasi. Emang kalo diliat dari eksterior bedanya minim, hanya seperti facelift aja, yg beda total itu interiornya. Kira2 macam case yg menimpa ANGL L11 dan AN Brio lah.
Ane kira gj itu untuk body sedan, gl untuk body wagon
Wahaha, iya oom. Sorry2... My bad... :big_slap:

Bener2 GL itu estate, yg sedan msh GJ deng :upss:

Berarti panjang juga yak siklus hidupnya untuk sebuah produk global.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by josomba »

Setuju dengan bang ginting... Sepertinya bakal lebih berat dikit ya kalau si cx3 persis plek2 pake P5-VPS dr mazda 2.

Mzd2 sky dibilang tenaganya mantep, menurut saya biasa aja. Compare to GK5 sbenernya secara tarikan berasa mirip2 aja bahkan mgkn GK5 keknya lebi mantepan dikit akselerasinya, kalau yasir joker nah ane merasa agak bolotan yasir. Cuman handling aja yg menurut saya cukup menang telak mazda 2 (asalkan those OEM eco tyres are replaced ya).

Masalah populasi akan ngejar HRV dengan adanya mesin 1500cc. Nah ini saya lihatnya agak mustahil. Perlu diingat, typical mindset konsumen Indo:
1. Harga Jual
2. Harga Sparepart dan ketersediaannya.

Nomor 1 bisa cek sendiri lah ya mobil sama2 2-3 tahun, mana yg lebi jatuh antara hondut n masdut.

Nomor 2, antara sama atau lebi mahal mazda. Kalau d mazda 2 vs gk5, ane perhatikan ga ada part yg lebih murah drpd honda. Harga sama sih ada.

Ini murni pendapat pribadi aja dr pengguna masdut 2 odo 100+ ribu km :ungg:
20210320_181138.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Pboyz97 »

marvelio wrote: Fri Mar 19, 2021 8:37
Harganya... selisih 10jutaan dari HRV 1.5 belum termasuk diskon. Kalo HRV 1.5 ga kena insentif PPnBM, harganya jadi bersaing persis om :big_love:

Kemarin sempet consider M2 tapi entah kenapa kerasa kurang gagah, makanya jadi ngelirik CX-3. Dengan harga yg baru ini ane yakin bisa ngejar populasi HR-V sih, meskipun pengennya biarin rare aja biar keliatan stand out kalo di jalan :big_biglaugh:
Kalo saya jadi om TS, saya akan wait and see dulu, seberapa pengaruh PPNBM 0% ini terhadap merek nonmainstream seperti mazda ini, apalagi semua lineup mazda di indo gadapet potongan PPNBM karena CBU semua, bukan CKD Indo. Jadi mau gamau, gaada cara lain selain obral diskon lebih besar lagi daripada yg sekarang karena merek pesaing yg ckd dan masuk kriteria otomatis dapet potongan PPNBM. Cuma kalo om udh sreg sm unitnya, go for it, mobil ini salah 1 mobil yg fun to drive, punya handling oke, fiturnya melimpah dan desain inteirornya cakep kek mobil eropa, minusnya cuma row 2 sempit, bagasi ga seluas lawan2nya dan storage yg minim aja menurut saya


Nah kalo yg saya bold,saya sependapat dengan om josomba, yaitu mustahil untuk saat ini bagi CX3 untuk mengejar bahkan mengalahkan HRV, mungkin kalo buat menyaingi rival2 lain kek s-cross or seltos or kona bisa, tapi kalo HRV, mohon maaf ini sangat mustahil. Mengapa? Saya bukan bermaksud buat menjelek - jelekkan atau meragukan mazda atau membela honda ya. Saya coba bicara sesuai fakta dan realistis aja, kebetulan saya pengguna 2 merek ini cukup lama, saya sendiri ex user CX5 gen 1 , crv gen 3 2.4 dan jazz GE8, serta sekarang user HRV 1.5, AN CX5 Elite dan CRV Turbo prestige, jadi saya udh khatam lah baik buruknya kedua merek tersebut. Pertama, sesuai dengan yg udh dikatakan sm om josomba sblmnya, selama mindset org Indo masih "brand minded", berat bagi mazda buat menyaingi honda meskipun dengan mesin 1.500 cc sekalipun, karena yg dijual sm mazda itu sebenernya adalah tekonologi, fitur, fun to drive, dan handling which is itu bukan prioritas mayoritas org indonesia,mindset mayoritas konsumen indo itu
- Brand
- RV atau harga jual kembali
- Lega
- Muat banyak
- Part murah, gampang benerinnya (apalagi kalo part KW atau subtitusi or bengkel spesialisnya banyak bisa jadi keuntungan lebih)
- Bisa minum BBM subsidi
Masih banyak org Indo yg awam otomotif, terutama soal fitur dan teknologi, jadi mereka gak jadiin fun to drive, handling dan kenyamanan sebagai prioritas, yg penting poin2 yg saya sebutkan diatas tadi, apalagi minusnya mazda cukup fatal, yaitu row 2 sempit, bagasi sempit dan storage minim, which is jelas ini bukan yg dicari mayoritas org indo, mereka pengen mobil yg lega, bisa muat banyak barang dan banyak org, which is itu gabisa disediakan oleh mazda, makanya mazda dari awal jg saya liat bukan nyasar konsumen mayoritas, tapi lebih ke niche market yg mengerti akan fitur, teknologi, hanlding dan rasa berkendara dari sebuah mobil, jadi buat saya pribadi akan mustahil kalau mazda bisa menyaingi HRV buat saat ini, karena buat mengalahkan HRV, gacukup dengan sasaran niche market saja, tapi juga harus mengakomodir kebutuhan mayoritas konsumen pada umumnya juga hehehe


Dan kalo soal sparepart, mazda ini cukup aman dan mudah selama tinggal dikota besar, dan selisihnya gajauh kok sm honda, malah kalo sama2 di bengkel resmi , bisa2 lebih murah mazda dibanding honda , karena biaya jasa di beres honda rata2 cukup mahal dibanding mazda, dan partnya jg lebih durable mazda dibanding honda menurut saya, terutama dibagian rack steering dan kaki2nya . Sebagai contoh deh, dulu saya pernah pelihara CX5 gen 1, ampe dijual di km 150rb selama pemakaian 6 tahun, gaada masalah sama sekali, service gedenya cuma mounting doang, sisanya no complain, sedangkan CRV gen 3 saya dengan km yg gajauh beda, pemakaian 8 tahun, udh lumayan abis banyak di kaki2 dan rack steeringnya + rembes juga dulu. Terus CX5 Elite saya sekarang juga udh hampir 3 tahun pakai dengan odo deket 40rb, masih aman2 aja, gaada masalah berarti , cuma ganti aki i-stop doang walaupun kelemahannya ada di row 2 yg sempit, serta bagasi dan storage yg ga seluas crv .Sedangkan CRV Turbo saya, baru 28rban, dengan pemakaian dan selisih tanggal pembelian yg hampir sama dengan CX5 saya (ini dua duanya sama sama pemakaian 2019 ya), udh rattle di doortrim depan kiri, dasbor geter dan terakhir discbrakenya bergelombang (untung semuanya udh solved) walaupun saya akui mobilnya nyaman, lega , practical, irit bbm dan bantingan suspensinya empuk . dan HRV saya sekarang juga dulu pas km 20rb udh kena bearing dan link stabnya , disaat usia mobil baru 3 tahun, walaupun saya akui mobilnya fun to drive, handlingnya oke, lega, nyaman,practical dan punya desain exterior dan inteiror yg cakep menurut saya , tapi untungnya saya betulin di bengkel spesialis langganan saya jadi biayanya lebih murah dibanding beres. Intinya, harga sparepart mazda ya tetep mahal dibanding honda, tapi selisihnya gajauh2 amat kok kalo sama2 di bengkel resmi. CUma ada 1 keunggulan honda yg ga dimiliki mazda soal parts dan ketersediannya, yaitu part subtitusi dan bengkel spesialis

Honda part subtitusinya cukup banyak dan mudah didapatkan + bengkel spesialisnya banyak jadi kalo dibandingin sm parts mazda ya pasti jauh lebih murah (spesialis vs beres), sedangkan mazda part subtitusinya masih jarang dan bengkel spesialisnya jg masih jarang menurut saya (apalagi di daerah), jadi mau gamau harus ke beres which is cukup mahal buat ukuran mobil jepang dan in some case beberapa partnya ada yg inden, which is jadi kelemahan mazda dibanding rival2 sekelasnya menurut saya. Dulu juga saya sempet kepikiran buat ambil Mazda 2 or CX3 buat pengganti jazz GE8 saya, cuma karena sempit dan partnya cukup mahal (saat itu di 2017 saya punya CX5 gen 1 which is partnya cukup mahal buat ukuran mobil jepang) akhirnya saya ambil xpander, namun , mobil tersebut ga bertahan lama, tahun 2019 saya nambah lagi yaris karena buat ganjil genap. Di tahun 2020, karena ganjil genap lg ga berlaku di jkt dan saya udh ada mobil 7 seater lain dirumah, akhirnya xpander saya jual di bulan september lalu, dan si yaris saya jual di desember tahun lalu, karena radius putarnya jelek buat ukuran mobil kecil dan ceper (jadi gampang gesrot). Akhirnya sempet bimbang kaya om TS, mau CX3 atau HRV buat pengganti yaris dan xpander saya, karena memang rencananya mau dijadiin 1 mobil saja , dan kriterianya adalah GC tinggi dan 5 seater sehingga cx3 dan hrv masuk radar. Namun, kembali karena kuatir harga jual jatuh dan sempit, akhirnya saya memutuskan untuk meminang HRV 1.5 seken tahun 2018 PFL akhir desember lalu. Memang pasaran dan gak se fun to drive serta ga se durable mazda, cuma mobil ini sudah memenuhi aspek sebagian besar org Indonesia yg mengingkan mobil yg lega, practical dan RV nya ga jatoh2 amat wkwkwk meskipun durabilitas kaki2 dan rack steering, kekedapan kabin dan kualitas interiornya masih tertinggal dibanding CX3 menurut saya
josomba wrote: Sun Mar 21, 2021 3:09 Setuju dengan bang ginting... Sepertinya bakal lebih berat dikit ya kalau si cx3 persis plek2 pake P5-VPS dr mazda 2.

Mzd2 sky dibilang tenaganya mantep, menurut saya biasa aja. Compare to GK5 sbenernya secara tarikan berasa mirip2 aja bahkan mgkn GK5 keknya lebi mantepan dikit akselerasinya, kalau yasir joker nah ane merasa agak bolotan yasir. Cuman handling aja yg menurut saya cukup menang telak mazda 2 (asalkan those OEM eco tyres are replaced ya).

Masalah populasi akan ngejar HRV dengan adanya mesin 1500cc. Nah ini saya lihatnya agak mustahil. Perlu diingat, typical mindset konsumen Indo:
1. Harga Jual
2. Harga Sparepart dan ketersediaannya.

Nomor 1 bisa cek sendiri lah ya mobil sama2 2-3 tahun, mana yg lebi jatuh antara hondut n masdut.

Nomor 2, antara sama atau lebi mahal mazda. Kalau d mazda 2 vs gk5, ane perhatikan ga ada part yg lebih murah drpd honda. Harga sama sih ada.

Ini murni pendapat pribadi aja dr pengguna masdut 2 odo 100+ ribu km :ungg:
20210320_181138.jpg
Saya coba jawab ya, sebagai user Mazdut CX5 elite dan CRV Turbo, serta ex user CRV gen 3 dan mazdut cx5 gen 1 . Kalo di jkt, RV nya cenderung imbang bahkan in some case, lebih unggul mazda (seperti jazz vs M2 Sky) or (CRV vs CX5). Karena semua tersedia, sedangkan kalo di daerah, baru RV nya mazdut agak jatoh karena partnya masih agak susah dibanding hondut kalo di daerah menurut saya

Dan poin kedua yg saya bold. Jangan lupa, mazda bengkel spesailisnya masih jarang dan part subtisusinya jg jarang, jadi mau gamau harus ke beres which is itu cukup mahal buat sebagian org. Sedangkan honda, masih ada alternatif selain beres, yaitu spesailis, honda unggul di part subtitusi yg cukup banyak dan spesialisnya yg banyak juga sehingga ada altenatif yg lebih murah dibanding beres, apalagi mayoritas konsumen Indo masih ngincer harga part murah which is bengkel spesialis dan subtitusi bisa jadi solusi karena harga part dan biaya perbaikannya yg lebih murah dibanding beres menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by trebla88 »

Inga2
Dulu cx5 ada 2.0 ama 2.5, crv 2.4 ama 2.0
Bisa lihat2 reviewnya pasti sbagian besar milih yg lbih jelas powernya walau bensin sdikit boros karena tujuannya fun to drive
Cx3 dikasi 1.5 mazda 2 yg ada bakal kedodoran
Irit ga sberapa tapi power bakal lebih lemes
Blunder ini sih klo kata gw.orang cari cx3 fun to drive
Cmiiw
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by josomba »

Pboyz97 wrote: Sun Mar 21, 2021 6:51
-cut-

Saya coba jawab ya, sebagai user Mazdut CX5 elite dan CRV Turbo, serta ex user CRV gen 3 dan mazdut cx5 gen 1 . Kalo di jkt, RV nya cenderung imbang bahkan in some case, lebih unggul mazda (seperti jazz vs M2 Sky) or (CRV vs CX5). Karena semua tersedia, sedangkan kalo di daerah, baru RV nya mazdut agak jatoh karena partnya masih agak susah dibanding hondut kalo di daerah menurut saya

Dan poin kedua yg saya bold. Jangan lupa, mazda bengkel spesailisnya masih jarang dan part subtisusinya jg jarang, jadi mau gamau harus ke beres which is itu cukup mahal buat sebagian org. Sedangkan honda, masih ada alternatif selain beres, yaitu spesailis, honda unggul di part subtitusi yg cukup banyak dan spesialisnya yg banyak juga sehingga ada altenatif yg lebih murah dibanding beres, apalagi mayoritas konsumen Indo masih ngincer harga part murah which is bengkel spesialis dan subtitusi bisa jadi solusi karena harga part dan biaya perbaikannya yg lebih murah dibanding beres menurut saya
Kalau cx-3 n hrv prestige seh saya liat2 lebi nahan si prestige. Ogut bandinginnya ama prestige karena keknya current cx3 lebi apple-to-apple sama si prestige :big_biglaugh:

Masalah part saya gatau kalau d cx-5 gimana ya. Untuk adek bontotnya cx-5 seh cukup banyak pilihan aftermarket aka KW.... Misal untuk urusan kaki2 sepertinya mobil saya sisa steering rack aja n lower arm (excl. Balljoint) yg masih "merk masdah" sisanya sih 555, Monroe, n Lucratec :big_grin:
Image
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by sintoni »

josomba wrote: Sun Mar 21, 2021 10:42 Misal untuk urusan kaki2 sepertinya mobil saya sisa steering rack aja n lower arm (excl. Balljoint) yg masih "merk masdah" sisanya sih 555, Monroe, n Lucratec :big_grin:
Monroe buat SA ya mbah?

Kalau Lucratec ane nebak sih kampas rem. Hahaha.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by josomba »

sintoni wrote: Sun Mar 21, 2021 12:08
josomba wrote: Sun Mar 21, 2021 10:42 Misal untuk urusan kaki2 sepertinya mobil saya sisa steering rack aja n lower arm (excl. Balljoint) yg masih "merk masdah" sisanya sih 555, Monroe, n Lucratec :big_grin:
Monroe buat SA ya mbah?

Kalau Lucratec ane nebak sih kampas rem. Hahaha.
Iya mbah sa depan belakang monroe oes... :ungg:

Eits salah nih mbah, lucratec buat shock support :big_biglaugh:

Kampas rem depan belakang pake bendix, lebih pakem ketimbang oem tp ga makan rotor terlalu banyak juga...
Image
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by sintoni »

josomba wrote: Sun Mar 21, 2021 13:08
Iya mbah sa depan belakang monroe oes... :ungg:

Eits salah nih mbah, lucratec buat shock support :big_biglaugh:

Kampas rem depan belakang pake bendix, lebih pakem ketimbang oem tp ga makan rotor terlalu banyak juga...
Hauahauaha. Mantap lah, sama kayak ane ga suka pake merk original/pabrikan.

Lebih suka coba2 merk 3rd party.
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Mkresnap »

josomba wrote: Sun Mar 21, 2021 13:08
sintoni wrote: Sun Mar 21, 2021 12:08
josomba wrote: Sun Mar 21, 2021 10:42 Misal untuk urusan kaki2 sepertinya mobil saya sisa steering rack aja n lower arm (excl. Balljoint) yg masih "merk masdah" sisanya sih 555, Monroe, n Lucratec :big_grin:
Monroe buat SA ya mbah?

Kalau Lucratec ane nebak sih kampas rem. Hahaha.
Iya mbah sa depan belakang monroe oes... :ungg:

Eits salah nih mbah, lucratec buat shock support :big_biglaugh:

Kampas rem depan belakang pake bendix, lebih pakem ketimbang oem tp ga makan rotor terlalu banyak juga...
Om review dong pake monroe bantingannya gimana dibanding oem? Harganya lumayan jauh ya dari oem hihihi
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Pboyz97 »

josomba wrote: Sun Mar 21, 2021 10:42

Kalau cx-3 n hrv prestige seh saya liat2 lebi nahan si prestige. Ogut bandinginnya ama prestige karena keknya current cx3 lebi apple-to-apple sama si prestige :big_biglaugh:

Masalah part saya gatau kalau d cx-5 gimana ya. Untuk adek bontotnya cx-5 seh cukup banyak pilihan aftermarket aka KW.... Misal untuk urusan kaki2 sepertinya mobil saya sisa steering rack aja n lower arm (excl. Balljoint) yg masih "merk masdah" sisanya sih 555, Monroe, n Lucratec :big_grin:
Iya sih, emg RV nya lebih nahan HRV pres. Wkwk, walaupun HRV Pres gak selaku varian 1.5 nya. Wah, baru tau saya, bagusdeh, jadi ada alternatif lain,cuma sayangnya, masih banyak org yg blm tau mengenai hal ini, terutama di daerah,sehingga org diluar jkt cenderung memilih merek mainstream demi ketenangan hati jangka panjang meskipun kualitas dan naikkannya ga sebaik mazda menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by josomba »

sintoni wrote: Sun Mar 21, 2021 14:15 Hauahauaha. Mantap lah, sama kayak ane ga suka pake merk original/pabrikan.

Lebih suka coba2 merk 3rd party.
Iya mbah, kalau di kasus ane, merk 3rd party malah lebih awet terutama si rackend n tie rod end .... aneh yg OEM malahan.

Mbah, kapan piara mobil yg di profpic ntuh lg? :big_weee:

Waktu ogut belum register SM, suka liat postingan mbah related ke ntuh mobil :big_biglaugh:
Mkresnap wrote: Sun Mar 21, 2021 14:57 Om review dong pake monroe bantingannya gimana dibanding oem? Harganya lumayan jauh ya dari oem hihihi
viewtopic.php?p=1130397#p1130397 --> ogut pernah repiu singkat disini.

Impresi kurang lebih masih sama dah... awal pasang sampe 5000km kerasa keras, tp sesudahnya entah pantat dah terbiasa atau memang rasanya mulai lebih empukan :ungg:
Image
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by sintoni »

josomba wrote: Mon Mar 22, 2021 1:54
Iya mbah, kalau di kasus ane, merk 3rd party malah lebih awet terutama si rackend n tie rod end .... aneh yg OEM malahan.

Mbah, kapan piara mobil yg di profpic ntuh lg? :big_weee:

Waktu ogut belum register SM, suka liat postingan mbah related ke ntuh mobil :big_biglaugh:
Hahaha. Kapan2 lg mbah, soalnya skrg sudah domisili di Kalimantan agak susah melihara mobil aneh2. Hahahaha.

Beberapa hari lalu masih ketemu itu mantan mobil ane di IG, skrg sudah warna oren, plat ms sama. Hahaha.
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Tampanman »

marvelio wrote: Thu Mar 18, 2021 16:01 Hai om-om rekan2 SM, ini post pertama saya setelah bertahun-tahun jadi silent reader.. :mky_02: Salam kenal ya om

Awal cerita saya lagi cari pengganti buat Ford Fiesta 2012 1.6 S Manual yang baru aja terjual, saya memang melirik salah satunya Mazda CX-3. Pas tanya-tanya sales yang memang udah kenal (sebelumnya pernah TD CX-3 sebelum ambil Almaz 2019, Almaznya udh kejual juga :big_peace: ), eh ternyata dapat pricelist CX-3 tipe Sport tapi speknya mesin 1.5L! Berdasar kabar burung akan rilis di akhir bulan Maret atau awal April tahun ini. Jadi memang udah bisa inden.

Entah performanya bakal seperti apa kalau body CX-3 dipakein mesin Mazda 2, tapi saya udah kepincut banget sama warna baru yang bakal rilis (yep, kabar terselubung juga) yaitu POLYMETAL GREY :big_love:

Ini dia cuplikan gambarnya yang menurut saya ganteng bangaaatss

Image
Image
Image

Mazda CX-3 versi 1.5L Bensin sebenarnya udah rilis tahun lalu tapi khusus untuk pasar Jepang. Dari brosur yang saya dapat, line up CX-3 bakal jadi 2: 1.5 SPORT dan 2.0 PRO. Fitur-fiturnya CX-3 1.5 juga kurang lebih sama dengan versi Sport saat ini, bukan yang sunated seperti pasar Jepun :big_exellent:

Saya jadi makin yakin ambil CX-3 setelah mesin 1.5L masuk karena harganya jadi turun lumayan, se HR-V 1.5. Value for money-nya kembali masuk akal karena yg sebelumnya nyentuh kepala 4. Tapi yang ganjel bagi saya, apakah kira2 akan jadi 'boyo' karena beban CX-3 ditanggung dengan mesin Mazda 2 (yang dari speknya sih ga impresif2 amat powernya, 111 PS dan 149 NM) ?

Boleh dong om-om yang udah pernah cicip Mazda 2 SkyActiv share seputar impresi mesinnya yg bakal dipake di CX-3. Jujur saya agak gak tertarik sama HR-V, karena udah pegang Fiesta selama 6 tahun terakhir, Mazda lebih menggiurkan buat saya. Kalaupun tertarik aHond, City Hatchback yg menggiurkan bagian buntutnya. Kemarin udah cek unit di kota saya juga, build quality jauh lebih bagus dari aHond HR-V dan Jazz, tapi somehow hati saya tetep di Mazda yg ganteng ini :big_childish:
Almaznya kenapa dijual om?
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Poporing »

saya sih seneng ya ngeliat ada versi "terjangkau" dari cx-3 ini..
mo gmn jg, mungkin yg dicari adalah cross over looknya dan kapasitas bagasinya...
kalo misal diomongin boyo, lah di indo kebanyakan 7 atau 8 seater jg di bawah 1500.. haha
dan laku2 aja.... dan sering dbawa ngebut...

harapan saya semoga beneran harganya terjangkau.. jgn 360an.. mgkn 320? sedikit di atas yasir ama jazz atau M2..

tapi jadi bingung jg, kalo misalnya sunroof ditake out, apa keunggulannya? haha
ini nanti fitur mirip GT atau touring ya? (jaman now jadi sport dan pro ya?) feeling sy sih mirip yg lower trim...
tp kok baca2 ada yg bilang mirip yg top trim?
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by hackers11 »

Sedikit oot tp apa ada yg pengalaman pelihara mazda bergantung pd shop and drive?
Filter oli, busi, shock, filter udara, kampas rem dan fast moving lain2?
Saya pernah bawa sx4 kesana dan mostly infonya ada part kembarannya dari aspira atau merek partnya astra.
Kalo shop and drive bisa support sih berarti bwt saya maintenance udah masuk simpel lah ya hehe
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by josomba »

hackers11 wrote: Mon Mar 22, 2021 5:38 Sedikit oot tp apa ada yg pengalaman pelihara mazda bergantung pd shop and drive?
Filter oli, busi, shock, filter udara, kampas rem dan fast moving lain2?
Saya pernah bawa sx4 kesana dan mostly infonya ada part kembarannya dari aspira atau merek partnya astra.
Kalo shop and drive bisa support sih berarti bwt saya maintenance udah masuk simpel lah ya hehe
kalau ngandelin aspira thok, cuman adanya filter oli doang om.

filter oli: interchangeable ama nissan, jadi bisa pake punya oem nissan, wix, sakura, or aspira

busi: bisa bosch double iridium, bisa juga denso. 2 tahun lalu saya masih beli via e-bay untuk bosch double iridium. sekarang baik bosch n denso dah mulai masukin lgsg ke Indo.

shock: antar varian mazda beda2, berhubung ni thread CX-3 yg notabene part shocknya sama dengan mazda 2 sih ada Monroe, Jamex, n trivindo. Kalau cx-5 bilstein juga ada.

filter udara: denso n sakura

kampas rem: bendix, birkens (semoga nyebut birkens ga di timpuk mbah marmut), lucratec, ada juga merek yg ane ga familiar sih yakni compact.

nambahin:

filter ac: sakura

part kaki2 selain shock ada 555, CTR (korea), lucratec (entah dr mana ini sebenernya) :ungg:
Image
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by sh00t »

josomba wrote: Mon Mar 22, 2021 6:18
hackers11 wrote: Mon Mar 22, 2021 5:38 Sedikit oot tp apa ada yg pengalaman pelihara mazda bergantung pd shop and drive?
Filter oli, busi, shock, filter udara, kampas rem dan fast moving lain2?
Saya pernah bawa sx4 kesana dan mostly infonya ada part kembarannya dari aspira atau merek partnya astra.
Kalo shop and drive bisa support sih berarti bwt saya maintenance udah masuk simpel lah ya hehe
kalau ngandelin aspira thok, cuman adanya filter oli doang om.

filter oli: interchangeable ama nissan, jadi bisa pake punya oem nissan, wix, sakura, or aspira

busi: bisa bosch double iridium, bisa juga denso. 2 tahun lalu saya masih beli via e-bay untuk bosch double iridium. sekarang baik bosch n denso dah mulai masukin lgsg ke Indo.

shock: antar varian mazda beda2, berhubung ni thread CX-3 yg notabene part shocknya sama dengan mazda 2 sih ada Monroe, Jamex, n trivindo. Kalau cx-5 bilstein juga ada.

filter udara: denso n sakura

kampas rem: bendix, birkens (semoga nyebut birkens ga di timpuk mbah marmut), lucratec, ada juga merek yg ane ga familiar sih yakni compact.

nambahin:

filter ac: sakura

part kaki2 selain shock ada 555, CTR (korea), lucratec (entah dr mana ini sebenernya) :ungg:
Om, besok ada PO lagi yah? :big_love:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by hackers11 »

josomba wrote:
hackers11 wrote: Mon Mar 22, 2021 5:38 Sedikit oot tp apa ada yg pengalaman pelihara mazda bergantung pd shop and drive?
Filter oli, busi, shock, filter udara, kampas rem dan fast moving lain2?
Saya pernah bawa sx4 kesana dan mostly infonya ada part kembarannya dari aspira atau merek partnya astra.
Kalo shop and drive bisa support sih berarti bwt saya maintenance udah masuk simpel lah ya hehe
kalau ngandelin aspira thok, cuman adanya filter oli doang om.

filter oli: interchangeable ama nissan, jadi bisa pake punya oem nissan, wix, sakura, or aspira

busi: bisa bosch double iridium, bisa juga denso. 2 tahun lalu saya masih beli via e-bay untuk bosch double iridium. sekarang baik bosch n denso dah mulai masukin lgsg ke Indo.

shock: antar varian mazda beda2, berhubung ni thread CX-3 yg notabene part shocknya sama dengan mazda 2 sih ada Monroe, Jamex, n trivindo. Kalau cx-5 bilstein juga ada.

filter udara: denso n sakura

kampas rem: bendix, birkens (semoga nyebut birkens ga di timpuk mbah marmut), lucratec, ada juga merek yg ane ga familiar sih yakni compact.

nambahin:

filter ac: sakura

part kaki2 selain shock ada 555, CTR (korea), lucratec (entah dr mana ini sebenernya) :ungg:
Mantap, super detail. Thanks om, penasaran terobati