Arigaanas wrote: ↑Sun Apr 18, 2021 14:02
Racun omm. saya jg lg nyari wangsit karena mau minang yg V, tadi udah liat 1 mobil cmn masih kurang sreg.
Tahun 2007 harga 108
Minus :
-Interior sobek (wajar km 160 k)
-Ada desisan angin di kaki2, ketika gas dibejek desisan makin kenceng. Kemungkinan dr knalpot (terlihat agak keropos).
-exterior ada dent kecil
-udah modif facelift tp ga klop sambungannya (curiga patah klipnya)
-ada bekas oli tapi udah kering (ga ngerti mesin om maap)
-handrest belakang ornamen kayu pada patah
Ini lengkap bgt infonya kayak saya yg jualan haha
Worth it ga ya ambil itu. Budget peremajaan cmn 15 jt soalnya om
gak se banyak boss ku yg 1 ini
Cari alternatif lain aja om, kayanya ada indikasi ga beres barangnya dan ga terawat, usahain dari user langsung dan kalo bisa kenal baik sm owner sblmnya jadi udh tau sm tau kondisi mobil sblmnya kaya apa. Terus buku servis, buku manual, faktur apakah masih ada? Kalo gaada tinggalin aja , karena kemungkinan besar gaberes barangnya. Sama hati2 sm odo puteran juga, karena bener katanya bro erwin, mobil begini nyari yg bagus lumayan susah apalagi di jakarta, karena udh pindah tangan entah yg ke berapa kali jadi kita gatau perawatan owner sblmnya kek gmn, dan kalo tipe V, banyak juga yg dipake jadi mobil tempur ownernya, sama dipake jadi armada PT dan rental juga, jadi yg kondisinya cape dan gak karuan juga banyak. Sama sesuai yg dibilang sm bro erwin, cari yg kondisi exterior dan interiornya ori, kalo modif facelift masih oke lah , asal kualitas pengerjaannya rapih, kalo berantakan kaya yg om bilang, saya akan langsung puter balik dan cari opsi lain. Mending lebih mahal sedikit tapi barangnya oke daripada asal murah tapi gaberes barangnya dan banyak PR. Ajak kenalan yg ngerti mobil kalo masih awam, jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan, jangan terburu2 dan jangan tergesa2, nyari barang lux tahun segini yg bagus emg agak susah, dapet yg exterior interior masih mulus, body lempang dan full original aja udh bagus bgt, apalagi km rendah (which is itu bonus buat saya kalo nyari mobil tahun segini) , Sama jangan lupa cek
- baut2 di kap mesin, masih bagus gak atau udah ada yg karatan, kalo udah ada yg karatan besar kemungkinan udh gantian itu bagian mesinnya,
- seal2 kap mesin juga, apakah masih utuh atau ada yg retak, kalo ada yg retak ada kemungkinan kalo kap mesinnya udh pernah diganti atau repair
- coba cek kolong, sasisnya masih lurus atau udah bengkok, kalo udah bengkok mending jangan diambil, karena kuat indikasinya kalo mobil tersebut pernah tabrakan parah
- pilar A nya juga, apakah catnya masih orisinal atau udah ada bagian yg dicat ulang, caranya cukup diketuk saja, nanti bisa ketauan kok sama atau tidaknya ketebalan cat dari masing2 bagian
- cat di bagian dalam kap mesin, apakah beda dari cat body dan masih orisinil, karena misalkan catnya beda sm yg body, besar kemungkinan kalo bagian dalam kap mesinnya udah pernah dicat ulang
Itu semua buat mengetahui mobil itu bekas tabrakan atau bukan
Dan waspada bekas banjir, bisa cek di bawah karpet mobil, sm di dalem engine bay, ada karat apa gak, sama dikolong mobil juga, apakah ada karat, kalo ada karatnya hati2 kalo mobil tersebut dulunya pernah kerendem banjir
sama waspada sm odo puteran, selain dari buku servis, buku manual , lebih bagus dilengkapi sm nota servis entah dari spesialis atau beres dan gantungan oli, bisa juga cek di bagian:
- setir, kalo km nya rendah, harusnya kondisi setir masih bagus, kalo udh retriman, ada indikasi kalo km nya udah diputar
- jok driver, kalo km nya rendah tapi jok drivernya udah tepos atau kempot, besar kemungkinan kalo mobil tersebut sering dipakai setiap hari
- pedal gas dan rem, kalo km nya rendah tapi pedal gas dan remnya udah haus, om patut curiga kalo ada yg gaberes sm kilometer mobilnya
- headlamp foglamp juga (walaupun ini bisa diakalin atau diganti), kalo km nya rendah tapi 2 bagian itu atau salah 1 nya udh ada yg kusam, mending tinggalin aja, karena kalo km rendah, harusnya headlamp dan foglampnya masih bagus, kalo menguning ketauan kalo sering dipake atau minimal sering kejemur atau kepanasan
Terus pertanyaan saya kondisi fisik mobil kaya gimana? Apakah lampu udah kusam? Sama kondisi dasbornya gimana? Apakah masih bagus atau udh ada yg retak, karena salah 1 penyakit xv40 itu dasbor yg gampang retak kalo kelamaan dijemur kalo gasalah dan kondisi setir bagaimana? Masih bagus atau udh sobek2 kulitnya or retriman, dan kondisi pedal gas dan remnya kaya gmn? Hehehe, karena itu salah 1 indikator buat nentuin km mobil itu asli atau sudah diputar hehehe