Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by ChZ »

playful wrote: Tue Dec 14, 2021 15:28
whitehorse4 wrote: Sun Apr 11, 2021 3:26 dari jazz, ke hrv, selanjutnya tentunya ya... crv turbo
Hahaha setuju ane sama yang diatas
Tp gosip2 rattle bener ga sih CRV? (Ikutan nanya)
jadi rattle itu.... sebenernya tergantung amal ibadah selain faktor lain seperti penggunaan, cuaca, dan usia mobil. apakah mobil mevvah macem BMW bebas rattle? engga juga. dulu saya pernah coba McLaren mobil miliaran juga rattle karena bahan interiornya gak cocok sama cuaca sini.

rattle itu kadang disebabkan oleh bad assembling process (pemasangan kurang presisi, ntah salah worker, salah mesin, atau salah QC ngga kontrol menyeluruh), atau usage, klo makin sering kena jalan jelek ya makin gampang rattle. low mileage kalo jalannya rusak semua tetep akan rattle pada waktunya.

dan ajaibnya, rattle tuh kadang bisa muncul-hilang sendiri. kayak saya dulu sempat rattle di kolom stir kalo kena jalan gak rata sekarang ya diem lagi. sekarang kayaknya di sisi kabin sebelah kiri ada tapi minor aja gak terlalu noticeable males carinya. rattle di mobil tuh macem TV jadul kalo gambarnya burem dipukul antenanya jadi bener.

seiring pemakaian biasanya makin cuek sih, cuma toleransi kuping masing masing orang beda ya jadi.... klo mau sempurna bongkar interior rutin dan dikencengin lagi.

soalnya jujur ngurusin bunyi bunyian mobil tuh bikin capek kadang sesimpel seatbelt gak kembali pada tempatnya juga bikin rattle.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by kenop »

ChZ wrote: Wed Dec 15, 2021 3:17
playful wrote: Tue Dec 14, 2021 15:28
whitehorse4 wrote: Sun Apr 11, 2021 3:26 dari jazz, ke hrv, selanjutnya tentunya ya... crv turbo
Hahaha setuju ane sama yang diatas
Tp gosip2 rattle bener ga sih CRV? (Ikutan nanya)
jadi rattle itu.... sebenernya tergantung amal ibadah selain faktor lain seperti penggunaan, cuaca, dan usia mobil. apakah mobil mevvah macem BMW bebas rattle? engga juga. dulu saya pernah coba McLaren mobil miliaran juga rattle karena bahan interiornya gak cocok sama cuaca sini.

rattle itu kadang disebabkan oleh bad assembling process (pemasangan kurang presisi, ntah salah worker, salah mesin, atau salah QC ngga kontrol menyeluruh), atau usage, klo makin sering kena jalan jelek ya makin gampang rattle. low mileage kalo jalannya rusak semua tetep akan rattle pada waktunya.

dan ajaibnya, rattle tuh kadang bisa muncul-hilang sendiri. kayak saya dulu sempat rattle di kolom stir kalo kena jalan gak rata sekarang ya diem lagi. sekarang kayaknya di sisi kabin sebelah kiri ada tapi minor aja gak terlalu noticeable males carinya. rattle di mobil tuh macem TV jadul kalo gambarnya burem dipukul antenanya jadi bener.

seiring pemakaian biasanya makin cuek sih, cuma toleransi kuping masing masing orang beda ya jadi.... klo mau sempurna bongkar interior rutin dan dikencengin lagi.

soalnya jujur ngurusin bunyi bunyian mobil tuh bikin capek kadang sesimpel seatbelt gak kembali pada tempatnya juga bikin rattle.
yg di bold kalo ngga yakin sm kemampuan yg bongkarnya, entah sendiri ato minta bengkel yg kerjain mending jgn wkwkwk
sy pernah ada rattle dikit di door trim, coba bongkar dan sumpel2, berharap ilang, yg ada makin kenceng ratlle nya :big_biglaugh:

ni di mobil sekarang ada rattle dikit dr center console yg ngga jelas dari apaan bunyi nya, mau bongkar takut kejadian lagi :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by ChZ »

kenop wrote: Wed Dec 15, 2021 5:19
yg di bold kalo ngga yakin sm kemampuan yg bongkarnya, entah sendiri ato minta bengkel yg kerjain mending jgn wkwkwk
sy pernah ada rattle dikit di door trim, coba bongkar dan sumpel2, berharap ilang, yg ada makin kenceng ratlle nya :big_biglaugh:

ni di mobil sekarang ada rattle dikit dr center console yg ngga jelas dari apaan bunyi nya, mau bongkar takut kejadian lagi :big_biglaugh:
bener mbah. makanya udah emang solusi buat rattle itu didiemin aja ntar juga ilang sendiri .... antara kita nya udah cuek apa bener bener ilang aja :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by kenop »

ChZ wrote: Wed Dec 15, 2021 5:22
kenop wrote: Wed Dec 15, 2021 5:19
yg di bold kalo ngga yakin sm kemampuan yg bongkarnya, entah sendiri ato minta bengkel yg kerjain mending jgn wkwkwk
sy pernah ada rattle dikit di door trim, coba bongkar dan sumpel2, berharap ilang, yg ada makin kenceng ratlle nya :big_biglaugh:

ni di mobil sekarang ada rattle dikit dr center console yg ngga jelas dari apaan bunyi nya, mau bongkar takut kejadian lagi :big_biglaugh:
bener mbah. makanya udah emang solusi buat rattle itu didiemin aja ntar juga ilang sendiri .... antara kita nya udah cuek apa bener bener ilang aja :big_biglaugh:
ato malah kita nya yg terlalu sensitif , penumpang lain blm tentu denger (apalagi terganggu) sebenernya kwkwkw :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Suryaputra »

Mobil sering dijemur dan panas, jg biasanya rentan kena rattle :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by ChZ »

kenop wrote: Wed Dec 15, 2021 5:24
ato malah kita nya yg terlalu sensitif , penumpang lain blm tentu denger (apalagi terganggu) sebenernya kwkwkw :big_biglaugh:
biasanya klo kebanyakan baca forum gini, bakal sensitif sendiri sama bunyi bunyian.

psikosomatis itu nyata :mky_03:
Suryaputra wrote: Wed Dec 15, 2021 5:34 Mobil sering dijemur dan panas, jg biasanya rentan kena rattle :mky_03:
nah bener mbah byk yang lupa klo bahan interior terutama leather ama karet kena panas ya bisa memuai :mky_03:

malah sbenernya yang paling robust di negara kite ntu plastik. sayangnya yah plastik di mobil kelas murmer ya assemblingnya kurang presisi, klo geter dikit bunyinya heboh :big_biglaugh:

leather atau karet di mobil mevvah lama kejemur klo udah tuir isinya klo gak kriet kriet, baunya asem, dan pecah pecah semua :upss:

harusnya ada penelitian statistik pabrikan orang yang keluhannya ke bengkel rattle itu tempat parkirnya kejemur atau masuk garasi :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Profith83 »

hahaha

Bahas rattle memang menjengkelknan.
HRV E matic 2019 kadang bunyi kerr pelan sekali (itupun tidak selalu). Problemnya sumber bunyi di dalam dashboard dekat speedo.
Kepikir siapa tahu dari engine bay, coba buka kap mesin tidak terdengar dari luar.
Bunyi hanya kalau kena lobang saja atau RPM tertentu jadi susah nyarinya. Itupun bunyinya kecil

Innova diesel G matic 2017. Kadang bunyi rattle kadang tidak. Kalau pas bunyi di gas RPM 1100 ada bunyi di daerah dashboard speedometer, turunin dikit atau naikin dikit RPM, makak bunyi akan hilang. Susah kan.
Minta orang lain tahan gas, buka kap mesin gak ada suara, tertutup suara mesin.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Dec 15, 2021 5:54
kenop wrote: Wed Dec 15, 2021 5:24
ato malah kita nya yg terlalu sensitif , penumpang lain blm tentu denger (apalagi terganggu) sebenernya kwkwkw :big_biglaugh:
biasanya klo kebanyakan baca forum gini, bakal sensitif sendiri sama bunyi bunyian.

psikosomatis itu nyata :mky_03:
Suryaputra wrote: Wed Dec 15, 2021 5:34 Mobil sering dijemur dan panas, jg biasanya rentan kena rattle :mky_03:
nah bener mbah byk yang lupa klo bahan interior terutama leather ama karet kena panas ya bisa memuai :mky_03:

malah sbenernya yang paling robust di negara kite ntu plastik. sayangnya yah plastik di mobil kelas murmer ya assemblingnya kurang presisi, klo geter dikit bunyinya heboh :big_biglaugh:

leather atau karet di mobil mevvah lama kejemur klo udah tuir isinya klo gak kriet kriet, baunya asem, dan pecah pecah semua :upss:

harusnya ada penelitian statistik pabrikan orang yang keluhannya ke bengkel rattle itu tempat parkirnya kejemur atau masuk garasi :mky_01:
Klo sering jemur pakai ini :big_biglaugh:

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

AbdulHakim wrote: Fri Jun 04, 2021 0:42 TS udah bisa review CRV TP Facelift 2021 kah? pengen tau fitur Honda Sensingnya apakah bermanfaat di perkotaan, kedua fitur nano-e yang hilang sedangkan di unit skrg kami suka karena bikin udara dalam kabin gak bau dan sehat. Lainnya kami sekeluarga sudah familiar dengan karakter mobil Honda (pros dan cons nya).
Keluarga saya ada rencana mau upgrade CRV TP 2017 skrg yang akan berumur 5 tahun tahun depan. Pertimbangan mengerucut tetap akan stay di brand Honda, namun saya dan istri juga tertarik dengan kendaraan hybrid, yaitu Toyota Corolla Cross Hybrid. Deal breaker dari Corolla Cross ini adalah belum EPB (rem "tangan"nya yang di kaki).
Siap Om. Ini berdasarkan pengalaman sebulan kurang nyetir ya. Ane emang sengaja rutin nyetir CRV Turbo ini, karena pengalaman nyetir sebelumnya selalu dari mobil ramping (Yaris, Jazz, Civic, HRV) trus ke skrg mobil dimensi agak gedean, harus dibiasain biar gak kaget sama dimensinya. Paling sempet bawa ANF mertua aja, tapi gak rutin.

Honda Sensing di CRV Turbo ada bbrp, antara lain (ini berdasarkan opini pribadi ya, pengalaman tiap orang bisa beda):
1. Collision Mitigation Brake System (CMBSTM) : Sistem ini membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki di depan. CMBS didesain untuk memberi tanda ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.
Testi ane: Kepake bgt. Terutama kalo lagi meleng + ada motor nyalip mendadak. Sensitivity nya bisa diatur jg lewat HU Mobil, supaya gak terlalu sensitif2 bgt. Ane pernah pake yg High, mo berenti mepet aja dari jauh udah diwarning. Akhirnya skrg set Low aja.

2.Lane Keeping Assist System (LKAS) : membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.
Testi ane: Gak gitu kapake, karena speed mobil ada di 70kmph minimal, baru fitur ini jalan. Lebih banyak terpakai di jalan tol yg marka jalannya bisa kebaca.

3. Road Departure Mitigation (RDM) : berguna untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.
Testi ane: Gak gitu kepake, karena bekerja seperti LKAS juga, dan (kalo gak salah) harus di speed 70kmph minimal jg. Ini bikin kalo kita mo nyetir begajulan di jalan tol jadi agak sopan, karena kalo mo pindah jalur harus sein dulu baru LKAS + RDM nya dioverride. Cuma mungkin kepake kalo nyetir dalam kondisi lelah, paling gak kalo keluar jalur bisa di nudge di setir biar kaget trus fokus kita balik lg.

4. Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow : membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, dan membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda, tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.
Testi ane: Sempet nyoba bbrp kali, tapi buat ane pribadi gak kepake. Tetep lebih percaya kaki sendiri dibandingin follow2 mobil depan. Adaptive Cruise Controlnya sempet pake di HRV (di HRV cuma buat ngelock speed biar kaki gak ngegas, kalo keluar kota kepake sih tapi ya ane jg jarang bgt pake ini di HRV).

5. Auto-High Beam : Bekerja secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.
Testi ane: Gak terlalu berasa bedanya dg Non Auto. Mungkin lebih ke arah melindungi pengemudi dari arah berlawanan sih sama mobil depan kita.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by ExorT »

Mohon tanya, apa benar Honda CRV baru (yang sensing) tidak bisa dipasang Vkool (VK40)? terutama untuk kaca depan yang katanya mengandung logam dan akan mengganggu sensor.
kv20182020
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Feb 10, 2022 6:02
Location: Kota Tangerang Selatan
Daily Vehicle: HRV-CRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by kv20182020 »

Postingan pertama di forum ini.

Baru banget ngambil CRV Turbo Prestige, indent akhir November 2021 dan hand over baru akhir Januari kemarin.

Hampir semua background sama kaya TS:
1. Istri, anak 2 (yang kecil 1 thn), dan ART;
2. Mobil pertama HRV 1.5 E NIK 2015 pemakaian 2016, KM 70rb.

Sempet kepikiran Venturer juga karena captain seat, diesel, dan secara harga bisa ada saving lebih untuk keperluan anak hehehe. Tapi akhirnya setelah test drive dan cari info sana sini, akhirnya lebih memilih CRV Turbo Prestige dengan pertimbangan (sekaligus review setelah 1 bulan pemakaian dan udah 1000 km hehehe):
1. Naksir berat sama Honda Sensing-nya yang kepake banget sama ane, bilkhusus ACC with LSF. Diaktifin pas macet alus bangetttt rasanya;
2. Panoramic roof, anak2 happy banget dan berasa banget "naik kelasnya" dari HRV 1.5 E;
3. Bertenaga tapi tetap irit, ya meskipun lebih irit HRV, dengan gaya nyetir saya yang sama HRV hampir selalu 12 kpl, sementara ini CRV maks di 10,6-11 kpl susah banget dapet 12kpl dalam kota :big_dunno: :big_bored: ;
4. GC cukup lah untuk kondisi daerah rumah ane yang semi off road standar jalan kabupaten :big_grin: (logikanya HRV aja kebal, CRV lebih mantep lagi, asli lah sungguh, bantingannya nyaman banget;
5. dan sesuai kode pabrikannya, Prestige, kepercayaan diri nambah aja gitu bawa ni mobil, padahal masih mid suv gimana rasanya bawa premium suv kaya x5, gle dll coba :emo-big_love:

tambahan sedikit biar fair, bokap ane make innova V diesel, dari segi driving experience CRV jauh di atas innova sih.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by ctopher7 »

kv20182020 wrote:Postingan pertama di forum ini.

Baru banget ngambil CRV Turbo Prestige, indent akhir November 2021 dan hand over baru akhir Januari kemarin.

Hampir semua background sama kaya TS:
1. Istri, anak 2 (yang kecil 1 thn), dan ART;
2. Mobil pertama HRV 1.5 E NIK 2015 pemakaian 2016, KM 70rb.

Sempet kepikiran Venturer juga karena captain seat, diesel, dan secara harga bisa ada saving lebih untuk keperluan anak hehehe. Tapi akhirnya setelah test drive dan cari info sana sini, akhirnya lebih memilih CRV Turbo Prestige dengan pertimbangan (sekaligus review setelah 1 bulan pemakaian dan udah 1000 km hehehe):
1. Naksir berat sama Honda Sensing-nya yang kepake banget sama ane, bilkhusus ACC with LSF. Diaktifin pas macet alus bangetttt rasanya;
2. Panoramic roof, anak2 happy banget dan berasa banget "naik kelasnya" dari HRV 1.5 E;
3. Bertenaga tapi tetap irit, ya meskipun lebih irit HRV, dengan gaya nyetir saya yang sama HRV hampir selalu 12 kpl, sementara ini CRV maks di 10,6-11 kpl susah banget dapet 12kpl dalam kota :big_dunno: :big_bored: ;
4. GC cukup lah untuk kondisi daerah rumah ane yang semi off road standar jalan kabupaten :big_grin: (logikanya HRV aja kebal, CRV lebih mantep lagi, asli lah sungguh, bantingannya nyaman banget;
5. dan sesuai kode pabrikannya, Prestige, kepercayaan diri nambah aja gitu bawa ni mobil, padahal masih mid suv gimana rasanya bawa premium suv kaya x5, gle dll coba :emo-big_love:

tambahan sedikit biar fair, bokap ane make innova V diesel, dari segi driving experience CRV jauh di atas innova sih.
dapet januari ikut harga otr yang uda 640an apa masih harga lama om?
pecinta bio solar
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Pboyz97 »

kv20182020 wrote: Thu Feb 10, 2022 6:26 Postingan pertama di forum ini.

Baru banget ngambil CRV Turbo Prestige, indent akhir November 2021 dan hand over baru akhir Januari kemarin.

Hampir semua background sama kaya TS:
1. Istri, anak 2 (yang kecil 1 thn), dan ART;
2. Mobil pertama HRV 1.5 E NIK 2015 pemakaian 2016, KM 70rb.

Sempet kepikiran Venturer juga karena captain seat, diesel, dan secara harga bisa ada saving lebih untuk keperluan anak hehehe. Tapi akhirnya setelah test drive dan cari info sana sini, akhirnya lebih memilih CRV Turbo Prestige dengan pertimbangan (sekaligus review setelah 1 bulan pemakaian dan udah 1000 km hehehe):
1. Naksir berat sama Honda Sensing-nya yang kepake banget sama ane, bilkhusus ACC with LSF. Diaktifin pas macet alus bangetttt rasanya;
2. Panoramic roof, anak2 happy banget dan berasa banget "naik kelasnya" dari HRV 1.5 E;
3. Bertenaga tapi tetap irit, ya meskipun lebih irit HRV, dengan gaya nyetir saya yang sama HRV hampir selalu 12 kpl, sementara ini CRV maks di 10,6-11 kpl susah banget dapet 12kpl dalam kota :big_dunno: :big_bored: ;
4. GC cukup lah untuk kondisi daerah rumah ane yang semi off road standar jalan kabupaten :big_grin: (logikanya HRV aja kebal, CRV lebih mantep lagi, asli lah sungguh, bantingannya nyaman banget;
5. dan sesuai kode pabrikannya, Prestige, kepercayaan diri nambah aja gitu bawa ni mobil, padahal masih mid suv gimana rasanya bawa premium suv kaya x5, gle dll coba :emo-big_love:

tambahan sedikit biar fair, bokap ane make innova V diesel, dari segi driving experience CRV jauh di atas innova sih.
congrats om buat mobil barunya, saya sendiri sebagai owner yg pres PFL 2019 dan udh pernah test drive yg fl ini cukup worth, yg pertama dari segi honda sensingnya, improve jauh dibanding yg pfl, kemudian yg bantingannya nyaman bgt saya setuju (saya pernah pakai crv gen 2, crv gen 3, cx5 gen1 dan cx5 gen2) yg paling nyaman memang crv turbo ini, terus kualitas audio bawaan, bq dan road noise juga improve dibanding yg PFL

kalo innova diesel sih emg crv menang jauh oom, apalagi kalo bicara kenyamanan, dulu juga sempet kepikiran venturer diesel at atau v diesel at karena waktu tahun 2019 lalu pas mau ambil crv ini udh ada cx5 dirumah, tapi karena ibu saya gak terlalu suka sm kenyamannnya innova which is kalo biasa pake mobil monokok kek crv or cx5 kerasa limbung akhirnya ambil crv
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Untuk urusan kekedapan CRV Turbo Pre FL dibandingkan FL, gw yakin 60%-70% berasa FL lebih kedap karena faktor mobil masih baru aja, dalam artian karet2, joint dan sambungan sudut semua masih baru.

Soalnya kalo dibongkar, peredam bawaan pabrik itu minimalis bgt dan gak cover body full. Ini contohnya untuk yg di body pintu, super mini dan gak cover 100% dari pintu:
Image

untuk yg di handle pintu jg gak kurang minimalis, kecil dan gak nutup full:
Image

Peredam ukuran segini yakinlah 1-2 bulan ntar jg berasa suaranya mulai masuk ke kabin, sama persis kaya CRV Pre FL yg sudah berumur.

Karena udah tau kekedapan CRV Turbo ini pasti makin lama pasti berkurang sesuai umur mobil, akhirnya ane memutuskan untuk pasang peredam tambahan.

Ini saat CRV Turbo PL ane pasang peredam:
1. Peredam Butil Automat 2 lapis (depan belakang) + peredam akustik. Pasang di langganan ane Luminouz di daerah Taman Palem. Harga sekitar 4 jutaan untuk 4 pintu + bagasi. Sengaja pakai butyl rubber karena jauh lebih enteng dibandingkan peredam aspal (1/10 beratnya), walau harga per lembarnya sekitar 2-3x.

Note: ini foto proses bukan hasil jadinya. Karena masih setengah jalan.

Image
Image
Image

2. Urusan peredaman pintu selesai. Efeknya jauh bgt dibandingkan sebelum peredam awal. Downsidenya sering kaget ada motor nyelonong karena gak kedengeran, kecuali kalo motor knalpot rombeng kadang masih kedengeran walau sedikit. Audio juga makin berasa kedengeran detilnya karena udah kedap.

3. Trus masalah noise tambahan dari CRV Turbo Facelift adalah Road Noise yg masih kedengeran, apalagi kalo berkendara diatas 80 kmh. Ban bawaan CRV Turbo yakni Bridgestone Dueler H/L itu berisik bgt terutama di jalan beton.

Solusi pertama adalah ganti ban (tuker tambah) di Manaray Ban Taman Palem dengan Michelin Primacy SUV.
Sebenernya pengen coba Pirelli Scorpion Verde sih, tapi baca2 untuk urusan kekedapan suara Michellin lebih bagus. Walaupun tetap gak bisa sesilent Michelin Primacy 4 (yg ukurannya gak ada untuk CRV Turbo).

Image

Another Option (yg bakal ane coba kalo ntar ini ban udah abis) adalah Pirelli Scorpion Verde. Harganya beda sekitar 350Rb per ban dibandingkan Michelin Primacy SUV, lebih mahal memang.

Solusi kedua adalah pasang peredam kolong + firewall. Ini pasang di Elixir Audio, dg alasan deket rumah karena mobil harus ditinggal.
Plus ane jg masang tambahan DSP (hasil ngobrol dg Tunernya Om Tanto Elixir ownernya yg ternyata mobilnya Fitra Eri jg semua audionya dituning sama dia).

Alasan nambah DSP adalah karena mo upgrade performance Audio CRV Turbo, tanpa perlu ganti Head Unit (karena integrated sama fungsi mobil) dan tanpa banyak ganti Speaker mobil (tujuannya mengoptimalkan Audio bawaan yg saat ini dirasa masih kurang, dg mempertahankan OEM Looks).

Walaupun banyak Head Unit Android saat ini seperti Tomiko, Asuka dan kawan2nya yg fiturnya uda integrated sama mobil, tapi jadi berasa gak OEM rasanya. Plus DSP bawaan dari Head Unit ane rasa kurang powerful.

Untuk pasang full peredam kolong + fender adalah sekitar 8 juta di Elixir. Pakai StP Black Silver (layer 1), StP Accent waterproof absorption (layer 2) dan StP NoiseBlock untuk Fender (layer 3).

Untuk dalam dashboard ane gak pasang karena males bongkar dashboard. Pernah ada pengalaman pasang peredam di belakang dashboard di mobil lain, hasilnya malah ada bunyi rattle di dashboard. jadi gak mo lepas2 dashboard dulu.

Berikut pemasangannya, semoga gak ngilu liatnya mobil dikulitin dilepas semua dari rangkanya :mky_07:

Note: ini saat kondisi sedang proses, bukan hasil jadi.

Image
Image
Image
Image
Image


Sedangkan kondisi DSP terpasang di jok penumpang depan. Ane pake DSP MatchUp 7. Uda all in DSP + Power. Pilihannya adalah karena bentuknya yg ramping tetapi sangat powerful, gak perlu pasang Power + DSP di tempat terpisah. Ini sesuai rekomendasi Om Tanto Elixir untuk pakai MatchUP 7.
Cost sekitar 14 Jutaan (DSP +kabel2 +setting, +ditune sama Om Tanto).

Image

Per hari ini audio masih ditune standar (karena Om Tantonya lagi roadshow ke Jawa Tengah buat tuning), suara yg dihasilkan menurut ane udah 50-60% jauh lebih enak dibandingkan Audio System standar CRV Turbo. Lagi nunggu Om Tanto pulang ke Jakarta buat special tuning sama dia. Cuma ane masih maju mundur karena Omicron masih menggila di Jakarta.

Another plan (sambil ngumpulin duitnya):
1. Pasang Center Speaker untuk nambah sound detail dan meratakan komposisi suara untuk semua sudut, dan
2. pasang Subwoofer Rockford Frosgate di ban serep untuk nambah hentakan bas.

Tambahan modif yg udah dilakukan:
1. Pasang Kamera 360 - ane pake Merek Enigma 4D Pro (harga sekitar 7.5 uda termasuk pasang + setting). Ini juga berfungsi sebagai DVR karena bisa recording otomatis 4 sisi selama mobil nyala. Tinggal ditancapin Flashdisk di portnya.
Plus kamera ini terintegrasi jg dg lampu sein, jadi kalo ane sein kiri atau kanan tampilan HU langsung berubah. Kondisi lagi nyetir juga ada remotenya (bentuknya lingkaran kenop gitu yg bisa diatur2 sudut mana yg mo dilihat, bahkan saat sedang berkendara - ngebantu bgt kalo lewat jalanan sempit yg gak pede bakal mepet kiri ato mepet kanan).

Image
Image



2. Pasang TPMS. Harga sekitar 2 Jutaan. Pakai yg model ganti pentil karena sejauh ini yg paling akurat. Karena TPMS andalan ane si Otoproject ternyata sudah habis dimana2, akhirnya pake merek MTech.
Ada sih merek Otoproject yg modelnya OBD scan gitu. Tapi menurut ane kurang informatif. Better yg indikatornya lengkap seperti PSI dan suhu.

Image

Cara masangnya, bawa ke toko ban, ganti pentil di velg dg pentil nya TPMS ini. Rata2 toko ban bisa gantinya.

3. Pasang Ionizer Ipuri (harga sekitar 650Rb an) dan Air Purifier model Tabung Ipuri dg Hepa Filter (harga sekitar 1.5 juta).

4. Pasang Hood Damper Nippon made in Japan - harga sekitar 1.1 Jutaan. Berguna bgt biar buka hood gampang (padahal kaya tiap minggu aja buka hood wkwkwkwk).

5. Pasang lampu kolong + Lampu Kabin (ane pasang di kolong baris pertama + baris kedua, dan list lampu atap depan dan list AC belakang). Harga sekitar 2.5 Jutaan. Pasang di Luminouz. Warna lampu bisa diganti2 pakai HP. Berikut penampakannya:

https://drive.google.com/file/d/18L0fdY ... sp=sharing

6. Sillplate lampu bawaan Otoproject buat pijakan kaki. Harga sekitar 1.5 jutaan.
7. Cover handle warna hitam dove + Cover tanki.
8. Karpet 7D Madmax dari Otoproject.
9. Cover backrest dari karet.

Demikian om2 update terkini dari ane.

Very high appreciation untuk Luminouz Taman Palem (Langganan ane), Manaray Ban Taman Palem (Langganan ane), dan Elixir Audio Meruya (baru coba pertama kali dan highly recommended) untuk kerja dan hasil yg sangat rapi #bukansalesmereka
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Suryaputra »

Wow keren bingits mbah.
Itu peredam habis brp duit total?

Motor lewat bs gak kedengeran tau2 dah nongol di depan, serem juga klo fitur safety nya gak diaktifin :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Suryaputra wrote: Sun Feb 13, 2022 3:18 Wow keren bingits mbah.
Itu peredam habis brp duit total?

Motor lewat bs gak kedengeran tau2 dah nongol di depan, serem juga klo fitur safety nya gak diaktifin :big_biglaugh:
Peredam kira2 12 jutaan lah ya kurang lebih.
butyl rubber lebih mahal karena beratnya lebih enteng, dg tingkat peredaman yg menyerupai aspal.
total berat mobil full (sampe atap) dg peredam aspal - bisa sekitar 60-80kg.
kalo pakai butyl rubber cuma sekitar 30-40kg tambahan aja.

iya makanya jadi harus lebih sering liat spion jg kalo mo pindah jalur. soalnya gak selalu kedengeran.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Suryaputra »

nicholasmun wrote: Sun Feb 13, 2022 4:25
Suryaputra wrote: Sun Feb 13, 2022 3:18 Wow keren bingits mbah.
Itu peredam habis brp duit total?

Motor lewat bs gak kedengeran tau2 dah nongol di depan, serem juga klo fitur safety nya gak diaktifin :big_biglaugh:
Peredam kira2 12 jutaan lah ya kurang lebih.
butyl rubber lebih mahal karena beratnya lebih enteng, dg tingkat peredaman yg menyerupai aspal.
total berat mobil full (sampe atap) dg peredam aspal - bisa sekitar 60-80kg.
kalo pakai butyl rubber cuma sekitar 30-40kg tambahan aja.

iya makanya jadi harus lebih sering liat spion jg kalo mo pindah jalur. soalnya gak selalu kedengeran.
Simple ya.
Pada Ribut2 kabin berisik, punya rejeki, keluarin uang.
Udah beres + dapat performa dgn handling yg ok :big_biglaugh:

Emang peredam yg ringan dgn peredaman menyerupai aspal, pakai butyl rubber lbh mahal.
Klo buat atap better pakai butyl rubber dgn lapisan allu, jd bisa ngeredam panas jg dan tetap ringan :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Suryaputra wrote: Sun Feb 13, 2022 5:10
nicholasmun wrote: Sun Feb 13, 2022 4:25
Suryaputra wrote: Sun Feb 13, 2022 3:18 Wow keren bingits mbah.
Itu peredam habis brp duit total?

Motor lewat bs gak kedengeran tau2 dah nongol di depan, serem juga klo fitur safety nya gak diaktifin :big_biglaugh:
Peredam kira2 12 jutaan lah ya kurang lebih.
butyl rubber lebih mahal karena beratnya lebih enteng, dg tingkat peredaman yg menyerupai aspal.
total berat mobil full (sampe atap) dg peredam aspal - bisa sekitar 60-80kg.
kalo pakai butyl rubber cuma sekitar 30-40kg tambahan aja.

iya makanya jadi harus lebih sering liat spion jg kalo mo pindah jalur. soalnya gak selalu kedengeran.
Simple ya.
Pada Ribut2 kabin berisik, punya rejeki, keluarin uang.
Udah beres + dapat performa dgn handling yg ok :big_biglaugh:

Emang peredam yg ringan dgn peredaman menyerupai aspal, pakai butyl rubber lbh mahal.
Klo buat atap better pakai butyl rubber dgn lapisan allu, jd bisa ngeredam panas jg dan tetap ringan :big_okay:
Iya om aliran gw gitu. Find the problem in your car, then fix it.

Beli mobil yg secara bentuk (interior + exterior), driving experience & driving feels, dan performance yg kita (atau keluarga) suka.
Kalo ada yg kurang2 masih bisa ditambah dg part aftermarket.

Kurang senyap? Pasang peredam aja sebadan mobil. Kalo perlu kupingnya pasang peredam jg.

Interior gak dapet jok kulit? Atau warnanya gak masuk (misal krem atau putih) karena gampang kotor? Atau polanya gak suka? Gampang bgt. Bawa aja ke interior specialist. Bisa pasang Autoleder juga. siapin aja dananya. Ini dibanding Jok kulit bawaan mobil (kecuali mobil premium macam Mercedes, BMW dan temen2nya) juga lebih nyaman.

Tarikan kurang? BBM boros? Top speed dilimit? Remap aja, atau piggyback.

Ban gak enak? berisik? berasa ngelayang? Gantilah bannya.
Bantingan keras? ganti shock. ato bikin double rebound. ato pasang buffer.

Karpet dasar bahan beludru, gampang kotor? Beli aja Karpet mangkok model Otoproject Maxmat 5D ato 7D, atau Frontier, atau model2 mangkok lainnya yg full cover ketutup semua itu beludrunya. Every once in a while (setaun? 6 bulan?) ambil auto detailing interior, cuci + bersihin aja karpet beludrunya.

Audio bapuk kaya kaleng kerupuk? Ganti HU. Banyak pilihan bingits (asal HU nya gak terintegrasi, ini yg bikin peer karena jadi terbatas). Pasang DSP + Power. Pasang Subwoofer. Pasang tweeter. Pasang Center Speaker. Ganti full jg budget bervariasi mo pilih dari 10 jutaan sampe 100 jutaan jg ada.

Yg penting suka dulu sama mobilnya. Urusan perintilan macam ini mah gampang, asal siap dana aja. Asal jangan kaya kaum mendang mending aja. Mobil bone stock diributin dicompare2, padahal beli jg kagak, compare doang. Fitur mobil bisa diajak ngomong pake Voice Command digadang2 dijadiin alasan beli. padahal skrg banyak HU Android China yg ada Voice Commandnya jg.

Menurut ane sih yg penting kita tau mobil yg kita suka, apa yg kurang dari mobil itu, dan kita ada dana + niat + waktu buat perbaikin kekurangannya. As simple as that.

Dari awal mo beli mobil, mulai dari milih2 antara Venturer atau CRV Turbo, udah mulai diriset apa aja yg bakal diperbaikin dari bone stock. Sampe udah bikin perhitungannya di excel file.

Walaupun akhirnya meleset total karena harga part pada naik hahaha.
Ini kalo ditotal2 upgrade mobil dah abis sekitaran 50 jutaan. Ini pun belum masuk ke sektor mesin, dan speaker masih belum ada yg diganti. Pelan2 lah dikumpulin lagi dananya.. Duit kan gak jatuh dari pohon jg.

Iya setuju om kalo buat atap better butyl rubber + alu (atau + pelapis akustik). Karena redam panas + enteng (gak bikin plafon turun) + ringan. Jangan pakai aspal buat atap, bisa ngubah center of gravity itu 20 kg++ nempel di atap.

Cuma kalo mobil ane, ane gak berani bongkar atap om karena ada sunroof + panoramic roof. takut ntar malah ribet masang balik atapnya.
Toh majority jg kalo ujan bunyi kletek2nya karena kaca dari sunroofnya, masih gak kedengeran ketutup rectractable plafonnya. Jadi masih gak ngeganggu buat ane sampe perlu dipasangin peredam.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Suryaputra »

nicholasmun wrote: Sun Feb 13, 2022 6:19
Suryaputra wrote: Sun Feb 13, 2022 5:10
nicholasmun wrote: Sun Feb 13, 2022 4:25

Peredam kira2 12 jutaan lah ya kurang lebih.
butyl rubber lebih mahal karena beratnya lebih enteng, dg tingkat peredaman yg menyerupai aspal.
total berat mobil full (sampe atap) dg peredam aspal - bisa sekitar 60-80kg.
kalo pakai butyl rubber cuma sekitar 30-40kg tambahan aja.

iya makanya jadi harus lebih sering liat spion jg kalo mo pindah jalur. soalnya gak selalu kedengeran.
Simple ya.
Pada Ribut2 kabin berisik, punya rejeki, keluarin uang.
Udah beres + dapat performa dgn handling yg ok :big_biglaugh:

Emang peredam yg ringan dgn peredaman menyerupai aspal, pakai butyl rubber lbh mahal.
Klo buat atap better pakai butyl rubber dgn lapisan allu, jd bisa ngeredam panas jg dan tetap ringan :big_okay:
Iya om aliran gw gitu. Find the problem in your car, then fix it.

Beli mobil yg secara bentuk (interior + exterior), driving experience & driving feels, dan performance yg kita (atau keluarga) suka.
Kalo ada yg kurang2 masih bisa ditambah dg part aftermarket.

Kurang senyap? Pasang peredam aja sebadan mobil. Kalo perlu kupingnya pasang peredam jg.

Interior gak dapet jok kulit? Atau warnanya gak masuk (misal krem atau putih) karena gampang kotor? Atau polanya gak suka? Gampang bgt. Bawa aja ke interior specialist. Bisa pasang Autoleder juga. siapin aja dananya. Ini dibanding Jok kulit bawaan mobil (kecuali mobil premium macam Mercedes, BMW dan temen2nya) juga lebih nyaman.

Tarikan kurang? BBM boros? Top speed dilimit? Remap aja, atau piggyback.

Ban gak enak? berisik? berasa ngelayang? Gantilah bannya.
Bantingan keras? ganti shock. ato bikin double rebound. ato pasang buffer.

Karpet dasar bahan beludru, gampang kotor? Beli aja Karpet mangkok model Otoproject Maxmat 5D ato 7D, atau Frontier, atau model2 mangkok lainnya yg full cover ketutup semua itu beludrunya. Every once in a while (setaun? 6 bulan?) ambil auto detailing interior, cuci + bersihin aja karpet beludrunya.

Audio bapuk kaya kaleng kerupuk? Ganti HU. Pasang DSP + Power. Pasang Subwoofer. Pasang tweeter. Pasang Center Speaker. Ganti full jg budget bervariasi mo pilih dari 10 jutaan sampe 100 jutaan jg ada.

Yg penting suka dulu sama mobilnya. Urusan perintilan macam ini mah gampang, asal siap dana aja. Asal jangan kaya kaum mendang mending aja. Mobil bone stock diributin dicompare2, padahal beli jg kagak, compare doang.

Yg penting kita tau mobil yg kita suka, apa yg kurang dari mobil itu, dan kita ada dana + niat + waktu buat perbaikin kekurangannya. As simple as that.

Ini kalo ditotal2 upgrade mobil dah abis sekitaran 50 jutaan. Ini pun belum masuk ke sektor mesin, dan speaker masih belum ada yg diganti. Pelan2 lah dikumpulin lagi dananya hohoho.

Iya kalo buat atap better butyl rubber + alu (atau + pelapis akustik). Karena redam panas + enteng (gak bikin plafon turun) + ringan. Jangan pakai aspal buat atap, bisa ngubah center gravity itu 20 kg nempel di atap.

Cuma kalo mobil ane, ane gak berani bongkar atap om karena ada sunroof + panoramic roof. takut ntar malah ribet masang balik atapnya.
Toh majority jg kalo ujan bunyi kletek2nya karena kaca dari sunroofnya, masih gak kedengeran ketutup plafon.
Ah iya pano roof ya.
Itu kacanya dah tebel biasanya redaman ujan nya cukup ok.
Jika pano roof nya pakai acoustic / double glass, bisa lbh senyap lg.

Klo dalam R&D mobil, ngurusin perintilan peredam, jok kulit, dsb itu perkara mudah, & nambah cost + effort emang.
Lead time production nya lbh panjang.

Tp klo yg didevelop adalah fine tuning antara mesin dan transmisi dan chassis, itu sulittt. Gak cukup extra cost + effort ajah.

Benar klo ada kekurangan soal aksesoris atau urusan sound proof, gak sulit koq, cuma butuh waktu dan uang aja :mky_01:

Tp klo soal driving experience, fine tuning mesin sm transmisi + chassis. Gak semudah ituu upgrade nya.
Ada trial and error :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by KSG88 »

Sebagai seorang penikmat mobil monokok yg nyaman, kedap dan sporty. Saya salut sama TS. Good jobs done [emoji106]