Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by well »

Greenhunter wrote: 16 Apr 2021, 21:55
well wrote: 15 Apr 2021, 14:39
doko86 wrote: 15 Apr 2021, 12:19 siang gan, mau tanya.
apakah ada pengalaman nembak KTP buat bayar pajak tahunan mobil, kira2 kena berapan y om...... soalnya mobil belum sempat ane mutasi, gara2 KTP ane masih ikut daerah asal, dan sekarang tinggalnya di bogor.

untuk mobil plat jakarta timur. pajak tiap bulan 5, untuk plat nomor s/d tahun 202

atau pajak dimatiin dulu aja y om, nunggu pengurusan mutasi KTP terus baru urus mutasi kendaraan, kira2 aman gak y......
terimaksih.
setahu saya perapanjangan di indomaret tidak perlu ktp, tinggal sebut aja plat nomernya, bawa stnk. sudah deh..
ane domisili di sby, ngga tau lg klo beda kota
Setwlah bayar di indomaret proses berikutnya bagaimana pak ? Ke samsat cetak lembar pajak stnk-nya ?
Tidak perlu, nanti dapat link untuk di print sendiri.. di sana ada barcode scannya yg menandakan bahwa benar2 sudah bayar pajak tahunan
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1065
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by Mamang555 »

doko86 wrote: 17 Apr 2021, 16:08
Mamang555 wrote: 17 Apr 2021, 10:47
doko86 wrote: 17 Apr 2021, 10:03

berarti durasinya :
Samsat bekasi 2 hari (2 x PP)
samsat jaktim 1 + 4 hari (2 x PP)
polda 1 hari

Seperti itu y om.
Oia pajaknya dr jaktim ke bogor harusnya bisa turun y om.
Kurang lebih segitu sih durasinya
Mudah koq dan murah. Cuma ya siapin waktu bolak balik aja..

Kalo bayar biro jasa minta sampe 1jtan mah kemahalan. Harusnya utk jasa saja sih yg wajar 500rban lah

Utk besaran pajak naik atau turun saya ga tau persis om.. logikanya si turun hehehe
kalau mutasi ke bogor berarti harus ke polda jabar y om..... Atau gmn om, masih awam ini. Hehehe
Polda jabar utk ganti alamat bpkb ya?
Nah kalo itu coba deh tanya di samsat. Mereka bs kasi tau koq.

Atau coba search google aja. Mutasi sesama jabar.

Oya satu lagi top tips nya kalo urus sendiri : datang sepagi mungkin dan jangan pelit2 utk foto kopi berkas2 yg dibutuhkan (misal ft kopi ktp, stnk dll.. dibanyakin aja)
svaerd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 18 Jun 2019, 14:10

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by svaerd »

Mamang555 wrote: 17 Apr 2021, 07:05 Share postingan saya aja th 2018. Harusnya masi relevan:


Baru aja kelar ngurus mutasi plat minggu lalu dengan kondisi sbb :

- Mutasi atas nama yang sama (cuman pindah alamat) dari kota Bekasi ke Jakarta Timur (plat Kxx ke Txx)
- Diurus sekalian pajak 5 tahunan
- Ngurus sendiri.. gapake biro jasa

Prosedur di Samsat Bekasi (cabut berkas) :
1. Dateng ke tempat esek2 no rangka dan no mesin. Cepet koq ga sampe 10 menit
2. Setelah itu dikasi dokumen yang langsung dibawa ke loket di samping untuk legalisir setelah sebelumnya mengisi data2 di formulir (datanya ada di BPKB...liat aja disitu). Jangan lupa lampirkan KTP tujuan kita pindah/mutasi karena kalo dilampirkan KTP lama hanya akan disangka bayar pajak 5 tahunan. Kalo ente melampirkan KTP atas nama yang berbeda akan dianggap balik nama dan pastikan siapkan faktur penjualan.
3. Nunggu sekitar 15 menitan untuk dipanggil lagi oleh petugas loketnya
4. Lanjut naek ke lantai 2 (khusus mutasi, balik nama dsb). Dan masukan ke loket pemeriksaan fiskal. Nunggu 10 menitan
5. Abis itu masukin ke loket pendaftaran untuk diproses. Nanti dipanggil dan diminta biaya 350 ribu
6. Diminta balik besoknya dengan membawa tanda bukti yang sudah diserahkan.
7. Esok harinya segera datang dan langsung aja naek ke lantai 2
8. Setelah di beri berkasnya (1 map) langsung bawa ke loket legalisir dekat loket cek fisik dibawah. Nunggu sekitar 10 menitan
9. Kelar.... Pastikan nama, alamat dan kendaraannya adalah punya kita ya.. jangan sampe mobil kita Brio tapi bawa dokumen berkas CRV :p

Total damage cost di bekasi 350 ribu
Durasi sekitar 1 jam lebih dikit
===========================================================

Prosedur di Samsat Jaktim (bikin plat, dan cetak STNK baru)
1. Dateng dengan hati riang dan senang. Ojo lali hindari pake sandal jepit dan kaos oblong
2. Dateng ke loket cek fisik untuk legalisir dokumen cek fisik dari Bekasi. Nunggu 10 menitan
3. PENTING... setelah dilegalisir dokumennya, langsung ke tukang fotokopi untuk legalisir (jaga2 legalisir aja 3 lembar)
4. Masup ke gedung utama lantai 3. Di pintu masuk, anda akan diperiksa. Siapkan semua kelengkapan. Kalo nama di BPKB dan dokumen2 berbeda dengan nama anda, pastikan bawa KK dilengkapi fotokopi KTP anda dan istri/saudara/ayah/ibu dan jaga2 bawa aja surat kuasa.
5. Serahkan dokumen setelah isi data2 persis kayak di BEKASI (data intip di BPKB)
6. Serahin ke loket pendaftaran dan tunggu 10 menitan. Abis itu dikasi tanda terima untuk pengambilan sekitar 4 harian
7. Setelah itu pulang
8. 4 Hari kemudian balik lage dan kasih tanda terima tsb ke loket di lantai 3 tadi
9. Akan dikasih resi pembayaran pajak untuk di cek dan dibayarkan di lantai 4. Abis itu balik lagi ke lantai 3
10. Nunggu dipanggil bentar dan STNK kelar (10 menitan)
11. Langsung ke tempat cetak plat (deket area cek fisik)
12. Beri slip yang dikasih diatas dan tunggu 10 menitan untuk cetak plat
13. Jadi deh... horeeeee... STNK udah...plat udahh

Total damage : bayar pajak doang sama cetak TNKB (100rb).. pajak sesuai dengan jenis kendaraan. Tapi kendaraan ane (Suzuki Splash 1200cc) naek 400-500rb pajaknya dari Bekasi ke Jaktim
Durasi sekitar 1 jam overall

=============================================================

Ke Polda Metro jaya / aka KOMDAK di Semanggi (cetak pindah alamat BPKB)

1. Dateng dengan hati riang.. baca doa.. pake baju dan sepatu rapi... sikat gigi
2. Jaket masukin ke tas.. penjagaan protokol KETAT
3. Siapkan data2 di map lengkap
4. Masuk setelah lewatin protokol. Jangan lupa bawa KK (jika satu alamat) dan atau surat kuasa jika nama pengurus dan nama yang tercantum di STNK berbeda
5. Akan diserahkan semacam ID card ditukar dengan KTP
6. Datang ke mba2 manis yang jaga disitu (mereka adalah pemandu admin)... ati2... galak cuy mbak2 nya.
7. Mba tersebut akan memasukkan sesuatu yang memang sudah seharusnya dimasukan dan meletakan sesuatu di tempat yang memang sudah seharusnya diletakkan (jalani aja.. nanti juga tau)... nanti kita dikasih semacam form
8. Serahkan ke loket pendaftaran... tunggu bentaran.. VOILA.. Kelarrrrrrr
9. Durasi waktu sekitar 30 menitan
10. Gratisan (mungkin karena nama nya sama... beda alamat doang)

Durasi 30 menitan... gratisan

===============================================================

Last but not least..

1. Jangan lupa bawa PULPEN...PENTING
2. Fotokopi KTP, KK dsb dll yang banyak... diluaran
3. Bawa streples dan isinya
4. Berpakaian rapi dan bersepatu (usahakan). Soalnya di polda ada yang disuruh pulang karena pake sandal

Hope it helps
2. Setelah itu dikasi dokumen yang langsung dibawa ke loket di samping untuk legalisir setelah sebelumnya mengisi data2 di formulir (datanya ada di BPKB...liat aja disitu). Jangan lupa lampirkan KTP tujuan kita pindah/mutasi karena kalo dilampirkan KTP lama hanya akan disangka bayar pajak 5 tahunan. Kalo ente melampirkan KTP atas nama yang berbeda akan dianggap balik nama dan pastikan siapkan faktur penjualan.

ini faktur penjualan asli dari dealer ato kuitansi yg ada materainya om? misal balik nama unit seken
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1065
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Prosedur cabut berkas beli mobil bekas plat kota lain?

Post by Mamang555 »

svaerd wrote: 24 Jun 2022, 16:29
Mamang555 wrote: 17 Apr 2021, 07:05 Share postingan saya aja th 2018. Harusnya masi relevan:


Baru aja kelar ngurus mutasi plat minggu lalu dengan kondisi sbb :

- Mutasi atas nama yang sama (cuman pindah alamat) dari kota Bekasi ke Jakarta Timur (plat Kxx ke Txx)
- Diurus sekalian pajak 5 tahunan
- Ngurus sendiri.. gapake biro jasa

Prosedur di Samsat Bekasi (cabut berkas) :
1. Dateng ke tempat esek2 no rangka dan no mesin. Cepet koq ga sampe 10 menit
2. Setelah itu dikasi dokumen yang langsung dibawa ke loket di samping untuk legalisir setelah sebelumnya mengisi data2 di formulir (datanya ada di BPKB...liat aja disitu). Jangan lupa lampirkan KTP tujuan kita pindah/mutasi karena kalo dilampirkan KTP lama hanya akan disangka bayar pajak 5 tahunan. Kalo ente melampirkan KTP atas nama yang berbeda akan dianggap balik nama dan pastikan siapkan faktur penjualan.
3. Nunggu sekitar 15 menitan untuk dipanggil lagi oleh petugas loketnya
4. Lanjut naek ke lantai 2 (khusus mutasi, balik nama dsb). Dan masukan ke loket pemeriksaan fiskal. Nunggu 10 menitan
5. Abis itu masukin ke loket pendaftaran untuk diproses. Nanti dipanggil dan diminta biaya 350 ribu
6. Diminta balik besoknya dengan membawa tanda bukti yang sudah diserahkan.
7. Esok harinya segera datang dan langsung aja naek ke lantai 2
8. Setelah di beri berkasnya (1 map) langsung bawa ke loket legalisir dekat loket cek fisik dibawah. Nunggu sekitar 10 menitan
9. Kelar.... Pastikan nama, alamat dan kendaraannya adalah punya kita ya.. jangan sampe mobil kita Brio tapi bawa dokumen berkas CRV :p

Total damage cost di bekasi 350 ribu
Durasi sekitar 1 jam lebih dikit
===========================================================

Prosedur di Samsat Jaktim (bikin plat, dan cetak STNK baru)
1. Dateng dengan hati riang dan senang. Ojo lali hindari pake sandal jepit dan kaos oblong
2. Dateng ke loket cek fisik untuk legalisir dokumen cek fisik dari Bekasi. Nunggu 10 menitan
3. PENTING... setelah dilegalisir dokumennya, langsung ke tukang fotokopi untuk legalisir (jaga2 legalisir aja 3 lembar)
4. Masup ke gedung utama lantai 3. Di pintu masuk, anda akan diperiksa. Siapkan semua kelengkapan. Kalo nama di BPKB dan dokumen2 berbeda dengan nama anda, pastikan bawa KK dilengkapi fotokopi KTP anda dan istri/saudara/ayah/ibu dan jaga2 bawa aja surat kuasa.
5. Serahkan dokumen setelah isi data2 persis kayak di BEKASI (data intip di BPKB)
6. Serahin ke loket pendaftaran dan tunggu 10 menitan. Abis itu dikasi tanda terima untuk pengambilan sekitar 4 harian
7. Setelah itu pulang
8. 4 Hari kemudian balik lage dan kasih tanda terima tsb ke loket di lantai 3 tadi
9. Akan dikasih resi pembayaran pajak untuk di cek dan dibayarkan di lantai 4. Abis itu balik lagi ke lantai 3
10. Nunggu dipanggil bentar dan STNK kelar (10 menitan)
11. Langsung ke tempat cetak plat (deket area cek fisik)
12. Beri slip yang dikasih diatas dan tunggu 10 menitan untuk cetak plat
13. Jadi deh... horeeeee... STNK udah...plat udahh

Total damage : bayar pajak doang sama cetak TNKB (100rb).. pajak sesuai dengan jenis kendaraan. Tapi kendaraan ane (Suzuki Splash 1200cc) naek 400-500rb pajaknya dari Bekasi ke Jaktim
Durasi sekitar 1 jam overall

=============================================================

Ke Polda Metro jaya / aka KOMDAK di Semanggi (cetak pindah alamat BPKB)

1. Dateng dengan hati riang.. baca doa.. pake baju dan sepatu rapi... sikat gigi
2. Jaket masukin ke tas.. penjagaan protokol KETAT
3. Siapkan data2 di map lengkap
4. Masuk setelah lewatin protokol. Jangan lupa bawa KK (jika satu alamat) dan atau surat kuasa jika nama pengurus dan nama yang tercantum di STNK berbeda
5. Akan diserahkan semacam ID card ditukar dengan KTP
6. Datang ke mba2 manis yang jaga disitu (mereka adalah pemandu admin)... ati2... galak cuy mbak2 nya.
7. Mba tersebut akan memasukkan sesuatu yang memang sudah seharusnya dimasukan dan meletakan sesuatu di tempat yang memang sudah seharusnya diletakkan (jalani aja.. nanti juga tau)... nanti kita dikasih semacam form
8. Serahkan ke loket pendaftaran... tunggu bentaran.. VOILA.. Kelarrrrrrr
9. Durasi waktu sekitar 30 menitan
10. Gratisan (mungkin karena nama nya sama... beda alamat doang)

Durasi 30 menitan... gratisan

===============================================================

Last but not least..

1. Jangan lupa bawa PULPEN...PENTING
2. Fotokopi KTP, KK dsb dll yang banyak... diluaran
3. Bawa streples dan isinya
4. Berpakaian rapi dan bersepatu (usahakan). Soalnya di polda ada yang disuruh pulang karena pake sandal

Hope it helps
2. Setelah itu dikasi dokumen yang langsung dibawa ke loket di samping untuk legalisir setelah sebelumnya mengisi data2 di formulir (datanya ada di BPKB...liat aja disitu). Jangan lupa lampirkan KTP tujuan kita pindah/mutasi karena kalo dilampirkan KTP lama hanya akan disangka bayar pajak 5 tahunan. Kalo ente melampirkan KTP atas nama yang berbeda akan dianggap balik nama dan pastikan siapkan faktur penjualan.

ini faktur penjualan asli dari dealer ato kuitansi yg ada materainya om? misal balik nama unit seken
Kalo ada faktur asli lebih baik. Tp kalo unit seken sih kwitansi materai insyaa Allah cukup
Post Reply