Koleksi hand tools [Part 05]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

Profith83 wrote: Sun Jun 27, 2021 7:11
Bagian apa yang harus dibawah 70?
Yg terbesar dari kaki kaki sampai berapa? apakah sampai 300 nm?
Kalau mesin saya tidak tertarik bongkar2x, biar bengkel saja.

Saya mikirnya kebalik.
Yang penting daerah yang butuh kekencangan yang gede.
Kalau seperti busi terasa kalau sudah kencang tinggal ditambahin dikit.
Tapi kalau kaki kaki kan harus kencang, kalau sudah sekuat tenaga kira kiranya lebih sulit.

slider pin di kaliper hanya sekitar 25 n.m.
link stabilizer mulai dari 25an n.m sampai 50an n.m tergantung mobilnya.
center nut strut atau mur pengikat support dengan shock kisarannya 30an n.m tergantung mobilnya.

tightening torq yang cukup besar contohnya bearing roda, ada yang 150 n.m ada yang 250 n.m. control arm juga ada yang sampai 200an n.m.

busi, menurut saya justru sangat riskan kalau dikencangkan dengan kekuatan tangan.
terlalu kencang, resiko busi patah atau drat dol. kurang kencang, resiko kompresi bocor dan bisa jadi busi makin kendor lalu lepas ketendang kompresi.
kalaupun bisa pas tingkat kekencangannya, apa iya berlaku juga di busi nomer 2 dan seterusnya? nggak mungkin sama...
kecuali kondisi darurat semisal terpaksa ganti busi dijalan karena mogok, oke lah dikencangkan dengan kekuatan tangan.

karena om hanya kutak katik 2 mobil itu, ada baiknya cari data FSM lalu dicatat berapa besaran yang dibutuhkan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Taufiq6210 wrote: Sun Jun 27, 2021 7:23
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 6:48 Bmw kl ga salah mbah taufiq yah... itu ceklek2 dan jtc nya aj saya belom perna liat
Ketuker mbah, saya mah mobilnya merk jelata mbah :big_chicken:

Jangankan ceklek2 jtc, ratchet biasa aja belom punya mbah
Gapapa mbah

Smua penunggu tret ini jg awalnya budak tekiro , fukung atau diamond cungkwo

Pelan2 kita orang baru pd upgret :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun Jun 27, 2021 6:42
Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 6:02

black tea tuh banyak tipe, ngga semuanya sama. sy jg bukan ahli teh sih kang. cuma kl dr urutan paling enak itu darjeeling, earl grey (bisa dicampur susu atau vanila), baru english breakfast. yg terakhir ini konon ga enak kl dicampur susu dll.

english breakfast enak tanpa campuran. kalopun mau tambah gula, paling banyak 1/2 tsp (imo).

sudah coba cap poci? cocok disajiken dengan gula batu.
poci udah pernah, rasanya kl menurut sy biasa aja. normal layaknya teh. memang sy suka teh jawa itu krn aroma nya bikin mood jd enak mbah. kl teh dimana2 rasanya kaya gitu2 aja, tp yg bikin mood booster nah itu .... :big_comfort:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Jun 27, 2021 7:27
Profith83 wrote: Sun Jun 27, 2021 7:11
Bagian apa yang harus dibawah 70?
Yg terbesar dari kaki kaki sampai berapa? apakah sampai 300 nm?
Kalau mesin saya tidak tertarik bongkar2x, biar bengkel saja.

Saya mikirnya kebalik.
Yang penting daerah yang butuh kekencangan yang gede.
Kalau seperti busi terasa kalau sudah kencang tinggal ditambahin dikit.
Tapi kalau kaki kaki kan harus kencang, kalau sudah sekuat tenaga kira kiranya lebih sulit.

slider pin di kaliper hanya sekitar 25 n.m.
link stabilizer mulai dari 25an n.m sampai 50an n.m tergantung mobilnya.
center nut strut atau mur pengikat support dengan shock kisarannya 30an n.m tergantung mobilnya.

tightening torq yang cukup besar contohnya bearing roda, ada yang 150 n.m ada yang 250 n.m. control arm juga ada yang sampai 200an n.m.

busi, menurut saya justru sangat riskan kalau dikencangkan dengan kekuatan tangan.
terlalu kencang, resiko busi patah atau drat dol. kurang kencang, resiko kompresi bocor dan bisa jadi busi makin kendor lalu lepas ketendang kompresi.
kalaupun bisa pas tingkat kekencangannya, apa iya berlaku juga di busi nomer 2 dan seterusnya? nggak mungkin sama...
kecuali kondisi darurat semisal terpaksa ganti busi dijalan karena mogok, oke lah dikencangkan dengan kekuatan tangan.

karena om hanya kutak katik 2 mobil itu, ada baiknya cari data FSM lalu dicatat berapa besaran yang dibutuhkan.
Jd inget insiden busi hrv macet ampe 40 rebu km :mky_03:


Untung tu busi nikel ga mokat, ajaib jg tu bsa tahan sgitu lama
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 7:33
Taufiq6210 wrote: Sun Jun 27, 2021 7:23
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 6:48 Bmw kl ga salah mbah taufiq yah... itu ceklek2 dan jtc nya aj saya belom perna liat
Ketuker mbah, saya mah mobilnya merk jelata mbah :big_chicken:

Jangankan ceklek2 jtc, ratchet biasa aja belom punya mbah
Gapapa mbah

Smua penunggu tret ini jg awalnya budak tekiro , fukung atau diamond cungkwo

Pelan2 kita orang baru pd upgret :upss:
Image
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Profith83 »

marmut wrote: Sun Jun 27, 2021 7:27
Profith83 wrote: Sun Jun 27, 2021 7:11
Bagian apa yang harus dibawah 70?
Yg terbesar dari kaki kaki sampai berapa? apakah sampai 300 nm?
Kalau mesin saya tidak tertarik bongkar2x, biar bengkel saja.

Saya mikirnya kebalik.
Yang penting daerah yang butuh kekencangan yang gede.
Kalau seperti busi terasa kalau sudah kencang tinggal ditambahin dikit.
Tapi kalau kaki kaki kan harus kencang, kalau sudah sekuat tenaga kira kiranya lebih sulit.

slider pin di kaliper hanya sekitar 25 n.m.
link stabilizer mulai dari 25an n.m sampai 50an n.m tergantung mobilnya.
center nut strut atau mur pengikat support dengan shock kisarannya 30an n.m tergantung mobilnya.

tightening torq yang cukup besar contohnya bearing roda, ada yang 150 n.m ada yang 250 n.m. control arm juga ada yang sampai 200an n.m.

busi, menurut saya justru sangat riskan kalau dikencangkan dengan kekuatan tangan.
terlalu kencang, resiko busi patah atau drat dol. kurang kencang, resiko kompresi bocor dan bisa jadi busi makin kendor lalu lepas ketendang kompresi.
kalaupun bisa pas tingkat kekencangannya, apa iya berlaku juga di busi nomer 2 dan seterusnya? nggak mungkin sama...
kecuali kondisi darurat semisal terpaksa ganti busi dijalan karena mogok, oke lah dikencangkan dengan kekuatan tangan.

karena om hanya kutak katik 2 mobil itu, ada baiknya cari data FSM lalu dicatat berapa besaran yang dibutuhkan.
Andaikata beli berarti harus 2 item
3/8 19-110 nm
https://www.tokopedia.com/geniustools/g ... unci-torsi
1/2 70-350 nm
https://www.tokopedia.com/geniustools/g ... unci-torsi

worth it apa gak yah merek Genius. Ada pendapat mbah merek apa?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 7:37
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 7:33
Taufiq6210 wrote: Sun Jun 27, 2021 7:23

Ketuker mbah, saya mah mobilnya merk jelata mbah :big_chicken:

Jangankan ceklek2 jtc, ratchet biasa aja belom punya mbah
Gapapa mbah

Smua penunggu tret ini jg awalnya budak tekiro , fukung atau diamond cungkwo

Pelan2 kita orang baru pd upgret :upss:
Image
Ampunn mbahhh

Ampunnnnn



*njirr, itu gambar kayanya lebi serem drpd igun kl yah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:03
Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 7:37
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 7:33

Gapapa mbah

Smua penunggu tret ini jg awalnya budak tekiro , fukung atau diamond cungkwo

Pelan2 kita orang baru pd upgret :upss:
Image
Ampunn mbahhh

Ampunnnnn



*njirr, itu gambar kayanya lebi serem drpd igun kl yah
tak sudi aku mbah ...... tak sudi disebut budak ijo2 nyang entuh.

:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

btw harusnya panduan membeli TW bagi yg baru mau mulai beli dibuat sticky di pejwan ya. jadi ga selalu harus bolak balik njelasin perlu yg mana aja.

tp ga apa2 .... spy cepet part 6. hi hi hi hi hi ..... *ketawa suzanna
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 8:06
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:03
Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 7:37

Image
Ampunn mbahhh

Ampunnnnn



*njirr, itu gambar kayanya lebi serem drpd igun kl yah
tak sudi aku mbah ...... tak sudi disebut budak ijo2 nyang entuh.

:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Mbah

Skalian mo konsul

Jd critanya td pagi, krn lg pala mumet, iseng morning run pake inofa, nahh ketemu lah vrz pcicilan d tol dalkot, iseng ta tempel dr blakang, si vrz kepancing, d kentutin lah saya, saya ga trima (dan lupa ngaca, 1TR lawan 2GD) lgs banting shift knob ke S4, matiin ac, bejeg pedal to kampret, pelan tp pasti bsa ta tempel tu vrz sambil ngos2an si inofa.. nahhh slama proses ngejar nya itu entah ud brapa kl saya ngerem agak dalem, terus bejeg, terus rem dst dst dst

Nahhhhh, tiba pedal mendadak agak spongy gt, (ga ampe blong) , cuman berasa banget mendadak ga gigit rem nya..... lgs kendorin gas donk... menepi lah saya, kutengok tabung rem warna nya masi kuning bening mbah, agak panas seh pas kupegang... tp koq bsa ampe ngeloss gt yah mbah, padahal kan kl minyak rem mendidih, warna nya lgs jd item gelap kan mbah ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:12
Mbah

Skalian mo konsul

Jd critanya td pagi, krn lg pala mumet, iseng morning run pake inofa, nahh ketemu lah vrz pcicilan d tol dalkot, iseng ta tempel dr blakang, si vrz kepancing, d kentutin lah saya, saya ga trima (dan lupa ngaca, 1TR lawan 2GD) lgs banting shift knob ke S4, matiin ac, bejeg pedal to kampret, pelan tp pasti bsa ta tempel tu vrz sambil ngos2an si inofa.. nahhh slama proses ngejar nya itu entah ud brapa kl saya ngerem agak dalem, terus bejeg, terus rem dst dst dst

Nahhhhh, tiba pedal mendadak agak spongy gt, (ga ampe blong) , cuman berasa banget mendadak ga gigit rem nya..... lgs kendorin gas donk... menepi lah saya, kutengok tabung rem warna nya masi kuning bening mbah, agak panas seh pas kupegang... tp koq bsa ampe ngeloss gt yah mbah, padahal kan kl minyak rem mendidih, warna nya lgs jd item gelap kan mbah ??
jij pake brekped apa? jangan bilang lupa. :mky_03:

mobil seberat alaihim remnya diajak gelut gitu, dengan mbah yg rajin (atau terlalu rajin) kuras minyak rem, maka suspeknya cuma kualitas brekped yg mediocre.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 8:20
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:12
Mbah

Skalian mo konsul

Jd critanya td pagi, krn lg pala mumet, iseng morning run pake inofa, nahh ketemu lah vrz pcicilan d tol dalkot, iseng ta tempel dr blakang, si vrz kepancing, d kentutin lah saya, saya ga trima (dan lupa ngaca, 1TR lawan 2GD) lgs banting shift knob ke S4, matiin ac, bejeg pedal to kampret, pelan tp pasti bsa ta tempel tu vrz sambil ngos2an si inofa.. nahhh slama proses ngejar nya itu entah ud brapa kl saya ngerem agak dalem, terus bejeg, terus rem dst dst dst

Nahhhhh, tiba pedal mendadak agak spongy gt, (ga ampe blong) , cuman berasa banget mendadak ga gigit rem nya..... lgs kendorin gas donk... menepi lah saya, kutengok tabung rem warna nya masi kuning bening mbah, agak panas seh pas kupegang... tp koq bsa ampe ngeloss gt yah mbah, padahal kan kl minyak rem mendidih, warna nya lgs jd item gelap kan mbah ??
jij pake brekped apa? jangan bilang lupa. :mky_03:

mobil seberat alaihim remnya diajak gelut gitu, dengan mbah yg rajin (atau terlalu rajin) kuras minyak rem, maka suspeknya cuma kualitas brekped yg mediocre.
Brekped masi advics bawaan inofa dr fabriek d sunter mbah

Ud jalan 80 rebu, masi nyisa ckup tebel, spertiga kira2

Brek fluit jg trakir ganti circa belasan rebu km yg lalu pake DGO brek fluit beli di astrido daihatsu klp gading
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:23
Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 8:20
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:12
Mbah

Skalian mo konsul

Jd critanya td pagi, krn lg pala mumet, iseng morning run pake inofa, nahh ketemu lah vrz pcicilan d tol dalkot, iseng ta tempel dr blakang, si vrz kepancing, d kentutin lah saya, saya ga trima (dan lupa ngaca, 1TR lawan 2GD) lgs banting shift knob ke S4, matiin ac, bejeg pedal to kampret, pelan tp pasti bsa ta tempel tu vrz sambil ngos2an si inofa.. nahhh slama proses ngejar nya itu entah ud brapa kl saya ngerem agak dalem, terus bejeg, terus rem dst dst dst

Nahhhhh, tiba pedal mendadak agak spongy gt, (ga ampe blong) , cuman berasa banget mendadak ga gigit rem nya..... lgs kendorin gas donk... menepi lah saya, kutengok tabung rem warna nya masi kuning bening mbah, agak panas seh pas kupegang... tp koq bsa ampe ngeloss gt yah mbah, padahal kan kl minyak rem mendidih, warna nya lgs jd item gelap kan mbah ??
jij pake brekped apa? jangan bilang lupa. :mky_03:

mobil seberat alaihim remnya diajak gelut gitu, dengan mbah yg rajin (atau terlalu rajin) kuras minyak rem, maka suspeknya cuma kualitas brekped yg mediocre.
Brekped masi advics bawaan inofa dr fabriek d sunter mbah

Ud jalan 80 rebu, masi nyisa ckup tebel, spertiga kira2

Brek fluit jg trakir ganti circa belasan rebu km yg lalu pake DGO brek fluit beli di astrido daihatsu klp gading
wah udah jalan 80 reben mah udah fatigue tuh .... coba aja cek permukaan friction material brekped nya msh soft atau udah keras kaya besi. kl udah keras hrs ganti meskipun msh ada daging.

brek fluit beli yg bagusan lah, krn kl tiba2 sparing begitu di jalanan jij yakin dgn kemampuan equipment jij. setidak2nya beli brek fluit ori toyota.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 8:30
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:23
Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 8:20

jij pake brekped apa? jangan bilang lupa. :mky_03:

mobil seberat alaihim remnya diajak gelut gitu, dengan mbah yg rajin (atau terlalu rajin) kuras minyak rem, maka suspeknya cuma kualitas brekped yg mediocre.
Brekped masi advics bawaan inofa dr fabriek d sunter mbah

Ud jalan 80 rebu, masi nyisa ckup tebel, spertiga kira2

Brek fluit jg trakir ganti circa belasan rebu km yg lalu pake DGO brek fluit beli di astrido daihatsu klp gading
wah udah jalan 80 reben mah udah fatigue tuh .... coba aja cek permukaan friction material brekped nya msh soft atau udah keras kaya besi. kl udah keras hrs ganti meskipun msh ada daging.

brek fluit beli yg bagusan lah, krn kl tiba2 sparing begitu di jalanan jij yakin dgn kemampuan equipment jij. setidak2nya beli brek fluit ori toyota.
Bener jg, kl gt ganti ahh.. btw, ini knapa brek pet mobil2 skrg awet2 ya mbah, si hrv d seratus belasan rebu br saya ganti, ini inofa jg 80 rebu aj masi sisa daging tbel, spertiga... perasaan dulu pake inofa jadul manual, lipindut manual, itu maks 60 rebu ud tipis pake banget

Brek fluit daihatsu berarti jelek kl yah mbah, rencana mo coba ganti pake seiken, slama ini pake seiken di hrv, kl lg pecicilan, ga perna ad masalah seh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by k1493nk »

DOHC wrote:
Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 8:20
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:12
Mbah

Skalian mo konsul

Jd critanya td pagi, krn lg pala mumet, iseng morning run pake inofa, nahh ketemu lah vrz pcicilan d tol dalkot, iseng ta tempel dr blakang, si vrz kepancing, d kentutin lah saya, saya ga trima (dan lupa ngaca, 1TR lawan 2GD) lgs banting shift knob ke S4, matiin ac, bejeg pedal to kampret, pelan tp pasti bsa ta tempel tu vrz sambil ngos2an si inofa.. nahhh slama proses ngejar nya itu entah ud brapa kl saya ngerem agak dalem, terus bejeg, terus rem dst dst dst

Nahhhhh, tiba pedal mendadak agak spongy gt, (ga ampe blong) , cuman berasa banget mendadak ga gigit rem nya..... lgs kendorin gas donk... menepi lah saya, kutengok tabung rem warna nya masi kuning bening mbah, agak panas seh pas kupegang... tp koq bsa ampe ngeloss gt yah mbah, padahal kan kl minyak rem mendidih, warna nya lgs jd item gelap kan mbah ??
jij pake brekped apa? jangan bilang lupa. :mky_03:

mobil seberat alaihim remnya diajak gelut gitu, dengan mbah yg rajin (atau terlalu rajin) kuras minyak rem, maka suspeknya cuma kualitas brekped yg mediocre.
Brekped masi advics bawaan inofa dr fabriek d sunter mbah

Ud jalan 80 rebu, masi nyisa ckup tebel, spertiga kira2

Brek fluit jg trakir ganti circa belasan rebu km yg lalu pake DGO brek fluit beli di astrido daihatsu klp gading
Saatnya apgret brek fluid dot 4 mbah..
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 6:48
marmut wrote: Sat Jun 26, 2021 16:40
DOHC wrote: Sat Jun 26, 2021 16:32 ahhh 33 pej lagi... masi lamaa :big_bored: :big_bored:

33 sebentaran kalo perkakas pada keluar.

itu yang punya be em we yang baru beli 730/12 quick sama beli jtc fan clutch tool sapa ya lupa.... ga majang perkakas lagi.

mbah @Kaleng udah punya breaker bar walopun nggak baru, tapi belum dipajang.

mbah @gentongxz juga sudah lama nggak mampir....
Bmw kl ga salah mbah taufiq yah... itu ceklek2 dan jtc nya aj saya belom perna liat

Btw, mbah menado masda 2 skyaktip item mengkilap jg belom perna kuarin ceklek2nya
Dlu belio kalo ga salah berencana mau beli ceklek2 3 biji sekaligus ... Mantul bangets.. :big_grin:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by yanuarra »

Profith83 wrote: Sun Jun 27, 2021 8:00
marmut wrote: Sun Jun 27, 2021 7:27
Profith83 wrote: Sun Jun 27, 2021 7:11
Bagian apa yang harus dibawah 70?
Yg terbesar dari kaki kaki sampai berapa? apakah sampai 300 nm?
Kalau mesin saya tidak tertarik bongkar2x, biar bengkel saja.

Saya mikirnya kebalik.
Yang penting daerah yang butuh kekencangan yang gede.
Kalau seperti busi terasa kalau sudah kencang tinggal ditambahin dikit.
Tapi kalau kaki kaki kan harus kencang, kalau sudah sekuat tenaga kira kiranya lebih sulit.

slider pin di kaliper hanya sekitar 25 n.m.
link stabilizer mulai dari 25an n.m sampai 50an n.m tergantung mobilnya.
center nut strut atau mur pengikat support dengan shock kisarannya 30an n.m tergantung mobilnya.

tightening torq yang cukup besar contohnya bearing roda, ada yang 150 n.m ada yang 250 n.m. control arm juga ada yang sampai 200an n.m.

busi, menurut saya justru sangat riskan kalau dikencangkan dengan kekuatan tangan.
terlalu kencang, resiko busi patah atau drat dol. kurang kencang, resiko kompresi bocor dan bisa jadi busi makin kendor lalu lepas ketendang kompresi.
kalaupun bisa pas tingkat kekencangannya, apa iya berlaku juga di busi nomer 2 dan seterusnya? nggak mungkin sama...
kecuali kondisi darurat semisal terpaksa ganti busi dijalan karena mogok, oke lah dikencangkan dengan kekuatan tangan.

karena om hanya kutak katik 2 mobil itu, ada baiknya cari data FSM lalu dicatat berapa besaran yang dibutuhkan.
Andaikata beli berarti harus 2 item
3/8 19-110 nm
https://www.tokopedia.com/geniustools/g ... unci-torsi
1/2 70-350 nm
https://www.tokopedia.com/geniustools/g ... unci-torsi

worth it apa gak yah merek Genius. Ada pendapat mbah merek apa?
Coba di compare sm brand Toptul mbah.. rasanya tools-tools atau bahkan TWnya 11-12 lah kualitasnya... mustinya bagus.. tinggal pilih yg harga lebih murah aja

*Bukan sales Toptul
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:43
Bener jg, kl gt ganti ahh.. btw, ini knapa brek pet mobil2 skrg awet2 ya mbah, si hrv d seratus belasan rebu br saya ganti, ini inofa jg 80 rebu aj masi sisa daging tbel, spertiga... perasaan dulu pake inofa jadul manual, lipindut manual, itu maks 60 rebu ud tipis pake banget

Brek fluit daihatsu berarti jelek kl yah mbah, rencana mo coba ganti pake seiken, slama ini pake seiken di hrv, kl lg pecicilan, ga perna ad masalah seh
seiken botol plastik? ga enak. ga tau kl yg botol kaleng yg made in japan. mungkin enak. namanya BF5 (dot 5.1)
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Profith83 »

yanuarra wrote: Sun Jun 27, 2021 9:09
Coba di compare sm brand Toptul mbah.. rasanya tools-tools atau bahkan TWnya 11-12 lah kualitasnya... mustinya bagus.. tinggal pilih yg harga lebih murah aja

*Bukan sales Toptul
Siap. Kalau om punya, boleh posting penampakannya :D
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

Profith83 wrote: Sun Jun 27, 2021 8:00

worth it apa gak yah merek Genius. Ada pendapat mbah merek apa?

kalau sudah yakin dengan merk itu ya ambil saja.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:12 padahal kan kl minyak rem mendidih, warna nya lgs jd item gelap kan mbah ??

lu katè bikin karamel? gula putih direbus jadi gosong...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

k1493nk wrote: Sun Jun 27, 2021 8:54
DOHC wrote:
Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 8:20

jij pake brekped apa? jangan bilang lupa. :mky_03:

mobil seberat alaihim remnya diajak gelut gitu, dengan mbah yg rajin (atau terlalu rajin) kuras minyak rem, maka suspeknya cuma kualitas brekped yg mediocre.
Brekped masi advics bawaan inofa dr fabriek d sunter mbah

Ud jalan 80 rebu, masi nyisa ckup tebel, spertiga kira2

Brek fluit jg trakir ganti circa belasan rebu km yg lalu pake DGO brek fluit beli di astrido daihatsu klp gading
Saatnya apgret brek fluid dot 4 mbah..
Dot 4 yah, kepikiran jg seh drtd

Toh prestone yg dot 4 jg ud mirip2 harganya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Sun Jun 27, 2021 9:04
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 6:48
marmut wrote: Sat Jun 26, 2021 16:40


33 sebentaran kalo perkakas pada keluar.

itu yang punya be em we yang baru beli 730/12 quick sama beli jtc fan clutch tool sapa ya lupa.... ga majang perkakas lagi.

mbah @Kaleng udah punya breaker bar walopun nggak baru, tapi belum dipajang.

mbah @gentongxz juga sudah lama nggak mampir....
Bmw kl ga salah mbah taufiq yah... itu ceklek2 dan jtc nya aj saya belom perna liat

Btw, mbah menado masda 2 skyaktip item mengkilap jg belom perna kuarin ceklek2nya
Dlu belio kalo ga salah berencana mau beli ceklek2 3 biji sekaligus ... Mantul bangets.. :big_grin:
Beli 3 biji tp ga d sharing d marih ? Minta d combo igun ipul nasar itu namanya :mky_06:

Btw, ngana jg belom post itu wera, ama tu stahwille digital jg loh :mky_04:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jun 27, 2021 9:20
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:43
Bener jg, kl gt ganti ahh.. btw, ini knapa brek pet mobil2 skrg awet2 ya mbah, si hrv d seratus belasan rebu br saya ganti, ini inofa jg 80 rebu aj masi sisa daging tbel, spertiga... perasaan dulu pake inofa jadul manual, lipindut manual, itu maks 60 rebu ud tipis pake banget

Brek fluit daihatsu berarti jelek kl yah mbah, rencana mo coba ganti pake seiken, slama ini pake seiken di hrv, kl lg pecicilan, ga perna ad masalah seh
seiken botol plastik? ga enak. ga tau kl yg botol kaleng yg made in japan. mungkin enak. namanya BF5 (dot 5.1)
Ga enak ?? Waduh, padahal ahond pake nya itu kan mbah


Kl prestone gmana mbah ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Jun 27, 2021 10:29
DOHC wrote: Sun Jun 27, 2021 8:12 padahal kan kl minyak rem mendidih, warna nya lgs jd item gelap kan mbah ??

lu katè bikin karamel? gula putih direbus jadi gosong...
:upss:

Gula karamel... mendadak jd pengen seduh koffeee
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: