2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1010
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

suryabaruna wrote: 22 May 2021, 17:52 sante fe skrg masih indenkah? belum ada diskon ya?😁
#masih galau antara santa fe bensin signature vs mazda cx-8 touring..mudah2an ada pencerahan disini dari suhu suhu🙏🏻
Mobil keluaran baru dimana" pasti diskonnya gak ada om. Ada pun juga paling mentok 10 juta.
sh00t
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1010
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by sh00t »

sabhara wrote: 16 May 2021, 10:36 Om Chz, untuk performa kaca film smith bawaan pabrik apakah cukup memuaskan? Atau sebaiknya langsung diganti aja?
Sebagus"nya kaca film bawaan pabrik lebih bagus ganti sendiri om. Mana mungkin pabrik mau kasih kaca film yang mahal. Cuannya jadi kecil donk om. :upss: :big_biglaugh: :big_peace:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1351
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by pengendiesel »

Kebetulan lagi cari pandangan buat pengganti salah 1 penghuni garasi.
Jadinya kapan hari td mobil di judul ini, emang bener2 ya nih mobil :big_exellent:

Speedo n dashboard keren banget
Torsi n power maha dahsyat. Toel dikit mobil langsung ngajak ribut saat itu juga, beneran nggak berasa ada jedanya. 2gd sama 4n15 minggir aja ke laut.
Baca review suhu chz, ternyata dual clutch. Pantes tadi kagok2 sama mikir kok gak bisa alus sih. Tapi beneran tuh torsi sama power penyalurannya bisa gitu banget ya :big_exellent:
Fitur....haiiiizzz, terlalu banyak untuk diingat2 :big_slap:
Chasis enak, bantingan berasa firm, tapi firmnya berasa 'mahal'

Minus buat ane pribadi
1. Tampang depan. Untuk model lampu depan macam gini, dari dulu ane cuma doyan tampangnya nissan juke karena betul2 dikodokin semua samping dan belakangnya sekalian.
2. No biosolar. Dasar mental kere!!! Cari mobil 700jeti, bahan bakar maunya gocengan.
3. Harga sedikit di luar budget.

Jadinya terpaksa dicoret, terutama karena alasan no 2 di atas :big_weee:
Kemungkinan besar pilihannya balik lagi ke mobil2 boring macam anki anf anps, ah nasssiib mental kere ya gini ini. Blm siap sama harga pertadex :ungg:

Tapi buat om2 yang siap isi pertadex, mobil ini wwwooowww banget. Entah gimana reliabilitynya karena masih jarang yang review di mari.

*semoga ane kagak dicaci maki om kompre, td doang beli kagak :big_sorry:
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by yohanesw »

pengendiesel wrote:Kebetulan lagi cari pandangan buat pengganti salah 1 penghuni garasi.
Jadinya kapan hari td mobil di judul ini, emang bener2 ya nih mobil :big_exellent:

Speedo n dashboard keren banget
Torsi n power maha dahsyat. Toel dikit mobil langsung ngajak ribut saat itu juga, beneran nggak berasa ada jedanya. 2gd sama 4n15 minggir aja ke laut.
Baca review suhu chz, ternyata dual clutch. Pantes tadi kagok2 sama mikir kok gak bisa alus sih. Tapi beneran tuh torsi sama power penyalurannya bisa gitu banget ya :big_exellent:
Fitur....haiiiizzz, terlalu banyak untuk diingat2 :big_slap:
Chasis enak, bantingan berasa firm, tapi firmnya berasa 'mahal'

Minus buat ane pribadi
1. Tampang depan. Untuk model lampu depan macam gini, dari dulu ane cuma doyan tampangnya nissan juke karena betul2 dikodokin semua samping dan belakangnya sekalian.
2. No biosolar. Dasar mental kere!!! Cari mobil 700jeti, bahan bakar maunya gocengan.
3. Harga sedikit di luar budget.

Jadinya terpaksa dicoret, terutama karena alasan no 2 di atas :big_weee:
Kemungkinan besar pilihannya balik lagi ke mobil2 boring macam anki anf anps, ah nasssiib mental kere ya gini ini. Blm siap sama harga pertadex :ungg:

Tapi buat om2 yang siap isi pertadex, mobil ini wwwooowww banget. Entah gimana reliabilitynya karena masih jarang yang review di mari.

*semoga ane kagak dicaci maki om kompre, td doang beli kagak :big_sorry:
hari gini masih biosolar om? Image

anyway saya TD tempo hari malah enak bener transmisinya baik macet/selow, sampe selesai TD berakhir baru inget itu dual clutch tapi koq alus amat ga berasa apa2 haha
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
vankryie
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by vankryie »

Om, kl disuruh milih Civic Turbo atau SantaFe ini? :) Bole kasih alasannya 3 aja Om, selain kualitas,aftersales dan kenceng2an..
ChZ wrote: 22 Apr 2021, 09:48 Harus diakui, SantaFe adalah gebrakan Hyundai era modern yang paling signifikan sejak 2012. Tidak ada Hyundai Indonesia saat ini tanpa kehadiran SantaFe.

Saat itu, Hyundai Indonesia meluncurkan SantaFe generasi 3 berkode bodi DM. Publik begitu dikagetkan dengan tampilan SantaFe yang berubah total. Bisa dibilang saat itu publik belum terbiasa dengan gaya desain fluidic sculpture dari Hyundai. Lalu mobil ini 7-seaters (proper 7-seats!), dan bermesin 2.2 Liter Diesel dengan tenaga fenomenal : 197 hp / 445 Nm, yang bahkan diesel BMW X3 saja saat itu tidak memiliki performa sekuat ini.

Image

Mobil ini saat itu dijual sekitar 50 juta lebih mahal dari CR-V. sekitar 500 juta-an. Harga yang mungkin di headquarter HMI bikin protes divisi marketing ke divisi product planning, kurang lebih saya membayangkan kayak gini teriakan divisi marketing HMI saat itu, sama seperti rakyat Indonesia pada umumnya :

"yang bener aja, siapa yang mau beli sebuah mobil Korea 500 juta?"

Tapi angka penjualan membuktikan sebaliknya.

DM justru sangat diminati pasar, jauh di atas SM, CM, atau model Hyundai yang lebih murah seperti Tucson, i10, Grand Avega. Anggota SOCI (SantaFe Owners Club Indonesia) kurang lebihnya 70-80% adalah model DM.

Image

Berkat SantaFe DM pula brand image Hyundai naik kelas dari mobil second tier murah untuk yang tak mampu afford mobil Jepang, jadi mobil first tier bahkan premium, apalagi sejak muncul generasi penerusnya, SantaFe TM di 2018, dan SantaFe selalu jadi product Hyundai yang paling desireable. Nggak percaya ? Coba lah tanya di forum ini saja, kalau Venturer versus CR-V masih bikin galau, tapi begitu disodorin pilihan ketiga SantaFe TM tidak ada yang nolak tho :big_grin:

Lalu sampailah kita di tahun 2021, Hyundai kembali naik daun dengan mobil setrum. Walaupun ini ironis, karena Hyundai gencar promosi mobil listrik sampai sewa influencer, tapi yang laku justru malah SUV terbesarnya, Palisade :upss: terus terang saya kaget juga mobil seperti Palisade bisa laku, tapi karena memang mobil itu sangat "keindonesiaan" : 7-seaters proper, tak heran laku keras.

Image
Hyundai Palisade

Menyusul kemudian adalah SantaFe TM facelift, dan TM Facelift adalah model yang boleh dibilang sangat unik.

Meski tampangnya hampir mirip dengan TM pre-Facelift, tapi TM Facelift adalah mobil yang technically, nyaris berganti generasi. Mungkin sahnya ini adalah SantaFe generasi 4.5 saking banyaknya

Mobil ini duduk di atas all-new platform. Walau saya nggak ngerti alasannya tapi paling alasan pragmatisnya adalah karena KIA Sorento yang baru diluncurkan, dan tentu saja akan lebih efisien produksi 2 mobil kembar beda merek ini jika platformnya sama, bukan? :big_grin:

Image
2021 KIA Sorento

Image

Berkat ganti platform ini, SantaFe terbaru ini punya legroom 39 mm lebih lega, dan bagasi 32 liter lebih luas dibanding pre-facelift model. Ya saya nggak ngukur aslinya wong gak pernah naik TM pre-facelift. :upss: selain itu, mobil juga dibuat semakin ringan dengan banyaknya lightweight material, high tensile steel, ya apapun itu yang intinya : lebih ringan, lebih aman, dan tentu saja lebih mahal... :upss:

Kedua, powertrainnya baik engine dan transmission juga ganti total.

Model gasoline karena less favourite menjadi anak tiri dengan 2.5 Liter G4KM MPI "Smartstream" bertenaga 180 hp @ 6.000 RPM @ 232 Nm @ 4.000 RPM. Padahal di luar ada versi GDI G4KN 191 hp.

Model Diesel - tetap displacement 2.2 Liter, tetapi kali ini bukan mesin R2.2 lama tetapi adalah all-new D4HE "Smartstream" bertenaga 202 hp @ 3.800 RPM / 440 Nm @ 1.750 - 2.750 RPM (saya nggak ngerti kenapa di web Hyundai Indonesia tulisannya masih R2.2 padahal jelas-jelas ada tulisan "smartstream" di cover engine nya).

Image

Transmission jika SantaFe TM lama menggunakan 8-speed Automatic, di yang terbaru ini berganti menjadi Dual Clutch 8-speed (diesel) dan 6-speed (gasoline). Tapi tenang saja, karena DCTnya sistem wet-clutch, and it's not a German or an Indian poverty-pack version, jadi saya agak percaya diri powertrainnya cukup durable :upss:

Sayangnya tidak masuk versi Hybrid 1.6 Turbo. Tapi begini saja sudah harganya mengerikan. OTR 66x untuk tipe Prime dan 73x untuk Signature, belum AWD pula.

Jadi, seperti apa sebuah mobil Korea 700 juta ?

Unit pengujian adalah tipe tertinggi (Signature). Perbedaan utama Signature adalah banyaknya safety assist di dalamnya :
- DBC (Downhill Brake Control) a.k.a hill descent control
- FAC (Forward Collision Assist) - anti nabrak depan
- BCA (Blind Spot Avoidance Assist) - cegah tabrakan dari blind spot, entahlah ini fitur apa.
- BVM (Blind Spot View Monitor) - artinya mobilnya nyaris tak perlu spion, nanti saya lihatin di foto saja.
- LFA (Lane Follow Assist)
- LKA (Lane Keeping Assist)
- RCCA (Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist)
- DAW (Driver Attention Warning)
- Surround View Monitor
- dll

ya intinya 60 juta lebih mahal dari Prime untuk fitur yang membuat mobil lebih sering bunyi di traffic sehari-hari :upss: Oh ya, airbags. Hanya tipe Signature yang punya 6 airbags.

Proper Cars Sucks Air.... and It Sucks A HELL LOT.

Komentar pertama orang lihat SantaFe TM Facelift tentu saja adalah grillnya yang kini makin besar, makin lebar, mirip mulut ikan paus purba yang menelan apapun di jalurnya. Tapi somehow, tidak sulit kok menyesuaikan diri dengan bentuk grillnya, justru menurut saya malah tambah gagah dan keren.

Image

Ya, mobil yang proper itu punya grill... nggak polos kayak.... ah sudahlah nanti dibilang anti perubahan :big_weee:

Image

Image

Lampunya juga punya motif yang cakep, DRLnya terbelah mirip Palisade, biar nggak dikira ngikut-ikut MPV pabrikan sebelah uwkwkwkwk

Image

The rest is history. Lainnya tidak berubah, namanya juga facelift. Sampingnya lebih mengotak, kekar berotot karena salah satu pasar terbesarnya adalah USA. Dari belakang lampunya hanya ketambahan sambungan list warna merah, dan motif lampunya agak diubah.

Image

Image

Image

Sayangnya kenapa velgnya malah pakai yang ini.... :ungg:

Image

Image
Padahal ada velg yang versi ini....

Because Shift Knobs are Overrated.

Image

Perhatian saya tertuju pertama pada tidak hadirnya tuas dan digantikan tombol. Shift by wire. Mirip dengan mobil listrik IONIQ dan Kona EV. Honestly, I'm not a fan of it. Tidak terlihat seperti sebuah mobil yang pakai transmisi dual clutch.

Image

Tapi ya sudahlah, mau bilang apa. Ini sebuah SantaFe juga bukan i30N :upss:

Banyaknya tombol di mobil ini juga bikin rada pusing mau nyalain AC saja bingung cari tombolnya :ungg:

Instrument clusternya full layar semua karena terintegrasi dengan sistem lain, dan yang unik ketika kita nyalain sein salah satu sisi akan berubah jadi tampilan spion. Lucu sekali. Artinya mobil ini nyaris gak perlu spion. Cuma sayangnya sepertinya fitur begini lebih berguna kalau dipasang di head unit layar nongolnya seperti di Accord Turbo krn lebih eye-level dan lebih jelas.

Image

Image

Karena fun fact : kita nyetir itu jarang lihat instrument cluster kok :big_grin:

Saya sangat suka joknya, so comfy, besar, gak susah cari posisi nyetir yang nyaman. Kesan duduk di mobil ini adalah memang seperti akan jalan jauh lintas provinsi atau pulau yang sayangnya lagi-lagi karena covid tidak bisa terlalu bebas eksplorasi :upss:

seketika jok CR-V rasanya seperti mobil..... murah. Ya selisih 200 juta juga sih harganya.

Dan karena ini mobil yang cukup besar interior space dan cargo nya juga pasti besar. Berdasarkan pengalaman, 7-seatersnya cukup proper.

Image

Go Easy on It, This Thing "Bites"

Technical specsnya sudah seperti saya jelaskan di atas : 2.2 Liter CRDi Smartstream dengan tenaga 202 hp / 440 Nm.

Artinya ia naik sekitar 8 hp dari TM pre-facelift dan angka torsinya tetap sama. Dibanding DM tenaganya naik 5 hp dan torsinya turun 5 Nm.

And it's a d*mn good unit. di TM Facelift ini terasa lebih refined lagi, getarannya jauh lebih halus bahkan dibandingkan DM yang masih terasa kayak mesin diesel kuno yang suaranya berisik dan kasar banget walaupun cuma light throttle.

Tetapi pembeda paling utamanya adalah : 8-speed dual-clutch. Surprising mengingat TM pre-facelift saja masih pakai 8-auto biasa. Artinya ini mobil diesel paling advanced yang bisa kita beli saat ini, dan di bawah akan saya bahas mengapa 8-DCT sangat cocok untuk SantaFe Diesel.

OK let's go.

Visibility dari SantaFe TM sangat baik, tidak terasa seperti lagi mengendarai sebuah mobil yang lebarnya 1.9 meter. Ya SantaFe DM sendiri lebarnya sudah 1.8 meter sih... :big_slap:

SantaFe TM punya 4 mode berkendara ECO, COMFORT, SPORT, dan 1 lagi sepertinya individual, tapi saya kali ini karena terbatas waktu fokus ke COMFORT dan SPORT saja. Karena eco usually sucks.

Di awal saya tidak ngerti kalau mobil ini dual clutch. Sampai sales spv yang mendampingi saya bilang mobil ini pakai dual clutch....... ah pantes saja rasanya kok agak "nyantol-nyantol" macem dulu nyetir VW Golf - yang pernah bawa dual clutch pasti tau rasanya. Bedanya ini jauh lebih halus saja dan tersamarkan dengan early torque diesel.

Lalu karena ini adalah dual clutch yang slipnya minim dan lock-up nya cepat, gabungkan itu dengan mesin diesel bertorsi 440 Nm...

BOOM.

Lock-up yang cepat bikin tidak perlu 1/2 injakan gas - 1/4 injakan gas saja sudah bisa membuat SantaFe berdecit di tikungan. Ya, mungkin ini faktor ban KUMHO Cruger yang juga bukan ban jenis performa tinggi sehingga gripnya sedikit ampas. Ditambah, kombinasi 8-percepatan dan dual clutch bikin saya lupa ini adalah mobil diesel yang nafasnya pendek. Serius. Nggak terasa mobil ini redline nya nggak sampai 5.000. 8-speed dan nyaris sangat linear, nyaris tanpa terasa ada "jeda" powerloss di tiap perpindahannya.

Dibanding 6-speed di DM ? Jauh. By a far margin. Saya tidak menyangka dengan gearbox yang berbeda saja karakter mobilnya bisa jauh berbeda gini.

Pada SPORT Mode saya nggak terlalu rasain perbedaan signifikan, tapi yang jelas throttle lebih agresif dan shiftpoint lebih tinggi, dan ketika SPORT mode di Mazda meraung-raung nyebelin dan bikin nyentak nan kasar, di SantaFe software nya cukup bisa mengerti bahwa kita nggak perlu meraung-raung buat daily driving. Hanya decent increase in throttle response saja untuk menunjang kebutuhan overtaking dan akselerasi.

Tapi yang surprising buat saya adalah betapa tenangnya mobil di kondisi apapun. Mau di push seperti apapun SantaFe akan terasa sangat tenang. Saya nggak kerasa kehilangan grip walau ban sudah berdecit keras, nggak kerasa juga bodyroll atau goyangan unnecessary dari sasis depan-belakang mobil. Di jalan umum saya nyentuh 120 kph dengan percaya diri bahwa saya bisa ngontrol mobil ini dan bisa ngerem seketika jika diminta. Sepertinya semua engineer Hyundai saat merancang SantaFe TM disuruh nonton Spider-Man nya Tobey Maguire lalu disuruh ulang-ulang kata-kata Ben Parker : "Power is nothing without control" sebanyak 100x.

Image

Ini sebuah crossover. Ukurannya besar, dan balance chassisnya langit-bumi dengan predecessornya, SantaFe DM. Bahkan CR-V Turbo saja nggak terasa setenang ini.

Ya jelas dengan balance chassis sebaik ini punya konsekuensi ride yang agak firm. Tapi justru itulah mobil ini jadi whole package yang menyenangkan, dan terasa sekali rasa mobil premiumnya, pun seperti naik 1-2 kelas dari DM, yang dulu punya suspensi yang agak tidak jelas, cenderung wallowy dan redaman dampernya sedikit harsh.

Jika dibandingkan dengan competitornya : Mazda CX-9, terasa sekali platform CX-9 yang sudah outdated karena SantaFe bisa bikin overall package yang lebih baik tanpa compromise terlalu banyak di sektor kenyamanan. Dan SantaFe jelas lebih murah dari CX-9.

Minus side nya ?

Pertama saya belum terbiasa dengan shift-by-wire model tombol. Agak aneh karena di traffic saya punya kebiasaan netralin posisi gigi. Biasanya cuma tinggal geser ini mesti mikir dulu pencet-pencet.

Kedua adalah betapa paradoksnya sensor-sensor warning baik tulisan maupun bunyi yang malah bikin kita insecure dengan segala sesuatu di traffic. Saya nyaris gak ngerti ini bunyi dari mana tau-tau ada yang bunyi saking banyaknya warning. Ini kritikan saya terhadap banyak sekali mobil modern yang berusaha keeping us safe but in fact just makes us more and more insecure. Good thing nya, bunyi sensor di SantaFe tidak annoying.

Ketiga adalah it still feels like a Dual-clutch. Oke memang dia halus, jauh lebih halus dari di Golf MK6 saya dulu. Tapi tetap saja ada beberapa saat mobil ini terasa agak "nyantol-nyantol" dan akan terasa terlalu agresif jika drivernya nggak terbiasa. Apalagi ini monster dengan torsi 440 Nm bone stock, penggerak roda depan.

Bonus round : karena begitu parahnya kemacetan di jalan arteri soekarno-hatta semarang saya mesti terpaksa "nyemplungin" mobil yang kinyis-kinyis ini ke gundukan yang lumayan dalam dan diperparah dengan adanya genangan air. Pertama saya agak sayang, tapi lihat Kijang kapsul di depan mampu lewatin saya tergoda. Masak sih SantaFe kalah dengan Kijang tua ? Saya sedikit khawatir mobil akan mentok karena well, monokok, dan karena ada lobang air jadi ada risiko akan selip. Beberapa kali terasa ban belakang ngangkat dan saya pelan-pelan saja dengan light throttle nggak terjadi selip berlebih, not even triggering the traction control.

Tapi dengan kondisi slippery dan "sedikit" extreme seperti itu saja, SantaFe bisa lolos tanpa saya kesulitan ngendaliin. What a car. Mengingat dulu SantaFe DM adalah mobil yang susah banget dikendalikan sampai saya hampir nabrak pemotor karena jalan licin dan setirnya mendadak lari.

Do You Need the "Signature" Trim ?

Saya harus mengakui ini adalah mobil bagus, way better from its predecessor : modelnya intimidating, kualitasnya top notch, ride nya superb, tenaganya besar.

tetapi the bigger question : apa perlu beli tipe Signature yang sudah tembus 700 juta ?

Saya tak terlalu fancy dengan safety systemnya, tapi saya harus jawab : YA. Objectively. Karena kalau anda sudah kaya punya duit 700 juta untuk beli mobil, kenapa harus nanggung? Anda tak akan mikir lagi mobil ini value for money atau tidak, selisih 60 juta cuma berasa seperti a tickle in your pocket, 60 juta itu hanya 10% lebih mahal dari tipe tengah : "Prime" yang fiturnya jauh lebih..... miskin.

Dan 700 juta saat ini juga tidak dapat SUV entry level Eropa. Kalaupun dapat ya dapat yang speknya menyedihkan sekali dan naikannya saya jamin tidak akan lebih enak dari SantaFe, yah namanya juga mobil entry level walau brand Eropa pun. Lebih sempit, lebih keras, tidak bisa muat 7 orang. Been there done that.

Bahkan kompetitor terdekatnya, Mazda CX-9 juga harganya 800 lewat.

Kenyataan ini bikin SantaFe 700 juta jadi terasa murah sekali dibanding apa yang ditawarkan. Hanya jangan lupa : mobil ini ngisinya DEX. Jangan keenakan sebelumnya pakai Innova 2GD atau 2KD lalu ganti SantaFe pingin tetep isi BioSolar :big_weee:
masaudie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by masaudie »

Kemaren baru aja test drive Santa Fe Prime 2.2 (odo unitnya di 17rb km). Mesin powerful banget (buat roadtrip ngetoll kynya nikmat), posisi duduk pas, bantingan oke (kebetulan test drive di komplek yg jalannya jelek.. ehem -green andara- ehem), untuk trim tengah fitur melimpah, baris ke 2 dan 3 lega.

Perasaan sy doang apa AC nya kurang dingin ya? Autoclimate di set ke 19.5 utk pengemudi dan penumpang depan, fan nya di level 2 masih agak gerah. Kemaren test drivenya di sebuah jam 11.00 yg emang matahari lagi ganas. Pulang dari testdrive pake GNKI beda banget ACnya. Apa emang kijang acnya yang ky kulkas..
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by yohanesw »

masaudie wrote:Kemaren baru aja test drive Santa Fe Prime 2.2 (odo unitnya di 17rb km). Mesin powerful banget (buat roadtrip ngetoll kynya nikmat), posisi duduk pas, bantingan oke (kebetulan test drive di komplek yg jalannya jelek.. ehem -green andara- ehem), untuk trim tengah fitur melimpah, baris ke 2 dan 3 lega.

Perasaan sy doang apa AC nya kurang dingin ya? Autoclimate di set ke 19.5 utk pengemudi dan penumpang depan, fan nya di level 2 masih agak gerah. Kemaren test drivenya di sebuah jam 11.00 yg emang matahari lagi ganas. Pulang dari testdrive pake GNKI beda banget ACnya. Apa emang kijang acnya yang ky kulkas..
innova memang acnya kulkas bener, kalo santa fe proporsional sesuai fan dan suhu. Faktor udara luar masuk/ga juga bikin panas
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by pendoli »

masaudie wrote: 24 Jan 2022, 10:29 Kemaren baru aja test drive Santa Fe Prime 2.2 (odo unitnya di 17rb km). Mesin powerful banget (buat roadtrip ngetoll kynya nikmat), posisi duduk pas, bantingan oke (kebetulan test drive di komplek yg jalannya jelek.. ehem -green andara- ehem), untuk trim tengah fitur melimpah, baris ke 2 dan 3 lega.

Perasaan sy doang apa AC nya kurang dingin ya? Autoclimate di set ke 19.5 utk pengemudi dan penumpang depan, fan nya di level 2 masih agak gerah. Kemaren test drivenya di sebuah jam 11.00 yg emang matahari lagi ganas. Pulang dari testdrive pake GNKI beda banget ACnya. Apa emang kijang acnya yang ky kulkas..
Kemaren emang panasnya gila si 🤣 mobil CBU kayanya banyak yg AC nya ngga setrong ya paling fan digedein?
hmm apa santafe test drivenya ga dikasi KF pnoramicnya?
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by yohanesw »

pendoli wrote: 24 Jan 2022, 10:58
masaudie wrote: 24 Jan 2022, 10:29 Kemaren baru aja test drive Santa Fe Prime 2.2 (odo unitnya di 17rb km). Mesin powerful banget (buat roadtrip ngetoll kynya nikmat), posisi duduk pas, bantingan oke (kebetulan test drive di komplek yg jalannya jelek.. ehem -green andara- ehem), untuk trim tengah fitur melimpah, baris ke 2 dan 3 lega.

Perasaan sy doang apa AC nya kurang dingin ya? Autoclimate di set ke 19.5 utk pengemudi dan penumpang depan, fan nya di level 2 masih agak gerah. Kemaren test drivenya di sebuah jam 11.00 yg emang matahari lagi ganas. Pulang dari testdrive pake GNKI beda banget ACnya. Apa emang kijang acnya yang ky kulkas..
Kemaren emang panasnya gila si 🤣 mobil CBU kayanya banyak yg AC nya ngga setrong ya paling fan digedein?
hmm apa santafe test drivenya ga dikasi KF pnoramicnya?
unit TD ga ada kf depan + panoramic om, setelah dikasih jauh banget bedanya.
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
masaudie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by masaudie »

yohanesw wrote: 24 Jan 2022, 11:02
pendoli wrote: 24 Jan 2022, 10:58
masaudie wrote: 24 Jan 2022, 10:29 Kemaren baru aja test drive Santa Fe Prime 2.2 (odo unitnya di 17rb km). Mesin powerful banget (buat roadtrip ngetoll kynya nikmat), posisi duduk pas, bantingan oke (kebetulan test drive di komplek yg jalannya jelek.. ehem -green andara- ehem), untuk trim tengah fitur melimpah, baris ke 2 dan 3 lega.

Perasaan sy doang apa AC nya kurang dingin ya? Autoclimate di set ke 19.5 utk pengemudi dan penumpang depan, fan nya di level 2 masih agak gerah. Kemaren test drivenya di sebuah jam 11.00 yg emang matahari lagi ganas. Pulang dari testdrive pake GNKI beda banget ACnya. Apa emang kijang acnya yang ky kulkas..
Kemaren emang panasnya gila si 🤣 mobil CBU kayanya banyak yg AC nya ngga setrong ya paling fan digedein?
hmm apa santafe test drivenya ga dikasi KF pnoramicnya?
unit TD ga ada kf depan + panoramic om, setelah dikasih jauh banget bedanya.
Nah ini sy gak perhatiin kemaren. Apa gara2 mobil warna hitam juga yak?
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by vhar7 »

masaudie wrote: 24 Jan 2022, 10:29 Kemaren baru aja test drive Santa Fe Prime 2.2 (odo unitnya di 17rb km). Mesin powerful banget (buat roadtrip ngetoll kynya nikmat), posisi duduk pas, bantingan oke (kebetulan test drive di komplek yg jalannya jelek.. ehem -green andara- ehem), untuk trim tengah fitur melimpah, baris ke 2 dan 3 lega.

Perasaan sy doang apa AC nya kurang dingin ya? Autoclimate di set ke 19.5 utk pengemudi dan penumpang depan, fan nya di level 2 masih agak gerah. Kemaren test drivenya di sebuah jam 11.00 yg emang matahari lagi ganas. Pulang dari testdrive pake GNKI beda banget ACnya. Apa emang kijang acnya yang ky kulkas..
Bantu jawab, saya pengguna Santa Fe 2021 tipe Prime juga. Feeling gerah nya sama saya jg alami pas awal2.

Pertama hanya ganti kaca film depan aja V-kool 40% (samping2 tetep standard), hasilnya lumayan lebih adem dibanding dengan kaca film depan bawaan.
Dipake sekitar 2 bulan kemudian tetep masih kerasa agak gerah (AC kalo siang di 18 derajat, fan 3)

Lalu menyusul ganti kaca film samping pengemudi kanan kiri dan row ke 2 kanan kiri dengan V-kool 60%. Hasilnya lebih ga gerah (AC kalo siang di 20 derajat uda ok, fan 2)

*bukan sales v-kool*
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by yohanesw »

vhar7 wrote:
masaudie wrote: 24 Jan 2022, 10:29 Kemaren baru aja test drive Santa Fe Prime 2.2 (odo unitnya di 17rb km). Mesin powerful banget (buat roadtrip ngetoll kynya nikmat), posisi duduk pas, bantingan oke (kebetulan test drive di komplek yg jalannya jelek.. ehem -green andara- ehem), untuk trim tengah fitur melimpah, baris ke 2 dan 3 lega.

Perasaan sy doang apa AC nya kurang dingin ya? Autoclimate di set ke 19.5 utk pengemudi dan penumpang depan, fan nya di level 2 masih agak gerah. Kemaren test drivenya di sebuah jam 11.00 yg emang matahari lagi ganas. Pulang dari testdrive pake GNKI beda banget ACnya. Apa emang kijang acnya yang ky kulkas..
Bantu jawab, saya pengguna Santa Fe 2021 tipe Prime juga. Feeling gerah nya sama saya jg alami pas awal2.

Pertama hanya ganti kaca film depan aja V-kool 40% (samping2 tetep standard), hasilnya lumayan lebih adem dibanding dengan kaca film depan bawaan.
Dipake sekitar 2 bulan kemudian tetep masih kerasa agak gerah (AC kalo siang di 18 derajat, fan 3)

Lalu menyusul ganti kaca film samping pengemudi kanan kiri dan row ke 2 kanan kiri dengan V-kool 60%. Hasilnya lebih ga gerah (AC kalo siang di 20 derajat uda ok, fan 2)

*bukan sales v-kool*
bener om, kalo dari pengalaman saya yg ngefek paling banyak sih kf di sunroof dan kaca depan yang harus bagus
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
alexand
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by alexand »

semenjak aturan euro 4 kayaknya lebih worth piara ginian daripada 2GD / 1GD yg di isi solar dex :mky_02:
ctopher7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by ctopher7 »

alexand wrote:semenjak aturan euro 4 kayaknya lebih worth piara ginian daripada 2GD / 1GD yg di isi solar dex :mky_02:
kalo uda legowo isi dex mah, piara 1gd juga mantep om. kobel dikit pasti tembus 250hp

cuman saya kaum gabisa move on dari solar goceng karna uda 10 tahun isi bahan bakar murah terus wkwkwk

tapi skrg lah ngebut juga gimana uda banyak speed trap camera

yah ujung ujungnya mobil cmn jadi alat buat pindah dari a ke b aja kalo begini mah di jakarta. dah gabisa buat enthusiast wkwkwk.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1581
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by KielConstantine »

alexand wrote: 12 Apr 2022, 06:10 semenjak aturan euro 4 kayaknya lebih worth piara ginian daripada 2GD / 1GD yg di isi solar dex :mky_02:
Ane sempet cek2 sih grand santa-fe diesel (TM) model prefacelift, masih pada 500 jutaan semua harganya . Lumayan nahan jg ya . Kirain terjun bebas :big_slap:

Klo ud nyentuh 400 kecil menarik sih . Rela deh full tank pertadex klo mobilnya beginian :big_blushing:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5854
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by evolution21 »

ctopher7 wrote: 12 Apr 2022, 18:54
alexand wrote:semenjak aturan euro 4 kayaknya lebih worth piara ginian daripada 2GD / 1GD yg di isi solar dex :mky_02:
kalo uda legowo isi dex mah, piara 1gd juga mantep om. kobel dikit pasti tembus 250hp

cuman saya kaum gabisa move on dari solar goceng karna uda 10 tahun isi bahan bakar murah terus wkwkwk

tapi skrg lah ngebut juga gimana uda banyak speed trap camera

yah ujung ujungnya mobil cmn jadi alat buat pindah dari a ke b aja kalo begini mah di jakarta. dah gabisa buat enthusiast wkwkwk.
Meski power mesin ipah bisa diulik sampe kenceng tp noisenya terasa terlalu besar
Kalah level dibanding dieselnya hyundai
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1145
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by benzz89 »


KielConstantine wrote: Klo ud nyentuh 400 kecil menarik sih . Rela deh full tank pertadex klo mobilnya beginian :big_blushing:
Yakin tuh rela mau ganti solar goceng ke dex? Biasa nyolok nopekgo ceng sdh luber2 nanti nyolok gopek ceng itu tangki solar msh mangap aje minta nambah jatah... mana bisa makan gyu-kaku lg om kiel? Hahahah

AbdulHakim
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by AbdulHakim »

Hyundai bakal ngeluarin mobil diesel irit CC kecil kembaran Seltos CRDI gak ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by ChZ »

vankryie wrote: 27 Jun 2021, 12:02
Om, kl disuruh milih Civic Turbo atau SantaFe ini? :) Bole kasih alasannya 3 aja Om, selain kualitas,aftersales dan kenceng2an..
baru nyadar ada yang nanya begini hahaha ini pertanyaan trolling banget soalnya yang 2 terakhir ga boleh dimasukin...

pdhl kalo jawaban saya ya pasti civic. entah, sampe hari ini jg blom ketemu pengganti civic yang pas. makanya msh rencana pertahankan mobilnya sampe agak lama.

3 alasan utama :
- mobilnya ukuran pas ngga terlalu gede ngga terlalu kecil.
- modifnya gampang, ngga cuma masalah straightline performance (kan katanya alasan selain kenceng kencengan) tp pilihan parts lain jg banyak. jd mau dipake 10 taun pun gak bosen.
- lebih suka sedan/hatchback daripada SUV

klo masukin aftersales ya saya pengalaman sih blom percaya penuh sama aftersales hyundie ya mau dikata skrg udah jauh lebih bener daripada dulu.

dulu hose turbo santafe DM aja nunggu sebulan. maaf aja hyundie kesan saya masih fokus ke jualan aja krn saya liat bengkel blom ada mobilnya samsek. kok seperti dapet kesan kalo HMID ini blom terlalu serius garap aftersales.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: 2021 Hyundai SantaFe 2.2 CRDi Signature Quick Drive

Post by yohanesw »

benzz89 wrote:
KielConstantine wrote: Klo ud nyentuh 400 kecil menarik sih . Rela deh full tank pertadex klo mobilnya beginian :big_blushing:
Yakin tuh rela mau ganti solar goceng ke dex? Biasa nyolok nopekgo ceng sdh luber2 nanti nyolok gopek ceng itu tangki solar msh mangap aje minta nambah jatah... mana bisa makan gyu-kaku lg om kiel? Hahahah
kalo sekarang mah 250rb vs 700rb ImageImage
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
Post Reply