Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9808
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 4:47 Mau tanya pendapat Oli mesin pemakain 2rb KM 7 bulan PTT 5w30 full synthetic botol gold.

Mobilio RS AT thn 2015 KM 84rb sekarang.
Ini penampakan oli dipakai 7 bulan dengan jarak 2rb KM
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan.jpg

Setelah tunggu lebih dr 5 menit
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan tunggu 5 menit.jpg

BBM pertalite, tarikan masih enak dan suara mesin masih halus.
Tapi baunya oli kok sptnya ada bau bensin yah
pasti bau bbm.
hahaha.
sy jg gtu.

kecuali mobil listrik dijamin gak bau bensin :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 4:47 Mau tanya pendapat Oli mesin pemakain 2rb KM 7 bulan PTT 5w30 full synthetic botol gold.

Mobilio RS AT thn 2015 KM 84rb sekarang.
Ini penampakan oli dipakai 7 bulan dengan jarak 2rb KM
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan.jpg

Setelah tunggu lebih dr 5 menit
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan tunggu 5 menit.jpg

BBM pertalite, tarikan masih enak dan suara mesin masih halus.
Tapi baunya oli kok sptnya ada bau bensin yah
2000km dlm 7 bulan, berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah. tiap cold start kan rich air fuel ratio, ibaratnya choke/[cencored] ditarik kl mobil karbu. pasti pengaruhnya mengakibatkan fuel dilution ke oli mesinnya.

*wah disensor haha. orang cuma bilang "c u k"
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by blloewy »

tororidho wrote: Sat Jul 03, 2021 2:27
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 6:42 Review si PTT API 0W-30 API SP di lipindut 2012.
Dibejek langsung di tol kecepatan 80-110 kpj jarak 220 km. Dan sisanya 80 km jalan biasa tp ngga macet jd lancar.
Pake perta turbo isi 150 rb kurleb 15 liter dpt 300 km.
FC nya naek jadi 1:18-20, emang enak dibejek jg enak ini Oli.
Cuma ya itu nanti di 3000 km mulai nguap dech sikit2....
:big_dunno:
Pake oli 0W di livina aman ya om? Klo gasalah di buku manual visco paling rendah yg awalan 5W, ngeri pas cold start potensi metal wear nya lebih gede karena lebih encer di suhu dingin (?) :big_think:
Lah justru itu yg dicari makin encer di suhu dingin spy begitu starter sdh lansung melumasi bagian mesin...
kl kentel nanti blm sempet melumasi mesin jadi wear metalnya malah muncul :big_grin:
begitu hasil penerawangan saya sejak gabung di SM thread oli ini.
Tp kl khawatir ambil aja yg 5W-30 :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50
Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 4:47 Mau tanya pendapat Oli mesin pemakain 2rb KM 7 bulan PTT 5w30 full synthetic botol gold.

Mobilio RS AT thn 2015 KM 84rb sekarang.
Ini penampakan oli dipakai 7 bulan dengan jarak 2rb KM
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan.jpg

Setelah tunggu lebih dr 5 menit
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan tunggu 5 menit.jpg

BBM pertalite, tarikan masih enak dan suara mesin masih halus.
Tapi baunya oli kok sptnya ada bau bensin yah
2000km dlm 7 bulan, berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah. tiap cold start kan rich air fuel ratio, ibaratnya choke/[cencored] ditarik kl mobil karbu. pasti pengaruhnya mengakibatkan fuel dilution ke oli mesinnya.

*wah disensor haha. orang cuma bilang "c u k"
Mbah shifu....kl gt pas ditest lab misalkan ada fuel dilution ya?
jadi dianggap sama aja kaya genset itu mobil...mesin hidup tp no running..
kira2 pengaruh kah ke seal2 di dlm engine ke depannya?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50
*wah disensor haha. orang cuma bilang "c u k"

:big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Sat Jul 03, 2021 6:33
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50
Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 4:47 Mau tanya pendapat Oli mesin pemakain 2rb KM 7 bulan PTT 5w30 full synthetic botol gold.

Mobilio RS AT thn 2015 KM 84rb sekarang.
Ini penampakan oli dipakai 7 bulan dengan jarak 2rb KM
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan.jpg

Setelah tunggu lebih dr 5 menit
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan tunggu 5 menit.jpg

BBM pertalite, tarikan masih enak dan suara mesin masih halus.
Tapi baunya oli kok sptnya ada bau bensin yah
2000km dlm 7 bulan, berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah. tiap cold start kan rich air fuel ratio, ibaratnya choke/[cencored] ditarik kl mobil karbu. pasti pengaruhnya mengakibatkan fuel dilution ke oli mesinnya.

*wah disensor haha. orang cuma bilang "c u k"
Mbah shifu....kl gt pas ditest lab misalkan ada fuel dilution ya?
jadi dianggap sama aja kaya genset itu mobil...mesin hidup tp no running..
kira2 pengaruh kah ke seal2 di dlm engine ke depannya?
mungkin malah lbh buruk drpd ketika jd genset. kl genset kan suhu kerja normal, kl pun ada fuel dilution lbh cepat menguap dr oli meskipun mungkin meninggalkan residu jg yg stay di oli. pendapat awam ya, krn sy bukan ahli.

utk efek ke seal, tergantung seberapa parah konsentrasi bensin nya. tp konon yg paling terpengaruh itu kemampuan pelumasan oli yg drop signifikan (more wear).
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 6:45
blloewy wrote: Sat Jul 03, 2021 6:33
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50

2000km dlm 7 bulan, berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah. tiap cold start kan rich air fuel ratio, ibaratnya choke/[cencored] ditarik kl mobil karbu. pasti pengaruhnya mengakibatkan fuel dilution ke oli mesinnya.

*wah disensor haha. orang cuma bilang "c u k"
Mbah shifu....kl gt pas ditest lab misalkan ada fuel dilution ya?
jadi dianggap sama aja kaya genset itu mobil...mesin hidup tp no running..
kira2 pengaruh kah ke seal2 di dlm engine ke depannya?
mungkin malah lbh buruk drpd ketika jd genset. kl genset kan suhu kerja normal, kl pun ada fuel dilution lbh cepat menguap dr oli meskipun mungkin meninggalkan residu jg yg stay di oli. pendapat awam ya, krn sy bukan ahli.

utk efek ke seal, tergantung seberapa parah konsentrasi bensin nya. tp konon yg paling terpengaruh itu kemampuan pelumasan oli yg drop signifikan (more wear).
Iya .... more wear
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 6:45
mungkin malah lbh buruk drpd ketika jd genset. kl genset kan suhu kerja normal, kl pun ada fuel dilution lbh cepat menguap dr oli meskipun mungkin meninggalkan residu jg yg stay di oli. pendapat awam ya, krn sy bukan ahli.

utk efek ke seal, tergantung seberapa parah konsentrasi bensin nya. tp konon yg paling terpengaruh itu kemampuan pelumasan oli yg drop signifikan (more wear).
wuh jadi degradasi kemampuan pelumasan oli.
kl jadi genset ternyata msh lbh mending (ala +62) drpd sering dipanasin aja di rmh ternyata. :big_slap:
nubie in all things - still need to learn
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Profith83 »

Fix buang deh olinya agar aman mobilnya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 6:57 Fix buang deh olinya agar aman mobilnya
:big_biglaugh:

sy ga dibuang dulu. bawa jalan2 aja keliling komplek dgn rpm rendah sampai cukup lama di suhu kerja normal. berharap dia menguap. akhirnya di drain setelah 10 bulan. ya gimana sayang jg oli keraton. :ungg:
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Taufiq6210 »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50 berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah.
Apa bedanya mbah antara panasin di rumah dan dipake biasa? Pemakaian biasa kan kalau udah diem beberapa jam (misal jeda dari berangkat ke pulang kantor) juga jadi sama-sama cold start
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

Taufiq6210 wrote: Sat Jul 03, 2021 7:18
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50 berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah.
Apa bedanya mbah antara panasin di rumah dan dipake biasa? Pemakaian biasa kan kalau udah diem beberapa jam (misal jeda dari berangkat ke pulang kantor) juga jadi sama-sama cold start
kl pergi/pulang kantor kan abis cold start itu mobil dipakai jalan jd beroperasi sekian lama dlm suhu kerja normal. itu yg penting mbah.

kl cuma di rumah sering kali dia ga cukup panas.

belum lagi kondensasi dr uap air yg belum evaporates.

nah konon 1x trip yg aman itu minimal 15km. kl setiap trip dibawah 15km bisa dibilang short trip n oleh karenanya jadwal service severe condition perlu dipertimbangkan.

ini video dr berrima diesel, catch can nya terisi dgn water condensation. itu mesin diesel, prinsipnya sama tp kl diesel bisa lbh parah krn dia panasnya lebih lama drpd mesin bensin jd evaporasi terjadi perlu waktu lebih lama. dan (info dr sumber lain) diperparah kl bbmnya biodiesel krn bio sifatnya ngejel malah bikin viscosity oli jd lebih kental kl terjadi fenomena fuel dilution di mesin diesel yg pakai bbm biodiesel.


DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 7:30
Taufiq6210 wrote: Sat Jul 03, 2021 7:18
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 5:50 berapa kali cold start itu belom lagi kl cuma panasin di rumah.
Apa bedanya mbah antara panasin di rumah dan dipake biasa? Pemakaian biasa kan kalau udah diem beberapa jam (misal jeda dari berangkat ke pulang kantor) juga jadi sama-sama cold start
kl pergi/pulang kantor kan abis cold start itu mobil dipakai jalan jd beroperasi sekian lama dlm suhu kerja normal. itu yg penting mbah.

kl cuma di rumah sering kali dia ga cukup panas.

belum lagi kondensasi dr uap air yg belum evaporates.

nah konon 1x trip yg aman itu minimal 15km. kl setiap trip dibawah 15km bisa dibilang short trip n oleh karenanya jadwal service severe condition perlu dipertimbangkan.

ini video dr berrima diesel, catch can nya terisi dgn water condensation. itu mesin diesel, prinsipnya sama tp kl diesel bisa lbh parah krn dia panasnya lebih lama drpd mesin bensin jd evaporasi terjadi perlu waktu lebih lama. dan (info dr sumber lain) diperparah kl bbmnya biodiesel krn bio sifatnya ngejel malah bikin viscosity oli jd lebih kental kl terjadi fenomena fuel dilution di mesin diesel yg pakai bbm biodiesel.


kamsia ilmu nya mbah

nubie numpang catet dl :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

bentar lagi keluar foto nganu nih dr mbah rektor. atas ane ngaku2 nubie

tiga

dua


saa .....


saaa.....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 9:24 bentar lagi keluar foto nganu nih dr mbah rektor. atas ane ngaku2 nubie

tiga

dua


saa .....


saaa.....
ampunn mnbahhh

itu susana lmayan serem loh

lebi serem dari pelem simanis jembatan ancol yg pertama
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9808
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »



:upss: :upss: :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Sat Jul 03, 2021 11:12

:upss: :upss: :upss:

ayo mbah bilang ke pak bos ganti nama.... bikin bubur merah putih...
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Profith83 »

Akhirnya ganti oli juga.
Setelah ganti oli tarikan lebih ringan.
Putaran RPM bawah lebih nariiiiiiik

Sip.
Coba kali ini kalau ke ortu 10 menit tetap matikan mesin.
Tapi start awal dilution lagi wakakakak
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 11:47 Akhirnya ganti oli juga.
Setelah ganti oli tarikan lebih ringan.
Putaran RPM bawah lebih nariiiiiiik

Sip.
Coba kali ini kalau ke ortu 10 menit tetap matikan mesin.
Tapi start awal dilution lagi wakakakak
bawa kompor taruh dibawahnya oil pan jd oli panas terus. wakakakakaka
Yeka
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Oct 18, 2019 14:53
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Yeka »

Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 4:18
Yeka wrote: Fri Jul 02, 2021 11:51
silverserpent9 wrote: Fri Jul 02, 2021 8:41

Ini berarti yg botol emas ya om?
Ya betul om, pernah juga pake ptt 5-30 yang gold cuma 6 bulan gatel drain tuang ptt diskon walaupun masih enak juga sebenernya.
6 bulan berapa KM. Kenapa di drain om?
Gak sampe 6000km kayaknya. Gatel aja om mo icip api sp
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 12:30
Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 11:47 Akhirnya ganti oli juga.
Setelah ganti oli tarikan lebih ringan.
Putaran RPM bawah lebih nariiiiiiik

Sip.
Coba kali ini kalau ke ortu 10 menit tetap matikan mesin.
Tapi start awal dilution lagi wakakakak
bawa kompor taruh dibawahnya oil pan jd oli panas terus. wakakakakaka
:big_biglaugh: tetap dilution. Ternyata oli kalau cuma sekali start jalan RPM 2rb terus bisa sampai 10rb KM yah om. Soalnya gak gak ada dilution.

Tapi start mesin, stop and go menyebabkan dilution parah.
Paling gampang memang kalau performa turun waktunya ganti oli hahahahah
tororidho
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Sep 24, 2018 4:48
Location: Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by tororidho »

Suryaputra wrote: Sat Jul 03, 2021 3:10
tororidho wrote: Sat Jul 03, 2021 2:27
blloewy wrote: Fri Jul 02, 2021 6:42 Review si PTT API 0W-30 API SP di lipindut 2012.
Dibejek langsung di tol kecepatan 80-110 kpj jarak 220 km. Dan sisanya 80 km jalan biasa tp ngga macet jd lancar.
Pake perta turbo isi 150 rb kurleb 15 liter dpt 300 km.
FC nya naek jadi 1:18-20, emang enak dibejek jg enak ini Oli.
Cuma ya itu nanti di 3000 km mulai nguap dech sikit2....
:big_dunno:
Pake oli 0W di livina aman ya om? Klo gasalah di buku manual visco paling rendah yg awalan 5W, ngeri pas cold start potensi metal wear nya lebih gede karena lebih encer di suhu dingin (?) :big_think:
no issue,
karena 5w, 0w dan 10w dst itu berlaku untuk suhu beku / sub-zero temperature (temp minus).
klo suhu masih di atas 0, relatif mirip kentel cold startnya.
okee tengkyu infonya om surya, jd ga perlu khawatir ya sebenernya
blloewy wrote: Sat Jul 03, 2021 6:31
tororidho wrote: Sat Jul 03, 2021 2:27 Pake oli 0W di livina aman ya om? Klo gasalah di buku manual visco paling rendah yg awalan 5W, ngeri pas cold start potensi metal wear nya lebih gede karena lebih encer di suhu dingin (?) :big_think:
Lah justru itu yg dicari makin encer di suhu dingin spy begitu starter sdh lansung melumasi bagian mesin...
kl kentel nanti blm sempet melumasi mesin jadi wear metalnya malah muncul :big_grin:
begitu hasil penerawangan saya sejak gabung di SM thread oli ini.
Tp kl khawatir ambil aja yg 5W-30 :big_peace:
iyasih ya scr teoritis lebih gampang lumasi mesin pas cold start. jadi penasaran pengen coba hahaha paling perhatiin penguapannya aja kali ya
thx penjelasannya om :big_okay:
Arsilham899
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Mon Mar 15, 2021 3:38
Location: Central Java
Daily Vehicle: Honda Jazz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Arsilham899 »

Permisi om, numpang nanya, setelah baca2 trit disini akhirnya keracunan juga ams ss 0w-20 buat gk5 saya, sebelumnya pake ptt syn eco 0w-20 5rb km buang, nah rencana saya mau pake ams ini buat 10-15rb km bisa gak ya om? :mky_01: dengan track harian dalkot sekitar 50an km dan lukot 1 bulan sekali sekitar 500km. Bbm pertalit pas mepet dan pertamax pas ada bonus :big_cry:
Btw, ini udah jalan 3000km dalam 4 bulan dan kondisinya udah kayak gini :big_childish: , seinget saya dulu waktu pake ptt ga seitem ini deh, kenapa ya? :big_think:
20210705_085126.jpg
20210705_084904.jpg
Kalo dari jeroan mesin sih saya liat kinclong poll, apa benar demikian? :ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

Arsilham899 wrote: Mon Jul 05, 2021 1:53 Permisi om, numpang nanya, setelah baca2 trit disini akhirnya keracunan juga ams ss 0w-20 buat gk5 saya, sebelumnya pake ptt syn eco 0w-20 5rb km buang, nah rencana saya mau pake ams ini buat 10-15rb km bisa gak ya om? :mky_01: dengan track harian dalkot sekitar 50an km dan lukot 1 bulan sekali sekitar 500km. Bbm pertalit pas mepet dan pertamax pas ada bonus :big_cry:
Btw, ini udah jalan 3000km dalam 4 bulan dan kondisinya udah kayak gini :big_childish: , seinget saya dulu waktu pake ptt ga seitem ini deh, kenapa ya? :big_think:

20210705_085126.jpg

20210705_084904.jpg
Kalo dari jeroan mesin sih saya liat kinclong poll, apa benar demikian? :ungg:
hampir semua org yg pake amsoil bilang olinya cepet item...

tenang om item ga berarti jelek.. ada banyak banget faktor yg bikin dia item...

some additives bisa bikin dia cepet item..

no sludge kan? dan msh encer olinya, tanda masih aman banget, itu mesin juga kinclong pol....

https://parts.olathetoyota.com/blog/441 ... -represent

Ini amsoil ss 5w30 jalan 10rb km
Screenshot_2021-07-05-09-47-46.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Profith83 »

Profith83 wrote: Sat Jul 03, 2021 4:47 Mau tanya pendapat Oli mesin pemakain 2rb KM 7 bulan PTT 5w30 full synthetic botol gold.

Mobilio RS AT thn 2015 KM 84rb sekarang.
Ini penampakan oli dipakai 7 bulan dengan jarak 2rb KM
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan.jpg

Setelah tunggu lebih dr 5 menit
Mobilo KM 84rb pakai 2rbKM 7 bulan tunggu 5 menit.jpg

BBM pertalite, tarikan masih enak dan suara mesin masih halus.
Tapi baunya oli kok sptnya ada bau bensin yah
ini penampakannya oli PTT 5w30 Gold. Rentang 7 bln dipakai 2rb KM. Sekarang mobil sudah jalan 84rb KM.
Mobilio RS AT 2015
PTT 7bln 2rbKM now 84rbKM.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.