2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by Suryaputra »

evanbngdor wrote: 23 Aug 2022, 09:11
Suryaputra wrote: 21 Aug 2022, 09:26
mulyatan wrote: 20 Aug 2022, 20:30 Kenapa ya banyak yg mengkotak-kotakan jenis mobil. Misalnya Stargazer krn LMPV gak bisa dibandingkan dgn BR-V yg LSUV. Kalau menurut saya selama harganya deket2 dan 7 seater, apa salahnya dibandingkan? Atau Cortez disebutnya medium MPV gak bisa dibandingkan LMPV, padahal kan harganya deket2 juga. Ada masukan dari rekan2?
Karena:
- Kebutuhan
- Prioritas
- Positioning dan Diferensiasi Produk

Karena jual mobil kan gak kaya jualan gorengan,
Harus ada pembeda, Why customer mau beli compare dgn yg lain, atau even dgn kategori kelas yg lbh besar?
Nah, konsep bisnis yg bener nih. Mirip kayak handphone jg lah kira2. Basic processor nya sama, fitur mirip, spec mirip, yg dibedakan dr segi batere aja. Bisa langsung dirilis tipe produk baru yg highlight nya ke batere. Why nya ya faktor batere itu doang, at least ada highlight pembeda
:mky_03:

Apalagi di manufaktur besar macem mobil gini, kalo bisa ya salam satu mesin, satu platform, dan satu lainnya juga supaya hemat cost tp bisa bikin differensiasi produk yang akhirnya meningkatkan market share jg
Iya T sama H masih unggul klo soal Why gini gini.
The main why is the brand itself, giving you peace of mind

Bukan bebas rusak, tapi lebih ke jaringan bengkel yg mampu nanganin brand tsb dan tutorial DIY nya banyak banget

Karena satu mesin, satu platform dan satu lain nya, learning curve teknisi atau DIYers nya lbh efisien :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by evanbngdor »

Suryaputra wrote: 23 Aug 2022, 09:33
evanbngdor wrote: 23 Aug 2022, 09:11
Suryaputra wrote: 21 Aug 2022, 09:26

Karena:
- Kebutuhan
- Prioritas
- Positioning dan Diferensiasi Produk

Karena jual mobil kan gak kaya jualan gorengan,
Harus ada pembeda, Why customer mau beli compare dgn yg lain, atau even dgn kategori kelas yg lbh besar?
Nah, konsep bisnis yg bener nih. Mirip kayak handphone jg lah kira2. Basic processor nya sama, fitur mirip, spec mirip, yg dibedakan dr segi batere aja. Bisa langsung dirilis tipe produk baru yg highlight nya ke batere. Why nya ya faktor batere itu doang, at least ada highlight pembeda
:mky_03:

Apalagi di manufaktur besar macem mobil gini, kalo bisa ya salam satu mesin, satu platform, dan satu lainnya juga supaya hemat cost tp bisa bikin differensiasi produk yang akhirnya meningkatkan market share jg
Iya T sama H masih unggul klo soal Why gini gini.
The main why is the brand itself, giving you peace of mind

Bukan bebas rusak, tapi lebih ke jaringan bengkel yg mampu nanganin brand tsb dan tutorial DIY nya banyak banget

Karena satu mesin, satu platform dan satu lain nya, learning curve teknisi atau DIYers nya lbh efisien :big_biglaugh:
Setuju mbah. Apalagi T sama H itu masih menjunjung tinggi prinsip dan konsep Jepun di bisnis mereka, kayak misal Kaizen, Jidoka, 5S, Dandori, Poka-yoke, dll. Secara umum mengarah ke efektif dan efisien kan.

Temen yg udah kerja hampir 10 tahun di manufaktur jepun akhirnya skg dalam kehidupan sehari-hari pun terkena 'brainwash' konsep2 tsb, ya ngga salah jg sih, kalo salah ngga mungkin dijadikan sebagai pedoman
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 23 Aug 2022, 09:11
Nah, konsep bisnis yg bener nih. Mirip kayak handphone jg lah kira2. Basic processor nya sama, fitur mirip, spec mirip, yg dibedakan dr segi batere aja. Bisa langsung dirilis tipe produk baru yg highlight nya ke batere. Why nya ya faktor batere itu doang, at least ada highlight pembeda
:mky_03:

Apalagi di manufaktur besar macem mobil gini, kalo bisa ya salam satu mesin, satu platform, dan satu lainnya juga supaya hemat cost tp bisa bikin differensiasi produk yang akhirnya meningkatkan market share jg
nahh tapi di segmen 7 seaters, 300 juta-an, ini agak beda mbah krn sekarang bedanya nyaris tipis antara low-mpv dan low-"suv". makanya di market nya agak bingung.

misal kalau dulu orang beli xpander cross karena ground clearance beda 15mm. why factor nya jelas. sekarang xpander normal aja ground clearance nya sama.

paling why factornya sekarang fitur. ujungnya misal beli xpander cross, kayak beli xpander versi full fitur dan aksesori ajah. nah kalau udah gini akhirnya saingan juga sama low suv.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by AbdulHakim »

evanbngdor wrote: 23 Aug 2022, 10:59 Setuju mbah. Apalagi T sama H itu masih menjunjung tinggi prinsip dan konsep Jepun di bisnis mereka, kayak misal Kaizen, Jidoka, 5S, Dandori, Poka-yoke, dll. Secara umum mengarah ke efektif dan efisien kan.

Temen yg udah kerja hampir 10 tahun di manufaktur jepun akhirnya skg dalam kehidupan sehari-hari pun terkena 'brainwash' konsep2 tsb, ya ngga salah jg sih, kalo salah ngga mungkin dijadikan sebagai pedoman
:mky_01:
Menarik nih om kalimat yang saya bold.
Jika memang excellent system tsb diimplementasikan thoroughly di semua pabriknya di seluruh belahan dada eh dunia.
Lalu kenapa QC CBU Japan, CBU Thai dan CKD bisa beda ya? :big_blushing:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: 23 Aug 2022, 11:10
Menarik nih om kalimat yang saya bold.
Jika memang excellent system tsb diimplementasikan thoroughly di semua pabriknya di seluruh belahan dada eh dunia.
Lalu kenapa QC CBU Japan, CBU Thai dan CKD bisa beda ya? :big_blushing:
kalau menurut ane walau sistemnya sama, standard tolerance nya beda. krn ngga mungkin pasang standar yang sama krn labor wages dan working ethics di tiap negara beda.

dan kalau kita musti invest waktu dan labour cost lebih buat cek presisi panel gap selisih milimeter, yah namanya bisnis ujungnya kan mau untung. gw yakin prinsipal japan pasti juga harus kompromi biar mobilnya diserap market termasuk dr sisi harga (yang gak usah digituin aja udah mahalnya mengerikan). akhirnya langkah itu toleransinya dilonggarkan.

contoh ada yang bilang kalau town ace / gran max export ver itu gap beda 2mm aja ditolak. padahal ya sama rakitan ADM. ya mungkin sama QC pabrik ADM lolos, tp giliran QC daihatsu japan itu barang reject.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 23 Aug 2022, 11:09
evanbngdor wrote: 23 Aug 2022, 09:11
Nah, konsep bisnis yg bener nih. Mirip kayak handphone jg lah kira2. Basic processor nya sama, fitur mirip, spec mirip, yg dibedakan dr segi batere aja. Bisa langsung dirilis tipe produk baru yg highlight nya ke batere. Why nya ya faktor batere itu doang, at least ada highlight pembeda
:mky_03:

Apalagi di manufaktur besar macem mobil gini, kalo bisa ya salam satu mesin, satu platform, dan satu lainnya juga supaya hemat cost tp bisa bikin differensiasi produk yang akhirnya meningkatkan market share jg
nahh tapi di segmen 7 seaters, 300 juta-an, ini agak beda mbah krn sekarang bedanya nyaris tipis antara low-mpv dan low-"suv". makanya di market nya agak bingung.

misal kalau dulu orang beli xpander cross karena ground clearance beda 15mm. why factor nya jelas. sekarang xpander normal aja ground clearance nya sama.

paling why factornya sekarang fitur. ujungnya misal beli xpander cross, kayak beli xpander versi full fitur dan aksesori ajah. nah kalau udah gini akhirnya saingan juga sama low suv.
Kalau segmen cake empuk 300 jutaan 7 seater memang agak beda mbah, tp point utamanya tetep bikin sebuah diferensiasi produk, yg mungkin jg akhirnya saling makan kakak/adik dalam 1 ibu juga sih.

Secara business model digeneralisasi soalnya, ngga lg dibikin segmen LMPV atau LSUV, tp 1 basis hanya beda fitur dan penampilan yang mencoba untuk mengikuti preferensi customer
AbdulHakim wrote: 23 Aug 2022, 11:10
Menarik nih om kalimat yang saya bold.
Jika memang excellent system tsb diimplementasikan thoroughly di semua pabriknya di seluruh belahan dada eh dunia.
Lalu kenapa QC CBU Japan, CBU Thai dan CKD bisa beda ya? :big_blushing:
Seperti yg udah disebutkan sama Mbak ChZ, ada yg namanya faktor standard tolerance, yg itu banyak banget komponen pendukungnya, salah satunya human / budaya di region itu sendiri.

Sebaik-baiknya pekerja di Indonesia, belum tentu integritas dan ketekunannya sama dengan pekerja di Jepang. Bukan berarti pekerja di sini ngga bagus ya, tp kembali lg masalah mental pekerja di sini yg imbasnya ke integritas itu sendiri. Disclaimer
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by grimjow »

evanbngdor wrote: 23 Aug 2022, 16:53
Seperti yg udah disebutkan sama Mbak ChZ, ada yg namanya faktor standard tolerance, yg itu banyak banget komponen pendukungnya, salah satunya human / budaya di region itu sendiri.

Sebaik-baiknya pekerja di Indonesia, belum tentu integritas dan ketekunannya sama dengan pekerja di Jepang. Bukan berarti pekerja di sini ngga bagus ya, tp kembali lg masalah mental pekerja di sini yg imbasnya ke integritas itu sendiri. Disclaimer
Budaya kerja itu penting juga yang bedain hasil kerjanya.
Seperti vdeo ini, kayanya sih bangun rumah di Indo ga bakakan ampe sebegininya kerjanya.
:big_peace:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by carlzeiss »

Pas GIIAS sih sempet ngeliat stargeser ini ?
IMHO mirip 3spass sekilas

Interior dibanding sekelasnya ( esblender dan biarvi ) kurang sreg sih mending kedua diatas

Lampu belakangnya klo lagi nyala terlalu panjang dan melintang banget jd kurang pas gimana gt

Tp cukup diacungin jempol material tentu lebih tebel stargeser ini dibanding LMPV saingannya, jok lebih proper jg
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by pendoli »

carlzeiss wrote: 23 Aug 2022, 20:49 Pas GIIAS sih sempet ngeliat stargeser ini ?
IMHO mirip 3spass sekilas

Interior dibanding sekelasnya ( esblender dan biarvi ) kurang sreg sih mending kedua diatas

Lampu belakangnya klo lagi nyala terlalu panjang dan melintang banget jd kurang pas gimana gt

Tp cukup diacungin jempol material tentu lebih tebel stargeser ini dibanding LMPV saingannya, jok lebih proper jg
Iya kemaren di pim ada mobil displaynya, jok nya mayan enak dan lega. Kalo dibanding brv ya jauh mending stargazer sik wkwk

lampu belakangnya gw suka si dibanding veloz yg sama2 panjang wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
mulyatan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 07 Sep 2019, 10:11
Location: Bandung
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by mulyatan »

BRV menang telak di driving experience - nya. Selain itu, ya mending Stargazer sih. Tergantung preferensi pembeli aja
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by evanbngdor »

grimjow wrote: 23 Aug 2022, 19:46
evanbngdor wrote: 23 Aug 2022, 16:53
Seperti yg udah disebutkan sama Mbak ChZ, ada yg namanya faktor standard tolerance, yg itu banyak banget komponen pendukungnya, salah satunya human / budaya di region itu sendiri.

Sebaik-baiknya pekerja di Indonesia, belum tentu integritas dan ketekunannya sama dengan pekerja di Jepang. Bukan berarti pekerja di sini ngga bagus ya, tp kembali lg masalah mental pekerja di sini yg imbasnya ke integritas itu sendiri. Disclaimer
Budaya kerja itu penting juga yang bedain hasil kerjanya.
Seperti vdeo ini, kayanya sih bangun rumah di Indo ga bakakan ampe sebegininya kerjanya.
:big_peace:
Kalo di sini kan pekerja lapangan jauh lebih kreatif, akal2an nya banyak meskipun tools nya jg terbatas. Selain itu jg pekerja lapangan (sebut saja tukang) itu kan badan kebal, jd ngga perlu safety equipment2. Pake kaos, celana pendek, sama rokok di mulut aja cukup. Alas kaki pun ngga perlu.

Kembali lg ke mental issue & budaya kerja, yg banyak terjadi di sini mulai dr level blue collar sampai white collar itu mental nya adalah mental buruh yg pemikirannya yaudah dibayar untuk ini ya kerjain ini aja, cenderung kacamata kuda sama kondisi/proses yg berkaitan.

Masalah home builder jg di sini ya banyak yg gitu, meskipun 1 kontraktor tp antara tukang batu, tukang plester, tukang cat itu seringkali ngga team work, ya mereka kerja sesuai lingkup masing2 aja. Tukang tembok yg penting dia naikin tembok, masalah miring2 ya urusan nanti biar tukang yg plester/aci yg beresin. Tukang plester/aci jg gitu yg penting dia nutup tembok sampe rata, urusan nantinya plester ngga mateng trs bikin cat jd bermasalah ya itu urusan tukang cat, dan seterusnya.

Itu beneran terjadi sih kebetulan di rumah saya pas dulu mau renovasi ganti tile kamar mandi, tukang yg ngerjain sampe terheran2 pas ngebongkar tile itu tebel plesterannya sampe hampir 10cm, dan ngga merata tebelnya. Ternyata dinding kamar mandi nya ngga siku, jd mau ngga mau plesternya yg ditebelin supaya bisa siku. Nah karena ketebelan itu plester, mungkin masang tile nya juga kurang bagus, akhirnya pada retak itu tile. (FYI padahal ini perumahan developer cukup OK, punya lebih dr 8 perumahan)
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by timbermaniac123 »

Sebenernya di beberapa proyek rumah mewah yang kontraktornya bagus, mereka ada standart sop yang lumayan ketat, apalagi kalau ada MK di site sebagai perwakilan owner. Balik lagi prosedur di indonesia itu berbanding dengan upah buruh dan harga dari pelaksana / kontraktor. Kalau makin murah, ya kerja makin serabutan dan ngasal. Kadang dari sisi klien juga bisa disalahin, misal kalau kontraktor ngasih quotation untuk biaya proteksi / buang sampah / akomodasi, suka ditolak sama klien.

Dan pabrikan jepang di indonesia pun juga termasuk ada standart sop yang cukup jelas kok. Tapi tetep aja walaupun sop udah ketat, kalau berkaitan dengan mental pekerja sini ya tetep gitu deh. Makanya ga heran kalau perusahaan2 asing terutama cina seperti huawei dll, lebih suka pake warga nya sendiri. Mental nya lebih profesional, lebih mahal dikit cost gaji nya tapi target tercapai.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by Suryaputra »

mulyatan wrote: 24 Aug 2022, 06:25 BRV menang telak di driving experience - nya. Selain itu, ya mending Stargazer sih. Tergantung preferensi pembeli aja
Mobil disetirin klo stargazer emang.
Jd penumpang duduk ganteng aja di samping atau row 2 :mky_03:

Klo BRV enakan nyetir sendiri, lbh uenak, posisinya pas
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: 24 Aug 2022, 13:10 Sebenernya di beberapa proyek rumah mewah yang kontraktornya bagus, mereka ada standart sop yang lumayan ketat, apalagi kalau ada MK di site sebagai perwakilan owner. Balik lagi prosedur di indonesia itu berbanding dengan upah buruh dan harga dari pelaksana / kontraktor. Kalau makin murah, ya kerja makin serabutan dan ngasal. Kadang dari sisi klien juga bisa disalahin, misal kalau kontraktor ngasih quotation untuk biaya proteksi / buang sampah / akomodasi, suka ditolak sama klien.

Dan pabrikan jepang di indonesia pun juga termasuk ada standart sop yang cukup jelas kok. Tapi tetep aja walaupun sop udah ketat, kalau berkaitan dengan mental pekerja sini ya tetep gitu deh. Makanya ga heran kalau perusahaan2 asing terutama cina seperti huawei dll, lebih suka pake warga nya sendiri. Mental nya lebih profesional, lebih mahal dikit cost gaji nya tapi target tercapai.
Klo liat pekerja di jepang. Kerjanya teliti, cepet lagi.
Liat pekerja sini. Udah lelet, ga presisi :big_biglaugh:

Monmaap di sini kalau diajarin kencengin baut ada urutannya, pada gak mau. Yang penting terpasang dan kenceng.

Di indo textbook approach banyakan ga dianggap. Egonya kegedean, gw udah jadi labor pabrik 20 tahun lo anak bau kencur sok ngajarin kencengin baut segala :big_biglaugh:

labor luar mah biasa paham dan mau ikut text book approach, aturannya emang dibuat sesuai kultur kerja di sono yg standarnya tinggi buat safety dan quality.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vinzo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 21 Jan 2016, 09:15

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by vinzo »

Nah ini baru kejadian minggu lalu, ganti oli di beres.
Saat mau servis diinfo perlu 5 liter. Saya cek di manual book butuhnya 4.2 liter.
Namun sampai rumah kaleng kosong yang dikembalikan gak ada sisa olinya.

Saya khawatir dong antara cuma dituang 4 botol > olinya kurang.
Atau dituang semua 5 liter > olinya kelebihan.

Pas ada Whatsapp Survey kepuasan pelanggan saya tanyakan hal tersebut,
kata mereka teknisi tuang semuanya 5 botol (1 botol 1 liter).
Berarti kan mereka tidak lihat buku manual terlebih dahulu, dituang semuanya.

Anehnya saya cek dipstick oli pas di garis FULL. Sampai sekarang masih bingung kemana yg 800ml oli tersebut atau manual booknya yang salah ? :big_childish:


Nb :
Sayangnya saya taunya ga ada sisa oli pas sudah di rumah.
Gak cek lagi pas di bengkel karena selalu ada sisa oli saat ganti olie di beres tersebut.
Selalu servis disana dari thn 2005
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by timbermaniac123 »

vinzo wrote: 24 Aug 2022, 16:25 Nah ini baru kejadian minggu lalu, ganti oli di beres.
Saat mau servis diinfo perlu 5 liter. Saya cek di manual book butuhnya 4.2 liter.
Namun sampai rumah kaleng kosong yang dikembalikan gak ada sisa olinya.

Saya khawatir dong antara cuma dituang 4 botol > olinya kurang.
Atau dituang semua 5 liter > olinya kelebihan.

Pas ada Whatsapp Survey kepuasan pelanggan saya tanyakan hal tersebut,
kata mereka teknisi tuang semuanya 5 botol (1 botol 1 liter).
Berarti kan mereka tidak lihat buku manual terlebih dahulu, dituang semuanya.

Anehnya saya cek dipstick oli pas di garis FULL. Sampai sekarang masih bingung kemana yg 800ml oli tersebut atau manual booknya yang salah ? :big_childish:


Nb :
Sayangnya saya taunya ga ada sisa oli pas sudah di rumah.
Gak cek lagi pas di bengkel karena selalu ada sisa oli saat ganti olie di beres tersebut.
Selalu servis disana dari thn 2005
Kalau hal gini, pemilik mobil juga harus tau spek mobil nya. Secara teknis beres ga salah ketika perlu 5 liter, karena oli dijual per 4 liter / 1 liter biasanya. Tapoi kalau ga diminta, biasa mereka diem2 aja, ga kasih sisanya (ini ga bener juga). Saya biasa bilang, sisa oli nya minta dibawa pulang pake plastik, dan selalu ada sih di bagasi.
vinzo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 21 Jan 2016, 09:15

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by vinzo »

Yes utk oli memang harus belinya 5 liter. Kalau di beres ini spare part lama / kemasan oli yang sisa memang selalu ditaruh dalam 1 plastik di dalam mobil.
Yang aneh baru kali ini dalam sisa botol oli tersebut tidak ada olinya sama sekali, botol kosong saja.
Sebelumnya pasti ada sisa olinya, karena kan gak muat kalau dituang semua olinya.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by evanbngdor »

vinzo wrote: 24 Aug 2022, 16:25 Nah ini baru kejadian minggu lalu, ganti oli di beres.
Saat mau servis diinfo perlu 5 liter. Saya cek di manual book butuhnya 4.2 liter.
Namun sampai rumah kaleng kosong yang dikembalikan gak ada sisa olinya.

Saya khawatir dong antara cuma dituang 4 botol > olinya kurang.
Atau dituang semua 5 liter > olinya kelebihan.

Pas ada Whatsapp Survey kepuasan pelanggan saya tanyakan hal tersebut,
kata mereka teknisi tuang semuanya 5 botol (1 botol 1 liter).
Berarti kan mereka tidak lihat buku manual terlebih dahulu, dituang semuanya.

Anehnya saya cek dipstick oli pas di garis FULL. Sampai sekarang masih bingung kemana yg 800ml oli tersebut atau manual booknya yang salah ? :big_childish:


Nb :
Sayangnya saya taunya ga ada sisa oli pas sudah di rumah.
Gak cek lagi pas di bengkel karena selalu ada sisa oli saat ganti olie di beres tersebut.
Selalu servis disana dari thn 2005
Udah lumrah terjadi kayak gini2 di bengkel. Dan saya pernah nemuin di salah satu bengkel itu sisa2 oli dituang dalam 1 botol yg sama sampe full sesuai takaran. Itu baru masalah oli kan, belom hal2 lain kayak brake cleaner, injector cleaner, dll.

Kita pasti di-charge nya 1 botol, tp pemakaiannya kan belom tentu 1 botol abis. Nah itu sisa nya kemana? Bisa jd juga malah yg dipake itu sisa dr kendaraan lain kan. Ya kalo mau berpasrah ke bengkel resmi harus tutup mata tutup telinga sih supaya ngga nambah2in beban pikiran
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by Suryaputra »

evanbngdor wrote: 25 Aug 2022, 11:13
vinzo wrote: 24 Aug 2022, 16:25 Nah ini baru kejadian minggu lalu, ganti oli di beres.
Saat mau servis diinfo perlu 5 liter. Saya cek di manual book butuhnya 4.2 liter.
Namun sampai rumah kaleng kosong yang dikembalikan gak ada sisa olinya.

Saya khawatir dong antara cuma dituang 4 botol > olinya kurang.
Atau dituang semua 5 liter > olinya kelebihan.

Pas ada Whatsapp Survey kepuasan pelanggan saya tanyakan hal tersebut,
kata mereka teknisi tuang semuanya 5 botol (1 botol 1 liter).
Berarti kan mereka tidak lihat buku manual terlebih dahulu, dituang semuanya.

Anehnya saya cek dipstick oli pas di garis FULL. Sampai sekarang masih bingung kemana yg 800ml oli tersebut atau manual booknya yang salah ? :big_childish:


Nb :
Sayangnya saya taunya ga ada sisa oli pas sudah di rumah.
Gak cek lagi pas di bengkel karena selalu ada sisa oli saat ganti olie di beres tersebut.
Selalu servis disana dari thn 2005
Udah lumrah terjadi kayak gini2 di bengkel. Dan saya pernah nemuin di salah satu bengkel itu sisa2 oli dituang dalam 1 botol yg sama sampe full sesuai takaran. Itu baru masalah oli kan, belom hal2 lain kayak brake cleaner, injector cleaner, dll.

Kita pasti di-charge nya 1 botol, tp pemakaiannya kan belom tentu 1 botol abis. Nah itu sisa nya kemana? Bisa jd juga malah yg dipake itu sisa dr kendaraan lain kan. Ya kalo mau berpasrah ke bengkel resmi harus tutup mata tutup telinga sih supaya ngga nambah2in beban pikiran
:mky_03:
Saya gak pernah pasrah, ikhtiar semampunya;
ditongkrongin, sekalian belajar how to nya dan ngajak ngobrol :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by evanbngdor »

Suryaputra wrote: 25 Aug 2022, 11:25
evanbngdor wrote: 25 Aug 2022, 11:13
vinzo wrote: 24 Aug 2022, 16:25 Nah ini baru kejadian minggu lalu, ganti oli di beres.
Saat mau servis diinfo perlu 5 liter. Saya cek di manual book butuhnya 4.2 liter.
Namun sampai rumah kaleng kosong yang dikembalikan gak ada sisa olinya.

Saya khawatir dong antara cuma dituang 4 botol > olinya kurang.
Atau dituang semua 5 liter > olinya kelebihan.

Pas ada Whatsapp Survey kepuasan pelanggan saya tanyakan hal tersebut,
kata mereka teknisi tuang semuanya 5 botol (1 botol 1 liter).
Berarti kan mereka tidak lihat buku manual terlebih dahulu, dituang semuanya.

Anehnya saya cek dipstick oli pas di garis FULL. Sampai sekarang masih bingung kemana yg 800ml oli tersebut atau manual booknya yang salah ? :big_childish:


Nb :
Sayangnya saya taunya ga ada sisa oli pas sudah di rumah.
Gak cek lagi pas di bengkel karena selalu ada sisa oli saat ganti olie di beres tersebut.
Selalu servis disana dari thn 2005
Udah lumrah terjadi kayak gini2 di bengkel. Dan saya pernah nemuin di salah satu bengkel itu sisa2 oli dituang dalam 1 botol yg sama sampe full sesuai takaran. Itu baru masalah oli kan, belom hal2 lain kayak brake cleaner, injector cleaner, dll.

Kita pasti di-charge nya 1 botol, tp pemakaiannya kan belom tentu 1 botol abis. Nah itu sisa nya kemana? Bisa jd juga malah yg dipake itu sisa dr kendaraan lain kan. Ya kalo mau berpasrah ke bengkel resmi harus tutup mata tutup telinga sih supaya ngga nambah2in beban pikiran
:mky_03:
Saya gak pernah pasrah, ikhtiar semampunya;
ditongkrongin, sekalian belajar how to nya dan ngajak ngobrol :big_biglaugh:
Masalahnya ngga semua orang kayak si mbah, malah mungkin ya 50% yg service ke bengkel resmi itu cuma drop & pick-up aja. Kalaupun nunggu ya di ruang tunggu aja ngga ke site.

Kalo saya waktu itu ke bengkel resmi mau kuras tangki aja tongkrongin & monitoring terus
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by Suryaputra »

evanbngdor wrote: 25 Aug 2022, 11:30
Suryaputra wrote: 25 Aug 2022, 11:25
evanbngdor wrote: 25 Aug 2022, 11:13

Udah lumrah terjadi kayak gini2 di bengkel. Dan saya pernah nemuin di salah satu bengkel itu sisa2 oli dituang dalam 1 botol yg sama sampe full sesuai takaran. Itu baru masalah oli kan, belom hal2 lain kayak brake cleaner, injector cleaner, dll.

Kita pasti di-charge nya 1 botol, tp pemakaiannya kan belom tentu 1 botol abis. Nah itu sisa nya kemana? Bisa jd juga malah yg dipake itu sisa dr kendaraan lain kan. Ya kalo mau berpasrah ke bengkel resmi harus tutup mata tutup telinga sih supaya ngga nambah2in beban pikiran
:mky_03:
Saya gak pernah pasrah, ikhtiar semampunya;
ditongkrongin, sekalian belajar how to nya dan ngajak ngobrol :big_biglaugh:
Masalahnya ngga semua orang kayak si mbah, malah mungkin ya 50% yg service ke bengkel resmi itu cuma drop & pick-up aja. Kalaupun nunggu ya di ruang tunggu aja ngga ke site.

Kalo saya waktu itu ke bengkel resmi mau kuras tangki aja tongkrongin & monitoring terus
:mky_01:
Sampai tetes terakhir ya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by grimjow »

evanbngdor wrote: 24 Aug 2022, 09:16
Masalah home builder jg di sini ya banyak yg gitu, meskipun 1 kontraktor tp antara tukang batu, tukang plester, tukang cat itu seringkali ngga team work, ya mereka kerja sesuai lingkup masing2 aja. Tukang tembok yg penting dia naikin tembok, masalah miring2 ya urusan nanti biar tukang yg plester/aci yg beresin. Tukang plester/aci jg gitu yg penting dia nutup tembok sampe rata, urusan nantinya plester ngga mateng trs bikin cat jd bermasalah ya itu urusan tukang cat, dan seterusnya.

Itu beneran terjadi sih kebetulan di rumah saya pas dulu mau renovasi ganti tile kamar mandi, tukang yg ngerjain sampe terheran2 pas ngebongkar tile itu tebel plesterannya sampe hampir 10cm, dan ngga merata tebelnya. Ternyata dinding kamar mandi nya ngga siku, jd mau ngga mau plesternya yg ditebelin supaya bisa siku. Nah karena ketebelan itu plester, mungkin masang tile nya juga kurang bagus, akhirnya pada retak itu tile. (FYI padahal ini perumahan developer cukup OK, punya lebih dr 8 perumahan)
Iya betul. Apalagi seringkali yg penting tampang nya bagus dan jadi, padahal proses kerjanya mungkin terobos sana sini, dan pas bongkar baru ketauan.
Yang pusing juga konsep pemikiran kalau harian dan borongan. Harian ya kerja selambat lambat nya aja. Borongan kerja secepat cepatnya yang penting jadi
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by evanbngdor »

grimjow wrote: 25 Aug 2022, 13:01
evanbngdor wrote: 24 Aug 2022, 09:16
Masalah home builder jg di sini ya banyak yg gitu, meskipun 1 kontraktor tp antara tukang batu, tukang plester, tukang cat itu seringkali ngga team work, ya mereka kerja sesuai lingkup masing2 aja. Tukang tembok yg penting dia naikin tembok, masalah miring2 ya urusan nanti biar tukang yg plester/aci yg beresin. Tukang plester/aci jg gitu yg penting dia nutup tembok sampe rata, urusan nantinya plester ngga mateng trs bikin cat jd bermasalah ya itu urusan tukang cat, dan seterusnya.

Itu beneran terjadi sih kebetulan di rumah saya pas dulu mau renovasi ganti tile kamar mandi, tukang yg ngerjain sampe terheran2 pas ngebongkar tile itu tebel plesterannya sampe hampir 10cm, dan ngga merata tebelnya. Ternyata dinding kamar mandi nya ngga siku, jd mau ngga mau plesternya yg ditebelin supaya bisa siku. Nah karena ketebelan itu plester, mungkin masang tile nya juga kurang bagus, akhirnya pada retak itu tile. (FYI padahal ini perumahan developer cukup OK, punya lebih dr 8 perumahan)
Iya betul. Apalagi seringkali yg penting tampang nya bagus dan jadi, padahal proses kerjanya mungkin terobos sana sini, dan pas bongkar baru ketauan.
Yang pusing juga konsep pemikiran kalau harian dan borongan. Harian ya kerja selambat lambat nya aja. Borongan kerja secepat cepatnya yang penting jadi
Nah itu, makanya hal umum yg terjadi kalo di sini adalah kalo mau tukang harian, harus pasang deadline per hari ngapain aja supaya ngga gabut. Tp kalo borongan harus pasang mata banget supaya ngerjainnya bener sesuai seharusnya, bukan asal2an.

Apalagi kalo udah borongan jasa + material, wah itu mesti dipantau bgt jangan tengah jalan si pemborong ngeliat cuan nya makin tipis, terus ngerjain asal2an, material dimanipulasi. Amsyong dahhh
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by ChZ »

vinzo wrote: 24 Aug 2022, 16:25 Nah ini baru kejadian minggu lalu, ganti oli di beres.
Saat mau servis diinfo perlu 5 liter. Saya cek di manual book butuhnya 4.2 liter.
Namun sampai rumah kaleng kosong yang dikembalikan gak ada sisa olinya.

Saya khawatir dong antara cuma dituang 4 botol > olinya kurang.
Atau dituang semua 5 liter > olinya kelebihan.

Pas ada Whatsapp Survey kepuasan pelanggan saya tanyakan hal tersebut,
kata mereka teknisi tuang semuanya 5 botol (1 botol 1 liter).
Berarti kan mereka tidak lihat buku manual terlebih dahulu, dituang semuanya.

Anehnya saya cek dipstick oli pas di garis FULL. Sampai sekarang masih bingung kemana yg 800ml oli tersebut atau manual booknya yang salah ? :big_childish:


Nb :
Sayangnya saya taunya ga ada sisa oli pas sudah di rumah.
Gak cek lagi pas di bengkel karena selalu ada sisa oli saat ganti olie di beres tersebut.
Selalu servis disana dari thn 2005
aftersales di brand2 baru gini masih harus banyak belajar ya.

kliatan sih fokusnya masih garap market dulu belum ke aftersales service. service H miring masih banyak terdengar keluhan. mirip sama mobil china lima berlian, laku sih, tapi aftersales banyak keluhan.

ya gak bilang toyota honda bagus juga, tapi kalau toyota honda 1 kota bisa ada lebih dari 3-4 diler dan di luar dealer banyak yg bisa pegang,

kalau merek baru dilernya cuma 1 kan udah macem monopoli suka suka dia gak saingan ama siapa juga kok. bengkel luar juga gak banyak yang bisa pegang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Hyundai Stargazer, LMPV Korea calon rival terbaru LMPV Jepang

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 25 Aug 2022, 13:38
vinzo wrote: 24 Aug 2022, 16:25 Nah ini baru kejadian minggu lalu, ganti oli di beres.
Saat mau servis diinfo perlu 5 liter. Saya cek di manual book butuhnya 4.2 liter.
Namun sampai rumah kaleng kosong yang dikembalikan gak ada sisa olinya.

Saya khawatir dong antara cuma dituang 4 botol > olinya kurang.
Atau dituang semua 5 liter > olinya kelebihan.

Pas ada Whatsapp Survey kepuasan pelanggan saya tanyakan hal tersebut,
kata mereka teknisi tuang semuanya 5 botol (1 botol 1 liter).
Berarti kan mereka tidak lihat buku manual terlebih dahulu, dituang semuanya.

Anehnya saya cek dipstick oli pas di garis FULL. Sampai sekarang masih bingung kemana yg 800ml oli tersebut atau manual booknya yang salah ? :big_childish:


Nb :
Sayangnya saya taunya ga ada sisa oli pas sudah di rumah.
Gak cek lagi pas di bengkel karena selalu ada sisa oli saat ganti olie di beres tersebut.
Selalu servis disana dari thn 2005
aftersales di brand2 baru gini masih harus banyak belajar ya.

kliatan sih fokusnya masih garap market dulu belum ke aftersales service. service H miring masih banyak terdengar keluhan. mirip sama mobil china lima berlian, laku sih, tapi aftersales banyak keluhan.

ya gak bilang toyota honda bagus juga, tapi kalau toyota honda 1 kota bisa ada lebih dari 3-4 diler dan di luar dealer banyak yg bisa pegang,

kalau merek baru dilernya cuma 1 kan udah macem monopoli suka suka dia gak saingan ama siapa juga kok. bengkel luar juga gak banyak yang bisa pegang.
bagus sih nggak.. setuju.. hanya segelintir bengkel resmi yg bagus (konteks beres),
klo lokasi bandung, bisa ke Honda Sonic atau Autobest (satu keluarga stakeholder nya).

cuma.. after sales nya T & H, terbaik di antara yg kurang-kurang lah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post